SITE STATUS
Jumlah Member :
493.627 member
user online :
1112 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bokeb wanita hamil besar

New Topic :  
29-12-2013 19:58:11 tenggorokan panas
Jumlah Posts : 54
Jumlah di-Like : belum ada like
salam kenal bun, saya seperti bunda juga ada rasa panas di tenggorokan, dokter kandungan saya bilang itu hearthburn, lumrah utk wanita hamil besar, karena debay nya smakin besar n menekan lambung, jadi asam lambung qta naik. bunda abis makan jangan langsung tidur. tunggu 1 jam an, trus makan yoghurt juga ngebantu atau susu hangat bun
   


Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Vitamin C dapat membantu dalam penyerapan zat besi, dosis yang dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui adalah 120mg per hari. bunda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen bersamaan dengan suplemen zat besi. Biasanya suplemen untuk ibu hamil mengandung vitamin dan mineral yang lengkap dalam satu kemasan (pil atau tablet).

Dosis yang lebih besar dapat menimbulkan gejala mual dan iritasi pada saluran pencernaan. Hal ini dapat memperberat gejala mual dan muntah yang biasa ditemui pada usia kehamilan 0-4 bulan.

   
25-08-2015 09:49:57 hb rendah
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Masa kehamilan merupakan masa dimana tubuh sangat membutuhkan asupan makan yang maksimal baik untuk jasmani maupun rohani (selalu rileks dan tidak stress). Di masa-masa ini pula, wanita hamil sangat rentan terhadap menurunnya kemampuan tubuh untuk bekerja secara maksimal.

Wanita hamil biasanya sering mengeluh, sering letih, kepala pusing, sesak nafas, wajah pucat dan berbagai macam keluhan lainnya. Semua keluhan tersebut merupakan indikasi bahwa wanita hamil tersebut sedang menderita anemia pada masa kehamilan. Penyakit terjadi akibat rendahnya kandungan hemoglobin dalam tubuh semasa mengandung. Anemia ini secara sederhana dapat kita artikan dengan kurangnya sel-sel darah merah di dalam darah daripada biasanya.

Anemia dalam kehamilan ialah suatu kondisi ibu dengan kadar haemoglobin dibawah 11 gr % terutama pada trimester I dan trimester ke III. Kadar Hb yang normal untuk wanita hamil trimester akhir minimal 10,5 g/dL. Jika kurang, disebut anemia. Pada wanita tidak hamil, kadar normal Hb adalah 12-16 g/dL

Ibu Hamil Rentan Anemia.

Anemia dalam masa kehamilan merupakan hal yang sering terjadi. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 35-75% perempuan pada negara berkembang dan 18% perempuan pada negara maju mengalami anemia dalam masa kehamilan.

Anemia dalam kehamilan dapat dibagi menjadi dua yaitu:

1. Anemia akibat perubahan yang normal terjadi dalam kehamilan

2. Anemia akibat adanya hal yang tidak normal.

Mengapa anemia dapat timbul tanpa adanya abnormalitas selama masa kehamilan? Karena selama kehamilan, jumlah plasma ibu meningkat sampai 50% (sekitar 1000 cc). Jumlah sel darah juga meningkat, tapi hanya 25% dan baru timbul pada kehamilan akhir. Hal inilah yang menyebabkan kadar hemoglobin merosot.

Penyebab anemia yang paling sering pada kehamilan selain anemia fisiologis yang telah dijelaskan di atas adalah anemia defisiensi besi. Kekurangan zat gizi yang satu ini merupakan penyebab 75% kasus anemia dalam kehamilan. Angka kejadiannya pada trimester pertama hanya 3-9%, dan meningkat 16-55% pada trimester ketiga. Biasanya anemia jenis ini terjadi pada ibu yang mengalami mual dan muntah yang berlebihan atau memiliki penyakit kronik.

Total simpanan besi tubuh pada perempuan tidak hamil adalah 2,2 g dan jumlah ini meningkat 3,2 g pada ibu hamil. Sekitar 500-600 mg di antaranya digunakan untuk membentuk sel darah merah, dan 300 mg di antaranya digunakan oleh janin.

Pada ibu hamil dengan simpanan zat besi yang cukup, kebutuhan zat besi harian adalah 27 mg per hari. Berbeda dengan ibu yang tidak hamil, yaitu hanya membutuhkan 18 mg per hari. Kebutuhan yang tinggi ini berusaha dicapai oleh tubuh dengan cara meningkatkan kapasitas penyerapan besi di usus. Selama kehamilan, usus dapat menyerap besi 40% lebih banyak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil sangat sulit mengejar kebutuhan besi melalui asupan makanan saja, terutama setelah memasuki paruh akhir kehamilan. Bahkan perempuan yang sehat pun seringkali tidak memiliki simpanan besi yang cukup untuk menunjang kebutuhan selama kehamilan.

Anemia akibat defisiensi besi perlu dibedakan dengan anemia akibat perubahan fisiologis. Caranya adalah dengan memeriksakan kadar simpanan besi yaitu ferritin dan kadar besi dalam darah yaitu serum iron. Kadar serum iron dan ferritin yang rendah jelas menggambarkan keadaan defisiensi besi. Namun terkadang, defisiensi besi belum sampai menyebabkan simpanan besi tubuh berkurang sehingga yang terlihat dalam pemeriksaan adalah kadar serum iron yang turun. Jika pasien minum suplementasi besi beberapa hari sebelum pemeriksaan pun, kadar serum iron dapat terlihat normal. Oleh karena itu, diskusikanlah hasil pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan interpretasi yang benar.

Untuk mencegah keadaan defisiensi besi selama kehamilan, WHO merekomendasikan suplementasi besi 60 mg/hari yang dimulai sesegera mungkin setelah kehamilan diketahui dan diberikan sepanjang masa kehamilan. Jadi, mulailah tingkatkan asupan besi Anda dan sertakan suplementasi untuk mencegah kekurangan besi.

PENYEBAB ANEMIA PADA IBU HAMIL 

Anemia pada kehamilan disebabkan :

  • Meningkatnya kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan janin.
  • Kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi ibu hamil
  • Pola makan ibu terganggu akibat mual selama kehamilan
  • Adanya kecenderungan rendahnya cadangan zat besi (Fe) pada wanita akibat persalinan sebelumnya dan menstruasi.

GEJALA ANEMIA

Gejala yang umum timbul adalah berdebar-debar, pucat, bernafas lebih cepat, cepat lelah, dan sakit kepala, rasa lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan, menurunnya kebugaran tubuh dan gangguan penyembuhan luka.

DAMPAK ANEMIA PADA IBU HAMIL

Efek anemia bagi ibu dan janin bervariasi dari ringan sampai berat. Bila kadar hemoglobin lebih rendah dari 6 g/dL, maka dapat timbul komplikasi yang signifikan pada ibu dan janin. Kadar hemoglobin serendah itu tidak dapat mencukupi kebutuhan oksigen janin dan dapat menyebabkan gagal jantung pada ibu. Beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara anemia ibu pada trimester satu dan dua dengan kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu).

