SITE STATUS
Jumlah Member :
492.707 member
user online :
1540 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: batuk alergi bisahkah sembuhhanya minum

New Topic :  
03-11-2016 19:10:12 batuk diusia 18 week
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda ada yang pernah mengalami batuk alergi gk selama hamil? aku udh 3 hari g bisa tdr karena batuk yg g berhenti sudah ke dokter dan minum obat tapi blm ada perubahan? pakai obat herbal boleh g si? berbagi dong infonya makasih
   


Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Dr tanti, saya mau nanya nih dok, anak saya umur 21 bulan laki" .. umur 7bulan sudah kena campak , panas tinggi selama 3hari setelah panas turun baru keluar ruam merah awal dimuka lalu keseluruh badan dan sembuh dalam waktu 1minggu setelah minum obat dr dokter .. sekarang anak saya 21 bulan, 3minggu yang lalu anak saya ke klinik karna panas tinggi sampai 39° dan batuk pilek namun 3hari minum obat dr dokter klinik tidak sembuh juga .. lalu ke dokter lain dan disuruh periksa darah tetapi hanya hb bya saja yg rendah hb nya hanya 6 , dikasih obat panas pilek batuk dan antibiotik setelah minun obat dan keesokan harinya langsung sembuh tapi 2minggu kemudian anak saya panas lagi sampai 39.5° saya kedokter yang sama dan dicek darah lagi semua normal hanya dikasih obat panas batuk pilek saja, saya mengeluhkan ada ruam dipipinya dokternya blg hanya alergi .. setelah saya pulang sampai rumah, dimuka anak saya keluar ruam dan bintik merah banyak dr kepala sampai leher.. yang saya mau tanyakan dok 1. apakah kalau sudah terkena campak kemungkinan bisa kena lagi , padahal sudah imunisasi campak 2.yang sekarang anak saya alami tidak seperti campak pertama , campak pertama keluar setelah panas tingginya turun dalam 3hari baru keluar bintik merah yang sekarang bintik merah/ruam merah disekitar muka berbarengan dengan panasnya mohon infonya dok, terimakasih
   
26-11-2015 14:47:18 camapk atau virus roseola
Jumlah Posts : 51
Jumlah di-Like : belum ada like
Dear Dr tanti, saya mau nanya nih dok, anak saya umur 21 bulan laki" .. umur 7bulan sudah kena virus roseola , panas tinggi selama 3hari setelah panas turun baru keluar ruam merah awal dimuka lalu keseluruh badan dan sembuh dalam waktu 1minggu setelah minum obat dr dokter tetapi dokter anakku menginfokan itu bukan campak hanya virus roseola .. sekarang anak saya 21 bulan, 3minggu yang lalu anak saya ke klinik karna panas tinggi sampai 39° dan batuk pilek namun 3hari minum obat dr dokter klinik tidak sembuh juga .. lalu ke dokter lain dan disuruh periksa darah tetapi hanya hb bya saja yg rendah hb nya hanya 6 , dikasih obat panas pilek batuk dan antibiotik setelah minun obat dan keesokan harinya langsung sembuh tapi 2minggu kemudian anak saya panas lagi sampai 39.5° saya kedokter yang sama dan dicek darah lagi semua normal hanya dikasih obat panas batuk pilek saja, saya mengeluhkan ada ruam dipipinya dokternya blg hanya alergi .. setelah saya pulang sampai rumah, dimuka anak saya keluar ruam dan bintik merah banyak dr kepala sampai leher.. yang saya mau tanyakan dok 1. apakah perbedaan virus roseola dan rubeola/campak german dan tampek/campak 2. apakah kalau sudah terkena virus roseola kemungkinan bisa kena lagi , padahal sudah imunisasi campak 3.yang sekarang anak saya alami tidak seperti terkena virus roseola pertama , pertama panas tinggi 3 hari setelah panasnya turun dalam 3hari baru keluar bintik merah yang sekarang bintik merah/ruam merah disekitar muka berbarengan dengan panasnya mohon infonya dok, terimakasih
   


Jumlah Posts : 405
Jumlah di-Like : 4
@ tirta: setau saya di uap cuma bisa di dokter ato di klinik gitu bun... caranya pake alat ky selang gede gitu, klo bayinya masih kecil bgt biasanya cm dideketin ke hidung ato mulutnya, klo bayi nya udh agak gede alatnya dimasukin ke mulutnya..

xavier juga dulu di uap, trus punggung sm dadanya diolesin balsem transpulmin, trus minum mucera sm ky zach ^_^
kata dokternya minum mucera gpp diterusin juga (soalnya xavier batuk alergi, jadi tiap dia mulai kambuh alerginya selalu dikasi mucera, daripada dahaknya ga kluar trus masuk paru2 kan lebih gaswat)..

@ w3n2y: hubungan susu encer sm batuk apa ya? agak bingung saya :P


   
15-06-2010 10:42:39 hamil 8 minggu
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
BATUK LEWAT TIGA HARI PERLU DIWASPADAI

Terutama bila frekuensi batuknya sering dan tekanannya kuat

 Duh, repot ya Bu, kalau sedang hamil lalu terserang batuk. Setiap uhuk-uhuk, perut serasa ditekan-tekan. Kalau ditahan, batuknya bukan malah berhenti tapi justru menyembur lebih keras lagi. Padahal kita sering berbuat begitu agar si janin tidak ikut terguncang-guncang saat kita terbatuk. Jadi apa yang mesti diperbuat, ya?

