SITE STATUS
Jumlah Member :
492.631 member
user online :
1899 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: blh tidak hamil yang sdh 3 bulan lg kada

New Topic :  
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
salam untuk bunda sekalian.

aku baru gabung nih di forum infobunda. salam kenal untuk semuanya ya... :-)
berbicara pengalaman trisemester awal, kebetulan aku sedang hamil juga bun. sekarang sedang masuk bulan ke tiga.

waktu di awal bulan, aku tidak pernah merasakan mual seperti yang dialami kebanyakan ibu hamil seperti morning sickness, di awal kehamilan justru nafsu makanku meningkat, namun pusing-pusing tidak dapat dihindari. rasanya seperti ingin jatuh :-(

tapi ketika sekarang ini masuk bulan ke tiga, justru mual-mual hebat baru aku alami bun. bukan cuma pagi, tapi siang bahkan malam juga mual-mualnya gak ilang-ilang walaupun tidak sampah muntah hebat.

bunda sekalian pernah alami seperti aku tidak? maklum ini kehamilan pertamaku, jadi kalau ada sesuatu yang berbeda dengan kehamilan yang biasa orang alami aku suka sering bertanya-tanya.

bahkan kalau teman-teman aku yang melihat perutku, kebanyakan mereka mengira usia kehamilanku sudah 5 bulan, karena menurut mereka perutku kok tidak seprti yang sedanghamil 3 bulan (maksudnya besar) :-)

awal sebelum aku hamil, BB aku 55 sekarang waktu dicek minggu lalu ke dokter, BB ku 61kg. wajar gak si bun? dokterku bilang jangan dinaikkan lagi BB nya tapi asupan proteinnya jangan dihentikan. tapi bagaimana caranya? :-?

minta doanya ya bunda sekalian, agar kehamilan pertamaku ini lancar hingga proses persalinan nanti. oia selamat ya untuk bunda sekalian juga yang sedang hamil.

senangnya berbagi pengalaman :-D



   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dokter saya seorang ibu rumah tangga dgn 3 anak dan semwa secar. saya sudah melakukan steril skitar 3,5 tahun yang lalu. jujur saya belum pernah check up lagi setelah melahirkan. keluhan saya,, sdh 3 bulan ini haid saya tdk teratur dan bulan kemaren saya datang bulan hingga 3 kali tapi hanya 2-3 hari saja,, dan menstruasi saya tdk terlalu banyak hanya sdkt2. dan minggu kemaren setelah saya berhubungan dgn swami saya mengeluarkan flek tapi hanya sdkt2 itu selama 1.5 hari saja. itu kenapa yah dok ?? dan saya baca2 d google ttg kondisi saya,, apakah mungkin dok org yang sdh steril bisa hamil lagi ?? karena tante saya mengalami hal tersebut,,sudah secar slama 10tahun tapi ternyata masih bs hamil lagi. mohon informasinya dokter trima kasih.

Dari : Rosita Priyandoyo Jongkingkriwang

Jawaban:

Dear Bunda,



Sterilisasi sebagai salah satu metode kontrasepsi pada wanita termasuk efektif dalam mencegah kehamilan. Pada sterilisasi dapat dilakukan blokade saluran tuba fallopi (dengan diikat) ataupun pemotongan dan pengangkatan tuba falopi (salpingectomy). Setelah diadakan operasi baik pengikatan ataupun pengangkatan saluran tuba, maka sel telur tidak dapat bertemu dengan sperma dan akan diserap oleh tubuh. KB steril tidak mempengaruhi siklus menstruasi sehingga Bunda dapat terus mendapatkan menstruasi setiap Bulannya. Pada kasus yang amat sangat jarang terjadi, adalah gagalnya efek kontrasepsi sehingga sel telur dan sperma bertemu dan terjadi kehamilan. Bila Bunda mengalami gangguan siklus menstruasi seperti flek atau perdarahan berkepanjangan, sebaiknya kembali kontrol pada dokter untuk mengetahui penyebab dan terapi penanganan yang tepat.


   
18-03-2011 13:56:12 kehamilan kosong
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dokter Tanti yang baik hati mohon solusinya ya.
dok saya sudah nikah 1 tahun 3 bulan, dan saya sudah hamil 2 x dan selalu keguguran, hamil pertama 3 bulan dan yg ke 2, 1 bulan dua"nya hamil kosong, terakhir sya perikasa ke dokter saya dikasih vitamin u/ memulihkan rahim saya.
kata dokter saya disuruh sabar insyaallah 2-3 bulan lg sya hamil tp smpe skrang itu nihil, kandungan sya tidak ada masalah, yang sya pertanyakan apa penyebab hamil kosong, dan apa yg harus saya lakukan agar sya hamil lg, krna suami dan saya sudah merindukan kehadiran buah hati dok, saya capek dihina orang trus.apa solusi yg baik buat saya dok, tolong bantu saya y dok!terimakasih.

