SITE STATUS
Jumlah Member :
493.739 member
user online :
834 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: batuk bayi 1 tahun

New Topic :  
24-01-2017 07:59:06 sariawan pada anak
Jumlah Posts : 25
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda mau tanya ni soal sariawan pada bayi 1 tahun
gara gusi itu wajar apa gmn y bunda
kasih saran y
   


Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
vitamin ap yg bagus buat bayi 1 tahun keatas ya mom???
   
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like

Assalamu alaikum bunda dan salam sejahtera untuk kita semua!

Pertama-tama saya ingin memperkenalkan sebuah buku yang berisi tentang bagaimana Cara Merawat Bayi 1 tahun pertama dengan lengkap dan berdasarkan pengalaman.

Apa saja isi buku ini?

Buku ini berisi panduan mengenai perawatan bayi semenjak lahir sampai usia 1 tahun, yakni :

- Bagaimana membersihkan dan memandikan bayi, penggunaan baby oil, baby lotion dan bedak bayi

- Bagaimana mengatur dan mengetahui pola tidur bayi

- Bagaimana aturan dan cara memberikan bayi asupan makanan atau ASI yang baik

- Dan, masih banyak lagi panduan praktis lainya yang akan membantu bunda merawat bayi bunda semenjak lahir hingga usia 1 tahun.

Kami juga sediakan berbagai jenis bonus pada setiap pembelian buku ini!

Harga buku ini cukup terjangkau yakni cuma Rp193.000

Lalu, bagaimana cara memesannya?

Untuk pemesanan, kami menerapkan pengisian formulir pemesanan, karena ini untuk mengatasi kewalahan kami jika banyak bunda yang ingin memesannya. Jika berminat, silahkan kunjungi alamat web berikut dan baca lengkap detail lainnya mengenai buku ini di web kami tersebut.

Silahkan kunjungi     http://goo.gl/KMwcGp

Terima kasih!

   


Jumlah Posts : 40
Jumlah di-Like : belum ada like
 Dear bunda-bunda yang baik

Mo nanya nih, apakah berat badan bayi 1 tahun mutlak harus 3x berat lahirnya ya? Karena baby Venant bulan kemarin hbs sakit BBnya drop sampai 500 gr, skrg udah naik 600 gr tp pesimis nih apa masih bisa ngejar smp 3x BB lahir pas 1 th nanti, mohon sharingnya dong bunda semua.

Oya satu pertanyaan lg, Venant suka maem pake krupuk, tp sayurnya tetep ada kuahnya + daging komplit, kira2 bahaya ga ya kl pk krupuk biasa atau krupuk udang?

Makasih  
   
15-11-2010 15:45:44 Apa Babyku Overweihgt??
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : 1
Wach...bayinya ndut banget. Bayiku saat 5 bulan hanya 6 kg. BB lahirnya brp sch bund? Yg saya pernah baca Normalnya BB bayi 6 bulan tu 2x lipat berat lahir dan BB bayi 1 tahun 3x lipat berat lahirnya....
   


23-05-2009 08:35:01 makanan bayi usia 6 bln
Jumlah Posts : 26
Jumlah di-Like : belum ada like

mom dyera...
ya gpp sih pk bubur susu sun kan disitu da tulisan utk 6 bulan, kl masih2 baru sih ya cukup bubur itu aja dulu, nanti dikombinasikan dengan sayuran seperti labu dan sawi putih
saya sih gak nyaranin pk nasi tim ya kl msh 6 bulan sebaiknya nasi tim setelah 8 bulan aja n jgn pk garem ...palagi pk ikan...ikan, ayam n jeroannya, daging semuanya itu diberikan setelah umur bayi 1 tahun ke atas termasuk pemakaian garam, kl mo dibikin ada rasanyapun paling hanya diambil kaldunya aja n rasanya tetep plain. Kl mo ada rasa bisa dikombinasiin dengan buah mom dari jeruk or tomat.
kl tuk vitamin coba tanya aja ma dokternya, soalnya saya gak ahli sih, tp kl menurut saya sih sepanjang makanan baby sudah cukup gizinya ya vitamin sih gak perlu....vitamin kan sifatnya melengkapi...tp itu menurut saya lho mom
 

   
13-02-2014 11:16:42 Bayi Tersenyum, Ibu Senang
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
@ bunda novi, saya prnh baca artikel bayi dibawah 1 tahun blm boleh konsumsi madu krn akn brpengaruh pd pencernaannya yg msh blm stabil. Lg pula bukannya klo yg manis2 malah bikin tambah ngk nyaman tenggorokan klo lg batuk....
   