Selain itu anemia pada ibu hamil juga menyebabkan hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak, Abortus, lamanya waktu partus karena kurang daya dorong rahim, pendarahan post – partum, rentan infeksi, rawan dekompensasi cordis pada penderita dengan Hb kurang dari 4 g – persen.

Hipoksia akibat anemia dapat menyebabkan shock bahkan kematian ibu saat persalinan, meskipun tak disertai pendarahan, kematian bayi dalam kandungan, kematian bayi pada usia sangat muda serta cacat bawaan, dan anemia pada bayi yang dilahirkan.

DIAGNOSA

Diagnosis Anemia pada ibu hamil biasanya ditegaskan dan dapat diketahui melalui pemeriksaan darah atau kadar hemoglobin (Hb)

PENANGANAN

Selain terapi obat penanganannya dapat dilakukan dengan terapi diet. Untuk memenuhi asupan zat besi, tingkatkan konsumsi bahan makanan tinggi zat besi (Fe) misalnya makanan hewani, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau tua. Defisiensi besi bukan satu-satunya penyebab anemia, tetapi apabila prevalensi anemia tinggi, defisiensi besi biasanya dianggap sebagai penyebab yang paling dominan. Pertimbangan itu membuat suplementasi tablet besi folat selama ini dianggap sebagai salah satu cara yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah anemia.

Anemia dapat diatasi dengan meminum tablet besi atau Tablet Tambah Darah (TTD). Kepada ibu hamil umumnya diberikan sebanyak satu tablet setiap hari berturut-turut selama 90 hari selama masa kehamilan. TTD mengandung 200 mg ferrosulfat, setara dengan 60 miligram besi elemental dan 0.25 mg asam folat. Pada beberapa orang, pemberian preparat besi ini mempunyai efek samping seperti mual, nyeri lambung, muntah, kadang diare, dan sulit buang air besar. Agar tidak terjadi efek samping dianjurkan minum tablet setelah makan pada malam hari.

   


10-08-2015 10:20:11 program hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda yessi.aching

Kebanyakan wanita mengeluh saat gangguan menstruasi menyerang. Gangguan yang paling umum dikeluhkan selain masalah temperamen yang sulit dikontrol, adalah siklus haid yang tidak teratur dan nyeri di sekitar perut. Bagaimana dengan Bunda? Apakah Bunda juga mengalaminya?

Bila Bunda juga mengalaminya dan kebetulan hingga kini Bunda belum hamil, besar kemungkinan Bunda akan mengaitkan dua hal tersebut. Tetapi apakah benar gangguan menstruasi membuat Bunda sulit hamil?

Macam-macam Gangguan Menstruasi

Selain temperamen yang sulit dikontrol karena hormon yang tidak seimbang, gangguan menstruasi lain bisa berupa:

1.     Siklus menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesuburan. Seperti gejala PCOS (Polystic Ovarium Syndrome), yaitu kondisi ketidakseimbangan hormon. Penyebab PCOS ini bisa karena obesitas, resistensi insulin, gangguan enzim di ovarium dan juga faktor genetik.

2.     Nyeri perut

Saat menstruasi biasanya wanita mengalami nyeri di sekitar perut. Nyeri ini bisa muncul sesaat sebelum menstruasi hingga hari ketiga menstruasi. Nyeri ini pada dasarnya normal karena adanya kontraksi rahim saat pelepasan sel telur. Tetapi, jika nyeri terlalu intens, hal ini bisa mengganggu suplai oksigen ke jaringan otot, hal inilah yang menimbulkan kram.

Tetapi ada juga nyeri yang disebabkan hal lain, Endometriosis misalnya. Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon Estrogen. Penderita biasanya tidak hanya mengalami kram di perut tetapi juga di sekitar panggul. Untuk mengetahui adanya Endometriosis harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh seperti Laparoskopi, USG (Ultrasonografi) rahim atau MRI (Magnetic Resonance Imaging) perut.

Terapi yang diberikan dokter untuk mengurangi gangguan menstruasi biasanya adalah:

-       Terapi non hormon seperti anjuran mengonsumsi karbohidrat dan mineral, pemberian B6, anjuran olahraga, dll.

-       Terapi hormon, seperti progesterone, estrogen, danazol, pil kontrasepsi oral, dll.

Sulit Hamil

Meski gangguan menstruasi bisa dikaitkan dengan masalah Infertilitas tetapi gangguan menstruasi tidak selalu berujung pada masalah sulit hamil. Banyak wanita yang bisa memiliki momongan meski pada masa muda mengalami gangguan menstruasi. Hal ini karena masalah Infertilitas bukan disebabkan oleh gangguan menstruasi semata. Infeksi atau peradangan di dalam rahim salah satunya, yang menyulitkan embrio menempel di dinding rahim.

Bunda tak perlu kuatir. Sekarang ini banyak dokter spesialis yang siap membantu Bunda untuk segera memiliki momongan. Jangan lupa, masalah kesuburan bukan hanya dari seorang istri, tetapi bisa juga suami. Jadi, Bunda jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Lakukanlah pemeriksaan menyeluruh agar segera diketahui penyebabnya.

   
28-07-2015 11:18:11 haid tidak teratur :(
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Ganguan Menstruasi Penyebab Sulit Hamil?

Kebanyakan wanita mengeluh saat gangguan menstruasi menyerang. Gangguan yang paling umum dikeluhkan selain masalah temperamen yang sulit dikontrol, adalah siklus haid yang tidak teratur dan nyeri di sekitar perut. Bagaimana dengan Bunda? Apakah Bunda juga mengalaminya?

Bila Bunda juga mengalaminya dan kebetulan hingga kini Bunda belum hamil, besar kemungkinan Bunda akan mengaitkan dua hal tersebut. Tetapi apakah benar gangguan menstruasi membuat Bunda sulit hamil?

Macam-macam Gangguan Menstruasi

Selain temperamen yang sulit dikontrol karena hormon yang tidak seimbang, gangguan menstruasi lain bisa berupa:

1.     Siklus menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesuburan. Seperti gejala PCOS (Polystic Ovarium Syndrome), yaitu kondisi ketidakseimbangan hormon. Penyebab PCOS ini bisa karena obesitas, resistensi insulin, gangguan enzim di ovarium dan juga faktor genetik.

2.     Nyeri perut

Saat menstruasi biasanya wanita mengalami nyeri di sekitar perut. Nyeri ini bisa muncul sesaat sebelum menstruasi hingga hari ketiga menstruasi. Nyeri ini pada dasarnya normal karena adanya kontraksi rahim saat pelepasan sel telur. Tetapi, jika nyeri terlalu intens, hal ini bisa mengganggu suplai oksigen ke jaringan otot, hal inilah yang menimbulkan kram.

Tetapi ada juga nyeri yang disebabkan hal lain, Endometriosis misalnya. Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon Estrogen. Penderita biasanya tidak hanya mengalami kram di perut tetapi juga di sekitar panggul. Untuk mengetahui adanya Endometriosis harus dilakukan pemeriksaan menyeluruh seperti Laparoskopi, USG (Ultrasonografi) rahim atau MRI (Magnetic Resonance Imaging) perut.

