SITE STATUS
Jumlah Member :
493.663 member
user online :
1702 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bolehkah makan nanas uk 9 bulan

New Topic :  
02-08-2017 13:56:36 perkenalan
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
dokter anak saya dalam 3 hari ini sering bab tengah malam dan waktu tidur? bab ya kuning dan berair serta tidak mau makan. usia ya 9 bulan. minum susu formula baik
   


19-03-2016 22:37:14 tanya dong(kehamilan)
Jumlah Posts : 369
Jumlah di-Like : belum ada like
semakin sering bund harusnya.. kecuali memasuki uk 9 bulan.. karena debay dah masuk panggul saat itu
   
Jumlah Posts : 235
Jumlah di-Like : belum ada like
kakak sepupu saya makan nenas, cuma utk membersihkan bayi aja. rutin d makan dr uk 7 bulan. tp lama jg kontraksinya ,,,
dan mmg bnr anaknya bersih sekali pas lahiran.
   


24-03-2010 11:07:35 MP ASI yang paling cocok
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like

   Dear Bunda...

mau sharing aja, anak saya tanggal 29 maret ini baru akan 7bln dan baru hampir 1 bln ini makan dan Alhamdulillah lulus ASI eksklusif dan sampai sekrg msh ASI ( ASI Perah apabila saya bekerja ).   

untuk MPASI nya, saya sangat2xlah konsen, apalagi saya ibu yang bekerja, yang saya tahu dari sharing dengan teman dan browsing2x dan saya mendapatkan Info yang bagus yang sumber nya dari WHO, dimana MPASI atau bayi mulai mengenal makan memang dimulai pada saat usia 6bln, dengan variasi makanan yang masih terbatas juga ( krn masih belajar mengenal rasa, bentuk dllnya ).
MPASI yang disarankan untuk bayi berumur 6 - 7 bln adalah :

Buah ( Apel,Pir, pisang pepaya, alpukat )
Sayur ( Labu Pumpkin,buncis,zucchini/timun jepang,ubi jepang,kentang)
sumber karbohidrat ( tepung beras putih,beras merah,havermut ).
Kacang2an ( kacang hijau )

untuk tepung beras putih dan merah atau kacang hijau dapat dibuat sendiri dan disarankan yang organik ( sangrai ditumpuk / dihaluskan ) atau dapat membeli tepung Gasol (yang sdh jadi dan organik / tanpa pestisida ).

semua bahan diatas diberikan saru kali sehari dahulu selama 2 - 3 minggu pertama, dimana makanan divariasikan misalnya pumpkin + ASI/SUFOR/air kukusan pumpkinnya dgn bentuk yg msh encer dan kemudian berlahan - lahan diatur ke enceran nya. demikian jg dgn bahan makanan lainnya, setelah masuk ke minggu ke 4 sudah mulai 2 x sehari, atau dapat dgn susunan sbb :

6 bln (perkenalan MPASI) : ASI Sesuka bayi - Makan utama 1 – 2 kali 10:00 dan/atau 16:00, Cemilan 1 kali 13:00

7-9 bln ASI Sesuka bayi -Makan utama 2 – 3 kali 08-00 & 13:00 & 18:00 Buah atau cemilan sehat lain 2 kali 10:00 & 16:00

9-12 bln ASI Sesuka bayi -Makan utama 3 kali 08:00,13:00,18:00, Buah atau cemilan sehat lain 2 kali 10:00,16:00

 12-24 bln ASI atau Susu Sapi (Murni/UHT/pasteurisasi/bubuk fullcream/bubuk instan/cair) atau produk susu olahan, spt yogurt dan keju Sesuka bayi 2 kali 2 porsi Pagi/siang & malam sblm tidur Sbg pelengkap makanan utama (keju) atau sbg cemilan sehat (keju & yogurt), Makan utama 3 kali 08:00,13:00,18:00, Buah atau cemilan sehat lain 2 kali 10:00, 16:00

dan untuk jenis makanan nya adalah sbb :

