SITE STATUS
Jumlah Member :
493.625 member
user online :
1226 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bubur bayi bisa untuk makan anak kucing baru lahir

New Topic :  
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Waduh, kebetulan saya lagi iseng nge-browsing internet dan nyari2 apa ada yang tau tentang yayasan siwi asih dan suster bernama Nining.

Saya sempet ambil suster di Yayasan Siwi Asih, Depok. Tadinya dapet no. tlp yang di Pamulang, tapi di sana lagi kosong waktu itu dan saya dikasih no tlp Yay. Siwi Asih (YSA).

Sebenernya sih tidak ada masalah. Waktu itu tanggal 29 Nov 2008, saya balik dari rmh mama dengan bayi saya yang baru berumur 1 bulan kurang 3 hari. Suami saya ngejemput saya dengan mertua dan suster yang baru diambil dari YSA. Nama susternya: Suster Sarijah, kami manggilnya suster Sari. Orangnya baik, kerjanya agak lama tapi secara keseluruhan dia baik. Sempat ada selisih pendapat dengan mertua saya, tapi setelah saya telpon ibu Kris si pemilik YSA, selisih pendapat tersebut bisa diselesaikan secara damai. Tapi sayang, si suster Sari harus berhenti kerja karena saudara iparnya yang mengasuh anaknya yang berusia 7 tahun ternyata juga lagi hamil, jadi ia harus mengurus anaknya sendiri.

Saya telpon ibu Kris, dan dengan pengertian ibu Kris bilang, iya tidak apa2, diganti aja, ia tidak memotong jatah tukar saya (2x tukar dalam 4 bulan). karena suster sari berhenti bukan karena tidak betah dan bukan karena ketidakcocokan.

Penggantinya datang, namanya (ngakunya: Laningsih), dipanggilnya: Nining, umurnya 29 tahun dan belum menikah.

Hati-hati dengannya. Semula saya terpesona dengan kelembutannya. Suaranya sedikit manja tapi lembut. Waktu itu saya masih cuti, jadi masih di rumah aja, si Nining hobi banget nongkrong di kamar saya sambil ngajak ngobrol. Sebenernya sih saya pengen baca novel, tapi ya ngobrol jg gak apa2 karena keliatannya dia baik. Kadang-kadang saya juga sambil membuka laptop mengerjakan pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah.

Dia sempet cerita macem2, katanya dulu waktu SMU dia sempet ditawarin jadi fotomodel tapi dia tidak mau (tau ya bener apa kagak, tinggi sih, setingi saya, tapi... ya... cantik atau tidaknya seseorang relatif sihh yaaa..). Terus dia sempet minta diajarin pake komputer... nah lho, saya binun, kok suster mau belajar kmptr? Saya bilang aja, percuma belajar kmptr kl kg punya, nanti kl punya jg bisa sendiri (masa saya mau bilang ngapain suster belajar komputer?)

Dia sempet cerita dia berenti kerja di tempat yg sebelumnya krn kagak tahan, adik bos nya centil banget, suka ngisengin dia. Bisikin omongan macem-macem, apalagi kl dia lagi sendirian. Katanya sih adik bosnya itu naksir dia tapi dia sebel karena dia pernah denger si cowok itu bilang ke temen2nya kl Nining yang naksir dia.

Waktu itu sih saya iyaaaa aja. Malah saya sempet percaya dan berprasangka ke suster sari karena si Nining sempet cerita katanya si suster sari ngomong ke dia dulu waktu kerja di rumah saya kl mau pulang naek angkot, padahal kenyataannya yang pertama dianterin suami saya sampe tempat bus dan yang kedua dianterin pegawai suami saya sampe ke rumahnya di depok.

Saya sempet tugas keluar kota dan meninggalkan anak saya di rumah (bersama papa dan kakek neneknya). Waktu itu sempet kepotong liburan 1 hari (imlek) dan sekeluarga harus pergi silahturahmi ke keluarga yang lebih tua, karena rumah kami toko dan pegawai pun sedang libur, papa nya disuruh jaga rumah bersama anak saya dan si suster Nining.

Saya sebenarnya tidak suka dengan pengaturan seperti itu, tapi saya percaya 100% dengan suami saya, Tapi sejak saat itu si Nining berubah kelakuan. Setelah saya pulang ke rumah, kalau saya bilang begini atau begitu, dia selalu bilang tapi kata bapak begono, bu. Si nining jg sempet ngerusakin ASI saya (saya ninggalin ASI beku dan ASI dingin di kulkas), 240 cc lho. saya udah nanya ke suster RSB tempat saya melahirkan, katanya kalau sewakyu dinginnya agak kental dikit tidak apa2, emang kadang ada ASI yang seperti itu, manasinnya aja yang ati-ati (jangan terlau panas tapi juga jangan dengan air dingin, cukup direndem di aer yang kalau ketetesan katanya "ADUH" tapi kagak melepuh).
Si nining tetep ngotot, katanya dari dingin aja udah rusak, gitu dipanasin (direndem di air anget) jadi kuning dan berbusa. Malah waktu dia telpon saya ke kantor, dia bilang saya tunjukin ke bapak ya, bu, saya bilang buat apaan, simpen aja di kulkas biar entar sore saya liat sendiri, bapak mana ngerti.

