SITE STATUS
Jumlah Member :
493.663 member
user online :
1714 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: benda yang ditakuti ayam

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bagaimanakah pemberian makanan yang baik bagi bayi anda? Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai bahan makanan dan pemberian makanan yang baik berdasarkan rekomendasi WHO.
 


•    Usia 0-6 bulan

Berikan bayi anda ASI eksklusif sampai ia berusia 6 bulan. Berikan ASI sesering yang ia mau, setidaknya 8 kali dalam 24 jam. Bayi anda akan menunjukkan tanda bahwa ia lapar yaitu dengan menghisap jarinya, rewel atau menggerakkan bibirnya seperti menghisap.

•    Usia 6 bulan- 5 tahun

ASI tetap diberikan sampai anak anda berusia 2 tahun atau lebih sebagai sumber bahan makanan yang penting dan bergizi. Sebagai tambahan, bayi anda dapat diperkenalkan dengan berbagai bahan makanan.

Sebagai bahan makanan pokok yang memberikan energi bagi anak anda adalah golongan sereal seperti gandum, padi-padian (beras putih, beras merah) dan jagung. Golongan umbi-umbian seperti singkong, ubi dan kentang. Golongan starchy (mengandung zat tepung) seperti pisang raja dan buah sukun.

Selain bahan makanan pokok tersebut, anak anda juga memerlukan nutrisi dari sumber lain yaitu;

•    Sumber hewani : hati, daging sapi, ayam, ikan, telur.

•    Produk susu : keju, yoghurt.

•    Biji-bijian

•    Daun hijau dan sayuran berdaun kuning : bayam, brokoli, lobak, wortel, labu (pumpkin).

•    Buah-buahan : pisang, jeruk orange, jambu biji, peach, kiwi , papaya.

•    Minyak dan lemak : minyak nabati, butter.


Pada usia 6-8 bulan mulailah memperkenalkan makanan tambahan pada anak anda. Mengawali dengan memberikan 2-3 suapan  (atau lebih, sesuka anak anda) bubur atau nasi tim 2-3 kali sehari. Anda dapat meningkatkan jumlah asupan sedikit demi sedikit.


Hindari memberikan makanan yang dapat menyebabkan tersedak (kacang, anggur dalam bentuk utuh atau potongan besar). Anda dapat memberikan snack yang dapat ia pegang sendiri untuk dimakan di antara waktu makannya atau sesuai seleranya.


Pada usia 9-11 bulan anda dapat memberikan makanan lunak atau makanan dengan potongan kecil yang dapat dimakan 3-4 kali sehari ditambah dengan snack 1-2 kali sehari tergantung selera.


Bantulah bayi anda untuk menyantap makanannya sendiri, sebaiknya tidak memaksa Ia untuk menghabiskan makanan. Jauhkan dari lingkungan atau benda yang dapat mengalihkan perhatiannya dari makanannya. Setelah melewati usia 6 bulan, anda dapat memberikan tambahan cairan selain ASI, tawarkan ia air putih (yang telah dimasak) setelah ia makan.



Infobunda : http://www.infobunda.com/artikel/342-Rekomendasi-Pemberian-Makanan-Bagi-Bayi-Anda.html#ixzz2jHOaksSZ

   


20-06-2016 15:57:40 berdahak
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 

Batuk dan pilek dapat terjadi pada bayi dan balita serta orang dewasa. Penyakit ini yang umumnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun demikian, membutuhkan waktu untuk pemulihan. Batuk adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau sumbatan yang mengancam pada saluran pernafasan. Sedangkan lendir akan selalu ada melapisi dan melindungi saluran pernafasan dan paru. Lendir ini akan bertambah banyak bila ada gangguan misalnya alergi atau infeksi. Fungsi lendir pada saluran pernafasan adalah membawa keluar benda atau sisa infeksi keluar dari saluran pernafasan. Jauhkan benda-benda yang umumnya menyebabkan reaksi alergi seperti debu atau bulu hewan. perbanyak minum cairan/air untuk mengencerkan dahak karena ketika dehydrasi akan bertambah kental. perbanyak memakan makanan bernutrisi serta istirahat agar cepat sembuh.

