SITE STATUS
Jumlah Member :
493.832 member
user online :
1308 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: cara menghentikan menstruasi yang berlar

New Topic :  
12-12-2007 15:25:45 Hamil lagi setelah SC...
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Oh ya Bunda...
Karena ASI saya keluar cukup banyak, sedangkan bayi saya meninggal, sama DSOG saya dikasih obat untuk menghentikan ASI. Sebelumnya ASI selalu saya peras kemudian saya buang. Kira-kira bahaya gak ya kalau ASI nya dihentikan. Bukankah ASI yang tidak dikeluarkan bisa menyebabkan kanker payudara? Gimana ya Bun cara menghentikan ASI yang aman?
   


01-06-2016 14:03:45 "kista di indung telur"
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Adanya kista dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kista apakah yang Bunda alami?

Kista pada organ reproduksi dapat terjadi pada daerah ovarium yang terdiri dari jaringan-jaringan ovarium, kista ini umumnya diperngaruhi oleh perubahan hormonal dan siklus menstruasi serta tidak berbahaya.

Kista lainnya dapat terjadi pada ovarium yang disebabkan dari keadaan endometriosis. Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak. Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan) atau dengan cara hamil kembali seperti yang di sarankan oleh dokter anda karena dalam keadaan ini hormone progesterone akan membantu meredakan keadaan endometriosis.

Ukuran kista bisa saja berubah dan belum terlihat pada pemeriksaan awal. Selain itu pemeriksaan menggunakan USG juga dipengaruhi oleh hal-hal seperti tebalnya lemak, tebalnya kulit, posisi pemeriksaan dan lain-lain.

Adanya gangguan haid juga bisa berhubungan dengan adanya kista pada ovarium. mengenai penanganannya tergantung pada ukuran dan jenis kista itu sendiri. Sebaiknya tidak meminum ramuan atau pengobatan tanpa saran dokter Kandungan Bunda. Jagalah gaya hidup  yang sehat seperti olahraga yang teratur, berat badan yang baiks esuai BMI, pola makan yang baik, sumber makanan yang segar dan manajemen stress yang baik.

   
14-01-2016 16:44:49 Masalah haid
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, cobalah menghitung jumlah hari pada siklus menstruasi Bunda, hari pertama mens adalah hari siklus ke-1 sampai satu hari sebelum mens berikutnya. Jumlah tersebut adalah siklus menstruasi .

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari.Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

Untuk mengetahui hari tepat jatuhnya masa subur memang sangat sulit, maka itu dihitunglah perkiraan masa subur seperti dijelaskan di atas. Lendir serviks saat masa subur memang berubah menjadi lebih elastis namun harus Bunda bandingkan dari hari ke hari. Bunda dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan masa subur dengan menggunakan air ludah ataupun air seni. Penggunaan metode test pack untuk menentukan masa subur ini harus digunakan setiap hari, karena alat ini mendeteksi perubahan hormonal yang terjadi dan dengan cara membandingkan dari hari ke hari tidak hanya pada satu hari atau seketika saja.
 

   


07-01-2016 11:17:13 haid pasca melahirkan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu. Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan. Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi.

Pemberian ASI kepada bayi juga merupakan KB alami pada seorang ibu setelah ia melahirkan dan sangat efektif dalam jangka 6 bulan setelah melahirkan. Ketika bayi menyusu, akan menimbulkan rangsangan pada puting susu dan mengirimkan sinyal kepada otak untuk memproduksi hormone prolaktin yang akan mencegah FSH dan GnRH untuk memproduksi sel telur sehingga tidak terjadi menstruasi. Metode KB alami ini hanya dapat dilakukan apabila:

• Para ibu yang hanya memberikan ASI kepada bayinya tanpa adanya susu formula atau pengganti ASI lainnya.

• Belum sama sekali mengalami menstruasi setelah ia melahirkan.

• Bayi berumur kurang dari enam bulan setelah melahirkan.

Cara melakukan KB alami dengan cara menyusui ASI tersebut adalah sebagai berikut:

• Segera memberikan ASI setelah bayi dilahirkan.

• Menyusui ASI sebanyak 6-10 kali sehari .

• Hindari jangka waktu yang terlalu lama antara waktu menyusui bayi (setidaknya setiap 4 jam sekali pada waktu siang dan 6 jam sekali pada malam hari).

• Hindari penggunaan menyusui dengan botol dan penggunaan empeng bayi (pacifier).

