SITE STATUS
Jumlah Member :
493.713 member
user online :
817 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah menyebu bayi dengan air aqua

New Topic :  
22-08-2011 23:40:41 takaran susu untuk bayi
Jumlah Posts : 516
Jumlah di-Like : 7
Haluuuu....dah lama gak buka ..yg sharing uda byk yuaaaaaaaaaa...hehehe...
Thanx ya bun bun...ternyata gak cuma aq aja ya..yg minumin sufor ke anak..gak hrs sesuai takaran.. babyku yg umur 2 bln seharusnya minum 180 ml (dlm petunjuk di dus sufor)...tp my baby aq kasih cukup 60 ml aja..kadang 120 ml...pemberian jg paling sehari 2-3x..selebihnya ASI. Dulu waktu my baby baru lahir usia sampai 1 bulan jg aq kasih 30 ml..(bayi NB udah cukup kenyang mnum sbyk itu).

@rosie amalia: babyku jg pernah BAB berwarna kehijauan tekstur spt selai...sy rasa itu gpp ya bunda...yg penting gak cair bgt/mencret..tp setelah 2 bulan ini pup babyku berwarna normal,,kuning..babyku skrng  BAB jg jarang..2 hr skali....(bahkan ada yg BAB seminggu skali) katanya itu wajar...utk lbh jelas,,,coba konsul dokter bunda...

@okha: maaf sblmnya...koq pake air Aqua bun?? dr buku yg sy baca....sufor bayi jangan dicampur dengan air Aqua bun...krn kadar garam mineralnya tidak cocok untuk bayi. diberikan dengan air matang/mendidih saja bunda....maaf klo kurang membantu.

Thanx buat sharingnya bunda....


salam, 

bunda Raynoa..
   


07-10-2015 08:48:09 Kolik Infantil
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Kolik infantil biasanya dimulai sekitar 2 sampai 3 minggu usia bayi anda, mencapai puncaknya pada 2 bulan.

Penyebab kolik tidak diketahui dengan pasti, beberapa teori mengatakan :

  • Kolik disebabkan belum matangnya sistem pencernaan bayi useia di bawah tiga bulan, sehingga sebagian zat makanan tidak diserap.
  • Kolik disebabkan belum matangnya sistem susunan syaraf pusat sehingga bayi merespons secara berlebihan terhadap rangsangan dari luar.
  • Kolik disebabkan alergi terhadap susu sapi.(jika anak bunda menggunakan sufor)

cara mengatasinya,tapi tiap anak tidak sama

  • Usahakan Orang tua untuk lebih tenang
  • Pastikan dulu tidak ada penyebab lain bayi menangis, misalnya lapar, haus, lelah, mengantuk, ingin dipeluk, kedinginan, kepanasan, atau nyeri.
  • Jika bayi mengkonsumsi ASI, sebaiknya Ibu bayi tidak mengkonsumsi dairy product, bawang merah, kubis, brokoli, makanan berbumbu, kafein, kacang merah dan makanan lain yang menghasilkan gas.
  • Jika bayi mendapatkan susu formula, konsultasikan dengan dokter, kemungkinan dokter akan menyarankan untuk mengganti susu dengan susu formula bebas laktosa atau rendah alergi, hindari menelan udara dari botol, jika bayi tampak kembung, sendawakan sesering mungkin.
  • Jangan memberi minum susu atau menyusui secara berlebihan.
  • Buat lingkungan bayi setenang mungkin, pencahayaan yang terang pada kamar bayi, hindarkan suara yang keras atau ribut.
  • Bungkus bayi dengan selimut, gendong serta ayun dengan perlahan.
  • Ajak bayi berjalan-jalan.
  • Mandikan bayi dengan air hangat, atau letakkan botol berisi air hangat di perut bayi, usap atau pijat perut bayi secara perlahan.
  • Beberapa bayi menyenangi suara ritmik, suara-suara tersebut bisa menenangkan bayi.
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bayi bunda sulit tidur? Gini caranya bunda biar si kecil bisa tidur nyenyak dan lelap :

  1. Atur lampu tidur dengan cahaya redup biar bayi gak kaget kalau dia tiba-tiba kebangun
  2. Baju tidur bayi jangan terlalu ketat, pilih dari bahan katun yang nyaman agar dia leluasa gerak
  3. Gendong bayi di gendongan sambil diayun perlahan dan nyanyikan lagu lembut pegantar tidur
  4. Tidurkan bayi dalam dekapan ayahnya. Letakkan bayi di dada dengan kepala bayi di depan leher ayah dan dagu ayah di atas kepala bayi
  5. Beri pijatan di beberapa bagian tubuhnya
  6. Bebaskan tempat tidur bayi dari benda-benda yang dapat menutup wajahnya
  7. Lakukan ritual menjelang tidur, seperti menyeka tubuh bayi dengan air hangat, ganti popoknya dengan popok yang berbahan lembut dan tidak membuat iritasi di kulit, ganti pakaiannya dengan bahan katun yang menyerap keringat dan nyaman di kulitnya, redupkan lampu, dan nyanyikan lagu lembut pengantar tidur.
  8. Ajar dia dengan jam tidur siang dan malam, dan harus konsisten pada jam tidur siang dan malam hari, jangan diubah atau diacak hanya karena bunda ingin lebih banyak waktu bersamanya.

Note : perkembangan otak bayi ibarat komputer yang menyaring ribuan kejadian menjadi pola kebiasaan. Jadi biasakan dia dengan kebiasaan yang baik karena ini akan berlaku sampai dia dewasa kelak.

sumber : ayahbunda

   


Jumlah Posts : 126
Jumlah di-Like : 1

Anion Faucet Filter
*Menghilangkan klorin/kaporit
*Menghilangkan kotoran di dalam air
*Menghilangkan logam berat
*Menghasilkan air energi (BIO)
*Menghilangkan bau
*Menghemat air
*Anti bakteri

Fitur Produk:
-Hemat air
-Semua bahan memenuhi standar kemanan sistem penyaringan air internasional seperti SGS, FDA, SNF, CE
-Cara pasang dan penggantian yang mudah
- Bisa dipakai di berbagai jenis keran
-Pemakaian filter bertahan antara 8-10 bulan dengan rata2 aliran air 60 liter per hari.

Untuk bunda2 yg punya bayi,, jika mencuci botol bayi dengan air yg dialiri dari faucet filter ini, tdk perlu di sterilizer lagi. Sudah steril.

