SITE STATUS
Jumlah Member :
493.601 member
user online :
622 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: cara menghilangkan rasa panas di tangan

New Topic :  
12-05-2010 08:52:06 perut di garuk boleh ga sich?
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Kehamilan ibarat sebuah keajaiban. Di dalam perut seorang ibu tumbuh janin. Hampir dipastikan kehamilan ini kerap dibarengi kerewelan karena muncul berbagai gangguan. Apa saja?

Saat Anda berbadan dua memang bukan cuma membawa perubahan suasana hati, tapi juga mengakibatkan munculnya beberapa “penyakit”. Kendati begitu, calon ibu tak perlu mengkhawatirkannya. Karena biasanya tidak berbahaya. Kecuali pada beberapa kasus patut dicurigai jika “penyakit” ini berlanjut makin parah.

Nah, apa saja gangguan tersebut? Ikuti pemaparan di bawah ini:

* Perubahan Pembuluh Darah.

Akan tampak garis biru yang samar-samar di bawah kulit, pada payudara, dan perut. Itu adalah kondisi normal saat hamil. Jaringan pembuluh darah mengembang untuk membawa darah lebih banyak bagi kehamilan.

Tak perlu dikhawatirkan karena umumnya akan menghilang dengan sendirinya setelah melahirkan.

* Varises.

Pembuluh darah balik (vena) yang normal dan sehat membawa darah kembali ke jantung dari anggota tubuh. Karena harus bekerja melawan gaya berat, maka pembuluh vena dirancang untuk memiliki serangkaian katup yang mencegah membaliknya aliran darah. Bila katup ini hilang, darah cenderung berkumpul pada vena di mana tarikan gaya beratnya besar (seperti kaki, anus/vulva).

Masalah ini lebih sering terjadi pada wanita yang kegemukan daripada pria, dan sering muncul pertama kali saat hamil. Lantaran bertambahnya tekanan pada vena kaki, volume darah yang bertambah, terjadinya relaksasi otot-otot pada pembuluh darah yang disebabkan oleh hormon kehamilan.

Varises pada kehamilan dapat dicegah, antara lain dengan menghindari: kenaikan berat badan berlebih, duduk terlalu lama, mengangkat barang berat, mengejan terlalu kuat saat buang air besar, menggunakan pakaian ketat, merokok, dan sebagainya.

Penghilangan varises lewat pembedahan tak dianjurkan saat hamil. Toh, kebanyakan varises ini akan menghilang sendirinya setelah melahirkan. Biasanya saat berat badan kembali normal.

“Yang dikhawatirkan jika varises terdapat pada jalan lahir. Karena akan mengganggu proses persalinan. Mungkin bisa terjadi perdarahan,” ujar dr. Nanang.

* Guratan pada Perut.

Gurat-gurat di atas perut diakibatkan oleh meregangnya kulit. Biasanya karena pertambahan berat badan yang terlalu banyak/cepat.

Gurat-gurat ini memang sulit untuk dihilangkan, tapi tak perlu berkecil hati. Anggap saja itu sebagai hadiah dan bagian dari kesempurnaan Anda sebagai wanita yang telah melahirkan.

Perlu para ibu ketahui, perut hamil memang perut yang gatal dan akan bertambah gatal seiring bertambahnya usia kehamilan. Ini disebabkan perut ibu membesar sehingga kulit perut meregang. Akibatnya kulit menjadi kering.

Kendati terasa gatal, hindari untuk menggaruk. Cukup olesi dengan cairan pelembab kulit. Memang tak akan menghilangkan sama sekali rasa gatal. Paling tidak, bisa mengurangi keadaan tersebut.

* Perut Terasa Panas.

Pada awal kehamilan, tubuh akan memproduksi sejumlah progesteron dan estrogen yang cenderung melemaskan semua jaringan otot halus di seluruh tubuh, termasuk saluran pencernaan. Akibatnya kadang-kadang makanan berjalan lambat di dalam sistem pencernaan, sehingga perut terasa kembung dan panas.

Rasa panas di perut akibat melemasnya cincin otot yang memisahkan kerongkongan dengan lambung. Akibatnya, makanan dan cairan yang keras serta asam dapat masuk ke kerongkongan dari lambung. Asam lambung ini merangsang dinding kerongkongan yang peka sehingga menyebabkan rasa panas. Untuk menghindarinya usahakan makan sedikit-sedikit tapi sering. Hindari posisi membungkuk dengan melekukkan pinggang.

* Mual di Pagi Hari.

Morning sickness atau mual dui pagi hari lumrah terjadi pada kehamilan. Hampir semua ibu hamil mengalaminya. Biasanya terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Tetapi kadang ada yang sangat berlebihan, mual sepanjang 9 bulan (hiperemesis gravidarum). Penyebab mual ini adalah akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan HCG (human chorionic gonadotrophine) dalam serum darah ibu.

Tak ada obat yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa mual. “Bisa dicegah dengan menghindari makanan atau sumber penyebab mual tersebut,” kata dr. Nanang.

* Tak Suka Susu.

Banyak ibu yang khawatir dengan kondisi janin karena ia tak suka susu. Sebetulnya yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah janin tak perlu susu, melainkan kalsium. Tentunya banyak bahan pengganti susu yang tak kalah kandungan kalsiumnya.

