SITE STATUS
Jumlah Member :
482.031 member
user online :
2069 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah orang hamil makan daging sapi balungan

New Topic :  
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Jangan salahkan kucing



Toxoplasma berasal dari kata toxon yang berarti bulan sabit dan gondii yang berarti rodensia, adalah protozoa yang menyebabkan toxoplasmosis yaitu penyakit yang dapat menyebabkan gangguan kehamilan(perkembangan janin) pada semua mamalia.

Secara epidemiologi Toxoplasma tersebar secara luas dari daerah alaska sampai australia (umumnya daerah yang panas memiliki kelembaban tinggi dan dataran rendah)

Toxoplasma diperkirakan telah menyerang 20-80 % populasi manusia di dunia, merupakan penyakit zoonotik nomer satu akibat jangkauan penularan dan dampak yang ditimbulkannya...

Apabila seseorang terserang toxoplasmosis maka rentan baginya untuk melahirkan seorang anak dalam keadaan cacat misal (hidrocephalus,kelainan pada saraf, mata, kelainan pada otak, paru-paru, mata, telinga, terganggunya fungsi motorik, dll), bukan hanya wanita yang harus diperiksa positif toxoplasma atau tidak tapi pria juga karena sperma bisa saja mengandung toxoplasma.

Toxoplasma menyerang kucing dan biasanya masyarakat umum sering menyalahkan kucing sebagai satu-satunya penyebar toxoplasma.. ternyata tidak seperti itu... Kucing bukanlah satu-satunya penyebar toxoplasma yang dapat menginfeksi manusia..

Selain Kucing, mamalia lain dapat menjadi pembawa toxoplasma yang menyebabkan toxoplasmosis ini (seperti kambing, sapi, dll)... karena protozoa ini tidak memiliki host spesifik dan bersifat obligat seluler..

Berikut adalah sarana penyebaran Toxoplasma yang dapat menyerang ke manusia selain kucing..

1. Daging sapi, domba, kambing..

Jika ada pertanyaan: saya kan ga memelihara kucing? kok kena toxoplasma?

Jawabnya : Toxoplasma dapat masuk ke tubuh manusia melalui daging.. Daging sapi, domba, kambing dapat menyebarkan toxoplasma ke manusia yang memakannya apalagi daging yang dimakan mentah atau setengah matang (sate) walaupun sate sudah dipanggang tapi bagian dalam sate masih setengah matang. mengapa daging menjadi salah satu penyebar toxoplasma.. karena sapi, kambing, atau domba yang di potong positif mengandung toxoplasma akibat memakan rumput yang terdapat ookista (telur kista) dari toxoplasma.

2. Tranfusi darah..

Jika ada pertanyaan : saya kan ga memelihara kucing dan saya ga makan daging sapi, domba dan sebagainya apa saya masih bisa terkena toxoplasma?

jawabnya bisa salah satunya melalui tranfusi darah.. toxoplasma yang masuk ketubuh manusia dapat menempati sistim sirkulasi darah.. jika kita ditranfusikan darah oleh orang yang terkena toxoplasmosis maka bisa jadi kita akan positif terjangkit toxoplasmosis..

3. Sayuran...

Jika ada pertanyaan : saya ga memelihara kucing, saya ga makan daging, saya ga pernah sakit dan di tranfusi darah.. saya kan vegetarian kok masih kena toxoplasmosis?

jawabnya : toxoplasma bisa menyebar kelingkungan melalui feses.. kucing liar atau makhluk mamalia sekitar kita dapat menjadi penyebar toxoplasma ke lingkungan.. sayuran tercemar toxoplasma dari feses yang mengandung ookista toxoplasma menyebabkan orang yang memakannya dapat terkena toxoplasmosis..

4. Kecoa dan Lalat.. sebagai vektor mekanis hewan ini dapat menyebarkan ookista toxoplasma ke lingkungan kita.. kecoa dan lalat punya kebiasaan hinggap pada tempat-tempat kotor sehingga rentan menjadi pembawa toxoplasma yang menempel di kaki-kakinya..

Oleh Karena penyebaran toxoplasma sangat luas dan berada disekitar tempat tinggal kita maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah..

1. Perawatan Kucing dilakukan secara benar terutama penangan feses kucing.. jangan sembarangan membuang fese kucing ke lingkungan..

