SITE STATUS
Jumlah Member :
493.643 member
user online :
985 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bayi saat tidur kepala panas

New Topic :  
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda,
Pada suhu udara dingin, normal terjadi adanya mekanisme tubuh seperti hidung mampet dan adanya cairan lendir pada hidung (ingus) untuk menghangatkan udara dan melindungi saluran pernafasan. Pada bayi pun demikian, akan timbul mekanisme yang sama ketika udara menjadi dingin seperti malam atau dini hari. Pola pernafasan bayi juga berbeda dari orang dewasa, terkadang cepat lalu melambat dan sesekali terhenti. Perhatikan bayi Anda, bila lendir dari saluran pernafasan atau air liur menghalangi jalan nafas, maka akan terdengar bunyi “krok krok” atau ‘grok grok”, hal ini masih dalam batas normal bila bayi tidak terlihat tersedak atau kesulitan bernafas (tersumbat). Bila menumpuk dan menghalangi jalan nafas, maka bersihkan lendir dari saluran hidung atau mulut, miringkan kepala bayi saat tidur untuk mencegah bayi tersedak, bila ada demam atau rewel periksakan bayi anda pada dokter.

   


Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Dear Bunda, 
Pada suhu udara dingin, normal terjadi adanya mekanisme tubuh seperti hidung mampet dan adanya cairan lendir pada hidung (ingus) untuk melindungi saluran pernafasan dan respon terhadap keadaan infeksi atau udara dingin. Pada bayi pun demikian, akan timbul mekanisme yang sama ketika udara menjadi dingin seperti malam atau dini hari. Pola pernafasan bayi juga berbeda dari orang dewasa, terkadang cepat lalu melambat dan sesekali terhenti. Perhatikan bayi Anda, bila lendir dari saluran pernafasan atau air liur menghalangi jalan nafas, maka akan terdengar bunyi “krok krok” atau ‘grok grok”, hal ini masih dalam batas normal bila bayi tidak terlihat tersedak atau kesulitan bernafas (tersumbat). Bila menumpuk dan menghalangi jalan nafas, maka bersihkan lendir dari saluran hidung atau mulut, miringkan kepala bayi saat tidur untuk mencegah bayi tersedak, bila ada demam atau rewel periksakan bayi anda pada dokter.

   
22-02-2013 15:59:53 sesak napas dan ngorok
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
salam kenal dok, ini anak pertama saya sekarang baru umur 15 hari dari awal lahir napasnya sudah terdengar berat, kemudian saat malam hari seperti sesak napas dan terdengar ngorok,tetapi saat siang tidak ngorok dok. saya cemas dan kasihan dok, kira2 tindakan apa yang perlu saya lakukan dan apakah keadaan ini bisa baik sendiri karena ada saudara yang bilang karena paru2nya masih adaptasi dok.. terimaksih atas perhatian dan saya tunggu balasan dari dokter

Dari : alvaro rayhan kurniawan

Jawaban:

Dear Bunda,

Pada suhu udara dingin, normal terjadi adanya mekanisme tubuh seperti hidung mampet dan adanya cairan lendir pada hidung (ingus) untuk menghangatkan udara dan melindungi saluran pernafasan. Pada bayi pun demikian, akan timbul mekanisme yang sama ketika udara menjadi dingin seperti malam atau dini hari. Pola pernafasan bayi juga berbeda dari orang dewasa, terkadang cepat lalu melambat dan sesekali terhenti. Perhatikan bayi Anda, bila lendir dari saluran pernafasan atau air liur menghalangi jalan nafas, maka akan terdengar bunyi “krok krok” atau ‘grok grok”, hal ini masih dalam batas normal bila bayi tidak terlihat tersedak atau kesulitan bernafas (tersumbat). Bila menumpuk dan menghalangi jalan nafas, maka bersihkan lendir dari saluran hidung atau mulut, miringkan kepala bayi saat tidur untuk mencegah bayi tersedak, bila ada demam atau rewel periksakan bayi anda pada dokter.
   


Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Kenapa terjadi gumoh ?

* Spingter lambung bayi belum sempurna

Pada bayi klep lambung ini belum sempurna sehingga kurang dapat menahan cairan yang telah masuk ke lambung.

* Bayi belum dapat mengontrol jumlah cairan yang masuk ke lambung

Kapasitas lambung bayi amatlah terbatas, jika ASI yang masuk terlalu banyak otomatis tidak dapat tertampung, sehingga akan dimuntahkan. Pada beberapa bayi yang memiliki nafsu makan tinggi akan lebih sering mengalami gumoh.

* Gerak bayi terlalu aktif

Gerak yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan pada lambung bayi, sehingga merangsang untuk mengeluarkan isinya.

* Posisi menyusui yang salah

ASI yang masuk mulut bayi akan mencari posisi terendah, posisi menyusui sambil tiduran membuat ASI lebih sulit menuju lambung, sehingga tertahan diluar. oleh karena itu ketika bayi bergerak atau menangis akan mudah terjadi gumoh

* Bayi kembung

Lambung bayi terisi oleh udara, sehingga cairan yang masuk mudah terdesak keluar.

* Pemakaian gurita yang terlalu ketat

Pemakaian gurita yang terlalu ketat dapat menghambat mengembangnya lambung, sehingga menurunkan daya tampung lambung. Selain itu pemakaian gurita membuat organ pernafasan dan pencernaan kurang berkembang maksimal.

* Intoleransi susu formula

Bayi tidak dapat mencerna laktosa yang dikandung susu formula, sehingga terjadi reflek muntah setiap kali minum.

* Pemberian makanan pendamping ASI tertalu dini (< 6 bulan)

Pencernaan belum siap menerima makanan padat, sehingga rentan terjadi perlukaan lambung, usus dan diare

* Cacat bawaan

Baik cacat pada mulut maupun pencernaan bagian dalam, yang menyebabkan bayi tidak mampu menelan atau mencerna makanan

Mencegah terjadinya gumoh

Pencegahan dan penanganan gumoh tergantung pada penyebabnya, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

* Berikan ASI saja sampai 6 bulan (ASI eksklusif)

Pemberian makanan tambahan dibawah 6 bulan memperbesar resiko alergi, diare, obesitas serta mulut dan lidah bayi masih dirancang untuk menghisap, bukan menelan makanan.

* Posisi menyusui yang benar

Yaitu dengan dipangku, kepala bayi disangga dengan siku badan disangga dengan tangan ibu, sebagian besar aerola masuk ke mulut bayi (mencegah udara ikut masuk), perut ibu menempel perut bayi.

* Sendawakan bayi setelah menyusui

Untuk mencegah kembung. Caranya posisikan bayi tegak menghadap dada ibu, sangga kepala dengan tangan, tepuk-tepuk ringan punggung bayi hingga bersendawa. Atau tengkurapkan bayi.

* Beri bayi ASI sedikit-sedikit tetapi sering (minimal 2 jam sekali), jangan langsung banyak.