* Sembelit.

Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya relaksasi otot-otot saluran pencernaan akibat meningkatnya hormon-hormon kehamilan sehingga sistem pembuangan menjadi lamban. Penyebab lain, tekanan dari rahim yang terus tumbuh kepada usus menghambat kegiatan normal usus.

Anda dapat menghindarinya dengan mengkonsumsi cukup makanan berserat, seperti sayuran dan buah-buahan. Juga jaga agar tubuh tak kekurangan air.

Anda pun harus tetap bergerak aktif. Jangan lantaran hamil, lantas Anda tidur sepanjang hari. Selama dokter tak melarang, Anda bisa tetap beraktivitas. Tambahkan sedikit olahraga seperti jalan pagi.

* Sulit Bernapas.

Kesulitan bernapas biasanya mulai terjadi saat kehamilan memasuki trimester kedua. Rahim yang membesar mendorong diafragma ke atas sehingga paru-paru terdesak dan sulit baginya untuk berkembang penuh.

Peredaran biasanya terjadi setelah janin bergerak ke posisi bagian bawah rongga panggul, menjelang persalinan. Mungkin Anda akan lebih mudah bernapas bila duduk tegak daripada duduk bersandar atau membungkuk.

Jika kesulitan bernapas berlanjut parah, disertai pernapasan yang cepat, ujung jari membiru, terdapat nyeri pada dada dan denyut nadi lebih cepat, mungkin ada masalah. Segera hubungi dokter.

* Anemia.

Karena volume darah meningkat selama kehamilan, maka jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah akan meningkat pula secara bertahap.

Untuk mencegah anemia kekurangan zat besi, ibu hamil dianjurkan makan makanan yang kaya zat besi. Biasanya dokter akan memberi resep tambahan zat besi.

Bila kekurangan zat besinya ringan, mungkin tak terdapat gejala-gejala. Tapi ketika sel darah merah pembawa oksigen makin bertambah kurang, ibu akan menunjukkan gejala pucat, letih, lemah, berdebar, sesak napas, dan pingsan.

* Mimisan.

Tersumbatnya yang disertai mimisan mungkin terjadi karena kadar estrogen dan progesteron yang tinggi beredar pada tubuh, sehingga menyebabkan banyaknya aliran darah pada membran mukosa dari hidung. Akibatnya menjadi lunak dan membengkak, mirip seperti leher rahim yang akan menyiapkan kelahiran.

Untuk menghentikan mimisan, lebih baik duduk atau berdiri sedikit miring ke depan daripada berbaring atau bersandar ke belakang. Tekan kedua lubang hidung bersamaan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Tahan selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali sampai pendarahan berhenti.

* Pengeluaran Cairan dari Vagina.

Tak berbeda seperti saat Anda akan mengalami menstruasi, vagina akan sedikit mengeluarkan cairan. Normalnya berwarna putih susu, encer, dan berbau sedikit. Umumnya jumlahnya akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan.

Anda bisa menggunakan pembalut untuk memberi rasa nyaman. Tapi jangan menggunakan tampon. Atau seringlah mengganti celana dalam Anda dengan menggunakan bahan katun.

* Mengompol.

Pada trimester terakhir, beberapa ibu hamil mengompol. Biasanya ketika batuk, tertawa terlalu keras, atau bersin. Mengompol ini terjadi karena tekanan dari rahim yang terus membesar terhadap kantung kemih.

Biasanya akan pulih dengan sendirinya setelah melahirkan. Beberapa latihan yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot panggul, juga bisa mengatasi kondisi ini.

* Keletihan.

Jangan merasa diri sebagai wanita super, karena keletihan lumrah terjadi selama kehamilan. Apalagi pada trimester ketiga. Beban kandungan yang makin berat, ditambah mungkin ibu hamil kurang tidur. Rasa khawatir akan persalinan pun membuat calon ibu merasa sangat letih. Karena itu perbanyak istirahat dan makan cukup.

Calon ibu perlu mewaspadai keletihan ini jika terjadi sangat berlebihan. Misalnya, Anda sudah merasa cukup rileks, tak bekerja terlalu berat, tapi keletihan tetap terjadi. Konsultasikan dengan dokter. “Saat konsultasi, calon ibu diharapkan bisa menceritakan semua keluhan yang ada. Sehingga dokter bisa segera memberi penanganan jika diperlukan,” nasehat dr. Nanang.

* Kesemutan.

Ada ibu hamil yang merasa kesemutan di daerah telapak tangan dan kakinya. Kesemutan yang menyerang ibi hamil mungkin disebabkan: kekurangan vitamin B, gangguan metabolisme tubuh penekanan ujung-ujung saraf tepi oleh penumpukan cairan di daerah ujung-ujung jari. Bisa juga diakibatkan penekanan rahim yang membesar terhadap kumpulan jaringan saraf di daearh rongga panggul.

Mengubah-ubah posisi biasanya akan mengurangi gejala ini. Kecuali itu perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan vitamin-vitamin khusus untuk sistem saraf. Kondisi ini tak perlu terlalu dikhawatirkan karena tak membahayakan ibu maupun janin. Bila berlanjut terus, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

* Kejang kaki.