Dari : bunda yuni

Jawaban:

Dear Bunda,

Saya turut prihatin dengan keguguran yang bunda alami. Keguguran dan adanya blighted ovum (kehamilan kosong ) memang sampai saat ini tidak di ketahui pasti penyebabnya. Namun para ahli menduga adanya kelainan kromosom pada calon janin sehingga ia tidak dapat membelah pada kehamilan kosong. Ada juga yang menduga factor ovum dari sang ibu dan sperma dari ayah juga berperan dalam keadaan ini. Rendahnya kualitas ovum atau sperma menyebabkan terjadinya keadaan ini. Selain itu juga adanya kelainan pada anatomi organ reproduksi yang juga menjadi salah satu factor yang di duga berperan pada kehamilan kosong. Selain itu beberapa hal lainnya adalah: infeksi (Chlamydia, Cytomegalovirus, Genital herpes, Syphilis, Toxoplasmosis, dan Rubella), adanya kelainan hormonal,dan system immune. Dari banyaknya faktor yang diduga menjadi penyebab terjadinya keguguran dan kehamilan kosong, saya menyarankan kepada bunda untuk melakukan imunisasi-imunisasi pada calon ibu hamil dan juga pemeriksaan fertilitas pada anda serta suami anda untuk memastikan apakah ada faktor kesuburan yang menyebabkan keguguran yang anda alami. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   


Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Waduh, kebetulan saya lagi iseng nge-browsing internet dan nyari2 apa ada yang tau tentang yayasan siwi asih dan suster bernama Nining.

Saya sempet ambil suster di Yayasan Siwi Asih, Depok. Tadinya dapet no. tlp yang di Pamulang, tapi di sana lagi kosong waktu itu dan saya dikasih no tlp Yay. Siwi Asih (YSA).

Sebenernya sih tidak ada masalah. Waktu itu tanggal 29 Nov 2008, saya balik dari rmh mama dengan bayi saya yang baru berumur 1 bulan kurang 3 hari. Suami saya ngejemput saya dengan mertua dan suster yang baru diambil dari YSA. Nama susternya: Suster Sarijah, kami manggilnya suster Sari. Orangnya baik, kerjanya agak lama tapi secara keseluruhan dia baik. Sempat ada selisih pendapat dengan mertua saya, tapi setelah saya telpon ibu Kris si pemilik YSA, selisih pendapat tersebut bisa diselesaikan secara damai. Tapi sayang, si suster Sari harus berhenti kerja karena saudara iparnya yang mengasuh anaknya yang berusia 7 tahun ternyata juga lagi hamil, jadi ia harus mengurus anaknya sendiri.

Saya telpon ibu Kris, dan dengan pengertian ibu Kris bilang, iya tidak apa2, diganti aja, ia tidak memotong jatah tukar saya (2x tukar dalam 4 bulan). karena suster sari berhenti bukan karena tidak betah dan bukan karena ketidakcocokan.

Penggantinya datang, namanya (ngakunya: Laningsih), dipanggilnya: Nining, umurnya 29 tahun dan belum menikah.

Hati-hati dengannya. Semula saya terpesona dengan kelembutannya. Suaranya sedikit manja tapi lembut. Waktu itu saya masih cuti, jadi masih di rumah aja, si Nining hobi banget nongkrong di kamar saya sambil ngajak ngobrol. Sebenernya sih saya pengen baca novel, tapi ya ngobrol jg gak apa2 karena keliatannya dia baik. Kadang-kadang saya juga sambil membuka laptop mengerjakan pekerjaan kantor yang bisa dikerjakan di rumah.

Dia sempet cerita macem2, katanya dulu waktu SMU dia sempet ditawarin jadi fotomodel tapi dia tidak mau (tau ya bener apa kagak, tinggi sih, setingi saya, tapi... ya... cantik atau tidaknya seseorang relatif sihh yaaa..). Terus dia sempet minta diajarin pake komputer... nah lho, saya binun, kok suster mau belajar kmptr? Saya bilang aja, percuma belajar kmptr kl kg punya, nanti kl punya jg bisa sendiri (masa saya mau bilang ngapain suster belajar komputer?)

Dia sempet cerita dia berenti kerja di tempat yg sebelumnya krn kagak tahan, adik bos nya centil banget, suka ngisengin dia. Bisikin omongan macem-macem, apalagi kl dia lagi sendirian. Katanya sih adik bosnya itu naksir dia tapi dia sebel karena dia pernah denger si cowok itu bilang ke temen2nya kl Nining yang naksir dia.

