SITE STATUS
Jumlah Member :
494.754 member
user online :
3494 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah ml saat minum blesifen sebelum masa subur

New Topic :  
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter Tanti, saya baru pertama kali menggunakan kontrasepsi dan yg pertama saya gunakan adalah pil KB. Pertanyaannya, bolehkah menggunakan pil KB pertama sebelum masa menstruasi? Saya masih ingin menunda kehamilan dan terakhir berhubungan tidak menggunakan kondom, karena untuk mendapatkan postinor-2 harus menggunakan resep dokter, saya menggunakan pil KB Microgynon sebagai morning after pill. Caranya, sehari setelah berhubungan saya minum empat pil, lalu sehari setelahnya saya minum empat pil lagi. Setelah itu, saya minum satu pil setiap hari.

Apakah perindungan yang saya dapatkan dari pil KB sudah optimal? Selepas berhubungan, saya pergi ke dokter kandungan dan cek lab dan hasilnya negatif. Saya masih belum begitu memahami mekanisme kerja pil KB. Terima kasih dokter Tanti.

Dari : anna karenina

Jawaban:

Dear bunda,

Cara meminum pil KB, apabila dalam kemasan disertai 21 pil KB berisi hormon kombinasi dan 7 pil tablet salut gula tanpa hormon, maka jika Anda meminum setelah haid selesai, mulailah dengan salah satu dari 21 pil KB yang mengandung hormon. Gunakan petunjuk nama hari pada kemasan untuk disesuaikan dengan hari saat Anda meminum pil tersebut. Apabila anda memulai minum pil KB sejak hari pertama menstruasi, maka gunakan pil salut gula (salah satu dari 7 pil tanpa hormon) pada kemasan pil KB tersebut. Bila Bunda meminum sebelum hari menstruasi, maka ikuti nama hari yang tertera pada kemasan tersebut (pastikan bahwa Bunda tidak sedang hamil dengan memeriksa kehamilan terlebih dahulu).

Keterlambatan meminum pil KB sebaiknya tidak melebihi waktu 12 jam, agar khasiat kontrasepsi dari pil KB tidak berkurang dan resiko terjadinya kehamilan tidak bertambah besar.

Bila Anda baru pertama kali memulai menggunakan kontrasepsi KB, maka sebaiknya menggunakan kondom ketika berhubungan intim selama 7 hari pertama untuk memastikan efek kontrasepsi bekerja dengan baik.

Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.


   


Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

kpn hr sy denger dr boyke menjelaskan bgmn  promil ank cwe ato cwo bun

klo pengen cwo

  • menedekati masa subur  HB dg suami,sblm masa subur mmending klo bs di pending bun
  • basuh vagina dengan air yg d campur dg soda kue setengah jam sblm HB
  • pasutri perbanyak mengonsumsi makanan yg mengandung protein  hewani

klo pengen cwe

  • jauh2 sebelum masa subur gk masalah klo HB
  • basuh vagina dengan air yg d campur dg asam cuka setengah jam sblm HB
  • pasutri perbanyak mengonsumsi makanan yg mengandung protein  nabati

itu di lakukan saat promil bun,dan jangan lupa untuk selalu teta berdoa ya bun :)

semangat ya bunda :)

   
26-02-2015 17:57:28 pengennya bayi laki laki
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

bener bun ktabunda anggun,pas promil

klo pengen cwo

  • menedekati masa subur  HB dg suami,sblm masa subur mmending klo bs di pending bun
  • basuh vagina dengan air yg d campur dg soda kue setengah jam sblm HB
  • pasutri perbanyak mengonsumsi makanan yg mengandung protein  hewani

klo pengen cwe

  • jauh2 sebelum masa subur gk masalah klo HB
  • basuh vagina dengan air yg d campur dg asam cuka setengah jam sblm HB
  • pasutri perbanyak mengonsumsi makanan yg mengandung protein  nabati

itu di lakukan saat promil bun,klo sekarang kn bunda udah hamil ya berdoa aj biar ank ny cwo,,,, :)

semangat ya bunda :)

   


Jumlah Posts : 98
Jumlah di-Like : belum ada like
salam bunda semua
saya akan berbagi pengalaman perjuangan saya
yang akhirnya mendapat jawaban dari yang maha kuasa.