* Jangan memakaikan gurita tertalu ketat

* Posisikan bayi tegak beberapa lama (15-30 menit) setelah menyusu

* Tinggikan posisi kepala dan dada bayi saat tidur

* Jangan mengajak bayi banyak bergerak sesaat setelah menyusu

* Jika gumoh di sebabkan oleh kelainan atau cacat bawaan segera bawa ke petugas medis agar mendapat penanganan yang tepat sedini mungkin

Jika terjadi gumoh ?

* Bersikaplah tenang,

* Segera miringkan badan bayi agar cairan tidak masuk ke paru-paru (jangan mengangkat bayi yang sedang gumoh, karena beresiko cairan masuk ke paru-paru)

* Bersihkan segera sisa gumoh dengan tissue atau lap basah hingga bersih pastikan lipatan leher bersih agar tidak menjadi sarang kuman dan jamur

* Jika gumoh keluar lewat hidung, cukup bersihkan dengan cotton bud, jangan menyedot dengan mulut karena akan menyakiti bayi dan rentan menularkan virus.

* Tunggu beberapa saat jika ingin memberi ASI lagi

Waspada jika ?

* Cairan yang keluar lebih banyak dari pada yang masuk

* Muntah disertai diare

* Terdapat tanda-tanda dehidrasi (kekurangan cairan)

Bayi lemas, ubun-ubun cekung, mata cekung, pipis kurang dari 6 kali sehari, kulit lembek, demam, menangis merintih atau tidak menangis, bayi tidak sadar.

* Muntah berwarna hijau, coklat, atau bercampur darah

* Bayi sangat rewel

Gumoh berangsur angsur akan hilang seiring bertambah sempurnanya sistem pencernaan bayi. Kebanyakan di usia 4-5bulan bayi sudah jarang gumoh bahkan tidak sama sekali. Tidak perlu khawatir, asal cairan yang masuk masih lebih banyak dari pada yang keluar.

semoga bermanfaat.

salam

putri a.k.a zach mom's

   
Jumlah Posts : 95
Jumlah di-Like : belum ada like
oh kmrn sy konsul ke dokter anak, bnyk bun yg dijelaskan...
krna sy jg anak pertama dan baru usia 2minggu,, klo nafas bayi saat tidur ada bunyi2 atau seperti orang mendengkur itu normal bun...
tp klo sesaknya nafas dia kita lihat dada ditengahnya saat dia bernafas.. klo berlubang itu berarti dia sesak bun...
anak ku jg kdng bgtu.. hidungnya seperti orang tersumbat,, tp ndak kok bun.. itu normal..
Mudah2an semua nya baik yah...
   


Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

Bawa bayi Anda terbang naik pesawat?

Buat orang tua yang akan melakukannya untuk pertama kali, membawa si buah hati naik pesawat bisa jadi pengalaman yang menimbulkan kecemasan. Selain berkonsultasi dengan dokter mengenai kesiapan si kecil, berikut adalah tips membawa bayi Anda naik pesawat, mulai dari persiapan booking tiket pesawat hingga tips agar si kecil tenang dan nyaman selama di pesawat.

Selain itu, simak juga ketentuan bayi dari tiap-tiap maskapai utama di Indonesia di bawah ini.

Sebelum booking tiket

Kapan usia aman bayi naik pesawat?

Ketentuan tiap maskapai bisa berbeda-beda, ada yang minimum usia 2 hari, ada yang minimum usia 14 hari. Maskapai biasanya akan meminta Surat Keterangan Medis dari dokter yang menyatakan bahwa bayi cukup sehat untuk terbang.

Bayi berusia di bawah 2 minggu memiliki risiko lebih besar. Dalam usia dini ini, daya tahan bayi masih sangat lemah dan karenanya rentan untuk terjangkit penyakit seperti batuk atau flu dari orang sekitar di ruang kabin pesawat nanti.

Jadi kapan usia terbaik untuk bayi naik pesawat? Usia minimum 3 bulan dianggap usia yang paling aman untuk bayi naik pesawat. Saat mencapai usia ini, daya tahan bayi sudah lebih kuat juga dalam menghadapi perubahan suhu udara.

Berapa harga tiket pesawat untuk bayi?

Umumnya, bayi digolongkan berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan. Sebagian besar maskapai mengharuskan bayi untuk duduk di pangkuan penumpang dewasa, dengan batasan satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Walau tidak memiliki tempat duduk sendiri, bayi tetap membutuhkan tiket, bukti usia seperti akte lahir, demikian juga paspor ketika terbang ke luar negri. Tiap maskapai memiliki ketentuan berbeda mengenai harga tiket bayi. Bagi beberapa maskapai, harga tiket bayi gratis. Namun ada juga maskapai yang menentukan tarif bayi yaitu sekian persen dari tarif dewasa, sekalipun bayi duduk di pangkuan penumpang dewasa. Jika bayi memiliki tempat duduk sendiri, tarif yang dikenakan serupa dengan tarif dewasa.

Apakah bayi mendapat jatah bagasi sendiri? Hal ini juga tergantung tiap maskapai. Pastikan hal ini dari maskapai terkait.

Barang-barang apa saja yang diperlukan selama penerbangan?

Antisipasi juga sekiranya terjadi delay. Di beberapa penerbangan internasional berlaku batasan untuk membawa cairan di kabin, namun ini tidak berlaku khusus untuk makanan/susu bayi:

Pastikan Anda memiliki barang-barang ini di dalam tas kabin Anda:

  • Bawa popok sekali pakai dan tissue basah, dikemas bersama di dalam sebuah tas/kantung kecil. Saat mengganti popok bayi di toilet pesawat, Anda jadi tidak perlu membawa seluruh tas kabin.
  • Baju cadangan untuk bayi dan juga Anda. Ini terutama untuk mengantisipasi hal-hal seperti ketumpahan, muntah, turbulensi dll.
  • Susu dan makanan bayi. Ini termasuk ASI yang sudah diperah dalam botol jika bayi Anda minum ASI.
  • Air panas di dalam botol untuk membuat makanan bayi.
  • Nursing apron atau celemek menyusui, yaitu kain yang berguna untuk menutupi ibu dan bayi saat menyusui maupun memerah susu di tempat umum.
  • Selimut untuk bayi. Walau di beberapa penerbangan jarak jauh (long-haul) disediakan selimut, bahannya bisa jadi tidak cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, bau selimut bayi Anda sendiri akan menyenangkan buat si bayi.
  • Empeng.
  • Mainan favorit bayi, dan juga mainan baru untuk mencegah bayi dari kebosanan.

Saat booking tiket

Saat memesan tiket, ada beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • Waktu terbang. Untuk penerbangan jarak pendek, memilih waktu terbang siang bisa jadi keputusan terbaik karena itu adalah jam tidur siang bayi. Untuk penerbangan jarak jauh, waktu terbang malam adalah paling nyaman untuk bayi karena dia bisa tidur nyenyak di pesawat.
  • Jika bayi Anda sudah lebih besar, pesanlah satu tempat duduk ekstra untuk bayi, terutama untuk penerbangan jarak jauh.
  • Jika memungkinkan, book tempat duduk di bagian depan (bulkhead seat). Tempat duduk ini memiliki ruang lebih untuk kaki Anda dan lebih jauh dari mesin pesawat yang bising. Jika Anda book tiket secara online, informasikan hal ini sekali lagi melalui call center maskapai.
  • Pilih tempat duduk di gang (aisle) agar leluasa keluar masuk mengurus si kecil ke toilet atau berjalan-jalan di lorong kabin.
  • Cari tahu tentang peraturan kereta bayi (stroller) bagi tiap maskapai. Ada maskapai yang mengizinkan membawa stroller ke kabin, ada yang menggolongkan stroller sebagai bagasi.

