SITE STATUS
Jumlah Member :
493.868 member
user online :
1364 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: ciri ciri asi yang mulai rusak

New Topic :  
23-02-2016 22:16:16 Q U I Z
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
sebenarnya pada umumnya tdk semua ibu hamil merasakan perubahan,krn tiap org berbeda2... ada yg merasakan ngidam yg parah dan ada jg yg bahkan tdk merasakan apa2.. tp sy cba utk mnjwab tanda2 awal kehamilan yg biasa di alami bumil.
ada 15 ciri atau tanda awal kehamilan :
#1 Terlambat menstruasi
Gejala ini paling mudah dideteksi apalagi bagi Anda yang
sering mendapatkan menstruasi secara teratur.
#2 Bercak Darah
Tanda-tanda kehamilan selanjutnya, walaupun tidak
semua wanita mengalaminya, adalah timbul bercak
merah yang lebih ringan dari menstruasi.
#3 Mual
Ciri-ciri orang hamil yang satu ini paling dikenal oleh
kebanyakan wanita yang sudah pernah mengandung.
Faktor yang memicu terjadinya rasa mual karena ada
peningkatan hormon secara tiba-tiba di aliran darah.
#4 Sakit kepala
Selain rasa mual, tanda-tanda kehamilan akibat
perubahan hormon adalah sakit kepala.
#5 Mudah lelah
Rasa lelah juga merupakan salah satu pertanda ciri-
ciri orang hamil akibat peningkatan hormon di dalam
tubuh ibu hamil.
#6 Perubahan emosi
Anda merasakan perubahan mood yang tiba-tiba? Jika
YA, jangan khawatir hal itu merupakan salah satu
tanda dan gejala dalam kehamilan dimana tubuh Anda
sedang menyesuaikan diri terhadap hormon-hormon
baru.
#7 Nafsu makan meningkat atau menurun
Hal lain yang bisa dilihat dari ciri-ciri orang hamil
adalah perubahan nafsu makan yang meningkat atau
menurun.
#8 Peningkatan suhu tubuh
Apabila Anda mendapatkan suhu tubuh terus meningkat
lebih dari dua minggu, ada kemungkinan Anda sedang
hamil.
#9 Gampang terengah-engah
Tanda-tanda kehamilan lainnya adalah napas yang
mudah terengah-engah terutama saat naik tangga.
#10 Payudara membesar
Ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah payudara yang
semakin membesar dan daerah aerola yang bertambah
hitam.
#11 Sakit punggung
Selama masa kehamilan pula biasanya ibu hamil akan
didera sakit punggung yang diakibatkan karena
beberapa ligament di punggung sudah tidak ada.
#12 Kram
Tanda-tanda kehamilan yang satu ini terkadang sedikit
membingungkan, karena bisa dikatakan gejala
menstruasi atau justru kehamilan.
#13 Kerap buang air kecil
Jika Anda harus bolak balik terbangun dari tidur ke
kamar mandi karena perasaan buang air kecil yang kuat
bisa jadi ini salah satu ciri-ciri orang hamil juga.
#14 Konstipasi atau perut membesar
Celana kesayangan Anda mulai tidak muat? Ini adalah
tanda-tanda kehamilan berikutnya.
#15 Hidung jadi sensitif
Indera penciuman Anda semakin sensitif dengan bau-
bauan,ada kemungkinan Anda sedang mengandung.

mksih.. semoga bermanfaat info.y
   


14-06-2016 09:33:17 konpal
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
usia kandungan memasuki 37w4d.. hpl tngll 9-7-2016 ..
akhir-akhir ini sya sering buang air kecil n lebih sering BAB tp tdak diare...
di bawah perut sering seperti kedutan gitu ..
kadang sering sakit perut .. apa tu ciri-ciri konpal... ? ada yang tau gak bunda?
   
Jumlah Posts : 81
Jumlah di-Like : 1
hai bunda-bunda sekalian...

mau nanya nih bagaimana sih ciri-ciri ibu menyusui yang hamil kembali?
soal nya saat ini aq belum haid kembali terakhir haid itu bulan november sekitar tanggal 20an (persisi nya lupa :p) saat ini aq juga masih menyusui anak ku yang berusia 9bln. Tapi yah bund yang aneh nya aq ga merasakan tanda-tanda kehamilan pada saat aq hamil yang pertama.

mungkin bunda-bunda sekalian bisa bantu aq mengenali gejala nya? terima kasih sekali lagi yah bunda-bunda yang cantik.
   


Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
Ace Maxs

selamat paggi,siang atau malam.. disini kami menyediakan Obat yang paling baik untuk mengobati Penyakit kanker usus ya itu dengan Obat Ace maxs. ace Maxs ini telah terbukti sudah banyak menyembuhkan ber bagai penyakit kanker.

simak dulu tentang penyakit kanker usus.

Usus adalah organ manusia dimana bentuknya seperti otot berbentuk tabung berukuran sekitar 4 meter. Ia meluas dari ujung usus kecil ke anus, memutar dan memutar melalui perut (abdomen).

Usus besar memiliki 3 fungsi utama :
  1.         Untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan
  2.         Untuk konsentrasi feces untuk menyerap cairan dan elektrolit
  3.         Untuk menyimpan dan evakuasi pengendalian feces
Sisi kanan usus besar memainkan peran utama dalam menyerap air dan elektrolit, sementara sisi kiri bertanggung jawab untuk penyimpanan dan evakuasi feces. Kanker usus adalah transformasi sel normal dari usus itu sendiri, sel-sel tumbuh dan berkembang biak abnormal. Jika tidak diobati, kanker ini tumbuh dan akhirnya menyebar melalui dinding usus besar untuk melibatkan kelenjar getah bening yang berdekatan dan organ. Pada akhirnya, mereka menyebar ke organ seperti hati, paru-paru, otak, dan tulang.

Bahaya kanker usus

Kanker Usus berbahaya akibat pertumbuhan yang tak terkendali. Mereka membanjiri sel sehat, jaringan, dan organ dengan mengambil oksigen, nutrisi, dan ruang. Sebagian besar kanker usus (adenocarcinoma-tumor) berkembang dari kelenjar lapisan dinding bagian dalam usus besar. Tumor ini kadang-kadang disebut sebagai kanker kolorektal, mencerminkan fakta bahwa dubur, bagian ujung usus besar, juga bisa terpengaruh.

Gejala kanker usus yang khas dapat dijadikan indikator adanya kanker usus dalam tubuh. Ada beberapa gejala kanker usus yang dapat memberikan gambaran subjektif dari penderita. Jka didapatkan gejala tersebut, biasanya dokter akan melanjutkan dengan pemeriksaan fisik dengan menggali ciri-ciri kanker usus yang terjadi.

Pendarahan dari dubur atau darah dicampur dengan kotoran (feces) adalah gejala yang ditimbulkan oleh kanker usus. Orang umumnya mengira semua perdarahan pada anus adalah wasir, padahal tidak semua karena perdarahan anus bisa juga disebabkan oleh kanker usus, sehingga perlu dilakukan diagnosis dini jika terjadi perdarahan pada anus.