7 bulan + Ketimun,Timun suri, Blewah, Tahu, Tempe, Dg Ayam, Ati AyamGandum, Crackers, Roti gandum, Teething biscuits, Pasta /mi / macaroni yg tdk mengandung telur, Bit, Lobak, Wortel, Sawi Hijau, Bayam, Brokoli, Kembang kol, Kol, Asparagus, Kacang kedelai, Mangga, Peach, Aprikot, Dg sapi, Kalkun, Kuning telur, Keju cheddar, Yogurt bayi, Rempah-rempah alam menyengat

10-12 bulan +

Pasta (mie,macaroni) yg tdk mengandung telur, Buncis, Kacang panjang, Kacang kapri, Jus sayuran, Nanas, Kiwi, Melon

12-24 bulan +


 

 Semua - Jagung, Tomat, Seledri, Daun slada, Bawang Bombay, Sayuran yang dimakan tanpa dimasak, Buah sitrus: jeruk, lemon, jeruk bali, jeruk limo, dll, Buah berri: strawberry, raspberry, dll, Kurma, Cherry, Anggur (dipotong empat), Buah yang dimakan tanpa dimasak, Daging babi, Ham, Ikan, Putih Telur, Telur utuh, Susu sapi segar, Susu UHT, Yogurt plain, Susu bubuk biasa (non formula), Ice cream, Cottage cheese, Madu, Selai kacang, Rempah-rempah sumber diatas saya dapat dari seorang teman yang browsing dan mendapatkan standart dari WHO ini. semoga membantu yach bunda... :)    
   

8-9 bulan +

   
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

PEMBERIAN BUAH PER USIA

Usia 6 bulan

Buah yang disarankan:

Di usia ini sebaiknya bayi mengonsumsi buah dalam bentuk yang tidak padat (semicair), seperti pisang ambon, avokad, pir, apel, melon, dan pepaya.

Cara pengolahan:

- Semua buah yang akan diberikan sebaiknya diblansir terlebih dahulu atau dimasak sebentar dalam air yang telah dididihkan sebelumnya, kecuali pisang dan avokad.

- Haluskan buah yang telah diblansir, kemudian campurkan dengan ASI atau susu formula, agar tidak terlalu kental. Perbandingannya 1 bagian buah dan 1 bagian ASI. Misalnya, 100 gram buah dengan 100 cc ASI atau air susu. Bila ingin lebih cair lagi, untuk perkenalan awal dapat mencampurkan 100 gram buah dengan 200 cc ASI atau air susu.

- Segera berikan kepada bayi demi menghindari proses oksidasi.

Usia 7 bulan

Buah yang disarankan:

Umumnya pada rentang usia ini bayi mulai tumbuh gigi sehingga mulai bisa diberi buah yang banyak mengandung serat, seperti belimbing, daging jambu biji dan semangka.

Cara pengolahan:

Penyajiannya dapat lebih kental dari sebelumnya, yaitu dengan cara dikerok, atau dilumatkan (tanpa pengenceran). Untuk ujicoba kemampuan menelannya, bayi dapat diberikan buah pisang atau pepaya yang dikerok dengan sendok. Atau, bila akan dijadikan pure, campurkan susu dengan perbandingan 1 bagian susu dan 2 bagian buah. Misalnya, 100 gram buah dicampur dengan 50 cc susu.

Catatan:

- Tidak dianjurkan pemberian buah dalam bentuk jus karena kandungan seratnya sudah hilang sehingga tak melatih gerakan mengunyah pada bayi.

- Buah tomat dan jeruk sebaiknya ditunda hingga bayi berusia 8-9 bulan, karena kedua buah tersebut dapat menjadi pencetus alergi pada bayi-bayi tertentu (yang memang memiliki keturunan atau bakat alergi).

- Porsi pemberian buah dapat ditingkatkan menjadi 1/4 -1/2 cangkir untuk 2 sampai 3 kali makan.

Usia 8–12 bulan

Buah yang disarankan:

Secara bertahap di usia ini bayi juga sudah boleh diberi buah yang teksturnya lebih padat seperti daging tomat, bulir jeruk, dan stroberi, untuk melatihnya mengunyah.

Cara pengolahan:

- Khusus tomat sebaiknya diblansir terlebih dahulu, kemudian kupas kulit arinya sebelum diberikan atau diolah menjadi pure. Selanjutnya, di usia 1 tahun ke atas, bayi/batita sudah dapat mengonsumsi nanas, sawo, dan mangga.

