SITE STATUS
Jumlah Member :
492.580 member
user online :
1140 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah saat hamil suami minum payudara istri

New Topic :  
26-11-2010 09:18:08 mitos vs fakta
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
Mitos dan Fakta Tentang Ngidam
Author: meillyssa chandra hutabarat on 4.9.09

Ngidam adalah perilaku khas perempuan hamil yg mengingkan makanan/sifat tertentu terutama di awal kehamilannya. Keinginan ini sangat kuat dan (katanya) hampir tak terbendung sehingga meski sangat aneh dan sulit dipenuhi,suami akan berusaha keras memenuhinya.

Faktanya secara psikologis,diduga kuat ngidam hanyalah peristiwa psikologis. Kehamilan adalah kesempatan ibu utk bermanja kpd suami,perubahan psikis yg diakibatkan oleh perubahan hormon. Saat hamil,suami ingin menunjukkan jiwa perjuangannya kpd istri sehingga apapun permintaan istri akan dipenuhi. Kondisi ibu hamil pertama jika asupan gizi sebelum hingga awal kehamilan kurang bagus memang menyebabkan ia "kalah" dgn perubahan sistem hormon dalam tubuhnya. Kekalahan ini menjadikan ibu kepayahan,nafsu makan menurun drastis,dan ketergantungan. Hal ini diperparah dgn sering muntah sehingga tak satupun makanan masuk perut. Maka utk sekedar mengisi lambung,ia akan membayangkan makanan aneh yg menurutnya paling nikmat. Tetapi begitu makanan diberikan,ibu tak akan menghabiskannya karena secara biologis memang tidak butuh. Yg dibutuhkan adalah makanan tinggi kalori dan protein.


Meskipun ngidam dianggap peristiwa psikologis,hal inipun tidak serta merta boleh dibiarkan. Sebisa mungkin dihindari karena saat awal kehamilan adalah saat utk istri dan suami harus sama2 berjuang,berpikir rasional dan terencana.

Secara medis-biologis,sebagian dokter,dietesien (ahli gizi),dan literatur yg saya baca tidak membenarkan adanya ngidam. Di awal kehamilan,memang ibu butuh asupan makanan lebih banyak,terutama kehamilan dgn gejala emesis (muntah2). Yg dibutuhkan adalah makanan dgn gizi tinggi dan terukur. Tetapi,ketika ngidam,makanan yg diinginkan justru yg kurang bergizi (mangga mentah,kedondong,kulit melinjo,bau2an,dan sebagainya),itupun tidak dihabiskan jika disodorkan. Ngidam bukannya menambah gizi,justru dapat mengacaukan asupan makan ibu yg berujung pd menurunnya kualitas pertumbuhan janin.

Ada tulisan yg memperkirakan bahwa ngidam sebagai peristiwa kekurangan akan unsur tertentu dalam tubuh sehingga ibu akan selalu ingin memakan makanan yg mengandung unsur yg dibutuhkan tersebut. Misalnya,seorang ibu yg ngidam wortel dan di dalam wortel terkandung vitamin A. Ini menunjukkan bahwa ibu sedang kekurangan vitamin A karena ia harus berbagi vitamin A dgn janinnya butuh utk pertumbuhan mata. Keinginan utk selalu makan wortel ini muncul secara alami karena ibu memang "haus" vitamin A. Namun,pernyataan tersebut banyak mendapat bantahan.

Zat yg kritis kebutuhannya selama masa kehamilan diantaranya adalah Fe (zat besi) dan folat,sedangkan makanan yg mengandung Fe dan folat adalah sayuran hijau. Kalau begitu,mengapa tak pernah kita dengar seorang ibu hamil yg ngidam bayam ? 1 dari 100 ibu hamil beresiko kekurangan Yodium karena janin (pd trimester pertama) tidak bisa mendapatkan Yodium dari kelenjar tiroidnya sendiri. Maka ia pun mengambil Yodium dari kelenjar tiroid ibunya sehingga ibunya "haus" Yodium. Yodium terdapat dalam ikan,mengapa tidak pernah kita dengar ibu ngidam ikan ?

Jadi para ilmuwan sepakat bahwa ngidam dapat mengacaukan asupan gizi ibu yg akhirnya dapat memperburuk kondisi janin.

