SITE STATUS
Jumlah Member :
493.843 member
user online :
1083 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: cara agar bayi tidak gampang terkena pil

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Bila menyusui ASI sudah benar caranya, maka pada bayi yang usianya lebih muda, Bunda tidak akan merasakan nyeri. Perlekatan antara payudara dengan mulut bayi sebaiknya tidak memiliki banyak celah, mulut bayi terbuka lebar saat memasukkan puting payudara.

Sebelum menyusui, cucilah tangan yang bersih dengan sabun, perah sedikit ASI dan oleskan disekitar puting, duduk atau berbaringlah dengan santai.

Berikut ini adalah cara yang benar dalam teknik merangsang mulut bayi dan menyusui ASI:

1. Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi menyanggah seluruh tubuh bayi; bukan hanya leher dan bahunya saja. Kepala dan tubuh bayi lurus, hadapkan bayi ke dada ibu, sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu lalu dekatkan badan bayi ke badan ibu, sentuhkan bibir bayi ke puting susu ibu dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar.

2. Segera dekatkan bayi ke payudara sedemikian rupa sehingga bibir bawah bayi terletak di bawah puting susu.

3. Cara melekatkan mulut bayi dengan benar yaitu dagu menempel pada payudara ibu, mulut bayi terbuka lebar dan bibir bawah bayi membuka lebar.

    Beberapa tanda bahwa teknik menyusui telah benar adalah; bayi tampak tenang, badan bayi menempel pada perut ibu, mulut bayi terbuka lebar, dagu bayi menempel pada payudara ibu, sebagian aerola masuk ke dalam mulut bayi (terutama aerola bagian bawah), putting susu tidak terasa nyeri, telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus, kepala bayi agak menengadah.

Menyusui dengan teknik yang benar akan menghasilkan ASI yang keluar optimal sehingga bayi anda tidak enggan untuk menyusu di waktu selanjutnya. 

Bayi yang cenderung menggigit payudara ibu dikarenakan terlalu lapar, butuh perhatian atau sudah kenyang setelah menyusu.

Bila bayi sangat lapar, massage dahulu payudara agar ASI siap keluar seketika disusukan pada bayi.

Saat menyusui, berikan perhatian sepenuhnay pada bayi dan ajak berbicara agar bayi Bunda tahu bila sedang diperhatikan.

Ketika bayi menggigit payudara dan sudah kenyang, katakan "jangan" dengan lembut dan tarik perlahan payudara Bunda agar tidak lecet. Memberitahu bahwa bila bayi menggigit akan menyebabkan nyeri, dapat memberikan pelajaran agar tidak melakukannya kembali. Beritahu dengan lembut agar bayi tidak merasa kesal atau takut menyusu kembali.

Ketika bayi sudah mulai memiliki gigi, dapat merasakan nyeri dan rasa geli pada gusi, berikan dahulu mainan khusus untuk digigit sebelum menyusukan ASI untuk melepaskan keinginan menggigit.

Bunda dapat membantu menyelipkan ujung jari telunjuk ketika memasukkan puting payudara, mengitari puting payudara dengan telunjuk ketika menempatkan kedalam mulut bayi agar tidak terluka terkena gigi bayi dan membuat mulut bayi terbuka.

Ketika ditengah menyusui bayi menggigit puting payudara Bunda, taruh jari telunjuk Bunda pada dagu bayi dan sedikit menekan dengan lembut atau membuka mulut dengan jari telunjuk pada dagu untuk memberi tanda bahwa hal tersebut menyakitkan payudara Bunda dan mengurangi tekanan gigitan pada puting.

Kompres puting payudara Bunda setelah menyusui dengan Ice bag, olesi sedikit ASI dan pijat lembut daerah puting untuk menyembuhkan bekas gigitan. Dapat juga diberi tambahan cream lanolin untuk payudara yang lecet (breastfeeding cream)

   


17-12-2016 19:56:43 bayi bingput
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda cara mengatasi agar bayi tidak bingput lgi gmna ya? bayi ku nangis kejer klau d ksih asi lgsung, mau nya pke dot ajh, sedih 😔😥
   
18-04-2013 11:58:48 nafas bayi 5 bulan grok grok
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7
 Ukuran saluran pernafasan bayi tentunya lebih kecil dari saluran pernafasan pada orang dewasa, selain itu, bayipun memproduksi cairan tubuh (air liur maupun mukus pada saluran pernafasan) untuk melindungi dirinya , sama seperti orang dewasa. Bedanya, orang dewasa dapat melakukan batuk atau mengeluarkan kelebihan cairan tersebut, sedangkan bayi tidak bisa dengan cara sengaja mengeluarkannya sehingga terdengar bunyi grok-grok. Bila tidak disebabkan oleh adanya infeksi , maka tidak perlu khawatir. Hindari lingkungan dengan asap rokok atau pun polutan sebisa mungkin,hindari dari debu atau pun bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi agar bayi tidak berlebihan memproduksi mukus.
   


21-12-2010 14:39:09 Bayi Prematur
Jumlah Posts : 187
Jumlah di-Like : 4
bunda princess...
bayi saya bulan kemarin juga dirujuk untuk periksa mata. Saya survey ke beberapa RS. sebagai bahan pertimbangan di eye clinic surabaya harga periksa mata (fundus) 200rb/mata. di survey saja bunda, cari yang terbaik...

