SITE STATUS
Jumlah Member :
493.756 member
user online :
1417 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah melakukan hubungan intim saat h

New Topic :  
09-05-2015 23:11:50 berhubungan saat hamil muda
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Yrfej Radnaksi,

Hubungan intim selama masa kehamilan boleh dilakukan selama bunda serta janin dalam keadaan prima. Apabila timbul keluhan kontraksi setiap kali melakukan hubungan intim, sebaiknya jangan melakukan hubungan intim dulu. Sebenarnya ada beberapa aturan yang harus terpenuhi ketika melakukan hubungan intim saat hamil, yaitu bunda serta pasangan secara fisik merasakan nyaman, tidak menimbulkan tekanan pada daerah perut ( rahim ), posisi sex memungkinkan terjadinya sex serta kontak fisik yang diinginkan bunda serta pasangan. Posisi sex yang disarankan selama masa kehamilan adalah posisi sex ditepi tempat tidur, posisi ini memungkinkan bunda merasa nyaman lebih besar selama masa kehamilan. Namun demikian bunda serta pasangan dapat mencari posisi sex yang nyaman dan cocok untuk bunda berdua.

   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok,saya mau tanya saya selama hamil dari bulan pertama sampai bulan ke empat sering mengalami nyeri perut, dan waktu memasuki usia kehamilan bulan ke tiga sempat mengalami pendarahan dan dirawat di rumah sakit selama tiga hari tapi dua hari sebelum pendarahan terjadi saya dan suami sempat berhubungan dan selama berhubungan saya selalu merasa kesakitan,tapi untung janin dalam kandunganku masih bisa di selamatkan. yang ingin aku tanyakan apakah yang menyebabkan pendarahan itu terjadi dan mengapa saya sering mengalami nyeri perut, dan kenapa pada saat berhubunagn selalu merasa kesakitan pada bagian vagina dan perut. sekarang usia kehamilanku sudah memasuki usia bulan ke lima minggu ke 22 mohon penjelasannya ya dok. makasih sebelumnya

Dari : Rita Savitri

Jawaban:

Dear Bunda,

Perdarahan dan ancaman aborsi pada kehamilan dapat disebabkan oleh multifaktoral bahkan tidak diketahui sebabnya.

Penyebab yang umum pada perdarahan pervaginam ketika hamil adalah adanya masalah pada plasenta, plasenta menutupi jalan lahir dan lain-lain.

Hubungan intim ketika hamil, harus dilakukan dengan hati-hati, terutama pada ibu yang cenderung mengalami perdarahan pervaginam bahkan sebaiknya tidak melakukan hubungan intim. Sperma dipercaya dapat memicu timbulnya hormone yang dapat merangsang kontraksi. Namun tidak semua hubungan intim saat hamil menjadi kendala pada kehamilan. Apabila bunda memiliki perdarahan pada kehamilan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda, untuk kemungkinan melakukan hubungan intim saat hamil.
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : 2
hy bunda,..salam kenal nih..
klo menurut sy sihh boleh2 saja asalkan kehamilan bunda normal ,. kecuali bagi yg hamil dgn plasenta previa..coba deh bunda search di google..banyak tuh infonya..
yang penting saat berhub** bunda tidak merasakan sakit ya..trus frekuensinya di kurangi..jgn sering juga..
mungkin bunda bisa baca nih :

BOLEH TETAP BERINTIM-INTIM SELAMA HAMIL ?

Banyak yang bilang, tak boleh berintim-intim saat hamil. Ternyata jika dilakukan sesuai kondisi dan posisi tepat, boleh-boleh saja, kok.

Bolehkah wanita yang sedang hamil melakukan hubungan seksual? Pertanyaan ini sering menghantui pasangan suami-istri. Bahkan, tak jarang pasangan tak melakukan hubungan seksual selama istri hamil karena rasa takut yang sebetulnya tak beralasan.

Menurut ahli andrologi dan seksologi, Prof. Dr. dr. Wimpie Pangkahila, hubungan seksual selama hamil tetap boleh dilakukan. "Tapi, pada tiga bulan pertama kehamilan, sebaiknya frekuensi hubungan seksual tak dilakukan sesering seperti biasanya," ujar peneliti di bidang reproduksi dan seksualitas manusia ini. Pasalnya, jika hubungan seksual dipaksakan pada masa tiga bulan pertama usia kehamilan, dikhawatirkan bisa terjadi keguguran spontan.

Selain tiga bulan pertama kehamilan, pasangan sebaiknya juga lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seksual pada saat tiga bulan menjelang waktu melahirkan. Sebab, menurut Wimpie, dikhawatirkan terjadi kelahiran dini.