Pendarahan pada rektum jika biasanya menyertai gejala kanker usus, namun ciri-ciri kanker usus biasanya tersembunyi dan kronis, dan akibatnya mungkin muncul anemia kekurangan zat besi. Kekurangan darah (anemia) ini terkait dengan kelelahan dan pucat pada penderita. Untuk mendiagnosis keadaan ini biasanya (walkaupun tidak selalu) tim medis mendeteksi melalui okultisme tinja dan dilakukan tes darah, di mana sampel tinja diserahkan ke laboratorium untuk mendeteksi adanya darah. selengkapnya klik disini


Kadang kita menyepelekan suatu penyakit yang belum begitu parah oleh karana itu janganlah menyepelekan suatu penyakit yang belum parah karena penyakit tersebut lama-lama akan berkembang dan dapat menyebabkan kematian.

Begitulah yang bisa saya sampaikan tentang Penyakit Kanker Usus walaupun sedikit mudah-mudahan ada manfaatnya bagi anda.

kalo anda berminat untuk memesan Obat Kami  bisa langsuns hubungi kami
085,317,463,165
   
28-06-2015 12:28:24 baby gak mw bobo di kasur
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Tanpa kita sadari, ketika melihat disekeliling kita ada perbedaan tingkat kecerdasan dan kemandirian pada anak-anak. Perbedaan tersebut bukan karena orang tua bayi kaya atau miskin, akan tetapi hal tersebut terjadi karena salah merawat dan memperlakukan anak ketika masih bayi. Jadi janganlah heran bila masa bayi yang diperlakukan mulia akan menjadi anak-anak yang tumbuh sesuai dengan harapan orang tua.

Inti dari pembentukan kecerdasan bayi dimula pada perlakuaan orang tua terhadap bayi berusia 0 – 6 bulan. Bayi pada usia tersebut selain membutuhkan pertumbuhan tubuh yang sehat, sel dan selaput otak bayi harus dapat perlakuan khusus.

Bahaya Ayunan

Indonesia memiliki tradisi mengayunkan bayi sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Jika bayi menangis, biasanya bayi akan digendong kemudian diayun-ayunkan agar ia berhenti menangis. Tetapi tindakan ini ternyata bisa berbahaya bagi bayi itu sendiri.

Shake baby syndrom adalah salah satu bentuk kejadian yang cukup sering terjadi pada bayi tanpa kita sadari. Selain diakibatkan karena trauma, ternyata shake baby syndrom juga bisa dipicu karena mengayun-ayunkan bayi.

”Shake artinya menggoyang atau mengguncang. Shake baby syndrom merupakan kumpulan gejala yang timbul akibat melakukan gerakan menggoyang bayi terlalu keras,” ujar dr. I Gusti Ngurah Suwarba, Sp.A. dari Sub Bagian Saraf Otak Bagian SMF IKA RS Sanglah.

Lanjutnya, mengayun-ayunkan bayi dalam batas tertentu mungkin tidak apa-apa, tetapi jika sering tidur diayunan membuat bayi mengalami guncangan pada kepalanya dan akan sangat berbahaya. Efek ayunan pada bayi menurut Suwarba bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Untuk jangka pendek atau akibat yang segera terlihat adalah bayi mengalami perdarahan di mata dan otak. Tanda-tanda jika anak mengalami perdarahan pada otaknya adalah ia sering menangis dengan suara melengking dan lama.

”Ciri-ciri bayi yang mengalami pendarahan pada selaput otak dan mata, ia sering menangis dengan suara yang melengking, karena bayi mengalami sakit di kepalanya yang luar biasa, akibat dari guncangan yang didapatkan dari efek ayunan,” jelas Suwarba, sembari menambahkan kualitas ayunan yang sempit (Bahan kain) juga salah satu penyebab berkurangnya pasokan oksigen ke otak bayi, yang dapat melemahkan pertumbuhan IQ.

Perdarahan yang disebabkan oleh ayunan tidak nampak atau meninggalkan bekas dan bukti. Beda jika perdarahan karena trauma atau jatuh.

Bagaimana pun, Struktur tubuh bayi yang masih sangat lemah bila mendapatkan guncangan/ayunan yang kuat dapat menyebabkan terjadinya tarikan/rentangan antara otak dengan selaput otak yang melekat pada tulang kepala. Rentangan ini menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah yang menghubungkan antara otak dengan selaput otak. Gejala yang paling ringan pada bayi yang terkena sindrom tersebut adalah pendarahan di retina (selaput jala) mata dan jangka panjang dapat menyebabkan kebutaan. Pendarahan di retina tidak dapat dilihat secara klinis tetapi harus menggunakan alat oleh ahli saraf mata.

Gejala lainnya yang bersifat umum dapat dilihat antara lain muntah-muntah, penurunan kesadaraan, serta perubahan pada pupil mata. Selain itu ayunan yang kuat, dapat membuat tulang kaki, tungkai, serta lengan patah. Ini dapat terjadi karena saat mengayun bayi, yang dipegang bukan badannya melainkan kaki, lengan/ketiaknya.

Bayi tetap akan dapat tidur dengan nyenyak tanpa harus diayun dengan kuat. Karena itu adalah sifat alamiah manusia. Bila bayi telah kenyang dan tubuhnya sehat, ia pasti akan mudah untuk tidur.

Berdasarkan data kejadian di USA per tahun terjadi 1.200-1.400 kasus shake baby syndrom dengan 7-30 persen meninggal dunia, 30-50% mengalami gangguan saraf dan kecerdasan, sementara sisanya tidak memperlihatkan efek yang nyata. Untuk di Indonesia sendiri menurut Suwarba kasusnya berfluktuasi.

Pernahkan Mama mengalami kejadian seperti ini saat sedang menyusui?

1. Tiba-tiba dalam waktu beberapa hari bayi terlihat sering ingin menyusu sepanjang hari.
2. Bayi tampak selalu haus dan tidak kenyang.
3. Bayi sering ingin bangun dan menyusu di malam hari dan rewel.

Kemudian setelah mengalami hal tersebut di atas selama beberapa hari (sekitar 2-3 hari), bayi tampak tenang dan lebih sering tidur dalam waktu 1-2 hari setelahnya. Jika Mama pernah merasakan bayi menunjukkan perilaku seperti ini, bisa saja bayi Anda sedang mengalami suatu periode pertumbuhan yang dinamakan growth spurt.

Bayi akan mengalami growth spurt atau disebut juga percepatan pertumbuhan biasanya dalam 12 bulan pertama kehidupannya. Percepatan pertumbuhan di sini artinya bayi “didorong” untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga dia membutuhkan asupan ASI lebih banyak dan tubuh Mama akan mendapatkan “natural alert” untuk memproduksi dan menyuplai ASI lebih banyak lagi sesuai kebutuhan bayi. Jadi Mama tidak perlu khawatir ASI kurang. Ingat lagi prinsip pembentukan ASI berdasarkan demand and supply process, semakin bayi menyusu lebih sering dan banyak maka semakin banyak pula ASI yang dihasilkan.