Waktu saya keluar kota itu, anak saya kan minum susu formula karena stok ASI udah abis, ternyata suaranya jadi serak banget. Saya cuma bilang harusnya setelah minum susu diminumin air putih. Nining bilang, tapi bu kan waktu bikin susu juga udah ada airnya, jadi kagak usah minum air putih lagi gak apa-apa, di tempat kerjanya yang dulu juga waktu ke dokter katanya kg usah minumin air putih lagi krn di susunya kan udah ada airnya. Ihhhh... sebel deh, saya kan kagak tau bosnya yg dulu ke dokter mana dan bener gak dokternya bilang begitu. Cuma saya mikir aja sih, kalo kita minum sirop, kan bikinnya juga pake air putih, tapi kl minum begitu aja apalagi anget-anget, setelah minum di tenggorokan pasti kan berasa lengket.

Pernah waktu pagi2, biasanya mandi jam 7, tapi jam 7 waktu itu dia masih ketiduran lagi, baru bangun jam 8 waktu saya mau berangkat ke kantor. Saya kirakan mau dimandiin, ternyata si Nining cuma bawa-bawa baskom aja, trus saya nanya, kok kaga mandi? Dia bilang kata bapak kagak usah mandi, sekaan aja. Saya nanya ke suami saya, suami saya bilang dia kagak ngomong gitu, dia cuma nanya kok kagak mandi dan si nining bilang iya cuma sekaan aja. Dasar cowok, mungkin dia pikir kesiangan atau apa jadi dia diem aja, tapi bukan berarti dia yang nyuruh kagak mandi, kan?

Saya udah mulai kagak suka tuh. Dibilangin selalu pinteran si Nining, udah gitu ngapain coba kalo dibilangin selalu kata bapak bgini bgitu padahal suami saya kagak ngomong.

Terakhir yang paling parahnya waktu pagi anak saya ngompol, emang sih mau mandi. Tapi tatakan kain yang kena ompolnya kan masih basah, kl mau dipakai untuk tatakan mandi boleh, tapi yang basahnya jangan untuk kepala donk, masa pesing bekas pipis naik ke kepala, masih mending kl untuk pantat. Saya bilang baik2, itu basah kena ompol, yang basahnya jangan kena kepala ya. Dia bilang kagak kena, tapi kagak ngerubah letak anak saya. Saya manjat tepat tidur dan saya pegang kain di bawah kepala anak saya, basah. Si nining langsung cemberut, dan anak saya ditarik ke bawah (saya udah mau komentar lagi tuh, jangan terlalu kebawah, kan udah agak besar nanti melorot dari ranjang, tapi saya tahan-tahan ya udah deh, saya awasin ini, bisa saya tangkep kl melorot drpd dibilang bawel).
Waktu mandi, anak saya tenaganya memang kuat dan cukup tinggi untuk usianya yang baru 3 bulan setengah sehingga di belakang kepalanya harus saya jagain dengan tangan saya supaya kagak kebentur ember. Nah, waktu mau ngebalik, si Nining tidak hati2, untung tangan saya yg udah saya tarik masih sempet megangin kepala anak saya, karena si Nining ngebalik badan anak saya TANPA megangin leher belakangnya (bayangin, anak 3 1/2 bulan megangnya kayak begitu). Setelahnya waktu ngebalik, biasanya kaki anak saya ditekuk berlutut karena belum blh berdiri, anak saya langsung berdiri, saya bilang Ning bediri tuh dia, balasnya Iya udah mau diangkat, tapi kagak diangkat-angkat. Saya bilang lagi, bediri tuh, dia bilang lagi dengan cemberut: Iya udah mau diangkat.
Setelah diangkat beneran, saya marah dan saya bilang: Kalau mandiin anak ati-ati yah, pertama nyaris kebentur, kedua anak bediri-bediri sebelum waktunya katanya mau diangkat tapi kagak diangkat2.

Dia diem aja, gitu suami saya masuk untuk melihat anak saya, baru si Nining nyautin: Biasanya kl mandi  dibantuin pegangin oleh neneknya. Saya diem aja, tapi saya kesel, biasanya dia ngeledek2 saya kagak bisa mandiin anak sendiri karena saya masih takut. Nah kl mandiin harus dipegangin mah namanya dia juga belum becus.

Setelah kejadian itu tiap pagi saya yang mandiin, dibantuin suami saya. Anak saya ternyata lebih senang dan ketawa-ketawa, mungkin happy krn papa dan mamanya berduaan mandiin dia :)

Satu lagi, si Nining kl mangku anak di mobil suka ketiduran, tapi kl diminta kagak dikasih, saya sampai ikutan duduk di belakang di sebelah dia, takut seandainya dia ketiduran dan suami ngerem mendadak.

Belakangan, setelah insiden mandi itu, saya juga mangku sendiri di mobil. Dia cemberut aja kagak suka. Yang paling parahnya pernah waktu pulang, saya kan nungguin pintu mobil dibukain dari luar krn saya ngegendong anak saya. Eh si nining ikutan duduk di sebalah saya kaga turun2, suami saya negor dia: Ning, turun donk, bantuin ibu turun. Mungkin dia lagi menghayal, karena biasanya kalau dia yang gendong semua perhatian tercurah ke dia, bahkan suami saya mayungin kl lagi panas banget (ya tentu aja krn si Nining kan gendong anak kami).