BUAH SI KAYA KHASIAT

* PEPAYA

Sumber yang tinggi kandungan betakaroten, vitamin C, mineral kalium dan magnesium, serta mengandung senyawa flavonoid. Pepaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai penghancur serat makanan sisa sehingga dapat mencegah sembelit. Pemberian sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan langsung dalam jumlah banyak. Misalnya, 2 sendok makan, kemudian meningkat 4 sendok. Jangan langsung 1 mangkuk. Jika terlalu banyak akan menyebabkan hiperkaroten, bahkan dapat mengganggu saluran pencernaan bayi.

* MELON

Kaya akan vitamin A, B kompleks dan vitamin C, juga banyak mengandung mineral kalium serta magnesium. Melon oranye sangat kaya akan zat betakaroten. Bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan.

* AVOKAD

Banyak mengandung vitamin A dan E. Karena kandungan lemaknya cukup tinggi, maka kedua jenis vitamin tersebut mudah diserap oleh tubuh. Kandungan lemaknya tergolong jenis yang sehat sehingga baik untuk pertumbuhan sel otak bayi. Bermanfaat pula untuk menurunkan kandungan kolesterol dan meningkatkan jumlah penyerapan karbohidrat sehingga bayi dapat terhindar dari malnutrisi.

* BELIMBING BUAH

Banyak mengandung serat makanan, vitamin A dan C serta kalium. Belimbing buah juga baik dikonsumsi untuk menambah daya tahan tubuh.

* PISANG

Kandungan pisang mudah diserap oleh tubuh. Banyak mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C dan B. Pilihlah pisang yang matang. Kandungan vitamin C, B kompleks, B6 dan serotonin pada pisang berfungsi sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

* PIR

Buah pir mudah dicerna oleh bayi. Karenanya pir dapat diperkenalkan secara dini. Pir kaya akan kandungan serat yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Kupas terlebih dahulu kulitnya sebelum diolah agar lebih mudah dicerna.

* APEL

Apel kaya akan serat, fitokimia dan flavonoid. Fitokimia dalam apel berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat, LDL (Low Density Lipoprotein) yang potensial menyumbat pembuluh darah. Sedangkan zat flavonoid merupakan unsur yang dapat mengurangi risiko terkena radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

* JERUK

Jeruk kaya akan vitamin dan mineral serta zat gizi esensial seperti potasium, folat, kalsium, niasin, vitamin B6, vitamin C, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan lain-lain. Keunggulan lainnya, jeruk tidak mengandung kolesterol, sodium, dan lemak. Vitamin C merupakan bahan yang dapat menambah daya tahan tubuh, juga berperan membantu proses penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

* TOMAT

Tomat kaya akan zat lycopen, yaitu suatu antioksidan yang mampu mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker leher rahim, ginjal dan pankreas. Kandungan vitamin A dan C-nya berperan meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi 100 g tomat berukuran sedang mampu menyediakan separuh dari kebutuhan vitamin C tubuh.

* JAMBU BIJI

Memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dibanding jenis buah lainnya Paling tidak dalam 100 g jambu biji terkandung kurang lebih 87 mg vitamin C. Karena itu, jambu biji sanggup memulihkan fungsi ketahanan tubuh.

   


28-11-2008 14:16:53 BUAH / JUICE APA ???
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

PEMBERIAN BUAH PER USIA

Usia 6 bulan

Buah yang disarankan:

Di usia ini sebaiknya bayi mengonsumsi buah dalam bentuk yang tidak padat (semicair), seperti pisang ambon, avokad, pir, apel, melon, dan pepaya.

Cara pengolahan:

- Semua buah yang akan diberikan sebaiknya diblansir terlebih dahulu atau dimasak sebentar dalam air yang telah dididihkan sebelumnya, kecuali pisang dan avokad.

- Haluskan buah yang telah diblansir, kemudian campurkan dengan ASI atau susu formula, agar tidak terlalu kental. Perbandingannya 1 bagian buah dan 1 bagian ASI. Misalnya, 100 gram buah dengan 100 cc ASI atau air susu. Bila ingin lebih cair lagi, untuk perkenalan awal dapat mencampurkan 100 gram buah dengan 200 cc ASI atau air susu.

- Segera berikan kepada bayi demi menghindari proses oksidasi.