Kejang kaki biasanya disebabkan kelebihan fosfor dan kelebihan kalsium dalam darah. Biasanya dokter menyarankan untuk meminum tablet kalsium tanpa fosfor.

Bila ibu hamil mengalami kejang pada betis, luruskan kaki dan lekukkan mata kaki serta jari-jari kaki ke atas ke arah hidung Anda. Lakukan beberapa kali menjelang tidur. Atau bisa juga berdiri di atas permukaan yang dingin.

* Kulit Kehitaman

Ada beberapa ibu hamil yang mengalami perubahan kulit menjadi kehitaman di tubuhnya, misalnya di bagian leher, ketiak, atau perut. Perubahan tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon MSH (melanophore stimulating hormone). Perubahan kulit tersebut sulit dihilangkan selama kehamilan. Tetapi akan berangsur-angsur hilang setelah melahirkan.

Ibu tak perlu mengkhawatirkan keadaan ini. Apalagi jika melihat ibu hamil lain tidak mengalaminya. Memang tidak semua mengalami hal yang sama. Bahkan, pada kehamilan pertama dan kedua pun kerap terjadi perbedaan.

* Masalah Gigi

Gangguan keseimbangan hormon saat hamil bisa mengakibatkan pembengkakan pada gusi. Bila kondisi ini terus berlanjut dan parah, tentu akan sangat mengganggu fungsi pengunyahan (gigi berlubang atau goyang). Gangguan ini tidak terjadi sendirinya, tetapi disebabkan ibu hamil malas merawat gigi dan kebersihan mulutnya.

Tentu saja ibu tidak boleh membiarkan keadaan ini sampai berlanjut. Jagalah kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi secara benar. Yang perlu diingat penggunaan obat-obatan pereda sakit gigi yang tidak terkontrol dan terus menerus dapat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan janin. Karena itu setiap obat yang akan ibu konsumsi, harus sepengetahuan dokter

semoga informasi ini dapat membantu menambah pengetahuan para bunda semua


   


16-06-2015 15:29:50 antasida untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
Slmt sore..salam kenal.. Saat ini uk aq 17w..dari uk 6w aq diresepkan mylanta cair (diminum selama di opname, juga saat dirumah) Sekitar 3 minggu.. Saat sudah habis,tanpa resep dokter aq beli lagi, dan konsumsi sampai saat ini sdh lebih dr 2bln.. Selain membantu mengurangi maag, dgn mengkonsumsi mylanta ini membantu menghilangkan rasa asam di mulut akibat liur, krn aq jg mengalami hipersalivasi dr uk 6w.. jd setelah makan supaya tdk terlalu muntah parah 2 jam setelahnya aq pasti minum mylanta cair tersebut. Jd dlm sehari bisa minum mylanta 3-4x. Dan setelah minum mylanta, aq jd mls mengisi makanan lagi. Krn malas merasa mulut asam setelah makan dan muntah. Daripada harus minum mylanta lebih dr 4x sehari demi menghilangkan rasa asam di mulut sesudah mkn. Pertanyaannya, apakah mylanta berbahaya dikonsumsi dalam jangka panjang seperti ini? Karena sampai saat ini blm menemukan cara lain selain minum mylanta, untuk menghilangkan asam d mulut akibat hipersalivasi/liur yg tidak berhenti, dan #maaf# harus meludah 10 detik sekali.. Mohon bantuan dan informasinya. Terima kasih
   
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
malem bunda, apa semua bunda juga merasakan kaku di perut dan tiba2 dada terasa sesak? gimana cara menghilangkan rasa ini? trimakasih ya bun
   


19-01-2015 16:20:41 Kelahiran Pada Bulan Mei 2015
Jumlah Posts : 13
Jumlah di-Like : belum ada like
halo bunda apa ada yg pernah kena heartburn (rasa panas di bagian dada dan ulu hati) sebelumnya? gimana ya cara mengatasinya.. tks
   
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
wah,aku br denger say,kl pke koyo bs berbekas sama baby?!?bunda yakinin aja amannya pke apa..stiap org punya cara buat menghilangkan rasa sakit di pinggang dan lutut. oiya aku mah kmrn sakit pinggang mnm pocari,cm ya jgn byk2..itupun d saranin sama dokternya. coba cek d google aja say,byk yg bahas ko.
   


08-10-2013 02:49:06 perih di oerut
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
gpp kok bun itu wajar krna memang disaat hamil lambung qta tertekan oleh rahim yg membesar.. Kl pengaruh ke makanan kyk'y ga malah kl bisa mkn dlm porsi sdikit tp srng.. hindari mknan yg pedas dan asam.. Aq awal hamil gitu jg slalu naik apalgi kl udh mkn yg pedes ato rujak akhir'y kontrol ke dokter dan dksh obat maag.. Rasa panas di dada (heartburn) dan sendawa sering terjadi pada wanita hamil, mungkin karena makanan tinggal lebih lama di dalam lambung dan karena sfingter di esofagus bagian bawah cenderung untuk relaksasi, sehingga membuat isi lambung dapat naik lagi ke atas (ke dalam esofagus). Beberapa cara yang dapat membantu mengatasi heartburn : makan makanan dalam porsi yang lebih kecil jangan membungkuk atau berbaring datar untuk beberapa jam setelah makan hindari kafein, tembakau, alkohol, dan aspirin serta obat-obat yang berhubungan (salisilat) minum antasida cair, tetapi jangan minum antasida yang mengandung natrium bikarbonat karena kandungan garam (natrium) yang sangat banyak Heartburn saat malam hari dapat diatasi dengan beberapa cara berikut : Berhenti makan beberapa jam sebelum tidur Tinggikan bagian kepala tempat tidur atau gunakan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan bahu sehingga lebih tinggi Asam lambung dihasilkan lebih sedikit saat hamil, sehingga ulkus lambung jarang terbentuk saat kehamilan dan ulkus yang telah ada seringkali mulai menyembuh. Dengan berkembangnya kehamilan, rahim yang membesar menekan rektum dan usus bagian bawah sehingga dapat menyebabkan konstipasi (sembelit). Konstipasi dapat semakin berat karena kadar hormon progesteron yang tinggi saat hamil memperlambat kontraksi otot polos pada usus yang normalnya mendorong gerakan makanan di dalam usus. Makan makanan tinggi serat, minum air yang cukup, dan latihan secara teratur dapat membantu mencegah konstipasi.
   