Nining kerjanya juga perhitungan, dia tidak mau nyapu ataupun ngepel kamarnya sendiri. Tapi dia dengan baeraninya setelah br 1 bulan kerja, minta uang untuk keperluan sehari-harinya (sabun, sampo, odol, pembalut, dll). Katanya sabunnya tidak dijual di Indomaret (nah lho, saya sendiri cuma pakai sabun lifebouy batangan dari toko), pembalutnya harus yang merk Kotex. Suami saya tidak suka, suami bilang biasanya pembantu dibelikan kebutuhan bulanan setelah beberapa bulan kerja dan itupun mereka tidak minta, mereka biasanya membayar dengan uang, baru kalau ternyata cocok dengan pembantu tersebut dan terbukti baik ia kagak usah bayar lagi.

Terakhir sepulang dr rumah mama saya, dia ceritanya mau nyuci baju di kamar mandi, udah diberantakin papan gilesan, sabun dan ember2 tapi orangnya kagak ada. Saya sih diem aja, sebodo deh. Pulang dr rmh mama saya dia langsung ilang juga saya sebodo. Ternyata dia langsung mandi, duduk di loteng dan ceritanya nagis sesenggukan cerita ke mertua saya. Katanya mau berhenti, udah kagak tahan ama saya, bahkan mama saya ikut-ikutan marahin dia, dia mau pulang besok kagak peduli gimana.

Saya sih bilang ya berenti, berenti aja, kagak masalah, saya sendiri juga udah sempet telpon ibu kris sebelumnya nyari pengganti, tapi adanya yang lebih muda dan belum married juga, ada lagi yang jauh lebih pengalaman (Gajinya lebih mahal) jadi saya mikir, yang sepantaran aja centilnya kayak begini, apalagi yang lebih muda. Dan dengan pengalaman kayak si nining aja belagunya udah setengah mattteeee, apalagi yang lebih pengalaman.

Akhirnya suami saya ngebujukin dia 2 hari lagi krn suster penggantinya br ada 2 hr lagi, saya sih sebenernya malesss, saya bisa kok ijin cuti, dia mau berenti ya berenti aja ngapain ditahan-tahan.

Nah lho, mama saya marahin dia? Yang ada tuh mama saya cuma bilang,kl anak ngompol gantiin celananya dulu baru buka bajunya biar kagak dingin, tapi si nining dengen ngeyelnya bilang kan bajunya kena. Trus mama dan saya sih diem aja. Males dan kami juga sudah terbiasa dengan ngeyelnya si nining.

Yang parahnya, ternyata si nining tukang ngadu domba. Dia bilang dimarahin ama mama saya padahal ternyata tidak. Di rumah saya sendiri, dulu waktu awal-awal kerja, dia suka cerita-cerita ke pembantu mama saya tanpa ditanya. Dia cerita di rumah mertua saya dia susah makanlah, kagak pernah makan daging lah, makan kerupuk aja seminggu sekali juga kagak, kerupuk kl udah malem dimasukin ke kamar mertua saya (padahal ini krn di rumah mertua banyak tikus maklum toko, dan kerupuknya kerupuk bangka, mertua saya nyimpennya cuma di plastik, bukan di toples, tapi kl dia cerita ke org2 setelah dia bilang jarang banget makan kerupuk dia mau supaya org berkesan apa? Kesannya kerupuk dimasukin kamar krn takut diambil diam2 oleh dia? Padahal udah saya jelasin lho kl di rmh tuh banyak tikus), terus bilang mertua saya bawelnya setengah mati.

Mertua saya memang agak polos. Ia sempat bilang katanya suster yang baru pengganti si nining nanti belum pernah kerja lho, belum pernah ngurus bayi. Saya cuma nanya tau dari siapa, katanya dr pembantu rumahnya, saya nanya emang si embak kenal? Katanya tau dari si nining. Astagaaa, mau berenti ya berenti aja, jangan ngejelek2in calon penggantinya, Dulu waktu suster sari selisih pendapat dengan mertua saya dan bilang mau berhenti dia udah telpon ibu kris nanya ada pengganti gak dan si suster sari bilang si nining sama kok pengalamannya denga dia.

Saya juga udah telpon ibu kris sebelumnya, katanya suster penggantinya (suster yang sekarang ini), jauh lebih pengalaman, gajinya juga lebih mahal lagi. Saya sih lebih percaya dengan ibu Kris.

Suster saya yang sekarang namanya suster Sri. Kerjanya cekatan, pagi-pagi dia bangun sholat dan kemudian nyuci baju. Nyetrika baju waktu siang ketika anak saya tidur dan kerjanya sebet banget. Saya sekarang bisa sarapan dengan tenang. Dulu waktu masih si nining, pagi-pagi jam 5.30 sampai jam 7.00 saya dan suami saya sarapan dan mandi terkebut-kebut karena anak saya dipegang oleh kami berdua. Ibu mertua sibuk persiapan mau buka toko, dan si nining sibuk nyetrika di loteng.

Itu sih pengalaman saya dengan Yayasan Siwi Asih. Sejauh ini ibu kris baik, saya tidak ada masalah dengannya. Cuma hati-hati aja kalau suster yang mau ditawarkan ke ibu-ibu sekalian namanya nining / laningsih / ningsih / lanny. Karena itu suster yang sama dengan cerita saya di atas.