awal pernikahan saya,sy dan suami tidak ada niat menunda momongan.
satu thn pernikahan kami, tidak ada tanda adanya kehamilan,kecemasan sy mulai memuncak saat 3thn pernikahan saya mulai periksakan diri ke dokter namun dokter selalu bilang tidak ada masalah dengan rahim sy.
akhirnya di thn 2012 saya periksa di klinik yasmin rscm dari situ sy mulai mendapat penanganan serius,sy di rujuk untuk melakukan HSG bulan 10 tgl 13 2012 sy pun akhirnya memutuskan untuk HSG,

saat itu sy sendiri datang ke rs dan dokter yang mau menangani sy mempertanyakan keluarga yg mendampingi....wahhh sy mulai merasa ciut nyali knp harus ada keluarga apakah sakit,,,,
akhirnya karna huby tersayang tdk dapat mendampingi,bibi sy yg mendampingi.

masuk ke ruang tindakan dan ketika sy diminta berganti pakaian seperti pakaian org mau operasi sy mulai gemetar apalagi melihat alat yg panjang2 dan betul saja alat itu masuk di rahim sy,dan rasa nya mulas dan sakit tp sy masih bisa tahan.

dan hasil dari HSG menunjukan bahwa saluran tuba saya tersumbat yang artinya tdk mungkin sperma masuk ke rahim karna ada sumbatan tsb.therapy selanjutnya adalah hydrotupertubasi yg harus di lakukan di bulan berikut nya,itu adalah peniupan rahim untuk membantu membuka sumbatan tuba..

hari itu pun tiba dan lagi2 suami tdk bisa mendampingi,,dengan ditemani ibunda sy mendaftar,terkejut waktu perawat menanyakan mau pilih ruang kelas brp... berarti harus ambil ruang rawat inap,nyali saya mulai ciut apa separah ini hydro sampai2 harus dirawat..

dan ketika sudah sy urus semua nya tibalah sy harus memasuki ruang tindakan,dengan baju kebesaran serba hijau dan beda nya kali ini kedua paha sy di ikat pikiran mulai campur aduk,dan ternyata ketika alat yg panjang itu mulai mengorek rahim sy,terasa mulas yg sangat sangat tidak nyaman dan rasanya seperti di cangkul di tikam dicincang,terlebih ketika cairan yg disemprotkan itu masuk rahim sy rasanya seperti di siram air keras disayat di giling,sy sangat tidak tahan ingin sy cekik dokter nya saking sy tdk kuat menahan sakit,suster dengan gampang nya menyuruh sy tarik nafas..boro2 tarik nafas mau nafas aja susah..dalam hati sy berkata ya allah ya rabb jika memang kesakitan ini akan mempermdah jaNin yg akan engkau titipkan maka kuatkanlah hamba menahan segala sakit ini...

kurang lebih 15mnt tindakan itu tetapi sakit nya ber jam2 belum hilang..dan satu minggu sy kurang bisa berjalan normal karna mulas nya belum hilang.

kejadian itu membuat sy trauma untuk ke rs sy merasa seperti tdk di manusiakan.seperti robot yg selalu harus patuh bahkan hub dengan suami dijadwalkan tanpa harus memikirkan kita senang apa tdk.

satu bulan dua tiga tdk ada tanda2 kehamilan, sy mulai putus asa,dan sy mulai mengumpulkan kembali kekuatan untuk program berikutnya tapi untuk program dokter sy black list hehehe

sy mulai mengumpulkan info pengobatan alternatif akhirnya sy mendapat info sinshe sukimin taryono di jkt timur lagi2 sy harus sendiri menjalani pengobatan itu karna suami sedang bertugas di luar kota,pas pertama sy berobat di sinshe ternyata tdk lebih menyakitkan kaki sy dipijat sampe sy teriak2 sinshe bilang penyumbatan sy parah tp masih bisa di obati rutin tiap minggu setelah sy pijat 3hari sy jinjit jalan karna kaki sakit,tp dengan semangat sy jalani pengobatan itu tiap minggu sinshe juga memberi arak khusus untuk kompres di perut,,dan ternyata pengobatan itupun tidak membuahkan hasil,

saya pun beralih pengobatan pijat di bogor banyak rekomen dari gogling yang katanya beliau sudah banyak membantu pasien seperti sy dan antrinya seperti kereta api,,,tapi pas sy datangi alamat beliau jangan kan antri pasien yg datang hanya saya dan ternyata pak ngadimo sudah meninggal seminggu lalu kata orang disitu,kecewaaaaa tapi apa boleh buat sy pun coba berobat dengan anak pak ngadimo tapi setelah sy dipijat sepertinya beliau kurang faham,,kesimpulan nya ini terakhir kali sy datang..