Usia 7 bulan

Buah yang disarankan:

Umumnya pada rentang usia ini bayi mulai tumbuh gigi sehingga mulai bisa diberi buah yang banyak mengandung serat, seperti belimbing, daging jambu biji dan semangka.

Cara pengolahan:

Penyajiannya dapat lebih kental dari sebelumnya, yaitu dengan cara dikerok, atau dilumatkan (tanpa pengenceran). Untuk ujicoba kemampuan menelannya, bayi dapat diberikan buah pisang atau pepaya yang dikerok dengan sendok. Atau, bila akan dijadikan pure, campurkan susu dengan perbandingan 1 bagian susu dan 2 bagian buah. Misalnya, 100 gram buah dicampur dengan 50 cc susu.

Catatan:

- Tidak dianjurkan pemberian buah dalam bentuk jus karena kandungan seratnya sudah hilang sehingga tak melatih gerakan mengunyah pada bayi.

- Buah tomat dan jeruk sebaiknya ditunda hingga bayi berusia 8-9 bulan, karena kedua buah tersebut dapat menjadi pencetus alergi pada bayi-bayi tertentu (yang memang memiliki keturunan atau bakat alergi).

- Porsi pemberian buah dapat ditingkatkan menjadi 1/4 -1/2 cangkir untuk 2 sampai 3 kali makan.

Usia 8–12 bulan

Buah yang disarankan:

Secara bertahap di usia ini bayi juga sudah boleh diberi buah yang teksturnya lebih padat seperti daging tomat, bulir jeruk, dan stroberi, untuk melatihnya mengunyah.

Cara pengolahan:

- Khusus tomat sebaiknya diblansir terlebih dahulu, kemudian kupas kulit arinya sebelum diberikan atau diolah menjadi pure. Selanjutnya, di usia 1 tahun ke atas, bayi/batita sudah dapat mengonsumsi nanas, sawo, dan mangga.

BUAH SI KAYA KHASIAT

* PEPAYA

Sumber yang tinggi kandungan betakaroten, vitamin C, mineral kalium dan magnesium, serta mengandung senyawa flavonoid. Pepaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi sebagai penghancur serat makanan sisa sehingga dapat mencegah sembelit. Pemberian sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan langsung dalam jumlah banyak. Misalnya, 2 sendok makan, kemudian meningkat 4 sendok. Jangan langsung 1 mangkuk. Jika terlalu banyak akan menyebabkan hiperkaroten, bahkan dapat mengganggu saluran pencernaan bayi.

* MELON

Kaya akan vitamin A, B kompleks dan vitamin C, juga banyak mengandung mineral kalium serta magnesium. Melon oranye sangat kaya akan zat betakaroten. Bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan.

* AVOKAD

Banyak mengandung vitamin A dan E. Karena kandungan lemaknya cukup tinggi, maka kedua jenis vitamin tersebut mudah diserap oleh tubuh. Kandungan lemaknya tergolong jenis yang sehat sehingga baik untuk pertumbuhan sel otak bayi. Bermanfaat pula untuk menurunkan kandungan kolesterol dan meningkatkan jumlah penyerapan karbohidrat sehingga bayi dapat terhindar dari malnutrisi.

* BELIMBING BUAH

Banyak mengandung serat makanan, vitamin A dan C serta kalium. Belimbing buah juga baik dikonsumsi untuk menambah daya tahan tubuh.

* PISANG

Kandungan pisang mudah diserap oleh tubuh. Banyak mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin C dan B. Pilihlah pisang yang matang. Kandungan vitamin C, B kompleks, B6 dan serotonin pada pisang berfungsi sebagai neurotransmiter dalam kelancaran fungsi otak.

* PIR

Buah pir mudah dicerna oleh bayi. Karenanya pir dapat diperkenalkan secara dini. Pir kaya akan kandungan serat yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan. Kupas terlebih dahulu kulitnya sebelum diolah agar lebih mudah dicerna.