HATI-HATI KEGUGURAN

Memang, lanjut Wimpie lebih jauh, keguguran bisa disebabkan banyak hal. Misal, karena trauma pada perut, penyakit, atau karena hal-hal ringan seperti nutrisi yang kurang bagus. Selain itu, keguguran juga bisa terjadi akibat kekejangan otot rahim. Nah, kekejangan otot rahim bisa terjadi karena benturan, misalnya karena jatuh. Di sisi lain, kekejangan otot rahim juga bisa terjadi karena hubungan seksual.

Kok, bisa? "Pada saat wanita mencapai orgasme, terjadi kekejangan pada otot seluruh tubuh, termasuk otot rahim. Nah, kekejangan otot rahim yang terlalu kuat inilah yang bisa mengakibatkan keguguran. Tak jarang, wanita yang tengah hamil mengalami perdarahan setelah berhubungan badan," jelas Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali ini.

Lebih jauh dijelaskan Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG dari RSPAD Gatot Subroto, "Di dalam pembuluh rahim terdapat pembuluh darah yang masuk ke ari-ari. Pembuluh darah inilah yang menyuplai oksigen ke bayi. Nah, pada saat wanita orgasme, pembuluh darah ini terjepit. Akibatnya, dikhawatirkan suplai oksigen ke bayi akan terhambat." Tapi, lanjutnya, selama kontraksi yang terjadi tak berkepanjangan, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Karena itulah, wanita yang pernah mengalami keguguran juga disarankan untuk lebih hati-hati melakukan hubungan seksual saat hamil. "Bahkan, kalau mungkin dihindari," saran Wimpie.

GAIRAH MENINGKAT

Yang perlu diperhatikan oleh pasangan suami-istri ialah hubungan seksual tak bisa dilakukan hanya demi kepentingan salah satu pihak. Entah itu pihak suami maupun pihak istri semata. Dengan begitu, penting bagi pasangan untuk mengatur kapan saat berhubungan seksual. Dengan kata lain, disesuaikan kondisi pasangan.

Saat istri hamil, tentu yang lebih dipikirkan adalah kondisi pihak wanita. Pria harus menyadari, wanita juga memiliki dorongan seksual. Suami juga sebaiknya tahu, saat hamil, wanita merasakan beban. Beban ini bisa mengakibatkan dua hal. Mungkin saja beban itu bisa mengurangi dorongan seksual atau justru malah meningkatkan dorongan seksualnya.

Biasanya, saat hamil muda, sebagian wanita akan kehilangan dorongan seksualnya. Khususnya bagi wanita yang selama hamil muda mengalami efek samping kehamilan, seperti muntah-muntah berlebihan, tak ada nafsu makan atau tekanan darah yang meningkat. Nah, biasanya dalam kondisi seperti itu, dorongan seksual wanita akan terhambat.

Tapi, pada sebagian wanita yang lain, dorongan seksualnya justru meningkat saat usia kehamilan muda. Ini biasanya dialami wanita yang tetap sehat dan tak mengalami efek kehamilan seperti yang dialami sebagian wanita hamil lain.

Selama kondisi mereka sehat, tak mengalami muntah-muntah, nafsu makan baik, dan tekanan darahnya normal, dorongan seks wanita hamil biasanya akan tetap atau bahkan meningkat. Peningkatan dorongan seksual ini terjadi karena aliran darah ke vagina semakin banyak, sehingga wanita merasakan kehangatan di vaginanya.

HAMIL TUA

Saat usia kehamilan mendekati waktu melahirkan, pada umumnya dorongan seksual wanita akan hilang. Pasalnya, saat itu sudah mulai timbul rasa sakit di rahim, serta semakin besarnya beban yang dipikul karena kehamilan yang semakin besar.

Pada situasi seperti ini, suami seharusnya bisa memperhitungkan antara dorongan seksualnya dan dorongan seksual istri. Termasuk mempertimbangkan kondisi kesehatan istri. Jika gangguan masih terjadi pada istri, suami harus harus bisa mengendalikan dorongan seksualnya untuk tak melakukan hubungan seksual.

Sebagaimana istri tak menuntut melakukan hubungan seksual karena kondisinya, maka suami pun harus juga bisa mengerti masalah yang dihadapi istrinya.

Salah satu cara mengurangi risiko yang mungkin timbul ialah mengurangi frekwensi hubungan seksual. Atau dalam keadaan betul-betul diperlukan, wanita tidak orgasme, meski menyiksa.