06-10-2010 10:39:30 NUTRISI BAGI WANITA HAMIL
Jumlah Posts : 53
Jumlah di-Like : 4
lanjutan ....

Vitamin A

Meskipun kebutuhan vitamin A meningkat selama kehamilan, suplemen vitamin A jarang direkomendasikan untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan cacat lahir. 

Cara terbaik untuk meningkatkan asupan vitamin A adalah melalui berbagai sumber makanan seperti susu, ikan, telur, dan margarine. Hati mengandung vitamin A yang terlalu tinggi dan hal ini berhubungan dengan cacat lahir, sehingga konsumsi hati selama kehamilan sebaiknya dihindari. 

Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan untuk membantu penyerapan kalsium. Margarine, keju, ikan berlemak dan telur merupakan makanan yang mengandung vitamin D. 

Suplemen Vitamin

Suplemen multivitamin dan kalsium dapat direkomendasikan bagi wanita-wanita hamil yang: vegetarian, remaja yang mungkin kurang asupan makanan, memiliki kebiasaan merokok, obat-obatan, minum minuman beralkohol, dan wanita gemuk yang sedang mengontrol masukan kalori untuk mencegah kelebihan berat badan yang besar. 

Makan untuk Berdua

Anda tidak perlu makan berlebih selama hamil. Rekomendasi para ahli adalah asupan kalori pada trimester pertama, kira-kira sama dengan sebelum kehamilan. Pada trimester kedua, asupan kalori meningkat sekitar 10% dari trimester pertama, yakni sekitar 600kJ per hari. Tapi ingatlah bahwa kualitas nutrisi jauh lebih penting daripada kuantitas asupan makanan.  

Bahaya Diet

Beberapa wanita khawatir akan pertambahan berat badan selama kehamilan dan memutuskan untuk makan dengan jumlah sedikit untuk menghindari kegemukan. Membatasi makan atau berdiet dalam bentuk apapun dapat berdampak buruk pada kesehatan wanita hamil maupun pada bayi yang sedang dikandungnya. 

Kehamilan di Masa Remaja

Seseorang yang hamil di usia remaja membutuhkan lebih banyak zat gizi daripada seseorang yang hamil di usia dewasa, karena usia ini masih dalam tahap pertumbuhan. Kehamilan di usia remaja kemungkinan akan melahirkan bayi yang lebih kecil karena terjadi rebutan zat gizi antara sang ibu muda dengan janin yang dikandungnya.  

Anemia lebih sering terjadi pada remaja dibandingkan dengan wanita dewasa. Asupan kalsium juga penting diperhatikan karena massa tulang di usia remaja belum maksimal terbentuk dan kurangnya asupan kalsium dapat meningkatkan resiko osteoporosis di kemudian hari. 

Mual dan Muntah

Mual dan muntah, khususnya mual di pagi hari atau morning sickness merupakan hal yang umum terjadi selama kehamilan khususnya di trimester pertama. Untuk meringankannya, anda dapat mengkonsumsi makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat (seperti sandwich atau buah-buahan) setiap dua atau tiga jam.  

Beberapa saran berikut ini mungkin dapat membantu:

§          Makan roti kering, biskuit atau cereal sebelum bangun tidur di pagi hari. Bangunlah secara perlahan-lahan, hindari gerakan yang dilakukan secara tiba-tiba.

§          Minumlah antara waktu makan, bukan diselingi saat makan, untuk menghindari perut kembung yang bisa membuat muntah.

§          Hindari makan dalam jumlah besar, makanan berminyak dan berbumbu tajam

§          Mencium sesuatu yang beraroma segar seperti jeruk

§          Bersantai,  beristirahat dan hiruplah udara segar sebanyak mungkin. Ventilasi kamar harus baik dan bebas dari bau.

§          Minum minuman bersoda ketika anda merasa mual secara perlahan-lahan

§          Cobalah makanan dan minuman yang mengandung jahe yang dapat mengurangi rasa mual. 

Heartburn (Rasa Panas Di Ulu Hati)

Hearburn umum terjadi selama kehamilan karena bayi yang sedang tumbuh menekan abdomen anda. Makan sedikit namun sering lebih baik daripada mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus. Cobalah untuk menghindari:

·         Makan larut malam

·         Membungkuk, mengangkat benda berat atau berbaring setelah makan

·         Mengkonsumsi teh, kopi atau alkohol secara berlebihan

·         Anda juga dapat mencoba tidur dengan bantal agak tinggi sehingga kepala sedikit terangkat.  