Bagaimana kita tahu bayi kita sedang mengalami growth spurt? Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Bayi menyusu lebih sering dari biasanya, kadang bisa setiap jam atau setiap 30 menit sekali atau hampir nonstop.
2. Bayi lebih rewel dari biasanya, begitu rewel dan disodorkan payudara, bayi langsung mau menyusu. Mudahnya bayi lebih memilih “nempel” langsung pada Mamanya.
3. Bayi sering bangun tengah malam untuk menyusu. Bayi seakan mengerti bahwa produksi hormon prolaktin paling tinggi pada malam hari.
4. Gejala ini bisa berlangsung selama 2-3 hari, beberapa kasus ada bayi yang mengalami growth spurt sampai 1 minggu. Setelah periode growth spurt, bayi akan tidur lebih tenang dan lebih lama selama 1-2 hari, seakan-akan dia letih habis bekerja keras. Lucu ya, Ma. :)

Begitu bayi menunjukkan tanda-tanda seperti ini, suplai ASI Mama juga akan meningkat selama beberapa hari disesuaikan dengan peningkatan kebutuhan bayi. Waktu-waktu tertentu dimana bayi mungkin mengalami growth spurt yaitu selama beberapa hari pertama pasca lahir (ketika bayi sudah pulang ke rumah, pulang dari rumah bersalin), usia 7-10 hari, usia 2-3 minggu, usia 4-6 minggu, usia 3 bulan, usia 4 bulan, usia 6 bulan, usia 9 bulan atau lebih. Waktu-waktu ini tidak jadi patokan karena masing-masing bayi menunjukkan pola yang berbeda.

Jika bayi menunjukkan gejala growth spurt seperti yang sudah disebutkan di atas, bagaimana cara menanganinya? Saya akan bagi bebebrapa tips yang bisa dicoba Mama:

1. Ikuti kemauan bayi. Jika dia ingin menyusu setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, ikuti saja karena bayi yang paling tahu seberapa banyak asupan ASI yang dia butuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya. Ketika bayi sering menyusu, sinyal yang dicetuskan ke badan Mama untuk menghasilkan ASI juga semakin banyak. Artinya tubuh akan terus memproduksi ASI lebih banyak lagi.
2. Bayi sehat 0-6 bulan yang mengalami growth spurt tidak membutuhkan asupan lain selain ASI. Pemberian susu formula dan makanan padat hanya akan mengganggu “natural alert” atau sinyal ke tubuh Mama untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Selalu tanamkan di mind-set Mama bahwa ASI akan semakin banyak karena bayi yang terus menyusu.
3. Hilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran bahwa bayi yang terus menyusu berarti belum kenyang karena ASI-nya kurang atau ASI tidak cukup. Pikiran Mama sangat mempengaruhi proses pengeluarkan oksitosin yang tugasnya menyuplai ASI. Pikiran negatif dapat mengganggu kerja oksitosin.
4. Hindari memberlakukan jadwal menyusu pada bayi. Ini dapat membuat bayi stress dan semakin rewel. Mama juga ikut stress dan pembentukan ASI bisa terhambat.
5. Mama biasanya lebih letih ketika bayi sedang growth spurt, jangan lupa tetap makan makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, tidurlah bersama bayi ketika ia tidur.
6. Tetap perhatikan tanda bayi mendapat cukup ASI yaitu dari kenaikan berat badan bayi pada grafik pertumbuhan, frekuensi BAK minimal 6x sehari, frekuensi BAB yang sering pada awal-awal kehidupannya dan bisa menjadi jarang mulai usia 40 hari.
7. Tetap tenang dan percaya diri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Mama menghadapi situasi saat bayi sedang mengalami growth spurt.

Selamat menyusui. :)

   


Jumlah Posts : 19
Jumlah di-Like : belum ada like

BULU MATA SYAHRINI 

Harga Rp. 75.00

Produk D'Eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini

Apa yang ada di dalam kotak:
D'Eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini
Lem Bulu Mata
D'Eyeko adalah serangkaian produk bulu mata premium, dengan berbagai macam keunggulan. Kini D'Eyeko menghadirkan bulu mata edisi Syahrini, D'eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini - Merak. Setelah sukses di pasar luar negeri, kini D’Eyeko hadir di Indonesia mempersembahkan berbagai macam pilihan model yang sudah disesuaikan dengan bentuk mata dan kepribadian wanita Indonesia.

"Inilah rahasia kecantikanku dan sekarang bisa jadi milikmu juga", ujar Syahrini tentang bulu mata palsu ini.

Bulu Mata "Anti-Badai"
Ciri khas Syahrini yang selalu tampil sempurna adalah bulu matanya yang "anti-badai". Anda akan merasakan gaya "cetar membahana" ala Syahrini jika memakai bulu mata palsu ini. Anda akan terlihat cantik dan glamour seperti sang diva Syahrini. D'eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini - Merak yang tebal ini sangat cocok untuk menemani Anda menghadiri undangan penting ataupun acara resmi. Karena bulu mata ini memberikan efek mata yang lebih besar dan cantik, menjadikan Anda terlihat elegan dan berkelas.

100% Rambut Alami
Bulu mata ini terbuat dari 100 % rambut alami yang sudah disterilkan. Sehingga mudah digunakan, sangat ringan dan nyaman pada saat digunakan dan aman bagi pengguna softlense. Setiap pasang bulu mata D’Eyeko merupakan hasil karya seni, terlihat dan terasa lebih alami seperti bulu mata asli. Dikerjakan secara manual atau 100% handmade, melalui lebih dari 10 tahapan produksi yang membutuhkan keahlian & ketelitian tinggi.

Cara Pakai :
Selesaikan semua tahapan make-up sebelum Anda mulai memakai bulu mata palsu. Rapikan bulu mata dengan penjepit dan aplikasikan 1-2 lapis maskara pada bulu mata. Pastikan bulu mata tertata rapi dan tidak ada maskara yang menumpuk. Lepas secara perlahan Bulu Mata Palsu D’Eyeko dari wadahnya dan periksa ukuran panjangnya dengan panjang kelopak mata kita. Bulu mata palsu sebaiknya dimulai sedikit lebih ke dalam di bagian sudut mata sebelah dalam dan tidak berlebih keluar dari sudut mata bagian luar. Bila terlalu panjang, gunting sedikit Bulu Mata Palsu D’Eyeko agar panjangnya pas sesuai dengan mata kita.

Letakan kembali eyelashes di dalam tempatnya secara terbalik, aplikasikan lem di sepanjang bulu mata, tunggu 30 detik hingga lemnya agak sedikit mengental. Bahan adhesif perekat Bulu Mata Palsu D’Eyeko ini tidak akan membuat mata iritasi. Kemudian tempel Bulu Mata Palsu D’Eyeko di kelopak mata yang terletak tepat di atas bulu mata asli. Jangan tempelkan di atas bulu mata asli. Tambahkan eyeliner dan maskara untuk menyempurnakan penampilan Anda.