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4
 

Dear Bunda Bestari,

Terima Kasih atas pertanyaannya.
Batuk berdahak biasanya disebabkan infeksi virus. Saat malam hari mengalami batuk berdahak dan bernafas cepat dan pendek.
1. Banyak istirahat
Bayi membutuhkan tidur 18 jam sehari, batita dan balita membutuhkan 12 hingga 14 jam untuk tidur, anak-anak membutuhkan 10 hingga 11 jam untuk tidur.
2. Obat-obatan
Batuk membantu anak untuk bernafas dengan lebih lega karena akan membersihkan dahak dari saluran pernafasan. Batuk adalah suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan lendir dan kuman maka jangan berikan obat penekan batuk. Bantu dengan memberikan madu. Madu memiliki antioksidan yang tinggi.Berikan madu 1/2 sendok teh untuk anak umur satu hingga lima tahun, dan satu sendok tek untuk umur 6 hingga 11. Jangan berikan pada bayi dibawah umur 1 tahun.
Jika batuknya sangat parah, bisa gunakan obat ekspektoran seperti ambroxol atau bromhexine. Harap perhatikan dosisnya, berikan dosis yang sesuai pada anak. Jika anak bunda kurang dari 2 tahun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis.
3. Makanan dan minuman
Berikan cairan untuk membantu mengencerkan dahak. berikan air putih hangat atau susu untuk membantu hal ini. Berikan sup ayam atau bubur. Ada kemungkinan tenggorokan anak anda sakit sehingga tidak mau makan. Berikan buah-buahan untuk membantu penyembuhan seperti jeruk yang mengandung banyak vitamin C.

Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
Terima Kasih

   
05-10-2012 14:13:03 Fitur Baru! "Tanya Dokter"
Jumlah Posts : 107
Jumlah di-Like : 4
Dokter ..

Maaf saya sudah pernah mengirimkan pertanyaan sebelumnya, perihal bayi saya umur 5 bulan jalan 6, masih ASI , sekitar seminggu yang lalu saya terkena batuk pilek cukup parah sampai demam karena mungkin saya kecapekan , ngajar malam dan pulang kantor hampir setiap malam sekitar jam 8 dan 9 malam. Senin yang lalu saya minum bodrex syrup, 2 kali , sepertinya tidak cocok karena saya tidak sembuh, dan bayi saya menolak nenen , terpaksa saya pompa ASI saya dengan manual breastpump uni**m , sekarang Alhamdulillah masih ada ASI saya hanya makin berkurang , sebab bayi saya menolak nenen, seingat saya waktu Selasa lalu setelah saya stop minum Bodrex sirup itu , saya coba lagi kasih nenen, bayi saya juga masih mau coba nenen saya , cuma 2 x dia hampir muntah setelah mulutnya mengenai ujung PD saya , akhirnya saya biarkan dia minum dari botol , hasil pompa ASI.
Terakhir kali adalah tadi malam, saya coba kasih nenen lagi, dia tetap tidak mau. Oh ya, bayi saya sudah mendapat makanan buah tambahan sebagai perkenalan saja, yaitu buah pisang sekitar 2 sendok teh kecil (diserut dan dihaluskan) setiap jam 10 pagi diselingi buah apel yang dihaluskan juga 2-3 sendok kecil saja.
Tolong saya dokter , apakah anak saya akan dapat nenen saya lagi? saya masih ingin memberi ASI ke anak saya minimum 1 tahun , maximum 2 tahun , seperti sewaktu saya dulu oleh ibu saya , dan dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW di agama saya.
Terimakasih banyak sebelumnya ya Dok..

Salam,

Rini
   
16-03-2011 15:59:04 vitamin untuk bayi
Jumlah Posts : 15
Jumlah di-Like : 3
@bunda yulisti : iya..ntar saya juga pengen nanya ke DSA..