Alkohol

Sudah menjadi kesepakatan umum bahwa seorang wanita hamil seharusnya tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan resiko keguguran, melahirkan bayi dengan Berat Badan Lahir rendah (BBLR), congenital deformities, dan berdampak buruk pada kecerdasan bayi. Sampai saat ini tidak diketahui batas aman untuk konsumsi alkohol bagi wanita hamil. 

The Australian Alcohol Guidelines merekomendasikan wanita hamil ataupun yang sedang merencanakan kehamilan seharusnya tidak ‘mabuk’, yang dapat diartikan tidak perlu mengkonsumsi alkohol, atau jika tetap ingin mengkonsumsinya, harus kurang dari tujuh gelas minum standar dalam satu minggu dan tidak lebih dari 2 gelas minum standar dalam seharinya.

Infeksi Listeria

Bakteri Listeria monocytogenes dapat mencemari beberapa jenis makanan. Orang yang dalam keadaan sehat mungkin tidak merasakan dampak dari infeksi ini. Namun resiko yang besar akan dihadapi oleh wanita hamil. Bahaya terbesar akan dihadapi oleh bayi yang sedang dikandung, yakni dengan meningkatnya resiko keguguran, meninggal waktu lahir ataupun kelahiran prematur. Meskipun infeksi Listeria mudah diatasi dengan antibiotik, akan tetapi mencegah tetap menjadi jalan yang lebih baik. Beberapa jenis makanan cenderung lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri ini. Oleh karena itu, hindari jenis makanan ini jika anda sedang hamil.

Sebagai contoh adalah makanan yang belum dimasak, atau makanan beku yang tidak dihangatkan kembali, pate (pasta yang terbuat dari hati sapi), quiches (puding kering), delicatessen meats (daging olahan) seperti babi dan salami.

Makanan yang tidak dipasteurisasi

Soft serve ice cream

Keju lembut, seperti Brie dan Camembert

Organisme penyebab listeria akan musnah bila kena panas. Jadi makanan yang dimasak dengan baik tidak beresiko terpapar bakteri ini. 


   
02-04-2009 07:43:38 Avail Bio Sanitary Pad
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like

Mengapa wanita sekarang mempunyai masalah sewaktu menstruasi??

-         Pusing                                      - Emosi tidak terkendali

-         Nyeri                                        - Haid tidak teratur

-         Sakit pada payudara                 - Sakit pada sendi-sendi

Mengapa wanita saat ini sering mengalami masalah kewanitaan???

-         Keputihan                                 - Merasa gerah dan gatal

-         Kekuningan                              - Infeksi vagina disebabkan oleh bakteri

-         Bau tidak sedap                       - Infeksi kandung kemih karena bakteri

Mengapa wanita saat ini sering terkena penyakit yang sangat ganas dan dapat mengancam nyawa??

-         Kanker rahim                            - Kanker ovarium, endometriosis

-         Kanker payudara                     - Kista Myom

Pada saat ini, wanita lebih banyak mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah bahkan jutaan setiap bulannya untuk menjaga agar wajahnya tetap cantik dan bersih. Tetapi, mereka lupa merawat mahkotanya.

Tahukah Anda???

Menurut Yayasan Kanker Indonesia, saat ini penyakit Kanker leher rahim mengakibatkan korban meninggal sedikitnya 200.000 wanita per tahun.

Sebanyak 52 juta dari sekitar 115 juta perempuan Indonesia beresiko terkena kanker rahim (serviks) karena berbagai alas an, kata dr. Djemi, SpoG dalam seminar “Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara pada Wanita”, di Palu Maret 2007 (Kutipan harian analisa, minggu 25/03/2007).

Jika seseorang mulai terjangkit infeksi vagina sejak usia 20 tahun, maka sedikitnya 6 tahun hidupnya akan di habiskan hanya untuk pengobatan dan perawatan infeksi.

Banyak wanita terjangkit infeksi vagina disebabkan oleh pemakaian pembalut yang kurang berkualitas.

Mengapa wanita saat ini banyak mengalami kanker rahim, kanker payudara, kanker ovarium, endometriosis dan lain-lain?

The Tampon Safety and Research Act of 1999, H.R. 890 USA 1999 (Kongres tentang Penelitian dan Keamanan Tampon di Amerika Serikat tahun 1999) menyatakan bahwa zat dioxin dan serat sintesis yang terkandung dalam pembalut wanita dan produk sejenis, beresiko tinggi terhadap kesehatan wanita, termasuk resiko terhadap : Kanker Serviks, Endometriosis, Kanker Ovarium, Kanker Payudara, Penurunan system Kekebalan tubuh, Radang serviks dan lain-lain.

Para ahli Kanker International serta badan kesehatan dunia meyatakan bahwa Zat Dioxin dapat menyebabkan Kanker.

Zat Dioxin adalah sebuah hasil sampingan dari proses bleaching (pemutihan) yang digunakan pada pabrik pembalut wanita, tissue, sanitary pad dan diaper.