* APEL

Apel kaya akan serat, fitokimia dan flavonoid. Fitokimia dalam apel berfungsi sebagai zat antioksidan yang dapat melawan kolesterol jahat, LDL (Low Density Lipoprotein) yang potensial menyumbat pembuluh darah. Sedangkan zat flavonoid merupakan unsur yang dapat mengurangi risiko terkena radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

* JERUK

Jeruk kaya akan vitamin dan mineral serta zat gizi esensial seperti potasium, folat, kalsium, niasin, vitamin B6, vitamin C, fosfor, magnesium, tembaga, riboflavin, asam pantotenat, dan lain-lain. Keunggulan lainnya, jeruk tidak mengandung kolesterol, sodium, dan lemak. Vitamin C merupakan bahan yang dapat menambah daya tahan tubuh, juga berperan membantu proses penyerapan zat besi, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

* TOMAT

Tomat kaya akan zat lycopen, yaitu suatu antioksidan yang mampu mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker leher rahim, ginjal dan pankreas. Kandungan vitamin A dan C-nya berperan meningkatkan imunitas tubuh. Mengonsumsi 100 g tomat berukuran sedang mampu menyediakan separuh dari kebutuhan vitamin C tubuh.

* JAMBU BIJI

Memiliki kandungan vitamin C paling tinggi dibanding jenis buah lainnya Paling tidak dalam 100 g jambu biji terkandung kurang lebih 87 mg vitamin C. Karena itu, jambu biji sanggup memulihkan fungsi ketahanan tubuh.

   
21-02-2008 18:09:30 aneka resep makanan buat baby
Jumlah Posts : 62
Jumlah di-Like : 2
sekilas artikel tentang MPASI utk Ibu muda/ ibu baru



Bayi sebaiknya di berikan ASI eklusif hingga usia 6 bulan. Karena bagi bayi usia tersebut tidak ada makanan lain yang sebaik ASI. Namun jika kondisi tertentu, seperti produksi ASI tidak mecukupi kebutuhan nutrisi bayi atau alasan medis yang lain, maka pada usia 4 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI. Menginjak usia 6 bulan ke atas, ASI sebagai sumber nutrisi sudah tidak mencukupi lagi kebutuhan gizi yang terus berkembang. Perlu diberikan makanan pendamping ASI. Teks & Foto: Budi Sutomo



Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks makan, seperti mengisap, menelan dan akhirnya mengunyah. Pemberian makanan pendamping ASI harus disesuaikan dengan perkembangan sistem alat pencernaan bayi, mulai dari makanan bertekstur cair, kental, semi padat hingga akhirnya makanan padat. Secara umum kesiapan bayi menerima makanan pendamping ditandai dengan hal-hal berikut:

1. Bayi mulai memasukan tangan ke mulut dan mengunyahnya.

2. Bayi merespon dan membuka mulutnya saat disuapi makanan.

3. Hilangnya refleks menjulurkan lidah

4. Bayi lebih tertarik pada makanan dibandingkan botol susu atau ketika disodorkan puting susu.

5. Bayi rewel atau gelisah padahal sudah diberi asi atau susu formula sebanyak 4-5 kali sehari.

6. Bayi sudah bisa duduk sambil disangga dan sudah mampu menegakkan kepalanya.



Variasi Makanan Pendamping

Memberikan makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap baik dari tekstur maupun jumlah prosinya. Kekentalan makanan dan jumlah harus disesuaikan dengan ketrampilan dan kesiapan bayi di dalam menerima makanan. Dari sisi tekstur makanan, awalnya bayi diberi makanan cari dan lebut, setelah bayi bisa menggerakan lidah dan proses mengunyah, bayi sudah bisa diberi makanan semi padat. Sedangkan makanan padat diberikan ketika bayi sudah mulai tumbuh gigi geligi. Porsi makana juga berangsur mulai dari satu sendok hingga berangsur-angsur bertambah sesuai porsi bayi.



Sebaiknya pengenalan makanan bayi dimulai dari satu jenis makanan, misalnya pisang, papaya, avokad. Perhatikan responnya, apakah bayi mentoleransi atau tidak. Bayi biasanya lebih menyukai makanan manis dan bayi biasanya akan memuntahkan jika tidak suka. Jangan dipaksakan jika bayi menolak, berikan jenis makanan pengganti lain dengan rasa berbeda sebagai gantinya. Ketrampilan menelan pada bayi tergantung pada rangsangan yang tepat pada saraf pengecapannya. Karenanya berikan makanan manis seperti sari buah-buahan pada ujung lidah. Dan sayuran pada bagian tengah. Kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah. Citarasa sayuran cenderung langu dan kurang diminati bayi, agar terbiasa makan sayuran, kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah.