POSISI

Faktor lain yang juga patut mendapat perhatian, saran Wimpie, adalah perlunya mengatur posisi hubungan. Apalagi jika wanita sedang dalam kondisi hamil tua. Perut yang semakin membuncit tentu tak bisa lagi memberi keleluasaan bagi wanita untuk melakukan hubungan seksual dalam berbagai posisi.

Dalam keadaan hamil muda, semua posisi mungkin masih bisa dilakukan, meski tentu tetap perlu diatur. Pasalnya, meski kandungan belum terlalu besar, tapi bagi sebagian wanita tetap menjadi hambatan.

Saat usia kehamilan sudah di atas tujuh bulan, biasanya sudah muncul hambatan karena rahim yang sudah membesar. Jika segala posisi dipaksakan, tentu akan membebani pihak istri. Karena itu, menurut Wimpie, dalam keadaan hamil besar, sebaiknya hubungan dilakukan dengan pria pada posisi di belakang wanita.

Hubungan dilakukan sambil berbaring miring menghadap satu arah. "Selain lebih mengurangi ketidaknyamanan pada wanita, posisi ini juga bisa mengurangi tekanan pada dinding rahim," terang pembicara dalam berbagai seminar ini. Yang jadi masalah, tak selalu mudah melakukan penetrasi dari belakang.

Bagaimana dengan posisi lain? Bisa-bisa saja dicoba tapi kemungkinan besar akan membebani pihak wanita. Misal, hubungan dilakukan sambil duduk dan wanita berada di atas pria. Tapi, wanita bisa terlalu payah jika memaksakan diri melakukan hubungan seksual dengan posisi ini.

KEPENTINGAN BERSAMA

Frekuensi hubungan seksual juga sangat tergantung pada kondisi wanita. Banyak sekali wanita yang sedang hamil tua merasa capek karena beban yang lebih berat dibandingkan saat usia kehamilannya masih muda.

Ada sebagian orang berteori, hubungan seks pada usia kehamilan tua akan mempermudah kelahiran karena pada saat itu terjadi kekejangan pada otot rahim. Yang terjadi ialah, pria mengalami ejakulasi dan sperma masuk ke vagina. Di dalam sperma terdapat prostaglandin, yakni hormon yang bisa menimbulkan kontraksi. "Bagian dari prostaglandin ini memang bisa menyebabkan kekejangan otot rahim, meski konsentrasinya tak cukup besar untuk menimbulkan kekejangan. Justru kekejangan lebih sering dan lebih kuat karena orgasme," papar Wimpie.

Jadi, selama tak menjadi beban bagi istri, hubungan intim selama hamil tak jadi masalah. Lain hal jika istri kehilangan dorongan seksual dan hanya melakukan hubungan seksual demi memuaskan suami, bisa-bisa hanya akan menjadi beban baginya.

Intinya, hubungan seksual yang baik adalah hubungan yang dilakukan untuk kepentingan bersama antara suami dan istri. Karena bagaimana pun, hubungan seksual yang baik merupakan bentuk hubungan komunikasi yang paling dalam antara pasangan suami istri.

Hasto Prianggoro.Ilustrasi:Pugoeh(nakita)
 

Posisi Hubungan Seks Selama Hamil

Pada prinsipnya, seperti dikatakan Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG, wanita hamil boleh melakukan hubungan seks selama perutnya tak tertindih saat berhubungan dan ia bisa menikmati hubungan. Juga, Jangan sampai penis menekan mulut rahim. Karena itu sebaiknya dipilih posisi yang paling tidak menekan. Posisi hubungan seks yang disarankan untuk wanita hamil antara lain:
* Pria di atas tapi ia miring ke salah satu sisi atau bertahan dengan lengan, agar berat badannya tak menekan wanita.
* Wanita di atas tapi hindari penetrasi yang dalam.
* Pria duduk di kursi atau tempat tidur dan wanita berada di atasnya. Selain tak membebani kehamilan, posisi ini juga memudahkan wanita mengatur irama hubungan sekaligus mengurangi tekanan di dinding rahim.
* Pria-wanita berbaring menghadap satu arah dengan posisi wanita di depan pria. Penetrasi dilakukan pria dari belakang.
* Wanita dalam posisi lutut-siku (menungging). Penetrasi dilakukan pria dari belakang.
 

Hasto

Kapan Sebaiknya Membatasi Hubungan Seks ?