   
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Bunda bisa melakukan cara-cara sebagai berikut:

• Jangan terpancing emosi. Memang sulit untuk tidak kesal dan marah bila melihatnya seperti itu, tetapi teriakan Bunda dapat memicu tantrum-nya bertambah.
• Waspadai bila ia sudah mulai menyakiti dirinya sendiri atau orang lain. Jauhi benda-benda yang dapat menyakitinya.
• Ambil handuk kecil basah dan usapkan di wajahnya, setelah itu beri ia minum air putih untuk membuatnya tenang.
• Tak perlu memberi nasehat atau berargumen di saat tantrum, karena ia tidak akan memperhatikan apa yang Bunda katakan. Lebih baik berikan pelukan dan biarkan ia menangis di dada Bunda.
• Jangan pernah memukulnya. Pukulan tidak mengatasi masalah justru sebaliknya ia akan merasa Bunda tidak menyayanginya.
• Tetapkan pendirian, jangan sampai Bunda mudah luluh dengan tantrumnya. Sekali ia berhasil ia akan terus menerapkannya di lain waktu. Hindari juga berjanji padanya, “Ya, nanti Bunda beli mainan itu untuk Dede yah.”.
 

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Umumnya kebiasaan membenturkan kepala ini akan muncul pada usia 6 bulan dan akan berhenti bertahap di usia 3 tahun. Hal ini dilakukan bukan tanpa tujuan. Membenturkan kepala bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk eksplorasi bayi terhadap kemampuan fisiknya. Selain itu kebiasaan ini dilakukannya untuk menyampaikan pesan seperti : ia ingin mendapat perhatian orangtua, merasa cemas, mengantuk, atau mungkin juga ia ingin melihat seberapa sabar Bunda dan suami dalam memenuhi permintaannya.
Beberapa pakar psikolog memaparkan hal ini sebagai suatu gejala yang normal dan sesuai dengan tahap perkembangannya. Karena head banging ini dilakukan dengan tujuan maka kebiasaan ini akan hilang bila keinginannya terpenuhi.

Meski normal, Bunda perlu mencari solusinya. Bunda dapat melakukan solusi, seperti :
• Bila Bunda melihat head banging ini dilakukan untuk mencari perhatian sebaiknya abaikan saja. Karena kalau tidak intensitasnya akan meningkat dan bisa menggunakan head banging ini sebagai ‘senjata’.
• Meski hal ini normal namun Bunda perlu mengawasinya supaya tidak menimbulkan efek samping. Jauhkan benda-benda berbahaya di sekelilingnya, kalau perlu sediakan benda yang aman saat si kecil membenturkan kepala untuk meredam emosinya.
• Timbulkan kedekatan (attachment) pada si kecil karena dengan begitu dia tak perlu mencari perhatian dengan melakukan head banging. Untuk mengalihkan eksplorasi gerakan tubuhnya Bunda bisa mengajaknya bernyanyi sambil bertepuk tangan atau kegiatan fisik ringan lainnya.
• Jika Bunda sudah melakukan segala upaya dan si kecil masih hobi dengan kebiasaannya itu konsultasikan pada dokter atau psikolog anak untuk mencari solusi lain.

Tips :
-    Jangan sekali-sekali memarahinya terlebih lagi menggunakan suara keras dan kasar. Bersikaplah lembut dan memberikan kesan melindungi sehingga anak merasa nyaman dengan Bunda.
 

   
12-01-2016 16:00:08 alergi lactosa
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 

Batuk dan pilek dapat terjadi pada bayi dan balita serta orang dewasa. Penyakit ini yang umumnya disebabkan oleh virus dan dapat sembuh dengan sendirinya, namun demikian, membutuhkan waktu untuk pemulihan. 

Bunda tak perlu khawatir berlebihan. Batuk merupakan mekanisme alami untuk mengeluarkan lendir ataupun benda yang menganggu jalan nafas. Memang menyedihkan melihatnya sulit bernapas karena pilek, tetapi biasanya ia akan sembuh dengan sendirinya. Umumnya batuk pilek akan sembuh dalam 2-3 hari, tetapi bisa juga berlangsung selama 7-10 hari dan disertai infeksi bakteri. Bila lebih dari 2 minggu tidak kunjung sembuh, kemungkinan besar batuk pileknya disebabkan oleh alergi. Bunda bisa membawanya ke dokter bila ia tak sembuh lebih dari 10 hari.