2. Jangan beri kucing daging mentah agar toxoplasma tidak menyerang kucing..

Pada manusia..

1. Budaya Higiene pangan dan Higiene Personal artinya menjaga kebersihan diri sebelum dan sesudah melakukan aktifitas..

2. Jangan sering makan daging setengah matang.. atau yang tidak dimasak secara benar...

3. Cucilah sayuran dan buah-buahan sebelum di makan..

4. Jika anda sering berdekatan dengan kucing dan anda belum positif terserang toxoplasma vaksinlah diri anda dengan vaksin TORCH (vaksin toxoplasma,rubella, cmv, herpes) untuk mecegah parasit toxo masuk ke tubuh..

5. Kepada ibu-ibu hamil diharapkan menjaga pola makan dan apa yang dimakan.. pastikan semuanya aman dan jangan makan daging setengah matang...

Dengan menjaga kesehatan diri dan lingkungan kemungkinan penularan toxoplasma ke tubuh dapat diperkecil..

jadi jangan salahkan kucing.. jika anda terserang toxoplasma.. karena banyak cara bagi toxoplasma masuk ke tubuh anda..
   


Jumlah Posts : 271
Jumlah di-Like : belum ada like

emng bu bidan nggak ngsih pnmbah drah bunda dwi ? q minum sangobion pernh, makan daging sapi merah bund bayam jeruk sama kacang-kacangan, telur itu buat nambah darah karna ada zat besi nya bund, aku td pernh jga 90/60 tapi pas periksa hamil ke 2 normal sih alhamdulillah 100/80, skrg cma mnum vitamin aja sma susu lovamil sma makan bayam paling

   
Jumlah Posts : 203
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda sajidha, aq juga pernah hb rendah, tp skarang udh normal. Coba bunda konsumsi buah bit, boleh dibikin jus. Trus makan sayur bayam merah, kacang merah. Sarapan pagi jangan lupa, harus nasi. Tidur nya juga mesti cukup. Makan daging sapi. Dan ga boleh stress ya bun. Untuk ibu hamil HB minimal 10. kalo di bawah itu terpaksa harus siapin kantong darah buat jaga2.
   


25-10-2013 21:39:53 keputihan aman gak?
Jumlah Posts : 37
Jumlah di-Like : belum ada like
hay bunn.. ^^salam kenal.. aku heny hamil 17w.. heheh nasib kita sama bun.. aku jga keputihan.. bahkan terkadang stelah brhubungan bsoknya banyak bgt keputihannya.. alhmdllah.. kata doktr itu aman bunda.. slagi tidak trcampurnya flek pada keputihan kita.. tensi aq kmaren 90 bun. brasa puyeng banget.. cuma buat normalin aku istiraht yg cukup + makan daging sapi di masak kecap gtu bun.. alhmdllah skrg normal.. dn ddenya jg shat bun pas di Usg ^^
   
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

Makanan yang Harus Dihindari

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, karena kemungkinan membawa bibit penyakit atau parasit tertentu yang membahayakan janin. Jenis bibit penyakit / parasit yang membahayakan kandungan dan terbawa dalam makanan adalah:

· Listeria
Dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir mati, atau keracunan darah. Bakteri listeria monocytogenes banyak terdapat pada :
- produk unggas (termasuk telur), ikan atau daging sapi yang diolah setengah matang.
- Selada, buah dan sayuran yang tidak dicuci bersih, terutama bila dimakan dalam keadaan mentah.
- Beberapa jenis keju lunak, seperti Brie, Camembert, Blue Cheese serta keju lain yang dibuat dari susu kambing atau domba.

· Bakteri E. Coli
Sering ditemukan pada daging yang diolah setengah matang, dan susu yang tidak mengalami pasteurisasi. Racun yang dikeluarkannya dapat merusak usus dan ginjal.

· Salmonella dan Toksoplasma
Untuk menghindari infeksi bakteri jenis ini, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi daging dan telur dalam bentuk mentah atau setengah matang.

Makanan yang harus dihindari ibu hamil

A. Ikan mentah

              Biasanya, ikan mentah digunakan dalam makanan Jepang, seperti sashimi dan sushi.

Kandungan : Dikhawatirkan mengandung merkuri.

Risiko : Ibu hamil yang terkontaminasi merkuri berpotensi:

•  Bayi lahir dengan kerusakan saraf.

•  Bayi lahir dengan cacat tubuh.