Secara aqidah,ngidam hampir tidak tersentuh. Namun,perilaku ini tidak banyak manfaatnya bahkan bernilai mudharat. Rasulullah menyuruh kita bersifat wajar dan meninggalkan perilaku yg mudharat. Kriteria halal dan thoyyib (bergizi) tetap menjadi ketentuan dalam konsumsi sehat seorang muslim.

Kesimpulannya,ngidam cenderung merupakan peristiwa psikologis,bukan biologis. Ibu yg kurang siap hamil lebih rentan utk ngidam. Seorang ibu yg tidak berpikiran ngidam,asupan gizi sebelum hamil bagus atau mentalnya tertata insya Alloh tidak akan ngidam dalam setiap kehamilannya. Seorang ibu hamil yg terlanjur berkeinginan kuat utk ngidam pun sesungguhnya dapat ditahan. Cobalah Anda buktikan sendiri.
^_~

   


31-12-2016 20:01:08 makanan saat hamil
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
dok bolehkah saat hamil muda makan buah salak yang belum matang dgn sempurna
   
Jumlah Posts : 88
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda akhwat putri @ maaf bun bukannya lancang... suami minum asi istri itu dosa bun... apalagi lgsung dr nenen nya.. kecuali gak ada asi itu hiasan wkkwkw... tp bnr loh bun... ibu sm ibu mertua ku bilang itu gak boleh dosa katanya... logika nya aja anak org lain yg asi sm kita aja gak boleh nikah sm anak kandung kita..
   


01-04-2016 13:16:38 Bolehkah?
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Bolehkah saat hamil makan saos sambal indofood?
   
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
nyeri leher saat hamil bila minum es
   


Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like
nyeri leher saat hamil jika minum es
   
28-10-2015 04:44:46 jeruk nipis
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bolehkah ibu hamil sering minum jeruk nipis+air hangat?? karena dirasa bisa mengurangi mual yg di rasa
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

oh gitu ya bunda elvira. trims yah infonya. oh ya soal camilan sehat, ada yang punya resep juga gak? ayo dibagi disini yah. kalau aq ada nih. bisa dicoba di rumah. dari oatmeal bahannya

Bahan I : 
150 g gula palem
120 ml madu
100 g mentega tawar

Bahan II, aduk: 
100g kismis, cincang kasar 
100g sultana, cincang 
100g oatmeal
100g almond utuh, panggang
100g wijen putih, sangrai
80g kelapa parut kering 2)
50g sereal beras (rice krispies)

Cara membuat:
• Panaskan bahan I di atas api kecil hingga mentega meleleh. Angkat, aduk ke dalam bahan II. 
• Tuang ke dalam loyang persegi ukuran 20x 20x5 cm yang sudah dialasi plastik. Ratakan. Dinginkan di lemari es hingga padat. 
• Keluarkan. Potong-potong sesuai selera. Sajikan.

Oatmeal bar bisa jadi camilan di sore hari, pas tea time bareng suami, bunda minum susu ibu hamil, suami minum teh / kopi, kan hubungan jadi makin intim tuh.

   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : belum ada like
arin,insyaallah aman asal jgn minum obt kalsium lg. kar kl kebanyakan gpp sih cm kebuang aja nt nya. kl flu saat hamil bnykin minum/mkn jeruk aja n tambah cdr sehari gpp ko. Dr jg gak ngelarang ada yg menganjurkan ada jg yg tdk tp gak ngelarang.
   
04-06-2012 16:48:24 Fitur Baru! "Tanya Dokter"
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
 dok..mau tanya ni..ada pengaruhnya gak y?saat hamil gak minum vitamin tapi susu tetep minum..sekarang usia kndungan udah 7 bulan...
   