Untuk info lebih lanjut, add pin saya di 2675A7D6 ato sms/call di 0811981662

Makasiih...

-Yuni, ibunya alisha, rifqy rafif-

   
25-10-2011 11:14:05 tips saat bayi baru lahir
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

1.    Saat bunda akan memandikan sikecil, pastikan anda telah menyiapkan semua kebutuhan mandi sikecil dengan lengkap.

2.    Setelah semua persiapan lengkap, pastikan anda meletakkan semua keperluan tersebut di dekat tempat anda memandikan bayi. Lebih baik anda mematikan AC saat memandikan sikecil, agar hangat dan nyaman bagi sikecil.

3.    Gunakan air hangat saat memandikan sikecil ya bun, agar bayi tetap hangat dan nyaman saat dimandikan.

4.    Cek suhu air, agar air tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk bayi anda. Buka semua pakaian sikecil kecuali perban yang membungkus tali pusar sikecil. Usapkan baby oil sambil member pijatan lembut.

5.    Pastikan anda memegang bayi anda dengan kuat namun lembut agar tidak terpeleset saat menyabuni dan mengeramasi sikecil.

6.    Jika anda belum berani memandikan bayi anda dengan 1tangan, anda bisa menggunakan waslap dan meletakan sikecil di alas mandi dr plastic yg empuk. Bersihkan dengan lembut karena kulit bayi masih sensitive dan mudah iritasi. Bersihkan bagian lipatan leher, tangan dan kaki bayi, karena mudah menimbun kotoran.

7.    Bilas hingga benar-benar bersih seluruh bagian kulit bayi anda. Keramas pada bayi hanya diperlukan 2x seminggu dengan shampoo bayi. Bilas hingga bersih dan hati-hati jangan sampai air masuk ke telinga.

8.    Setelah selesai, langsung letakkan bayi anda diatas handuk dan dilap dengan cara ditekan-tekan tidak perlu digosok. Ganti perban pembalut tali pusar sikecil, kemudian usapkan menyak telon agar tetap hangat, taburi bedak bayi. Pakaikan baju, popok, kaus tangan dan kaki.

9.    Simpan perlengkapan mandi sikecil dalam 1kotask, agar memudahkan anda.

10. Jika bayi anda tidak suka dibersihkan wajahnya, jadi anda boleh membersihkannya di waktu yg terpisah.

11. Jika bayi anda sudah bisa didudukan, anda bisa menambahkan mainan di bak mandi agar dapat menikmati saat mandinya.

12. Usahakan tidak memandikan bayi ketika baru selesai makan atau minum susu, karena dy bisa muntah.

13. Jangan melepaksan tangan anda selama memandikan sikecil, karena akan tergelincir dan tenggelan walau air hanya setinggi 5cm

14. Pastikan air tetap hangat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

15. Pastikan anda menggunakan produk khusus bayi bukan produk orang dewasa, karena kulit bayi sangat sensitive.

16. Usahakan perban tali pusar tetap kering, untuk menghindari infeksi. Jika anda kesulitan, sebaiknya anda tidak memandikan sikecil didalam bak mandi dahulu.

17. Bersihkan terlebih dahulu bagian mata dengan kamas yg terendam air matang.dari arah ujung mata hingga kea rah hidung. Bersihkan pula lubang hidung dengan cotton buds yg telah telah d celupkan ke air bersih. Jangan memasukkan cotton buds terlalu dalam, dan pakai kapas yg berbeda tiap lubangnya.

18. Bersihkan juga telingan sikecil dengan cotton buds yg sudah diberi baby oil. Jangan masukkan cotton buds terlalu dalam. Bersihkan bagian luar telinganya saja.

19. Setelah mandi, jika cuaca memungkinkan, ajaklah sikecil berjalan-jalan atau berjemur dibawah sinar matahari pagi.

20. Usaplah wajah dengan air matang agar terhindar dari infeksi kulit.

21. Perhatikan mulut sikecil. Jika pada lidah tampak seperti bekas susu yg tebal, mungkin sikecil terkena jamur mulut, segera konsultasikan dengan bidan anda.

22. Pastikan anda menjaga kebersihahan kulit sikecil setelah buang air. Bersihkan dengan air hangat, kemudian lap sampai kering dengan kain yg halu.

23. Ganti perban tali pusar 2x sehari. Pastikan tali pusar tidak basah dan infeksi. Tali pusar yg sehat akan lepas setelah umur 6-7 hari.

24. Ganti popok tiap kali basah karena sikecil buang air. Bersihkan bokong bayi dengan air hangat dan keringkan, agar kulit tidak infeksi dan lecet.

25. Mandikan bayi 2x sehari saja ya bun. Pada bulan pertama, bayi akan sering lapar hingga menangis. Jadi anda harus menyusui sesering mungkin.

26. Pada minggu pertama bayi, anda tidak perlu menjadwalkan jam makan sikecil. Berilah ia makanan sesering mungkin. Penjadwalan akan terbentuk kira-kira minggu ke 5. #Avent

27. Buang air sikecil pun terjadwal. Semakin sering ia buang air itu bertanda ia cukup makan. Jangan tunda mengganti popok sikecil agar kulit tidak iritasi.

28. Perhatikan juga air seni dan feses sikecil, karena itu juga bisa menjadi alat ukur kesehatan sikecil.

29. Pastikan sikecil menggunakan pakaian yg nyaman. Tidak membuatnya gerah, atau kedinginan.

30. Sepatu dan topi untuk bayi juga bermanfaat untuk mencegah masuk angin. #Avent

31. Bijaksanalah dalam memilih perlengkapan bayi seperti shampoo, sabun, lotion, oil. Pakailah produk yg telah teruji secara klinis.

32. Perhatikan penggunakan kosmetika pada sikecil. Jika kulit menimbulkan bercak merh, segera hentikan penggunakan kosmetika tersebut.

33. Juga perhatikan pelembut pakaian yang digunakan untuk pakaian sikecil. Bahan kimia yg terlalu kuat bisa menyebakan iritasi kulit pada bayi.

34. Bayi cenderung mengamuk saat pakaian dilepaskan, mandi, keramas, dan pemberian obat tetes mata dan hidung, maka lakukan kegiatan tersebut dengan cepat namun aman. Alihkan perhatian sikecil dengan mengajak bercakap-cakap.

35. Tetap jaga suhu ruangan tempat bayi bermain dan tidur. Pastikan tidak terlalu panas atau dingin, hal ini dapat mengurangi tangisan sikecil.