* Setiap kali terjadi perdarahan yang tak diketahui sebabnya.
* Selama trimester pertama, bila wanita punya riwayat keguguran atau ancaman keguguran atau menunjukkan tanda-tanda ancaman keguguran.
* Selama 8-12 minggu terakhir, bila wanita punya riwayat keguguran atau ancaman keguguran atau menunjukkan tanda-tanda ancaman keguguran.
* Bila membran amnion (selaput ketuban) pecah.
* Bila terjadi plasenta previa (plasenta terletak di dekat atau di atas leher rahim), sehingga dapat keluar terlalu dini pada hubungan seksual, menyebabkan perdarahan dan mengancam ibu serta janinnya.
*Selama trimester akhir pada kehamilan kembar.

okeyy bunda..Happy pergnant ya ^_^
   


13-05-2016 21:22:16 9 week ngeflek
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Wa'alaykumussalam Mommy Wiwi,

Saat masa kehamilan, normalnya tidak boleh ada keluhan perdarahan, walaupun hanyak flek coklat, karena dikhawatirkan terjadinya resiko keguguran. Batasi aktifitas bunda jangan terlalu aktif, dan tunda melakukan hubungan intim. Disarankan untuk kembali pada dokter yang menangani kehamilan bunda, untuk pemeriksaan lebih lanjut, agar terapi serta tindakan yang tepat dapat diberikan.

   
Jumlah Posts : 65
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda nhy jamal j : bunda jangan terlalu cemas atau panik, karena apabila bunda cemas atau panik akan berpengaruh terhadap janin bunda. sebaiknya bunda bersikap santai dan tenang,usahakan bunda tidak berhubungan intim untuk sementara waktu. mungkin sewaktu bunda melakukan hubungan intim bunda merasa tegang atau merasa tidak nyaman dengan posisi bunda saat berhubungan intim.
   


14-03-2016 14:19:32 cara cepat hamil
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Ayu Dwi Septianty,

Agar mudah mendapatkan keturunan dipelukan kejasama yang baik antara bunda dengan pasangan. Langkah tebaik yang disarankan adalah dengan cara melakukan hubungan intim sesering mungkin antara 3-4 x dalam seminggu, dan terutama saat masa subur. Melakukan pola hidup sehat dengan makan makanan bernutrisi tinggi, tercukupi kebutuhan vitamin dan mineral, melakukan olah raga teratur, membatasi konsumsi kafein, menjauhi rokok, alkohol dan stres.

   
19-02-2016 22:26:32 cara cepat hamil
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Silvi Amalia,

Untuk dapat segera memiliki momongan diperlukan kerjasama yang baik antara bunda dan pasangan. Sebelumnya dipastikan keadaan kondisi kesuburan serta reproduksi dalam keadaan baik. Beberapa tips agar mudah mendapatkan momongan, antara lain adalah dengan menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi tingga serta rutin melakukan olah raga, menjauhi rokok dan alkohol, menjaga berat badan yang ideal dan melakukan hubungan intim pada saat masa subur. Untuk persiapan nutrisi sebelum kehamilan, disarankan untuk mengkonsumsi asam folat, vitamin E dan zat besi.

   
20-10-2015 10:57:42 masa subur
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Pada umumnya lama siklus menstruasi berkisar dari 21 hari sampai 35 hari.Contohnya apabila bunda memiliki siklus setiap 23 atau 28 hari maka masih dapat di katakan memiliki siklus menstruasi yang teratur, hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1. Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid. Namun bila mendapatkan perdarahan beberapa kali di luar siklus atau sering mengalami keterlambatan bahkan tidak datang bulan dalam beberapa bulan, maka dapat menghitung masa subur dengan mengumpulkan data dari 6 bulan terakhir. Bila siklus haid tidak teratur : Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga 1 hari sebelum pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18 akan menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11 menentukan hari terakhir masa subur. Pada siklus tidak teratur maka:
Awal masa subur = Jumlah hari terpendek selama 6 siklus - 18
Akhir masa subur = Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus -11

disarankan untuk berhubungan intim secara teratur 2-3 kali seminggu tanpa menggunakan metode kontrasepsi untuk mencapai kehamilan. Hubungan intim terutama dilakukan pada masa subur. Bunda boleh saja melakukan hubungan intim di luar masa subur, kecuali ada keadaan tertentu maka dokter akan mengutamakan hubungan intim pada masa subur saja.