• Jangan berikan makanan atau minuman pendamping ASI apapun jenisnya, hanya berikan ASI saja.

Meskipun pemberian ASI eksklusif dapat memberikan efek kontrasepsi, namun untuk mencegah kehamilan sebaiknya tetap melakukan KB dengan metode kontrasepsi dengan KB pil laktasi, KB suntik 3 bulan (depo), KB IUD ataupun kondom.


Bila Bunda mengeluhkan sebah atau nyeri saat buang gas, mungkin karena Bunda kurang melakukan gerakan sehari-hari, cobalah berjalan-jalan atau olahraga ringan jika sudah pulih.

   
24-08-2015 15:38:01 pil kb, bahayakah?
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Untuk mendapatkan kehamilan membutuhkan keadaan subur dari Suami dan Istri. Apakah suami Bunda sudah pernah dilakukan pemeriksaan kesuburan? pemeriksaan kesuburan pada suami dengan cara pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan sperma (baik jumlah, kecepatan dan bentuknya). Pada Bunda, status kesuburan yaitu salah satunya dengan teraturnya siklus menstruasi. Bunda perlu mengetahui kapan masa subur Bunda.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Apabila bunda memiliki siklus setiap 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur.

 Pada siklus yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur dapat terjadi di antara hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. 

Namun ada juga yang siklus menstruasinya tidak teratur bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. 

  •  
  • Jumlah hari terpendek dalam 6 siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. 

Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Perbanyak makanan alami terutama yang mengandung vitamin C,E, Asam folat dan bila perlu tambahan suplemen dengan kandungan-kandungan tersebut.

   


24-08-2015 09:48:18 haid tdk normal
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Hitunglah jumlah hari pada siklus menstruasi Bunda, bukan dengan menandakan tanggal kalender. Contohnya apakah siklus bunda tiap 28 hari atau 30 hari dan sebagainya. Hari pertama haid merupakan hari siklus ke-1 dan seterusnya sampai satu hari sebelum mens berikutnya. Jumlah hari tersebut adalah jumlah hari pada siklus menstruasi Bunda. 

Untuk terjadi kehamilan maka diperlukan adanya pembuahan sel telur oleh sperma. Sel telur akan dilepaskan oleh ovarium pada masa ovulasi. Untuk itu bunda harus bisa mengetahui perkiraan masa-masa subur dalam setiap siklus menstruasi karena ovulasi terjadi pada satu hari di antara masa subur tersebut.

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:

Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18

Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

Untuk mengetahui hari tepat jatuhnya masa subur memang sangat sulit, maka itu dihitunglah perkiraan masa subur seperti dijelaskan di atas. Lendir serviks saat masa subur memang berubah menjadi lebih elastis namun harus Bunda bandingkan dari hari ke hari. Bunda dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan masa subur dengan menggunakan air ludah ataupun air seni. Penggunaan metode test pack untuk menentukan masa subur ini harus digunakan setiap hari, karena alat ini mendeteksi perubahan hormonal yang terjadi dan dengan cara membandingkan dari hari ke hari tidak hanya pada satu hari atau seketika saja.

Masalah kehamilan tergantung dari keduabelah pihak, suami dan istri. Pasangan suami istri dikatakan mengalami masalah kesuburan jika dalam 1-2 tahun berusaha mendapatkan kehamilan, melakukan hubungan suami istri yang rutin dan kontinyu setidaknya 2-3 hari sekali tanpa menggunakan kontrasepsi apapun.  Untuk berkonsultasi masalah kesuburan atau usaha mendapatkan kehamilan, Bunda bisa mendatangi dokter umum di tempat Bunda. Pada pasangan suami istri yang ingin medapatkan kehamilan, dapat diperiksa oleh dokter umum. Sang suami akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi organ reproduksi dan rujukan pemeriksaan analisa sperma. Sedangkan sang istri juga akan diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan siklus menstruasi dan riwayat kesehatan lainnya. Bila diperlukan atau ditemukan masalah lebih lanjut, maka dokter umum dapat merujuk pada dokter kandungan untuk menangani masalah infertilitas ini.