Waktu itu sih saya iyaaaa aja. Malah saya sempet percaya dan berprasangka ke suster sari karena si Nining sempet cerita katanya si suster sari ngomong ke dia dulu waktu kerja di rumah saya kl mau pulang naek angkot, padahal kenyataannya yang pertama dianterin suami saya sampe tempat bus dan yang kedua dianterin pegawai suami saya sampe ke rumahnya di depok.

Saya sempet tugas keluar kota dan meninggalkan anak saya di rumah (bersama papa dan kakek neneknya). Waktu itu sempet kepotong liburan 1 hari (imlek) dan sekeluarga harus pergi silahturahmi ke keluarga yang lebih tua, karena rumah kami toko dan pegawai pun sedang libur, papa nya disuruh jaga rumah bersama anak saya dan si suster Nining.

Saya sebenarnya tidak suka dengan pengaturan seperti itu, tapi saya percaya 100% dengan suami saya, Tapi sejak saat itu si Nining berubah kelakuan. Setelah saya pulang ke rumah, kalau saya bilang begini atau begitu, dia selalu bilang tapi kata bapak begono, bu. Si nining jg sempet ngerusakin ASI saya (saya ninggalin ASI beku dan ASI dingin di kulkas), 240 cc lho. saya udah nanya ke suster RSB tempat saya melahirkan, katanya kalau sewakyu dinginnya agak kental dikit tidak apa2, emang kadang ada ASI yang seperti itu, manasinnya aja yang ati-ati (jangan terlau panas tapi juga jangan dengan air dingin, cukup direndem di aer yang kalau ketetesan katanya "ADUH" tapi kagak melepuh).
Si nining tetep ngotot, katanya dari dingin aja udah rusak, gitu dipanasin (direndem di air anget) jadi kuning dan berbusa. Malah waktu dia telpon saya ke kantor, dia bilang saya tunjukin ke bapak ya, bu, saya bilang buat apaan, simpen aja di kulkas biar entar sore saya liat sendiri, bapak mana ngerti.

Waktu saya keluar kota itu, anak saya kan minum susu formula karena stok ASI udah abis, ternyata suaranya jadi serak banget. Saya cuma bilang harusnya setelah minum susu diminumin air putih. Nining bilang, tapi bu kan waktu bikin susu juga udah ada airnya, jadi kagak usah minum air putih lagi gak apa-apa, di tempat kerjanya yang dulu juga waktu ke dokter katanya kg usah minumin air putih lagi krn di susunya kan udah ada airnya. Ihhhh... sebel deh, saya kan kagak tau bosnya yg dulu ke dokter mana dan bener gak dokternya bilang begitu. Cuma saya mikir aja sih, kalo kita minum sirop, kan bikinnya juga pake air putih, tapi kl minum begitu aja apalagi anget-anget, setelah minum di tenggorokan pasti kan berasa lengket.

Pernah waktu pagi2, biasanya mandi jam 7, tapi jam 7 waktu itu dia masih ketiduran lagi, baru bangun jam 8 waktu saya mau berangkat ke kantor. Saya kirakan mau dimandiin, ternyata si Nining cuma bawa-bawa baskom aja, trus saya nanya, kok kaga mandi? Dia bilang kata bapak kagak usah mandi, sekaan aja. Saya nanya ke suami saya, suami saya bilang dia kagak ngomong gitu, dia cuma nanya kok kagak mandi dan si nining bilang iya cuma sekaan aja. Dasar cowok, mungkin dia pikir kesiangan atau apa jadi dia diem aja, tapi bukan berarti dia yang nyuruh kagak mandi, kan?

Saya udah mulai kagak suka tuh. Dibilangin selalu pinteran si Nining, udah gitu ngapain coba kalo dibilangin selalu kata bapak bgini bgitu padahal suami saya kagak ngomong.