Metode kanguru ada disini nih kalo mau baca yang lengkap:

http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2008/08/metode-kangguru-inkubator-alami-untuk-bayi-prematur

info singkatnya metode kanguru seperti ini:

Metode kanguru mampu memenuhi kebutuhan asasi bayi berat lahir rendah dengan menyediakan situasi dan kondisi yang mirip dengan rahim ibu, sehinggga memberi peluang untuk dapat beradaptasi baik dengan dunia luar.

KEUNTUNGAN YANG DI DAPAT DARI METODE KANGURU BAGI PERAWATAN BAYI :

-Meningkatkan hubungan emosi ibu – anak
-Menstabilkan suhu tubuh , denyut jantung , dan pernafasan bayi
-Meningkatkan pertumbuhan dan berat badan bayi dengan lebih baik
-Mengurangi strea pada ibu dan bayi
-Mengurangi lama menangis pada bayi
-Memperbaiki keadaan emosi ibu dan bayi
-Meningkatkan produksi asi
-Menurunkan resiko terinfeksi selama perawatan di rumah sakit
-Mempersingkat masa rawat di rumah sakit

APA SAJA KRITERIA BAYI UNTUK METODE KANGURU:

-Bayi dengan berat badan ≤ 2000 g
-Tidak ada kelainan atau penyakit yang menyertai
-Refleks dan kordinasi isap dan menelan yang baik
-Perkembangan selama di inkubator baik
-Kesiapan dan keikut sertaan orang tua, sangat mendukung dalam keberhasilan.

CARA MELAKUKAN METODE KANGURU:

-Beri bayi pakaian, topi , popok dan kaus kaki yang telah dihangatkan lebih dahulu

-Letakkan bayi di dada ibu, dengan posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu. Posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk , kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak.

-Dapat pula memeakai baju dengan ukuran lebih besar dari badan ibu , dan bayi diletakkan diantara payudara ibu, baju ditangkupkan, kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan di perut ibu agar bayi tidak terjatuh.

-Bila baju ibu tidak dapat menyokong bayi , dapat digunakan handuk atau kain lebar yang elastik atau kantong yang dibuat sedemikian untuk menjaga tubuh bayi.

-Ibu dapat beraktivitas dengan bebas, dapat bebas bergerak walau berdiri , duduk , jalan, makan dan mengobrol. Pada waktu tidur , posisi ibu setengah duduk atau dengan jalan meletakkan beberapa bantal di belakang punggung ibu.

-Bila ibu perlu istirahat , dapat digantikan oleh ayah atau orang lain.

-Dalam pelaksanaannya perlu diperhatikan persiapan ibu, bayi, posisi bayi , pemantauan bayi , cara pamberian asi , dan kebersihan ibu dan bayi.


   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Masa cuti berakhir. Padahal masa pemberian ASI eksklusif pada bayi belum berakhir. Bisakah ASI Eksklusif dilanjutkan? Mia resah. Bayinya baru berusia 3 bulan, masih dalam masa pemberian ASI Eksklusif sampai buah hatinya berusia 6 bulan, namun masa cuti kerjanya sudah berakhir. “Bagaimana melanjutkan ASI eksklusifnya. Masa sih harus dicampur dengan susu formula. Sayang kan?”

Benar! Alangkah sayangnya dan ruginya jika pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif sampai gagal. Pernahkah melihat bayi macan diberi makan daging? Atau, bayi kambing atau sapi, makan rumput? Sebelum usianya cukup, semua bayi mamalia makan air susu, termasuk bayi manusia.

Usia cukup bagi bayi manusia untuk mendapat makanan lain selain air susu ibu adalah setelah 6 bulan. Dari usia 0 hingga 6 bulan bayi harus mendapat ASI eksklusif, yakni pemberian ASI murni tanpa bayi diberi tambahan lain seperti cairan air putih, teh, madu, buah-buahan, maupun makanan tambahan seperti bubur susu atau bubur saring dsb., sampai usia bayi 6 bulan, menurut hasil penelitian, positif membuat bayi mendapat nutrisi terbaik; meningkat daya tahan tubuhnya, meningkat kecerdasannya, dan meningkat jalinan kasih
(bonding) dengan bunda (dan ayah).

Sayangnya, seperti Mia yang bekerja, juga Mia-Mia yang lain, masa cuti melahirkan hanya 3 atau 4 bulan saja. Masih ada ada 2 - 3 bulan lagi untuk memberikan ASI Eksklusif. Itu memang dilema. Bagaimana melanjutkan pemberian ASI eksklusif atau hanya malam hari memberi ASI, siang dengan susu formula?

Beri ASI Perah

Namun, Dr. Utami Roesli SpA, MBA.IBCLC, pakar ASI, meyakinkan bahwa setelah masa cuti berakhir, ibu masih bisa memberikan ASI eksklusif. “Rugi sekali jika ibu hentikan. Sebab, usus bayi usia 3 bulan belum siap mencerna makanan selain air susu ibu. Selain itu. ASI merupakan sumber gizi ideal dengan komposisi seimbang, yang jika diberikan secara eksklusif bayi akan lebih sehat dan lebih cerdas dibanding bayi yang tidak mendapatkannya,” tegas Utami.

Untuk buah hati tercinta, seharusnya bekerja di luar rumah bukanlah halangan untuk memberikan yang terbaik untuknya, termasuk memberikan ASI secara eksklusif. “Ibu tetap bisa memberikan ASI perah, yakni ASI yang diperas dari payudara, lalu diberikan pada bayi saat ibu bekerja di kantor,” ujar Utami yang juga ketua Lembaga Peningkatan dan Pengembangan (LPP) ASI Rumah Sakit St. Carolus.