semangat sy masih belum putus sy coba datangi ustadz rekomen dari tetangga ibunda sy beliau memeriksa sy lewat air dan beras tapi kesimpulan beliau berbeda beliau mengatakan saya baik2 saja dan masalah nya ada pada suami eng ing eng ya selama ini sy sendiri sibuk periksa dan suami tdk pernah cek sama sekali.pak ustadz memberi sy air doa untuk saya dan suami,tapi air itu tidak sampai pada suami sy karna waktu sy menyusul suami ke luar kota jayapura papua air itu tertinggal...mungkin memang belum jodoh.

program berikutnya saya lanjut di kota jayapura pijit bareng suami juga minum cheng yun wan dan paket untuk suami mulai minum jus 3diva banyak makan taoge kacang2an dan sayur2 hijau.
siklus haid sy 28 hari dan tdk pernah telat malah kadang lebih cepat tapi kali ini say telat satu hari dengan hati yang penuh harap sama coba tespack dan subhanallah ada dua garis samar,samarrrrr Bangettttttt tapi lagi2 kecewa di hari terlambat haid 10 hari sy haid Hikssss sedih kecewa campur jadi satu...semenjak sy konsumsi obat cina ini haid sy berikut nya menjadi siklus 30hari

ya allah sampai kapan ujian ini...

stop program bbrp bulan sampai akhirnya ibunda sy mengabarkan ada ustadz disukabumi semangat kembali berkobar walau daftar di bulan ini dapat antrian nya bisa bulan depan,dengan bantuan bunda mendaftar di bulan februari 2014 sy mendapat no antrian tgl 13maret 2014,tgl 10 sy go dari jayapura kesukabumi,daaannn yg saya kagum pasien beliau datang darimana saja dengan berbagai macam penyakit kronis,sy datang tepat tgl 13 pagi buta mendapat giliran periksa tgl 14 malam sy sampai menginap dimesjid setempat ,,

ya allah semoga ini ikhtiar terakhir sy itu doa sy dalam hati...

satu bulan 2bulan hingga akhir thn tdk ada tanda2 sy akan hamil,dengan hati pasrah berserah diri kepada allah yg maha besar sy mulai melakukan shalat sunah duga witir dan suami membaca surah maryam tiap sehabis magrib denga segelas air untuk sy minum,sy ke panti untuk sedekah minum paket madu penyubur suami istri sy tdk lagi berharap harus hamil sy hanya pasrah dengan kehendak allah..apapun itulah yg terbaik ..

akhir dari penantian januari 2015
saat ini sy sedang masa subur tepat nya tgl 1 sd tgl 7 karna haid sy di tgl 20 des 2014 seperti biasa wajib sy hb dengan suami walau tidak lagi terlalu berharap biasa nya di masa subur kami hb selang seling satu hari tapi kali ini suami sakit jadi hb sy seling jauh 2hari dan 3hari,setelah suami sy sembuh sy minta langsung puasa hb untuk cek sperma tgl 14 januari hasil lab suami sy keluar dan dokter memberi rujukan ke dokter bedah karna memang ada sedikit masalah yg saya sendiri tidak tau knp suami sy harus ke dokter bedah,,,

rencana ke dokter bedah pun selalu tertunda karna kesibukan suami,,tapi ada yg aneh dlm diri sy yg sy rasa,mulut sy selalu terasa pahit dan tgl 15 4hari sblm hari haid sy puting payudara sy terasa ngilu porsi makan bertambah dan ngilu di puting berlangsung beberapa hari bukan hilang malah tambah ngilu setiap harinya pipis terus juga keputihan yg biasa nya jika dekat hari haid bukan puting yg sakit tapi payudara biasanya yg sakit,,karna keputihan itu sy lalu ke dokter diagnosa dokter tidak masalah dengan keputihan sy hanya infeksi saluran kencing makanya pipis terus,,

dokter pun meresepkan obat tapi ketika obat itu sy tebus dirumah sy ragu untuk meminumnya entah kenapa sy ragu,,sampai hari haid sy tiba tgl 18 hingga sore haid itu tdk muncul dengan hati yang yakin sy minta suami belikan tespack...