Terakhir yang paling parahnya waktu pagi anak saya ngompol, emang sih mau mandi. Tapi tatakan kain yang kena ompolnya kan masih basah, kl mau dipakai untuk tatakan mandi boleh, tapi yang basahnya jangan untuk kepala donk, masa pesing bekas pipis naik ke kepala, masih mending kl untuk pantat. Saya bilang baik2, itu basah kena ompol, yang basahnya jangan kena kepala ya. Dia bilang kagak kena, tapi kagak ngerubah letak anak saya. Saya manjat tepat tidur dan saya pegang kain di bawah kepala anak saya, basah. Si nining langsung cemberut, dan anak saya ditarik ke bawah (saya udah mau komentar lagi tuh, jangan terlalu kebawah, kan udah agak besar nanti melorot dari ranjang, tapi saya tahan-tahan ya udah deh, saya awasin ini, bisa saya tangkep kl melorot drpd dibilang bawel).
Waktu mandi, anak saya tenaganya memang kuat dan cukup tinggi untuk usianya yang baru 3 bulan setengah sehingga di belakang kepalanya harus saya jagain dengan tangan saya supaya kagak kebentur ember. Nah, waktu mau ngebalik, si Nining tidak hati2, untung tangan saya yg udah saya tarik masih sempet megangin kepala anak saya, karena si Nining ngebalik badan anak saya TANPA megangin leher belakangnya (bayangin, anak 3 1/2 bulan megangnya kayak begitu). Setelahnya waktu ngebalik, biasanya kaki anak saya ditekuk berlutut karena belum blh berdiri, anak saya langsung berdiri, saya bilang Ning bediri tuh dia, balasnya Iya udah mau diangkat, tapi kagak diangkat-angkat. Saya bilang lagi, bediri tuh, dia bilang lagi dengan cemberut: Iya udah mau diangkat.
Setelah diangkat beneran, saya marah dan saya bilang: Kalau mandiin anak ati-ati yah, pertama nyaris kebentur, kedua anak bediri-bediri sebelum waktunya katanya mau diangkat tapi kagak diangkat2.

Dia diem aja, gitu suami saya masuk untuk melihat anak saya, baru si Nining nyautin: Biasanya kl mandi  dibantuin pegangin oleh neneknya. Saya diem aja, tapi saya kesel, biasanya dia ngeledek2 saya kagak bisa mandiin anak sendiri karena saya masih takut. Nah kl mandiin harus dipegangin mah namanya dia juga belum becus.

Setelah kejadian itu tiap pagi saya yang mandiin, dibantuin suami saya. Anak saya ternyata lebih senang dan ketawa-ketawa, mungkin happy krn papa dan mamanya berduaan mandiin dia :)

Satu lagi, si Nining kl mangku anak di mobil suka ketiduran, tapi kl diminta kagak dikasih, saya sampai ikutan duduk di belakang di sebelah dia, takut seandainya dia ketiduran dan suami ngerem mendadak.

Belakangan, setelah insiden mandi itu, saya juga mangku sendiri di mobil. Dia cemberut aja kagak suka. Yang paling parahnya pernah waktu pulang, saya kan nungguin pintu mobil dibukain dari luar krn saya ngegendong anak saya. Eh si nining ikutan duduk di sebalah saya kaga turun2, suami saya negor dia: Ning, turun donk, bantuin ibu turun. Mungkin dia lagi menghayal, karena biasanya kalau dia yang gendong semua perhatian tercurah ke dia, bahkan suami saya mayungin kl lagi panas banget (ya tentu aja krn si Nining kan gendong anak kami).

Nining kerjanya juga perhitungan, dia tidak mau nyapu ataupun ngepel kamarnya sendiri. Tapi dia dengan baeraninya setelah br 1 bulan kerja, minta uang untuk keperluan sehari-harinya (sabun, sampo, odol, pembalut, dll). Katanya sabunnya tidak dijual di Indomaret (nah lho, saya sendiri cuma pakai sabun lifebouy batangan dari toko), pembalutnya harus yang merk Kotex. Suami saya tidak suka, suami bilang biasanya pembantu dibelikan kebutuhan bulanan setelah beberapa bulan kerja dan itupun mereka tidak minta, mereka biasanya membayar dengan uang, baru kalau ternyata cocok dengan pembantu tersebut dan terbukti baik ia kagak usah bayar lagi.

Terakhir sepulang dr rumah mama saya, dia ceritanya mau nyuci baju di kamar mandi, udah diberantakin papan gilesan, sabun dan ember2 tapi orangnya kagak ada. Saya sih diem aja, sebodo deh. Pulang dr rmh mama saya dia langsung ilang juga saya sebodo. Ternyata dia langsung mandi, duduk di loteng dan ceritanya nagis sesenggukan cerita ke mertua saya. Katanya mau berhenti, udah kagak tahan ama saya, bahkan mama saya ikut-ikutan marahin dia, dia mau pulang besok kagak peduli gimana.

Saya sih bilang ya berenti, berenti aja, kagak masalah, saya sendiri juga udah sempet telpon ibu kris sebelumnya nyari pengganti, tapi adanya yang lebih muda dan belum married juga, ada lagi yang jauh lebih pengalaman (Gajinya lebih mahal) jadi saya mikir, yang sepantaran aja centilnya kayak begini, apalagi yang lebih muda. Dan dengan pengalaman kayak si nining aja belagunya udah setengah mattteeee, apalagi yang lebih pengalaman.

Akhirnya suami saya ngebujukin dia 2 hari lagi krn suster penggantinya br ada 2 hr lagi, saya sih sebenernya malesss, saya bisa kok ijin cuti, dia mau berenti ya berenti aja ngapain ditahan-tahan.

