SITE STATUS
Jumlah Member :
481.915 member
user online :
2605 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah rebonding saat nifas

New Topic :  
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
sy dulu pke kb suntik 3 bulan dan belum pernah haid sampai 1,5 th,, trs sy lgsg ganti ke pil kb 3 hari sblum tgl suntik..bsok minum pil plasebo tp belum ada tnda2 mo haid,,bolehkah berhubungan saat minum pil plasebo?krna memang sy belum dpt haid
   


Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : belum ada like
saya anak pertama kmrn , habis melahirkan sc jg trus saat kontrol seminggu kemudian kebutulan jg ingin kb langsung sm dokternya disarankan pasang langsung saat itu jg saat nifas . gpp kok bun
   
Jumlah Posts : 3469
Jumlah di-Like : belum ada like
darah bau tergantung ibunya katay jorok apaa ga selamaa hamilnya:)
aku makan telor,jengkol sm pete alhamdulillah darahku abis lahiran atw saat nifas g bau sma skalii soalnya sebelum hamil suka konsumsi jamu kunyit asem:)
   


12-03-2015 19:32:23 Pengalaman nifas
Jumlah Posts : 245
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda klo lg nifas drah ptih g perlu pke pembalut ya atau pke pantliners z.
Trimaksih y para bunda infonya sangt membantu buat ibu pemula kyk saya.
Ada tips buat membersihkan organ intim saat nifas gak...??kan kondisi basah trs.atau ada pembalut khusus gt.atau pakai yg biasa aza.
Pakai albotil itu boleh g yaa buat bersihin V nya...???
   
12-09-2014 01:53:19 Nyeri pada perut bagian bawah
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Dok q mau nayak q hamil uda dapat 2 minggu, stiap berhubungan kok keluar warna ke coklat"an dan 2x berhubungan klr tys tp yang ke 3 gak keluar apa ada masalah dengan janinku dok? bolehkah di saat hamil muda berhubangan?
   


26-08-2014 11:46:06 gatal pada miss v saat nifas
Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tnya donk bun,apa ya obatnya buat ngilanggin rassa gatal di miss v saat nifas?.
soalna rasa gatalnya menganggu bngt bun...nifas dah jalan 3minggu
   
24-07-2014 14:53:35 perkenalan
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenalan juga bunda.. ada ngak si yg prnah/ berpengalaman tentang luruskan (rebonding) saat hamil?? kongsi sja.. ingin tahu.. tq
   
Jumlah Posts : 1722
Jumlah di-Like : 25
Dear dr.Tanti
Dok, mohon penjelasan mengapa setelah nifas selama 38 hari, saya mengeluarkan darah kembali seperti darah haid. Apakah itu benar2 haid atau masih nifas? mengingat saat nifas darah yang keluar tidak sebanyak darah saat haid. Setelah melahirkan, saya langsung disuntik KB 3 bulan dan saya menyusui secara rutin.
Terima kasih

Ayu


Dari : ayu indah

Jawaban:

Dear Bunda,

Menstruasi setelah masa nifas sebenarnya dapat terjadi kapan saja bervariasi dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Ada yang mengalami segera pada bulan berikutnya setelah masa nifas, atau pun lebih lama dari itu.
Pemberian ASI secara eksklusif dan kontinyu setelah melahirkan dapat memberikan efek kontrasepsi dan mencegah kehamilan, namun efek lain yang akan ditimbulkan adalah terganggunya siklus menstruasi yang dapat berupa keluarnya flek-flek berkepanjangan ataupun tidak adanya menstruasi sama sekali. Efek-efek ini juga dapat ditimbulkan oleh kontrasepsi KB suntik 3 bulan.
Apabila nantinya bunda mengalami flek yang berkepanjangan ataupun tidak menstruasi sama sekali maka hal yang bunda alami dapat disebabkan oleh keadaan-keadaan tersebut. Namun ada baiknya bagi bunda untuk melakukan pemeriksaan kepada bidan atau dokter bunda untuk mengetahui lebih jelas lagi.
Demikian jawaban saya semoga dapat membantu.
   
09-11-2009 11:51:21 Persiapan Melahirkan
Jumlah Posts : 64
Jumlah di-Like : 2
masya alloh, dah mo lahiran blm beli apa2????
bunda tanya dong sm ibunya ato ibu mertua. sama temen yg dah punya anak jg boleh.
menurut pengalaman pertamaku, aku mulai tny2 apa aja yr hrs disiapin sejak khamilanku masuk 5 bln. trs aku muali nyicil beli, waktu dah masuk 7 bulan. makin besar khamilan, makin susah jalan2nya, cepet cape. tp alhamdulillah, suamiku terus nemenin aku belanja. kadang aku nitip sama mamaku.
maaf ya..., bukannya marahin bunda, cuma ini jd masukan aja buat bunda2 yg lain.