Bagaimana zat dioxin bisa meresap ke dalam rahim?

Bila darah haid jatuh ke permukaan pembalut, zat dioxin akan dilepaskan melalui proses penguapan. Pertama akan mengenai permukaan vagina, kemudian di serap ke dalam rahim melalui saluran serviks, lalu masuk ke uterus, melalui tuba fallopi dan berakhir di ovarium

Proses Pembuatan Pembalut Biasa

Pembalut wanita adalah produk sekali pakai. Karena itulah para produsen mendaur ulang bahan baku kertas bekas dan pulp menjadikannya bahan dasar untuk menghemat biaya produksi.

Dalam proses daur ulang, banyak bahan kimia digunakan untuk proses pemutihan kembali, menghilangkan bau dan proses sterilisasi kuman-kuman pada kertas bekas, sehingga pembalut yang dihasilkan mengandung banyak zat dioxin yang berbahaya bagi manusia, serta tidak di jamin sterilisasinya (masih mengandung bakter). Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya gangguan terhadap organ reproduksi wanita.

Untuk mengatasi permasalahan anda sekarang telah hadir

Avail Bio Sanitary Pad

Pembalut wanita yang diproduksi dengan memakai teknologi tinggi yaitu “BIO Technology”, bahan baku kapas, berkualitas tinggi dan tidak mudah tembus, mengandung 17 jenis herbal alami di dalamnya yang mempunyai khasiat yang tinggi

Produk ini telah diuji di Singapura oleh Health Sciences Authority (No Lab. PH-2004-01699-001), menyatakan produk FC-Bio Sanitary Pad tidak mengandung racun di dalamnya.

Telah diuji oleh Chern VI Laboratory Sdn Bhd, Malaysia (Ruj LS/0704/7788), menyatakan produk FC-Bio Sanitary Pad tidak mengandung plumbum, arsenic, tembaga, timah, E. Coli, Salmonela (bakteri penyebab keracunan makanan) dan Stafilokokus (bakteri yang menghasilkan nanah).

Komposisi dan Fungsi :

PEPPERMINT, berfungsi menghilangkan rasa panas, rasa sakit, gatal-gatal dan tekanan. Menciptakan kenyamanan dan sejuk.

MING FANG (ALUMEN), berfungsi sebagai pembersih darah beku dalam rahim dan membunuh kuman pada vagina serta sebagai antiseptik.

MAI FANG STONE (TALCUM), berfungsi membantu untuk membunuh bakteri, mencegah bakteri, virus dan kuman. Menghilangkan bau dan mencegah infeksi oleh bakteri.

KUAI MU YOU (AGRILARIAE LIGNUM), berfungsi mengurangi rasa sakit pada otot dan sendi, menahan sakit pinggang dan sakit syaraf.

BING PION (BORNEOL), berfungsi menghilangkan tekanan pada saat haid, menghilangkan rasa sakit, rasa gerah dan rasa panas.

Khasiat FC-Bio Sanitary Pad :

  1. Mengatasi nyeri haid, sakit otot dan sendi.
  2. Mengatasi keputihan.
  3. Mengatasi penyakit kulit, gatal-gatal dan alergi.
  4. Mengatasi haid tidak teratur.
  5. Mengatasi bau tidak sedap.
  6. Mengatasi infeksi vagina dan kandung kemih oleh jamur, bakteri dan virus.
  7. Mengatasi gangguan kesuburan.
  8. Meningkatkan keharmonisan rumah tangga.
  9. Membuang angin.
  10. Mengeluarkan gumpalan darah dari dalam rahim.
  11. Mencegah timbulnya penyakit-penyakit pada vagina dan rahim, seperti tumor, kanker, kista, mioma, dll.
  12. Mencegah infeksi pada anus, kolon dan usus bagian bawah, serta dapat mengurangi nyeri pada ambeien.

Kelebihan AVAIL Bio Sanitary Pad….

  1. Tidak mengandung florensen, aman digunakan.
  2. 100% Kapas
  3. Berkualitas tinggi dan tidak mudah tembus
  4. Tidak mengandung zat pemutih
  5. Tidak mengandung zat dioxin yang dapat menyebabkan kanker rahim, kanker payudara, dll.
  6. Antiseptik
  7. Membasmi kuman

Bagi wanita yang mempunyai masalah dianjurkan setiap 3 – 4 jam sekali di ganti.

Bagi wanita hamil tidak di sarankan memakai produk ini.

Produk ini tidak terlalu mahal koq, sebanding dengan khasiatnya...
1. Pantiliner 1 bungkus isi 20 pcs, harganya Rp.28.000
2. Pembalut Day Use 1 bungkus isi 10 pcs, panjang 24.5 cm, harganya Rp.32.000
3. Pembalut Night Use 1 bungkus isi 10 pcs, panjangnya 30 cm, harganya Rp.35.000

Harga di atas belum termasuk ongkir ya....

Terbuka kesempatan untuk jadi Member di seluruh Indonesia….


   
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MAKANAN PEDAS DAN ASAM SELAGI HAMIL? BOLEH KOK!

Yang terpenting, pandai-pandailah menilai batas kemampuan diri.

Rasa asam konon membuat makanan jadi terasa menyegarkan. Citarasanya yang unik kerap diidentikkan sebagai obat ngantuk atau untuk mengurangi keluhan mual. Sementara rasa pedas memunculkan semangat dan memberi sensasi tersendiri pada si penikmat makanan tersebut.