semalaman sy kurang nyenyak tidur sebentar2 sy cek celana dalam takut ada darah haid tapi tidak ada,,tepat nya jam 4subuh dengan hati berdebar sy selupkan tespack di urine sy terlihat garis tegas satu garis lalu tespack itu saya taruh di di atas penampungan urin dengan posisi datar,sambil sy melanjutkan bersih2..ketika sy lirik lagi tespack nya subhanallah ada dua garis samar tapi samar yg bisa dilihat dari kejauhan..

air mata sy menetes menatap tidak percaya pada tespack itu saya bawa saya simpan dengan hati yang berbunga saya perlihatkan hubby tersayang berharap hubby memasang muka terkejut dan memeluk sy,,tp harapan sy meleset hubby cuma melihat tespack itu dan bergumam dijaga baik2 to..hello hello padahal kan sy nunggu adegan peluk2kan dan hubby kecup kening sy dan berkata makasih ya miih papii seneng bngt dan lalu sy menangis bahagia dipelukan hubby huaaaaa ngayal hehehe ,,yg jelas hubby sy memang sok cuek tp sy tau hubby seneng apalagi saat sy tes di sore hari dan besok terus menerus garis nya makin tegas...

sampai akhirnya dokter menyatakan selamat bu kandungan ibu diperkirakan sudah 4minggu subhanallah bahagia sekali hati sy...

semoga nanti khayalan sy dipeluk hubby jadi kenyataan pas dirumah..hehehe masih ngarep..
walaupun kenyataan nya sy sLah lagi hahaha sedih yaa...punya hubby super cuek tp sy bersyukur jika perhatian dan cintanya sangat besar selama ini hubby mendampingi sy tanpa mengeluh
...
itulah bunda pengalaman sy jadi kalau keberhasilan sy karna program apa sy juga tdk tau karna banyak program yg sy lakukan...tapi yg sy yakin ini kehendak allah dan allah akan memberi ketika kita umat nya telah siap menerima titipan nya,,perjuangan sy adalah pelajaran untuk sy menjadi ibu yg baik dan pengalaman ketika kita mendapat sesuatu dengan sebuah perjuangan nikmat nya teramat indah.semoga bunda2 semua yang sedang mendambakan momongan segera diberikan oleh allah,dan semoga kandungan sy lancar hingga melahirkan nanti sehat baby nya tentunya mommy nya juga hahaha ,,,semoga pengalaman sy menjadi penguat dan semangat untuk bunda yang sedang program baby.assalamualaikum


   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
ikut share ya bun..d artikel info bunda ada ko bun gmn spya bs pnya anak cwe..slh 1'ny saat berhubungan usahakan jgn pda saat bunda lg masa subur..+-3 hari sebelum masa subur..
   


22-05-2011 07:47:06 pengen hamil
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
pak kanehiro,,,
wah kebetulan tuh pak,,,
pokoknya tetep semangat  yach pak,,,

oh ya,,, kalo memang mau program,,, kalo bisa ketemu nya saat istri bapak pada masa subur,,, atau 1-2 hari sebelum ovulasi,,,, insya allah kalo rezeki bisa cepet jadi pak,,,