   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like

Air putih bukan untuk bayi.  “MBAK, jangan lupa kasih air putih kalau adek habis minum susu, ya,” urai Riani kepada sang pengasuh sembari menyuapkan beberapa sendok air putih kepada bayinya yang berusia 3 bulan. Tahukah Moms, di balik kebiasaan memberikan air putih ternyata tersimpan bahaya yang dapat mengancam si buah hati, utamanya bayi di bawah usia 6 bulan. ASI, Sudah Cukup! Air putih bermanfaat bagi kesehatan anak-anak dan orang dewasa memang benar, tapi TIDAK untuk bayi.“Pemberian air putih tidak disarankan, khususnya pada bayi usia < 6 bulan, karena kegunaannya tidak ada,” buka dr. Yulia Lukita Dewanti, M. Ked. Ped, SpA dari RS Sari Asih Serang. Pada bayi usia tersebut, pemberian ASI eksklusif tanpa pemberian cairan lain sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi bayi sesuai dengan perkembangannya. Secara alamiah, komposisi ASI –mengandung 88 persen air- yang diproduksi akan mencukupi kebutuhan cairan bayi. Begitu pun dengan bayi yang minum susu formula, lebih dari 80 persen komposisi susu formula adalah air. Mengingat tingginya kadar air dalam ASI maupun susu formula, bayi kurang 6 bulan tak perlu diberikan tambahan cairan lain apapun secara langsung –termasuk air putih, teh manis, atau jus buah. Artinya, bayi tidak akan kekurangan cairan sejauh bayi mendapatkan ASI atau susu formula cukup setiap harinya. Bayi akan selalu ‘meminta’ ASI/susu formula bila ia merasa haus (on demand). 3 Alasan Air Putih Dilarang Lantas, mengapa air putih tak baik diberikan pada bayi? Ginjal Bisa Rusak “Pada bayi berusia kurang dari 6 bulan, semua organnya belum berfungsi laiknya orang normal pada umumnya. Nah, organ yang langsung berhubungan dengan metabolisme cairan adalah ginjal. Jika bayi diberi banyak air putih, maka ginjal yang belum siap menyaring –kecuali ASI- ini dapat rusak,” papar dokter penyuka novel ini. Ya, ginjal bayi belum mampu mengeluarkan air dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan timbunan air dalam tubuh yang dapat membahayakan bayi (keracunan air). Keracunan air Kelebihan air di atas akan menyebabkan kandungan elektrolit dalam darah menjadi tidak seimbang, misalnya sodium (natrium). Kelebihan cairan tersebut akan melarutkan sodium dalam darah dan akan dikeluarkan tubuh, sehingga kadar sodium menjadi rendah yang dapat memengaruhi aktivitas otak. Awalnya ditandai dengan iritabilitas (merengek-rengek), mengantuk dan gejala penurunan kesadaran lainnya yang kadang luput dari kewaspadaan orangtua. Gejala lainnya adalah penurunan suhu tubuh, bengkak di sekitar wajah dan jika dibiarkan dapat menjadi kejang. Jika si kecil sampai mengalami kejang, kemungkinan terjadi gangguan perkembangan di masa depannya namun bergantung pada frekuensi dan durasi kejang tersebut terjadi. Kebutuhan gizi tidak terpenuhi Selain keracunan air, memberikan air putih setiap kali bayi menangis adalah salah. Bayi yang menangis tidak selalu berarti lapar. Bisa saja ia BAK (Buang Air Kecil), BAB (Buang Air Besar), kurang nyaman, sakit atau lainnya. Bayi yang diberikan air setiap ia menangis akan menjadi kenyang. Sehingga keinginan bayi untuk menyusu akan menurun. Akibatnya, asupan gizi dalam tubuh menurun pula. Padahal tiga tahun pertama adalah golden period (masa keemasan) untuk pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan dan sangat bergantung pada asupan gizinya saat itu. Oleh karena itu, Moms harus mengonsumsi makanan yang bergizi agar kualitas ASI terjaga.Diare, Tetap Berikan ASI Bagaimana bila bayiku diare, apa boleh diberikan air putih? “Untuk bayi usia kurang dari 6 bulan, tetap berikan ASI saja. Memang, kebutuhan akan cairan saat diare akan meningkat, namun pemberian ASI cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Semakin sering si ibu menyusui maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi, sehingga Ibu tidak perlu khawatir ASI-nya tidak cukup,” saran dr Yulia. Ingat, kandungan ASI sudah lengkap, termasuk kandungan elektrolitnya. Sehingga, pemberian cairan elektrolit khusus bayi tetap tidak disarankan.Boleh Diperkenalkan lebih dari 6 Bulan Pemberian air putih mulai dapat dilakukan saat bayi memasuki usia di atas 6 bulan, dimana MPASI (Makanan Pendamping ASI) mulai diperkenalkan. Selain itu pada usia lebih dari 6 bulan, organ bayi dianggap ‘siap’ untuk mencerna makanan dan minuman selain ASI. Selain itu, ada beberapa penelitian menyebutkan bahwa pada kasus tertentu -seperti cuaca panas atau konstipasi- pemberian air pada bayi diperbolehkan. Namun, pemberian air itu cukup berkisar satu sendok makan setiap pemberiannya. Sebaiknya, gunakan sendok, bukan dot/botol guna menghindari kehilangan kontrol berapa banyak air putih yang sudah diminum bayi, jangan sampai kebanyakan. Misalnya yang terjadi di John Hopkins Children’ Center, sebuah rumah sakit di Amerika, seperti dikutip dari situsnya. Pada musim panas, banyak bayi yang dibawa ke ruang gawat darurat oleh orangtua yang panik karena bayi mereka kejang. Belakangan diketahui bahwa hal itu disebabkan oleh asupan air putih yang terlalu banyak.Hmm, Anda tak mau hal itu terjadi pada si kecil, bukan?

sumber : http://www.infogizi.com/25/bahaya-memberikan-air-putih-pada-bayi-dibawah-usia-6-bulan.html

   
Jumlah Posts : 56
Jumlah di-Like : belum ada like

www.yossykecantikan.com telp:081381111519 pin BB:2951EEB0 - 2939EA58

Apa yang ada di dalam kotak:
D'Eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini
Lem Bulu Mata
D'Eyeko adalah serangkaian produk bulu mata premium, dengan berbagai macam keunggulan. Kini D'Eyeko menghadirkan bulu mata edisi Syahrini, D'eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini - Merak. Setelah sukses di pasar luar negeri, kini D’Eyeko hadir di Indonesia mempersembahkan berbagai macam pilihan model yang sudah disesuaikan dengan bentuk mata dan kepribadian wanita Indonesia.

"Inilah rahasia kecantikanku dan sekarang bisa jadi milikmu juga", ujar Syahrini tentang bulu mata palsu ini.

Bulu Mata "Anti-Badai"
Ciri khas Syahrini yang selalu tampil sempurna adalah bulu matanya yang "anti-badai". Anda akan merasakan gaya "cetar membahana" ala Syahrini jika memakai bulu mata palsu ini. Anda akan terlihat cantik dan glamour seperti sang diva Syahrini. D'eyeko Bulu Mata Palsu Princess Syahrini - Merak yang tebal ini sangat cocok untuk menemani Anda menghadiri undangan penting ataupun acara resmi. Karena bulu mata ini memberikan efek mata yang lebih besar dan cantik, menjadikan Anda terlihat elegan dan berkelas.