Saat tiba di bandara

Usahakan untuk tiba jauh lebih awal di bandara, supaya Anda tidak tergesa-gesa sewaktu check-in dan melewati security (jika ke luar negri: bagian imigrasi). Jika Anda membawa bayi dengan stroller, maka stroller harus dilipat tiap kali melewati mesin scan security.

Selagi menunggu boarding, usahakan untuk bermain/beraktivitas dengan sang bayi agar dia kelelahan dan mudah tertidur saat sudah di atas pesawat.

Bagaimana agar bayi tenang selama di pesawat?

  • Usahakan untuk menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.
  • Jika bayi nampak resah dan rewel, ajak dia berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat. Ini biasanya efektif untuk menenangkan bayi.
  • Suhu kabin cenderung dingin. Perlengkapi bayi dengan baju hangat, kaos kaki, penutup kepala dan sarung tangan.
  • Jika bayi dalam keadaan bangun selama penerbangan, sibukkan bayi dengan beraktivitas kecil agar dia tidak kebosanan. Jika dia masih rewel dengan mainannya, beri mainan baru.
  • Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari kru kabin sekiranya Anda butuh pertolongan.

Ketentuan bayi dari tiap maskapai

Ketentuan bayi naik pesawat Lion Air,Wings Air, Malindo, Batik Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 2 tahun (24 bulan) pada saat penerbangan.
  • Maskapai berhak tidak mengangkut bayi yang usianya kurang dari 2 (dua) hari.
  • Bayi berusia antara 3 (tiga) dan 7 (tujuh) hari harus memiliki Surat Keterangan Medis (terbit setidaknya 72 jam sebelum jam keberangkatan) dari dokter yang menyatakan bayi dalam keadaan sehat untuk perjalanan udara.
  • Orang tua bayi harus menandatangani Formulir Ganti Rugi yang membebaskan maskapai dari pertanggungjawaban sekiranya terjadi apa-apa dengan bayi selama penerbangan.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Sriwijaya Air, NAM Air:

Usia bayi:

  • Bayi berusia 0-23 bulan pada saat penerbangan.
  • Lingkar pinggang bayi tidak boleh melebihi 40 cm dan kepala bayi tidak lebih tinggi dari hidung bawah pemangku.

Tarif bayi: Sekitar 10% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.

Ketentuan bayi naik pesawat Garuda Indonesia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi berusia di bawah 7 hari setelah dilahirkan tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia. Bayi prematur dapat terbang dengan melengkapi Medical Information (MEDIF) dan laporkan kondisi tersebut pada petugas darat.
  • Bayi harus disertai dengan seorang pendamping dewasa yang memangku bayi tersebut.
  • Pendamping tersebut harus bepergian pada penerbangan yang sama, di kelas yang sama, dan untuk tujuan yang sama dengan bayi.
  • Satu bayi wajib didampingi oleh satu penumpang dewasa yang mengambil tanggung jawab penuh atas bayi.
  • Bayi dapat menggunakan fasilitas Baby Basinet yang disediakan oleh Garuda di dalam pesawat (selama masih tersedia), namun pada saat lepas landas, mendarat dan kondisi turbulensi, bayi wajib dipangku.
  • Awak kabin akan membantu penggunaan sabuk pengaman khusus bagi bayi. Selain itu juga disediakan pelampung khusus bagi bayi yang akan dikumpulkan kembali setelah mendarat. Pelampung tersebut hanya digunakan pada saat kondisi darurat.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: gratis 10 kg.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Citilink:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Sekitar 20% dari tarif dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat AirAsia:

Usia bayi:

  • Bayi berusia di bawah 2 tahun (24 bulan) saat penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa, satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Tigerair Mandala:

Usia bayi:

  • Bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan.
  • Bayi harus dipangku penumpang dewasa (berusia 18 tahun atau lebih), satu orang dewasa hanya boleh membawa satu bayi.

Tarif bayi: Rp 150.000. Jika ingin book tempat duduk sendiri untuk bayi, maka dikenakan tarif tiket dewasa.
Bagasi bayi: Tidak ada.
Stroller dan kursi bayi di kabin: Tidak diizinkan.

Ketentuan bayi naik pesawat Jetstar:

Usia bayi:

  • Bayi adalah berusia kurang dari 2 (dua) tahun saat penerbangan.
  • Untuk bayi berusia kurang dari 7 (tujuh) hari khusus Jetstar (JQ), Jetstar Asia (3K) dan Valuair (VF), orang tua harus mengisi formulir Jetstar Travel Celarance. Bayi dengan usia kurang dari 7 (tujuh) hari tidak diizinkan ikut dalam penerbangan Jetstar Pacific (BL) dan Jetstar Japan.
  • Bayi wajib disertai bukti usia seperti akte lahir atau paspor (wajib untuk internasional)
  • Bayi harus disertai dengan orang tua atau orang dewasa berusia 15 tahun atau lebih.

Tarif bayi:
Gratis jika tidak duduk di tempat duduk sendiri (khusus rute domestik dan rute antara Australia dan Selandia Baru). Untuk rute lain, berlaku tarif bayi.
Bagasi bayi: Tidak ada.

   
Jumlah Posts : 117
Jumlah di-Like : 3
Asslm wr. wb
Hi bunda semua, dah lama ga bergabung dgn bunda2 disini, kangen euy ;)
Bun, share dunk tentang kondisi bayi saat giginya mau tumbuh.
Bayi aku farhan dah berusia 27 minggu, dah sminggu ini farhan rewel banget, kepala, telapak tangan dan telapak kaki terasa hangat, malah dari sabtu kemari badan bagian atas terasa panas banget, pas aku ukur suhunya mencapai 38 DC.
Kata dokter sih pengaruh giginya mau tumbuh, farhan dikasih Calak dan Sanmol (disuruh minum kalo badannya panas) tapi pas baca artikel di net katanya kalo panas akibat numbuh gigi dan suhunya belum capai 38,5 jgn dulu dikasih obat penurun panas.
Tolong share pengalaman ya bun, 3 malam ni si farhan ga nyenyak tidur, BBnya pun bahkan cuma naik 200gram waktu imunisasi minggu kmrn, aku kwatir bangt apalagi dia susah banget minum sufor. thx b4
   
Jumlah Posts : 65
Jumlah di-Like : belum ada like
Keunggulan JAVAN PILLOW :

1. Extra Soft. Javan pillow mengunakan material memory foam yang bersifat sensitive terhadap temperature suhu tubuh anda. Panas tubuh anda akan membuat javan pillow menjadi lembut dan mengikuti bentuk kepala dan leher anda.
2. Anti Toxic. Javan pillow tidak mengandung material apapun yang membahayakan bagi kesehatan manusia.
3. Hypo Allergenic and anti Bacterial. Javan pillow terbuat dari material yang 100% bebas alergi dan bakteri termasuk tungau. Sehingga cocok untuk orang yang menderita alergi dan asma.
4. Durable. Javan pillow terbuat dari memory foam yang tingkat densitynya lebih tinggi dari bantal tradisional, menjadikannya lebih padat dan berat sehingga lebih awet dan tahan lama.
5. Better Quality Sleep. Javan Pillow dapat memberikan kualitas tidur yang lebih baik untuk Anda dibandingkan bantal tradisional lainnya. Javan Pillow dapat memberikan kenyamanan ekstra dan mengurangi gangguan tidur seperti sakit leher, sakit kepala, tidur mengorok dll.

