SITE STATUS
Jumlah Member :
493.836 member
user online :
1805 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ibu yang sedang hamil muda saat selesai

New Topic :  
23-12-2009 09:47:27 kahamilan
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Buah yang gak boleh dikonsumsi selama Hamil, Nenas, Pepaya Muda, dan Durian.
Selain itu, daging kambing juga tidak boleh dan hindari makan makanan yang dibakar.
Semoga bermanfaat, terutama bagi ibu - ibu yang sedang hamil Muda, hindari makanan - makanan yang saya sebutin ini yah.
   


Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Air Kelapa Menyebabkan Keguguran?

Seorang ibu yang sedang hamil akan menjaga buah hati yang dikandungnya dengan sangat hati-hati. Makanan yang dimakan dan kegiatan yang dilakukannya pun akan dijaga dan diperhatikan. Mitos-mitos dan pernyataan-pernyataan masyarakat pun akan diperhatikannya. Seperti ada pernyataan air kelapa muda sangat baik untuk ibu hamil, namun ada pernyataan air kelapa muda justru menjadi penyebab keguguran. Hal ini ibu lakukan supaya anak yang dikandungnya dapat lahir dengan selamat.

Lalu benarkah air kelapa muda bisa menyebabkan keguguran kandungan ibu hamil? Sebelumnya mari kita lihat
penyebab keguguran:

1. Kelainan yang terjadi pada janin
Kelainan pada janin ini misalnya ada sel-sel yang tidak dapat membelah atau ada kelainan genetik. Sehingga menyebabkan janin tidak dapat berkembang dalam lahir dan akibatnya janin gugur.
2. Kelainan yang terjadi pada rahim ibu
Rahim merupakan tempat berkembangnya janin, jika rahim mengalami kelainan seperti adanya kanker maka kemungkinan besar janin tidak dapat berkembang. Dan pada akhirnya janin itu akan gugur.
3. Infeksi pada kehamilan
Saat ini di lingkungan sekitar tempat tinggal banyak polusi udara dari asap kendaraan dan pabrik. Virus-virus lain pun banyak yang bertebaran. Virus dari polusi udara yang kotor inilah salah satu penyebab keguguran selain dari virus HIV dan hepatitis.
4. Kelelahan
Selain kedua kelainan itu, pola hidup ibu hamil pun dapat menjadi penyebab keguguran. Ibu yang memiliki aktivitas padat dapat menyebabkan kelelahan dan stres. Ketika berkembang pun janin butuh ketenangan dari seorang ibu. Apabila ibu tidak tenang maka janin pun tidak dapat berkembang dengan baik. Karena hal inilah janin yang sedang dikandungnya pun dapat gugur.

Dari keempat penyebab keguguran itu, tidak ada yang disebabkan karena air kelapa muda. Justru air kelapa muda baik untuk wanita yang sedang hamil. Bahkan dokter menganjurkan ibu hamil untuk minum air kelapa muda saat usia kandungan menginjak 6 bulan sampai waktu melahirkan. Karena air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bukan hanya untuk wanita hamil saja kedua zat itu berguna untuk tubuh, tapi juga baik untuk tubuh semua manusia. Elektrolit memberikan tenaga untuk ibu yang sedang hamil, mengganti ion-ion tubuh yang hilang saat ibu beraktivitas. Sedangkan antioksidan untuk membantu menetralkan racun yang terhirup ke dalam tubuh dari lingkungan sekitar. Selain itu, air kelapa dapat membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Antioksidan dalam air kelapa dapat menyerap kotoran yang ada dalam air ketuban seperti lendir.

Jadi, jangan takut untuk minum air kelapa saat hamil. Karena air kelapa aman untuk dikonsumsi.