15-02-2012 16:00:39 hamil pelihara kelinci
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
apa boleh saat hamil memelihara kelinci, soalnya istri saya baru hamil 4bln dan memelihara kelinci  
   
15-02-2012 15:57:57 Boleh ga hamil makan nanas?
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
apa boleh saat hamil memelihara kelinci, soalnya istri saya baru hamil 4bln dan memelihara kelinci 
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : 2
hy bunda,..salam kenal nih..
klo menurut sy sihh boleh2 saja asalkan kehamilan bunda normal ,. kecuali bagi yg hamil dgn plasenta previa..coba deh bunda search di google..banyak tuh infonya..
yang penting saat berhub** bunda tidak merasakan sakit ya..trus frekuensinya di kurangi..jgn sering juga..
mungkin bunda bisa baca nih :

BOLEH TETAP BERINTIM-INTIM SELAMA HAMIL ?

Banyak yang bilang, tak boleh berintim-intim saat hamil. Ternyata jika dilakukan sesuai kondisi dan posisi tepat, boleh-boleh saja, kok.

Bolehkah wanita yang sedang hamil melakukan hubungan seksual? Pertanyaan ini sering menghantui pasangan suami-istri. Bahkan, tak jarang pasangan tak melakukan hubungan seksual selama istri hamil karena rasa takut yang sebetulnya tak beralasan.

Menurut ahli andrologi dan seksologi, Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, hubungan seksual selama hamil tetap boleh dilakukan. "Tapi, pada tiga bulan pertama kehamilan, sebaiknya frekuensi hubungan seksual tak dilakukan sesering seperti biasanya," ujar peneliti di bidang reproduksi dan seksualitas manusia ini. Pasalnya, jika hubungan seksual dipaksakan pada masa tiga bulan pertama usia kehamilan, dikhawatirkan bisa terjadi keguguran spontan.

Selain tiga bulan pertama kehamilan, pasangan sebaiknya juga lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seksual pada saat tiga bulan menjelang waktu melahirkan. Sebab, menurut Wimpie, dikhawatirkan terjadi kelahiran dini.

HATI-HATI KEGUGURAN

Memang, lanjut Wimpie lebih jauh, keguguran bisa disebabkan banyak hal. Misal, karena trauma pada perut, penyakit, atau karena hal-hal ringan seperti nutrisi yang kurang bagus. Selain itu, keguguran juga bisa terjadi akibat kekejangan otot rahim. Nah, kekejangan otot rahim bisa terjadi karena benturan, misalnya karena jatuh. Di sisi lain, kekejangan otot rahim juga bisa terjadi karena hubungan seksual.

Kok, bisa? "Pada saat wanita mencapai orgasme, terjadi kekejangan pada otot seluruh tubuh, termasuk otot rahim. Nah, kekejangan otot rahim yang terlalu kuat inilah yang bisa mengakibatkan keguguran. Tak jarang, wanita yang tengah hamil mengalami perdarahan setelah berhubungan badan," jelas Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali ini.

Lebih jauh dijelaskan Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG dari RSPAD Gatot Subroto, "Di dalam pembuluh rahim terdapat pembuluh darah yang masuk ke ari-ari. Pembuluh darah inilah yang menyuplai oksigen ke bayi. Nah, pada saat wanita orgasme, pembuluh darah ini terjepit. Akibatnya, dikhawatirkan suplai oksigen ke bayi akan terhambat." Tapi, lanjutnya, selama kontraksi yang terjadi tak berkepanjangan, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Karena itulah, wanita yang pernah mengalami keguguran juga disarankan untuk lebih hati-hati melakukan hubungan seksual saat hamil. "Bahkan, kalau mungkin dihindari," saran Wimpie.

GAIRAH MENINGKAT

Yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami-istri ialah hubungan seksual tak bisa dilakukan hanya demi kepentingan salah satu pihak. Entah itu pihak suami maupun pihak istri semata. Dengan begitu, penting bagi pasangan untuk mengatur kapan saat berhubungan seksual. Dengan kata lain, disesuaikan kondisi pasangan.

Saat istri hamil, tentu yang lebih dipikirkan adalah kondisi pihak wanita. Pria harus menyadari, wanita juga memiliki dorongan seksual. Suami juga sebaiknya tahu, saat hamil, wanita merasakan beban. Beban ini bisa mengakibatkan dua hal. Mungkin saja beban itu bisa mengurangi dorongan seksual atau justru malah meningkatkan dorongan seksualnya.