ASI perah adalah ASI yang diambil dengan cara diperas dari payudara untuk kemudian disimpan dan nantinya diberikan pada bayi. Apa tidak basi? Menurut Utami, sampai waktu tertentu dan dengan penyimpanan yang benar, ASI tidak akan basi. Misalnya, ASI tahan disimpan di dalam suhu ruangan sampai 6 jam. Jika disimpan di thermos yang diberi es batu, bisa tahan hingga 24 jam. Bahkan, kalau disimpan di kulkas ketahanannya meningkat hingga 2 minggu dengan suhu kulkas yang bervariasi. Jika disimpan di frezeer yang tidak terpisah dari kulkas, dan sering dibuka, ASI tahan 3-4 bulan. Sedangkan pada freezer dengan pintu terpisah dari kulkas dan suhu bisa dijaga dengan konstan, maka ketahanan ASI mencapai 6 bulan.

Memerah ASI bukanlah hal yang sulit, bahkan tidak selalu membutuhkan alat khusus atau pompa ASI. Cukup dengan pijitan dua jari sendiri, ASI bisa keluar lancar car! Memang membutuhkan waktu, yakni masing-masing payudara 15 menit. ASI ini bisa diberikan untuk bayi keesokan harinya. Tampung ASI tersebut di sebuah wadah, misalnya plastik gula, lalu tandai setiap wadah dengan spidol sesuai waktu pemerahan, misal plastik pertama, kedua, dst. Berikan pada bayi sesuai urutan pemerahan.

Persiapan dan Pemberian

Untuk memberi bayi ASI perahan, jauh-jauh hari sebelum masa cuti berakhir ibu memang harus menyiapkan diri sendiri dan bayi. Apalagi jika si buah hati merupakan anak pertama. Beratnya meninggalkannya memang luar biasa. Apalagi siang hari tak bersamanya dan tak menyusuinya pasti berat. Di kantor, saat payudara membengkak karena produksi ASI tak disusu bayi, ingatan ibu pastilah pada buah hati di rumah.

Mempersiapkan diri sendiri menjadi penting. Pertama, adalah mempersiapkan mental untuk meninggalkan bayi dan memupuk rasa percaya bahwa ia akan baik-baik saja di rumah. Kedua, persiapan dengan mulai belajar memerah dua minggu sebelum cuti berakhir. Ketika bayi tidur dan payudara mulai terasa membengkak, segera perahlah payudara lalu simpan di kulkas. Esok siang, ASI perah tersebut bisa ibu berikan pada bayi.

Sedangkan untuk mempersiapkan bayi, ibu harus memulai membiasakan bayi diberi ASI perahan dengan sendok, bukan botol susu. “Berikan dengan cara menyuapinya dengan sendok agar bayi tidak bingung putting. Sampai bayi usia 5 bulan, bisa terjadi bingung putting,” tegas Utami. Bingung putting terjadi jika ibu yang biasa memberi Asi lewat payudara, lalu bayi disusui dengan botol, maka ketika akan diberikan lewat payudara lagi bayi kemungkinan menolaknya. Ini lantaran, dot botol lebih lancar mengeluarkan susu dibandingkan lewat payudara.

Persiapkan Mental ‘Pengasuh’

Tetap memberi ASI selama ibu bekerja di kantor berarti ibu harus memupuk kerjasama dengan pengasuh. Ini bukan hal mudah. Apalagi jika yang ibu percayai merawatnya adalah orangtua sendiri atau mertua. Kalau mereka tidak punya pemahaman yang sama tentang pemberian dan manfaat ASI eksklusif, ditambah pengalaman mereka dulu mungkin menyusui sambil dicampur susu atau makanan padat, akan sedikit menyulitkan.

“Tapi, jangan menyerah. Pelan-pelan jelaskan sama ibu atau ibu mertua tentang pentingnya ASI eksklusif, dan bahwa usus bayi belum siap mencerna makanan. Begitu juga jelaskan pada pengasuh, kerjasama orangtua dengan pengasuh di rumah ini juga menentukan keberhasilan menyusui secara eksklusif ” tegas Utami.

Memang di hari-hari pertama pemberian susu perah dengan sendok, bayi mungkin menolaknya. Ia bahkan bisa cemas dan gelisah. Namun, janganlah khawatir, 3 atau 4 hari setelahnya bayi akan terbiasa. Itu sebabnya, sebelum masa cuti berakhir bayi perlu dilatih disuapi susu dengan sendok. Jadi, tak perlu resah jika harus kembali bekerja, bukan?

Pemberian ASI Perahan

  • Ambil ASI berdasarkan waktu pemerahan (yang pertama diperah yang diberikan lebih dahulu).
  • Jika ASI beku, cairkan di bawah air hangat mengalir. Untuk menghangatkan, tuang ASI dalam wadah, tempatkan di atas wadah lain berisi air panas.
  • Kocok dulu sebelum mengetes suhu ASI. Lalu tes dengan cara meneteskan ASI di punggung tangan. Jika terlalu panas, angin-anginkan agar panas turun.
  • Jangan gunakan oven microwave untuk menghangatkan agar zatzat penting ASI tidak larut/hilang.
  • Berikan dengan sendok.