•  Bayi menderita kanker.

Catatan : Saat hamil, sebisa mungkin hindari mengonsumsi ikan mentah. Tapi, kalau Anda tetap ingin mengonsumsinya, pastikan ikan tersebut tidak berasal dari laut yang tercemar limbah pabrik.

B.   Daging sapi atau ayam mentah atau dimasak setengah matang

Kandungan : Parasit toksoplasmosis dan bakteri salmonella.

Risiko :

•  Toksoplasmosis: menyebabkan kerusakan pada organ dalam, sistem saraf pusat, serta kebutaan janin.

•  Salmonella: menyebabkan diare dan dehidrasi. Diare yang terus menerus dapat menimbulkan kontraksi rahim, sehingga membahayakan janin Anda. Sedangkan dehidrasi dapat mengganggu keseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh.

Catatan: Kalau Anda ingin tetap makan daging sapi dan ayam, sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang. Dengan begitu, kedua jasad renik ini tidak ‘sempat' bercokol.

C. Sosis

Kandungan : Nitrat yang digunakan sebagai pengawet.

Risiko : Terlalu banyak nitrat dikhawatirkan akan menimbulkan suatu kondisi yang disebut methemoglobinemia , yaitu gangguan darah dimana janin tidak menerima cukup oksigen. Pasalnya, karena nitrat bersifat mengikat oksigen.

Catatan : Jangan takut makan sosis. Anda kan tidak akan makan sosis sebanyak 1 kg setiap harinya? Jika hanya makan 1-2 potong sosis, tak usah terlalu cemas.

Ini kiatnya!

Sebenarnya, asal pemakaian berbagai zat kimia dalam produk-produk rumahtangga tidak melewati batas, yakni dipakai sesuai dosis yang dianjurkan serta tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus, Anda tak perlu cemas terhadap kesehatan janin Anda.

Proses gangguan pada perkembangan janin terjadi karena akumulasi atau penimbunan zat-zat itu. Akibat terpapar terlalu lama, akhirnya zat-zat kimia tadi tidak bisa lagi dikeluarkan oleh tubuh. Nah, akumulasi dari zat-zat yang toksik itulah yang berbahaya bagi tubuh dan janin.Akibatnya? Ya, janin ikut-ikutan “menyimpan” racun-racun tadi di dalam tubuhnya.

             Bagaimana dengan jasad-jasad renik yang ada di makanan? Yang pasti, waspadai makanan yang tidak higienis. Bisa jadi, makanan itu tercemar jasad renik, seperti bakteri salmonella. Memang, jasad renik yang mencemari makanan memang tidak bersifat akumulatif. Meski begitu, bila Anda terkontaminasi jasad renik melalui makanan, biasanya akan langsung timbul gejala. Misalnya, diare. Padahal, jika ibu hamil diare, janin pun ikut “menanggung” akibatnya. Sebab, diare bisa menyebabkan kontraksi rahim.

   


07-06-2008 09:49:13 Berat badan tidak bertambah
Jumlah Posts : 88
Jumlah di-Like : belum ada like
mom yang lagi mengandung...   Mom, makannya harus bergizi, jangan lupa selalu minum susu hamil pagi dan malam (dari pada minum jamu kan??) banyakin juga makan daging sapi karena mengandung zat bezi. Banyak makan buah. Istirahat yang cukup, hindari stress.  karena biar makan tapi kalo stress ya sama aja. es krim boleh jangan es yang lain. dulu waktu saya hamil, BB terus bertambah. Bayiku lahir BB=3.3. Kalo semua sudah diusahain tapi ga naek, mungkin sudah segitu ukurannya. Yang penting sehat kan mom?? Ok
   
Jumlah Posts : 918
Jumlah di-Like : 4
Zat kimia dan jasad renik dalam produk-produk rumah tangga dan makanan memang bisa saja jadi musuh janin. Asal patuh pada rambu-rambunya, janin Anda tetap bisa selamat kok.

Terpaparnya tubuh dengan berbagai zat kimia dan jasad renik memang bisa terjadi melalui berbagai cara. Misalnya, terhirup lewat udara, terserap lewat kulit atau mata, bahkan bisa juga tertelan.