Pada usia 6-9 bulan tekstur makanan sebaiknya makanan cair, lembut atau saring, seperti bubur buah, bubur susu atau bubur sayuran saring/dihaluskan. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai beralih ke makanan kental dan padat namun tetap bertekstur lunak, seperti aneka nasi tim. Usia 12-24 bulan bayi sudah mulai dikenalkan makanan keluarga atau makanan padat namun tetap memperhatikan rasa. Hindari makanan-makanan yang dapat menggangu organ pencernaan, seperti makanan terlalu berbumbu tajam, pedas, terlalu asam atau berlemak. Pada masa ini kenalkan finger snack atau makanan yang bisa dipegang seperti cookies, nugget atau potongan sayuran rebus atau buah. Ini penting untuk melatih ketrampilan di dalam memegang makanan dan merangsang pertumbuhan giginya.



Organ pencernaan bayi belum sesempurna orang dewasa, makanan tertentu bisa menyebabkan ganguan pencernaan, seperti sembelit, muntah atau perut kembung. Makanan yang dihindari seperti, makanan yang mengandung gas, durian, nangka, cempedak, tape, kol dan kembang kol.



Makanan untuk Daya Tahan Tubuh Bayi



Makanan yang diberikan bayi harus tepat baik jenis makanannya, jumlahnya hingga kandungan gizinya. Meskipun secara fisik masih bayi namun kebutuhan akan jenis zat gizi, bayi sama dengan orang dewasa, yaitu karbohidrat untuk sumber tenaga (padi-padian, kentang), protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan (susu, daging, telur, ikan, kacang-kacangan), vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan.

Agar bayi tumbu sehat diperlukan vitamin A agar kesehatan matanya terjaga dan menjaga dari serangan inveksi. Vitamin D baik untuk pertumbuhan gigi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari serangan penyakit, bayi memerlukan beragam vitamin dan mineral esensial. Seperti vitamin C, E, A dan seng. Sedangkan golongan antioksidan penangkal radikal bebas bayi perlu golongan vitamin A,E dan C.



Variasi Bubur untuk Bayi

Bubur susu cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas, teksturnya yang lembut mudah dicerna dan diserap alat pencernaan bayi. Penambahan tepung seperti tepung beras atau tepung maizena bisa dilakukan. Tujuan penambahan tepung adalah meningkatkan nilai gizi dari bubur, susu sebagai sumber protein dan tepung sebagai sumber karbohidrat pemberi energi bayi. Sebenarnya variasi makanan bayi tidak hanya bubur susu. Yang perlu diperhatikan adalah dalam pemilihan susu, jika menggunakan susu olahan berikan susu formula yang sesuai dengan usia bayi. ASI juga bisa ditambahkan ke dalam bubur susu, proses membuatnya setelah tepung direbus dengan air atau kaldu (air rebusan daging ayam/daging atau ikan) hingga matang dan mengental, tambahkan larutan susu formula hangat atau ASI, baru diaduk rata. Susu apalagi ASI sebaiknya jangan direbus karena akan merusak kandungan gizinya, cukup diseduh dengan air panas/hangat dan di campur dengan bubur tepung.



Variasi makanan pendamping asi tidak hanya bubur tepung, bubur buah dan bubur sayuran. Perlu diberikan selang-seling dengan bubur susu agar kebutuhan akan vitamin dan mineral bayi terpenuhi. Bubur buah bisa menggunakan avokad, sari jeruk manis, papaya, melon, semangka atau pisang. Jangan menggunakan buah-buahan terlalu asam dan berserat kasar seperti nanas karena bayi belum pencernaan bayi belum bisa menerima. Sayuran seperti wortel, kacang merah, kacang hijau, tomat dan kentang juga bisa dibuat bubur sayuran. Cairan yang digunakan bisa kaldu daging, kaldu ikan, kaldu ayam atau kaldu sayuran.