Terapi yang diberikan dokter untuk mengurangi gangguan menstruasi biasanya adalah:

-       Terapi non hormon seperti anjuran mengonsumsi karbohidrat dan mineral, pemberian B6, anjuran olahraga, dll.

-       Terapi hormon, seperti progesterone, estrogen, danazol, pil kontrasepsi oral, dll.

Sulit Hamil

Meski gangguan menstruasi bisa dikaitkan dengan masalah Infertilitas tetapi gangguan menstruasi tidak selalu berujung pada masalah sulit hamil. Banyak wanita yang bisa memiliki momongan meski pada masa muda mengalami gangguan menstruasi. Hal ini karena masalah Infertilitas bukan disebabkan oleh gangguan menstruasi semata. Infeksi atau peradangan di dalam rahim salah satunya, yang menyulitkan embrio menempel di dinding rahim.

Bunda tak perlu kuatir. Sekarang ini banyak dokter spesialis yang siap membantu Bunda untuk segera memiliki momongan. Jangan lupa, masalah kesuburan bukan hanya dari seorang istri, tetapi bisa juga suami. Jadi, Bunda jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Lakukanlah pemeriksaan menyeluruh agar segera diketahui penyebabnya.

   


Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Air Kelapa Menyebabkan Keguguran?

Seorang ibu yang sedang hamil akan menjaga buah hati yang dikandungnya dengan sangat hati-hati. Makanan yang dimakan dan kegiatan yang dilakukannya pun akan dijaga dan diperhatikan. Mitos-mitos dan pernyataan-pernyataan masyarakat pun akan diperhatikannya. Seperti ada pernyataan air kelapa muda sangat baik untuk ibu hamil, namun ada pernyataan air kelapa muda justru menjadi penyebab keguguran. Hal ini ibu lakukan supaya anak yang dikandungnya dapat lahir dengan selamat.

Lalu benarkah air kelapa muda bisa menyebabkan keguguran kandungan ibu hamil? Sebelumnya mari kita lihat
penyebab keguguran:

1. Kelainan yang terjadi pada janin
Kelainan pada janin ini misalnya ada sel-sel yang tidak dapat membelah atau ada kelainan genetik. Sehingga menyebabkan janin tidak dapat berkembang dalam lahir dan akibatnya janin gugur.
2. Kelainan yang terjadi pada rahim ibu
Rahim merupakan tempat berkembangnya janin, jika rahim mengalami kelainan seperti adanya kanker maka kemungkinan besar janin tidak dapat berkembang. Dan pada akhirnya janin itu akan gugur.
3. Infeksi pada kehamilan
Saat ini di lingkungan sekitar tempat tinggal banyak polusi udara dari asap kendaraan dan pabrik. Virus-virus lain pun banyak yang bertebaran. Virus dari polusi udara yang kotor inilah salah satu penyebab keguguran selain dari virus HIV dan hepatitis.
4. Kelelahan
Selain kedua kelainan itu, pola hidup ibu hamil pun dapat menjadi penyebab keguguran. Ibu yang memiliki aktivitas padat dapat menyebabkan kelelahan dan stres. Ketika berkembang pun janin butuh ketenangan dari seorang ibu. Apabila ibu tidak tenang maka janin pun tidak dapat berkembang dengan baik. Karena hal inilah janin yang sedang dikandungnya pun dapat gugur.

Dari keempat penyebab keguguran itu, tidak ada yang disebabkan karena air kelapa muda. Justru air kelapa muda baik untuk wanita yang sedang hamil. Bahkan dokter menganjurkan ibu hamil untuk minum air kelapa muda saat usia kandungan menginjak 6 bulan sampai waktu melahirkan. Karena air kelapa mengandung elektrolit dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Bukan hanya untuk wanita hamil saja kedua zat itu berguna untuk tubuh, tapi juga baik untuk tubuh semua manusia. Elektrolit memberikan tenaga untuk ibu yang sedang hamil, mengganti ion-ion tubuh yang hilang saat ibu beraktivitas. Sedangkan antioksidan untuk membantu menetralkan racun yang terhirup ke dalam tubuh dari lingkungan sekitar. Selain itu, air kelapa dapat membuat air ketuban menjadi bersih dan jernih. Antioksidan dalam air kelapa dapat menyerap kotoran yang ada dalam air ketuban seperti lendir.

Jadi, jangan takut untuk minum air kelapa saat hamil. Karena air kelapa aman untuk dikonsumsi.

   
03-07-2015 21:09:09 hb 8,5
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Masa kehamilan merupakan masa dimana tubuh sangat membutuhkan asupan makan yang maksimal baik untuk jasmani maupun rohani (selalu rileks dan tidak stress). Di masa-masa ini pula, wanita hamil sangat rentan terhadap menurunnya kemampuan tubuh untuk bekerja secara maksimal.

Wanita hamil biasanya sering mengeluh, sering letih, kepala pusing, sesak nafas, wajah pucat dan berbagai macam keluhan lainnya. Semua keluhan tersebut merupakan indikasi bahwa wanita hamil tersebut sedang menderita anemia pada masa kehamilan. Penyakit terjadi akibat rendahnya kandungan hemoglobin dalam tubuh semasa mengandung. Anemia ini secara sederhana dapat kita artikan dengan kurangnya sel-sel darah merah di dalam darah daripada biasanya.

Anemia dalam kehamilan ialah suatu kondisi ibu dengan kadar haemoglobin dibawah 11 gr % terutama pada trimester I dan trimester ke III. Kadar Hb yang normal untuk wanita hamil trimester akhir minimal 10,5 g/dL. Jika kurang, disebut anemia. Pada wanita tidak hamil, kadar normal Hb adalah 12-16 g/dL

Ibu Hamil Rentan Anemia.

Anemia dalam masa kehamilan merupakan hal yang sering terjadi. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 35-75% perempuan pada negara berkembang dan 18% perempuan pada negara maju mengalami anemia dalam masa kehamilan.

Anemia dalam kehamilan dapat dibagi menjadi dua yaitu:

1. Anemia akibat perubahan yang normal terjadi dalam kehamilan

2. Anemia akibat adanya hal yang tidak normal.

Mengapa anemia dapat timbul tanpa adanya abnormalitas selama masa kehamilan? Karena selama kehamilan, jumlah plasma ibu meningkat sampai 50% (sekitar 1000 cc). Jumlah sel darah juga meningkat, tapi hanya 25% dan baru timbul pada kehamilan akhir. Hal inilah yang menyebabkan kadar hemoglobin merosot.

Penyebab anemia yang paling sering pada kehamilan selain anemia fisiologis yang telah dijelaskan di atas adalah anemia defisiensi besi. Kekurangan zat gizi yang satu ini merupakan penyebab 75% kasus anemia dalam kehamilan. Angka kejadiannya pada trimester pertama hanya 3-9%, dan meningkat 16-55% pada trimester ketiga. Biasanya anemia jenis ini terjadi pada ibu yang mengalami mual dan muntah yang berlebihan atau memiliki penyakit kronik.