100% Rambut Alami
Bulu mata ini terbuat dari 100 % rambut alami yang sudah disterilkan. Sehingga mudah digunakan, sangat ringan dan nyaman pada saat digunakan dan aman bagi pengguna softlense. Setiap pasang bulu mata D’Eyeko merupakan hasil karya seni, terlihat dan terasa lebih alami seperti bulu mata asli. Dikerjakan secara manual atau 100% handmade, melalui lebih dari 10 tahapan produksi yang membutuhkan keahlian & ketelitian tinggi.

Cara Pakai :
Selesaikan semua tahapan make-up sebelum Anda mulai memakai bulu mata palsu. Rapikan bulu mata dengan penjepit dan aplikasikan 1-2 lapis maskara pada bulu mata. Pastikan bulu mata tertata rapi dan tidak ada maskara yang menumpuk. Lepas secara perlahan Bulu Mata Palsu D’Eyeko dari wadahnya dan periksa ukuran panjangnya dengan panjang kelopak mata kita. Bulu mata palsu sebaiknya dimulai sedikit lebih ke dalam di bagian sudut mata sebelah dalam dan tidak berlebih keluar dari sudut mata bagian luar. Bila terlalu panjang, gunting sedikit Bulu Mata Palsu D’Eyeko agar panjangnya pas sesuai dengan mata kita.

Letakan kembali eyelashes di dalam tempatnya secara terbalik, aplikasikan lem di sepanjang bulu mata, tunggu 30 detik hingga lemnya agak sedikit mengental. Bahan adhesif perekat Bulu Mata Palsu D’Eyeko ini tidak akan membuat mata iritasi. Kemudian tempel Bulu Mata Palsu D’Eyeko di kelopak mata yang terletak tepat di atas bulu mata asli. Jangan tempelkan di atas bulu mata asli. Tambahkan eyeliner dan maskara untuk menyempurnakan penampilan Anda.

#PEMESANAN ONLINE :

YOSSY SHOP (www.yossykecantikan.com )
TELP.021-60508537 – 92712424
HP.081381111519 - 082112990999 – 087881220999
JL. DAAN MOGOT NO.99 JAKARTA BARAT
JL.RAYA CILEGON SERANG NO.168 SERANG-BANTEN

PIN BB ANE GAN…2951EEB0 - 2939EA58

PEMBAYARAN MELALUI REKENING TRANSFER ANTAR BANK:
BCA.1981930041
BNI.0103625777
MANDIRI.1650000080730
BRI.037901004163506 AN. SAUQI

PENGIRIMAN BARANG:
MELALUI TIKI/ POS/ JNE 1-2HARI
MUTU & KWALITAS INTERNATIONAL, KEPUASAN CUSTOMER ADALAH PRIORITAS UTAMA KAMI.

   
24-03-2014 23:59:55 ciri ciri alergi susu
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bund.
mau share sedikit.
sedapatku,ciri-ciri bayi yang alergi susu itu ada 3.
1.pencernaan.
kalau bab nya hijau,encer,tidak berampas,over (lebih dri 3×) atau kurang (lebih dari 2 hari), bab mengeras.
2. pernafasan.
lendir berlebihan yang bisa menyebabkan suara snooring (ngorok) atau muntah / bab yang berlendir.
3. kulit.
muncul ruam merah yang semakin terlihat saat menjelang sore dan biasanya gatal yang menyebabkan bayi menggaruk.
kalau misalnya bayi mengalami salah satunya bisa jadi si bayi resiko alergi,biasanya sufornya diganti dengan yang ada HA (hypo allergenic) atau PHP (brand Morinaga).
tapi kalau bayinya sudah menderita ketiga tandanya bahkan pencernaannya sangat terganggu biasanya sufor diganti dengan yang soya.
kalau misalnya dapat ASI ya ibunya yang menjauhi makanan dengan kadar protein tinggi (telur,susu sapi,keju,tahu/tempe)
begitu bund.
   
Jumlah Posts : 75
Jumlah di-Like : 1

Untuk bunda yang sedang menunggu kehamilan penting nih untuk memahami mengenai hormon estrogen, pengaruhnya besar pada kehamilan. Hormon ini juga biasanya disebut hormon seks. Hormon ini ada di pria dan wanita, tapi hormon ini lebih sering dihubungkan dengan wanita. Estrogen memunculkan berbagai ciri khas kematangan seksual perempuan. Hormon ini pun juga berpengaruh pada kehamilan, terutama di trimester kedua.

Pada triwulan kedua bunda mulai merasakan perubahan yang signifikan, dan pada masa triwulan kedua ini merupakan masa yang paling menyenagkan buat bunda karena rasa mual atau morning sickness yang menjadi ciri-ciri kehamilan dan sering timbul di triwulan pertama sudah hilang. 

Hormon estrogen mulai diproduksi plasenta di minggu ke-14. Hormon ini berperan penting bagi kehamilan sehat. Lihat yuk bun fungsi nya :

  1. Meningkatkan aliran darah sehingga menjamin nutrisi bagi janin akibat pembuluh darah melebar. Kondisi ini akan berlangsung sampai akhir kehamilan.
  2. Mempertebal dinding rahim untuk mempersiapkan implantasi. Selain itu juga dapat meningkatkan ukuran rahim. Perubahan ukuran rahim memungkinkan pembesaran janin maksimal.
  3. Meningkatkan sel darah putih, penningkatan jumlah ini berfungsi untuk sistem imunitas, sehingga bunda dan bayi terjaga kesehatannya, karena bagaimanapun saat hamil tubuh bunda membawa kehidupan lain.
  4. Bukan hanya untuk kehamilan aja loh fungsi estrogen, tapi juga berfungsi saat proses persalinan. Hormon inilah yang mengurangi resiko pendarahan, tapi perlu diingat fungsi ini dapat bersifat negatif karena estrogen dapat membentuk gumpalan darah di tubuh. Ada bagian tubuh seperti tungkai kaki yang tinggi resiko gumpalannya. Untuk mengurangi resiko sebaiknya bunda konsultasikan dengan dokter yah.

sumber

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Sering H2C gak sih buat bunda yang belum hamil? Kalau udah telat seminggu langsung sumringah plus deg2an. Sebenernya gue hamil gak yah? Banyak yang bilang ciri-ciri kehamilan dilihat dari telat haid. Ini memang ciri umum yang sering jadi patokan hamil atau gak nya seorang wanita.

Tapi telat haid bukan satu2nya ciri/tanda kehamilan loh bun. Banyak wanita modern sekarang yang memiliki siklus haid kurang teratur akibat pola hidup. Jadi jangan langsung gegabah dan buru2 ambil kesimpulan hamil yah.

Ciri-ciri kehamilan yang mudah dilihat adalah payudara bunda yang membengkak serta tubuh yang cepat letih. Membesarnya payudara secara tiba2 diikuti dengan rasa nyeri akibat dari meningkatkan kadar hormon merupakan ciri kehamilan yang bunda harus segera periksakan segera. Selain itu jika bunda sering merasa lelah dan letih itu juga pertanda hamil, biasanya terjadi karena meningkatkan kadar hormon progesteron yang membuat bunda jadi lebih ngantuk dari biasanya. 