Nah lho, mama saya marahin dia? Yang ada tuh mama saya cuma bilang,kl anak ngompol gantiin celananya dulu baru buka bajunya biar kagak dingin, tapi si nining dengen ngeyelnya bilang kan bajunya kena. Trus mama dan saya sih diem aja. Males dan kami juga sudah terbiasa dengan ngeyelnya si nining.

Yang parahnya, ternyata si nining tukang ngadu domba. Dia bilang dimarahin ama mama saya padahal ternyata tidak. Di rumah saya sendiri, dulu waktu awal-awal kerja, dia suka cerita-cerita ke pembantu mama saya tanpa ditanya. Dia cerita di rumah mertua saya dia susah makanlah, kagak pernah makan daging lah, makan kerupuk aja seminggu sekali juga kagak, kerupuk kl udah malem dimasukin ke kamar mertua saya (padahal ini krn di rumah mertua banyak tikus maklum toko, dan kerupuknya kerupuk bangka, mertua saya nyimpennya cuma di plastik, bukan di toples, tapi kl dia cerita ke org2 setelah dia bilang jarang banget makan kerupuk dia mau supaya org berkesan apa? Kesannya kerupuk dimasukin kamar krn takut diambil diam2 oleh dia? Padahal udah saya jelasin lho kl di rmh tuh banyak tikus), terus bilang mertua saya bawelnya setengah mati.

Mertua saya memang agak polos. Ia sempat bilang katanya suster yang baru pengganti si nining nanti belum pernah kerja lho, belum pernah ngurus bayi. Saya cuma nanya tau dari siapa, katanya dr pembantu rumahnya, saya nanya emang si embak kenal? Katanya tau dari si nining. Astagaaa, mau berenti ya berenti aja, jangan ngejelek2in calon penggantinya, Dulu waktu suster sari selisih pendapat dengan mertua saya dan bilang mau berhenti dia udah telpon ibu kris nanya ada pengganti gak dan si suster sari bilang si nining sama kok pengalamannya denga dia.

Saya juga udah telpon ibu kris sebelumnya, katanya suster penggantinya (suster yang sekarang ini), jauh lebih pengalaman, gajinya juga lebih mahal lagi. Saya sih lebih percaya dengan ibu Kris.

Suster saya yang sekarang namanya suster Sri. Kerjanya cekatan, pagi-pagi dia bangun sholat dan kemudian nyuci baju. Nyetrika baju waktu siang ketika anak saya tidur dan kerjanya sebet banget. Saya sekarang bisa sarapan dengan tenang. Dulu waktu masih si nining, pagi-pagi jam 5.30 sampai jam 7.00 saya dan suami saya sarapan dan mandi terkebut-kebut karena anak saya dipegang oleh kami berdua. Ibu mertua sibuk persiapan mau buka toko, dan si nining sibuk nyetrika di loteng.

Itu sih pengalaman saya dengan Yayasan Siwi Asih. Sejauh ini ibu kris baik, saya tidak ada masalah dengannya. Cuma hati-hati aja kalau suster yang mau ditawarkan ke ibu-ibu sekalian namanya nining / laningsih / ningsih / lanny. Karena itu suster yang sama dengan cerita saya di atas.

Semoga bermanfaat sebagai tambahan info. Kejadiannya baru aja kok. Tanggal 18 Feb 2009 kemarin si nining baru aja berhenti nya, jadi mungkin sekarang dia lagi nyari-nyari kerjaan baru.


   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
hy bun mau minta info2 nya dari bunda2 yang sudah berpengalaman, bayi aq berusia 3 bulan lg batuk pilek bun aq dpt info katanya daun saga manjur untuk batuk itu bener tidak sih bun?tlg info2nya ya bun..terima kasih
   