Tak heran kalau dua citarasa ini sangat disukai banyak orang, termasuk ibu hamil. Selain itu, selama masa kehamilan juga dikenal fase ngidam yang umumnya dirasakan sebagai keluhan mual dan muntah. Untuk mengatasinya, ibu hamil menginginkan sesuatu yang terasa segar di mulut. Salah satunya makanan asam dan pedas.

Ginekolog dari Klinik SamMarie, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dr. Drajat M. Sastrawikarta, Sp.OG., menyebutkan, dalam buku-buku medis ilmu kandungan dan kebidanan, selintas memang disebutkan fase yang dinamakan ngidam/nyidam. Ngidam, kata Drajat, merupakan keinginan ibu hamil untuk menyantap sesuatu. Akan tetapi keinginan tersebut kadang berkembang tak wajar. Contohnya, tidak apa-apa bila ibu hamil ingin makan buah kecapi yang asam. Menjadi tidak wajar bila permintaan tersebut muncul saat bukan musim kecapi. Sementara pohon kecapi sendiri, di Jakarta misalnya, sudah termasuk pohon langka.

PENGARUH KULTUR

Diakui Drajat, memang tidak semua ibu hamil melewati kehamilannya dengan ngidam. Kalaupun ngidam, belum tentu muncul keinginan "dramatis" untuk melahap makanan yang bercitarasa asam dan pedas. Namun demikian, di Indonesia memang banyak penggemar makanan yang rasanya merangsang ini. Mengenai penyebab pasti mengapa selera akan makanan asam dan pedas meningkat di masa kehamilan, menurut Drajat amat sulit dijawab. Sejauh ini memang tidak ada satu teori atau buku pun yang menjelaskan mengapa demikian.

Drajat menduga, di usia kehamilan muda, kegemaran makan makanan yang asam dan pedas lebih merupakan upaya ibu menghilangkan keluhan mualnya. Meski lagi-lagi belum ada penelitian ke arah sana, tapi menurut Drajat hal ini bisa dibenarkan. Asumsinya, masyarakat kita secara turun-temurun menganggap makanan bercitarasa asam dan pedas bisa menghilangkan rasa mual. Tak heran kalau ketika hamil seorang ibu jadi menyukai rasa pedas dan asam, meski semula ia tidak seperti itu.

Contohnya, kata Drajat, ketika bepergian jauh, banyak yang membawa jeruk sebagai bekalnya. Kalau tidak, ada yang menyarankan mabuk perjalanan diatasi dengan minum rebusan asam jawa. Keduanya yang sama-

sama memiliki rasa asam diyakini bisa berfungsi sebagai obat antimual. Hal serupa juga berlaku untuk makanan yang bercita rasa pedas. Saat kita merasa mual di ulu hati seperti ingin muntah, lekaslah makan makanan yang pedas. Niscaya keinginan muntah bakal hilang dengan sendirinya. Tak percaya? Buktikan saja sendiri.

BELAJAR MENAHAN NAFSU

Yang ditekankan oleh Drajat, yaitu pentingnya membatasi konsumsi makanan pedas dan asam. Mengapa? Semata-mata untuk menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ibu mengalami diare yang bisa berlanjut menjadi gangguan dehidrasi sehingga membahayakan kehamilannya. Bukankah sesuatu yang berlebihan lazimnya menimbulkan dampak negatif?

Makan rujak 4 kali sehari, masing-masing dengan 20 cabe per porsi, jelas berlebihan dong. Namun lagi-lagi Drajat mengaku tak bisa menjelaskannya secara konkret mengenai batasan ini karena sifatnya memang sangat individual alias tak pernah sama. Oleh karena itu, agar kehamilan berjalan sehat dan nyaman, kenali diri sendiri.

Kalaupun ibu sudah akrab dengan makanan pedas sejak sebelum hamil, tak ada salahnya mengurangi "kualitas" pedasnya semata-mata demi menjaga sistem pencernaan dan janinnya. Nah, dengan pandai mengatur dorongan yang berlebihan, kesukaan mengonsumsi makanan pedas tetap boleh berlanjut tanpa harus mengundang risiko. Hal serupa juga berlaku juga untuk makanan dan minuman yang asam. Terlalu banyak mengonsumsi makanan/minuman yang asam juga akan membuat lambung tak nyaman. Bahkan bukan tidak mungkin akan menyebabkan perlukaan di usus bila rasa asam itu berasal dari cuka atau bahan-bahan nonbiologis lainnya. Terutama bagi mereka yang sebelumnya sudah menderita gangguan mag.

PENTINGNYA EDUKASI

Drajat sendiri tak mempermasalahkan kebiasaan ibu-ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang pedas dan asam. "Sepanjang kebiasaan tersebut tidak merugikan diri si ibu dan lingkungan, menurut saya pribadi ya biarkan saja. Apalagi setahu saya tidak ada kontraindikasi makanan dan minuman seperti ini dengan kehamilan."