Simpan ASI Praktis dan Awet

  • Taruh ASI dalam kantung plastik polietilen (misl plastik gula); atau wadah plastik untuk makanan atau yang bisa dimasukkan dalam microwave, wadah melamin, gelas, cangkir keramik. Jangan masukkan dalam gelas plastik minuman kemasan maupun plastik styrofoam.
  • Beri tanggal dan jam pada masing-masing wadah.
  • Dinginkan dalam refrigerator (kulkas). Simpan sampai batas waktu yang diijinkan (+ 2 minggu).
  • Jika hendak dibekukan, masukkan dulu dalam refrigerator selama semalam, baru masukkan ke freezer (bagian kulkas untuk membekukan makanan), gunakan sebelum batas maksimal yang diijinkan. (+3-6 bulan)
  • Jika ASI beku akan dicairkan, pindahkan ASI ke refrigerator semalam sebelumnya, esoknya baru cairkan dan hangatkan. Jangan membekukan kembali ASI yang sudah dipindah ke refrigerator.

Sumber: Tabloid Ibu & Anak

sedikit esmoni td karena mendengar ada bidan yang mengatakan tdk boleh dipompa asi
karena akn merusak jaringan susu.
banyak kok ibu2 yang berhasil dengan asi perah ketika mereka bekerja.
jd si dd sebelum 6 bln cuma ASI saja.

salam

putri a.k.a zach mom's
 

   


16-01-2009 13:17:42 biar ASI lancar
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

IBU MENYUSUI PERLU TAMBAHAN ZAT GIZI

Zat gizi ibu di masa menyusui sangat berpengaruh untuk kualitas dan kuantitas ASI.

"Seringkali para ibu lebih mementingkan gizi makanan ketika sedang hamil, tapi tidak demikian saat menyusui. Padahal, tak hanya di waktu hamil, saat menyusui pun kebutuhan akan zat gizi jadi bertambah," ungkap DR. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., dari SEAMEO-TROPMED RCCN, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Mengapa? Karena ibu dituntut memproduksi ASI yang kuantitas maupun kualitasnya harus memadai selama 6 bulan. Oleh karena itu, kebutuhan gizi masa menyusui ini juga sangat penting. Jika ibu tidak memperhatikan hal ini tentu akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas ASI-nya.

Berikut ini adalah zat-zat gizi yang harus menjadi asupan ibu setiap hari.

* Kalori

Kebutuhan kalori ibu per hari harus terdiri atas 60-70 persen karbohidrat, 10-20 persen protein, dan 20-30 persen lemak. Kalori ini didapat dari makanan yang dikonsumsi ibu dalam sehari. Di masa menyusui, kebutuhan ini bertambah sebanyak 500 kalori dari keadaan normal. Jadi, bila ibu biasa makan sehari 3 kali, maka sekarang harus jadi 4 kali. Boleh juga tetap sehari 3 kali, tapi dengan porsi yang lebih banyak.

Tambahan kalori ini harus ada karena dalam 6 bulan pertama ibu harus menghasilkan 750 cc ASI per hari. Untuk 6 bulan kedua lebih sedikit lagi, sekitar 600 cc ASI per hari. Jumlahnya jadi lebih sedikit karena di usia itu bayi sudah mendapat tambahan makanan lain, sehingga kebutuhan mengisap ASI-nya sudah tidak terlalu banyak lagi. Sementara itu, jumlah ASI yang diproduksi juga tergantung pada seberapa sering payudara menerima rangsangan isapan bayi.

* Protein

Kebutuhan protein ibu dalam keadaan normal biasanya sekitar 40 gram per hari. Selama menyusui, untuk 6 bulan pertama kebutuhannya harus ditingkatkan sebesar 15 gram dan 6 bulan kedua sebanyak 12 gram. Dengan adanya tambahan protein ini diharapkan ASI yang dihasilkan mengandung protein berkualitas.

Bila ibu menyusui tak menambah asupan protein, maka selama produksi ASI berlangsung kebutuhan tambahan protein itu akan diambil dari protein ibu yang ada di ototnya. Akibatnya, ibu menjadi kurus. Secara alamiah, ibu memang akan merasa lapar sekali setelah menyusui bayinya. Ini karena protein dari tubuhnya ada yang diambil.

Zat protein yang dibutuhkan ibu menyusui bisa diperoleh dari makanan yang banyak mengandung protein, baik hewani, seperti daging, sapi, ayam, ikan, seafood, telur, atau susu dan juga nabati, seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Tentunya dalam mengonsumsi protein ini, ibu tak perlu repot dengan menimbang besarnya tambahan protein tersebut, tapi cukup dikira-kira saja. Kalau biasanya dalam sekali makan ibu mengambil satu potong lauk, maka sekarang ditambah jadi dua potong.

* Lemak

Mungkin ada ibu yang takut gemuk bila zat lemaknya harus ditambah. Bagaimanapun, secara kuantitas, papar Tati, kebutuhan lemak tetap harus memenuhi proporsi kebutuhan kalori seharinya, yaitu sekitar 20-30 persen. "Kalau kebutuhan kalori ibu bertambah, otomatis kebutuhan gram lemaknya pun bertambah sesuai proporsi tadi."

Untuk bisa menghasilkan ASI berkualitas dibutuhkan zat-zat lemak tak jenuh ganda. Lemak ini dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan retina matanya. Asam lemak tak jenuh ganda dalam ASI akan terbentuk bila ibu mengonsumsi bahan makanan seperti minyak jagung atau minyak biji kapas dan ikan dari peraiaran laut dalam, seperti haring atau salmon yang mengandung asam lemak tak jenuh.