Total simpanan besi tubuh pada perempuan tidak hamil adalah 2,2 g dan jumlah ini meningkat 3,2 g pada ibu hamil. Sekitar 500-600 mg di antaranya digunakan untuk membentuk sel darah merah, dan 300 mg di antaranya digunakan oleh janin.

Pada ibu hamil dengan simpanan zat besi yang cukup, kebutuhan zat besi harian adalah 27 mg per hari. Berbeda dengan ibu yang tidak hamil, yaitu hanya membutuhkan 18 mg per hari. Kebutuhan yang tinggi ini berusaha dicapai oleh tubuh dengan cara meningkatkan kapasitas penyerapan besi di usus. Selama kehamilan, usus dapat menyerap besi 40% lebih banyak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil sangat sulit mengejar kebutuhan besi melalui asupan makanan saja, terutama setelah memasuki paruh akhir kehamilan. Bahkan perempuan yang sehat pun seringkali tidak memiliki simpanan besi yang cukup untuk menunjang kebutuhan selama kehamilan.

Anemia akibat defisiensi besi perlu dibedakan dengan anemia akibat perubahan fisiologis. Caranya adalah dengan memeriksakan kadar simpanan besi yaitu ferritin dan kadar besi dalam darah yaitu serum iron. Kadar serum iron dan ferritin yang rendah jelas menggambarkan keadaan defisiensi besi. Namun terkadang, defisiensi besi belum sampai menyebabkan simpanan besi tubuh berkurang sehingga yang terlihat dalam pemeriksaan adalah kadar serum iron yang turun. Jika pasien minum suplementasi besi beberapa hari sebelum pemeriksaan pun, kadar serum iron dapat terlihat normal. Oleh karena itu, diskusikanlah hasil pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan interpretasi yang benar.

Untuk mencegah keadaan defisiensi besi selama kehamilan, WHO merekomendasikan suplementasi besi 60 mg/hari yang dimulai sesegera mungkin setelah kehamilan diketahui dan diberikan sepanjang masa kehamilan. Jadi, mulailah tingkatkan asupan besi Anda dan sertakan suplementasi untuk mencegah kekurangan besi.

PENYEBAB ANEMIA PADA IBU HAMIL 

Anemia pada kehamilan disebabkan :

  • Meningkatnya kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan janin.
  • Kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi ibu hamil
  • Pola makan ibu terganggu akibat mual selama kehamilan
  • Adanya kecenderungan rendahnya cadangan zat besi (Fe) pada wanita akibat persalinan sebelumnya dan menstruasi.

GEJALA ANEMIA

Gejala yang umum timbul adalah berdebar-debar, pucat, bernafas lebih cepat, cepat lelah, dan sakit kepala, rasa lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan, menurunnya kebugaran tubuh dan gangguan penyembuhan luka.

DAMPAK ANEMIA PADA IBU HAMIL

Efek anemia bagi ibu dan janin bervariasi dari ringan sampai berat. Bila kadar hemoglobin lebih rendah dari 6 g/dL, maka dapat timbul komplikasi yang signifikan pada ibu dan janin. Kadar hemoglobin serendah itu tidak dapat mencukupi kebutuhan oksigen janin dan dapat menyebabkan gagal jantung pada ibu. Beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara anemia ibu pada trimester satu dan dua dengan kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu).

Selain itu anemia pada ibu hamil juga menyebabkan hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak, Abortus, lamanya waktu partus karena kurang daya dorong rahim, pendarahan post – partum, rentan infeksi, rawan dekompensasi cordis pada penderita dengan Hb kurang dari 4 g – persen.

Hipoksia akibat anemia dapat menyebabkan shock bahkan kematian ibu saat persalinan, meskipun tak disertai pendarahan, kematian bayi dalam kandungan, kematian bayi pada usia sangat muda serta cacat bawaan, dan anemia pada bayi yang dilahirkan.

DIAGNOSA

Diagnosis Anemia pada ibu hamil biasanya ditegaskan dan dapat diketahui melalui pemeriksaan darah atau kadar hemoglobin (Hb)

PENANGANAN

Selain terapi obat penanganannya dapat dilakukan dengan terapi diet. Untuk memenuhi asupan zat besi, tingkatkan konsumsi bahan makanan tinggi zat besi (Fe) misalnya makanan hewani, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau tua. Defisiensi besi bukan satu-satunya penyebab anemia, tetapi apabila prevalensi anemia tinggi, defisiensi besi biasanya dianggap sebagai penyebab yang paling dominan. Pertimbangan itu membuat suplementasi tablet besi folat selama ini dianggap sebagai salah satu cara yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah anemia.

Anemia dapat diatasi dengan meminum tablet besi atau Tablet Tambah Darah (TTD). Kepada ibu hamil umumnya diberikan sebanyak satu tablet setiap hari berturut-turut selama 90 hari selama masa kehamilan. TTD mengandung 200 mg ferrosulfat, setara dengan 60 miligram besi elemental dan 0.25 mg asam folat. Pada beberapa orang, pemberian preparat besi ini mempunyai efek samping seperti mual, nyeri lambung, muntah, kadang diare, dan sulit buang air besar. Agar tidak terjadi efek samping dianjurkan minum tablet setelah makan pada malam hari.

   
01-06-2015 18:13:09 hb kurang
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Masa kehamilan merupakan masa dimana tubuh sangat membutuhkan asupan makan yang maksimal baik untuk jasmani maupun rohani (selalu rileks dan tidak stress). Di masa-masa ini pula, wanita hamil sangat rentan terhadap menurunnya kemampuan tubuh untuk bekerja secara maksimal.

Wanita hamil biasanya sering mengeluh, sering letih, kepala pusing, sesak nafas, wajah pucat dan berbagai macam keluhan lainnya. Semua keluhan tersebut merupakan indikasi bahwa wanita hamil tersebut sedang menderita anemia pada masa kehamilan. Penyakit terjadi akibat rendahnya kandungan hemoglobin dalam tubuh semasa mengandung. Anemia ini secara sederhana dapat kita artikan dengan kurangnya sel-sel darah merah di dalam darah daripada biasanya.

Anemia dalam kehamilan ialah suatu kondisi ibu dengan kadar haemoglobin dibawah 11 gr % terutama pada trimester I dan trimester ke III. Kadar Hb yang normal untuk wanita hamil trimester akhir minimal 10,5 g/dL. Jika kurang, disebut anemia. Pada wanita tidak hamil, kadar normal Hb adalah 12-16 g/dL

Ibu Hamil Rentan Anemia.

Anemia dalam masa kehamilan merupakan hal yang sering terjadi. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 35-75% perempuan pada negara berkembang dan 18% perempuan pada negara maju mengalami anemia dalam masa kehamilan.

Anemia dalam kehamilan dapat dibagi menjadi dua yaitu:

1. Anemia akibat perubahan yang normal terjadi dalam kehamilan

2. Anemia akibat adanya hal yang tidak normal.

Mengapa anemia dapat timbul tanpa adanya abnormalitas selama masa kehamilan? Karena selama kehamilan, jumlah plasma ibu meningkat sampai 50% (sekitar 1000 cc). Jumlah sel darah juga meningkat, tapi hanya 25% dan baru timbul pada kehamilan akhir. Hal inilah yang menyebabkan kadar hemoglobin merosot.