   
Jumlah Posts : 92
Jumlah di-Like : belum ada like
Selain manfaat susu kedelai yang telah dikenal luas untuk ibu hamil, saat ini terdapat pula peneliti yang mencurigai adanya efek negatif dari salah satu zat dari kedelai bila seorang ibu mengandung janin laki laki. Dugaannya adalah salah satu zat yang ada dalam kedelai mengganggu perkembangan seksual janin laki laki tersebut ketika dewasa.

Penelitian yang menunjukkan hubungan Antara genistein (zat dalam kedelai) dan perkembangan sekual belum dilakukan pada manusia. penelitian baru dilakukan pada sebatas sekelompok tikus. Meskipun penelitian ini baru pada sekelompok tikus, tidak ada salahnya ini juga menjadi perhatian Anda kaum ibu. (sumber)

selain itu susu hedelai ini juga bisa menyebabkan keguguran untuk ibu hamil yang mengkonsumsinya pada usia kehamilan 1-3 bulan (trisemester 1). Hal ini disebabkan kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai yang justru dapat membuat wanita hamil mengalami keguguran.

Phytoestrogen yang terdapat dalam kedelai adalah estrogen (sex female hormone) yang diperoleh dari tumbuhan. Secara kimiami struktur dan fungsinya hamper sama namun perbedaannya adalah sumbernya, phytoestrogen diperoleh dari tumbuhan sedangkan estrogen diperoleh dari sistesis organ tubuh sendiri. Estrogen pada trisemester pertama ini berbahaya bagi keberlangsungan kehamilan, hal ini karena estrogen dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim (uterus) dimana perlekatan janin belum sempurna. Jika kontraksi yang berlebihan ini terjadi maka perlekatan akan terlepas dan terjadilah keguguran.

Kondisi ini akan berubah sesuai dengan umur kandungan, semakin tua umur kandungan maka perlekatan janin dengan rahim akan semakin kuat. Selain itu, seiring dengan pertambahan usia kehamilan maka produksi progesterone akan meningkat sampai dengan 400%. Progesterone merupakan hormone yang juga disebut hormone kehamilan karena berfungsi untuk menjaga keadaan rahim agar menjadi nyaman buat janin termasuk merelaksasikan/ mencegah kontraksi berlebih dari rahim.

Jadi, untuk mengurangi bahaya untuk ibu yang sedang hamil pada trisemester pertama, sebaiknya para ibu hamil menunda untuk minum susu kedelai dan juga makan makanan dari bahan pangan yang terbuat dari kedelai. Jangan sampai karena hal sepele seperti ini justru membuyarkan harapan yang telah diimpi-impikan.

*kl sy ttp minum tp tdk sering2 dan pola makan seimbang bunda... semoga bermanfaat.
   


Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Mau nanya bunda wajar gg klo ibu yg sedang hamil muda pada saat pipis terasa sakit di bawah perut dekat paha
   
14-12-2012 14:16:27 suplemen kehamilan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
pagi dok, saat ini sy sedang hamil 6 bulan..sy merasa, ada sesuatu yang amazing yang kerap kali bergerak dalam perut sy..
yang ingin sy pertanyakan, apakah memang di wajibkan bagi seorang ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi, susu ibu hamil, pada masa kehamilan? di karenakan, sy tidak pernah mengkonsumsi susu ibu hamil.. sy hanya mengkonsumsi vitamin srt kalsium yang sy dapat dari dokter tempat sy kontrol kandungan saya.. mohon di bantu atas pertanyaan sy ya dokter.. terima kasih.

Dari : aprilla

Jawaban:


Dear Bunda,

Selamat atas kehamilannya.

Bagi Ibu yang sedang hamil, maka dapat diberikan suplemen kehamilan sebagai tambahan nutrisi. Suplemen Ibu hamil tidak hanya dalam bentuk susu, namun dapat juga berupa tablet atau kaplet yang berisi kandungan berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu hamil. Bunda dapat memilih, bentuk suplemen yang nyaman untuk bunda konsumsi, perhatikan kandungannya, pilih yang terlengkap terutama yang mengandung zat besi dan asam folat karena sangat berguna pada kehamilan. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.