22-08-2014 12:17:35 tidak bisa makan nasi
Jumlah Posts : 107
Jumlah di-Like : 4

Dear bunda-bunda ,

Mau share pengalaman , waktu saya hamil 5 minggu sampai sekitar 15 minggu , waktu itu juga saya sulit makan nasi, mual terus kalo makan nasi , pokoknya yag solid pasti bawaannya mual dan pengen muntah, namun saya ingat pesan mamah saya dulu waktu beliau hamil , beliau punya kisah yang sama terutama kehamilan anak laki-laki (kakak saya) , dan mamah saya bisanya makan buah-buah an , oleh karena itu saya juga mengkonsumsi buah-buahan yang banyak bahkan bisa 2 sampai 3 piring besar setiap makan siang , makan pagi saya tetap tidak bisa masuk makanan apa-apa , hanya saya usahakan minum susu 2 gelas di pagi hari (susunya prenagen vanilla tapi makin usia kehamilan tambah berganti anmum vanilla karena tidak berbau)  , siang makan buah yang banyak (dipotong-potong , kalo bisa semangka dibanyak in) , sorenya sebelum pulang kantor saya minum susu lagi 2 gelas , malamnya saya makan-makan sedikit (kalo masih lapar) kalo tidak saya tidak perlu makan, mungkin minum teh hangat dan nonton TV dan bersiap tidur. Saya juga tidak bisa minum obat vitamin apapun (selalu muntah setelah makan obat vitamin dari dokter) , diminum malam hari -pun , paginya saya muntah dan keluar obat tersebut. Jadi saya bawa santai , Alhamdulillah minum susu hamil yang cukup dan makan buah-buahan sudah mencukupi nutrisi sampai setelah 3 bulan saya bisa makan seperti biasa kembali , menurut medis, intervalnya memang demikian 0-3 bulan mual dan tidak enak makan, setelah 3 bulan - 6 bulan nafsu makan kembali lagi dan tidak muntah, lebih dari 6 bulan sampai 9 bulan kembali lagi , seperti kurva saja bunda, InsyaAllah kita nikmati saja titipan Allah ya.

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Siang bunda, kehamilan kedua butuh perencanaan yang baik serta dukungan dari ayah dan juga keluarga.  Jika bunda dan ayah sudah merasa ini saatnya merencanakan kehamilan kedua, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar rencana ini dapat berjalan sesuai dengan harapan bunda dan ayah. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan yah bunda :

Atur jarak kehamilan

Jarak kehamilan yang aman menurut penelitian sekitar 27 – 32 bulan setelah melahirkan berarti sekitar 2 tahun 3 bulan atau 2 tahun 8 bulan bunda. Walau sebenernya sih rahim bunda tuh udah siap untuk hamil lagi dalam 3 bulan setelah melahirkan. Tapi dengan mengatur jarak yang aman akan berpeluang besar untuk memiliki bayi yang sehat. Jika bunda di kehamilan sebelumnya melahirkan secara caesar disarankan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dulu untuk mengatur jarak kehamilan yang tepat.

Lepas alat kontrasepsi

Jika bunda dan ayah sudah merencanakan untuk memiliki adek bayi lagi, idealnya hentikan pemakaian alat kontrasepsi beberapa bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali. Hal ini dilakukan untuk menjaga siklus mens normal (kecuali pemakaian spiral, bunda bisa langsung hamil setelah alat kontrasepsi dilepas). Jika alat kontrasepsinya dalam bentuk pil dan suntuk perlu waktu beberapa bulan untuk bisa hamil lagi.

Pemeriksaan pra-kehamilan

Jika bunda dan ayah sudah benar-benar siap untuk kehamilan kedua, wajib melakukan pemeriksaan sebelum masa kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan bunda dalam keadaan yang sehat. Setelah pemeriksaan disarankan untuk melakukan tes ginekolog secara lengkap termasuk tes laboratorium.

Mempersiapkan psikologis calon kakak (anak pertama)

Nah yang ini juga gak boleh dan biasanya butuh pendekatan ekstra. Persiapkan psikologis dan mental calon kakak penting dilakukan agar tidak merasa tersisih saat bunda nantinya lebih sering memperhatikan adek bayi (anak kedua). Dapat dilakukan dengan menjelaskan secara alami bahwa kehadiran adiknya nanti tidak akan membuat perhatian dan kasihsayang bunda berubah.

sumber artikel

Perlu diingat bunda dalam mempersiapkan kehamilan ini, tubuh bunda perlu nutrisi seperti asam folat, kalsium, vitamin, dan mineral. Bunda bisa dapatkan dari ikan, susu ibu hamil, telur, sayur dan buah-buahan. Sebaiknya dikonsumsi antara 3-4 bulan sebelum mempersiapkan kehamilan.

   
18-09-2013 20:56:39 Antibiotik untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4
 Dear Bunda Enya,

Spiramycin sesungguhnya termasuk pada golongan C kehamilan yang berarti obat tersebut hanya boleh dikonsumsi jika manfaatnya lebih tinggi daripada resikonya.
Dosis umumnya : 3 x 1 selama 5 hari (15 tablet)
Obat ini harus diberikan dengan perhatian pada wanita hamil trisemester pertama (3 bulan pertama).

Saya tidak bisa memberi informasi mengenai obat yang cocok karena saya tidak mengetahui kondisi bunda. Saya sarankan bunda untuk berkonsultasi dengan dokter lain untuk second opinion.

Terima kasih, semoga lekas sembuh.
   
08-06-2011 15:48:02 Kematian Mudigah pada janin
Jumlah Posts : 211
Jumlah di-Like : 5
Bunda Irra...