   
Jumlah Posts : 105
Jumlah di-Like : belum ada like
habis browsing nemu ini bun terus aku share deh
semoga bermanfaat ya bund<<
10 Jurus Cepat Hamil Proses kehamilan melibatkan sejumlah faktor: usia, keturunan, anatomi organ tubuh, kondisi kesehatan fisik dan mental, serta waktu yang tepat. Sejumlah kiat berikut diharapkan membantu mewujudkan keinginan Anda dan pasangan untuk cepat-cepat punya momongan. Selamat mencoba!
  1. Pola makan harus sehat. Dari lahan yang baik akan dihasilkan hasil panen yang baik pula. Tingkatkan konsumsi sayuran, buah-buahan, dan air putih untuk kelancaran proses metabolisma tubuh Anda. Bila perlu, konsumsi suplemen, misalnya 0,4 mg setiap hari selama 3-4 bulan sebelum hamil, akan menurunkan risiko janin menderita gangguan tabung saraf, misalnya spina bifida sebesar 70%. Pola makan sehat dan bergizi seimbang juga membantu Anda menjaga berat badan tetap dalam kisaran normal.
  2. Tinggalkan  kebiasaan buruk. Tubuh Anda juga harus bebas dari berbagai senyawa kimia yang dapat mengganggu proses pembuahan sel telur oleh sel sperma, dan proses tumbuh kembang janin kelak. Tinggalkan rokok dan minuman beralkohol. Kebiasaan merokok, misalnya, terbukti meningkatkan risiko keguguran.  
  3. Kompak! Selain calon bunda, calon ayah pun harus prima kesehatannya. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sel-sel sperma, calon ayah sebaiknya menghindari pakai celana dalam yang ketat dan terbuat dari bahan sintetis, mengurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi, dan berhenti merokok.
  4. Bergerak.  Olahraga maupun aktivitas fisik lainnya yang dilakukan rutin, selain membuat tubuh jadi bugar, juga menjaga kestabilan berat badan. Sebab, kelebihan berat badan pada wanita akan menyebabkan produksi hormon estrogennya berlebihan sehingga mempersulit kehamilan. Sementara pada pria akan menurunkan jumlah dan kualitas sel sperma.
  5. Berjemur.  Kecukupan vitamin D di dalam tubuh mempengaruhi tingkat kesuburan pria maupun wanita. Para pria dengan kadar vitamin D di bawah normal, terbukti meningkatkan kadar sejenis asam amino di dalam darah, yakni homosistein, yang bisa mengganggu proses pembentukan sel-sel baru, termasuk sel sperma. Hal serupa terjadi pada wanita. Selain mengonsumsi makanan atau minuman sumber viatamin D, kebutuhan vitamin ini juga bisa dengan berjemur di pagi hari selama kurang lebih 20 menit.  
  6. Bebas Infeksi. Penyakit infeksi, seperti tosksoplasma dan penyakit menular seksual, yang tidak diobati dapat menghambat terjadinya kehamilan. Untuk memastikan Anda bebas dari berbagai penyakit infeksi yang mungkin tidak Anda sadari, periksalah kondisi kesehatan organ reproduksi Anda ke dokter kandungan. Apalagi, bagi Anda yang belum juga dikaruniai momongan setelah setahun menikah. Anda juga dapat meminta saran jenis-jenis vitamin apa saja yang perlu dikonsumsi untuk meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.
  7. Cek masa subur. Hubungan intim sebaiknya dilakukan pada saat Anda dalam masa subur atau masa dimana sel-sel telur di dalam indung telur (ovarium) sudah matang dan siap dibuahi.
  8. “Intim” sebelum masa subur. Begitu masuk ke dalam tubuh Anda, sel-sel sperma sebaiknya langsung bertemu dengan sel-sel telur yang sudah matang. Karena itu, hubungan intim sebaiknya dilakukan tepat sebelum masa subur tiba, atau menjelang masa subur, sehingga sel-sel telur matang memiliki kemungkinan besar untuk dibuahi. Ini mengingat sel-sel telur hanya bertahan 24 jam, dan bila tidak dibuahi akan keluar sebagai haid.   
  9. Posisi tepat. Pilihlah posisi hubungan intim yang memungkinkan Anda berfungsi sebagai “mangkuk” yang menampung sel-sel sperma. Posisi Anda di bawah dan pasangan di atas adalah pilihan tepat. Bila perlu, letakkan bantal di bawah panggul untuk memudahkan Anda bertahan pada posisi tersebut, paling tidak selama 20-30 menit. Jangan langsung bangun dan berdiri begitu selesai berhubungan intim.
  10. Cukup 3 kali seminggu. Pria kadangkala membutuhkan jeda sekitar 3 hari sebelum tubuhnya mampu menghasilkan sel-sel sperma dalam jumlah yang optimal untuk melakukan pembuahan. Untuk itu, hubungan intim tidak perlu dilakukan setiap hari karena justru akan melemahkan sel-sel sperma yang dihasilkan. Jadi, hubungan intim sebanyak 3 kali dalam seminggu sudah cukup. Nikmati saja dan bersikaplah santai.