Dan, dari www.marchofdimes.com disebutkan, ada lebih dari 4 juta jenis zat kimia yang digunakan di lingkungan rumah dengan informasi yang sedikit tentang efeknya terhadap kehamilan dan janin. Padahal, dampaknya tidak main-main. Zat kimia tersebut bisa mengancam kesehatan janin Anda.

Juga, bila Anda mengonsumsi jasad renik yang ‘kebetulan’ berada di dalam makanan, dampak ke janin akan sama buruknya. Ingin tahu produknya? Adakah aturan mainnya agar Anda bisa terbebas dari risiko ini?

Berbagai produk yang perlu diwaspadai

Untuk mudahnya, produk-produk yang ada di rumah dibedakan menjadi dua, yakni:

Produk-produk rumah tangga

A. Tiner dan cat minyak

Kandungan : Logam berat, seperti timbal dan cadmium.

Risiko :

- Bila terpapar logam berat dalam waktu yang lama:
* Bayi lahir dengan berat badan rendah.
* Bayi dengan cacat tubuh.
* Bayi lahir sebelum waktunya (prematur).
* Keguguran.

- Dalam tingkatan yang paling ringan, uap dari cat dan bensin bisa menyebabkan mual dan pusing-pusing.

B. Produk-produk aerosol, pemutih, pembersih lantai, lem, penyegar udara, serta pembersih kaca

Kandungan : Semua produk rumah tangga ini memakai bahan-bahan kimia organik yang mudah menguap, seperti toluene, xylenes dan phenol. Bahan-bahan kimia ini adalah bahan disinfektan untuk membunuh kuman.

Risiko :

* Bayi lahir dengan kelainan saraf dan retardasi mental.
* Bayi lahir dengan cacat tubuh.

C. Cat rambut

Kandungan : Ter (belangkin) dan zat kimia keras lainnya

Risiko : Keguguran.

Catatan : Menurut www.health.discovery.com, sejauh ini belum ada kasus ibu yang keguguran akibat menggunakan cat rambut. Meski begitu, belum ada pula bukti yang jelas-jelas menyatakan bahwa zat kimia yang terkandung di dalamnya juga aman. Jadi? Kesimpulannya, beberapa ahli menyarankan agar wanita hamil sebaiknya menunda dulu keinginannya untuk mengecat rambut, terutama di trimester pertama.

D. Insektisida (cairan pembasmi serangga) dan insect repellant (cairan penangkal serangga yang dioleskan ke tubuh)

Kandungan : Pestisida

Risiko : Terpapar dalam jumlah banyak:

• Keguguran.

• Bayi lahir prematur.

• Bayi lahir cacat.

• Mempengaruhi sistem reproduksi janin.


Makanan

A. Ikan mentah

Biasanya, ikan mentah digunakan dalam makanan Jepang, seperti sashimi dan sushi.

Kandungan : Dikhawatirkan mengandung merkuri.

Risiko : Ibu hamil yang terkontaminasi merkuri berpotensi:

* Bayi lahir dengan kerusakan saraf.
* Bayi lahir dengan cacat tubuh.
* Bayi menderita kanker.

Catatan : Saat hamil, sebisa mungkin hindari mengonsumsi ikan mentah. Tapi, kalau Anda tetap ingin mengonsumsinya, pastikan ikan tersebut tidak berasal dari laut yang tercemar limbah pabrik.

B. Daging sapi atau ayam mentah atau dimasak setengah matang

Kandungan : Parasit toksoplasmosis dan bakteri salmonella.

Risiko :

* Toksoplasmosis: menyebabkan kerusakan pada organ dalam, sistem saraf pusat, serta kebutaan janin.

* Salmonella: menyebabkan diare dan dehidrasi. Diare yang terus menerus dapat menimbulkan kontraksi rahim, sehingga membahayakan janin Anda. Sedangkan dehidrasi dapat mengganggu keseimbangan cairan elektrolit di dalam tubuh.

Catatan: Kalau Anda ingin tetap makan daging sapi dan ayam, sebaiknya dimasak hingga benar-benar matang. Dengan begitu, kedua jasad renik ini tidak ‘sempat’ bercokol.

C. Sosis

Kandungan : Nitrat yang digunakan sebagai pengawet.

Risiko : Terlalu banyak nitrat dikhawatirkan akan menimbulkan suatu kondisi yang disebut methemoglobinemia , yaitu gangguan darah dimana janin tidak menerima cukup oksigen. Pasalnya, karena nitrat bersifat mengikat oksigen.