Turut berduka cita atas meninggalnya Janin bunda... semua sudah kuasanya bunda.. tabah ya bun...

aku juga baru dengar tentang kematian mudigah.. tapi barusan aku googling ya.. kematian mudigah itu diakibatkan oleh kelainan kromosom bunda.. janinya terbentuk tapi tidak ada tanda2 kehidupan di janin tersebut.. jika memang kematian itu terjadi. itulah yang terbaik untuk janin dan bunda.. tapi memang kadang kita sebagai calon ibu tidak berkenan menerima kenyataan itu.. kuncinya adalah kita pasrahkan saja pada Tuhan.. Dia yang memberi kita semua kehidupan dan Dia yang berhak mengambilnya kembali.. Anak hanyalah titipan Bunda.. Bunda bisa hamil lagi setelah 3 bulan biasanya setelah kuretasi..

Semoga Bunda segera diberikan keturunan kembali ya bunda..
   
Jumlah Posts : 24
Jumlah di-Like : 2
salam bunda...
ya dulu waktu saya dinyatakan hamil juga tidak alami tanda tanda kehamilan seperti mual atau muntah ya biasa saja. tapi mmg ketika 4 bulan tidak haid baru saya berani TP dan hasilnya positif hamil 12 minggu (3 bulan)... ya semoga bunda glow mei dapat berkah dari Tuhan dan berdoa agar diberikan kepercayaan untuk memiliki buah hati.....
saya sekarang sudah memasuki 40 minggu yang artinya sebentar lagi akan melahirkan wah justru detik2 melahirkan inilah yang paling menegangkan buat saya kadang stress melanda...wah koq jadi curhat yach...
ya salam bunda glow mei..GBU....
   
20-02-2011 13:20:39 Hi...Bunda
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

IBU HAMIL VS KAFEIN!!

Apakah Anda pecandu teh? Untuk para wanita yang hobi minum teh, sebaiknya lebih waspada akan efek negatif dari teh. Apalagi untuk wanita hamil, lupakanlah teh. Sebaiknya gantilah teh dengan minuman lain yang tidak mengandung kafein seperti jus buah atau susu ibu hamil. Para peneliti AS memastikan, mereka memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa kafein berbahaya bagi kehamilan. Para ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya pada bulan-bulan awal kehamilan beresiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Agar benar-benar aman, para calon ibu harus menghindari minuman yang mengandung kafein dalam bentuk apapun selama 5 bulan awal kehamilannya, para peneliti ini mengungkapkan dalam laporan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Obstretics and Gynecology. Penelitian-penelitian sebelumnya telah mengungkapkan, para ibu hamil yang mengonsumsi 3 cangkir teh atau 300 mg kafein perhari menghadapi bertambahnya resiko keguguran dibandingkan para ibu hamil yang menghindari kafein. Para peneliti menemukan resiko keguguran bertambah seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kafein harian, baik dari kopi, teh, coklat hangat, minuman berkafein lain, ataupun gabungan dari kesemuanya.

Kafein merupakan jenis alkaloid yang secara alamiah terdapat dalam biji kopi, daun teh, daun mete, biji kola, biji coklat, dan beberapa minuman penyegar. Kafein memiliki berat molekul 194.19 dengan rumus kimia C8H10N8O2 dan pH 6.9 (larutan kafein 1% dalam air). Secara ilmiah, efek langsung dari kafein terhadap kesehatan sebetulnya tidak ada, tetapi yang ada adalah efek tak langsungnya seperti menstimulasi pernafasan dan jantung, serta memberikan efek samping berupa rasa gelisah (neuroses), tidak dapat tidur (insomnia), dan denyut jantung tak berarturan (tachycardia). Dari beberapa literatur, diketahui bahwa kopi dan teh banyak mengandung kafein dibandingkan jenis tanaman lain, karena tanaman kopi dan teh menghasilkan biji kopi dan daun teh dengan sangat cepat, sementara penghancurannya sangat lambat.

Konsumsi kafein selama hamil juga bisa menyebabkan bayi lahir abnormal. Untuk mendapatkan manfaat positif dari kopi, para ahli menyarankan konsumsi kopi organik serta kopi Arabicadari Jawa. Setiap 8 ons kopi Arabicadiketahui mengandung kadar protein yang lebih tinggi dibanding kopi biasa serta memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Kopi organik ini juga mengandung zat antioksidan 40 persen lebih tinggi dibanding kopi jenis lain.