   
24-03-2015 15:52:01 hasil tespek
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi Bunda Anna, saya bantu share info aja yaa yang pernah saya baca di Tanya Dokter Infobunda :

Ingin cepat hamil ( http://www.infobunda.com/dokter/4445-Ingin-cepat-hamil.html )
Oleh :litafirmansyah(0)
dok saya setelah melahirkan anak pertama mens saya selalu lebih dari 10 hari atau sebulan 2 x, contohnya tgl 5 september mens tpi hanya bercak pink selanjutnya hanya kecoklatan selama 5 - 7 hari. lalu tgl 25 keatas mens lagi tpi merah banyak kadang sampe keluar gumpalan seperti ati. bagaimana cara pengobatannya dan apakah saya masih bisa hamil lagi dan bagaimana caranya bisa cepat hamil lagi? oh iya terkadang saya takut akan perkiraan orang yg bilang kemungkinan saya ada kanker servik, tpi saya pernah tanya dokter katanya bukan, tpi saya tetap mau melakukan papsmear. Terima kasih dok
      
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, Menstruasi yang datang beberapa kali dalam 1 bulan tidak seperti siklus menstruasi pada umumnya disebut metrorrhagia. Untuk mengetahui apakah yang menjadi penyebab perdarahan ini maka sebaiknya bunda memeriksakan diri pada dokter OBSGYN. Penyebab dari perdarahan di luar siklus menstruasi dapat di sebabkan oleh adanya endometriosis, kista, adanya kelainan organic ataupun adanya ganguan hormonal. Penanganan dari perdarahan ini bergantung pada penyebab utamanya. Untuk mendapatkan kehamilan, diperlukan hubungan intim yang berkualitas terutama pada masa subur. Untuk mengetahui masa subur anda, maka anda dapat menghitung dengan cara mengetahui periode siklus menstruasi anda. Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur. Rumusnya: Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18 Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11 Apabila siklus menstruasi teratur, Asumsi bila siklus haid teratur (28 hari) : Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1 Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Lakukan hubungan intim yang berkualitas pada saat-saat rentang masa subur Anda, agar terjadi pembuahan. Makanlah makanan yang bergizi dan istirahat dengan baik.

semoga membantu ya Bunda ^_^

   
13-02-2015 15:19:22 hamil atau tidak
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

@Bunda Puji Wibisono, share info ya Bunda :) 

flek berwarna coklat
Oleh : lusia89
siang dok,mau tanya.. flek berwarna coklat setelah baru slsai haid 1 mggu knp y dok?sy lg promil dok apkh ini tanda awl khmilan atw flek dari sisa2 haid sy yg blm tuntas? dan perbedaan'y apa antara flek tanda awl khmiln dgn darah sisa haid? terimakasih....
      
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda, 
Masa haid pada umumnya ada yang berlangsung dari 3 sampai 7. Apabila terjadi perdarahan lebih dari 7 hari atau lebih dari hari menstruasi Bunda daripada biasanya, terutama dengan volume yang lebih berat dari menstruasi anda pada umumnya sebaiknya memeriksakan diri pada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan kata lain, apabila ada flek atau perdarahan lebih dari 7 hari atau di luar dari hari-hari menstruasi yang biasa terjadi pada bunda, maka di katakan sebagai Perdarahan Uterus Disfungsional dan bukan merupakan menstruasi. 
Untuk mengetahui apakah terjadi kehamilan atau tidak, maka cara yang mudah dilakukan dengan memeriksakan urin Bunda dengan test pack kehamilan 2 minggu setelah masa subur Anda. Dapat juga memeriksakan diri kepada dokter untuk pemeriksaan USG.

semoga membantu ya Bunda :)

   
25-09-2014 16:27:19 bingung usia kehamilan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.
 

   
27-08-2014 13:54:18 tanya
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda Ade Rizky S

Bila dokter Anda mencurigai perlengketan saluran tuba, maka kemungkinan besar memerlukan pemeriksaan lainnya.

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.
 

   
05-08-2014 16:05:19 penyumbatan tuba
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Di dalam dunia medis kedokteran, akan di lakukan penanganan secara medis juga Bunda.

coba di baca tentang ini ya :

Pemeriksaan Kesuburan melalui HSG Atau Tiup Tuba

Edit Hapus

Posted:2012-11-07 18:58:40

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

   
05-08-2014 09:56:48 HSG
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Pemeriksaan Kesuburan melalui HSG Atau Tiup Tuba

Edit Hapus

Posted:2012-11-07 18:58:40

Bunda mungkin telah mendengar istilah pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG) dan ada juga istilah yang disebut dengan peniupan tuba. Apakah sebenarnya maksuda dari kedua istilah tersebut ?

Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan radiologi dengan cara memasukkan zat pewarna (zat kontras) ke dalam saluran tuba falopii untuk mengetahui apakah saluran tersebut dalam kondisi baik (paten). Dari  pemeriksaaan tersebut, dapat diketahui bentuk  serta kondisi rahim dan saluran telur ( tuba falopii) melalui hasil cetak pada lembar foto rontgen.

Sedangkan peniupan tuba  atau pertubasi (hydrotubasi), yakni mengalirkan CO2 (karbondioksida/zat asam arang) atau cairan yang dimasukkan melalui leher rahim. Adapun cairan yang kerap digunakan adalah cairan yang mengandung antibiotik dan antiperadangan. Proses ini bertujuan untuk mengetahui paten atau tidaknya saluran telur yang ditentukan dengan cara mengukur tekanan gas sewaktu peniupan.

Kapankah perlu dilakukan pemeriksaan HSG? 

Waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan HSG yakni 2 sampai 5 hari setelah menstruasi  yang bertujuan agar tidak mengganggu sel telur yang akan dilepaskan oleh indung telur serta pasien tidak dalam keadaan hamil. Karena dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam saluran telur dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas telur. 

Pada saat dilakukan pemeriksaan ini,  dimungkinkan Bunda akan mengalami rasa nyeri. Oleh karena itu, sebagai antisipasi, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan sebelum melakukan tindakan ini.

Hasil dari pemeriksaan tersebut dinyatakan normal apabila tidak terdapat sumbatan pada kedua tuba (tuba paten) serta bentuk rahim yang normal. Akan tetapi, jika hasil dari pemeriksaan tidak normal yang mungkin ditemukan adalah sumbatan pada tuba (non-paten tuba) atau kondisi lain misalnya tumor dan sebagainya.

Pemeriksaan HSG maupun Hydrotubasi kerap diusulkan oleh dokter kandungan untuk memeriksa kondisi organ reproduksi wanita sekaligus mendapatkan efek terapi. Karena dengan adanya cairan yang dimasukkan ke dalam saluran telur dapat memberikan daya dorong dan kemudian diharapkan mampu membuka sumbatan-sumbatan yang ada pada saluran tuba.

Selain itu, zat yang digunakan juga sekaligus berfungsi menghambat pertumbuhan kuman. Namun biasanya ini hanya berlaku untuk saluran telur yang mengalami perlekatan ringan.

Meski memiliki efek terapi, pemeriksaaan HSG maupun Hydrotubasi harus dilakukan berdasarkan indikasi. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai pemeriksaan ini, sebaiknya pasangan suami istri yang memiliki masalah kesuburan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan.
 

   
30-06-2014 12:03:16 tanda kehamilan
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Cara mendeteksi kehamilan yang akurat dan cepat melalui pemeriksaan kadar HCG dalam urine, dapat dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan test pack kemasan yang biasanya dapat mendeteksi adanya pembuahan setelah 9-12 hari terjadinya pembuahan (setelah masa subur). 

Bunda dapat mengamati perubahan fisik dalam tanda-tanda kehamilan awal yaitu tidak terjadinya menstruasi, pembengkakan dan rasa nyeri pada payudara, sering buang air kecil, peningkatan nafsu makan, rasa lelah yang dirasakan berat, mual ataupun muntah.

Info lain yang berkaitan dengan deteksi awal kehamilan dapat dibaca lebih lanjut melalui ulasan infobunda terdahulu pada artikel : 
25 Tanda Kehamilan

   
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

izin sharring (copas dr helpdesk infobunda) tentang promil dan kista ( http://www.infobunda.com/info/4052-promil-dan-kista.html )

"Dalam artikel yang saya temukan:
Menurut dr. Nugroho Kampono SpOG (K) dari Brawijaya Women & Children Hospital tidak semua kista harus dioperasi. Bila Bunda hamil usia 2-3 minggu dan ditemukan kista sebesar 3-4 cm mungkin itu hanya kista lutein. Kista lutein yaitu kista yang muncul karena indung telur yang bekerja keras untuk menghasilkan hormon supaya kehamilan kuat . Saat kehamilan memasuki usia 8-12 minggu di mana fungsi hormon mulai diambil alih oleh plasenta maka kista itu akan hilang dengan sendirinya. “Itu bukan tumor, itu hanyalah kista yang bersifat fungsional. Kalau fungsinya selesai dia akan hilang.” jelasnya.
http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=175