Biasanya, saat hamil muda, sebagian wanita akan kehilangan dorongan seksualnya. Khususnya bagi wanita yang selama hamil muda mengalami efek samping kehamilan, seperti muntah-muntah berlebihan, tak ada nafsu makan atau tekanan darah yang meningkat. Nah, biasanya dalam kondisi seperti itu, dorongan seksual wanita akan terhambat.

Tapi, pada sebagian wanita yang lain, dorongan seksualnya justru meningkat saat usia kehamilan muda. Ini biasanya dialami wanita yang tetap sehat dan tak mengalami efek kehamilan seperti yang dialami sebagian wanita hamil lain.

Selama kondisi mereka sehat, tak mengalami muntah-muntah, nafsu makan baik, dan tekanan darahnya normal, dorongan seks wanita hamil biasanya akan tetap atau bahkan meningkat. Peningkatan dorongan seksual ini terjadi karena aliran darah ke vagina semakin banyak, sehingga wanita merasakan kehangatan di vaginanya.

HAMIL TUA

Saat usia kehamilan mendekati waktu melahirkan, pada umumnya dorongan seksual wanita akan hilang. Pasalnya, saat itu sudah mulai timbul rasa sakit di rahim, serta semakin besarnya beban yang dipikul karena kehamilan yang semakin besar.

Pada situasi seperti ini, suami seharusnya bisa memperhitungkan antara dorongan seksualnya dan dorongan seksual istri. Termasuk mempertimbangkan kondisi kesehatan istri. Jika gangguan masih terjadi pada istri, suami harus harus bisa mengendalikan dorongan seksualnya untuk tak melakukan hubungan seksual.

Sebagaimana istri tak menuntut melakukan hubungan seksual karena kondisinya, maka suami pun harus juga bisa mengerti masalah yang dihadapi istrinya.

Salah satu cara mengurangi risiko yang mungkin timbul ialah mengurangi frekwensi hubungan seksual. Atau dalam keadaan betul-betul diperlukan, wanita tidak orgasme, meski menyiksa.

POSISI

Faktor lain yang juga patut mendapat perhatian, saran Wimpie, adalah perlunya mengatur posisi hubungan. Apalagi jika wanita sedang dalam kondisi hamil tua. Perut yang semakin membuncit tentu tak bisa lagi memberi keleluasaan bagi wanita untuk melakukan hubungan seksual dalam berbagai posisi.

Dalam keadaan hamil muda, semua posisi mungkin masih bisa dilakukan, meski tentu tetap perlu diatur. Pasalnya, meski kandungan belum terlalu besar, tapi bagi sebagian wanita tetap menjadi hambatan.

Saat usia kehamilan sudah di atas tujuh bulan, biasanya sudah muncul hambatan karena rahim yang sudah membesar. Jika segala posisi dipaksakan, tentu akan membebani pihak istri. Karena itu, menurut Wimpie, dalam keadaan hamil besar, sebaiknya hubungan dilakukan dengan pria pada posisi di belakang wanita.

Hubungan dilakukan sambil berbaring miring menghadap satu arah. "Selain lebih mengurangi ketidaknyamanan pada wanita, posisi ini juga bisa mengurangi tekanan pada dinding rahim," terang pembicara dalam berbagai seminar ini. Yang jadi masalah, tak selalu mudah melakukan penetrasi dari belakang.

Bagaimana dengan posisi lain? Bisa-bisa saja dicoba tapi kemungkinan besar akan membebani pihak wanita. Misal, hubungan dilakukan sambil duduk dan wanita berada di atas pria. Tapi, wanita bisa terlalu payah jika memaksakan diri melakukan hubungan seksual dengan posisi ini.

KEPENTINGAN BERSAMA

Frekuensi hubungan seksual juga sangat tergantung pada kondisi wanita. Banyak sekali wanita yang sedang hamil tua merasa capek karena beban yang lebih berat dibandingkan saat usia kehamilannya masih muda.

Ada sebagian orang berteori, hubungan seks pada usia kehamilan tua akan mempermudah kelahiran karena pada saat itu terjadi kekejangan pada otot rahim. Yang terjadi ialah, pria mengalami ejakulasi dan sperma masuk ke vagina. Di dalam sperma terdapat prostaglandin, yakni hormon yang bisa menimbulkan kontraksi. "Bagian dari prostaglandin ini memang bisa menyebabkan kekejangan otot rahim, meski konsentrasinya tak cukup besar untuk menimbulkan kekejangan. Justru kekejangan lebih sering dan lebih kuat karena orgasme," papar Wimpie.