Saat ini Memory foam telah menjadi pilihan terbaik bagi para orang tua yang menginginkan tidur yang lebih nyaman dan lebih sehat untuk para buah hatinya. Jenis bantal berbahan sintetik lainnya juga merupakan salah satu pilihan yang baik tergantung siapa pemakainya, akan tetapi memory foam pillow memiliki karakteristik yang unik yang tidak dimiliki jenis bantal lainnya. Memory foam sangat cocok untuk orang yang menderita sakit kepala dan sakit leher, dikarenakan sifat memory foam (Pressure Point Relieving) yang dapat mengikuti bentuk kepala dan leher sehingga tidak memberikan tekanan balik kepada kepala dan leher Anda. Memory foam telah menjadi pemimpin sejak ditemukannya bahan foam yang dapat mencetak lekuk tubuh mengikuti suhu tubuh manusia. Memory foam menjadi keras pada saat tidak digunakan, tetapi ketika membaringkan kepala ke atas bantal, memory foam akan mengelus kepala anak anda dengan lembut karena suhunya meningkat. Dengan bantal memory foam, kepala dan leher akan sejajar dengan tulang belakang anak anda ketika tidur. Tekanan yang dirasakan saat tidur akan berkurang ketika menggunakan memory foam, yang artinya gerakan saat tidur akan berkurang, dan anak anda dapat tidur dengan lebih nyaman. Memory foam juga menjaga agar kepala dan leher anak anda senatiasa sejajar, sehingga mengurangi dengkuran saat tidur.

Jika tidur anak anda terganggu oleh bantal yang terlalu keras atau lembut, mungkin sudah saatnya Anda beralih ke bantal memory foam. Javan Pillow adalah pilihan paling tepat. Javan Pillow, menghadirkan kenyaman yang tidak akan anda dapatkan dari bantal lainnya, Javan Pillow dengan density extra soft, akan melindungi buah hati anda dan memberikan tidur yang nyaman dan sehat. Seperti kita ketahui leher bayi masih sangat lah lemah, Javan pillow dengan kemampuan menyerap tekanan, dan tidak menimbulkan tekanan balik, maka tidak membuat leher bayi dan anak anda mengalami tekanan berlebih, dan senantiasa menjaga posisi tulang leher dan tulang belakang anak anda dalam posisi lurus.
   
24-06-2016 17:54:08 Bulan Ketujuh Kehamilan
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

Belanja Produk Bayi (Mari persiapkan kebutuhan bayi)
1. Tempat tidur Bayi
Ada yang dari kayu atau plastic umumnya knock down dengan ketinggian berbeda-beda. Sebagian boks bayi dilengkapi dengan kelambu, papan untuk meja ganti popok, rak kolong yang digunakan untuk menyimpang selimut, juga alat getar dan kait untu menggantung mainan.
2. Car Seat atau Capsul
Untuk mengamankan bayi dalam perjalanan bermobil. Pilih yang multi fungsi yaitu bisa digunakan sejak bayi hingga balita. Pelajari cara menggunakan sabun pengaman, menyetel sandaran dan cara memasang di kursi mobil (letakkan di jok belakang menghadap ke arah belakang). Car seat ada juga yang bisa digunakan sebagai kerangjang bayi.
3. Baby sling 
Kain gendong bayi seperti para ibu dahulu namun ini versi modern. Pilih yang dilengkapi bantalan pelindung tulang belakang dan kepala bayi
4. Kereta Bayi (stroller)
Untuk mengajak bayi jalan-jalan di luar rumah. Tersedia untuk bayi hingga balita dan model ganda
5. Pernak-pernik ASI
Sahabat Anda di masa menyusui, antara lain breast pad agar ASI tidak merembes di baju, botol beling wadah ASI perah, sabun strelisasi botol, sikat botol, pompa ASI manual atau elektrik, penghangat ASI, cooler box dan ice pack.
6. Toiletris Bayi
Pemakaian dan jenisnya tergantung pada tingkat sensitivitas bayi. Umumnya terdiri dari sabun bayi, sampo bayi yang tidak pedih di mata, minyak telon, baby oil untuk membersihkan kerak kepala; telinga; dll, Krim popok untuk menjaga kesehatan daerah popok, baby cologne agar tubuhnya wangi, hair loting, lotion atau krim untuk melembabkan kulit, skin protector untuk menangkal nyamuk
7. Pakaian Bayi
Berbelanja pakaian bayi bisa membuat Anda lupa diri karena banyak modelnya yang lucu dan menggemaskan. Tidak perlu membeli langsung banyak, belilah per tiga bulanan dalam jumlah cukup untuk dipakai dalam satu minggu.Dalam 3 bulan perkembangan tubuh bayi sangat cepat. Yang diperlukan adalah kaus/blus sehari-hari lengan pendek atau tanpa lengan (2 lusin), celana pendek (2 lusin), celana tidur (1 lusin), jumper atau busana pergi (6 potong), kaus kaki; sarung tangan dan sarung kaki (3 pasang), kain bedong (1 lusin), selimut; handuk; waslap (2-3 buah), jaket ; topi (1-2 buah), perlak (2 buah)
8. Popok
Fungsinya celana dalam bayi. Harus nyaman agar tidak mengiritasi kulitnya. Ada popok kain yang ramah lingkungan karena dapat dipakai berulang-ulang, popok sekali pakai yang praktis langsung dibuang, popok dengan nappy liners (lapisan dalam) itu semua tergantung Anda dan bayinya
9. Tas Bayi
Penting untuk membawa peralatan bayi saat bepergian, hindari mencampur barang bayi dengan barang Anda di satu tas, karena menyulitkan proses pencarian dan mencemari kebersihannya.