Pada kasus sebelumnya dokter kami mengatakan:
Kista coklat adalah kista yang terbentuk dari gumpalan darah dan terjadi dari endometriosis (endometriosis itu sendiri adalah adanya jaringan dari uterus atau rahim yang terletak di luar uterus, sehingga pada saat timbulnya menstruasi, daerah yang terdapat endometriosis itu juga mengalami perdarah selayaknya menstruasi) yang berlanjut menjadi kista, biasanya terletak pada daerah ovarium atau saluran tuba. Kista ini dikategorikan jinak.Untuk mengatasi kista ini bila masih dalam ukuran kecil kurang dari 5cm diameter, maka dengan cara hamil buatan (pemberian hormonal agar tubuh Anda berada dalam situasi seperti hamil atau tidak menstruasi selama 9 bulan).Mengenai masalah kesuburan yang berkaitan dengan belum tercapainya kehamilan sampai saatini, sebaiknya Anda beserta suami memeriksakan diri untuk menjalani tes kesuburan.Karena untuk menjadi hamil di perlukan keadan subur pada keduabelah pihak sang suami dan istri, maka itu perlu diperiksa lebih lanjut keadaan dan fungsi alat reproduksi dari kedua belah pihak.
http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=3190

Kista pada alat reproduksi (ovarium ataupun tuba fallopi (saluran tuba) memang dapat menghambat terjadinya kehamilan. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya transportasi sel telur menuju rahim dimana sperma dapat bertemu dengan sel telur untuk terjadi pembuahan. Terjadinya menstruasi setiap bulannya menandakan regulasi hormonal anda tetap baik sehingga dinding rahim yang tidak dipakai untuk kehamilan digugurkan dan luruh melalui menstruasi. Kista dapat di obati dengan pengobatan maupun operasi sesuai dengan kondisi kista itu sendiri.
http://www.infobunda.com/pages/tanyadokter/question.php?qid=1081 "

semoga membantu

   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like

Thumbs up Cara Mudah Mencegah Kehamilan di Usia Dini
Banyak perempuan yang belum siap hamil dengan bermacam alasan. Untuk menghindari kehamilan yang tak terduga, perempuan banyak yang melakukan aneka cara usai bersenggama.
Ada beberapa gaya perempuan yang dilakukan untuk mencegah kehamilan ketika usai bersenggama.Tapi aneka gaya ini cuma mitos karena belum terbukti bisa mencegah hamil. Berikut beberapa gaya yang dilakukan perempuan untuk mencegah hamil tapi ternyata belum tentu berhasil:

1. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi
Menarik penis dari vagina sebelum pria ejakulasi, bukanlah cara yang tepat pengendalian kelahiran. Menurut Teen Advisor website, cara tersebut hanya 81 hingga 96 persen keberhasilannya. Banyak wanita yang berpikir bahwa jika pria mengeluarkan penis sebelum ejakulasi, sperma tidak akan mampu membuahi telur.

Tetapi pria dapat menghasilkan sesuatu yang disebut pre-ejakulasi. Kebocoran pre-ejakulasi berasal penis pria ketika mereka terangsang, dan pre-ejakulasi dapat mengandung sperma, yang dapat menyebabkan kehamilan.

2. Douching
Douching adalah tindakan menyemprotkan cairan ke dalam vagina untuk membersihkan saluran vagina. Ada mitos umum menyebutkan menggunakan douche (semprotan air obat) akan mencegah kehamilan. Tapi menyemprotkan air, cuka atau bahan lainnya ke dalam vagina tidak hanya akan tidak mencegah kehamilan, ini bahkan dapat menyebabkan infeksi jamur.

Sperma melewati leher rahim dalam hitungan detik, sehingga pada saat menggunakan douche, telur mungkin sudah dibuahi.

3. Tidak perlu orgasme
Orgasme tidak diperlukan untuk hamil. Tubuh wanita mengalami banyak perubahan selama hubungan seksual, baik dia merasakan kesenangan ataupun tidak. Dan kehamilan dapat terjadi bahkan jika ia tidak memiliki orgasme sekalipun.

4. Melakukan seks pada saat menstruasi
Meskipun benar bahwa melakukan hubungan seks selama periode menstruasi dapat sangat mengurangi kemungkinan hamil, tetapi masih bukan jaminan tidak akan hamil. Banyak wanita memiliki menstruasi yang tidak teratur, dan ovulasi dapat terjadi sangat dekat dengan waktu ketika seorang wanita mendapatkan menstruasi.