Sebelum mendapat penanganan dokter, Bunda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini bila anak bunda batuk dan pilek:

  1. Lebih baik Susui bayi Anda langsung dari payudara Bunda untuk menghindari tertutupnya saluran yang menghubungkan antara hidung dengan telinga.
  2. Bila ingin memberinya antibiotik disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan asal memberinya antibiotik atau obat-obatan lainnya.
  3. Bila demamnya mencapai 38,5 derajat celcius berikan obat penurun panas khusus anak-anak (parasetamol ataupun ibuprofen). Bacalah dosis dan cara pemakaian yang tertera.
  4. Bunda bisa melakukan penyedotan lendir di hidung bayi dengan alat penyedot khusus.

Apabila bayi sudah diberikan pengobatan tetapi masih batuk tidak berkurang atau bertambah buruk, terutama dengan demam dan kelihatan ada kesulitan bernafas, saya sarankan untuk segera diperiksa oleh dokter agar dokter memberikan terapi yang sesuai dengan keadaan anak bunda. Untuk kedepannya, jagalah anak bunda agar tidak terkontaminasi penyakit dari orang dewasa yang sedang batuk pilek, hindarkan dari orang dewasa yang sedang sakit.

   


Jumlah Posts : 50
Jumlah di-Like : belum ada like
TIPS AGAR BAYI CEPAT MASUK KE RONGGA PANGGUL

Olah Raga:

Lakukanlah gerakan jongkok-berdiri secara rutin setiap pagi dan sore dengan berpegangan di tempat tidur atau benda yang kuat menahan beban badan. Lakukan gerakan ini sebanyak 5–8 hitungan ya, Mam.Lakukanlah olahraga jalan kaki untuk mendukung gerakan bayi masuk rongga panggul. Sediakan waktu selama 20–30 menit setiap hari untuk berjalan kaki.Ikutilah kelas senam hamil, yoga, atau pilates. Instruktur senam pasti akan membimbing Anda melakukan gerakan untuk membantu mendorong bayi masuk rongga panggul. Misalnya, Anda bisa mencoba gerakan duduk bersila dengan kedua telapak kaki menyatu (gaya yoga) atau duduk di atas pilates dengan mengoyang-goyangkan pinggul (gaya pilates) .

Sering nungging:

Lakukanlah posisi nungging untuk memutar posisi kepala janin, bahkan hingga masuk panggul. Atur posisi nungging dengan dada menempel pada matras atau kasur, miringkan wajah, dan lebarkan kaki. Lakukan posisi ini sebanyak 2x sehari selama 10–15 menit.Lakukan kegiatan mengepel lantai dengan banyak jongkok dan mengangkat ember (yang tidak terlalu berat) bisa juga mempercepat si Kecil masuk rongga panggul.Lakukan gerakan sujud dalam salat. Gerakan ini juga bermanfaat agar posisi si Kecil masuk ke rongga panggul. Anda bisa memperlama gerakan sujud ini ketika salat.

Mengajak bicara
Komunikasi yang terjalin antara Anda dengan si Kecil di dalam kandungan diyakini dapat mempererat ikatan batin antara orangtua dan anak. Karena itu, Anda bisa meminta bayi Anda untuk masuk ke rongga panggul sebagai jalan lahirnya. Cobalah untuk berbicara dengan si Kecil ya, Mam, sambil mengelus perut Anda, seperti “Ayo Sayang, bantuin Mama cari jalan lahir ya biar kamu cepat lahir dengan normal nanti”.

   
26-05-2015 16:11:22 bayi ngorok seperti flu
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Tetap di awasi kalau terjadi kesulitan bernafas atau apakah ada benda yang menyumbat di saluran pernafasannya. Bila tidak ada kesulitan bernafas, maka itu masih dalam batas wajar.

   
20-05-2015 15:06:20 bb bayii
Jumlah Posts : 39
Jumlah di-Like : belum ada like

hai bunda bunda salam kenal, mau ikut share juga ni..

pengalaman mpasi jagoanku dulu, kalo si ade dulu pas 5 bulan 2 minggu an aku udah cobain pure buah bun, cuma tetep aku campur ASI juga, buah pisang sama pepaya aku blander bun terus aku campurin asi tapi kadang kalo aku lagi males pompa asi aku ganti sma sufor bund, suka sih anaku, sampe 3 bulanan aku kasih itu, terus aku juga coba kasih anaku bubur beras merah campur wortel, aku campurin aja wortel yg udah direbus, terus aku masak beras merah dengan api sedang dan campurin wortel, kalo udah mateng aku kasih deh ASI nya, emang agak ribet sih ya bund,. tapi pas aku kerja aku coba cari yang instan, rekomend dari ibu2 suruh pake miln*, pas aku coba miln* penambah berat badan yang rasa ayam jagung dan Alhmadulillah anaku suka dan gemuk tapi tetep juga sama ASI nya gak lepas bund,. omong2 anaknya udah umur berpa bunda2 skrg ??