Nasi Tim
Variasi nasi tim untuk MP-ASI sebaiknya jangan menggunakan bahan yang monoton. Variasikan setiap hari, ini penting agar bayi tercukupi semua gizinya. Mengingat kandungan gizi setiap bahan pangan juga berbeda satu dengan yang lain. Selain nasi sebagai bahan utama sumber karbohidrat, di dalam nasi tim sebaiknya mengandung protein hewani atau nabati dan sayuran. Seperti nasi tim, ditambah dengan daging cicang dan potongan kecil wortel. Atau nasi tim dikombinasi dengan tahu, tomat atau bayam.


Makanan yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Bubur tepung beras/beras merah, dimasak dengan menggunakan cairan air/kaldu daging/sayuran, susu formula, ASI atau air.
2. Bubur tepung baik tepung maizena, dimasak dengan kaldu atau susu formula/ASI
3. Pure buah atau buah yang dihaluskan, seperti pisang, papaya, melon, apel, avokad.
4. Pure sayuran, sayuran yang direbus kemudian dihaluskan menggunakan blender. Sayuran yang dianjurkan, kacang polong, kacang merah, wortel, tomat, kentang, labu kuning. Selama memblender sayuran sebaiknya ditambah dengan kaldu atau air matang agar tekstur sayuran dapat lembut.
5. Pure Kacang, kacang merah/kacang hijau/kacang polong yang direbus dengan kaldu hingga empuk kemudian di haluskan dengan blender. Pastikan blender dan alat saji berlabel food grade agar aman bagi bayi.
6. Daging, pilih yang tidak berlemak
7. Ayam, pilih daging ayam kampung muda tanpa tulang, kulit dan lemak.
8. Ikan, pilih daging ikan tanpa duri seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.

Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Bayi Usia 4-6 bulan
1. Semua jenis makanan yang mengandung protein gluten, biasanya terdapat di dalam tepung terigu, barley, biji kandum, cookies dari tepung terigu dan havermut. Protein gluten di dalam bahan pangan ini seringkali menyebabkan reaksi gluten intolerance yang menyebabkan perut kembung, mual dan diare pada bayi.
2. Hidari pemberian gula, garam, bumbu masak/penyedap rasa terhadap makanan bayi.
3. Makanan terlalu berlemak
4. Buah terlalu asam, seperti jeruk, sirsak
5. Makanan terlalu pedas atau berbumbu tajam, hindari cabe, lada dan asam
6. Susu sapi dan olahannya. Khususnya untuk bayi yang memiliki reaksi alergi terhadap susu sapi atau lactose intolerance
7. Buah-buahan mengandung gas, durian, cempedak, pemicu kembung dan sembelit
8. Sayuran mengandung gas, kol, kembang kol, lobak, pemicu perut kembung
9. Kacang tanah, bisa menyebabkan alergi atau pemicu anaphylactic shock atau pembengkakan pada tenggorokan sehingga bayi susah bernapas.
10. Seringkali telur memicu alergi, berikan bertahap dengan porsi kecil dan lihat reaksinya. Jika tidak menimbulkan alergi telur bisa diberikan.

Jadwal Pemberian Makanan Pada Bayi
Pola makan bayi sebenarnya tidak ada acuan pastinya, karena waktu makan bayi dan istirahat bayi belum teratur seperti orang dewasa, karenanya gunakan pola makan sehari sebagai berikut.
Berikan ASI sekehendak atau semaunya bayi.
Jika menggunakan susu formula pengganti ASI, berikan 5 kali sehari dengan takaran 180-210 ml untuk bayi usia 4-5 bulan. Untuk, bayi usia 5-6 bulan, berikan 5 kali sehari dengan takaran susu 210 ml-240 ml setiap kali minum. Tambahkan satu kali bubur susu dan satu kali bubur buah atau pure sayuran.

Kebutuhan gizi bayi
Usia bayi 0-6 bulan dengan berat 6,0 kg dan tinggi 60 cm, angka kecukupan gizi yang dianjurkan perharinya adalah:

Energi 550 kkal
Protein 10 g
Vitamin A 375 RE
Vitamin D 5 mcg
Vitamin E 4 mg
Vitamin C 40 mg
Vitamin B12 0/4 mcg
Kalsium 200 mg
Besi 0.5 mg
Seng 1.3 mg