Terjadinya flek  / pendarahan juga perlu bunda waspadai, biasanya terjadi selama kurang lebih 11 hingga 12 hari usai pembuahan. Hal tersebut terjadi karena sel telur yang sudah dibuahi masuk ke dalam lapisan yang mempunyai banyak kandungan darah dan memicu timbulnya pendarahan. Tapi tenang aja kok bunda, pendarahannya tidak akan begitu banyak atau terjadi dalam kurun waktu lama. Noda darahnya yang muncul biasanya berawarna pink atau ada juga yang merah. Beberapa wanita yang mengalami ini temponya relatif singkat antara satu atau dua hari saja.

Nah, gimana bunda? Mulai sekarang kalau telat haid jangan langsung diasumsikan dengan hamil yah. Kecuali bunda haidnya teratur boleh deh diwaspadai. Mulai sekarang tandai tanggal haid bunda, jadi bunda bisa tau teratur atau tidaknya haid yang sering terjadi pada bunda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda yah.

sumber

   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Sama2,bund Novita :)
Berikut perbedaan antara UHT,pasteurisasi dan sufor

 disunting dari http://nurisatools.blogspot.com/2011/06/perbedaan-susu-uht-pasteurisasi-skim.html Hingga saat ini, masih ada sebagian Moms yang bingung menentukan mana susu yang baik untuk dikonsumsi si kecil.  Ada yang beranggapan susu formula lebih baik dari susu UHT, ada pula yang beranggapan sebaliknya. Daripada bingung, simak penjelasan berikut ini. BEDANYA SUSU UHT, SKIM DAN FORMULAMoms, sebelum menentukan susu mana yang baik diberikan kepada sikecil, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa bedanya susu UHT, Skim dan Formula. Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum, terlebih jika disimpan dalam lemari pendingin. Susu UHT ini juga di kemas dengan kemasan multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri pun tidak bisa masuk kedalamnya. kemasan multi lapis ini juga kedap cahaya sehinnga cahaya ultra violet tak akan mapu menembusnya. dan prosen kemasanya pun dilakuan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga susu UHT ini tetap segar dan aman untuk di konsumsi, dan memenuhi standar kesehatan internasional. Kelebihan susu UHT : Daya Simpan yang lama - pada suhu kamar 6-10 bulanSusu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba ( patogen ? penyebab penyakit dan pembusuk ) serta sporaKontak panas yang singkat pada proses peng- UHT -an, menyebabkan warna, aroma dan rasa susu relatif tidak berubah Susu UHT yang telah di buka harus di simpan di refrigerator ( kulkas ) dan hindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi ( > 50 der celsius )  Susu Pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas 63-72 derajat celsius selama 15 detik, yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. karena proses pemanasannya yang relatif cukup rendah dan waktunya yang realtif lebih lama, maka tidak semua mikroorganisme pembusuk mati oleh proses ini. Maka untuk memperpanjang umur simpan produk yang telah di Pasteurisasi biasanya di simpan di refrigerator ( suhu rendah ). Daya tahan penyimpanan relatif lebih cepat 1 minggu di refrigerator atau 1-2 hari di suhu kamar. Sedangkan susu skim adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu Formula yang dijual pada umumnya adalah susu yang diproses dari susu sapi segar baik dengan atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. TETAP UTAMAKAN ASI Pada dasarnya tidak ada kewajiban memperkenalkan salah satu jenis susu tersebut. Justru, prinsip utama pemberian susu adalah berikan ASI pada bayi 0 - 6 bulan atau ASI eksklusif. Sebaliknya, susu formula bisa dijadikan alternatif bilamana Moms tidak dapat memberikan ASI Eksklusif. Dengan diberikanya susu formula khusus yang dirancang hingga menyerupai ASI, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan nutrisi bayi. Begitu usia 7 bulan bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Tujuan MPASI untuk menambah asupan nutrisi selain dari ASI, serta mengajari bayi agar mengenal makanan secara bertahap dengan konsistensi lain yang nantinya menuju pada makanan padat. Sementara, susu UHT bisa diberikan kepada anak sesudah berusia 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 1-2 gelas sehari (1 gelas = 250 ml) sesuai kemampuan anak. Susu UHT memang direkomendasikan untuk anak usia 12 bulan ke atas. Susu skim tidak ditujukan untuk anak pada umumnya, nilai kalorinya hanya mengandung 55 persen dari seluruh energi susu. Tak heran, jika susu skim seringkali digunakan dalam pembuatan keju rendah lemak dan yogurt. MANA YANG LEBIH BAIK? Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain.   Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat. Di dalam teknologi pangan, telah diketahui bahwa pengolahan dengan suhu pemanasan yang tinggi tetapi dengan waktu yang singkat, lebih dapat menyelamatkan nilai gizi daripada suhu pengolahan yang lebih rendah tetapi dengan waktu yang lebih lama. Jangka waktu simpan susu UHT lebih lama dari produk susu cair dengan cara sterilisasi pasteurisasi.  Susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang yaitu mencapai 6 ? 10 bulan meski tanpa bahan pengawet, bahkan tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Selain itu, susu UHT merupakan susu yang higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.  Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu gizi, relatif tidak berubah.  Keuntungan lainnya, karena biaya pengemasanya tidak sulit dan mahal, maka biasanya produk susu UHT dijual dengan harga yang terjangkau. Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal dari susu  segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer.  Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Lama simpan susu bubuk juga tergolong lama, maksimal 2 tahun, tentunya dengan penaganan yang baik dan benar.  Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk powder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder), dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder). Yang penting diigat, pilihlah susu yang cocok untuk si kecil. Konsumsi susu penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dan meningkatkan system imunitas (kekebalan) tubuh terhadap berbagai penyakit. Kepala Susu Sebagai Campuran MPASI  Anda sering membeli susu sapi murni? Bila iya, mungkin anda tahu lapisan mengental dan tebal yang ada pada permukaan susu.  Jika susu cair tersebut dipanaskan dan didiamkan beberapa lama, emulsi lemak akan naik kepermukaan susu dan membentuk lapisan tebal.  Nah, itu lah yang disebut dengan kepala susu. Kepala susu adalah bagian susu yang mengandung protein jenis kasein.  Dibandingkan whey, protein utama dari susu yang berbentuk cair dan banyak terdapat dalam ASI, kasein lebih sulit dicerna.  Itulah sebabnya bayi 0 - 6 bulan idealnya mengonsumsi ASI karena kandungan whey-nya lebih tinggi daripada kasein. Kepala susu hanya boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas, saat ia diperkenalkan dengan MPASI.  Tentu saja diberikan dalam jumlah yang sesuai, sebagai salah satu bahan campuran MPASI misalnya bubur dan sebagainya. Pentingkah Fortifikasi Susu Formula? Makanan terbaik untuk bayi? ya sudah pasti ASI, karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI mengandung komponen yang sangat spesifik, dan telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi.  ASI mengandung antibodi yang merupakan perlindungan alami bagi bayi baru lahir, ASI juga diduga dapat meningkatkan IQ anak, serta mengandung enzim penyerapan lipase (yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh susu formula, karena enzim ini rusak karena pemanasan). Pemberian ASI juga berperan penting dalam hal perkembangan Emotional Quotient (EQ) anak. Kedekatan dengan ibu ketika mendapatkan ASI, membuat anak merasa aman dan disayang, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak, kalau ASI sudah sedemikian lengkap, sebenarnya masih perlukah susu formula bayi? Menurut WHO, 98% wanita mempunyai kemampuan fisiologis untuk menyusui, yang berarti hanya 2% wanita yang tidak dapat memberikan ASI karena berbagai sebab dan pertimbangan, sehingga perlu pemberian susu formula bayi (artinya hanya bila dilakukan bila memang benar-benar dibutuhkan).  Keadaan ini membuat produsen memproduksi susu formula, yang dalam perjalannya malah dijadikan makanan utama untuk bayi bukan hanya oleh ibu yang tidak mampu menyusui, tetapi juga oleh ibu yang belum menyadari keunggulan ASI. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, maka berbagai penelitian tentang ASI dilakukan guna meningkatkan kualitas susu formula bayi.  Produsen menambahkan berbagai komponen agar susu formula bayi dapat menyamai kualitas ASI.  Namun demikian ASI tidak akan pernah bisa digantikan oleh susu formula bayi karena masih banyak kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui. Selain penambahan vitamin (A, D, E, K, B1, B2, B6, B12, C), mineral (kalsium, fosfor, magnesium, dll), dan zat gizi lain seperti asam linoleat, kolin, asam folat, asam pantetonat, nikotinamid dan botin, sering pula ditambahkan ARA (arachidonic acid) dan DHA (docosahexonic acid) pada susu formula, walaupun sampai sejauh ini belum cukup bukti ilmiah yang menajmin bahwa penambahan kedua komponen tersebut bermanfaat bagi bayi. Beberapa studi menunjukan beberapa manfaat yang diperoleh dari suplementasi nukleotida, di antaranya perbaikan pertumbuhan selama masa tumbuh kembang pada bayi dengan berat badan lahir yang kurang, berkurangnya kejadian diare, perbaikan fungsi imunologi pada komponen darah bayi dengan respon antibodi yang lebih besar terhadap imunisasi dipteri dan imunisasi influenza, serta perubahan metabolisme lipid.  Meskipun demikian, untuk bayi yang  lahir normal dengan berat badan normal, belum ada bukti adanya manfaat suplementasi pada formula bayi. Sedangkan penambahan lutein belum diketahui manfaatnya untuk apa karena menurut peraturan internasional, lutein belum termasuk dalam kelompok vitamin atau sebagai zat gizi lain. sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4486720http://www.lucianasutanto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=16&Itemid=53
   