Jadi, selama tak menjadi beban bagi istri, hubungan intim selama hamil tak jadi masalah. Lain hal jika istri kehilangan dorongan seksual dan hanya melakukan hubungan seksual demi memuaskan suami, bisa-bisa hanya akan menjadi beban baginya.

Intinya, hubungan seksual yang baik adalah hubungan yang dilakukan untuk kepentingan bersama antara suami dan istri. Karena bagaimana pun, hubungan seksual yang baik merupakan bentuk hubungan komunikasi yang paling dalam antara pasangan suami istri.

Hasto Prianggoro.Ilustrasi:Pugoeh(nakita)
 

Posisi Hubungan Seks Selama Hamil

Pada prinsipnya, seperti dikatakan Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG, wanita hamil boleh melakukan hubungan seks selama perutnya tak tertindih saat berhubungan dan ia bisa menikmati hubungan. Juga, Jangan sampai penis menekan mulut rahim. Karena itu sebaiknya dipilih posisi yang paling tidak menekan. Posisi hubungan seks yang disarankan untuk wanita hamil antara lain:
* Pria di atas tapi ia miring ke salah satu sisi atau bertahan dengan lengan, agar berat badannya tak menekan wanita.
* Wanita di atas tapi hindari penetrasi yang dalam.
* Pria duduk di kursi atau tempat tidur dan wanita berada di atasnya. Selain tak membebani kehamilan, posisi ini juga memudahkan wanita mengatur irama hubungan sekaligus mengurangi tekanan di dinding rahim.
* Pria-wanita berbaring menghadap satu arah dengan posisi wanita di depan pria. Penetrasi dilakukan pria dari belakang.
* Wanita dalam posisi lutut-siku (menungging). Penetrasi dilakukan pria dari belakang.
 

Hasto

Kapan Sebaiknya Membatasi Hubungan Seks ?

* Setiap kali terjadi perdarahan yang tak diketahui sebabnya.
* Selama trimester pertama, bila wanita punya riwayat keguguran atau ancaman keguguran atau menunjukkan tanda-tanda ancaman keguguran.
* Selama 8-12 minggu terakhir, bila wanita punya riwayat keguguran atau ancaman keguguran atau menunjukkan tanda-tanda ancaman keguguran.
* Bila membran amnion (selaput ketuban) pecah.
* Bila terjadi plasenta previa (plasenta terletak di dekat atau di atas leher rahim), sehingga dapat keluar terlalu dini pada hubungan seksual, menyebabkan perdarahan dan mengancam ibu serta janinnya.
*Selama trimester akhir pada kehamilan kembar.

okeyy bunda..Happy pergnant ya ^_^
   
11-11-2011 09:05:22 pengen cepet hamil..
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like

Kenali 15 Tanda Kehamilan

Lifestyle + / Senin, 26 Juli 2010 11:17 WIB BANYAK perempuan yang merasa bingung apakah dirinya sudah hamil atau belum setelah sepekan atau dua pekan melakukan hubungan intim dengan pasangan. Apakah Anda termasuk di antaranya?

Berikut adalah 15 tanda-tanda kehamilan pada diri Anda:

1. Payudara terasa sakit atau nyeri
Menggunakan bra setelah bangun pagi akan menjadikan derita tersendiri. Payudara juga akan terasa sakit dan nyeri saat dipegang. Payudara akan membesar, hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron. Dalam hal ini, disarankan wanita hamil menggunakan bra yang nyaman atau berukuran lebih besar pada saat tidur yang dimaksudkan untuk memberi kenyamanan bergerak.

2. Rasa lelah yang berlebih
Rasa lelah yang berlebih akan membuat Anda cepat tertidur. Hal ini disebabkan dari perubahan hormon dan juga akibat dari kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Biasanya rasa lelah ini hanya pada trimester pertama dan akan hilang saat memasuki trimester kedua.
3. Mual
Ini merupakan tanda-tanda yang paling dikenal oleh para wanita hamil. Pemicunya adalah adanya peningkatan hormon secara tiba-tiba pada aliran darah. Gejala mual ini biasanya terjadi selama enam minggu saat anda dinyatakan hamil. Biasanya mual akan datang pada pagi, siang dan malam hari. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasi mengenai hal ini ke dokter Anda, karena akan mengganggu kehamilan.