Semoga bermanfaat sebagai tambahan info. Kejadiannya baru aja kok. Tanggal 18 Feb 2009 kemarin si nining baru aja berhenti nya, jadi mungkin sekarang dia lagi nyari-nyari kerjaan baru.


   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo bunda mama se-nusantara

aku mau jual alat steril untuk botol .. digital belum pernah dipakai hanya sudah pernah aku test .. ya tetep aja jatohnya second hehe soal harga dijamin murah kualitas oke masih garansi sampai akhir desember 2014 alasan jual karna ternyata aku belum butuh ( masih ASI eksklusive sampai sekarang ) juga dapet diturunin alat sterilan bekas kakakku pakai.. jadi ada 2 deh .. daripada mubazir yang baru aku jual aja deh

merk Crown bisa untuk panasin susu.. untuk panasin makanan atau bubur bayi.. bisa steril botol muat 6 botol ..

harga baru di toko 345000 .. aku jual 250000nett aja bunda dan mama .. jangan ditawar lagi yaa bunda mama .. udah murah bgt hehe

pict menyusul di whatsapp 082124224264 atau LINE rstrchmnutama

terimakasih
salam hangat
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo bunda mama se-nusantara

aku mau jual alat steril untuk botol .. digital belum pernah dipakai hanya sudah pernah aku test .. ya tetep aja jatohnya second hehe soal harga dijamin murah kualitas oke masih garansi sampai akhir desember 2014 alasan jual karna ternyata aku belum butuh ( masih ASI eksklusive sampai sekarang ) juga dapet diturunin alat sterilan bekas kakakku pakai.. jadi ada 2 deh .. daripada mubazir yang baru aku jual aja deh

merk Crown bisa untuk panasin susu.. untuk panasin makanan atau bubur bayi.. bisa steril botol muat 6 botol ..

harga baru di toko 345000 .. aku jual 250000nett aja bunda dan mama .. jangan ditawar lagi yaa bunda mama .. udah murah bgt hehe

pict menyusul di whatsapp 082124224264 atau LINE rstrchmnutama

terimakasih
salam hangat
   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo bunda mama se-nusantara

aku mau jual alat steril untuk botol .. digital belum pernah dipakai hanya sudah pernah aku test .. ya tetep aja jatohnya second hehe soal harga dijamin murah kualitas oke masih garansi sampai akhir desember 2014 alasan jual karna ternyata aku belum butuh ( masih ASI eksklusive sampai sekarang ) juga dapet diturunin alat sterilan bekas kakakku pakai.. jadi ada 2 deh .. daripada mubazir yang baru aku jual aja deh

merk Crown bisa untuk panasin susu.. untuk panasin makanan atau bubur bayi.. bisa steril botol muat 6 botol ..

harga baru di toko 345000 .. aku jual 250000nett aja bunda dan mama .. jangan ditawar lagi yaa bunda mama .. udah murah bgt hehe

pict menyusul di whatsapp 082124224264 atau LINE rstrchmnutama

terimakasih
salam hangat
   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo bunda mama se-nusantara

aku mau jual alat steril untuk botol .. digital belum pernah dipakai hanya sudah pernah aku test .. ya tetep aja jatohnya second hehe soal harga dijamin murah kualitas oke masih garansi sampai akhir desember 2014 alasan jual karna ternyata aku belum butuh ( masih ASI eksklusive sampai sekarang ) juga dapet diturunin alat sterilan bekas kakakku pakai.. jadi ada 2 deh .. daripada mubazir yang baru aku jual aja deh

merk Crown bisa untuk panasin susu.. untuk panasin makanan atau bubur bayi.. bisa steril botol muat 6 botol ..

harga baru di toko 345000 .. aku jual 250000nett aja bunda dan mama .. jangan ditawar lagi yaa bunda mama .. udah murah bgt hehe

pict menyusul di whatsapp 082124224264 atau LINE rstrchmnutama

terimakasih
salam hangat
   


Jumlah Posts : 75
Jumlah di-Like : 1

Halo bunda, apa kabar nih? Semoga sehat selalu yah bun. By the way, pernah gak sih bunsay kepikiran buat ganti ASI dengan susu formula? Kalau kata orangtua jaman dulu sih susu formula itu gak bagus buat adek bayi. Tapi kalau semisal si ibunya ASI nya gak keluar gimana yah? Dulu sohibku itu pake susu formula sejak anak nya baru lahir. Karena air susu nya gak keluar, kalaupun keluar sedikit sekali. Ada beberapa pertimbangan jika bunda ingin memilih susu formula, aku share disini yah

  1. Pelajari dulu tips ibu menyusui. Kalau sudah paham cara menyusui, bunda dapat memikirkan susu mana yang cocok untuk adek bayi.
  2. Pertimbangan kedua kecocokan dengan si bayinya, lihat bahan yang digunakan tiap susu. Diihat juga harga dan mereknya. Emang sih belum tentu merk terkenal dan harga wah bukan jaminan tapi biasanya harga dan merk yg wah itu bahannya pasti lebih baik dibanding yg biasa2 aja, bner gak? Hehehehe.