Selain berisikan tips keperluan apa yang harus disiapkan, tapi juga tentang perkembangan janin di bulan ini, perihal ganti dokter kandungan, perihal jatuh ketika hamil, tentang berhubungan suami istri dikala hamil, manfaat senam hamil, stimulasi terbaik untuk si bayi kala masih di perut dan masih banyak lagi lho..

baca di sini http://www.rsi-cahayagiri.net/2016/06/bulan-ketujuh-waktunya-belanja-barang.html

   
28-06-2015 12:28:24 baby gak mw bobo di kasur
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

Tanpa kita sadari, ketika melihat disekeliling kita ada perbedaan tingkat kecerdasan dan kemandirian pada anak-anak. Perbedaan tersebut bukan karena orang tua bayi kaya atau miskin, akan tetapi hal tersebut terjadi karena salah merawat dan memperlakukan anak ketika masih bayi. Jadi janganlah heran bila masa bayi yang diperlakukan mulia akan menjadi anak-anak yang tumbuh sesuai dengan harapan orang tua.

Inti dari pembentukan kecerdasan bayi dimula pada perlakuaan orang tua terhadap bayi berusia 0 – 6 bulan. Bayi pada usia tersebut selain membutuhkan pertumbuhan tubuh yang sehat, sel dan selaput otak bayi harus dapat perlakuan khusus.

Bahaya Ayunan

Indonesia memiliki tradisi mengayunkan bayi sebagai salah satu bentuk kasih sayang. Jika bayi menangis, biasanya bayi akan digendong kemudian diayun-ayunkan agar ia berhenti menangis. Tetapi tindakan ini ternyata bisa berbahaya bagi bayi itu sendiri.

Shake baby syndrom adalah salah satu bentuk kejadian yang cukup sering terjadi pada bayi tanpa kita sadari. Selain diakibatkan karena trauma, ternyata shake baby syndrom juga bisa dipicu karena mengayun-ayunkan bayi.

”Shake artinya menggoyang atau mengguncang. Shake baby syndrom merupakan kumpulan gejala yang timbul akibat melakukan gerakan menggoyang bayi terlalu keras,” ujar dr. I Gusti Ngurah Suwarba, Sp.A. dari Sub Bagian Saraf Otak Bagian SMF IKA RS Sanglah.

Lanjutnya, mengayun-ayunkan bayi dalam batas tertentu mungkin tidak apa-apa, tetapi jika sering tidur diayunan membuat bayi mengalami guncangan pada kepalanya dan akan sangat berbahaya. Efek ayunan pada bayi menurut Suwarba bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Untuk jangka pendek atau akibat yang segera terlihat adalah bayi mengalami perdarahan di mata dan otak. Tanda-tanda jika anak mengalami perdarahan pada otaknya adalah ia sering menangis dengan suara melengking dan lama.

”Ciri-ciri bayi yang mengalami pendarahan pada selaput otak dan mata, ia sering menangis dengan suara yang melengking, karena bayi mengalami sakit di kepalanya yang luar biasa, akibat dari guncangan yang didapatkan dari efek ayunan,” jelas Suwarba, sembari menambahkan kualitas ayunan yang sempit (Bahan kain) juga salah satu penyebab berkurangnya pasokan oksigen ke otak bayi, yang dapat melemahkan pertumbuhan IQ.

Perdarahan yang disebabkan oleh ayunan tidak nampak atau meninggalkan bekas dan bukti. Beda jika perdarahan karena trauma atau jatuh.

Bagaimana pun, Struktur tubuh bayi yang masih sangat lemah bila mendapatkan guncangan/ayunan yang kuat dapat menyebabkan terjadinya tarikan/rentangan antara otak dengan selaput otak yang melekat pada tulang kepala. Rentangan ini menyebabkan terjadinya robekan pembuluh darah yang menghubungkan antara otak dengan selaput otak. Gejala yang paling ringan pada bayi yang terkena sindrom tersebut adalah pendarahan di retina (selaput jala) mata dan jangka panjang dapat menyebabkan kebutaan. Pendarahan di retina tidak dapat dilihat secara klinis tetapi harus menggunakan alat oleh ahli saraf mata.

Gejala lainnya yang bersifat umum dapat dilihat antara lain muntah-muntah, penurunan kesadaraan, serta perubahan pada pupil mata. Selain itu ayunan yang kuat, dapat membuat tulang kaki, tungkai, serta lengan patah. Ini dapat terjadi karena saat mengayun bayi, yang dipegang bukan badannya melainkan kaki, lengan/ketiaknya.

Bayi tetap akan dapat tidur dengan nyenyak tanpa harus diayun dengan kuat. Karena itu adalah sifat alamiah manusia. Bila bayi telah kenyang dan tubuhnya sehat, ia pasti akan mudah untuk tidur.

Berdasarkan data kejadian di USA per tahun terjadi 1.200-1.400 kasus shake baby syndrom dengan 7-30 persen meninggal dunia, 30-50% mengalami gangguan saraf dan kecerdasan, sementara sisanya tidak memperlihatkan efek yang nyata. Untuk di Indonesia sendiri menurut Suwarba kasusnya berfluktuasi.

Pernahkan Mama mengalami kejadian seperti ini saat sedang menyusui?

1. Tiba-tiba dalam waktu beberapa hari bayi terlihat sering ingin menyusu sepanjang hari.
2. Bayi tampak selalu haus dan tidak kenyang.
3. Bayi sering ingin bangun dan menyusu di malam hari dan rewel.

Kemudian setelah mengalami hal tersebut di atas selama beberapa hari (sekitar 2-3 hari), bayi tampak tenang dan lebih sering tidur dalam waktu 1-2 hari setelahnya. Jika Mama pernah merasakan bayi menunjukkan perilaku seperti ini, bisa saja bayi Anda sedang mengalami suatu periode pertumbuhan yang dinamakan growth spurt.

Bayi akan mengalami growth spurt atau disebut juga percepatan pertumbuhan biasanya dalam 12 bulan pertama kehidupannya. Percepatan pertumbuhan di sini artinya bayi “didorong” untuk tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga dia membutuhkan asupan ASI lebih banyak dan tubuh Mama akan mendapatkan “natural alert” untuk memproduksi dan menyuplai ASI lebih banyak lagi sesuai kebutuhan bayi. Jadi Mama tidak perlu khawatir ASI kurang. Ingat lagi prinsip pembentukan ASI berdasarkan demand and supply process, semakin bayi menyusu lebih sering dan banyak maka semakin banyak pula ASI yang dihasilkan.

Bagaimana kita tahu bayi kita sedang mengalami growth spurt? Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Bayi menyusu lebih sering dari biasanya, kadang bisa setiap jam atau setiap 30 menit sekali atau hampir nonstop.
2. Bayi lebih rewel dari biasanya, begitu rewel dan disodorkan payudara, bayi langsung mau menyusu. Mudahnya bayi lebih memilih “nempel” langsung pada Mamanya.
3. Bayi sering bangun tengah malam untuk menyusu. Bayi seakan mengerti bahwa produksi hormon prolaktin paling tinggi pada malam hari.
4. Gejala ini bisa berlangsung selama 2-3 hari, beberapa kasus ada bayi yang mengalami growth spurt sampai 1 minggu. Setelah periode growth spurt, bayi akan tidur lebih tenang dan lebih lama selama 1-2 hari, seakan-akan dia letih habis bekerja keras. Lucu ya, Ma. :)

Begitu bayi menunjukkan tanda-tanda seperti ini, suplai ASI Mama juga akan meningkat selama beberapa hari disesuaikan dengan peningkatan kebutuhan bayi. Waktu-waktu tertentu dimana bayi mungkin mengalami growth spurt yaitu selama beberapa hari pertama pasca lahir (ketika bayi sudah pulang ke rumah, pulang dari rumah bersalin), usia 7-10 hari, usia 2-3 minggu, usia 4-6 minggu, usia 3 bulan, usia 4 bulan, usia 6 bulan, usia 9 bulan atau lebih. Waktu-waktu ini tidak jadi patokan karena masing-masing bayi menunjukkan pola yang berbeda.