4. Sering buang air kecil
Jika Anda tidak bisa tidur akibat seringnya bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, mungkin ini adalah tanda anda sudah hamil. Selama kehamilan, tubuh Anda memproduksi cairan tambahan untuk janin anda. Walaupun buang air kecil ini sering, jangan sampai membatasinya atau menahannya. Selain itu hindarkan dehidrasi dengan lebih meningkatkan asupan cairan ke dalam tubuh.

5. Sakit kepala
Memang terdengar aneh, karena sakit kepala sering dialami juga oleh orang yang tidak hamil. Namun akibat dari banyaknya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga disertai juga dengan perubahan hormon yang ada di kepala. Jika Anda terbukti hamil dan mengalami sakit kepala, gunakan pg-safe acetaminophen dibandingkan dengan ibuprofen.

6. Sakit punggung
Sakit punggung yang dirasakan saat hamil dikarenakan beberapa ligamen di punggung Anda sudah tidak ada. Sakit ini akan terus berasa saat berat badan anda bertambah dan selama masa kehamilan.
7. Kram
Apakah ini PMS atau hamil. Memang kram akan dialami oleh wanita hamil karena rahim yang akan membesar dan merenggang untuk menyiapkan tempat bagi bayi Anda.

8. Ngidam
Sudah tidak asing lagi mendengar kata ini saat ada seseorang yang sedang hamil. Mau ini, mau itu lalu tiba-tiba Anda ingin makan buah-buahan yang rasanya asam, padahal sebelumnya sangat benci terhadap buah yang rasanya asam. Jika Anda menjadi pemerhati masalah makanan, mungkin ini adalah tanda-tanda sedang hamil.

9. Sembelit
Sembelit ini terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

10. Moody
Sering marah-marah pada suami, cepat mengalami perubahan pada tingkah laku. Hal ini disebabkan dari banyak munculnya hormon-hormon baru di tubuh Anda. Yakinkan pada suami Anda bahwa ini hanya terjadi selama masa kehamilan.

11. Peningkatan temperatur tubuh
Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

12. Bau Badan
Mungkin tanda ini jarang ditemui pada wanita hamil. Namun jika memang muncul bau badan, maka adanya peningkatan hormon yang berlebih sehingga menyebabkan kelenjar keringat meningkat.
13. Pusing atau pingsan
Mungkin Anda sering menonton adegan wanita hamil yang pingsan. Namun faktanya ini dapat terjadi karena kadar jumlah gula di tubuh yang rendah. Oleh karena itu, pastikan anda cukup makan dan tentunya banyak minum supaya tidak kekurangan cairan tubuh.

14. Munculnya bercak darah
Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi atau menempelnya embrio.

15. Hasil positif pada tes kehamilan
Anda tidak akan tahu pasti apakah anda menjadi seorang ibu sampai anda melakukan tes kehamilan. Jika Anda mendapatkan hasil negatif dan masih belum mendapatkan haid, mungkin itu hanya saja anda terlalu dini untuk melakukan tes kehamilan.

di ambil dr www.metrotvnews.com
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
hellow para bundaaa ... aku hadir lagiiiii ... :D
sorry, kmrn2 suami cuti, tp kita jadi tukang di rumah (lagi renovasi soalx .. hehe..)

bunda ari : gusi bengkak dan sakit itu normal ya ?? ...
soalx pengalaman iparku dulu, dia mengalami sakit gigi (nth apa penyebabx ... aku lupa), tapi dokter gigi malah suruh nahan sampe dia melahirkan. karena mereka tidak berani menanggung resiko utk ibu hamil. itu sebabx, 2-3 bln belakangan ini aku rajin ke dokter gigi hanya utk bersihkan kerak gigi dan tambal ... :D
bukannya kenapa kenapa ... karena aku ga mau kejadian spt iparku .. (nahan sakit smpe melahirkan booo ...) dan juga kl kita menjaga kesehatan di dlm mulut, itu jg penting .. karena semua masuk dari mulut ... kalo ga bersih kan bnyk bakteri ... dan bakteri itu bisa saja masuk melalui air ludah dll ...... tp aku bilang ke dokter gigiku... kalo aku sedang hamil. jadi dia kasih perlindungan di badanku,... (utk si bayi) kl pas gigiku mau di laser (x ray ... kali ya ??) tp blm di tambal skrg ... :( masih nunggu 2 mggu lagiiii ... hikks :((