   
10-08-2015 14:52:08 berhubungan pd saat hmil tua
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 

Dorongan untuk berhubungan intim dipengaruhi juga oleh keadaan hormonal Bunda terutama di saat hamil. Hal ini wajar dialami oleh para ibu hamil dan tidak berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin apabila Anda tidak mengalami penyulit dalam kehamilan seperti: plasenta letak rendah, perdarahan vagina, keluarnya cairan ketuban, ataupun resiko keguguran, maka diperbolehkan melakukan hubungan intim dengan posisi yang dianggap nyaman untuk Anda lakukan. Pada umumnya posisi hubungan intim dengan suami anda dari belakang atau menyamping dapat dengan nyaman dilakukan. Meskipun demikian, ada beberapa pendapat bahwa sperma mengandung hormone yang mengakibatkan terjadinya kontraksi rahim dan berefek keguguran terutama pada 3 bulan pertama kehamilan. Efek yang Bunda dapat rasakan setelah berhubungan intim seperti kontraksi ringan dan rasa nyeri di perut bawah ataupun daerah vagina , sering dikeluhkan namun masih dalam batas normal. Konsultasikan kepada dokter Anda mengenai kesehatan kehamilan Anda untuk memastikan tidak ada komplikasi yang akan terjadi dari berhubungan intim.

   
18-06-2015 19:21:59 kuret keputihan
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Miar Muslimah Mimi,

Hubungan intim pasca tindakan kuret dapat dipengaruhi oleh kondisi psikologis bunda, kondisi ini dapat mempengaruhi libido dan produksi pelumas divagina menjadi tidak maksimal, sehingga dapat menimbulkan keluhan nyeri pada saat berhubungan. Sebaiknya diskusikan masalah ini dengan pasangan, lakukan hubungan intim pada saat kondisi psikologi bunda telah siap dan disarankan untuk melakukan Foreplay terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim.

   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Dewi Alfiatni Rosadi,

Turut prihatin dengan keguguran yang terjadi. Agar kehamilan dapat terjadi sebaiknya yang pertama harus dilakukan adalah berkonsultasi secara langsung dengan dokter, USG diperlukan untuk menilai keadaan alat reproduksi, selanjutnya ubah pola hidup menjadi lebih sehat lagi dengan mengkonsumsi makanan bergizi tinggi  serta rutin melakukan olah raga, melakukan hubungan intim pada saat masa subur, istirahat cukup, serta menghindari stres.

   
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Rara,

Tidak ada pengkhususan untuk konsumsi susu pada saat promil, yang terpenting adalah, bunda serta pasangan melakukan pola hidup sehat dengan makan makanan sehat dan bergizi tinggi, melakukan olah raga secara teratur, menjauhi alkohol dan rokok, melakukan hubungan intim pada masa subur, melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialist kebidanan dan jangan lupa untuk berdoa agar diberikan kemudahan untuk mendapatkan keturunan.

   
17-02-2015 22:54:41 berhubungan pasutri
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Gina Oktaviani,

Pada peggunaan jangka panjang, KB suntik 3 bulan dapat menimbulkan efek samping yang salah satunya adalah vagina menjadi lebih kering serta penurunan libido. Sebaiknya saat melakukan hubungan intim, disarankan untuk melakukan foreplay terlebih dahulu, sampai vagina siap untuk dilakukan penetrasi. Apabila keadaan tetap mengganggu, sebaiknya diskusikan kembali dengan pasangan serta bidan atau dokter untuk metoda kontrasepsi terbaik untuk bunda gunakan.

   
17-02-2015 21:34:19 pengen cepat hamil
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Nuria Naviza,

Memiliki momongan memang menjadi dambaan para pasangan yang telah menikah. Apabila bunda serta pasangan ingin segera mendapatkan momongan, disarankan untuk melakukan pola hidup sehat, konsumsi makanan yang bergizi tinggi, olah raga teratur, melakukan hubungan intim pada saat masa subur, serta melakukan pemeriksaan secara langsung dengan dokter spesialist kebidanan dan tidak lupa berdoa. Semoga dimudahkan ya bunda.

   
22-12-2014 12:36:48 pasca kitet yg ke dua
Jumlah Posts : 1269
Jumlah di-Like : 8

Dear bunda Yusi Dwi,

 Pasca tindakan Kuret, biasanya kesuburan akan kembali, seperti keadaan awal sebelumnya. Untuk kehamilan, biasanya ditunggu hingga 3x siklus haid, ini dimaksud untuk mengistirahatkan rahim pasca tindakan kuret. Pasca kuret, lakukan pengecekan ulang keadaan rahim pada dokter yang menangani bunda, USG diperlukan untuk menilai keadaan alat reproduksi. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, tercukupi vitamin, mineral, olah raga, dan melakukan hubungan intim pada saat flek atau darah sudah tidak keluar.