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Hingga saat ini, masih ada sebagian Moms yang bingung menentukan mana susu yang baik untuk dikonsumsi si kecil.  Ada yang beranggapan susu formula lebih baik dari susu UHT, ada pula yang beranggapan sebaliknya. Daripada bingung, simak penjelasan berikut ini. BEDANYA SUSU UHT, SKIM DAN FORMULAMoms, sebelum menentukan susu mana yang baik diberikan kepada sikecil, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa bedanya susu UHT, Skim dan Formula. Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Kesegaran susu akan terasa nikmat jika segera diminum, terlebih jika disimpan dalam lemari pendingin. Susu UHT ini juga di kemas dengan kemasan multi lapis yang kedap udara sehingga bakteri pun tidak bisa masuk kedalamnya. kemasan multi lapis ini juga kedap cahaya sehinnga cahaya ultra violet tak akan mapu menembusnya. dan prosen kemasanya pun dilakuan secara otomatis tanpa adanya campur tangan manusia. Sehingga susu UHT ini tetap segar dan aman untuk di konsumsi, dan memenuhi standar kesehatan internasional. Kelebihan susu UHT : Daya Simpan yang lama - pada suhu kamar 6-10 bulanSusu yang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba ( patogen ? penyebab penyakit dan pembusuk ) serta sporaKontak panas yang singkat pada proses peng- UHT -an, menyebabkan warna, aroma dan rasa susu relatif tidak berubah Susu UHT yang telah di buka harus di simpan di refrigerator ( kulkas ) dan hindarkan dari penyimpanan pada suhu tinggi ( > 50 der celsius )  Susu Pasteurisasi merupakan susu yang diberi perlakuan panas 63-72 derajat celsius selama 15 detik, yang bertujuan untuk membunuh bakteri patogen. karena proses pemanasannya yang relatif cukup rendah dan waktunya yang realtif lebih lama, maka tidak semua mikroorganisme pembusuk mati oleh proses ini. Maka untuk memperpanjang umur simpan produk yang telah di Pasteurisasi biasanya di simpan di refrigerator ( suhu rendah ). Daya tahan penyimpanan relatif lebih cepat 1 minggu di refrigerator atau 1-2 hari di suhu kamar. Sedangkan susu skim adalah susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu Formula yang dijual pada umumnya adalah susu yang diproses dari susu sapi segar baik dengan atau tanpa tambahan zat lain seperti lemak atau protein yang kemudian dikeringkan. TETAP UTAMAKAN ASI Pada dasarnya tidak ada kewajiban memperkenalkan salah satu jenis susu tersebut. Justru, prinsip utama pemberian susu adalah berikan ASI pada bayi 0 - 6 bulan atau ASI eksklusif. Sebaliknya, susu formula bisa dijadikan alternatif bilamana Moms tidak dapat memberikan ASI Eksklusif. Dengan diberikanya susu formula khusus yang dirancang hingga menyerupai ASI, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan akan nutrisi bayi. Begitu usia 7 bulan bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). Tujuan MPASI untuk menambah asupan nutrisi selain dari ASI, serta mengajari bayi agar mengenal makanan secara bertahap dengan konsistensi lain yang nantinya menuju pada makanan padat. Sementara, susu UHT bisa diberikan kepada anak sesudah berusia 12 bulan. Jumlah yang diberikan berkisar antara 1-2 gelas sehari (1 gelas = 250 ml) sesuai kemampuan anak. Susu UHT memang direkomendasikan untuk anak usia 12 bulan ke atas. Susu skim tidak ditujukan untuk anak pada umumnya, nilai kalorinya hanya mengandung 55 persen dari seluruh energi susu. Tak heran, jika susu skim seringkali digunakan dalam pembuatan keju rendah lemak dan yogurt. MANA YANG LEBIH BAIK? Bila dilihat dari sisi kualitas susu dengan cara sterilisasi, susu UHT lebih baik dibandingkan cara sterilisasi lain.   Proses sterilisasi UHT yaitu dengan pemanasan yang tinggi dan singkat. Di dalam teknologi pangan, telah diketahui bahwa pengolahan dengan suhu pemanasan yang tinggi tetapi dengan waktu yang singkat, lebih dapat menyelamatkan nilai gizi daripada suhu pengolahan yang lebih rendah tetapi dengan waktu yang lebih lama. Jangka waktu simpan susu UHT lebih lama dari produk susu cair dengan cara sterilisasi pasteurisasi.  Susu UHT dapat disimpan dalam waktu yang cukup panjang yaitu mencapai 6 ? 10 bulan meski tanpa bahan pengawet, bahkan tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Selain itu, susu UHT merupakan susu yang higienis karena bebas dari seluruh mikroba (patogen/penyebab penyakit dan pembusuk) serta spora sehingga potensi kerusakan mikrobiologis sangat minimal, bahkan hampir tidak ada.  Kontak panas yang sangat singkat pada proses UHT menyebabkan mutu sensori (warna, aroma dan rasa khas susu segar) dan mutu gizi, relatif tidak berubah.  Keuntungan lainnya, karena biaya pengemasanya tidak sulit dan mahal, maka biasanya produk susu UHT dijual dengan harga yang terjangkau. Bagaimana dengan susu formula? Susu bubuk berasal dari susu  segar yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer atau roller dryer.  Kerusakan protein sebesar 30% dapat terjadi pada pengolahan susu cair menjadi susu bubuk. Lama simpan susu bubuk juga tergolong lama, maksimal 2 tahun, tentunya dengan penaganan yang baik dan benar.  Susu bubuk dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu susu bubuk berlemak (full cream milk powder), susu bubuk rendah lemak (partly skim milk powder), dan susu bubuk tanpa lemak (skim milk powder). Yang penting diigat, pilihlah susu yang cocok untuk si kecil. Konsumsi susu penting untuk menunjang tumbuh kembang si kecil dan meningkatkan system imunitas (kekebalan) tubuh terhadap berbagai penyakit. Kepala Susu Sebagai Campuran MPASI  Anda sering membeli susu sapi murni? Bila iya, mungkin anda tahu lapisan mengental dan tebal yang ada pada permukaan susu.  Jika susu cair tersebut dipanaskan dan didiamkan beberapa lama, emulsi lemak akan naik kepermukaan susu dan membentuk lapisan tebal.  Nah, itu lah yang disebut dengan kepala susu. Kepala susu adalah bagian susu yang mengandung protein jenis kasein.  Dibandingkan whey, protein utama dari susu yang berbentuk cair dan banyak terdapat dalam ASI, kasein lebih sulit dicerna.  Itulah sebabnya bayi 0 - 6 bulan idealnya mengonsumsi ASI karena kandungan whey-nya lebih tinggi daripada kasein. Kepala susu hanya boleh diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas, saat ia diperkenalkan dengan MPASI.  Tentu saja diberikan dalam jumlah yang sesuai, sebagai salah satu bahan campuran MPASI misalnya bubur dan sebagainya. Pentingkah Fortifikasi Susu Formula? Makanan terbaik untuk bayi? ya sudah pasti ASI, karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI mengandung komponen yang sangat spesifik, dan telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi.  ASI mengandung antibodi yang merupakan perlindungan alami bagi bayi baru lahir, ASI juga diduga dapat meningkatkan IQ anak, serta mengandung enzim penyerapan lipase (yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh susu formula, karena enzim ini rusak karena pemanasan). Pemberian ASI juga berperan penting dalam hal perkembangan Emotional Quotient (EQ) anak. Kedekatan dengan ibu ketika mendapatkan ASI, membuat anak merasa aman dan disayang, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak, kalau ASI sudah sedemikian lengkap, sebenarnya masih perlukah susu formula bayi? Menurut WHO, 98% wanita mempunyai kemampuan fisiologis untuk menyusui, yang berarti hanya 2% wanita yang tidak dapat memberikan ASI karena berbagai sebab dan pertimbangan, sehingga perlu pemberian susu formula bayi (artinya hanya bila dilakukan bila memang benar-benar dibutuhkan).  Keadaan ini membuat produsen memproduksi susu formula, yang dalam perjalannya malah dijadikan makanan utama untuk bayi bukan hanya oleh ibu yang tidak mampu menyusui, tetapi juga oleh ibu yang belum menyadari keunggulan ASI. Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, maka berbagai penelitian tentang ASI dilakukan guna meningkatkan kualitas susu formula bayi.  Produsen menambahkan berbagai komponen agar susu formula bayi dapat menyamai kualitas ASI.  Namun demikian ASI tidak akan pernah bisa digantikan oleh susu formula bayi karena masih banyak kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui. Selain penambahan vitamin (A, D, E, K, B1, B2, B6, B12, C), mineral (kalsium, fosfor, magnesium, dll), dan zat gizi lain seperti asam linoleat, kolin, asam folat, asam pantetonat, nikotinamid dan botin, sering pula ditambahkan ARA (arachidonic acid) dan DHA (docosahexonic acid) pada susu formula, walaupun sampai sejauh ini belum cukup bukti ilmiah yang menajmin bahwa penambahan kedua komponen tersebut bermanfaat bagi bayi. Beberapa studi menunjukan beberapa manfaat yang diperoleh dari suplementasi nukleotida, di antaranya perbaikan pertumbuhan selama masa tumbuh kembang pada bayi dengan berat badan lahir yang kurang, berkurangnya kejadian diare, perbaikan fungsi imunologi pada komponen darah bayi dengan respon antibodi yang lebih besar terhadap imunisasi dipteri dan imunisasi influenza, serta perubahan metabolisme lipid.  Meskipun demikian, untuk bayi yang  lahir normal dengan berat badan normal, belum ada bukti adanya manfaat suplementasi pada formula bayi. Sedangkan penambahan lutein belum diketahui manfaatnya untuk apa karena menurut peraturan internasional, lutein belum termasuk dalam kelompok vitamin atau sebagai zat gizi lain. sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4486720http://www.lucianasutanto.com/index.php?option=com_content&task=view&id=16&Itemid=53
   