Sumber: Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi, 2004
   
28-12-2017 15:20:40 Masukan Pertanyaan Disini
Jumlah Posts : 61
Jumlah di-Like : belum ada like
bund vadilla,, Coba nutrimama1 itu utk hamil trimester prtama,, ada asam folat 800mcg dan vitamin lengkP utk bumil,, sy baru dapat 2 hari yg lalu dr dokter kandungan,,

bund nirwana jg bisa konsumsi nutrimama2, nanti kl uk 7 bulan minum nutrimama 3 krna ada asam folat 800mcg dan vitamin lengkap,, tp wlpun mnum suplemen vit lengkP, ttp harus di paksa makan,, sy jg gk doyan makan skrg pLing ngemil makanan ringan pun cm sedikit udah enegk,, tp wlpun se sendok nasi tiap hari sy paksa makan wlpun Hany sedikit,, habis itu enegk sy tahan jgn smpe muntah,, krna gk bs makan lgsung banyK,, jd 2 jam skali sy makan se sendok nasi sm sayur dikit,, kl gk ya sayur nya aja se sendok,, kl kuat 2 sendok ya di tambah
   
10-02-2017 14:23:33 berat badan tidak naik
Jumlah Posts : 22
Jumlah di-Like : belum ada like
saya bb naik cuma setengah kilo d bulan k 2... bulan k3 ga naik sama skali... kata dokter gpp kok bun...
ni saya malah udah bulan ke 6,5.... naik bb drastissss... awal2 mual soalnya... jd susah naik bb...
kalo udah kayak saya doyan makan bun...
malah skrg saya kudu jaga bb takut bbj nya ikutan naik...
slama bbj naik nya normal ga masalah bun...
temen saya malah turun terus sampe 9 bulan... dokternya juga gak masalah slama bbj nya normal...
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
trgantung bund, klo UK udah 9 bulan katanya bagusnya di dalam krna sperma mengandung cairan yg bisa memicu kontraksi
   
08-12-2016 06:43:59 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
Pagi bunda2,, Puji Tuhan telah lahir baby girl yg lewat 9 bulan 2 minggu 😶, smpat deg2an lewat hpl, ak hantam nanas 2 buah langsung kontraksi hihihi,, Berat 3.75, PB 51 cm,,, bunda2 yg sedang menanti semangaatg 🙅🙅🙅
   
Jumlah Posts : 8
Jumlah di-Like : belum ada like
mau nanyaaa dong bundaaa, knapa yaa bayiku udah usia 9 bulan tapi masih suka gumoh, padahal tiap abis makan dan mimi susu, udah di sendawakan.
adakah yg sama?? sampe brp bulan yaaa brenti gumohnya??
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
itu yg aku alami saat ini bund ku juga UK 6 bulan kdang kalo udah makan pngen muntah..
   
25-08-2016 18:10:44 anak gak mau makan
Jumlah Posts : 134
Jumlah di-Like : belum ada like
klo dr kelasnya bagus bund. itu jg rekomendasi dr iklannya u/ anak yg susah makan.. klo boleh aku cerita : tetanggaku dr umur 9 bulan ga doyan nasi sampe skg 2 umur'a 2, 5 tahun ( sebaya dgn umur anakku.. anak'a yg gmw makan itu pernah masuk RS. & setelah sembuh di rekomendasikan sruh kasih susu pediasure bkn yg lain tp krena harganya yg bikin sesek napas, ibu'a lbh memilih tetep kasih susu dancow coklat.. & alhamdulilah anak'a tetep sehat walaupun ga pernah makan nasi.. sbner'a smw susu bagus bunda. tp balik lg ke anaknya suka mimi susu'a / ga.. cz setiap merek susu itu beda2 rasanya u/ lidah si baby.. semoga si baby,, mw ya bund mimi susu pediasurenya..
   
09-06-2016 10:08:21 mpasi 9 bulan
Jumlah Posts : 2504
Jumlah di-Like : belum ada like
harusnya sudah naik tekstur jadi bubur kasar dan ga usah disaring bun. anakku malah ga mau bubur jadi 9 bulan sudah makan nasi tim sampai sekarang 11 bulan. coba aja naik tekstur pelan" dengan takaran 70% halus 30% kasar. soalnya kalo makan bubur saring terus tidak naik tekstur nanti berpengaruh ke bb dan nutrisinya bun. coba deh gabung ke HHBF di fb banyak ilmu yang didapet digroup tersebut.