barang2 yg hrs disiapin menjelang kelahiran:
1. pernel. aku beli yg meteran, total jdnya 25 buah. kalo beli jd, aku liat2 ukurannya kecil2. takut ga bs buat bedong dedenya.
2. popok. aku beli 3 lusin, bahannya perhatiin ya... yg nyerap basah & lembut.
3. baju bayi. - baju tanpa lengan/lengan kutung 6 buah
                       - baju lengan pendek 6 buah
                       - baju lengan panjang 6 buah
                       - kaos singlet 1 lusin
4. kaos kaki & sarung tangan 4 pasang, topi bayi 2 buah
5. handuk 2 buah, washlap 3 buah, sapu tangan 4 buah
6. selimut 2 buah, gendongan 2 buah
7. kain kasa steril & plester untuk pusernya, alkohol 70% untuk bersiin puser tiap hari
8. minyak telon, bedak, baby oil, sabun mandi bayi, shampo bayi
9. kain panjang untuk bunda saat  & setelah melahirkan. aku beli 6 buah, yg menyerap basah.
10. lampin dewasa untuk saat nifas
11. kurma. dlm islam ada sunnah untuk mentahnik anak baru lahir dengan kurma. mentahnik adalah memberikan kurma kepada bayi baru lahir yg telah dikunyah oleh ayah sang bayi
12. persiapkan baju yg memudahkan bunda saat menyusui

banyak banget ya, makanya aku belanjanya nyicil. bunda2 yg lain tambahin dong, kalo2 ada kelupaan.

mudah2an membantu....


   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
hai evy.... ini saya nemu arikel bagus dari MP :D barangkali bisa buat pertimbangan....   http://islammenjawab.multiply.com/notes/item/245   HAMIL BERPUASA


Apa yang akan anda lakukan jika anda sedang hamil atau menyusui sedangkan anda pengen puasa? Pertanyaan yang bagus, ....

Sesungguhnya puasa bisa menyebabkan terjadi perubahan-perubahan fisiologis dalam tubuh, yang akhirnya mempengaruhi janin dalam rahim atau bayi yang menyusui. Dan semakin begitu penting pertanyaan ini, manakala orang yang hamil atau menyusui itu sedang mengalami sakit tertentu atau ia mengalami kendala kesehatan yang bisa berpengaruh kepadanya jika ia berpuasa. Dan memberikan perlindungan terhadap ibu hamil atau menyusui, kemudian janin atau bayi adalah sudah benar-benar diakui Islam, ia mendapatkan dispensasi untuk tidak berpuasa pada bulan Ramadhan, untuk kemudian men-qadha (mengganti)-nya pada bulan-bulan depannya ketika sudah tidak mengandung atau menyusui.

Berdasarkan hal di atas, mesti ada pembeda yang jelas antara kehamilan normal-sehat dan yang tidak sehat atau tidak normal, sehingga kita bisa mengetahui apa yang menjadi kewajibannya dan apa yang tidak menjadi wajib pada keadaan-keadaan tersebut ketika hendak berpuasa. Oleh karena itu, mesti memahami pengaruh kehamilan terhadap kerja organ tubuh secara fisioligis, dan di masa hamil dimana terjadi perubahan fungsi tubuh. Perubahan-perubahan tersebut mencakup seluruh organ dan fungsi tubuhnya. Hal ini memiliki tujuan untuk memberikan jaminan keamanan yang cukup bagi pembentukan dan perkembangan janin sehingga melebihi dari apa yang ia butuhkan sendiri.

Dispensasi Untuk Tidak Berpuasa

Dr. Ahmad Al-Tajiy, guru besar penyakit ibu dan reproduksi mengatakan bahwa selama hamil dan menyusui para wanita hamil dibenarkan mengambil dispensasi untuk tidak berpuasa. Akan tetapi secara ilmiah, tidak ada bahayanya jika ia berpuasa, selama kehamilannya adalah kehamilan yang sehat-normal, tidak mengalami masalah atau pun kelemahan-kelemahan tertentu.

Pengetahuan ini dibangun di atas penelitian yang sangat detail, dimana ia menegaskan "Puasa tidak menyebabkan dampak negatif terhadap ibu dan janin" dan "Puasa justeru memberikan dampak keteduhan jiwa bagi sang ibu", dan inilah yang banyak dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang mengandung. Ini jika kehamilannya adalah normal dan sehat.

Adapun jika kehamilannya tidak sehat atau tidak normal, maka keadaannya berbeda. Kami menganjurkan para perempuan yang hamil untuk tidak berpuasa sesuai keadaannya masing-masing. Ketika terjadi "kontraksi peringatan" misalnya, yaitu turunnya darah bersama bayi, dan darah ini bukan darah haidh akan tetapi salah satu jenis dari darah istihadhah. Pada saat ini ia bisa menjalankan puasa, shalat, selama tidak bertentangan dengan sistem pengobatannya. Adapun jika metode pengobatannya berkala setiap 6 atau 7 jam sekali, maka ia mesti tidak puasa.