* Mineral

Mineral dan vitamin termasuk mikronutrien, yaitu zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Pertambahannya pun bagi ibu menyusui tak begitu menonjol, karena yang dibutuhkan sedikit sekali, hanya dalam hitungan ukuran miligram atau bahkan mikrogram. Ini karena bagaimanapun, kandungan mineral dalam ASI biasanya konstan.

Namun bukan berarti kebutuhan mineral boleh diabaikan. Beberapa mineral yang pemenuhannya harus mendapat perhatian adalah zat besi. Zat besi yang berasal dari ASI mudah diserap bayi dibandingkan dengan zat besi yang terdapat pada susu sapi. Dari ASI, bayi bisa menyerap zat besi sebanyak 50 persen, sedangkan dari susu sapi sekitar 10 persen atau kurang. Oleh karena itu, ibu menyusui diharapkan banyak mengonsumsi makanan yang merupakan sumber zat besi, seperti hati, sumsum tulang, telur, dan sayuran berwarna hijau tua.

Selain itu, mineral lainnya yang sangat dibutuhkan adalah yodium. Ibu menyusui sebenarnya mudah memperolehnya dari garam yang beryodium. Ada lagi mineral lain yang dibutuhkan, walau sedikit, yaitu seng, magnesium dan selenium, yang bisa didapat dari makanan hewani.

* Vitamin

Ada dua macam vitamin, yaitu vitamin larut dalam lemak dan larut dalam air. Keduanya dibutuhkan untuk memenuhi standar kualitas ASI. Yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Untuk vitamin K, bayi sebetulnya diharapkan dapat membentuknya sendiri di usus. Hanya saja, karena usus bayi baru lahir masih steril, maka biasanya asupan vitamin K didapat dari suplemen yang disuntikkan.

Vitamin A didapat bayi dari ASI. Untuk memenuhi kebutuhannya, ibu perlu mengomsumsi makanan hewani, seperti hati, maupun makanan nabati berwarna hijau tua atau kuning seperti wortel, jeruk, dan tomat.

Vitamin D didapat dari sinar matahari. Makanya ibu harus rajin berjemur bersama bayinya di pagi hari. Vitamin D yang dibentuk di tubuh ibu akan disalurkan pula kepada bayinya lewat ASI. Sedangkan vitamin E juga bisa didapat dari biji-bijian, kacang-kacangan, dan serealia.

Sementara dari jenis vitamin yang larut dalam air, yang paling banyak dibutuhkan adalah vitamin C. Pasokan vitamin ini ikut mempengaruhi jumlah ASI yang dapat dikeluarkan. Oleh karena itu, ibu menyusui harus cukup mendapat vitamin C. Konsumsinya tak perlu berlebihan, sehari hanya sekitar 60 -120 mg. Jadi konsumsi vitamin C dosis tinggi sebesar 500 atau 1.000 mg sebetulnya mubazir, karena kelebihannya akan dikeluarkan lewat air seni.

Selain itu, ibu juga membutuhkan berbagai vitamin B, seperti vitamin B6 dan vitamin B12 agar ASI-nya pun mengandung cukup vitamin B. Pada bayi, vitamin ini berfungsi sebagai regulator terjadinya metabolisme dalam tubuh untuk menghasilkan energi bagi pertumbuhannya.

Dari hasil penelitian, keberadaan vitamin B6 pada ASI sangat bergantung pada jumlah vitamin B6 yang dimiliki ibu. Bila ibu kekurangan vitamin B6, sudah pasti ASI-nya juga tidak cukup mengandung vitamin ini. Vitamin B6 banyak terdapat antara lain pada sayuran berwarna hijau tua dan daging.

SUSU DAN SUPLEMEN MAKANAN 

Adakalanya ibu tak suka makan terlalu banyak lauk dan mengantikannya dengan asupan susu. Menurut Tati, hal ini tidak mengapa karena ibu bisa mendapatkan zat protein yang dibutuhkannya dari lemak susu. Namun demikian, ada baiknya asupan karbohidrat juga diperhatikan, misalnya dengan mencampurkan susu dengan sereal. Kalau tidak, ibu bisa kekurangan karbohidrat dan pola makannya jadi tidak seimbang karena asupan proteinnya jadi lebih banyak. Jika berlangsung terus-menerus, metabolisme tubuh ibu akan terganggu.

Pola makan yang tidak seimbang juga bisa diatasi dengan menyantap suplemen makanan. Namun, Tati mengingatkan, suplemen hanya bisa mencukupi kekurangan asupan vitamin dan mineral. Kalau memang ibu yakin bisa mendapatkan kebutuhan zat gizi dari makanan, tak perlulah mengonsumsi suplemen. Disamping itu, suplemen juga sudah melalui proses kimiawi yang jika terakumulasi dalam tubuh bisa saja menimbulkan efek negatif. Lain halnya dengan makanan segar yang lebih natural.

MENGHINDARI KEGEMUKAN 

Adanya tambahan kebutuhan gizi dengan porsi tambahan makan, diakui Tati, tentu berdampak pula bagi ibu. Kalori ibu akan bertambah, sementara kerja ibu hanya menyusui dan mungkin tidak banyak bergerak. Otomatis kemudian berat badan akan meningkat karena lemaknya bertambah.

Untuk menghindari terjadinya kegemukan, sebaiknya ibu melakukan latihan gerak badan atau olahraga, seperti lari, aerobik, atau body language. Olahraga ini akan membakar kalori sehingga tak terjadi penumpukan lemak dalam tubuh. Bila kondisi ibu baik, latihan cukup dilakukan 15-30 menit dalam sehari.