Nah balik lagi ke pertanyaan awal, boleh gak? Kalau kondisinya tidak memungkinkan sih boleh2 aja, tapi sekali lagi perlu dipertimbangkan juga bahannya, diskusikan dengan ayah. Nasehat dari orangtua bisa jadi bahan pertimbangan tapi ambil yang bisa diterima akan sehat aja bun.

Kapan diganti? Paling baik itu setelah 2 tahun pemberian ASI. Kalaupun harus pakai susu formula, imbangi dengan air tajin.

Biasakan untuk konsultasi juga dengan dokter yah bunda. Biar bunda bisa paham apa yang baik buat adek bayi bunda.

Sekian info dariku semoga bisa bermanfaat buat bunda semua.

sumber

   
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : belum ada like
anak saya lahir 1maret..alhamdulillah sekarang sudah belajar jalan..saya baca dr buku n google,spa(berenang),pijit bayi bisa mempercepat motorik anak..sekedar info aj ya bun,n jgn pernah bandingin anak satu dgn yg lain..krna kemampuan anak satu dgn yg lain berbeda..yg jlas kita hrs sll kasih dukungan ke ank..misalnya ank sudah bisa mlkukan 1 gerakan jgn lupa untuk memuji nya sekedar memberikan tepuk tangan/ciuman dengan mengatakan anak pintar?
   
05-03-2014 09:40:12 belum bisa jalan
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
pagi..bunda2 ikut gabung ya...alhamdulillah anakq tgal 16 maret mau 1 tahun dan baru bs jalan 5 sampai 7 langkah..dan klo dititah sering pegang jari telunjuk aja trs jalan..untuk bicaranya anak saya baru blg mammmaaa...semua bayi berbeda2 ada yg bicara dluan tp jalanya lambat..da jg yg jalanya duluan tp bicaranya lambat yg penting semua tu harus sering dilatih klo mau cepet jalan sering dititah..dan klo mau cepet bicaranya seringlah diajak bicara..semua butuh proses..ni sekedar berbagi ilmu aja..jd bunda2 harus yg sabar..dan jangan lupa anak2nya sering dilatih..dan dilatih..terima kasih dah memberikan kesempatan untuk berbagi disini..
   
09-04-2012 08:05:07 Memilih Asuransi Pendidikan
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
aku baru baca2 ini en goggling asuransi pendidikan minggu2 lalu, sharing buat para orangtua yang ada disini nih. Gara2 baca ini deh aku masuk ke milis infobunda ini cari tau asuransi pendidikan. moga kita jadi ortu semakin semangat kerja dan prepare buat anak.

Tips Menghitung Premi Asuransi Pendidikan

JAKARTA, KOMPAS.com  Seringkali orang tua tidak memperhitungkan berapa jumlah dana yang bakal diterima dari asuransi untuk menanggung biaya pendidikan anaknya kelak.

Upayakan jumlah dana dari asuransi mencukupi biaya pendidikan anak Anda, terlebih apabila terjadi klaim. Kalau pun jumlahnya kurang, usahakan tambahannya nanti tidak besar. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat asuransi yang hendak Anda ikuti.

Berikut cara penghitungan dana pendidikan untuk anak:

  1. Ketahui dulu berapa biaya pendidikan saat ini. Bila saat ini anak Anda masih balita, Anda perlu tahu berapa biaya pendidikan saat ini untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
  2. Hitung, berapa lama lagi anak Anda akan mencapai jenjang-jenjang pendidikan tersebut. Misal, anak Anda baru lahir. Jadi, Anda punya waktu sekitar 4 tahun menyiapkan biaya untuk TK; 6 tahun untuk SD; 12 tahun untuk SMP; 15 tahun untuk SMU; dan 18 tahun untuk PT.
  3. Perkirakan berapa biaya pendidikan anak Anda kelak. Dengan asumsi kenaikan biaya pendidikan 10 persen/tahun, maka uang pangkal TK yang pada saat ini, misal, Rp. 5 juta, setelah 4 tahun akan menjadi Rp. 7.320.500. Rumusnya adalah Rp. 5 juta x 1,1 x 1,1 x 1,1 x 1,1). Ulangi untuk jenjang-jenjang pendidikan yang lain.
  4. Untuk memproteksi biaya pendidikan anak Anda dari resiko kematian orang tua atau ketidakmampuan orang tua mencari nafkah akibat cacat tetap, ambil asuransi jiwa atau asuransi dana pendidikan. Besar uang pertanggungan (UP) dan beasiswa per tahapnya harus bisa mengcover biaya pendidikan anak yang telah Anda rencanakan di atas.
  • Pastikan keluarga Anda mendapat manfaat asuransi berupa:
  1. Santunan untuk Istri/Suami dan jauh lebih baik bila kedua orangtua menjadi pemegang polis bagi asuransi pendidikan anak2.
  2. Seluruh dana tabungan dan bagi hasilnya
  3. Uang masuk sekolah TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi
  4. Uang sekolah per tahun selama TK, SD (6 tahun) , SMP (3 tahun), SMA (3 tahun), serta Perguruan Tinggi (4 tahun)

5. Mintalah ilustrasi kepada agen asuransi Anda, sehingga Anda mengetahui berapa besar premi asuransi yang seharusnya Anda bayar agar anak Anda bisa meneruskan pendidikan di sekolah dengan kualitas yang Anda inginkan dan memperoleh semua manfaat di atas.