Jika bayi menunjukkan gejala growth spurt seperti yang sudah disebutkan di atas, bagaimana cara menanganinya? Saya akan bagi bebebrapa tips yang bisa dicoba Mama:

1. Ikuti kemauan bayi. Jika dia ingin menyusu setiap 30 menit sampai 1 jam sekali, ikuti saja karena bayi yang paling tahu seberapa banyak asupan ASI yang dia butuhkan untuk mempercepat pertumbuhannya. Ketika bayi sering menyusu, sinyal yang dicetuskan ke badan Mama untuk menghasilkan ASI juga semakin banyak. Artinya tubuh akan terus memproduksi ASI lebih banyak lagi.
2. Bayi sehat 0-6 bulan yang mengalami growth spurt tidak membutuhkan asupan lain selain ASI. Pemberian susu formula dan makanan padat hanya akan mengganggu “natural alert” atau sinyal ke tubuh Mama untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. Selalu tanamkan di mind-set Mama bahwa ASI akan semakin banyak karena bayi yang terus menyusu.
3. Hilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran bahwa bayi yang terus menyusu berarti belum kenyang karena ASI-nya kurang atau ASI tidak cukup. Pikiran Mama sangat mempengaruhi proses pengeluarkan oksitosin yang tugasnya menyuplai ASI. Pikiran negatif dapat mengganggu kerja oksitosin.
4. Hindari memberlakukan jadwal menyusu pada bayi. Ini dapat membuat bayi stress dan semakin rewel. Mama juga ikut stress dan pembentukan ASI bisa terhambat.
5. Mama biasanya lebih letih ketika bayi sedang growth spurt, jangan lupa tetap makan makanan dengan gizi seimbang, banyak minum air putih, tidurlah bersama bayi ketika ia tidur.
6. Tetap perhatikan tanda bayi mendapat cukup ASI yaitu dari kenaikan berat badan bayi pada grafik pertumbuhan, frekuensi BAK minimal 6x sehari, frekuensi BAB yang sering pada awal-awal kehidupannya dan bisa menjadi jarang mulai usia 40 hari.
7. Tetap tenang dan percaya diri.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Mama menghadapi situasi saat bayi sedang mengalami growth spurt.

Selamat menyusui. :)

   
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

Bayi prematur itu bukan hal yang harus disedihkan ya bun, dan kalaupun bunda memiliki bayi prematur, bunda harus cari tau ekstra tentang apa aja yang dibutuhkan dalam perawatan bayi prematur dan pasti tips-tips agar bayi bunda bisa bertumbuh dengan sehat.

Ini ada beberapa fakta yang dikutip dari WHO PBB di bulan November tahun 2012 lalu :

Kutipan :

1. Hampir setiap tahun angka kelahiran bayi prematur terus meningkat di dunia. Jumlah bayi prematur yang lahir setiap tahunnya kurang lebih mencapai 15 juta bayi. Angka ini mewakili perbandingan 1 dari 10  bayi di mana diantara 10 bayi yang lahir, ada 1 bayi yang lahir prematur.

2. Sekitar 1 juta bayi yang lahir belum cukup umur meninggal akibat terjadinya komplikasi saat sedang dilahirkan.

3. Kasus kelahiran bayi prematur menjadi penyebab utama kasus kematian pada bayi yang baru lahir.

4. Kelahiran bayi prematur lebih sering terjadi di Benua Afrika dan wilayah Asia Selatan mengingat kedua wilayah ini tingkat kesadaran akan pentingnya kesehatan saat menjalani kehamilan sangatlah kecil.

5. Indonesia menjadi negara urutan kelima  dari 10 negara yang memiliki jumlah kasus kelahiran bayi prematur tertinggi.

6. Penyebab terjadinya kelahiran prematur antara lain pecahnya air ketuban secara dini, komplikasi, dan tanda-tanda preklampsia.

7. Bayi yang lahir prematur akan tinggal lebih lama di dalam incubator bila dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup umur.

8. Bayi yang lahir membutuhkan asupan suplemen khusus selain ASI. Suplemen khusus tersebut berupa asam folat dan zat besi untuk mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan bayi.

9. Bayi prematur membutuhkan ruangan khusus bersuhu hangat seperti incubator. Jika tidak, bayi akan mudah kedinginan dan bisa saja mengalami hipotermia. Maka dari itu penting sekali bagi Moms yang baru saja melahirkan bayi yang prematur untuk selalu memberinya pakaian yang hangat. Bila perlu pakaikan kaos kaki dan penutup kepala untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat.

10. Metode perawatan terbaik untuk bayi premature adalah Kangoroo Mothercare (KMC) di mana sang ibu menggendong bayinya di bagian depan hingga seluruh tubuh bayi menempel pada tubuh bagian depan ibunya. Metode ini sangat efektif untuk menjaga kehangatan tubuh si bayi.

11. Bayi prematur tidur lebih lama bila dibandingkan dengan bayi biasa. Oleh karena itu Moms perlu popok bayi yang memiliki daya serap tinggi dan nyaman dipakai oleh bayi yang baru lahir. Contohnya popok bayi Merries.

Sumber

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Saat bayi menangis jangan salah diasumsikan sudah pasti karena lapar. Karena masih banyak sebab lain bayi menangis bun. Yuk kita cari tahu apa saja sih yang membuat bayi menangis

  • Bila lapar

Tangisan bayi saat lapar biasanya terjadi dalam rentan waktu antara 2 sampai 3 jam setelah waktu makan terakhir. Bayi usia 0 sampai 3 bulan biasanya mengeluarkan bunyi “neh” ketika menangis akibat lapar. Bunda juga bisa memperhatikan mulutnya, karena bayi yang menangis karena lapar saat menangis akan membuka-buka mulutnya mencari puting susu ibunya atau mencari apa saja yang bisa dihisap.

  • Bila mengompol atau BAB

Tangisan bayi saat mengompol atau BAB umumnya bernada teratur lalu semakin lama semakin keras, kadang bayi akan menendang-nendang. Bayi usia 3 bulan biasanya menangis dengan mengeluarkan suara “heh” saat tidak nyaman karena popoknya basah. Jika hal ini terjadi, bunda segera mengganti popok bayi untuk mencegah ruam pada kulitnya. Ingatlah selalu gunakan popok bayi yang memiliki sirkulasi udara agar si kecil selalu nyaman saat mengenakan popok bayi.