Sayangnya, tidak sedikit ibu hamil yang hanya mengikuti dorongan nafsunya dan menyampingkan akal sehat. Untuk bisa memberikan pemahaman akan pola makan dan minum yang baik kadang bukan perkara mudah. Dituntut kesabaran dari sang suami dan anggota keluarga lainnya untuk menyampaikan misi edukatifnya. Jika tak berhasil juga, lebih baik minta bantuan dokter untuk menjelaskan. Bukankah umumnya ibu hamil mau mendengarkan apa yang dikatakan dokternya.

Drajat juga mengingatkan agar ibu-ibu hamil mewaspadai mitos-mitos yang kebenarannya diragukan. Di antaranya makan asam, terutama cuka, bisa membuat rahim mengerut. Padahal, tukasnya, "Kalau memang benar demikian, seharusnya bukan rahim saja yang mengalami pengerutan, melainkan seluruh organ tubuh ibu. Karena apa yang dimakan akan diserap oleh seluruh tubuh."

Begitu juga dengan anjuran jangan banyak menyantap makanan yang pedas jika tak ingin anaknya nakal. Anjuran tersebut ada benarnya sebagian, "Tapi kalau dikait-kaitkan dengan kenakalan anak, dari mana kesimpulan tersebut didapat?" ujarnya balik bertanya.

Gazali Solahuddin. Foto: Ferdi/nakita

Mitos:
Mengonsumsi makanan pedas menyebabkan ibu yang hamil tua jadi cepat melahirkan. 

Fakta:  Sebenarnya, ibu hamil tidak punya pantangan makanan tertentu. Tapi, ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti makan yang berasal dari keju yang sangat lembik atau keju dari susu mentah. Makanan-makanan ini dikhawatirkan cepat busuk, sehingga mengandung bakteri yang disebut lysteria. Bakteri inilah yang sering dihubungkan dengan kemungkinan penyebab keguguran atau persalinan dini.

Makanan yang "berat", kaya bumbu dan pedas lebih baik dihindari ibu hamil karena justru akan mengaktifkan kerja usus jadi berlebihan hingga menimbulkan penyakit lain seperti diare. Selain berpeluang menginduksi rahim yang akan memperparah ancaman keguguran.

Untuk mengantisipasi morning sickness (ngidam, pusing, rasa panas di perut, mual dan muntah-muntah ) , berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan.

* Perhatikan dan pilihlah menu makanan yang baik.

* Jangan lupa untuk banyak minum.

* Jangan makan terlalu kenyang sekaligus. Lebih baik sering, tapi porsinya kecil atau sedikit demi sedikit.

* Hindari makanan pedas dan berbumbu tajam/merangsang. Jenis makanan ini justru akan memicu rasa mual.

   
04-12-2007 23:42:11 keputihan di saat hamil
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
gimana cara mengatasi keputihan di saat hamil,dan menghilangkan rasa sesak di ulu hati?
   
17-05-2016 12:40:56 Uk 28 minggu
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
suka kesemutan dan rasa sakit di tangan bun pda saat bangun tdur
   
01-09-2015 11:22:10 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal bunda , mau tanya nih . Saya lagi hamil , ini kehamilan pertama saya , baru masuk minggu ke 16 (4bln) . Dari awal kehamilan saya mual2 terus . Kadang2 juga sampai muntah . kira2 cara menghilangkan rasa mual itu gimana ya bun ? Kadang2 saya nyamil chiki2 gitu . Tapi saya takut gak baik buat perkembangan si janin karena terlalu sering nyamil chiki . Cara ngatasinnya gimana ya bun ?
   
22-08-2015 07:34:35 perkenalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
aslmualaikum,dok sy mau nanya masalah kehamilan saya yg ke 4 kaki saya keluar parises dari betis hingga pangkal paha,apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengurangi rasa panas pegal pegalnya,,tolong jawabanya ya dok,,trima kasih..wslmuallaikum.
   
Jumlah Posts : 33
Jumlah di-Like : belum ada like
kalo kedutannya di atas pusar kira2 apa ya bund? sama ada yang ngrasaim rasa panas di rusuk kanan atas ga bunda2? uk 32w..
   
16-06-2015 12:25:21 minum mylanta dan soft drink
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda wulan: iya bun, aq pernah dikasih tablet yg kandungannya ranitidin juga. cm aq pilih terusin mnm mylanta cair ini krn juga membantu menghilangkan rasa asam di mulut supaya jd pahit, krn aq hipersalivasi/meludah terus bun #maaf# sebel klo udh meludah mulut asam trs mntah. klo aq mnm mylanta jd agak bisa tidur. hiks hiks gmn ya bun, aq terpaksa, aq pgn mual muntah sm hipersalivasinya cpt brhnti. tp ga tau gmn lagi

@bunda christina: qt pernah di satu thread yg lain ya bun? bunda moga cpt sht ya, kyknya qt berdua keluhannya byk yg sama ya bun . sama bun kmrn 3hr aq sesak nafas, cm aq diemin aja ga mau ke dokter udh kapok 4x opname. bunda skrg brp week?

@bunda dessy bunda ayu: iya nih bun, pernah coba madu, sari kurma, lemon juga. tp ttp muntah. nah kmrn bandel coba2 mnm coke eh ga muntah. tp sehari cm mnm itu ga mnm yg lain, akhirnya kena anyang2an deh krn krg mnm.. aduh cb mnm apalagi ya bun, udh segala dipaksa, pdhl uk 17w tp msh begini..