Tiga Penyebab Orangtua Tidak Menyiapkan Biaya Pendidikan Anaknya

JAKARTA, KOMPAS.com — Rusmiyati (35) tak bisa menyembunyikan kegundahannya. Seperti tahun lalu, tahun ini dan tahun depan pun ia seolah tak henti keluar banyak biaya untuk sekolah anak-anaknya. Ia menyesal tak menyiapkan biaya pendidikan tersebut sejak anak-anaknya lahir.

Tahun lalu, putri ketiga Rusmiyati masuk sekolah TK dan mengeluarkan biaya banyak. Tahun ini, giliran dia memasukkan putra keduanya di Sekolah Dasar. Sementara tahun depan, putra pertamanya juga akan masuk SMP, dan tepat berbarengan dengan putri ketiga masuk SD.

“Setiap tahun seperti tak ada habisnya keluar uang buat sekolah anak-anak, bingung karena tabungan ayahnya tak pernah cukup,” ujar Rusmi, warga Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (25/7).

Rusmi jujur mengakui, dia dan suaminya tidak pernah menyadari akan muncul masalah-masalah keuangan seperti ini di kemudian hari. Khususnya, setelah ketiga anaknya menginjak usia sekolah.

Kini, sebagai “manajer keuangan” di rumah, beban Rusmi sangat berat untuk mengatur dan mengelola uang. Mulai biaya hidup keseluruhan sampai biaya kecil yang muncul setiap hari, dari belanja bulanan sampai ongkos pendidikan.

“Memang, kami juga pernah membayangkan persoalan ini, tapi karena Ayahnya punya satu tabungan, jadi kami merasa santai-santai saja waktu di awal anak-anak baru lahir,” ujar Rusmi.

Orang Tua Tidak Serius?

Pendidikan dan biaya hidup adalah kata pertama yang kerap muncul di benak orang tua ketika anaknya lahir ke dunia. Suka tak suka, mau tidak mau, mereka akan membayangkan untuk menyiapkan kedua hal itu di kemudian hari. Dan bagi orang tua yang betul-betul menyadari pentingnya pendidikan, pasti akan memberikan perhatian besar pada persoalan yang satu ini.

Hanya, meskipun tahu arti pentingnya pendidikan, tak banyak orang tua betul-betul serius menyiapkan dana pendidikan anak-anaknya. Banyak orang tua selama ini hanya memikirkan kerja dan kerja setiap hari tanpa berusaha menyisihkan uang.

“Mungkin karena mereka berpikir pekerjaan mereka akan selalu awet sampai nanti anak-anaknya sekolah dan menyelesaikan pendidikannya, mereka tidak sadar bahwa segala risiko bisa saja terjadi,” ujar perencana keuangan Safir Senduk pada seminar Strategi Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan, Sabtu (25/7) di Jakarta.

Menurutnya, memang, ada tiga kondisi yang selama ini kerap membuat para orang tua tidak mempersiapkan dana pendidikan bagi anak-anaknya.

Tiga kondisi itu antara lain:

  1. Orang tua merasa, bahwa kondisi keuangannya saat ini masih baik dan akan terus bertahan sampai nanti ketika anak-anaknya masuk sekolah
  2. Orang tua merasa, bahwa biaya sekolah tidak akan naik
  3. Orang tua merasa, bahwa selama kondisi fisik dan jiwanya masih sehat mereka akan selalu merasa mampu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya, termasuk pendidikan

Siap atau Tidak, Harus Siap!

Untuk itulah, kata Safir Senduk, tanpa perencanaan matang dan sedini mungkin, tak salah jika orang tua seperti dibuat kalang kabut saat anak-anaknya telah memasuki usia sekolah.

Ada tiga alasan utama yang menurut Safir orang tua harus menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin, yaitu sekarang dan bukan nanti, yaitu:

  • Camkan di dalam benak, bahwa biaya pendidikan saat ini mahal dan akan naik terus
  • Kondisi ekonomi tidak selalu bagus
  • Fisik mereka sebagai orang tua tidak selalu sehat

“Hitung dari sekarang keuangan Anda, dan jangan pernah menunda-nunda untuk menyisihkan pendidikan dari hitungan-hitungan itu, karena Anda tidak akan pernah sadar akan apa yang akan terjadi kelak di kemudian hari,” tukas Safir.


   
29-10-2011 09:53:34 nama bayiku
Jumlah Posts : 32
Jumlah di-Like : 1
halo bunda2 semua...

Sekedar share aja,, kalo masyarakat bali tidak bisa sembarangan kasi nama bun.. kalo pusernya udh lepas kita harus ke pendeta dl nanyain anak kita ini renkarnasinya siapa, dan biasanya ada beberapa bayi yg harus pakai nama renkarnasinya dl bun., tp kita juga harus siapin bbrp nama yg udh kita pilih dan nanti ditanyakan ama pendetanya cocok apa ga pakai nama itu.. percaya ga percaya sih bun, soalnya d bali adatnya masih kuat banget, kalo ga cocok namanya gt beneran anaknya bisa sakit2an..

kmrn waktu anakku baru lahir masih dipanggil wayan, karena dia anak pertama.. pas udah lepas pusernya lgs di tanyain ke pendeta, dan ga perlu pakai nama bawaan leluhur, setelah dikonsultasikan akhirnya dikasi nama Ni Wayan Adelina Maheswari.. Ni = perempuan, Wayan = anak pertama, Adelina = mulia , Maheswari = bidadari dan kebetulan pendetanya setuju bun jd ya langsung pasang aja hehehe....