Tati tidak menganjurkan ibu menyusui berdiet menguruskan badan. Kecuali memang kelebihan berat badannya besar sekali. Selain melakukan latihan olahraga, bolehlah ia menurunkan asupan kalorinya, tapi tidak boleh lebih rendah dari 1.800 kalori per hari. Bagaimanapun, kebutuhan zat gizi semasa menyusui lebih besar daripada semasa hamil.

UNTUK MEMPERLANCAR ASI

Daun-daun tertentu memang sudah terbukti dapat memperlancar produksi ASI, seperti halnya daun katuk atau daun lain yang berwarna hijau pekat. "Namun sayuran lain yang banyak mengandung vitamin dan mineral juga akan merangsang dan meningkatkan produksi ASI," Kata Tati.

Diakuinya, kini pun sudah banyak obat pelancar ASI dalam bentuk kaplet, sehingga lebih praktis. Menurutnya tak masalah kaplet ini dikonsumsi, karena sudah melalui riset dan sudah diperhitungkan dosis amannya. Hanya saja, selain masalah harga, juga tak dapat dinikmati rasanya. Jadi, alangkah baiknya jika daun-daunan itu dimakan masih dalam bentuk aslinya.

MAKANAN YANG BOLEH & TAK BOLEH 

"Makanan yang dianjurkan semasa menyusui tentunya yang memenuhi kebutuhan semasa itu. Sehari makan 3 kali makanan utama dengan porsi nasi dan lauk pauk yang diperbanyak. Untuk memenuhi kebutuhan kalori yang bertambah, jangan lupa makan makanan selingan, berupa susu dan buah. Juga harus minum sebanyak-banyaknya," papar Tati. Sementara kebutuhan akan cairan bisa didapat dari makanan dan minuman. Bisa berupa sayuran, jus buah, susu, dan sebagainya.

Sebetulnya, ungkap Tati, ibu menyusui tidak pantang makanan apa saja. Yang penting harus diperhatikan adalah pola makan yang seimbang. Lalu bagaimana dengan bahan makanan berikut ini?

* Buah durian dan nangka

Selama menyusui, buah-buahan seperti nangka dan durian menurut Tati, sebetulnya tidak dilarang untuk dikonsumsi, tapi memang perlu dibatasi. Asal tahu saja, konsumsi buah-buahan yang rasanya sangat manis, seperti anggur dan rambutan juga perlu dibatasi karena mengandung kalori tinggi. Jadi, yang penting proporsional, jangan kebanyakan.

Pada orang-orang tertentu, kalori tinggi yang tersisa akan disimpan dalam tubuh sehingga kadar gulanya berlebihan. Selain itu, sisa kalori juga akan disimpan menjadi lemak sampai akhirnya bisa berlebihan. Akibatnya tentu akan lebih panjang lagi, bisa menganggu sistem sirkulasi darah dan jantung. Pengaruhnya ke ASI mungkin tidak ada.

Jadi, kalau memang ibu menyusui ingin menyantap kedua buah-buahan ini maka proporsinya harus diperhitungkan. Apalagi, durian dan nangka mengandung alkohol. Jika alkohol yang memabukkan dikonsumsi oleh bayi melalui ASI, maka sebagai efeknya bayi bisa rewel, hiperaktif atau sebaliknya lesu.

* Kopi

Ibu boleh saja tetap minum kopi semasa menyusui. Namun, jumlahnya perlu dibatasi, yaitu tak lebih dari dua cangkir dalam sehari. Lebih dari itu, dikhawatirkan zat kafein yang terdapat pada kopi terikut dalam ASI dan terminum oleh bayi.

Zat kafein yang bersifat stimulan sebetulnya bisa membuat orang yang mengonsumsinya menjadi segar. Pada bayi, kafein ini akan menstimulasi semua metabolismenya menjadi lebih cepat. Akibatnya, jantung bayi berdenyut lebih cepat, ginjal bekerja lebih keras, dan air kencing akan lebih banyak. Kondisi ini tentu tidak baik bagi bayi. Selain kopi, beberapa produk soft drink juga mengandung kafein. Oleh karena itu, ibu menyusui harus betul-betul menaruh perhatian.

* Teh

Minum teh bagi ibu menyusui tak jadi masalah. Memang, di dalam teh terkandung zat tanin. Efeknya menghambat penyerapan zat besi. Namun, zat ini dianggap tidak terlalu membahayakan.

* Tape

Yang dikhawatirkan dari makanan ini adalah kandungan alkohol dan kalorinya yang sangat tinggi, hampir sama seperti durian dan nangka.

* Food allergen

Makanan-makanan yang dapat menyebabkan alergi umumnya mengandung protein berkadar tinggi, seperti seafood. Nah, untuk itu, ibu menyusui perlu hati-hati dengan seafood, seperti udang atau cumi. Jika setelah mengonsumsi makanan laut, ASI yang dihasilkan membuat kulit bayi gatal atau merah-merah, berarti ia mengalami alergi. Sebaiknya ibu segera menghentikan konsumsi jenis makanan tersebut.

* Makanan pedas

Sebetulnya tak masalah jika ibu menyusui mengonsumsi makanan pedas. Toh, rasa pedas ini tidak akan keluar lagi bersama ASI. Juga, cabai merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin C.

* Ketan

Makanan ini merupakan sumber karbohidrat, tetapi beda halnya dengan beras, ikatan molekulnya lebih kompleks sehingga lebih sulit dicerna. Akibatnya, untuk sampai menghasilkan energi dibutuhkan waktu yang lebih lama. Namun demikian, tak masalah bila ibu menyusui mengonsumsinya.