@mama lala : ada madunya ya bund..??saya pernah nanya ke DSA katanya sebaiknya untuk anak usia bawah 1 tahun jangan dikasi madu dulu.padahal waktu anakku batuk usia 2 bulan pernah saya kasi madu.nah gimana tu..???

@bunda eroza78 : karena ngomong2 sama temen bund, katanya anaknya dr bayi dikasi vitamin jadi saya penasaran juga.namanya seorang ibu pasti ingin yg terbaik utk anaknya. hehehe..
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat pagi dokter saya mau tanya
ai dari jakarta umur 28 tahun saya punya putri namanya nabila umur 1 tahun 7 bulan sekarang sedang sakit yg saya tanyakan
1. apakah bila orang tuanya sakit asma anak saya akan asma gimana cara pencegahannya?
2. bayi boleh di akufuntur gak efek samping apa bila di akufuntur?
3. wajar gak bila bayi setiap bulan sakit?
4. berat badan bayi seumuran nabila yg normalnya berapa?
5. ciri-ciri anak kena flek paru-paru gimana?
maaf ya dokter kebanyakan soalnya saya takut anak saya sering sakit.
makasih

Dari : siti aisah

Jawaban:

Dear Bunda siti aisah (nbila),

Untuk mengetahui perkembangan normal anak anda, dibutuhkan data berat badan, umur, dan tinggi badan. Menurut WHO/ NCHS, berat badan normal pada anak perempuan usia 18 bulan adalah 10,8 kg dan tinggi badan normal adalah 80,9 cm.

Penyakit asma dapat diturunkan secara genetik, jadi apabila salah satu atau kedua orang tua atau sanak famili yang sedarah mempunyai penyakit asma, maka anak anda beresiko mempunyai sakit asma. Mengenai kondisi bayi yang setiap bulannya sakit, pada normalnyasetiap manusia harus selalu sehat, tidak ada batas kewajaran untuk menderita sakit pada tiap bulannya. Selalu jaga nutrisi anak anda dan jauhkan dari orang dewasa yang sedang sakit.

Mengenai akupuntur pada bayi, silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk informasi lebih lanjut. Ciri-ciri anak yang menderita flek paru ( istilah TBC pada umumnya) adalah penurunan berat badan, demam ringan pada malam hari, penurunan nafsu makan , batuk yang tidak sembuh lebih dari 2 minggu, anak rewel dan sensitif cepat menangis. Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat.
   
01-05-2009 08:07:56 Flek Paru pada Anak Balita
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
aloo....
ikutan curhat ya,,,, anakku jg kena flek nie... 1 bulan yang lalu pas usianya genap 6 bulan.. g batuk jg, cm lemes n bb nya turun, susu n makannya jadi berkurang. pas aku bawa ke ke dokter, disuruh  rongent, lab, n mantoux. hasilnya positif TB. 5 hari anakku dirawat di RS. hiks.. hiks... sedih banget rasanya, liat ayes kecilku di tusuk2 jarum ambil darah n infus.. T_T
terapinya OAT 6 bulan.
saya pernah ditawarin susu kolostrum sapi. mmg bagus si untuk kesehatan. tp untuk bayi dibawah 1 tahun boleh ga ya.... anakku skrg dah 7 bulan.
mohon infonya ibu2....
n minta doanya semoga ayesku cepet sembuh.... tq
   
20-01-2009 08:02:55 Batuk & pilek pada bayi
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

Duh, enggak tega rasanya bila melihat si kecil yang masih bayi terserang batuk dan pilek. Kalau hidungnya tersumbat, tidurnya jadi tak nyenyak. Dari dadanya juga terdengar suara grok...grok...grok. Harus bagaimana, ya?

Imbauan ASI eksklusif jelas tidak main-main. Kalau bayi dilahirkan dengan kondisi sehat, pertumbuhan berat badannya sesuai standar dan ia memperoleh ASI eksklusif selama 6 bulan, boleh dijamin ia akan terbebas dari segala macam penyakit. "Kalaupun sakit, biasanya sangat ringan dan bisa diredakan dengan pemberian ASI saja. Apalagi pada bulan-bulan pertama, bayi masih memiliki antibodi milik ibunya yang diperoleh lewat ari-ari. Jadi sebenarnya ia bisa bebas dari penyakit," ungkap dr. Waldi Nurhamzah, Sp.A.