   


Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Matawanita.com - Dalam pernikahan, setiap perempuan mendambakan kehamilan yang sehat. Hamil yang sehat itu yang bagaimana? Yang pasti hamil di dalam kandungan, janin dinyatakan hidup dan sehat oleh dokter dan bidan, sesuai dengan masa pertumbuhannya. Namun perlu dipahami pula bahwa keadaan hamil selain membahagiakan juga akan membawa dampak perubahan fisik dan mental bagi ibu hamil, terlebih hamil pertama kali. 

Hal penting yang perlu dipahami bahwa semua yang dialami seorang ibu hamil bukanlah sebuah keluhan penyakit, namun karena perubahan fungsi tubuh seorang ibu yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses alamiah yang berlangsung sejak awal pembuahan hingga tiba saat persalinan.

Kunjungan pada dokter maupun bidan secara teratur merupakan suatu upaya pemantauan kesehatan dan bukan untuk pengobatan, kecuali bila seorang ibu hamil terdapat penyakit yang menyertai selama kehamilan, misalnya hipertensi, diabetes , penyakit kelainan jantung dan sebagainya. 

Keluhan umum yang sering dirasakan oleh ibu hamil pada saat tiga bulan pertama kehamilan antara lain pusing, payudara terasa membesar, kadang nyeri pada perut, badan merasa lemas, keringat dingin, tidak selera makan, mual, merasa mudah lelah, rasa mau pingsan, malas beraktifitas, mood tidak menentu dan kadangkala disertai demam ringan dan keringat dingin. Keluhan yang dirasakan ini tidak selalu sama pada tiap ibu hamil terutama bagi yang sedang hamil pertama kalinya. 

Meskipun perubahan tersebut sedikit banyak akan mengganggu aktivitas sehari-hari, namun tidak sebanding dengan kebahagiaan saat  kelahiran sang buah hati kelak. Keadaan fisik dan keluhan ringan tersebut erat kaitannya dengan  perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Tidak perlu cemas dan gelisah, jalani dengan penuh rasa syukur dan berusaha untuk menikmati setiap "bonus kehamilan". 

Semua perubahan tersebut adalah proses alamiah sebagai upaya tubuh ibu mempertahankan kehadiran janin dalam kandungan. Apa yang dapat ibu hamil lakukan pada awal kehamilan yang kurang nyaman tersebut? 

- Menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antara suami istri dan lingkungan keluarga. Dukungan dan perhatian suami,keluarga  dan sahabat akan memberi  pengaruh baik bagi janin dalam kandungan dan  memberi efek  positif bagi persiapan mental seorang ibu yang sedang hamil. 

- Teratur memeriksakan kehamilan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil dan pemantauan keadaan bayi dalam kandungan. Diskusikan dengan dokter dan bidan tentang  permasalahan yang dirasakan saat kehamilan agar mendapat petunjuk yang tepat. 

- Hindari kelelahan, misalnya bekerja berdiri terlalu lama lebih dari enam jam tanpa istirahat, hindari berada dalam kerumunan  yang membuat ibu hamil kekurangan oksigen. Usahakan malam cukup istirahat tidur. 

- Cukupi kebutuhan makan dan minum. Bila masih mual dan muntah makan dalam porsi sedikit tapi sering, tidak harus makan nasi,bisa diganti roti biskuit, buah, sayur,puding, sereal, es krim, susu atau makanan yang bergisi lainnya. Setiap kali muntah segera berusaha untuk makan lagi agar bayi tetap tumbuh sehat.

 - Menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan sesama ibu hamil atau bergabung dalam kegiatan yang melibatkan para ibu agar bisa saling berbagi pengalaman, membaca buku atau majalah tentang persiapan perawatan bayi, mendengar musik, dan sibukkan diri dengan kegiatan positif  untuk memperbaiki suasana hati. 