Penyebab anemia yang paling sering pada kehamilan selain anemia fisiologis yang telah dijelaskan di atas adalah anemia defisiensi besi. Kekurangan zat gizi yang satu ini merupakan penyebab 75% kasus anemia dalam kehamilan. Angka kejadiannya pada trimester pertama hanya 3-9%, dan meningkat 16-55% pada trimester ketiga. Biasanya anemia jenis ini terjadi pada ibu yang mengalami mual dan muntah yang berlebihan atau memiliki penyakit kronik.

Total simpanan besi tubuh pada perempuan tidak hamil adalah 2,2 g dan jumlah ini meningkat 3,2 g pada ibu hamil. Sekitar 500-600 mg di antaranya digunakan untuk membentuk sel darah merah, dan 300 mg di antaranya digunakan oleh janin.

Pada ibu hamil dengan simpanan zat besi yang cukup, kebutuhan zat besi harian adalah 27 mg per hari. Berbeda dengan ibu yang tidak hamil, yaitu hanya membutuhkan 18 mg per hari. Kebutuhan yang tinggi ini berusaha dicapai oleh tubuh dengan cara meningkatkan kapasitas penyerapan besi di usus. Selama kehamilan, usus dapat menyerap besi 40% lebih banyak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil sangat sulit mengejar kebutuhan besi melalui asupan makanan saja, terutama setelah memasuki paruh akhir kehamilan. Bahkan perempuan yang sehat pun seringkali tidak memiliki simpanan besi yang cukup untuk menunjang kebutuhan selama kehamilan.

Anemia akibat defisiensi besi perlu dibedakan dengan anemia akibat perubahan fisiologis. Caranya adalah dengan memeriksakan kadar simpanan besi yaitu ferritin dan kadar besi dalam darah yaitu serum iron. Kadar serum iron dan ferritin yang rendah jelas menggambarkan keadaan defisiensi besi. Namun terkadang, defisiensi besi belum sampai menyebabkan simpanan besi tubuh berkurang sehingga yang terlihat dalam pemeriksaan adalah kadar serum iron yang turun. Jika pasien minum suplementasi besi beberapa hari sebelum pemeriksaan pun, kadar serum iron dapat terlihat normal. Oleh karena itu, diskusikanlah hasil pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan interpretasi yang benar.

Untuk mencegah keadaan defisiensi besi selama kehamilan, WHO merekomendasikan suplementasi besi 60 mg/hari yang dimulai sesegera mungkin setelah kehamilan diketahui dan diberikan sepanjang masa kehamilan. Jadi, mulailah tingkatkan asupan besi Anda dan sertakan suplementasi untuk mencegah kekurangan besi.

PENYEBAB ANEMIA PADA IBU HAMIL 

Anemia pada kehamilan disebabkan :

  • Meningkatnya kebutuhan zat besi untuk pertumbuhan janin.
  • Kurangnya asupan zat besi pada makanan yang dikonsumsi ibu hamil
  • Pola makan ibu terganggu akibat mual selama kehamilan
  • Adanya kecenderungan rendahnya cadangan zat besi (Fe) pada wanita akibat persalinan sebelumnya dan menstruasi.

GEJALA ANEMIA

Gejala yang umum timbul adalah berdebar-debar, pucat, bernafas lebih cepat, cepat lelah, dan sakit kepala, rasa lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan, menurunnya kebugaran tubuh dan gangguan penyembuhan luka.

DAMPAK ANEMIA PADA IBU HAMIL

Efek anemia bagi ibu dan janin bervariasi dari ringan sampai berat. Bila kadar hemoglobin lebih rendah dari 6 g/dL, maka dapat timbul komplikasi yang signifikan pada ibu dan janin. Kadar hemoglobin serendah itu tidak dapat mencukupi kebutuhan oksigen janin dan dapat menyebabkan gagal jantung pada ibu. Beberapa penelitian juga menemukan hubungan antara anemia ibu pada trimester satu dan dua dengan kelahiran prematur (kurang dari 37 minggu).

Selain itu anemia pada ibu hamil juga menyebabkan hambatan pada pertumbuhan janin baik sel tubuh maupun sel otak, Abortus, lamanya waktu partus karena kurang daya dorong rahim, pendarahan post – partum, rentan infeksi, rawan dekompensasi cordis pada penderita dengan Hb kurang dari 4 g – persen.

Hipoksia akibat anemia dapat menyebabkan shock bahkan kematian ibu saat persalinan, meskipun tak disertai pendarahan, kematian bayi dalam kandungan, kematian bayi pada usia sangat muda serta cacat bawaan, dan anemia pada bayi yang dilahirkan.

DIAGNOSA

Diagnosis Anemia pada ibu hamil biasanya ditegaskan dan dapat diketahui melalui pemeriksaan darah atau kadar hemoglobin (Hb)

PENANGANAN

Selain terapi obat penanganannya dapat dilakukan dengan terapi diet. Untuk memenuhi asupan zat besi, tingkatkan konsumsi bahan makanan tinggi zat besi (Fe) misalnya makanan hewani, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau tua. Defisiensi besi bukan satu-satunya penyebab anemia, tetapi apabila prevalensi anemia tinggi, defisiensi besi biasanya dianggap sebagai penyebab yang paling dominan. Pertimbangan itu membuat suplementasi tablet besi folat selama ini dianggap sebagai salah satu cara yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah anemia.

Anemia dapat diatasi dengan meminum tablet besi atau Tablet Tambah Darah (TTD). Kepada ibu hamil umumnya diberikan sebanyak satu tablet setiap hari berturut-turut selama 90 hari selama masa kehamilan. TTD mengandung 200 mg ferrosulfat, setara dengan 60 miligram besi elemental dan 0.25 mg asam folat. Pada beberapa orang, pemberian preparat besi ini mempunyai efek samping seperti mual, nyeri lambung, muntah, kadang diare, dan sulit buang air besar. Agar tidak terjadi efek samping dianjurkan minum tablet setelah makan pada malam hari.