36. Tidak dianjurkan obat pembasmi serangga di kamar bayi anda, kiarena racunnya bisa menempel di barang-barang bayi.

37. Mainan untuk sikecil tidah hanya untuk menghibur sikecil, tapi juga mengenalkan bayi pada barbagai bentuk dan melatih otot mata agar lebih focus.

38. Pilihlah mainan bayi yg berwarna cerah. Mainan bergerak dan berbunyi yg digantung ditempat tidur dapat merangsang pendengaran danpenglihatamn sikecil.

39. Total waktu yg diperlukan untuk bayi tidur adalah 16jam. Jadi pastikan bayi anda memiliki tidur yg efektif dan nyaman ya bun. Kenali penyakit bayi baru lahir, seperti kuram popok, hidung mampet, infeksi mata, lidah berjamur, dan demam pasca imunisasi. Cepat cari tahu dan atasi.

40. Bunda, jaga mood dan kondisi suasana hati anda, karena perasaan bayi yang halus membuat bayi dapat merasakan perasaan anda. Dan dia bisa ikutan rewel.

41. Warna kuning yang keluar dari ASi pertama kali tidak boleh dibuang, karena mengandung protein dan antibody yang menmbuat bayi lebih kuat menghadapi penyakit.

42. Ibu yang karena suatu hak tidak bisa menyusui bayinya dalam beberapa waktu tdk perlu ragu untuk menyusui bayi lagi, karena ASi tidak dapat basi seperti susu formula.

43. ASI bersifat lebih mudah dicerna, sehingga bayi cepat lapar, 1-3jam sekali.

44. Simpan ASI dalam Freezer bisa bertahan selama 2minggu-4 bulan, dalam suhu kamar 4-8jam dan lemari pendingin 24-48jam. Jadi catat tanggal dan waktu pemerasan ya bunda.

45. Saat hendak diberikan, ASI jangan dipanaskan karena kandungan ASI bisa rusak. Cukup dengan merendam ASI ke air hangat hingga ASI tidak dingin lagi.

46. Menangis adalah salah1 cara komunikasi sikecil dgn kita bun, jadi tidak selalu krn lapar. Mungkin Karen popok basah atau tidak nyaman saat menyusui.

47. Mungkin sikecil nangis juga sebagai poeringatan bahwa sedang tidak sehat, coba cek kondisi sikecil ya bun.

48. Sikecil yang kangen sama bunda dan ayah yang sibuk kerja juga suka menggunakan tangisan untuk menarik perhatian anda loh. Mari bermain bersama sikecil.

49. Ajaklah sikecil untuk bermain atau berjalan-jalan untuk menenangkan sikecil yang sedang menangis.

50. Jangan ragu untuk segera menimang atau menggendong sikecil segera setalah ia menangis. Menurut penelitian, hal ini dapat membuat sikecil lebih mandiri nantinya.

51. Untuk menurunkan demam anak lebih baik menggunakan kompresan air hangat daripada air dingin. Jangan menggunakan alcohol ya bun.

52. Perhatikan feses sikecil ya bun, selama mengkonsumsi ASI, fesesnya akan cair dan seperti berbiji. Feses baru berbentuk ketika usia diatas 4bulan.

53. Perbanyak pengetahuan tentang pola tingakah laku sikecil ya bunda, agar bunda bisa mengetahui masalah sikecil sejak dini.

54. Gejala autism dapat diketahui sejak dini, pencegahan dari awal lebih baik bunda.

55. Tetap perhatikan berat dan tinggi badan sikecil ya bun, bagitu juga lingkar kepalanya.

56. Jangan terlalu sering memberikan antibiotik pada bayi ya bun, apalagi hanya penyakit ringan.

57. Pastikan anda sudah menjadwal imunisasi sesuai dengan anjuran dokter ya bun, jangan sampai terlambat.

58. Saat ini sudah ada vaksin 5 in 1 bun, jadi sikecil tidak terlalu banyak disuntik dan tidak demam yang terlalu tinggi dan jarang bengkak.

59. Pastikan teman anda yang ingin menengok sikecil sudah bersih saat berinteraksi dengan sikecil. Dan juga pastikan mereka tidak sedang sakit.

60. Kenakan baju bayi sesuai cuaca agar sikecil tidak kepanasan atau kedinginan.

61. Jangan biarkan anak anda bermain dengan kunci, karenan mereka akan cenderung memasukkannya ke dalam mulut. Sedangkan kadar timah terlalu tinggi dapat menyebabkan penurunan IQ.

62. Biasakan bayi tidur dalam posisi terlentak diatas selimut yg tidak terlalu lembut atau mudah bergeser. Hal ini untuk mengurangi resiko SIDS(Sudden Infant Death Syndrome)

63. Untuk member dosis pada anak sebaiknya sesua saran dokter karena untuk sikecil tidak bisa sembarangan.

64. Jangan biarkan ada barang berbahaya disekitar sikecil ya bun. Pastikan anda menyimpannya dengan baik.

65. Tidak semua yang alami itu aman bagi anak anda. Konsultasikan lebih dahulu ke dokter anda sebelum memberikannya kepada anak anda.

INFO

   


22-07-2011 16:35:59 air ketuban sedikit
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok....saat ini usia kehamilan saya memasuki 21 minggu, 1 minggu yang lalu saya kontrol ke dokter kandungan, dari hasil USG di ketahui bahwa air ketuban saya sedikit sekali, dan usia janin saya saat itu masih 4,5 bulan.
Pertanyaan saya :
1. apa penyebab air ketuban sedikit
2. apakah ada pengaruh perkembangan bayi dengan air ketuban yang sedikit
3. apa yang harus saya lakukan sehingga bisa menambah volume air ketuban
4. Kenapa bayi saya perkembangannya agak terlambat?

terima kasih banyak untuk waktu dan informasinya Dok

Dari : Endah Rahmaniarti

Jawaban:

Dear Bunda,

Pada kasus oligohydroamnion (air ketuban dengan jumlah sedikit) berhubungan dengan keadaan pecahnya selaput ketuban, kelainan bawaan pada saluran ginjal atau saluran kemih janin, produksi urine yang berkurang pada janin dalam waktu yang lama, hamil lewat waktu (post term). Pengaruhnya terhadap janin adalah adanya resiko gangguan perkembangan janin dan pergerakan janin di dalam rahim, adanya kesulitan dalam persalinan, maka itu di sarankan untuk operasi Caesar. Untuk menambah volume air ketuban, di sesuaikan dengan keadaan bunda, saat ini cegahlah keadaan dehydrasi dengan meminum cukup cairan, dokter akan mengusulkan pemberian infuse atau cairan amnion tambahan apabila sangat dibutuhkan. Demikian jawaban saya.
   