Catatan : Jangan takut makan sosis. Anda kan tidak akan makan sosis sebanyak 1 kg setiap harinya? Jika hanya makan 1-2 potong sosis, tak usah terlalu cemas.


Ini kiatnya!

Sebenarnya, asal pemakaian berbagai zat kimia dalam produk-produk rumahtangga tidak melewati batas, yakni dipakai sesuai dosis yang dianjurkan serta tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus, Anda tak perlu cemas terhadap kesehatan janin Anda.

Proses gangguan pada perkembangan janin terjadi karena akumulasi atau penimbunan zat-zat itu. Akibat terpapar terlalu lama, akhirnya zat-zat kimia tadi tidak bisa lagi dikeluarkan oleh tubuh. Nah, akumulasi dari zat-zat yang toksik itulah yang berbahaya bagi tubuh dan janin.Akibatnya? Ya, janin ikut-ikutan “menyimpan” racun-racun tadi di dalam tubuhnya.

Bagaimana dengan jasad-jasad renik yang ada di makanan? Yang pasti, waspadai makanan yang tidak higienis. Bisa jadi, makanan itu tercemar jasad renik, seperti bakteri salmonella. Memang, jasad renik yang mencemari makanan memang tidak bersifat akumulatif. Meski begitu, bila Anda terkontaminasi jasad renik melalui makanan, biasanya akan langsung timbul gejala. Misalnya, diare. Padahal, jika ibu hamil diare, janin pun ikut “menanggung” akibatnya. Sebab, diare bisa menyebabkan kontraksi rahim.

Laila Andaryani Hadis
Konsultasi ilmiah: Bambang Wispriyono, Apt.,Ph.D, staf pengajar Toksikologi, Departemen Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.
   
07-07-2016 02:20:19 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 101
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda diah:usahain makan daging sapi atau kambing bun sebanyak2nya nanti debay pasti ngajakin,mlm takbiran ku msh pembukaan 2 itu jg slma 2hari tp stlh makan berbau daging dedenya ngajakin keluar...jam 1 pecah ketuban alhamdulillah jam 8 pembukaan 6 lgsg keluar debaynya secara normal....soalnya ku slma pembukaan miring kiri terus bun,seandainya pecah ketuban ga apa2 bun sblm 1x24jam masih aman tuk debay...
   
07-07-2016 02:14:18 HPL 6 juli 2016, pas lebaran
Jumlah Posts : 101
Jumlah di-Like : belum ada like
oia klo mo cpt mules di saat mndkti hpl makan daging sapi/daging kambing tp yg di masak matang sprti rendang atau di sop...pasti dedenya ngajakin banget...soalnya sblm lahir mlmny perut benar2 kencang sampai air ketuban ku pecah bun....tp air ketuban batasny 1x24jam loh bun...setelah itu pembukaan cepat klo udh pembukaan 1-3 usahain miring kiri terus y bun...
   
01-04-2016 13:16:38 Bolehkah?
Jumlah Posts : 12
Jumlah di-Like : belum ada like
Bolehkah saat hamil makan saos sambal indofood?
   
24-01-2016 23:19:50 Tinggi Fundus
Jumlah Posts : 558
Jumlah di-Like : belum ada like
harus tuh bun makan es krim n bnyakin makan daging sapi bun..aq dlu 26w bbj 942gr..
   
05-01-2016 11:43:02 Nambah BBJ
Jumlah Posts : 558
Jumlah di-Like : belum ada like
oohh iya bun..aq waktu 26w jg bbj udah 942g, coba sering makan daging sapi aja bun..insya allah cepet naiknya..
   
Jumlah Posts : 728
Jumlah di-Like : belum ada like
makan daging sapi bun waktu aku gusi bengkak sm sakit gigi. cz berobat juga ga sembuh pas makan daging sapi kempes n sembuh bun
   
12-05-2015 12:03:21 aneka ngidam.
Jumlah Posts : 114
Jumlah di-Like : belum ada like
haii bubda" mau shar donk bolehkah ibu hamil makan kerupuk palembang kerupuk ikan tenggiri slma hamil muda???
   
17-02-2015 15:26:55 makanan yg dilarang
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

wa'alaikumussalaam....kenapa ibu hamil makan kulit sapi tidak boleh bunda? ngomong-ngomong kulit sapi itu yang dibikin krupuk kulit bukan ya ?