Juga sakit diabets dan sedang hamil pada keadaan kecil ia mampu untuk berpuasa. Adapun jika dampak puasa terhadap keadaan kesehatannya atau berbentrokan dengan sistem pengobatannya, maka ada dispensasi tidak berpuasa yang ia mesti ambil.

Pada saat nifas, maka para nufasa (ibu-ibu yang sedang nifas -pent), maka ia tidak terkena kewajiban puasa atau shalat. Fatwa-fatwa syar'iyah berbeda pendapat tentang batasan nifas, apakah selama waktu 40 hari ataukah selesai dengan terputusnya darah nifas yang keluar?!!

Yang lebih rajih (lebih dekat dengan kebenaran -pent) adalah nifas selesai dengan terputusnya darah yang keluar atau menyempurnakan hitungan waktu hifas. Sebagaimana masa menyusui, maka ia pun boleh mengambil dispensasi tidak berpuasa. Akan tetapi jika ia mampu berpuasa tanpa menyisakan dampak negatif bagi sang bayi, maka ia bisa meneruskan puasanya. Demikian juga sebaliknya.

Ibu yang hamil atau menyusui jika memutuskan untuk berpuasa maka ia harus memastikan kandungan nutrisinya cukup dan sahur pada saat-saat akhir waktu, dan banyak minum minuman buah atau juice selepas maghrib. Dan banyak makan sayuran, khususnya sebelum sahur, sebab sayuran dan buah-buahan kaya akan kandungan yang dibutuhkan tubuh, dan hindarilah minuman yang jelek, seperti minuman yang mengandung gas karbon (soft drink -pent), banyak mengkonsumsi suplemen vitamin dan zat besi.

Masalah Kesehatan

Dr. Usamah Al-Manuvi, guru besar penyakit wanita dan reproduksi mengatakan bahwa wanita ketika mengalami masa hamil terkadang mengalami masalah kesehatan, baik memiliki kaitan langsung maupun tidak langsung, yang menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis untuk menghadapi keadaan sakit ini, dan untuk sebuah hikmah rabbaniyah kita mendapati sampai keadaan ini keadaannya tetap kokoh demi kebutuhan-kebutuhan janin karena adanya sisa nutrisi sebagaimana ketentuan Allah ta'alaa. dan tidak mempengaruhi perkembangannya ketika terjadi keadaan seperti munculnya penyakit bersamaan dengan masa hamil.

Dr. Manuvi menambahkan bahwa janin sangat bergantung kepada glukosa alami di dalam darah ibu lebih kecil daripada kandungan alami sebelum masa hamil. Hal ini kembali pada pengkonsumsiannya melalui janin. Jika penguraian glukosa dari ibu ketika hamil menjadi lebih sulit, padahal ia mampu untuk memproduksi tenaga dari sumbernya yang lain, yaitu melalui lemak dalam tubuh secara alami. Akan tetapi proses ini memiliki konsekuensi munculnya apa yang disebut dengan kitonat, dan ini berbahaya bagi kandungannya dalam darah.

Dan sudah diketahui umum bahwa ketika puasa, ibu hamil mendapatkan gula untuk masa yang lama, jika ia berpuasa pada musim panas, sebab puasa pada saat itu mencapai 15 jam sehari (hal ini tidak terjadi di negara Indonesia -pent). Hal ini menambah kemungkinan bahaya tidak adanya penambahan gula untuk memproduksi kemampuan yang diinginkan dan berpindah untuk mengambil lemak dan munculnya kitonat dan kandungannya dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan bahaya bagi ibu dan lebih besar lagi bagi janin di dalam rahim. Khususnya pada bulan-bulan terakhir dari masa kehamilan, dimana janin semakin banyak kebutuhannnya. Adapun jika sang ibu terus-menerus berpuasa, maka ia mesti mengakhirkan sahurnya dan lebih banyak mengkonsumsi makanan, gula dan makanan lain yang mudah diserap oleh tubuh, serta menghindari banyak bergerak selama berpuasa, khususnya saat-saat sebelum berbuka puasa. Demikian juga, ketika berbuka, sangat dianjurkan berbuka dengan makanan mengandung gula dan makanan yang mudah dicerna, diserap tubuh (lihat mukjizat kurma di www.alsofwah.or.id).