Tradisi yang tidak mengizinkan bayi keluar sebelum usia 40 hari ada benarnya karena membuatnya jadi tak terpajan pihak luar. Lewat usia 6 bulan biasanya lingkungan bayi makin meluas. Nah, setelah usia 6 bulan barulah penyakit biasanya mulai menjangkiti si kecil. Mengapa? Pertama, saat usia 6 bulan peran ASI mulai berkurang dengan adanya makanan tambahan semipadat. Kedua, setelah usia 6 bulan, bayi mulai mengenal lingkungan luar selain keluarganya.

Bahkan pada kenyataannya, sebelum usia 6 bulan banyak bayi yang sudah terserang batuk pilek. Penyebabnya, apalagi kalau bukan karena ia tak mendapat ASI eksklusif dengan berbagai alasan. "Akhirnya jumlah antibodi dalam tubuh bayi berkurang dan bayi jadi gampang sakit," ujar staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta ini.

PENYAKIT RINGAN

Namun sekali lagi, penyakit yang menjangkiti bayi biasanya merupakan penyakit ringan dan penyebabnya adalah virus. "Karena penyebabnya virus, mestinya batuk-pileknya tidak buru-buru diberi antibiotik. Antibiotik tidak dapat membunuh virus," tukasnya.

Tak perlu juga buru-buru memberinya obat karena obat yang dibilang ringan pun selalu memiliki efek samping. "Jangan lupa, organ tubuh bayi belum matang. Oleh sebab itu, bila penyakitnya tidak berbahaya tak perlu diberi obat," saran Waldi.

Sebagai langkah awal, cari penyebab batuk si kecil. Pemicu batuk yang paling sering adalah polutan seperti asap atau debu. Walau polutannya hanya sedikit tetap saja bisa menyebabkan bayi batuk. Oleh sebab itu, hindari merokok di dekat bayi atau di dalam rumah.

Air conditioner (AC) atau penyejuk ruangan bisa juga merupakan biang keladi batuk pilek pada bayi, karena ia sebenarnya "didesain" untuk tidak berada dalam ruangan ber-AC. Jadi, bayi sebenarnya lebih senang berada di udara hangat ketimbang dingin. "Yang senang udara dingin, kan, orang tuanya, maka dipasanglah AC," kata Waldi.

Menurutnya, ruangan ber-AC yang biasanya tertutup sangat memungkinkan virus yang ada di dalamnya tidak bisa dienyahkan. Walaupun katanya ada AC yang sanggup memfiltrasi kuman, tidak dijamin kuman yang menempel di pegangan pintu atau tepi tempat tidur bisa terhapus. Kalau seseorang di dalam ruangan itu sakit, ia akan dengan mudah menulari orang lain yang masuk ke kamar tersebut. "Namun bukan berarti bayi tidak boleh berada di ruangan ber-AC, hanya saja setiap hari jendela dan pintu ruang itu harus dibuka lebar-lebar sebagai jalan pergantian udara, dan tidak lupa membersihkan semua perabot di kamar itu secara teratur."

BERI BANYAK MINUM

Nah, bagaimana dengan penanganan batuk-pilek si kecil? Untuk memperlancar hidung bayi yang tersumbat tetesi dengan larutan NaCl fisiologis yang bebas dibeli di mana saja dengan harga relatif sangat terjangkau. Larutan tersebut berfungsi mencairkan lendir dan biasanya dijual dengan kemasan 25 ml dan bertuliskan Sodium Chloride 0,9 %. "NaCl fisiologis bukan obat tapi larutan yang sama dengan cairan tubuh, sehingga dapat diteteskan pada hidung bayi sesering mungkin tanpa menimbulkan efek samping."

Batuk berdahak bisa diatasi dengan memberi bayi minum lebih banyak daripada biasanya. Tujuannya agar dahak menjadi encer dan mudah keluar. "Balsam boleh-boleh saja dibalurkan karena uap yang terhirup dapat memberi wangi yang enak pada bayi. Tapi waspadai zat-zat yang terkandung di dalamnya karena bisa menimbulkan reaksi pada kulit bayi. Sebagai percobaan, oleskan balsam sedikit. Bila tidak ada reaksi seperti merah-merah pada tubuh bayi bisa dioleskan pada dada dan punggungnya."