09-12-2007 00:23:18 DUNIA BAYI
Jumlah Posts : 368
Jumlah di-Like : 1
BAYI TAK BOLEH DIPAKAIKAN GURITA
Begitu kata dokter, kebalikan dari kebiasaan yang terjadi selama ini. Memang, tak sedikit kebiasaan turun- temurun dalam merawat bayi yang bertentangan dengan dunia medis. Bagaimana kita menyikapinya?



Dalam merawat sang buah hati, hampir bisa dipastikan kita akan "dihujani" oleh segala macam nasihat ataupun larangan dari lingkungan, entah kakek-nenek, orang tua, kaum kerabat, maupun tetangga. Umumnya, nasihat/larangan tersebut merupakan kebiasaan-kebiasaan praktek perawatan bayi yang bersifat turun-temurun.


Namun, "seringkali nasihat dan larangan tersebut tak bisa diterima akal sehat, meskipun ada pula yang kedengarannya masuk akal," ujar dr. Eric Gultom, Sp.A. dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo dalam cara Ibu Bayi dan Balita di ANTeve, kerja sama nakita dengan PT Endrass Perdana. Misalnya, bayi tak boleh digendong dengan kedua tungkai memeluk tubuh ibu agar kelak tungkainya tak pengkor, bengkok, atau melengkung. Begitu pula dengan nasihat untuk membedong bayi agar kelak bentuk kakinya jadi bagus.


"Kedengarannya memang masuk akal bahwa cara menggendong dengan posisi demikian mungkin saja akan menyebabkan pengkar. Apalagi pada kenyataannya, saat lahir, tungkai bayi memang penampilannya bengkok atau melengkung," tutur Eric yang juga berpraktek di RSIA Lestari, Cirendeu dan RS Medistra. Tapi, lanjutnya, bila dijelaskan dengan cara lain, akan tampak penjelasan tersebut kurang masuk akal.


Semua bayi, tutur Eric, kakinya memang akan tampak melengkung ketika lahir. Pasalnya, rongga rahim sangat terbatas ruangnya. Nah, agar si bayi cukup dalam rongga rahim, posisinya harus sedemikian rupa sehingga kedua tungkai dalam posisi bersila dan melengkung ke atas. "Tentunya dalam posisi demikian selama 9 bulan, akan menyebabkan kedua tungkai penampilannya melengkung ketika lahir." Selain itu, tulangnya masih lebih lunak dan sedang bertumbuh sehingga gampang sekali terbentuk melengkung.

Kendati demikian, tungkai yang melengkung ini berangsur-angsur akan lurus kembali sejalan dengan pertumbuhan bayi. Kecuali bila ada faktor genetik dimana salah satu orang tua penampilan tungkainya tak lurus atau melengkung, akan diturunkan pada anaknya. Jadi, tukas Eric, "melengkung tidaknya tungkai tak tergantung posisi ketika menggendong bayi." Begitupun bila bayi tak dibedong, kakinya akan tumbuh lurus sesuai potensi genetik yang dimilikinya.


MEMBAHAYAKAN BAYI


Berbagai praktek perawatan bayi yang mengikuti kebiasaan-kebiasaan turun-temurun ini, menurut Eric, seringkali bukan hanya kurang dapat diterima dasar ilmiahnya, tapi juga bisa merugikan. Misalnya, pemakaian gurita untuk bebat perut bayi. Kata orang, supaya bayi jangan masuk angin." Ada pula yang bilang, agar perutnya enggak besar dan pusarnya enggak bodong.

Dalam dunia medis, tuturnya, tak dikenal istilah masuk angin. "Istilah ini mungkin maksudnya aerophagia , yaitu bayi banyak mengandung udara di lambungnya sehingga terlihat kembung. Hal ini bisa disebabkan bayi menangis lama atau cara minum susu botol kurang betul." Jadi, Bu-Pak, sama sekali tak ada kaitannya dengan pemakaian gurita.


Begitupun dengan perut besar dan pusar bodong. "Besar kecilnya perut ditentukan oleh ketebalan kulit, lemak kulit, dan otot perut yang sanggup menahan daya dorong isi perut atau usus keluar. Secara alamiah, usus, kan, berusaha mendorong keluar," terang Eric. Nah, pada bayi, lanjutnya, kulit maupun lemak dan ototnya masih tipis karena belum tumbuh, sehingga belum mampu menahan ususnya yang mendorong keluar. Jadilah si bayi kelihatannya seperti kembung, perutnya agak besar. "Nanti, bila kulit dan lemak serta ototnya sudah lebih tebal, akan lebih sanggup menahan daya dorong tersebut." Jadi, tak akan gendut lagi, kecuali kalau makannya memang banyak.


Sama halnya dengan pusar bodong, "Bila perutnya membesar, tentu pusarnya akan menonjol, dong," tukas Eric. Tak demikian halnya setelah ketebalan kulit, lemak kulit, dan ototnya bertumbuh menjadi lebih tebal. Jadi, bukan lantaran dipakaikan gurita maka pusarnya jadi enggak bodong. Jikapun si bayi sampai punya pusar bodong, menurut Eric, karena bagian dari puntung tali pusatnya memang sejak awalnya sudah lebih besar. "Jadi, sejak lahir pusarnya memang sudah bodong, bukan karena tak dipakaikan gurita."

Pemakaian gurita, tutur Eric lebih lanjut, sebenarnya justru dapat merugikan bayi. "Bayi jadi kepanasan dan banyak keringat sehingga bisa mengalami keringet buntet di bawah lapisan gurita." Selain itu, bila pemakaian gurita terlalu ketat, "akan mengganggu gerak pernafasan bayi." Soalnya, bayi bernafas lebih dominan menggunakan gerak pernafasan perut. Jadi kalau kita bebat dia erat-erat di bagian perut, tentu akan mengganggu pernafasannya."