- Bawa semua keluhan  yang dirasakan dengan keikhlasan dalam doa dan ucapan syukur  atas kesehatan janin dan anugerah kehamilan. http://tinyurl.com/dyoab29

   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like

Photobucket

Saya sedang menjalani masa kehamilan trimester pertama, saya juga mengalami masa-masa mual dan muntah, sama seperti ibu hamil lainnya.

Ketika saya tanyakan ke dokter kandungan, apa yang menyebabkan mual dan muntah saat hamil??

Ternyata salah satu penyebabnya adalah peningkatan hormon estrogen. Peningkatan hormon ini membuat kadar asam lambung meningkat dan itulah yang menyebabkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya muncul di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong.

Dokter menyarankan saya untuk meminum susu untuk mengisi perut yang kosong pada pagi hari. Kemudian saya, mencoba minum susu ibu hamil. Sudah berbagai susu ibu hamil saya coba tapi semuanya tidak cocok, kemudian ada teman yang menyarankan untuk minum prenagen untuk ibu hamil mual dan muntah “Prenagen mommy emesis” .

Setelah saya mencoba Prenagen mommy emesis ini, ternyata cocok. Setiap pagi saya minum, saya tidak mengalami mual dan muntah lagi. Dari Prenangen mommy emesis ini, saya juga mendapat asupan nutrisi yang cukup bagi saya dan si kecil.

Untuk kamu ibu-ibu yang sedang hamil juga dan mengalami mual dan muntah, mungkin bisa mencoba meminum susu Prenagen mommy emesis, Saya juga mengikuti aktifitas prenagen di media sosial seperti facebook, twitter. Dari sana, banyak info-info menarik dan sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil, yang mungkin belum diketahui.

Ini berguna karena berbagi info kehamilan itu pastinya bermanfaat sekali.

   
Jumlah Posts : 94
Jumlah di-Like : 1

Hallo bunda upie,

Selamat yah atas kehamilannya.

Sayuran itu penting loh bunda terutama untuk ibu yang sedang hamil. nutrisi yang baik pada saat hamil  membantu perkembangan bayi kita. jd kalaupun kita tidak suka makan sayur tapi harus tetap makan sayur ...demi anak loh bunda.
Klo untuk zat besi selain sayur bayam jg bisa sayur kangkung, daun singkong atau daun pepaya.
vitamin dari dokter kandungan itu jg bagus, dan jangan lupa minum susu, krn dalam susu ibu hamil jg banyak mengandung zat besi.
O iya jangan lupa makan buah krn bagus jg  untuk kulit bayi ( saya sudah buktikan loh).

Ok bunda. sehat selalu yah.

 

   
Jumlah Posts : 273
Jumlah di-Like : 6
hi para bunda,
benar banget saya juga mengalami rasa sakit seperti yang bunda alami (sekarang kehamilan hampir 4 bulan),tapi saya coba untuk ambil posisi tidur yang menurut saya paling nyaman (sebelah kanan).
biasanya kambuh tidak tiap saat,tapi yang pasti sehari muncul di pagi atau sore atau malam atau siang.
menurut IB yg dikirim tiap minggu dan membaca internet,itu akan terjadi karena mulai membesarnya perut kita jadi menekan lambung.
itu kenikmatan ibu yang sedang hamil,tapi bila berlanjut segera hubungi dokter aja melalu hp/sms.
   
09-10-2009 17:10:33 mo tanya dong
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
alow tikah, bunda anja & melitha...

klo menurutku sech wajar yach selama kehamilan itu mengalami mual & muntah.
ada beberapa tips hilangkan rasa mual, semoga membantu yach.
-Menyiapkan makanan ringan (snack) seperti krakers, di samping tempat tidur atau di meja kerja Anda
-Makan sedikit demi sedikit, tapi sering
-Menghindari makanan berlemak
-Banyak minum untuk mengganti cairan yang keluar saat muntah. Beberapa minuman, seperti minuman jahe dapat membantu mengurangi rasa mual.