Berdasarkan penelitian Heri Budi Santoso (2006) dengan judul “Pengaruh Kafein Terhadap Penampilan Reproduksi Dan Perkembangan Skeleton Fetus Mencit (Mus musculus L.)” dikatakan bahwa :

  1. Kafein yang diberikan secara oral pada induk mencit bunting selama masa organogenesis dengan dosis 120 mg/kg bb/hari dapat menyebabkan kelainan pada penampilan reproduksi berupa kematian dan resorpsi fetus, perdarahan bawah kulit, tungkai belakang torsi, dan ekor bengkok.
  2. Kafein yang diberikan secara oral pada induk mencit bunting selama masa organogenesis dengan dosis 120 mg/kg bb/hari dapat mempengaruhi pertumbuhan skeleton fetus, yaitu hambatan penulangan pada sternum, metacarpus, dan metatarsus serta menyebabkan terbentuknya kelainan berupa “jembatan kosta”.

   
20-02-2011 13:16:22 Hi...Bunda
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

BAHAYA KAFEIN BAGI IBU HAMIL

 Apakah anda penggemar kopi dan teh? Jika anda sedang hamil, sebaiknya lupakan kopi/teh. Lebih baik Cari alternatif minuman lain yang lebih aman demi janin Anda
Para peneliti AS memastikan, mereka memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa kafein berbahaya bagi kehamilan. Para ibu hamil yang mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak setiap harinya pada bulan-bulan awal kehamilan beresiko mengalami keguguran yang lebih
tinggi.

Agar benar-banar aman, para calon ibu harus menghindari minuman yang mengandung kafein dalam bentuk apapun selama 5 bulan awal kehamilannya, para peneliti ini mengungkapkan dalam laporan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal Obstretics and Gynecology.

Penelitian-penelitian sebelumnya telah mengungkapkan, para ibu hamil yang mengonsumsi 3 cangkir kopi atau 300 mg kafein perhari menghadapi bertambahnya resiko keguguran dibandingkan para ibu hamil yang menghindari kafein.

Para peneliti menemukan resiko keguguran bertambah seiring dengan semakin bertambahnya konsumsi kafein harian, baik dari kopi, teh, coklat hangat, minuman berkafein lain, ataupun gabungan dari kesemuanya.

Para ibu yang mengkonsumsi 200 mg kafein atau lebih per hari memiliki resiko keguguran 2x lebih besar dibandingkan dengan mereka yang sama sekali menghindarinya.

Untuk kepentingan penelitian, dikatakan 200 mg kafein setara dengan 2 cangkir kopi berukuran 7,5 oz atau 5 kaleng minuman soda berkafein berukuran 12 oz per hari.

Para calon ibu harus menjauhi kafein setidaknya dalam 3 atau 4 bulan pertama kehamilannya, saran De Kun Li ahli epidemiologi dan difisi riset dari Oakland California.

Para ahli percaya kafein dapat mengganggu janin karena zat tersebut dapat menembus plasenta, namun tidak dapat dicerna dengan mudah oleh sistem metabolisme janin yang belum berkembang. Kafein juga dapat membuat pembuluh darah menyempit, yang akhirnya menyebabkan aliran darah ke plasenta berkurang.

   
14-01-2011 13:59:54 Bingung melahirkan dimana???
Jumlah Posts : 94
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda april&bunda nn 76:  thanks ya bund bt sharenya pling tidak ak sdkit tenang krn ada jg yg sama kyk aku lg pd bgng   jd bs saling ngisi....mksih buat sarannya

@eda lilid: iya nih mau kawin smp mau pny anak tetp aja diribetkan dgn adat ya da...ckckckkkkk
skrg da klo kita lhiran di mamah sendri, otomatis jauh jg dr siabang...n pertimbngan lainnya br 3 bulan setelahnya bisa kita bawa dedknya pulang...scra pasti kan naik pswt...kondisi bayai hrs sehat dn hrus sdh 3 bulan.....waaahhhhh mana tahan abang gk ktmu sm dedeknya berbulan2....
tp mau didiskusikan lgi ....thanks ya da

   
06-11-2007 12:02:28 Sensitif...
Jumlah Posts : 116
Jumlah di-Like : 3
aku juga dulu begitu, waktu hamil masih 1-3 bulan, tapi yang parahnya, aku marah-marahnya sama bos di kantor, coba bayangkan....aku sampai tidak menghormati atasan, padahal beliau sudah baik sekali dengan aku...mungkin karena pada saat itu, suami sedang tugas diluar kota...akhirnya bos aku dech yang jadi pelampiasan kemarahan aku...sampai satu saat, bos aku sangat marah sekali karena dianggapnya aku sudah kurang ajar...tetapi begitu beliau tahu aku sedang hamil, beliau menjadi maklum...yah untunglahh...aku punya boss sebaik itu Array
   
24-06-2016 09:57:13 Gumoh pada bayi
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
Bund disini ada yang punya baby yang mengalami gumoh secara terus menerus tidak ya? umur babyku 3 bulan, stiap abis nenen selalu muntah meskipun sudah di sendawakan bund. kira2 babyku kenapa ya?? trus solusinya gimana biar gak gumoh2 lagi y bund?