chinta shintaaa : hhmmm ... dikau bun, teteeep aja males makan !!.. udh nyobain makan cereal ga ? atau minum yoghurt ? atau susu kedelai  (ga ush bnyk2 ... 1x aja/hari) atau minum kacang ijo, pake susu ....
padahal enak loh kalian di sana ada produk yg jual susu hamil, trus makanan sayur2an bergizi serta ikan2an tinggal pilih. Tinggal kitanya aja yg jangan manjain, kudu lawan rasa ga bisa makan dll, krn di sana produk memadai. 
lah ... di sini mana ada yg jual produk susu hamil. untung aku punya temen yg baru pulang dr indo, tp borong susu hamil banyak ... krn saat hamil muda dia di indo. nah skrg usia kehamilanx 6 bln dia udh ga butuh susu itu lagi ... lumayan booo ... masih 1 toples full (kira2 mgkn 6 kotak susu hamil), kebetulan merkx sama dgn yg wktu itu aku beli ... tp dulu sayangnya aku belinya cuma 1 kotak doang ... heheee.. untungx kita berdua ga ada yg mabok berlebihan ... (smpe muntah segala ... hehee)  udah gitu di sini mana ada yg jual sayur bening (itu bagus utk asam folat), atau ikan2an ... di sini ikan hargax selangit buuu .... trus di siniiii ... kalo mau USG tunggu 3 bln pertama. ga spt di indo, biar baru 3-4 minggu bisa di usg .... bener loh bunn ....

babyplusindonesia : kalo aku morning sickx (ga mroning sick sih ... cuma sedikit mual, dan mengganggu perut) selalu sebelum bobo malam. hahahahaaaaaa... aneh kan ? hehehe ... kalo siang2 gini sampe malam mah, gak masalah, paling laper ... hahaha..
tapi bener, selama ini aku jg kudu motivasiin dan ttp semangat! ... however, aku juga dulu pernah memiliki pengalaman di "kuret" di usia 7w (sm spt usia skrg ini ...) tp aku selalu berharap dan berpositive thinking ... agar hal tsb ga akan terjadi lagi. yg skrg ini akan terus sampe titik darah penghabisan di saat melahirkan nanti ... amiiinn. hehehee ...

sedikit info dr saya ya ...
kmrn saya ke dokter kandungan, saya infoin bahwa saya hamil. akhirnya dokter kasih bnyk sekali catatan ttg apa yg harus saya lakukan di laboratory. hahahaa ... intinya sih cuma 1, cuma periksa darah saja ... tapi terbagi menjadi 7-8 botol. hahaha.. utk di cek apa kah darahku baik2 saja, atau ada penyakit dll ...
trus saya hrs buat janji temu dng rumah sakit utk di USG tp nanti, tunggu udh 3 bln. jadi ... 1 bln dr skrg saya baru bisa melihat janin saya untuk pertama kalinya. tepatx tgl 23 april nantiiii ... (hikks .. masih lama yaaa ?? ... :(   )

ohya, mengenai perkembangan kehamilan ... perut saya rada membesar, payudara juga donkkk ... (yeahh !! i love it ... hehee) trus anehnya ... kalo saya buka BH, kl di perhatiin ada putih2 .. spt air susu .. di pentil payudara saya ... tp hbs itu dlm wkt hitungan beberapa detik, hilang ... apa terserap kembali atau terkena udara ... tp ga mengering di tempat. smlm begitu aku liat hal tsb lagi, aku coba mengabadikanx melalui foto, baru bergegas utk ambil kamera (hp) ...kembali ke kaca, eh susunya udh menghilang .... apakah yg lain jg pnya pengalaman yg sama spt sya ??

info2 ya para bundaaaa .....

*conny*