Suara grok-grok yang biasanya terdengar saat bayi tidur tak perlu dikhawatirkan. Suara tersebut muncul karena ada lendir yang terkumpul di jalan napas bagian atasnya. Selama bayi dapat tidur nyenyak, asupan makan dan minumnya tak terganggu, serta tumbuh kembangnya setiap bulan tampak baik berarti ia hanya terjangkit penyakit ringan. Dahak pada manusia, kata Waldi, sebenarnya tidak perlu selalu dikeluarkan lewat mulut karena akan dikeluarkan secara alamiah oleh saluran napas. Contohnya, karena bayi belum memiliki kemampuan untuk meludah, dahak yang sudah keluar di rongga belakang mulut (farings) akan tertelan dengan sendirinya masuk ke dalam saluran cerna.

GEJALA RAWAN

Sebagai informasi, penyakit saluran napas seperti batuk pilek biasanya berlangsung selama 3 hingga 10 hari. Bila dalam batas waktu tersebut bayi masih terserang batuk pilek tanpa penyebab yang jelas tentu perlu segera diperiksakan ke dokter. "Kadang-kadang orang tua terlalu khawatir. Saat mendengar bayinya batuk langsung panik. Padahal bayi batuk sekali dua kali, kan boleh-boleh saja karena mungkin tenggorokannya kemasukan sesuatu."

Lain bila batuk pilek yang dialami sampai menyebabkan si kecil rewel, tidak bisa tidur, dan tidak bisa minum atau makan. "Nah, ini jelas serius sehingga harus dibawa ke rumah sakit, " ujar Waldi. Gejala penyakit lain yang mengharuskan bayi ditangani serius adalah (1) tidak mau makan-minum (2) napas cepat, dan (3) muntah-muntah. Kalau sampai bayi tidak mau makan dan minum, hal ini menunjukkan penyakit yang serius.

Tak mau makan dan minum bisa dikarenakan napas bayi yang sudah memburu. Patokan frekuensi napas yang sudah masuk kategori berbahaya adalah lebih atau sama dengan 50 kali permenit untuk bayi higga usia 1 tahun. Untuk itulah orang tua mesti menghitung jumlah napas bayi saat ia terlihat tersengal-sengal. "Agar hitungannya tidak salah, lakukan saat bayi dalam keadaan tenang sambil dipangku, misalnya. Bila jumlahnya sampai 50 kali setiap menit atau lebih, segera larikan bayi ke rumah sakit. "

Muntah-muntah juga merupakan gejala yang perlu dicermati. Walau agak sulit menentukan frekuensi yang sudah dianggap rawan, sebagai patokan bila muntah itu terjadi setiap kali bayi diberi asupan minuman dan makanan, berarti kondisinya cukup serius. Kalau bayi sudah muntah-muntah sekitar 3-4 kali dalam sehari, lebih baik bawa dia ke dokter. Yang dikhawatirkan, akibat muntah-muntah yang dialami, bayi tidak mendapat asupan gizi yang cukup. Muntah sendiri bisa menunjukan gejala penyakit pada saluran napas, saluran cerna, penyakit saraf pusat dan lainnya. Nah, kalau ini yang terjadi, bawalah segera bayi Anda ke dokter yang berkompeten.

IMUNISASI TETAP BERLAKU

Yang perlu diketahui, anggapan bahwa bayi sakit tak boleh diimunisasi sebenarnya kurang tepat. Jika bayi terjangkit penyakit ringan seperti batuk pilek, maka secara teori jadwal imunisasinya tak perlu terganggu. Saran Waldi, kalau sudah tiba jadwal imunisasi, walau sedang flu, sebaiknya bayi tetap dibawa ke dokter. "Biar dokter yang memutuskan melalui pemeriksaan. Bila kondisi bayi baik, dokter akan tetap memberi imunisasi. Sebaliknya bila sakitnya ternyata agak berat, imunisasi akan ditunda."

Lain halnya dengan bidan yang umumnya akan menunda imunisasi bila orang tua melaporkan kondisi si kecil sedang tak sehat. "Ini wajar karena bidan tidak bisa menentukan ringan tidaknya penyakit yang diderita bayi."