Contoh lain dari kebiasaan turun-temurun yang membahayakan bayi ialah membubuhkan bahan-bahan tradisional pada tali pusat yang belum puput. Hal ini bisa menimbulkan infeksi. "Perawatan tali pusat cukup dilakukan dengan menggunakan alkohol 70 persen," ujar Eric. Sebab, alkohol 70 persen dapat membunuh kuman dan mencegah berkembang-biaknya kuman, sehingga tali pusat pun terhindar dari infeksi.


Masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan turun-temurun yang sampai sekarang masih sering dijumpai dalam praktek perawatan bayi sehari-hari. Saran Eric, sebaiknya Bapak dan Ibu tanyakan dulu kepada dokter, apakah ada bahayanya bagi bayi Anda. Bila tidak, prakteknya terpulang kepada Bapak-Ibu sendiri sebagai orang tua si bayi.






Julie Erikania




ANEKA KEBIASAAN TURUN-TEMURUN PERAWATAN BAYI


*ASI

ASI harus dibuang dulu sebelum menyusu. Alasannya, ASI yang keluar adalah ASI lama (basi).


ASI tak pernah basi! Biasanya yang dimaksud dengan ASI lama adalah ASI yang berwarna kekuningan dan kental; penampilannya memang seperti cairan tak segar. Padahal, ASI kekuningan tersebut yang paling baik mutunya. "Kandungan nutriennya paling tinggi dan memang diperolehnya pada tetesan ASI paling awal," jelas Eric Gultom.


Warna dan penampilan ASI putih keruh serta encer sering pula diasumsikan sebagai ASI kualitas jelek. Hal ini sama sekali tak benar! "Warna dan kejernihan ASI sangat tergantung bahan nutrien yang terkandung di dalamnya," jelasnya lagi. Perlu diingat, tak ada ibu yang mempunyai ASI seputih dan seindah penampilan susu formula. Namun begitu, kualitas ASI tak dapat ditandingi oleh susu formula manapun.


Usai melahirkan, ibu harus makan ayam arak agar tubuhnya hangat dan ASI-nya banyak atau minum jamu-jamuan untuk kesegaran ibu.


Hal ini justru berbahaya karena sering berpengaruh terhadap kandungan nutrien ASI dan menyebabkan bayi kuning. Kandungan dalam ayam arak -mungkin araknya- dan jamu-jamuan, menurut observasi dokter dan para bidan, seringkali berkaitan dengan timbulnya kuning pada bayi, suatu keadaan yang secara medis disebut ikterus atau hiperbilirubinemia. "Bila kadar kuningnya tinggi, dapat membahayakan bayi karena, bahan kuning ini bukan hanya akan melekat di mata maupun kulit sehingga jadi kuning, tapi juga di sel-sel otak," terang Eric.


* MEMANDIKAN BAYI


Bayi harus dimandikan dengan air hangat agar tak masuk angin.


Memandikan bayi dengan air hangat tak perlu apabila bayi Anda normal, cukup bulan dan dalam keadaan sehat. Mandikanlah sehari dua kali, gunakan sabun bayi dan cuci rambut dengan sampo bayi. Perlakukan bayi sebagaimana layaknya Anda sebagai orang sehat mandi dan mencuci rambut.


"Mandi dengan air hangat tujuannya terutama agar bayi tak kedinginan atau hipotermi dalam bahasa kedokterannya. Tapi, sebagai bayi normal yang sehat, bayi Anda dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut," terang Eric. Jadi, Bu-Pak, tak usah takut memandikan si kecil dengan air dingin selama kondisinya normal dan sehat serta dalam cuaca yang tak dingin.


Kepala tak boleh dibasahi saat bayi dimandikan.


Nasihat ini tentulah tak benar. Jika kepala bayi tak pernah dibasahi, kotoran di kepala jadi menumpuk dan bercampur dengan endapan lemak sehabis dilahirkan. Akibatnya, timbullah kerak kepala yang sering disebut sarapen atau dalam istilah medisnya, dermatitis seboroik.


Bayi tak boleh dimandikan jika tali pusatnya belum lepas.

Salah! Justru tali pusatnya harus dibersihkan, lalu dikeringkan dengan alkohol 70 persen.


* BEDAK DAN MINYAK-MINYAKAN


Kepala bayi perlu diberi pupur agar tak gampang pilek.


Tak ada hubungannya antara pilek dan diberi pupur. "Pilek lebih sering terjadi bila bayi tertular orang dewasa yang pilek dan mencium bayinya," urai Eric. Sebaliknya, pupur dapat menyebabkan banyak kerak di kepala dan merupakan media tumbuh kuman yang baik bila tak dibersihkan dengan baik.


Bayi harus dibedaki sesudah mandi agar tubuhnya harum. Sehabis BAK, selangkangannya dikeringkan dengan bedak. Begitu juga bila tubuhnya berkeringat, dikeringkan dengan bedak.


Sebaiknya bedak tak digunakan jika dimaksudkan untuk membuat tubuh bayi harum, mengeringkan keringat, bekas BAK atau sesudah cebok.


Di negeri tropis, bayi Anda memang akan cenderung lebih sering berkeringat. Campuran bedak dengan keringat, terang Eric, merupakan media yang baik untuk berkembang biaknya kuman di permukaan kulit, terutama di daerah tertutup dan lipatan leher, ketiak, atau selangkangan. Lagi pula campuran air dan bedak akan menutup pori-pori kulit bayi yang sangat halus dan menyumbat pernafasan kulit serta saluran kelenjar keringat, terutama bila diborehkan terlalu tebal. Hal ini menyebabkan lebih banyak keringet buntet dan ruam (kemerahan) di permukaan kulit.


Bedak hanya boleh dipakai untuk mencegah tergoresnya kulit kering. Akan tetapi, kulit kering jarang terjadi di negeri tropis karena udaranya cukup lembab sehingga kulit cenderung lebih basah; berbeda di negara empat musik yang kelembaban udaranya lebih rendah. Jikapun Anda ingin si kecil dipakaikan bedak, sebaiknya bubuhkan tipis-tipis di permukaan kulit, terutama bagian tubuh yang mudah tergores.


Bagaimana dengan minyak-minyakan dan baby oil?


Bahan minyak-minyakan, misalnya, minyak telon dan minyak kayu putih, sering diborehkan dengan alasan mencegah masuk angin dan menghangatkan tubuh bayi, terutama minyak kayu putih. Jadi, hal ini sering dipraktekkan.