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
aq mau nanya, apakah normal jika bayi berumur 4 bulan bersikap agresif? terutama jika sedang melihat sesuatu benda yang dia suka, kalau di kasih main lama kelamaan bisa ngambek sendiri, dan kalau ga di kasih main bisa nangis sampai jerit-jerit.
   
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like
Anak saya lahir 28 maret, alhamdulillah makannya lahap n banyak. Sekarang giginya udah ada 4 bahkan ada tunas lagi digusi atasnya mau tumbuh 2, jadi mau 6 makanya setiap mimi Asi suka perih. Bisa merangkak , duduk, berdiri sendiri. Makin pintar dan harus selalu diawasi soalnya tiap ada benda yang kejangkau pasti dipegang.. Masa masanya berbahaya... Lagi cape capenya tp seruu..hehehe..
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bayi bunda sulit tidur? Gini caranya bunda biar si kecil bisa tidur nyenyak dan lelap :

  1. Atur lampu tidur dengan cahaya redup biar bayi gak kaget kalau dia tiba-tiba kebangun
  2. Baju tidur bayi jangan terlalu ketat, pilih dari bahan katun yang nyaman agar dia leluasa gerak
  3. Gendong bayi di gendongan sambil diayun perlahan dan nyanyikan lagu lembut pegantar tidur
  4. Tidurkan bayi dalam dekapan ayahnya. Letakkan bayi di dada dengan kepala bayi di depan leher ayah dan dagu ayah di atas kepala bayi
  5. Beri pijatan di beberapa bagian tubuhnya
  6. Bebaskan tempat tidur bayi dari benda-benda yang dapat menutup wajahnya
  7. Lakukan ritual menjelang tidur, seperti menyeka tubuh bayi dengan air hangat, ganti popoknya dengan popok yang berbahan lembut dan tidak membuat iritasi di kulit, ganti pakaiannya dengan bahan katun yang menyerap keringat dan nyaman di kulitnya, redupkan lampu, dan nyanyikan lagu lembut pengantar tidur.
  8. Ajar dia dengan jam tidur siang dan malam, dan harus konsisten pada jam tidur siang dan malam hari, jangan diubah atau diacak hanya karena bunda ingin lebih banyak waktu bersamanya.

Note : perkembangan otak bayi ibarat komputer yang menyaring ribuan kejadian menjadi pola kebiasaan. Jadi biasakan dia dengan kebiasaan yang baik karena ini akan berlaku sampai dia dewasa kelak.

sumber : ayahbunda

   
05-08-2014 11:27:18 baby qu pilek
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Bayi dan balita rentan terinfeksi oleh virus yang menyebabkan batuk dan pilek. Batuk dan pilek ini akan sembuh sendiri meskipun dapat juga menetap lebih lama tergantung dari kondisi tubuh sang anak. Seperti infeksi virus pada umumnya, batuk dan pilek yang disebabkan oleh infkesi virus dapat disertai oleh demam ringan serta ditularkan oleh orang lain. Apabila anak Anda mengalami batuk dan pilek tanpa demam, hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu terutama udara dingin atau ruangan penuh debu, maka dapat dicurigai sebagai reaksi alergi. Apabila terjadi reaksi alergi, maka sebaiknya menghindarkan benda-benda yang menjadi alergen (penyebab alergi) tersebut. Pengobatan akan bersifat supportif symptomatik untuk meringankan rekasi atau gejala yang timbul. Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

   
21-05-2014 10:08:21 Pengaruh bersin saat hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,

Bersin adalah salah satu mekanisme tubuh untuk melindungi tubuh dari benda yang dianggap mengancam kesehatan. Ketika ada sesuatu berada di dalam rongga hidung dan mengiritasi permukaan mukosa hidung, maka secara otomatis dapat menimbulkan refleks bersin yang akan mendorong keluar benda atau partikel tersebut. Bila terinfeksi penyakit saluran pernafasan seperti sedang batuk, pilek ataupun alergi, makad apat terjadi bersin yang terus menerus karena iritasi dan refleks tersebut. Dalam keadaan normal, bersin tidak mengganggu kehamilan Bunda, namun penyebab bersin tersebut yang mungkin dapat mengganggu kesehatan (infeksi atau alergi dan lainnya). Jagalah kesehatan dan kebugaran Bunda, makan makanan bergizi dan jauhi lingkungan yang tidak sehat serta orang yang sedang sakit agar tidak mudah tertular penyakit terutama saat hamil.