  • Merasa sendirian

Bayi yang baru lahir selalu membutuhkan rasa aman dengan berada dekat orang tuanya. Nah, inilah yang menyebabkan saat bayi bangun dari tidurnya dan merasa sendirian, ia akan menangis seolah memanggil ayah dan bundanya.

  • Tidak nyaman

Saat bayi berada dalam rasa yang tidak nyaman dia akan menunjukkan rasa tidak nyaman dengan menangis. Misalnya saat mengenakan popok bayi yang tidak nyaman atau berada di keramaian yang sesak dan panas.

  • Saat bosan

Bila bayi bosan karena melakukan aktivitas atau bermain yang itu-itu saja bisa membuat bayi bosan. Saat bosan, bayi akan menangis dengan suara agak datar namun terus menerus. Bunda bisa segera memindahkannya ke ruangan lain atau mengajaknya bermain hal lain agar ia terlihat senang dan perlahan berhenti menangis.

  • Saat bayi merasa lelah atau mengantuk

Jika bayi tiba-tiba mengeluarkan suara “owh” diantara tangisan yang datar dan sesekali berhenti karena menguap maka si kecil merasa mengantuk atau lelah. Sebaiknya bunda jangan menidurkan bayi lewat dari jam tidurnya yah karena hal itu dapat membuatnya rewel dan sulit tidur.

  • Saat bayi sakit

Bila bayi menangis dengan suara melengking keras dan lama, kemudian berhenti sebentar lalu mulai menangis lagi, biasanya ini menjadi tanda bayi sedang sakit. Bunda bisa segera mengatasinya dan mencari penyebab penyakit si kecil.

  • Nyeri atau gatal
    Saat si kecil merasakan nyeri dan gatal maka bayi akan cenderung merintih. Bunda bisa mencari sumber gatal di lipatan tubuh bayi seperti ketiak dan selangkangan yang bisa saja terjadi iritasi.

Semoga info ini bermanfaat yah terutama untuk bunda yang baru melahirkan atau bunda yang sedang menanti kehadiran sang buah hati. 

sumber : ibuhandal & FB Merries

   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Pijat memijat tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa loh, tapi juga bayi. Weleh memangnya apa sih manfaat pijat bagi bayi ini? Bayi juga ternyata suka loh dipijat, dia akan merasa nyaman jika dipijat dengan sangat lembut apalagi bila ditambah dengan menggunakan minyak telon yang jika dibalurkan akan menambah kehangatan dan kenyamanan.

Memberi pijatan pada bayi ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi. Terdapat keajaiban sentuhan pada pijat bayi karena akan membuat bayi merasa nyaman dan lebih rileks.

Pijat bayi yang dilakukan sekitar 15 menit sebelum tidur dapat membuat bayi akan lebih nyenyak saat tidur dan lebih lama. Jika si bayi memilki tidur yang berkualitas maka akan membuat pertumbuhan bagi bayi semakin baik dna sehat. Pijat bayi juga dapat mencegah perut kembung atau masuk angin karena efek rileks yang dirasakannya dan juga perutnya akan terasa hangat saat dipijat dengan baluran minyak telon, kalau saya biasanya mencoba dengan minyak telon konicare bunda.

Tidak hanya itu, ikatan antara anak dan orangtua dapat tercipta jika pijat bayi dilakukan secara rutin baik saat sebelum tidur maupun setelah dimandikan. Nah, bunda lakukan pijat bayi ini secara bertahap yah berawal dari pijatan bagian kepala, punggung, dan terakhir tangan serta kaki bayi.

sumber : ibuhandal

Silakan dicoba yah bunda.

   
06-01-2014 09:53:15 bayi ngorokk..
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Suaranya grok2 kali yah,bund Lhiie?Berikut penjelasannya




Si kecil kerap mengeluarkan suara grok-grok. Patutkah dikhawatirkan?  Bagian dalam tubuh manusia, asal tahu saja, selalu berlendir. Jadi memang sudah dirancang untuk terus memproduksi lendir yang berfungsi membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman ataupun virus dari dalam tubuh. Nah, tubuh bayi pun memproduksi lendir. Hanya saja karena refleksnya untuk mengeluarkan lendir belum baik, akibatnya jumlah lender ?menumpuk?. Ini wajar saja selama lendir tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas bayi (seperti makan-minumnya tetap baik, tidurnya pun bisa nyenyak), tidak muntah, dan tak ada demam. Kalau begini, tak ada yang perlu dikhawatirkan.   Namun, beri perhatian jika suara grok-grok yang timbul terdengar begitu nyaring (terlebih saat bayi menangis). Bayi pun tampak sulit tidur dan aktivitasnya kerap terganggu (sulit makan dan minum, sering muntah, dan berat badan susah naik). Apalagi bila disertai hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, dan suhu tubuh meninggi. Ini biasanya disebabkan infeksi virus. Yang perlu diketahui, pada bayi normal bunyi grok (karena adanya lendir di saluran pernapasan) akan menghilang di saat usianya menginjak satu tahun. Nah, jika di usia itu si kecil masih mengeluarkan suara grok-grok berarti ia berpotensi sebagai pengidap asma di kemudian hari. Tanda-tanda lainnya, bayi kerap mengalami keluhan pada kulit, seperti dermatitis atopik atau eksim  PENYEBAB LENDIR BERLEBIH Yang jelas, bukan karena tenaga medis yang kurang tuntas membersihkan lendir di mulut bayi baru lahir. Berlebihnya lendir bisa karena faktor-faktor di bawah ini: Alergi yang diderita bayi (bisa dipicu udara, asap, makanan, minuman dan lainnya). Jika pencetus alergi bisa diketahui, lalu bayi dijauhkan dari faktor pencetusnya itu, biasanya jumlah lendir dalam tubuh akan berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya. Berat badan akan kembali naik, nafsu makan-minum kembali normal, tidurnya menjadi pulas, aktivitasnya juga kembali lincah. Infeksi virus bisa diatasi dengan memperkuat sistem imunitas bayi. Caranya beri bayi banyak ASI dan banyak istirahat. Bagi bayi di atas 6 bulan yang sudah melewati ASI eksklusif, bisa diberikan cairan lain, seperti air putih, jus dan sup. Selebihnya biarkan lendir yang bertugas membawa virus dan kotoran keluar.   TIDURKAN TENGKURAP Berlebihnya lendir dapat membuat napas bayi terganggu dan membuatnya merasa tidak nyaman.    Berikut yang dapat orangtua lakukan: Mencari tahu dan menjauhkan pencetusnya. Berikan stimulasi untuk membantu bayi mengeluarkan lendir, caranya:Saat tidur posisikan kepala bayi lebih tinggi dari badan. Posisi tidur tengkurap juga baik karena posisi saluran napas jadi lebih rendah hingga lendir pun akan turun ke arah mulut. Suhu dalam ruangan bayi harus hangat. Jika bayi tidak alergi bisa diberikan penghangat tambahan seperti minyak telon atau balsem khusus bayi, yang dibalurkan di dada, leher, dan punggungnya. Baik jika setiap pagi bayi dijemur di bawah sinar matahari pukul 07.00-08.00, selama 10 menit. Letakkan bayi dalam posisi tengkurap lalu tepuk-tepuk punggungnya. Posisikan bayi miring ke kanan lalu ke kiri dan tepuk-tepuk dada sampingnya. Dengan cara ini biasanya dia akan ?muntah?, bisa juga lendir luluh lalu masuk saluran pencernaan dan terbuang lewat kotoran. Tapi ingat, lakukan cara ini sebelum bayi minum-makan apa pun.Kalau hidung si kecil tersumbat karena kentalnya lendir, berikan tetes hidung garam fisiologis atau NaCL (yang bisa dibeli di apotek-apotek). Jika tidak mempan, bayi bisa dibawa ke klinik fisioterapi untuk menjalani terapi inhalasi. Terapi ini baik meluluhkan lendir sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh dengan cara dibatukkan, dibersinkan atau lewat feses.  Penanganan sama untuk berlebihnya lendir yang disebabkan infeksi virus. Namun kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter untuk memastikan infeksi apa yang menyerang si kecil.   MALAM HARI SALURAN NAPAS MENGECIL Bayi terkadang mengalami sulit bernapas di malam hari atau di pagi hari. Perlu diketahui, saluran pernapasan manusia pada malam hari akan mengecil. Hanya derajat mengecilnya berbeda-beda. Pada orang-orang yang tidak alergi, diameter mengecilnya saluran pernapasan tidak sampai 10%. Sedangkan yang alergi lebih dari itu. Namun tak perlu panik, karena akan reda dengan sendirinya seiring menghangatnya suhu lingkungan. sumber: www.ayahasi.org
   