Namun demikian, ingat Eric, pemakaiannya harus hati-hati. Soalnya, respons kulit bayi terhadap kandungan minyak telon dan minyak kayu putih berbeda-beda. Jika timbul kemerahan dan gejala iritasi (kulit kering seperti terbakar dan bersisik/beruntusan), sebaiknya pemakaian dihentikan.

Baby oil lebih parah lagi dalam menyumbat pori-pori kulit dan saluran kelenjar keringat karena partikelnya lebih besar dan lebih kental. Jadi, sebaiknya tak diberikan untuk kulit bayi Anda.


* MAKANAN


Bayi harus diberi pisang atau nasi kepal/ulek agar tak kelaparan.


Salah dan berbahaya! Sistem pencernaannya belum sanggup mencerna atau menghancurkan makanan tersebut. Dengan demikian, makanan tersebut akan mengendap di lambung dan menyumbat saluran pencernaan, sehingga akhirnya bayi jadi muntah. Itulah mengapa, sebelum usia 4 bulan, bayi belum boleh diberikan makanan tambahan. Jadi, Bu-Pak, tak usah takut si kecil akan kelaparan. Toh, di usia tersebut, makanannya memang cuma ASI dan ia pun boleh menyusu ASI sepuasnya kapanpun ia menginginkannya.


Bayi harus diberi susu lebih kental agar cepat gemuk.


Salah! Susu yang sangat kental juga tak dapat dicerna dan menyebabkan endapan susu di lambung sehingga bayi jadi muntah.


Bayi boleh diberi air tajin sebagai pengganti susu/pelarut susu.


Air tajin tak dapat menggantikan susu karena kandungan nutriennya kurang; juga, tak perlu dipakai sebagai pelarut bila pengenceran susu dengan air matang sudah sesuai petunjuk pelarutan yang diberikan pada setiap kemasan susu kaleng.


Susu kaleng perlu dicampur-campur (berbagai merek dagang) agar keunggulan masing-masing susu dapat dikonsumsi sekaligus oleh bayi.


Jangan termakan iklan, dong! Semua keunggulan yang diiklankan tersebut tak ada yang dapat menyaingi keunggulan ASI.


BILA BAYI PANAS


Baluri seluruh tubuhnya dengan bawang merah.


Bau, dong! Panas tak pernah turun karena bawangnya, tapi karena waktu memborehkan bawang, semua baju dibuka dan terjadi penguapan dari permukaan kulit yang basah. Itulah mengapa, praktek membungkus bayi rapat-rapat dengan beberapa lapis pakaian pada waktu bayi panas justru akan menyebabkan suhu tubuh semakin panas. Bila bayi panas, jangan membungkus bayi terlalu rapat atau dengan pakaian terlalu tebal.


"Malah lebih baik kalau semua pakaiannya dilepaskan, agar terjadi penguapan atau pelepasan panas dari tubuh bayi ke udara sekitar," tutur Eric. Bahkan, dikompres sambil telanjang pun boleh. Namun tentunya, sebelum itu si bayi sudah diberi obat penurun panas. Tak usah cemas bayi Anda akan semakin parah sakitnya. Kecuali, bila kemudian Anda tak membawanya ke dokter untuk mengatasi penyebabnya. Bukankah penyebabnya yang harus diatasi, karena penyebabnya inilah yang membuat si bayi menjadi panas.


Lepaskan semua pakaian bayi, lalu dekap di dada ibu/ayah yang tanpa busana pula. Dengan demikian bisa menurunkan panas.


Memang hal ini juga bisa dilakukan pada bayi yang mengalami panas untuk mengurangi panasnya. Tapi panas badan kita, kan, normalnya 37 derajat Celcius, sedangkan suhu udara jauh lebih rendah, sekitar 28-30 derajat Celcius. Jadi, penetralannya lebih baik ketimbang badan ibu/bapaknya.


* DIURUT


Bayi perlu diurut bila mengalami keseleo/kecengklak.


Dunia medis tak mengenal istilah keseleo/kecengklak. Mengurut bayi justru dapat menyebabkan cedera jaringan bila cara pijatan dan urutannya berlebihan, apalagi di tempat-tempat organ berbahaya semisal perut.


* TIDUR


Bayi tak boleh tidur ditengkurapkan karena susah bernafas.


Salah! Tidur tengkurap lebih nyaman buat bayi karena membuatnya lebih nyenyak dan tak rewel, serta membantu rekoil pernafasan dada lebih teratur. Sejak lahir pun, setiap saat diletakkan di tempat tidur, bayi boleh ditengkurapkan. Pengalaman menunjukkan, dengan sering ditengkurapkan, perkembangan motoriknya angkat kepala, tengkurap, bolak-balik, duduk, dan sebagainya- lebih baik.


Keberatan tidur tengkurap belakangan ini sering dikaitkan dengan tulisan mengenai SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) yang sering terjadi di negeri Barat karena bayi tidur di ranjang terpisah dari orang tua, kadang di kamar yang terpisah pula. Sedangkan di Indonesia, umumnya bayi tidur di samping orang tua dan jarang sekali ditinggal sendiri. Jadi, tak perlu takut dengan SIDS hanya karena menengkurapkan bayi.


* PERAWATAN UMUM


Bayi tak boleh didudukkan karena takut susah kencing.


Tidak benar! Jikapun nasihat ini diikuti, boleh saja; toh, tak akan merugikan bayi.


Bila bayi kembung, laburi perutnya dengan daun-daunan obat.


Justru berbahaya bila kulit bayi sangat sensitif karena menimbulkan iritasi. Bila bayi mengalami kembung, cukup ditengkurapkan; karena dalam posisi tersebut, bayi akan banyak mengeluarkan angin. Nanti kembungnya akan hilang sendiri.


Bayi perlu diberi penghitam mata di alis mata (sipat) agar matanya jernih.


Tak ada hubungannya antara mata jernih dengan pemberian penghitam mata. Jikapun ingin diberikan, boleh saja karena tak ada bahayanya bagi bayi.


Jika bayi sering belekan, baluri di atas alis matanya dengan kunyit yang sudah dihaluskan agar saat bangun tidur, tahi matanya keluar semua sehingga enggak belekan lagi.


Salah! Mata belekan disebabkan saluran mata -masing-masing di sudut mata dekat hidung- bayi masih terlalu halus (salurannya masih sempit sekali) sehingga bila ada kotoran atau partikel-partikel di sudut mata yang mau dibersihkan di saluran tersebut namun ukurannya lebih besar dari salurannya, maka mengumpullah kotorannya di sudut mata. Itulah yang disebut belekan. Untuk mengatasinya, lakukan pemijatan sesering mungkin pada masing-masing saluran mata.