   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Halo bunda saat bayi baru lahir, dia akan mengeluarkan reflek dasar yang secara genetik merupakan mekanisme pertahanan hidupnya. Misalnya bayi baru lahir tidak takut dengan air, secara alami bayi akan menahan nafas dan mengkontraksikan kerongkongannya untuk menjaga agar tidak kemasukan air. Refleks ini otomatis dan diluar kendali si bayi dan merupakan reaksi inheren terhadapa rangsangan tertentu.

Refleks lain yang terjadi pada bayi yaitu refleks moro. Sering gak bunda melihat kenapa bayi bunda tiba-tiba terlonjak atau tersentak saat tidur? Dan bunda mungkin bertanya-tanya apa bayi mengalami problem syaraf.

Bunda gak usah khawatir karena inilah yang disebut refleks moro atau yang disebut dengan refleks kejut bayi. Umumnya ini terjadi sebagai akibat dari respon terhadap suara keras tapi bisa juga ini terjadi secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas.

Refleks moro ini salah satu dari banyak refleks perlindungan yang memang sudah dimiliki bayi sejak lahir, jadi gak perlu khawatir yah bunda. Ini sebagai tanda bahwa sistem syaraf si bayo berfungsi dengan baik. Justru bunda harus lebih khawatir kalau si bayi tidak memiliki refleks moro atau refleks kejut ini.

Selain itu ada beberapa refleks lain yang sering ditunjukkan bayi, yuk simak

Babinski Reflek

Ini refleks primitif pada bayi berupa gerakan jari-jari mencengkram ketika bagian bawah kaki diusap, ini sebagai indikasi syarafnya berkembang dengan normal, dan akan hilang di usai 4 bulan.

Swallowing reflek

Reflek gerakan menelan benda-benda yang didekatkan ke mulut. Tapi harus hati-hati yah bunda, karena tidak semua benda bisa dimasukkan ke mulut. Bunda baiknya beli biskuit karena ini aman bagi bayi.

Breathing reflek

Refleks seperti menghirup dan menghembuskan nafas secara berulang-ulang. Fungsinya menyediakan O2 dan membuang CO2.

Eyeblink reflek

Reflek di mana bayi akan menutup dan mengejapkan mata dan ini berfungsi melindungi mata dari cahaya dan benda asing. Aku pernah isengin bayiku niup matanya, dan dia langsung nutup matanya dan mengerjap-ngerjap, lucu banget, hihihi

Puppilary reflek

Refleks gerakan menyempitkan pupil mata terhadap cahaya terang, membesarkan pupil mata di lingkungan gelap. Berfungsi melindungi dari cahaya terang dan menyesuaikan terhadap suasana gelap.

Sumber : childrenfootclinic.wordpress, bundakonicare

   
09-01-2014 14:05:55 batuk anak
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dok anak saya 11 bulan sudah batuk 3 minggu,,sudah berobat tapi belum sembuh juga,,,tapi batuk nya hanya pas malam aja,,apa itu gejala asma?apa alergi susu sapi,,mohon pencerahan nya

Dari : EVI HANA SAPUTRI

Jawaban:

Dear Bunda, 

Apabila pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan adanya penyakit pada paru anak Anda, kemungkinan besar batuk anak Anda dikarenakan oleh keadaan alergi. Memang tidak mudah dalam menentukan penyebab dari keadaan allergy karena dapat dipicu oleh allergen yang sulit ditentukan. Allergen dapat berupa debu, kutu, bulu binatang, protein, serbuk sari bunga, atau di picu oleh perubahan cuaca, suhu dan sebagainya. Bunda dapat mulai memilah benda-benda yang dapat dicurigai sebagai allergen pada anak bunda, seperti suhu ruangan tempat ia tidur, debu pada ruangan, bahan yang di gunakan untuk tidur seperti bantal, selimut atau tempat tidur usahakan terbuat dari bahan-bahan hypo allergy atau non allergen. Perhatikan sabun atau pelembut pakaian yang di gunakan juga dapat menimbulkan adanya allergy. Demikian jawaban saya.