30-10-2011 19:42:29 ASI tidak kental
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : 1
Bunda, saya mo tanya,
Sebenarnya ciri-ciri ASI yang baik itu bagaimana..?? ASI saya sepertinya kurang kental, setahu saya, Air Susu itu agak kental. Solusinya bgmn bunda..??
   
18-10-2011 12:17:39 Manajemen AIP (Asi perah)
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : 1
hai bunda2

wihhh seru nih topik nya, iya sy juga sempt bingung, karn di artikel ttg asi kok kayak na ribet banget ya. ad temen2 juga bilang bagus nya simpan di botol kaca.
ternyata bunda2 juga ad yang mengalami ya, saya berpikir hanya saya saja yang mengalami masalh dengan asi. awal nya asi sy juga keluar nya sedikit mana puting nya masuk kedalam sy sempat minder, blom lg anak sy sempat extend 3 hr di RS karna demam, pertama kali perah dpt na 10ml, udh gt 15ml, tp lama2 krn sering dikeluarkan jd 60ml duhhh senengnya padahal dah putus asa, tp ada sahabat yang bilang g ap2 pokok na sabar dan terus aj dicb, bayi na juga belajar untuk nyusu.

oh ya sy ad yng mo ditanya:
* memang bener ya kl asi tidak di sedot, ato tidak diluarkan bakalan basi? 2 minggu stlh melahirkan, payudara sy bengkak dan nyerii sekali, seperti produksi asi pertama kali. ada yang bilang asi nya dah basi, ntar kembung bayi nya kl tetep dikasi? memang asi bs basi juga ya?

sy sering nyeri2 dan bengkak kl malem2 krn ketiduran dan terlambt diperah.

* kemudian, tanda2 asi perah rusak apa ya??
sy sempat hangatkan asi yang diperah, tp kok setelah itu menggumpal ya?

besok 19 oktober sy mulai kerja lagi....sedihhhh.....hikz...hikz......
mudahan sy masih bs tetep kasi asi untuk anak sy.