30-12-2013 18:39:06 bayi 2m flu
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Mungkin nafasnya kedengaran grok2 kali ya,bund?Wajar sih kalo baby under 3m kayak gitu.Berikut penjelasannya

Si kecil kerap mengeluarkan suara grok-grok. Patutkah dikhawatirkan?  Bagian dalam tubuh manusia, asal tahu saja, selalu berlendir. Jadi memang sudah dirancang untuk terus memproduksi lendir yang berfungsi membersihkan saluran pernapasan dan menangkal infeksi kuman ataupun virus dari dalam tubuh. Nah, tubuh bayi pun memproduksi lendir. Hanya saja karena refleksnya untuk mengeluarkan lendir belum baik, akibatnya jumlah lender ?menumpuk?. Ini wajar saja selama lendir tersebut tidak sampai mengganggu aktivitas bayi (seperti makan-minumnya tetap baik, tidurnya pun bisa nyenyak), tidak muntah, dan tak ada demam. Kalau begini, tak ada yang perlu dikhawatirkan.   Namun, beri perhatian jika suara grok-grok yang timbul terdengar begitu nyaring (terlebih saat bayi menangis). Bayi pun tampak sulit tidur dan aktivitasnya kerap terganggu (sulit makan dan minum, sering muntah, dan berat badan susah naik). Apalagi bila disertai hidung meler dan tersumbat, bersin-bersin, dan suhu tubuh meninggi. Ini biasanya disebabkan infeksi virus. Yang perlu diketahui, pada bayi normal bunyi grok (karena adanya lendir di saluran pernapasan) akan menghilang di saat usianya menginjak satu tahun. Nah, jika di usia itu si kecil masih mengeluarkan suara grok-grok berarti ia berpotensi sebagai pengidap asma di kemudian hari. Tanda-tanda lainnya, bayi kerap mengalami keluhan pada kulit, seperti dermatitis atopik atau eksim  PENYEBAB LENDIR BERLEBIH Yang jelas, bukan karena tenaga medis yang kurang tuntas membersihkan lendir di mulut bayi baru lahir. Berlebihnya lendir bisa karena faktor-faktor di bawah ini: Alergi yang diderita bayi (bisa dipicu udara, asap, makanan, minuman dan lainnya). Jika pencetus alergi bisa diketahui, lalu bayi dijauhkan dari faktor pencetusnya itu, biasanya jumlah lendir dalam tubuh akan berangsur-angsur berkurang dengan sendirinya. Berat badan akan kembali naik, nafsu makan-minum kembali normal, tidurnya menjadi pulas, aktivitasnya juga kembali lincah. Infeksi virus bisa diatasi dengan memperkuat sistem imunitas bayi. Caranya beri bayi banyak ASI dan banyak istirahat. Bagi bayi di atas 6 bulan yang sudah melewati ASI eksklusif, bisa diberikan cairan lain, seperti air putih, jus dan sup. Selebihnya biarkan lendir yang bertugas membawa virus dan kotoran keluar.   TIDURKAN TENGKURAP Berlebihnya lendir dapat membuat napas bayi terganggu dan membuatnya merasa tidak nyaman.    Berikut yang dapat orangtua lakukan: Mencari tahu dan menjauhkan pencetusnya. Berikan stimulasi untuk membantu bayi mengeluarkan lendir, caranya:Saat tidur posisikan kepala bayi lebih tinggi dari badan. Posisi tidur tengkurap juga baik karena posisi saluran napas jadi lebih rendah hingga lendir pun akan turun ke arah mulut. Suhu dalam ruangan bayi harus hangat. Jika bayi tidak alergi bisa diberikan penghangat tambahan seperti minyak telon atau balsem khusus bayi, yang dibalurkan di dada, leher, dan punggungnya. Baik jika setiap pagi bayi dijemur di bawah sinar matahari pukul 07.00-08.00, selama 10 menit. Letakkan bayi dalam posisi tengkurap lalu tepuk-tepuk punggungnya. Posisikan bayi miring ke kanan lalu ke kiri dan tepuk-tepuk dada sampingnya. Dengan cara ini biasanya dia akan ?muntah?, bisa juga lendir luluh lalu masuk saluran pencernaan dan terbuang lewat kotoran. Tapi ingat, lakukan cara ini sebelum bayi minum-makan apa pun.Kalau hidung si kecil tersumbat karena kentalnya lendir, berikan tetes hidung garam fisiologis atau NaCL (yang bisa dibeli di apotek-apotek). Jika tidak mempan, bayi bisa dibawa ke klinik fisioterapi untuk menjalani terapi inhalasi. Terapi ini baik meluluhkan lendir sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan oleh tubuh dengan cara dibatukkan, dibersinkan atau lewat feses.  Penanganan sama untuk berlebihnya lendir yang disebabkan infeksi virus. Namun kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter untuk memastikan infeksi apa yang menyerang si kecil.   MALAM HARI SALURAN NAPAS MENGECIL Bayi terkadang mengalami sulit bernapas di malam hari atau di pagi hari. Perlu diketahui, saluran pernapasan manusia pada malam hari akan mengecil. Hanya derajat mengecilnya berbeda-beda. Pada orang-orang yang tidak alergi, diameter mengecilnya saluran pernapasan tidak sampai 10%. Sedangkan yang alergi lebih dari itu. Namun tak perlu panik, karena akan reda dengan sendirinya seiring menghangatnya suhu lingkungan. sumber: www.ayahasi.org