   
16-04-2015 15:14:03 ibu hamil wajib coba
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Makan Burger Kami tidak menyarankan Anda ke gerai makanan siap saji setiap malam, tapi mengonsumsi daging merah saat kehamilan sangat penting untuk janin. "Konsumsi daging memberikan zat besi pada tubuh yang sangat penting untuk suplai darah Anda yang sedang berkembang. Mineral besi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh,” kata Lovissa Nilson, ahli gizi di aplikasi kesehatan dan kebugaran, Lifesum. "Zat besi membantu pembentukan haemoglobin pada sel darah, yang berperan dalam membawa oksigen melalui darah kepada plasenta dan bayi. "Cari daging dengan kualitas terbaik, karena daging terproses dengan harga murah mengandung lemak dan kandungan sodium tinggi. Dan jangan lupa topping! Keju keras, terpasteurisasi, seperti cheddar, merupakan tambahan kalsium. Sedangkan potongan alpukat baik untuk perkembangan janin karena mengandung folat yang tinggi.  Angkat Kaki Terdengar terlalu indah untuk jadi kenyataan. Tetapi menurut dr. Susan Turner, dokter umum dan ibu dari 6 anak, bersantai sambil mengangkat kaki di sofa tidak hanya membantu Anda beristirahat, tapi juga mengurangi risiko pembengkakan pergelangan kaki. "Beristirahat setidaknya selama 1 jam dengan posisi kaki lebih tinggi dari dada sangat membantu mengurangi risiko berkumpulnya air di bagian bawah tubuh Anda," katanya.Jika Anda sudah berolahraga kecil di hari itu, idealnya sekitar 15 menit, hal inilah yang seharusnya Anda lakukan. Saat Anda sudah punya lebih dari satu anak, akan semakin sulit untuk beristirahat, sehingga hal ini seharusnya dapat lebih sering dilakukan saat kehamilan pertama.  Makan Cokelat Dan ini, berita terbaik yang akan Anda dengar sejak kabar kehamilan Anda. "Ada manfaat kesehatan yang penting dari memakan beberapa potong cokelat setiap hari sebagai bagian diet seimbang kala hamil," kata Lovisa. Cokelat tidak hanya meredakan stres, tapi juga menurunkan risiko kondisi pre-eklamsia kenaikan tekanan darah, yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan serius, termasuk pembekuan darah dan kelahiran prematur.Terlebih lagi, menurut laporan yang dipublikasi New Scientist, zat kimia feniletilamin yang ditemukan dalam cokelat, yang membuat otak melepaskan endorfin, diturunkan dari ibu ke bayi sehingga membuat bayi lebih ceria dan aktif. Pilih dark chocolate dengan kandungan kakao setidaknya 70 persen, karena ini akan memberikan manfaat bioflavonoid dan antioksidan yang memicu sistem imun. Moms, ternyata cara-cara menyenangkan yang sederhana ini ini bisa meningkatkan kesehatan Anda selama masa kehamilan. Coba, deh!  Hangout Pergi ke cafe jelas bukan untuk mencicipi minuman terlarang ya, tapi untuk bertemu teman-teman Anda, karena kehamilan bisa membuat kesepian. Menurut penelitian, 1 dari 3 wanita dapat merasa resah atau murung, jadi sesuatu yang dapat membuat Anda merasa menjadi diri sendiri itu penting. "Seiring perut Anda yang bertambah besar, dapat timbul perasaan perut itu membatasi Anda dan lingkungan sekitar," kata psikolog, dr. Emma Svanberg. "Anda mungkin menyadari ada teman-teman yang menjauh, tapi Anda tidak bisa meminta teman-teman yang tidak hamil untuk mengubah hidupnya karena hidup Anda sudah berubah.” Cobalah untuk tetap ikut hangout, walau akhirnya Anda pulang duluan. Bercinta Hal ini lebih menyenangkan dari menyeret diri ke gym. Percaya deh, bercinta dapat menyehatkan kehamilan Anda. Membakar kalori, memicu sistem imun, bahkan menurunkan tekanan darah. Ditambah lagi, sebuah studi Denmark yang dipublikasi pada 2011 menemukan bahwa sering bercinta dapat menurunkan risiko pre-eklamsia, karena kandungan protein HLA-G dalam sperma, mengatur sistem imun pada tubuh. Penelitian lain menemukan bahwa bercinta saat masa hamil tua berhubungan dengan turunnya risiko kelahiran prematur. Bersantai Tidak perlu merasa bersalah karena bersantai di tempat tidur. Menurut sebuah studi di Amerika, wanita yang tidur kurang dari 6 jam semalam pada bulan terakhir kehamilan, melalui proses kelahiran 11 jam lebih lama dan melalui proses sesar 4 kali lebih sering dibanding wanita yang tidur 7 jam atau lebih. "Tidak mudah untuk semua wanita hamil mendapatkan tidur yang cukup, tapi disaat kamu bisa, nikmatilah!" kata dr. Susan. "Menjadi hamil memberikan tekanan ekstra pada tubuh. Menumbuhkan seorang makhluk kecil menantang tubuh Anda dari punggung hingga kaki, jadi akan sangat bermanfaat jika Anda beristirahat, terlepas dari Anda tidur atau tidak,” tambahnya. Melupakan Kehamilan Disamping mengatur makan dan merawat diri, salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membiarkan diri Anda merawat calon bayi sendiri. "Tanpa kita terlalu memerhatikan, tubuh kita sudah mengerti apa yang harus dilakukan," kata psikolog klinis Mia Scotland. Cobalah santai sebentar dengan membaca novel klasik, seperti Jane Austen. Atau coba berenang. Saat di dalam air, Anda akan merasa mengapung dan tidak hamil. "Lakukan gaya punggung dengan santai dan percayalah tubuh Anda akan melakukan hal-hal yang dianggap penting untuk menjaga calon bayi Anda," kata Mia.
   
27-08-2014 11:06:12 mual
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25

Hai Bunda,

Pada masa kehamilan, Bunda akan mengalami beberapa perubahan hormon dan juga fisik, seperti yang dijelaskan pada artikel yang berjudul "Keluhan-Keluhan Ringan Saat Hamil Dan Solusinya" berikut:

Saat hamil kondisi fisik berubah. Banyak keluhan yang muncul. Tak semuanya berat tapi ada juga yang ringan dan tak perlu penanganan lebih lanjut. Apa sajakah dan bagaimana mengatasinya?

Pusing
Keluhan ini merupakan keluhan awal dan umum terjadi. Pengaruh hormon saat kehamilan yang menjadi penyebabnya. Hormon progesteron memicu dinding pembuluh darah melebar. Sehingga mengakibatkan terjadinya penurunan tekanan darah dan membuat calon ibu merasa pusing. Keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.
Solusinya:
Penanganan yang tepat tentu harus dengan mengetahui lebih dulu penyebabnya. Bila akibat pengaruh hormonal, penanganannya cukup dengan tidur dan menghindari stres. Sementara bila karena anemia dan hipertensi, mau tidak mau harus diatasi dulu faktor penyebabnya. Sedangkan jika karena tekanan darah rendah, kurangi aktivitas dan hemat pengeluaran energi. Juga hindari gerakan mendadak seperti dari posisi duduk atau jongkok langsung ke posisi berdiri. Kalaupun merasa perlu menelan obat antisakit kepala lantaran tak kuat lagi menahannya, pilihlah yang paling aman. Salah satunya parasetamol yang masih bisa ditoleransi untuk dikonsumsi ibu hamil sekalipun tanpa resep dokter.