* Makanan berserat

Makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah, sebetulnya akan memperlancar pencernaan. Namun demikian, jumlah yang dikonsumsi harus proporsional. Jika terlalu banyak, maka bayi bisa susah buang air besar.

* Makanan kaleng

Meskipun enak, makanan dan minuman kaleng sebaiknya dihindari. Jika makanan itu berupa ikan laut, misalnya, proses pengawetan akan membuat zat protein yang dikandungnya mengalami perubahan. Padahal protein yang dikonsumsi ibu nantinya akan disalurkan kepada bayi bersama ASI. Zat protein yang sudah berubah itu sangat mungkin menyebabkan bayi alergi.

* Obat-obatan

Pada saat berobat ke dokter, pastikan bahwa ibu menjelaskan statusnya yang tengah menyusui. Dengan begitu, dokter tidak akan memberinya obat-obatan yang akan membahayakan bayi apabila terproses bersama ASI. Misalnya, obat batuk yang mengandung zat penenang. Bila sampai terkonsumsi, bayi bisa jadi lesu dan mengantuk. Selain itu, ada obat-obatan yang dapat menimbulkan ketergantungan. Obat jenis ini sangat berbahaya jika sampai terkonsumsi bayi

9 MITOS MENYUSUI DAN FAKTANYA

Katanya ASI bisa kurang kalau si bayi rakus. Bagaimana faktanya? Dr. Rudy Firmansjah B. Rivai, Sp.A dari Rumah Sakit Anak dan Bersalin (RSAB) Harapan Kita Jakarta menjelaskannya kepada kita.

1. ASI BELUM KELUAR PADA HARI PERTAMA SEHINGGA PERLU DITAMBAH CAIRAN LAIN

Salah. Memang, banyak ibu yang mengalami kesulitan menyusui di hari pertama dan mengeluhkan ASI-nya tidak bisa keluar. Namun tak perlu cemas karena di hari pertama, selain bayi belum memerlukan cairan tambahan, di dalam tubuhnya pun masih ada cadangan cairan yang cukup.

ASI sendiri terdiri atas 88% air. Jadi, kebiasaan memberi cairan seperti susu formula, air putih, teh manis kepada bayi baru lahir tentu kurang tepat. Di banyak negara tindakan ini sudah menjadi kebiasaan dengan alasan agar bayi tidak rewel atau sekadar menghilangkan hausnya. Ditambah lagi, bila cairan itu diberikan dengan dot, selain refleks mengisap bayi jadi tidak terasah, ia juga berisiko bingung puting.

2.ASI TIDAK BISA MEMUASKAN BAYI "RAKUS"

Salah. ASI bisa mencukupi semua kebutuhan asupan makanan dan minuman bayi hingga bayi berusia 6 bulan. Rata-rata kebutuhan cairan bayi pada minggu pertama sekitar 80-100 ml/kg per hari, dan meningkat menjadi 140-160 ml/kg pada usia 3-6 bulan. Semua itu cukup dipenuhi hanya dengan ASI. Bahkan bagi bayi superrakus sekalipun.

Sebuah penelitian menyebutkan, 98 ribu dari 100 ribu ibu yang mengatakan produksi ASI-nya kurang, ternyata memiliki cukup ASI. ASI tidak bisa berproduksi secara optimal karena manajemen laktasi yang kurang baik. Misalnya, tidak tahu posisi menyusui yang tepat, stres, terpengaruh mitos-mitos menyusui, kurang istirahat, dan lain-lain.

ASI yang dikeluarkan, baik dari payudara kanan maupun kiri, sama-sama mengandung foremilk dan hindmilk atau dengan kata lain memiliki komposisi yang sama. Jadi, salah kalau ada yang menganggap payudara kanan mengandung makanan dan yang kiri minuman. Puaskan bayi pada satu payudara selama kira-kira 15 menit. Bila masih belum puas, barulah pindahkan lagi ke payudara pertama.

3.PAYUDARA KENDUR GARA-GARA MENYUSUI

Tidak ada hubungannya. Kendur tidaknya payudara tidak ada hubungannya dengan pemberian ASI. Biang keladi perubahan payudara adalah kehamilan itu sendiri. Saat hamil hormon-hormon membuat payudara penuh berisi ASI. Ukuran payudara pun terlihat lebih besar dari biasanya. Nah, pascamenyusui, ukuran payudara kembali normal. Akibatnya, otot-ototnya pun mengendur dan membuat payudara sedikit kendur.

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Lewat pijat atau senam payudara keindahan bentuk payudara bisa dipertahankan. Pilih juga bra yang tepat agar bisa membuat bentuk payudara tidak kendur. Selain itu, menyusui juga bisa memproteksi payudara dari serangan kanker payudara. Penelitian membuktikan, risiko terkena kanker mengecil jika ibu menyusui anaknya.

4. SULIT TURUNKAN BB JIKA MENYUSUI

Salah. Konon, menyusui membuat nafsu makan ibu bertambah lahap, sehingga sulit mengatur berat badan. Ini tidaklah tepat. Sebuah penelitian menyebutkan, menyusui dapat membantu ibu menurunkan berat badan lebih cepat. Kala menyusui timbunan lemak yang terjadi pada waktu hamil diubah menjadi energi. Sebaliknya, timbunan lemak ini sulit disingkirkan jika ibu tidak menyusui.