dan aku juga pernah baca di sebuah artikel, klo ibu yg hamil mengalami mual di pagi hari meghasilkan keturunan yg cerdas (amien, mudah2an y..)
Ini kutipan dr artikel tsb:
Hasil ini diketahui, setelah tim ilmuwan dari The Hospital for Sick Children di Toronto, melakukan penelitian sejak tahun 1998 – 2003 dengan melibatkan sekitar 121 ibu yang sedang hamil. Mereka juga kemudian melakukan tes IQ terhadap anak-anak dari para ibu tersebut yang berusia antara 3 - 7 tahun.

Diketahui bahwa hormon yang membuat ibu hamil merasakan sakit ternyata bermanfaat bagi janin dalam perkembangannya. Hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara online dalam The Journal of Paediatrics ini menunjukan bahwa hebatnya rasa sakit yang dialami sang ibu merupakan penentu tingginya nilai intelegensi anak. Anak yang dilahirkan dari seorang ibu yang sering merasakan mual dan muntah selama masa kehamilannya dulu terlihat lebih baik dalam melakukan tes intelegensi.



   
16-03-2009 14:32:38 Pijat di saat hamil
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal bunda henny....
Slamat atas khamilannya y, moga2 bunda n baby nya sehat selalu sampai lahir,AMIN.

Pemijatan tidak boleh atau pantang dilakukan terhadap wanita yang sedang hamil muda (1-5 bulan) karena amat berisiko. Pijat untuk wanita hamil hanya boleh dilakukan pada bagian-bagian tertentu seperti tangan dan kaki, serta punggung, dan leher. Pinggul, perut dan pinggang tidak boleh dipijat.

Gerakan janin ga ada hubungannya dengan pemijatan kok bun. Sebenarnya janin sudah mulai bergerak dari awal pembentukannya, yaitu saat sperma dan ovum (sel telur) bertemu, lalu menjadi zygote dan melakukan pembelahan, maka sesungguhnya dia sudah menjadi 'mahluk hidup' dan melakukan gerakan, terutama pada stadium blastokista, dia bergerak ke arah rongga rahim (endometrium) untuk melakukan penempelan (implantasi). Tetapi gerakan ini tidak pernah dirasakan oleh ibunya. Gerakan janin mulai dirasakan oleh ibunya pada usia kehamilan sekitar 20-22 minggu (pada primigravida, yaitu wanita yang baru pertama kali hamil) atau pada usia 16-18 minggu pada multigravida (wanita yang sudah pernah hamil dan melahirkan). Sebelum usia tersebut, gerakan janin dapat dilihat melalui pemeriksaan USG.
Pada usia kehamilan 12 minggu, gerakan janin memang belum terasa bun. Jadi tidak perlu khawatir. Bunda henny harus khawatir bila setelah 20 minggu masih belum merasakan gerakan janin.

Klo bunda henny masi merasa khawatir, klo kemarin kontrol ke dokter USG nya menggunakan USG 2D coba dicek dengan USG 3D atau 4D untuk melihat gerakan janinnya, karena USG 3D atau 4D bisa melihat janin secara detail n lebih jelas dibandingkan dengan USG 2D.

Smoga bermanfaat...

Pindri,bundana najla




   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

Dear calon ibu,

Kami adalah perusahaan yang memproduksi baju-baju hamil trendy dan bermerek, berlokasi di Jakarta. Produk-produk kami tersedia di berbagai pusat perbelanjaan exclusive di Jakarta.

Untuk para calon ibu yang ingin mengisi waktunya, saat ini kami mencari ibu/calon ibu yang sedang hamil yang berminat untuk menjadi model koleksi baju-baju hamil kami yang terbaru (badan saja). Bagi ibu-ibu yang beminat, dapat mengirimkan data-datanya sebagai berikut.