Mual dan Muntah
Menurut Dr. HM. Bayu Wahyudi, MOH, SPOG, sekitar 50 hingga 70 persen wanita hamil akan mengalami rasa mual dan terkadang disertai pegal, pusing hingga meriang. Hal ini merupakan gejala normal yang muncul pada trimester pertama kehamilan di usia 6-14 minggu. Keluhan ini kerap dikenal dengan istilah Morning Sickness. Morning sickness terjadi karena plasenta yang berkembang dan menghasilkan sejenis hormon HCG. Hormon ini prosentasenya meninggi sesuai dengan pertumbuhan plasenta. Diperkirakan, hormon inilah yang mengakibatkan muntah melalui rangsangan terhadap otot dari poros lambung. Makin tinggi hormon ini makin cepat merangsang muntah. Sebenarnya hormon HCG  sangat dibutuhkan pada awal kehamilan. Selain membentuk plasenta, HCG juga akan menjaga janin tumbuh dengan baik.
Solusinya :
Sediakan snack atau makanan ringan seperti, crackers, kue beras atau sebatang coklat di samping tempat tidur Anda. Makanlah bahan makanan tersebut ketika Anda bangun atau setelah mual hilang. Makanan-makanan tersebut dapat menghilangkan rasa mual. Selain itu, jagalah pola makan dan makanlah sesering mungkin walaupun dalam porsi kecil. Tujuannya untuk menjaga agar perut tidak berada dalam keadaan kosong dan tetap menjaga gula darah yang stabil. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat, perbanyak minum, mengkonsumsi vitamin B6, istirahat cukup, menjauhi makanan pedas serta bersikap positif terhadap kehamilan dapat mengurangi gejala mual-mual.

Buang air kecil
Inilah keluhan yang paling sering dialami. Adanya janin membuat tekanan pada kandung kemih. Kadangkala penyebabnya kecenderungan ibu hamil yang minum lebih banyak. Akibatnya, ginjal lebih banyak pula memproduksi air seni. Selain itu letak kandung kemih yang bersebelahan dengan rahim membuat kapasitasnya berkurang. Itulah salah satu sebab ibu hamil sering buang air kecil.
Solusinya :
Yang perlu diwaspadai, saat ini sering terjadi infeksi pada saluran atau kandung kemih pada ibu hamil. Sayangnya, sulit membedakan buang air kecil yang disebabkan oleh infeksi atau tidak. Yang mungkin bisa dijadikan pedoman yakni rasa nyeri yang menyertai. Jika keluarnya air seni diiringi oleh rasa nyeri dan warnanya merah atau keruh mungkin itu pertanda infeksi. Untuk mengatasinya, jangan menunda keinginan buang air kecil.

Pegal-pegal
Penyebabnya bisa karena ibu hamil kekurangan kalsium atau karena ketegangan otot. Sepanjang kehamilan, boleh dibilang ibu membawa beban berlebih. Otot-otot tubuh juga mengalami pengenduran sehingga mudah merasa lelah. Hal inilah yang membuat posisi ibu hamil dalam beraktivitas apa pun jadi terasa serba salah. Penyebab lainnya, yaitu ibu hamil kurang banyak bergerak atau olahraga.
Solusinya :
Amat disarankan untuk senantiasa menyempatkan waktu berolahraga atau setidaknya beraktivitas ringan. Ibu hamil pun sebaiknya menjaga sikap tubuh. Ibu diwajibkan mengonsumsi susu dan makanan yang kaya kalsium. Menggunakan koyo? Boleh-boleh saja.

Kram dan sakit pada kaki
Menjelang akhir kehamilan tangan dan kaki sering mengalami kekakuan. Bagian tubuh tersebut agak membengkak sedikit karena menyimpan cairan. Akibatnya syaraf jadi tertekan. Tekanan ini terasa sakit seperti ditusuk-tusuk jarum. Sehingga tangan dan kaki tidak merasakan apa-apa dan ototnya jadi lemah. Gejala ini terasa waktu bangun tidur di pagi hari dan membaik di siang hari. Penyebabnya diperkirakan karena hormon kehamilan, kekurangan kalsium, kelelahan, tekanan rahim pada otot, kurang bergerak sehingga sirkulasi darah tidak lancar.
Solusinya :
Saat kram terjadi, yang harus dilakukan adalah melemaskan seluruh tubuh terutama bagian tubuh yang kram. Dengan menggerak-gerakkan pergelangan tangan dan mengurut bagian kaki yang terasa kaku bisa membantu menghilangkan kekakuan. Selain itu, pada saat bangun tidur jari kaki ditegakkan sejajar dgn tumit utk mencegah kram mendadak. Agar kram tidak sampai mengganggu, atasi dengan mengkonsumsi banyak kalsium, minum air putih yang banyak, melakukan senam ringan, dan cukup istirahat.

Kaki bengkak (Edema)
Sekitar 75% wanita hamil pasti mengalami pembengkakan pada kaki (edema), yang umumnya terjadi pada trimester akhir. Penyebabnya bisa karena ibu terlalu banyak diam. Secara fisiologis, ibu hamil memang menanggung beban tambahan yang akan semakin memperlambat aliran darah pada pembuluh darah vena. Kaki bengkak selanjutnya bisa memicu tekanan darah tinggi atau malah preeklamsi. Sebenarnya, kaki bengkak bukan disebakan karena banyaknya mengkonsumsi garam. Ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan yang mengandung garam seperti sebelum hamil.
Solusinya : 
Lakukan cukup olahraga dan sebisa mungkin tidak bersikap statis atau berdiam diri dalam posisi yang sama berlama-lama. Saat Anda duduk, sebisa mungkin selalu luruskan kaki. Sempatkan untuk beristirahat sejenak di sela-sela aktivitas dan tidur dengan posisi berbaring pada sisi kiri tubuh. Anda sebaiknya mulai mewaspadai pembengkakan pada kaki bila diikuti juga dengan berat badan yang meningkat drastis, naiknya tekanan darah serta kadar protein dalam urin. Bisa jadi gejala tersebut merupakan tanda bahwa Anda mengidap pre-eclampsia.

Sakit punggung
Selama kehamilan, sambungan antara tulang pinggul mulai melunak dan lepas. Ini persiapan untuk mempermudah bayi lahir. Rahim bertambah berat, akibatnya, pusat gravitasi tubuh berubah. Secara bertahap, ibu hamil mulai menyesuaikan postur dengan cara berjalan. Hal ini menyebabkan sakit punggung dan pegal.
Solusinya :
Mengatasinya tak perlu obat cobalah perbaiki cara berdiri, duduk, dan bergerak. Jika harus duduk atau berdiri lebih lama jangan lupa istirahat setiap 30 menit.

Gatal-gatal
Keluhan ini pun lazimnya disebabkan pengaruh faktor hormonal.
Solusinya :
Cukup dengan menggunakan obat luar. Sedapat mungkin hindari obat-obatan oral atau yang diminum. Obat-obatan jenis ini umumnya tidak baik bagi tumbuh kembang janin.

Nyeri ulu hati
Jika mengalami keluhan ini jangan panik. Hal ini disebabkan adanya sejumlah kecil isi lambung yang lewat di pangkal saluran kerongkongan (penghubung mulut dengan lambung).
Solusinya:
Tak perlu ke dokter untuk mengatasinya. Malah pencegahannya tergolong mudah. Selama kehamilan, jangan membungkuk atau berbaring datar. Kalaupun ingin berbaring cobalah gunakan bantal yang tinggi. Sediakan pula segelas susu di samping tempat tidur dan minumlah sedikit-dikit setiap kali terasa nyeri.