5.UKURAN PAYUDARA TENTUKAN BANYAKNYA ASI

Salah. Banyak tidaknya ASI tidak ditentukan oleh besar kecilnya payudara, tapi tergantung seberapa banyak kelenjar pembentuk air susu. Payudara berukuran besar kanan bergizi yang cukup dan seimbang.

Bahkan menyusui bisa memberi perlindungan terhadap zat kimia beracun tertentu. Pada kecelakaan kebocoran reaktor di Chernobyl, didapat fakta bahwa kadar zat radio aktif dalam ASI jauh lebih sedikit daripada dalam tubuh ibu. Para ahli pun berkesimpulan, ada mekanisme tubuh tertentu yang menyaring racun sehingga konsentrasinya dalam ASI sangat rendah.

7.BANYAK BERISTIRAHAT BISA MENAMBAH PRODUKSI ASI

Kurang tepat. Mitosnya saat istirahat produksi ASI akan berjalan lancar. Ini tidak sepenuhnya benar. Yang betul makin sering ASI diberikan, makin banyak pula ASI dihasilkan. Produksi ASI meningkat seiring dengan gerakan mengisap. Sebaliknya, jika dihentikan maka lambat laun produksi ASI pun berkurang. Itulah mengapa, berikan ASI atau pompalah secara teratur. Jangan lupa untuk merawat dan memijat payudara agar produksi ASI tetap lancar.

8.TIDUR BAYI LEBIH LELAP JIKA MINUM SUSU FORMULA

Tidak tepat. Memang, bayi-bayi yang diberikan susu formula cenderung tidur lama. Penyebabnya, susu formula umumnya tidak dapat dicerna dengan cepat, sehingga efek rasa kenyangnya lebih lama dan tidurnya pun terkesan lebih lama. Tapi kuantitas tidak menjamin kualitas. Jadi, tidak ada perbedaan kualitas tidur antara bayi peminum ASI dan susu formula.

9.MENYUSUI TANGKAL KEHAMILAN

Tidak sepenuhnya salah. Sebuah riset mengemukakan, menyusui bisa menurunkan kesuburan. Pada ibu yang tidak menyusui, kesuburan biasanya muncul kembali dalam 4-6 minggu pascapersalinan. Pada ibu menyusui, rentangnya bisa lebih lama, karena proses ovulasi terhambat.

Saat menyusui produksi hormon prolaktin meningkat. Hormon ini cukup efektif menghambat ovulasi, menstruasi pun menjadi tertunda. Itulah mengapa, kala menyusui, tubuh tak mampu menghasilkan sel telur matang. Walhasil, sperma yang masuk tidak akan menemukan "pasangan"nya. Kehamilan pun tidak akan terjadi atau disebut KB alami, yang sering diistilahkan LAM (Lactation Amenorrhoe Methode).

Meskipun efektivitasnya mencapai 98%, menyusui tidak menjamin ibu tidak hamil. Karena persyaratan menyusui sebagai KB alami sangat ketat, di antaranya ASI harus diberikan secara eksklusif. Frekuensi pemberiannya harus diatur, 10 kali dalam satu hari, disamping banyak syarat lain yang harus dipenuhi. Risiko kehamilan tetap besar jika ibu tidak bisa mematuhi syarat-syarat tersebut.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
Jumlah Posts : 45
Jumlah di-Like : belum ada like

Bundasalsabilla - JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

JUAL STROLLER PLIKO TRAVELMATE

Kereta bayi yang di gunakan bayi usia newborn sampai balita,bisa di pakai sampai berat anak 20 kg.

Dilengkapi dengan seat belt agar bayi tidak terjatuh atau merosot saat di letakan di stroller

terdapat canopi yang berfungsi untuk melindungi bayi dari panas.

Saat di lipat akan membentuk seperti payung, ringkas, praktis, dan ringan. mudah di bawa-bawa dan mudah juga untuk di simpan,bisa juga untuk di bawa traveling.

Posisi bisa di sesuaikan.
 

    Canopy
    Keranjang barang
    Posisi kemiringan dapat diatur sebanyak 3 posisi yaitu tidur rata, setengah tidur dan duduk.
    Seatbelt
    Bisa dilipat menjadi seperti payung
    Rangka terbuat dari besi
    DUDUKAN LEBIH DALAM & KAIN LEBIH TEBAL DARI PLIKO ADVENTURE

10kg

Dari Toko Bayi Online Terpercaya di Indonesia: https://sumosi.com/children-needs/jual-stroller-pliko-travelmate-951


Harga: Rp. 352,000
Item ID:
Terjual: 0
BBM: 7C3E9A07
sms/whatsapp: 081310623755
Wa langsung aja klik -> https://api.whatsapp.com/send?phone=6281310623755&text=JUAL+STROLLER+PLIKO+TRAVELMATE+Ready%3F

Cek juga yuk toko kami di:
- Facebook Fans Page: https://facebook.com/bundasalsabilla
- Tokopedia & Blanja[dot]com & Shopee: Shandy Babyshop
- Bukalapak: BabyMax

Bisa dikirim ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan beragam jasa pengiriman seperti JNE, Tiki, J&T, Pos Indonesia, Wahana, Dakota, Mex Darat, Mex Laut, dan Sentral Cargo.

Bisa juga menggunakan Go-Jek / Grab untuk wilayah Jabodetabek.

   
06-02-2017 07:28:00 sungsang
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda....tolong ksih tips sebanyak-banyaknya agar bayi tidak sungsang....didalam prut ada 2 bayi bund maunya normal aja