   
14-11-2006 10:41:54 pipi bayi terkena asi
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Dulu anak kakak saya juga mengalami hal seperti itu.
pipi merah2 dan jadi kasar mengelupas.
kakak mencoba mengolesi pipi bayi dengan baby oil sedikitnya 3xsehari.
dan selalu mengelap pipi bayi dengan air selepas menyusu.
selepas 1minggu memang dah tiada kesan merah pada pipi bayi.
anda boleh mencobanya. siapa tau sembuh seperti anak kakak saya.
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like

berikut informasi yang saya kutip dari artikel Infobunda "Amankah Menyusui di kala Bunda Sakit?"

Bayi yang menyusu dari wanita yang tengah sakit bisa tertular penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, parasit dan jamur. Proses penularan bisa melalui udara, kontak kulit, dan juga melalui cairan tubuh termasuk ASI. Tetapi jangan lupa, ASI mengandung antibodi yang dibutuhkan bayi sehingga menghindarinya tertular penyakit turunan seperti diabetes, hipertensi, dll.
Jika Bunda menderita sakit yang disebabkan virus, bakteri dan jamur, seperti flu, hepatitis, cacar air, TBC Bunda masih bisa menyusui. Tetapi Bunda harus menggunakan masker mulut dan hidung untuk menghindarinya tertular. Urungkan niat untuk menciumnya. Bila menderita cacar air sebaiknya berikan saja ASI perah, apalagi kalau terdapat cacar di sekitar payudara dan areola.

dan kutipan dari Tanya Apoteker yang berjudul "meminum obat saat menyusui"
Oleh : Catur.Arizky
bolehkah ibu menyusui meminum obat2an untuk menghilangkan sakit kepala, batuk, pilek & yang lain ?
jika ibu menyusui minum obat tersebut bolehkah menyusui bayi nya atau harus ada jangka waktu untuk menyusui ?
adakah efek samping buat si bayi jika ibu menyusui meminum obat2an tersebut ?
terima kasih
      
Rachel, S.Farm, Apt menjawab
Dear Bunda, Terima kasih atas pertanyaannya.

Jika sakit, bunda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang aman untuk ibu menyusui. Obat-obatan ini tidak akan diekskresi ke ASI sehingga tidak berbahaya untuk anak.

Obat penghilang nyeri yang mengandung parasetamol tergolong aman untuk ibu hamil dan menyusui. Obat batuk seperti obat batuk hitam atau obat herbal (misal dengan madu) aman untuk dikonsumsi saat menyusui.

Sakit pilek sebenarnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Saat pilek saya sarankan untuk banyak istirahat, penuhi kebutuhan nutrisi, banyak minum air putih atau jus buah. Jika perlu, konsumsi suplemen vitamin C dan Zink.

   
Jumlah Posts : 625
Jumlah di-Like : 16
@Bunda Jhosia,

Maaf bund, apakah bunda sudah melakukan hal ini:
  1. Mencuci tangan tiap kali memasak, menyiapkan dan memberi makan si Kecil?
  2. Mensterilkan alat makan setelah mencucinya?
  3. Tidak memberinya makan dengan makanan olah yang berumur lebih dari 1 jam dalam kondisi di luar kulkas?
Jika ya, kemungkinan si Kecil kena intoleran makanan, yang kemungkinan memang ada walau kecil. Jangan beri gula-garam ya, bund. Coba bunda beri si Kecil bubur beras putih dicampur ASI. Kalau sudah tidak diare, bisa divariasikan dengan campuran apel atau pir. Variasi sebaiknya tidak lebih dari 2 3 buah/sayur supaya dia mengenal rasa dulu.

Kalo dari bayi sudah kenal makanan yang enak (terutama yang ada di instan), besarnya bisa susah makan, kasian bunda juga nanti kerepotan.

Kalau saya membuat bubur dari kentang bayam misalnya, kentang saya kukus sampai matang, bayam hanya 3 4 lembar (tanpa tangkai) yang saya rebus dengan air (baru) mendidih, kira-kira 1 menit saja. Baru semuanya saya blender (tempat blendernya sebelumnya saya rendam pakai air panas dispenser kira-kira 3 menit saja), kadang saya campur ASI atau sufor, kadang cuma air aqua biasa saja.

Biasa bayi yang baru mengenal rasa, makannya agak susah. Jadi tidak usah dipaksa, kalo menangis, stop saja. Sayang memang kalau dibuang, tapi tak apa, daripada dia sakit perut. Besoknya ulangi memberinya menu yang sama, sampai dia hapal, biasa bisa 2 3 hari dengan menu yang sama. Dan kalau sudah hapal rasa, pasti makannya lahap.
   
02-09-2010 08:09:30 boleh g hamil minum aer es
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1

ni artikel ttg Ibu Hamil n Air es..smoga bermanfaat ya...

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Air Es ?


Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Diantaranya mitos mengenai ibu hamil yang dilarang meminum air es karena dikhawatirkan tubuh bayi menjadi besar sehingga sulit untuk dilahirkan. Padahal banyak ibu hamil yang tergoda untuk minum air es, terlebih jika cuaca panas.

Mitos ini tidak benar dan air es tidak akan menyebabkan tubuh bayi menjadi besar. Faktor yang membuat bayi menjadi besar saat dilahirkan lebih pada karena sang ibu yang memiliki turunan penyakit kencing manis (diabetes). Ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi air dingin asalkan porsinya tidak terlalu banyak dan bukan air es yang mengandung rasa manis.

Rasa manis disini maksudnya yaitu sirup dingin, jus dingin, dan minuman yang mengandung banyak pemanis. Satu hal yang perlu Anda ingat, jika manusia mengkonsumsi air es, maka tubuhnya harus membakar kalori atau lemak untuk meningkatkan temperatur dari minuman dingin tersebut. Hal ini pun berlaku jika Anda mengkonsumsi air yang terlalu panas, dimana tubuh akan menyesuaikan temperatur dengan air yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu jika ibu hamil mengkonsumsi air es, maka tubuhnya akan bekerja keras dalam mengurangi kalori di tubuhnya karena air dingin yang masuk ke dalam tubuhnya harus disesuaikan dengan suhu tubuhnya. Jika Anda mengkonsumsi air dingin setelah makan, dapat memperlambat pencernaan dan menyerap makanan padat lebih lama. Untuk itu ada baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi air hangat setelah makan. Dan penting bagi ibu hamil untuk selalu mengontrol kadar gula darahnya selama hamil agar bayi tidak terlahir dengan bobot yang besar.