Sembelit
Hormon progesteron saat hamil menyebabkan relaksasi usus. Akibatnya daya dorong usus terhadap sisa makanan berkurang. Sisa makanan yang menumpuk mengakibatkan sembelit. Sebab lainnya bisa juga kandungan zat besi pada tablet khusus ibu hamil. Selain itu, kebiasaan menahan buang air besar seringkali menjadi penyebab.
Solusinya :
Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berserat. Satu lagi, lebih teraturlah ke belakang dan minum air putih minimal delapan liter setiap hari.

Apabila Bunda mengalami keluhan yang berlebih, segera periksakan ke dokter ya Bunda. Semoga bermanfaat.

   
26-08-2014 08:26:51 [INFO] Forum di Android
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Subhanallah, Walhamdulillah..Menitis air mata saya tatkala merenung hikmah di sebalik kurniaan Allah terhadap ibu yang mengandung. Dan itulah yang saya mahu kongsikan dengan pembaca dalam entry kali ini..

* Apabila seorang wanita hamil, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT akan mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.

* 2 rakaat solat seorang wanita yang hamil adalah lebih baik daripada 80 rakaat solat seorang wanita yang tidak hamil. Rasulullah menyebutkan bahawa dua rakaat solat wanita hamil lebih baik dari 80 rakaat solat wanita yang tidak hamil. Ini kerana wanita yang hamil membawa janin di dalam perutnya di mana janin berkenaan turut menyertai ibunya solat, mendengar bacaan-bacaan solat, ikut sujud bersama.

* Wanita hamil perolehi pahala puasa di siang hari dan pahala ibadat di malam hari. Rasulullah menyatakan bahawa wanita hamil akan memperolehi pahala puasa di siang hari dan pahala ibadat di malam hari. Ini disebabkan kerana ibu yang hamil bererti membawa amanah Allah ke sana ke mari, sehingga wajar apabila ia memperolehi pahala yang besar di sisi Allah .

* Apabila seseorang wanita mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT akan mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad di jalan Allah.

* Wanita yang bersalin akan mendapat 70 tahun solat dan puasa pada setiap kesakitan pada satu uratnya akan dikurniakan oleh Allah SWT satu pahala haji.

* Apabila seseorang wanita melahirkan anak, keluarlah dia daripada dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.

* Sekiranya seorang wanita meninggal dunia di dalam tempoh 40 hari selepas bersalin, dia akan dikira sebagai mati syahid.

* Jika seorang wanita menyusukan anaknya hingga cukup tempoh (2 1/2 tahun), malaikat-malaikat di langit akan mengkhabarkan berita gembira bahawa syurga wajib baginya.

* Jika seorang wanita menyusukan anaknya yang menangis, maka Allah SWT akan memberikan pahala 1th
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Subhanallah, Walhamdulillah..Menitis air mata saya tatkala merenung hikmah di sebalik kurniaan Allah terhadap ibu yang mengandung. Dan itulah yang saya mahu kongsikan dengan pembaca dalam entry kali ini..

* Apabila seorang wanita hamil, maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT akan mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.

* 2 rakaat solat seorang wanita yang hamil adalah lebih baik daripada 80 rakaat solat seorang wanita yang tidak hamil. Rasulullah menyebutkan bahawa dua rakaat solat wanita hamil lebih baik dari 80 rakaat solat wanita yang tidak hamil. Ini kerana wanita yang hamil membawa janin di dalam perutnya di mana janin berkenaan turut menyertai ibunya solat, mendengar bacaan-bacaan solat, ikut sujud bersama.

* Wanita hamil perolehi pahala puasa di siang hari dan pahala ibadat di malam hari. Rasulullah menyatakan bahawa wanita hamil akan memperolehi pahala puasa di siang hari dan pahala ibadat di malam hari. Ini disebabkan kerana ibu yang hamil bererti membawa amanah Allah ke sana ke mari, sehingga wajar apabila ia memperolehi pahala yang besar di sisi Allah .

* Apabila seseorang wanita mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT akan mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad di jalan Allah.

* Wanita yang bersalin akan mendapat 70 tahun solat dan puasa pada setiap kesakitan pada satu uratnya akan dikurniakan oleh Allah SWT satu pahala haji.

* Apabila seseorang wanita melahirkan anak, keluarlah dia daripada dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.

* Sekiranya seorang wanita meninggal dunia di dalam tempoh 40 hari selepas bersalin, dia akan dikira sebagai mati syahid.

* Jika seorang wanita menyusukan anaknya hingga cukup tempoh (2 1/2 tahun), malaikat-malaikat di langit akan mengkhabarkan berita gembira bahawa syurga wajib baginya.

* Jika seorang wanita menyusukan anaknya yang menangis, maka Allah SWT akan memberikan pahala 1th
   
Jumlah Posts : 3
Jumlah di-Like : belum ada like
Mau tanya nih, apakah normal seorang wanita hamil tiba2 suka sensitif ? masalah kecil tp di buat besar atau tiba2 nangis sendiri...
   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
@ bunda yuli : selamat atas kehamilannya yaa bun...

olahraga yg cocok untuk wanita hamil..olahraga ringan yg tidak terlalu membutuhkan tenaga yg besar..seperti jalan santai, berenang dan yoga untuk ibu hamil...

semoga sehat selalu bun...
   
Jumlah Posts : 50
Jumlah di-Like : belum ada like
tanda janin cowok. hihi

1. Posisi perut

Salah satu tanda umum Anda memiliki bayi laki-laki adalah dari posisi perut. Jika perut Anda rendah, berarti anak Anda laki-laki.

2. Warna urine

Ada banyak ibu hamil yang memeriksa warna urinenya setelah buang air kecil. Jika urine gelap, itu berarti bayi laki-laki dan jika keruh berarti anak perempuan.

3. Jerawat

Selama kehamilan, hormon bermain. Namun, jika jerawat Anda teratur, bisa menjadi tanda Anda memiliki bayi laki-laki.

4. Perut kecil

Menurut banyak perempuan, jika perut hamil Anda kecil berarti Anda memiliki anak lelaki.

5. Ukuran payudara

Selama kehamilan, payudara cenderung membesar untuk persiapan memberikan ASI. Ini adalah fakta bahwa payudara kiri lebih besar ketimbang yang kanan. Tapi, selama kehamilan, salah satu tanda Anda hamil anak laki-laki adalah ketika payudara kanan lebih besar dari sebelah kiri.

6. Kaki dingin

Jika kaki Anda terus-menerus dingin selama kehamilan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda hamil bayi laki-laki.

7. Detak jantung

Ketika bayi sedang diperiksa detak jantungnya, perhatikan. Jika denyut jantungnya di bawah 140 denyut per menit, bisa jadi tanda hamil bayi laki-laki.

8. Pertumbuhan rambut

Tanda lain Anda sedang hamil bayi laki-laki jika rambut Anda tumbuh lebih cepat dibanding biasanya.

9.Mengidam

Mengidam makanan asam atau asin saat hamil menjadi tanda umum bayi Anda laki-laki.

10. Posisi tidur

Selama kehamilan, Anda merasa lelah. Namun, ketika seorang wanita hamil tidur lebih miring ke kiri itu adalah bayi laki-laki.