Bunda liat2 aja di web atau kalau lg jalan2 ke mall mampir ke Gramedia juga banyak bun buku2 soal nama ,,,

Salam,
   
19-05-2009 07:56:29 Bayaha SOYa
Jumlah Posts : 18
Jumlah di-Like : belum ada like
BENER GAK SIHHH????

Silahkan sampaikan informasi ini ke temen temen cewek anda......Sesuatu yang perlu dicatat. Ini adalah kisah nyata ku, tidak ada yang
diganti (dilebih-lebihkan atau dikurang kurangi). Ini semua adalah kenyataan, karena berhubungan dengan pengalaman saya sendiri, pendapat
saya didasarkan pada apa yang telah saya baca dan rasakan. Semua ini sayamaksudkan untuk memperingati para wanita muda yang sadar akan
kesehatannya supaya tidak secara bodoh merusak dirinya sendiri.

Pada tahun 1989 saya lulus SMA di Texas dan akan pindah ke kota untuk masuk perguruan tinggi. Salah satu perubahan yang ingin saya lakukan
adalah makan makanan yang lebih sehat. Setelah saya pindah ke Austin , Texas , kota yang sadar akan arti kesehatan, saya mulai membangun tubuh
saya dengan mengkonsumsi makanan terbaik dan tersehat yang dapat saya temukan. Tahu merupakan menu utama dalam makanan saya dan saya membeli
susu kacang hampir setiap hari.

Saya mengkonsumsinya sebagai campuran cerial atau hanya meminumnya begitu saya sebagai makanan tambahan. Saya membeli muffin yang terbuat dari sari
susu kacang, miso soup (sup jepang)dengan tahu, kacang kedelai, atau  kecambah dari kacang kedelai, dsbnya. Semua literatur dalam majalah kesehatan dan
kebugaran mengatakan bahwa susu kacang dapat mencegah dari sakit jantung sampai kanker payudara. Hal itu karena disebakan oleh isoflavone
(kandungan ajaib dalam kacang kedelai), sejenis hormon estrogen, yang membantu bekerja untuk membuat kamu tetap sehat dan awet muda.

Saya kelihatan sehat sekali dan saya selalu berolah raga tetapi siklus haid saya terhenti. Pada umur 20, saya mulai makan pil KB untuk membuat
siklus haid saya teratur. Selain itu saya juga mengalami kesakitan setiap kali memperoleh haid. Tubuh saya mulai gendut seolah olah otot saya jadi
lembek. Saya mulai menderita depresi dan mudah marah.

Saya menyalahkan PMS (Post-Menstruasi) sebagai akibat haid saya yang datang tak beraturan. Sewaktu saya berumur 25 tahun, mens saya begitu
buruknya sehingga saya tidak bisa berjalan. Pil KB tidak lagi bisa membuat haid saya teratur atau mengurangi rasa sakitnya sehingga saya
berhenti meminumnya.

Hal ini berlangsung hingga 2 tahun sampai saya menyadari bahwa rasa sakit ini tidak lazim. Pada umur 27, dokter kandungan menemukan 2 buah kista
dalam kandungan saya. Keduanya berukuran sebesar bola tennis dan saya melakukan operasi untuk menghilangkannya.

Untunglah keduanya tumor jinak. Ahli kandungan tersebut menyarankan saya makan pil KB lagi tapi tidak saya lakukan. Pada tahun 1998, dia
(dokter kandungan) menemukan benjolan di payudara saya. Lagi lagi saya lakukan operasi dan lagi-lagi tumor jinak.

Pada tahun 2000, kelenjar saya membengkak dan gusi saya meradang. Karena saya berpikir saya mengalami infeksi gigi, saya pergi ke dokter gigi yang
mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan gigi saya. Setelah makan sejumlah obat antibiotik, bengkaknya tidak kempes.

Pada saat ini saya meraskan adanya satu benjolan kecil pada leher bagian kanan saya. Saya ceritakan pada Ibu saya bahwa saya ada masalah dengan
amandel saya. Dia menganggap saya mengada ada karena keluarga kami tidak ada yang amandelnya ada masalah.. Sewaktu benjolan tersebut makin besar saya
menemui seorang spesialis yang mendinogsa benjolan tersebut sebagai Papillary Thyroid Carcinoma. Setelah beberapa test, ternyata itu adalah
kanker.

Saya dan tunangan saya sangat terkejut. Kami tidak siap dan saya sangat takut. Segera kami menjadwalkan operasi. Dokter spesialis tersebut
mengatakan bahwa hanya setelah operasi ahli patology baru dapat menetapkan apakah itu kangker atau bukan. Mereka menemukan sebuah tumor
di sebelah kanan bagian belakang amandel saya yang terdiri dari sel yang tak beraturan dan juga sebuah tumor lain di sebelah kiri sehingga seluruh
amandel (tonsil) diangkat. Mereka mengatakan bahwa setelah mengalami iodine radioaktif saya akan selamat dan berumur panjang.