   
Jumlah Posts : 118
Jumlah di-Like : 2
Dear Bunda Nenni, Ini ada artikel mengenai Campak, semoga membantu

Penyebab

Campak, rubeola, atau measles Adalah penyakit infeksi yang sangat mudah menular atau infeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kurang lebih 4 hari pertama sejak munculnya ruam. Campak disebabkan oleh paramiksovirus ( virus campak). Penularan terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air borne disease ). Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.

Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah: - bayi berumur lebih dari 1 tahun - bayi yang tidak mendapatkan imunisasi - remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

Gejala

Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa: - Panas badan - nyeri tenggorokan - hidung meler ( Coryza ) - batuk ( Cough ) - Bercak Koplik - nyeri otot - mata merah ( conjuctivitis )

2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik). Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah timbulnya gejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulai memudar.

Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.

Komplikasi

Pada anak yang sehat dan gizinya cukup, campak jarang berakibat serius. Beberapa komplikasi yang bisa menyertai campak:

  1. Infeksi bakteri : Pneumonia dan Infeksi telinga tengah
  2. Kadang terjadi trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), sehingga pendeita mudah memar dan mudah mengalami perdarahan
  3. Ensefalitis (inteksi otak) terjadi pada 1 dari 1,000-2.000 kasus.

Diagnosa

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan ruam kulit yang khas.

Pemeriksaan lain yang mungkin perlu dilakukan: - pemeriksaan darah, pemeriksaan darah tepi - pemeriksaan Ig M anti campak - Pemeriksaan komplikasi campak :

*       enteritis

*       Ensephalopati,

*       Bronkopneumoni

Pengobatan

Tidak ada pengobatan khusus untuk campak. Anak sebaiknya menjalani tirah baring. Untuk menurunkan demam, diberikan asetaminofen atau ibuprofen. Jika terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.

Pencegahan

Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/mumps, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas.

Jika hanya mengandung campak, vaksin dibeirkan pada umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun.

 Diambil dari : Wikipidia

 
   
Jumlah Posts : 1391
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Moms, Ini ada artikel soal batuk pilek pada anak, semoga bisa jadi referensi..  
Mengapa Anak Terus Panas-batuk-pilek?
Seorang bayi seharusnya jarang sakit, karena masih ditopang imunitas tinggi sewaktu dikandung atau menyusu ibunya. Penyakit sehari-hari seperti flu (yang ditandai panas-batuk-pilek), penyakit virus lain, atau bahkan infeksi kuman dapat ditolaknya. Sejak lama fakta ini telah disadari.
Coba saja, bila bayi Anda tinggal serumah dengan seorang penderita campak, maka biasanya ia tidak akan gampang tertular, dikatakan oleh Prof. Iwan Darmansjah.

Namun nyatanya, banyak anak dan bayi menjadi pelanggan dokter setiap 2 - 3 minggu karena penyakit yang sama: bolak-balik demam, batuk, dan pilek. Tentu banyak orang tua bosan. Mereka menggugat, "Mengapa ini harus terjadi, sedangkan semua kebutuhan anak saya telah dicukupi?"

Pencetus penyakit pada anak memang sulit ditentukan, karena dapat bermacam-macam, misalnya lingkungan kurang sehat, polusi tinggi, dan ada perokok di rumah. Penggunaan penyejuk udara (AC) di malam hari bisa menimbulkan alergi suhu dingin, sehingga hidung anak mampet, dan ia bernafas lewat mulut. Kipas angin dipasang di kamar tidur yang lalu meniup debu ke segala penjuru kamar. Belum lagi penularan virus di sekolah dan tempat ramai seperti mal. Juga perawat yang sedang batuk - pilek. Tak langka pula kejadian sakit gara-gara anak mengonsumsi makanan ringan tidak sehat yang membuat tenggorokan menggelitik.

Batuk - pilek beserta demam yang terjadi sekali-kali dalam 6 - 12 bulan sebenarnya masih dinilai wajar. Tetapi observasi menunjukkan bahwa kunjungan ke dokter bisa terjadi setiap 2 - 3 minggu selama bertahun-tahun. Bila ini yang terjadi, maka ada dua kemungkinan kesalahkaprahan dalam penanganannya.