Sperma bisa juga hidup di dalam tubuh wanita selama tujuh hari, sehingga bahkan jika seorang wanita sedang menstruasi, mungkin sperma menunggunya ketika masa ovulasi berakhir.

5. Hubungan seksual pertama kali (virgin sex)
Seorang wanita bisa hamil pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Beberapa wanita percaya bahwa selaput dara (hymen) atau selaput tipis di pembukaan vagina dapat mencegah sperma dari pemupukan telur.

Tidak hanya selaput dara yang teregang selama kehamilan, tetapi juga banyak wanita yang mengalami peregangan selaput dara bahkan sebelum berhubungan seks, karena olahraga atau menunggang kuda.

6. Minum pil KB
Menurut Feminist Women’s Health Center, pil KB 92 hingga 99,7 persen efektif dalam mencegah kehamilan. Tetapi bahkan dengan pil KB, banyak wanita yang salah informasi. Pil KB tidak menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Selain itu, banyak wanita tidak berpikir mereka perlu minum pil pada waktu yang sama setiap hari. Namun, jika Anda minum pil dengan benar dan mengikuti petunjuk yang tepat, pil KB bisa lebih dari 99 persen efektif mencegah kehamilan. Juga penting untuk dicatat bahwa pil tidak melindungi terhadap HIV atau penyakit menular seksual lainnya

tambahan :
Metode Ritmik adalah metode dimana pasangan suami istri menghindari berhubungan seksual pada saat siklus subur seorang wanita. Ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) terjadi 14 hari ± 2 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Sel telur yang telah dilepaskan hanya bertahan hidup selama 24 jam, namun sperma bisa bertahan selama 48 jam setelah melakukan hubungan seksual. Karena itu pembuahan dapat terjadi apabila hubungan seksual dilakukan 2 hari (48 jam) sebelum ovulasi dan 1 hari (24 jam) setelah ovulasi. Metode Ritmik dapat terbagi atas :

Metode ritmik kalender atau Pantang Berkala merupakan metode dimana pasangan menghindari berhubungan seksual selama periode subur wanita berdasarkan panjang siklus menstruasi, kemungkinan waktu ovulasi, jangka waktu sel telur masih dapat dibuahi, dan kemampuan sperma untuk bertahan di saluran reproduksi wanita. Periode subur seorang wanita dihitung dari : (siklus menstruasi terpendek – 18) dan (siklus menstruasi terpanjang – 11). Siklus menstruasi dicatat selama minimal 3 bulan terakhir, akan lebih baik bila dalam 6 bulan terakhir.

Contoh: bila siklus terpendek seorang wanita adalah 25 hari, dan siklus terpanjangnya 29 hari, maka periode suburnya adalah (25 – 18) dan (29 – 11) yang berarti hubungan seksual tidak boleh dilakukan pada hari ke-7 sampai hari ke-18 setelah menstruasi.

Metode lendir serviks adalah metode mengamati kualitas dan kuantitas lendir serviks setiap hari. Periode subur ditandai dengan lendir yang jernih, encer, dan licin. Abstinensia (tidak melakukan hubungan seksual) diperlukan selama menstruasi, setiap hari selama periode preovulasi (berdasarkan lendir serviks), dan sampai waktu lendir masa subur muncul sampai 3 hari setelah lendir masa subur itu berhenti.

Metode pengukuran suhu tubuh berdasarkan perubahan temperatur. Pengukuran dilakukan pada suhu basal (suhu ketika bangun tidur sebelum beranjak dari tempat tidur. Suhu basal akan menurun sebelum ovulasi dan agak meningkat (kurang dari 1° Celsius) setelah ovulasi. Hubungan seksual sebaiknya tidak dilakukan sejak hari pertama menstruasi sampai 3 hari setelah kenaikan dari temperatur.

Efektivitas
Kehamilan terjadi pada 9-25 per 100 wanita
Keuntungan
Tidak ada efek samping gangguan kesehatan,ekonomis
Kerugian
Angka kegagalan tinggi, tidak melindungi dari PMS, menghambat spontanitas, membutuhkan siklus menstruasi teratur.
 

[URL="www.obatmasakini.com"]obat aborsi-obat telat bulan[/URL]