Meminum air es memang diperbolehkan bagi ibu hamil, asalkan tidak berlebihan dan dengan menggunakan air putih biasa. Dan usahakan menghindari meminum air es setelah makan.



salam,
(Calon) Maminya Epin
   
Jumlah Posts : 139
Jumlah di-Like : 1

ni artikel ttg Ibu Hamil n Air es..smoga bermanfaat ya...

Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Air Es ?


Banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai kehamilan. Diantaranya mitos mengenai ibu hamil yang dilarang meminum air es karena dikhawatirkan tubuh bayi menjadi besar sehingga sulit untuk dilahirkan. Padahal banyak ibu hamil yang tergoda untuk minum air es, terlebih jika cuaca panas.

Mitos ini tidak benar dan air es tidak akan menyebabkan tubuh bayi menjadi besar. Faktor yang membuat bayi menjadi besar saat dilahirkan lebih pada karena sang ibu yang memiliki turunan penyakit kencing manis (diabetes). Ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi air dingin asalkan porsinya tidak terlalu banyak dan bukan air es yang mengandung rasa manis.

Rasa manis disini maksudnya yaitu sirup dingin, jus dingin, dan minuman yang mengandung banyak pemanis. Satu hal yang perlu Anda ingat, jika manusia mengkonsumsi air es, maka tubuhnya harus membakar kalori atau lemak untuk meningkatkan temperatur dari minuman dingin tersebut. Hal ini pun berlaku jika Anda mengkonsumsi air yang terlalu panas, dimana tubuh akan menyesuaikan temperatur dengan air yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu jika ibu hamil mengkonsumsi air es, maka tubuhnya akan bekerja keras dalam mengurangi kalori di tubuhnya karena air dingin yang masuk ke dalam tubuhnya harus disesuaikan dengan suhu tubuhnya. Jika Anda mengkonsumsi air dingin setelah makan, dapat memperlambat pencernaan dan menyerap makanan padat lebih lama. Untuk itu ada baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi air hangat setelah makan. Dan penting bagi ibu hamil untuk selalu mengontrol kadar gula darahnya selama hamil agar bayi tidak terlahir dengan bobot yang besar.

Meminum air es memang diperbolehkan bagi ibu hamil, asalkan tidak berlebihan dan dengan menggunakan air putih biasa. Dan usahakan menghindari meminum air es setelah makan.



salam,
(Calon) Maminya Epin
   
Jumlah Posts : 20
Jumlah di-Like : belum ada like
setiap habis menyusui bersihkan lidah langit2 mulut bayi dengan kasa steril di celupin ke air hangat lalu dibersihin mulutnya.. itu kalo dibiarin bisa jadi jamur bund...
   
Jumlah Posts : 27
Jumlah di-Like : belum ada like

Hai bunda semua, kembali lagi nih saya yang newbie ingin membuat thread baru karena ga nemu pertanyaan yang ingin saya tanyakan. Ini saya pernah baca artikel tentang cara merawat kulit bayi dari menu makanan yang dia makan. Ini nih bun sekilas isi artikelnya. 

Bubur anggur merah

Anggur merah dikenal bagus untuk merawat kulit bayi. Inilah kenapa orang Prancis banyak memakan anggur merah sebagai pencuci mulut setelah makan. Nah, manfaat anggur merah untuk cara merawat kulit bayi agar tetap putih bisa diterapkan dengan membuat bubur anggur merah. Caranya, masak anggur hingga menjadi selai. Jangan sesekali menambahkan gula. Biarkan gula alami saja yang menjadi pemanis. Jika terlalu encer, Bunda bisa menambahkan beras merah sebagai pengental.

Nasi tim brokoli tahu

Brokoli mengandung antioksidan tinggi. Brokoli bahkan disebut sebagai sayuran dengan nutrisi tertinggi di dunia dengan kandungan Vitamin A, C, B komplek, K dan E. Semua vitamin ini berperan yang sangat penting untuk menjaga kulit agar bersih dan bercahaya. Sedangkan tahu yang berbahan dasar kedelai mengandung zat besi, kalsium, mangan, protein, dan lemak sehat. Untuk menu makanan sebagai cara merawat kulit bayi, buatlah nasi tim dengan brokoli dan tahu yang sudah dihancurkan. Pastikan takaran nasinya lebih kecil dari tahu dan brokoli.

Bubur beras merah dan ceker ayam

Ceker ayam dikenal baik dalam merangsang produksi kolagen alami tubuh, kolagen adalah biangnya membuat kulit putih dan kenyal. Sementara itu, beras merah mengandung magnesium, protein, vitamin B kompleks dan antioksidan. Gabungkan keduanya untuk membuat bubur sebagai menu makanan sehat bayi. Gunakan kaldu cekernya tanpa menambah pemanis atau natrium berlebihan.

Alpukat milk smoothies

Sudah sejak lama alpukat dikenal baik dan memanfaat untuk kulit. Buah yang kaya akan vitamin E dan vitamin C ini akan menjadi menu favorit bayi. Caranya, ambil daging alpukat yang matang sempurna, masukkan dalam blender dan tambahkan susu bayi. beri sedikit air agar membuatnya lebih encer. Tidak usah pemanis tambahan, ya. Menu ini cocok dan bisa digunakan untuk makan pagi, siang atau malam.

Nasi tim kacang bawang

Bawang putih mengandung kalium, tembaga , vitamin E dan zat besi sedangkan bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin yang dikenal dengan kemampuannya untuk melawan segala macam bakteri dan virus dalam tubuh. Untuk membuat menu makanan sehat bayi dan cara merawat kulit bayi, pilihlah kacang-kacangan terbaik. Haluskan dan masak menjadi nasi tim dan bumbui dengan bawang putih.

Bubur kacang merah

Kacang merah adalah pilihan yang baik untuk cara merawat kulit bayi. membuat bubur kacang merah juga bukan hal yang rumit. Hancurkan dulu kacang merah yang telah direbus, kemudian masak dengan air hingga menjadi bubur. Rasanya yang nikmat akan membuat si Kecil sangat suka.

Itu bun, apa bunda udah pernah mencobanya? beneran ngasih efek ke kulit si kecil ga bun? mohon responnya yah. makasih :)