Pertama, pengobatan yang diberikan selalu mengandung antibiotik. Padahal 95% serangan batuk-pilek dengan atau tanpa demam disebabkan oleh virus, dan antibiotik tidak dapat membunuh virus. Selain mubazir, pemberian antibiotik kadang-kadang justru menimbulkan efek sampingan berbahaya. Kalau dikatakan akan mempercepat penyembuhan pun tidak, karena penyakit virus memang bakal sembuh dalam beberapa hari, dengan atau tanpa antibiotik. Hal ini telah dibuktikan dengan studi terkontrol (membandingkan dengan plasebo) berulang kali sejak ditemukannya antibiotik di tahun 1950 - 1960-an. Hasilnya selalu sama sehingga tidak perlu diragukan lagi kebenarannya.

Di lain pihak, antibiotik malah membunuh kuman baik dalam tubuh, yang berfungsi menjaga keseimbangan dan menghindarkan kuman jahat menyerang tubuh. Ia juga mengurangi imunitas si anak, sehingga daya tahannya menurun. Akibatnya anak jatuh sakit setiap 2 - 3 minggu dan perlu berobat lagi. Orang tuanya lalu langsung membeli antibiotik di apotik atau pasar hanya karena setiap kali ke dokter mereka diberi obat tersebut.

Lingkaran setan ini: sakit >> antibiotik >> imunitas menurun >> sakit lagi >>, akan membuat si anak diganggu panas-batuk-pilek sepanjang tahun, selama bertahun-tahun. Komplikasi juga sering akan terjadi, yang akhirnya membawa anak itu ke kamar perawatan di rumah sakit.

Pengalaman menunjukkan, bila antibiotik dicoret dari resep (sementara obat batuk-pilek yang adekuat diberikan), setelah 1 - 3 bulan si anak tidak akan gampang terserang penyakit flu lagi. Pertumbuhan badannya pun menjadi lebih baik.

Salah kaprah kedua ialah gejala batuk - pilek yang tidak diobati secara benar; artinya, siasat pengobatan perlu diubah. Ini lantaran obat jadi yang dijual di apotek tidak selalu dapat mengatasi masalah setiap penderita. Bahkan sering terjadi, batuk - pilek malah menjadi lebih parah dan berkepanjangan.

Suatu perubahan dalam resep, yang mendasar dan individual, perlu dilakukan untuk memutus lingkaran setan panas-batuk-pilek ini. Yang utama ialah menghentikan antibiotik, tidak memberikan kortikosteroid secara terus-menerus, menghentikan pemberian obat penekan batuk dan menggantinya dengan bronkodilator, serta memberikan campuran obat pilek yang baru. Efedrin dosis kecil - dicampur dengan antihistamin yang efektif - merupakan obat pilek terbaik. Pseudo-efedrin, fenilpropanolamin, atau etilefrin yang lebih sering dijumpai dalam obat-jadi, tidak lebih baik dari efedrin, walaupun lebih mahal. Semua obat lain yang ternyata tidak terbukti efektif perlu dihentikan.

Terakhir, yang tidak kalah penting, carilah faktor pencetus yang dicantumkan di awal tulisan ini. Bila ditemukan, hindarilah. Selamat mencoba. Semoga anak Anda tidak perlu lagi begitu sering berobat karena flu!

Pencetus baru telah saya temukan diantara beberapa pasien anak. Ternyata orang tua jaman ini sering entertain anaknya di Mal. Kasus pertama, anaknya terus sakit, pun bila sebelumnya sangat sehat. Berikut ini sms-nya berbunyi setelah saya tanyakan "apa yang terjadi sebelumnya?". Tadi siang jam 2 BAB-nya baik, BAK banyak & kuning tua. Dari jam 11 jalan di mal sampai jam 4 sore, dia mengeluh pusing & lelah serta suhu badan yang tinggi (demam). Saya menjawab bahwa Mal bukan tempat rekreasi yang sehat. Dengan hanya parasetamol akhirnya panas hilang dan terus sembuh.. Berapa banyak orang tua di kota Jakarta ini berbuat demikian untuk 'mengangin-anginkan anaknya? Sebagian besar akan berakhir dengan panas, batuk, pilek, berak2, dan muntah secara akut. Jelas Mal bukan tempat rekreasi yang sehat, karena penuh dengan virus dan kuman.
 (idionline/Kalbefarma)
  Bunda Rafa