   
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like
@Bunda mayang,

aku dari sebelum masa subur udah minum susu prenagen yg rasa coklat.. krna aku lebih suka yg coklat bun. kl aku yang penting warnanya, rasanya biar rasa vanilla tp warna coklat, gpp. hehehehhee..

@Bunda Wanti, boleh juga usulnya USG Transvaginal.... USGnya biar baru 4 minggu bisa ya bun?
   
18-01-2018 20:33:33 keguguran usia 8 minggu
Jumlah Posts : 61
Jumlah di-Like : belum ada like
Semoga cepet hamil lg bund,, tunggu haid berikutnya trus lihat masa subur bund hb sebelum masa subur bund, InsyaaAlloh hamil lg kl mmg pas subur
   
28-12-2017 15:10:00 folavit untuk promil
Jumlah Posts : 61
Jumlah di-Like : belum ada like
bund rizky prenagen esensis aja, sama perhatikan masa subur,, kl bisa hb nya sebelum masa subur jd krna Sperma bs brtahan 3-7 hari di dalam rahim jd pas ada sel telur matang bisa lgsung di buahi,, jgn tepat masa Suburny takut nya telat sdh gugur duluan sel Telurny,, sy promil pke prenagen esensis 1bln Alhamdulillah lgsung jd
   
24-08-2016 13:02:21 tidak tau hitung masa subur
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Siang dok,saya terakhir mens 30 juli 2016-6 agustus.. saya berhubungan intim dengan suami tgl 14 agustus.. Apakah saya pada saat itu sedang dalam masa subur? soalnya jujur kami belum ada rencana nambah momongan karena anak bungsu ku masih usia 1,5 tahun.. yang pasti gak flek sama skali..apakah ada solusi untuk menggagalkam kehamilan ? mohon pencerahannya..
   
22-04-2016 07:03:12 program hamil
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
pagi dokter sya mau bertanya mens saya cm 3 hari, dan saya menikah sudah 6 th saya mash belum dikarunia momongan.. dan saya mau tanyakan bila saya mau periksa HSG itu harus masa subur atau sebelum masa subur ya dok... dan selain pemeriksaan HSG ada pemeriksaan yg lain gakbya dok. seperti SIS. terima kasih
   
10-03-2016 22:22:56 cara cepat hamil
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Enda hairstyle,

Masa subur memang salah satu tandanya adalah keluarnya lendir dari mulut rahim. Pada awalnya lendir ini akan terlihat kental, putih dan keruh, terasa lengket serta sedikit pekat warnanya. Tampilan lendir menyerupai putih telur mentah. Semakin hari lendir semakin banyak keluar dan perasaan licin dan basah pada vagina. Lakukan tes untuk membedakan keputihan dengan lendir masa subur, dengan cara cek elastisitas lendir dengan menjauhkan telunjuk dengan ibu jari, jika lendir tidak putus atau elastis, maka saat itu sedang berlangsung masa subur. Gunakan kesempatan untuk berhubungan intim, apabila menginginkan terjadinya kehamilan.

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
sy dulu pke kb suntik 3 bulan dan belum pernah haid sampai 1,5 th,, trs sy lgsg ganti ke pil kb 3 hari sblum tgl suntik..bsok minum pil plasebo tp belum ada tnda2 mo haid,,bolehkah berhubungan saat minum pil plasebo?krna memang sy belum dpt haid
   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Feny apriani Usri,

Banyak faktor yang dapat menyebabnya timbulnya keluhan nyeri pada puting payudara, antara lain faktor hormon pada saat menstruasi, faktor kehamilan, masa subur, serta adanya infeksi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter, agar dapat diketahui secara pasti penyebab timbulnya keluhan, agar terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.