Olah Raga Berjalan

Setelah berpuasa pada waktu yang panjang, seorang ibu hamil disarankan untuk segera makan berat ketika berbuka, tentu setelah sebelumnya memakan makanan yang manis dan mudah dicerna semacam kurma. Hal ini karena seorang yang hamil lebih banyak mengalami kekurangan energi dibandingkan perempuan yang tidak hamil. Oleh karena itu, perempuan yang hamil ketika berpuasa disarankan untuk berbuka dengan sedikit-sedikit dan dalam waktu yang lama (dalam bahasa Jawa disebut dengan"ngemil", dan yang dimakannya disebut cemilan -pent). Dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi goreng-gorengan, sebab minyaknya sukar untuk dicerna dan diserap. Bisa juga mengkonsumsi tablet yang mengandung enzim yang membantu penyerapan makanan sebelum makan secara langsung. Juga harus meminum susu sebab susu mengandung kalsium. Juga biasakan olah raga berjalan ketika pagi hari atau setelah makan buka puasa. Disarankan kepada para ibu hamil agar berbuka (tidak berpuasa) pada bulan-bulan terakhir masa kehamilannya, khususnya jika Ramadhan bertepatan dengan musim panas, sehingga ia tidak kehilangan cadangan air dalam tubuh. Hal ini bagi kehamilan normal dan sehat.

Adapun jika kehamilannya tidak normal atau tidak sehat, maka Dr. Usamah Al-Manuvi menyarankan bahwa sang ibu diperbolehkan untuk tidak berpuasa pada 3 bulan pertama masa kehamilan. Hal ini karena keadaannya yang menyebabkan tubuh kekurangan banyak cairan dan sodium, apalagi jika sampai kehilangan semangat (tidak bergairah, lesu, dll). Maka pada keadaan ini sang ibu hamil mengalami "kekeringan" dan kekurangan kadar gula. Oleh karena itu ia harus berbuka puasa dan banyak minum minuman buah dan makana manis. Kondisi-kondisi itu adalah:

1. Pendarahan, baik pada bulan-bulan pertama ataupun akhir kehamilan;
2. Masalah kesehatan yang dialami si ibu, seperti diabets;
3. Naiknya tensi darah, dan dehidrasi

Fauziyah Al-Muhammad
   
Jumlah Posts : 151
Jumlah di-Like : 1
Hai naf-alfi. Aku turut sedih baca cerita kamu. aku juga pernah kuret waktu hamil yg kedua. Usia janin 2,5 bln tp gak ada denyut jantung alias sudah meninggal. Aku jg gak percaya, cari second opinion, sama aja harus kuret. Habis kuret kan sama kayak habis lairan biasa, nifas 40 hari. Saat nifas kan gak boleh melakukan hubungan suami istri. Kalo udah bersih baru boleh deh. Alhamdulillah aku hamil lagi setelah 7 bulan kuret. Malah adik iparku langsung hamil sebulan setelah nifas. biasanya seminggu setelah kuret harus kontrol. tanya aja ke drnya tentang kondisi kandungannya. Ok.
   
17-07-2017 15:07:23 menstruasi
Jumlah Posts : 55
Jumlah di-Like : belum ada like
dok, sy operasi secar 12 bln lalu. sampai saat ini sy belum dapat haid yg pertama setelah nifas. apakah itu normal dok?
   
24-01-2017 15:49:23 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Lam kenal bunda semua, hpl bayi ku jg seharusnya 13/04/17 tp Allah berkehendak lain aku hrs melahirkan dlm usia kehamilan yg baru 27w4d tepatnya tgl 15/01/17 debay lahir prematur dngan bb 1,1 kg.. Begitu lahir aku hrs dipisahkan dngan anak ku karna debay hrs dirujuk ke rsud yg ada ruang perinatologi khusus bayi prematur dan bb sangat renda 4hr debay brada di inkubator rasanya tdk tega melihat kulitnya yg amat tipis hrs ditusuk dngan jarum disana sini.. Tepat sehabis azan magrib 19/01/17debay hrs aku relakan pergi selama2nya..ini adalah anak ke2 kami dngan kehamilan yg ke5..anak pertama alhamdulillah sehat saat ini usianya baru 16bulan..waktu hamil kakaknya msh asi karna blun sempat di sapih, tp asi nya hnya malam klo mau tidur... Saya ingin tanya kan bolehkah asi untuk kakaknya Dilanjutkan karna adiknya sudah tiada.. Mohon pencerahan nya siapa tau diantara bunda2 disini ada yg mempunyai pengalaman yg sama.. Semangat ✊ untuk bunda2:yg menanti hpl dibulan april smga dimudahkan dan dilancarkan sampai dngan kelahiran nanti.. Aamiin
   
31-12-2016 20:01:08 makanan saat hamil
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
dok bolehkah saat hamil muda makan buah salak yang belum matang dgn sempurna
   
15-11-2016 20:22:01 hpl april 2017 merapat
Jumlah Posts : 65
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda2 bolehkah share keadaan perut bunda2 saat ini, .😳pengen lihat kondisinya sudah segede apa, apa masih ada yg seperti ku, masih terlihat kecil.. 😭😥