·               Satu buah foto terbaru anda seluruh badan (dalam masa hamil)

·               Statistik badan anda (tinggi, lingkar dada, lingkar pinggang dan lingkar pinggul)

·               Berapa bulan kehamilan anda

Kami akan menghubungi para kandidat melalui email atau telepon. Kandidat yang terpilih berhak mendapatkan hadiah berupa uang, voucher belanja baju hamil dan foto-foto kenangan dari hasil pemotretan. Pemotretan akan dilakukan di Jakarta.

Silahkan kirimkan data anda ke: modelhamil@gmail.com, subject: Aplikasi model baju hamil. Untuk info lebih lanjut, silahkan kirimkan email kepada kami di alamat email di atas.

Salam,

Rekha

   
21-11-2007 15:31:41 Sharing Cerita Melahirkan
Jumlah Posts : 116
Jumlah di-Like : 3
Saya baru mengadakan pengajian 7 bulanan kehamilan saya, trs saya dikasih bacaan doa-doa untuk ibu hamil supaya proses melahirkannya lancar, adapun doa-doanya sbb :

Untuk ibu yang sedang hamil, setiap malam dianjurkan untuk membaca :

1. Surat Yusuf
2. Surat Maryam
3. Surat Ar-Rahman
4. Surat Al-Insyirah (Alam Nasroh)

Doa minta anak yang soleh, setiap habis sholat membaca :

Robbi Habli Minassholihin

Doa saat melahirkan, dari pembukaan satu sampai bayi lahir kedunia, bacalah :

Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohiim


Untuk bayi yang belum berumur 7 hari, bacakanlah :

Surat An-Nas 100x di ubun-ubun bayi


Demikian doa-doa yang saya dapat, semoga bermanfaat. Dan ini sudah terbukti, karena ada tetangga saya yang sering membaca doa-doa diatas, alhamdulillah proses melahirkannya normal dan lancar, cuma 3 kali mengejan sang bayi sudah lahir kedunia, padahal ibunya punya penyakit jantung.....
   
21-11-2007 15:29:44 Sharing Cerita Melahirkan
Jumlah Posts : 116
Jumlah di-Like : 3
Saya baru mengadakan pengajian 7 bulanan kehamilan saya, trs saya dikasih bacaan doa-doa untuk ibu hamil supaya proses melahirkannya lancar, adapun doa-doanya sbb :

Untuk ibu yang sedang hamil, setiap malam dianjurkan untuk membaca :

1. Surat Yusuf
2. Surat Maryam
3. Surat Ar-Rahman
4. Surat Al-Insyirah (Alam Nasroh)

Doa minta anak yang soleh, setiap habis sholat membaca :

Robbi Habli Minassholihin

Doa saat melahirkan, dari pembukaan satu sampai bayi lahir kedunia, bacalah :

Ya Fattah Ya Rohman Ya Rohiim


Untuk bayi yang belum berumur 7 hari, bacakanlah :

Surat An-Nas 100x di ubun-ubun bayi


Demikian doa-doa yang saya dapat, semoga bermanfaat. Dan ini sudah terbukti, karena ada tetangga saya yang sering membaca doa-doa diatas, alhamdulillah proses melahirkannya normal dan lancar, cuma 3 kali mengejan sang bayi sudah lahir kedunia, padahal ibunya punya penyakit jantung.....
   
09-05-2017 10:43:30 Gentle Birt
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai.. moms... tiba2 saya inget punya aplikasi ini yang saya install di awal2 kehamilan. makasih banget buat moms yang sudah sering menjawab pertanyaan saya. Ohya, sekarang anak saya sudah 9 bulan. lahir dengan Gentle / gentle birth di bidan. sehat. dan tidak pernah sakit serta tidak pernah kemasukan obat kimia sama sekali selain vaksin. alhamdulillah.... buag ibu-ibu yang sedang hamil, semangat yah... sempatkan untuk belajar terus, terutama belajar ttg gentle birth. kelahiran yang lembut, romantis, dan ramah jiwa. salam cinta.