Setelah pengobatan, saya mulai mencari apa penyebab semua ini. Tidak pernah sedikitpun terbersit dalam otak saya penyebab semua ini adalah sari
kedelai yang saya konsumsi selama hampir 10 tahun. Lagi pula, sari kedelai itu sehat. Saya secara tak sengaja menemukan
website yang menghubungkan antara amandel dan konsumsi sari kedelai dan persekongkolan yang memasarkan sari kedelai sebagai makanan sehat, yang
mana sebenarnya tidak lain adalah sisa olahan beracun dari industry minyak sayur. Ini benar benar gila.

Tidak ada majalah kesehatan dan kebugaran yang mengatakan bahwa soya itu berbahaya. Saya mengunjungi herbalist yang didianogsa mengalami kanker
amandel di tahun 1985. Dia mengatakan bahwa soya adalah penyebab semua itu. Dia mengalami pengangkatan kandungan karena adanya kista dan
masalah kandungan yang lain.

Beberapa bulan kemudian rekan yang lain yang juga mengkonsumsi soya mengalami kanker amandel.
Seorang gadis di Inggris yang saya jumpai melalui internet dalam suatu forum kanker amandel juga baru saja mengalami operasi dan dia baru berumur 19
 tahun. Apa yang terjadi?

Kanker payudara dihubungkan dengan estrogen. Yang berfungsi seolah-olah estrogen adalah SOYA. Tetapi saya tidak pernah mencurigai soya
sebagai penyebab karena sampai sekarang saya tidak pernah menemui artikel  yang menyatakan soya bisa berbahaya..Para wanita yang mengkonsumsi soya
 sebelum mengalami masalah tonsil akan terus mengkonsumsinya setelah itu  apabila mereka tidak sadar apa yang dapat disebabkan soya, apa aja
 kandungan soya dan bagaimana reaksinya terhadap tubuh wanita.

Menurut saya ini adalah salah satu alasan mengapa wanita yang mengalami kanker amandel akan mengalami kanker payudara juga nantinya. Teman sekerja
saya yang pencinta berat soya rambutnya mulai rontok dan menjadi gemuk meskipun dia terus olahraga selama jam istirahat dan setelah jam kerja,
dan hanya makan apel dan jeruk untuk makan siang. Dia baru saja mengangkat kista dalam kandungannya. Saya memperingati dia supaya berhenti minum soya
dan mennghubungkannya dengan websites tetapi sampai masalah ini masuk berita malam di 4 station TV, wanita akan tetap menderita. Semenjak adanya
masalah dengan tonsil saya, selama 2 tahun terakhir ini saya tidak pernah menyentuh soya.

Hai para pembaca, mohon gunakan cerita saya ini sedapat mungkin untuk memperingati para wanita muda yang berpikir bahwa mereka akan lebih sehat
dan awet muda dengan mengkonsumsi soya. Sangat tidak fair apabila informasi mengenai bahaya soya tidak disebarkan. Banyak mereka disana
yang mengalami hal ini dan adalah pukulan yang berat apabila anda mengetahui bahwa anda tak sesehat yang anda kira dan informasi yang anda
harapkan adalah salah !

   
11-08-2008 14:40:23 Chicco Car Seat
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear mbak rindya, Bisa dilihat di http://www.chicco.co.id/chicco/product/frontDetail.do?productId=257&productTypeId=2&productCategoryId=53&caller=/product/search.do Auto fix plus adalah car seat untuk anak yg baru lahir sampai dgn berat 13 kg. Kerangka dapat dipasang didalam mobil dan ditinggalkan di tempat duduk ,dalam keadaan ini anda dapat memasang atau memindahkan car seat dari kerangkanya dgn mudah. Dilengkapi kanopi. Sandaran punggung mempunyai lapisan dalam terbuat dari poly stryene lembut yg dapat meredam guncangan Memiliki 3 titik pengaman yg dapat disesuikan secara serentak melalui alat pusat. Silakan call ke 0815 1300 3511 ya Bisa di nego deh... :D
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
dear dokter
dok saya mw tanya.......anak saya umur 5 bulan trus ajha muntah kalo di kasi susu formula......anak saya gk pake asi karna gk keluar jd saya kasi susu formula.....waktu umur 3 bulan anak saya sedikit sekali minum susu jd saya sangat khawatir ....sampe umr 4 bulan anak sy seperti itu sampe berat badannya gk naik naik.....terpaksa saya kasi buah pisang di kerok campur susu kayak bubur setelah dia mau makan anak saya berat badannya naik.....tp susu formula sedikit sekali minumnya sampai2 udah gonta ganti susu...sama ajha hasilnya.....setiap batuk muntah.....saya khawatir nanti dia kurang gizi.....
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
dear dokter
dok saya mw tanya.......anak saya umur 5 bulan trus ajha muntah kalo di kasi susu formula......anak saya gk pake asi karna gk keluar jd saya kasi susu formula.....waktu umur 3 bulan anak saya sedikit sekali minum susu jd saya sangat khawatir ....sampe umr 4 bulan anak sy seperti itu sampe berat badannya gk naik naik.....terpaksa saya kasi buah pisang di kerok campur susu kayak bubur setelah dia mau makan anak saya berat badannya naik.....tp susu formula sedikit sekali minumnya sampai2 udah gonta ganti susu...sama ajha hasilnya.....setiap batuk muntah.....saya khawatir nanti dia kurang gizi.....