Yang jelas, kata dr. Reino Rambey, SpOG., dari RS Haji, Jakarta, batuk kerap menyerang ibu hamil karena kondisi daya tahan tubuhnya saat itu memang sedang lemah sehingga memudahkan kuman masuk. Namun, masalah batuk ini tidak perlu membuat ibu hamil khawatir berlebihan, karena tidak setiap batuk akan membahayakan janin. Frekuensi batuk yang jarang dan tekanan batuk yang tidak terlalu kuat umumnya tidak menimbulkan gangguan berarti bagi kehamilan dan perkembangan janin.

DAMPAK BATUK

Lalu bagaimana dampak dari infeksinya sendiri, apakah tidak akan mengganggu kesehatan janin? Seperti diketahui, batuk merupakan suatu gejala penyakit karena saluran napas yang bersangkutan tengah "bermasalah" seperti terinfeksi bakteri, virus atau hanya sekadar teriritasi. Lagi-lagi Reino menegaskan, penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti batuk-pilek yang umum terjadi, tidak akan sampai berpengaruh atau menimbulkan kecacatan pada janin. "Janin tetap aman karena ia berada dalam selaput ketuban di dalam rahim yang dapat melindunginya dari infeksi luar."

Yang perlu diwaspadai, jika frekuensi batuk itu terbilang sering dan tekanannya kuat. Itu berarti infeksi yang terjadi juga berat. Dampaknya bisa seperti ini:

* Di Trimester Awal

Batuk yang kuat dan sering di trimester ini akan meyebabkan meningkatnya tekanan dalam perut. Bila batuk yang terjadi diakibatkan infeksi yang cukup berat, tentunya dapat menimbulkan kontraksi. Di samping itu infeksi pada saluran napas sering pula mengakibatkan infeksi pada organ reproduksi wanita. Jika kondisi ibu hamil sudah bermasalah dari awal, ditambah dengan adanya infeksi, tentunya batuk seperti ini dapat memperparah dan ancaman keguguran dapat saja terjadi. Seperti yang dikatakan Reino, "Keguguran bisa terjadi jika kehamilan ibu disertai kelainan pada janin, seperti blinded ovum atau janin yang tak berkembang."

* Di Trimester kedua dan ketiga

Sementara di trimester kedua dan ketiga, batuk yang terus-menerus dikhawatirkan bisa memicu kelahiran prematur. Batuk yang kuat menyebabkan tekanan ke rongga perut meningkat sehingga rahim jadi lebih sering terdorong dan terjadilah kontraksi. "Bahkan di trimester akhir bila disertai infeksi, kondisi seperti ini bisa menyebabkan ketuban pecah dini dan mengakibatkan kelahiran prematur."

TIGA PENYEBAB BATUK

Soal penyebab batuk, Reino membaginya menjadi tiga, yakni karena alergi, virus atau bakteri.

* Batuk alergi

Batuk alergi terjadi karena saluran napas yang bersangkutan sangat sensitif (hipersensitif) terhadap rangsangan faktor pencetus, semisal udara dingin, debu udara dan perabot rumah, asap, dan sebagainya. Pada umumnya batuk ini gampang dikenali, kemunculannya berbarengan dengan saat si penderita alergi terkena faktor pencetus. Lalu batuk-batuk akan menghilang bila ibu tidak terpapar lagi oleh faktor pencetus tersebut.

Pengobatan yang paling utama adalah menghindari faktor pencetus. Dokter biasanya juga akan memberikan obat batuk yang sifatnya meredakan reaksi alergi sehingga frekuensi batuknya jadi berkurang.

* Batuk karena virus

Cirinya adalah batuk yang terjadi tidak berlangsung terus-menerus dan akan menghilang sendiri dalam beberapa hari. Umumnya disebabkan kondisi tubuh ibu yang sedang menurun. Bisa karena ibu kurang menjaga asupan makanannya, kurang berolahraga, atau bisa juga karena kurang istirahat. Batuk karena virus termasuk self limiting desease atau penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa diobati.

Jadi batuk yang dikarenakan virus tidak perlu diatasi dengan obat-obatan karena, seperti yang dikatakan tadi, dia akan menghilang sendiri dalam waktu kurang dari seminggu. Tentu dengan syarat, ibu hamil harus meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan makan makanan bergizi dan cukup beristirahat.

* Batuk karena bakteri

Adakalanya batuk yang awalnya disebabkan infeksi virus dapat berlanjut dengan infeksi oleh bakteri. Kalau sudah begini, kondisi ibu hamil akan terlihat parah. Gejala yang timbul bukan hanya bersin-bersin dan batuk-batuk saja, tapi juga demam. Batuknya pun disertai lendir atau dahak yang berwarna kuning atau kehijauan. Upaya pengobatannya adalah dengan menggunakan obat batuk dan antibiotika.

PENANGANAN DI RUMAH

Nah, untuk batuk yang masih ringan (tanpa disertai demam dan belum lebih dari tiga hari), saran Reino, ibu hamil tak perlu langsung mengonsumsi obat. Langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan agar kondisi penyakit tidak semakin parah:

* Banyaklah beristirahat dan tidur yang cukup.

* Hindari makan makanan yang dapat merangsang batuk, seperti goreng-gorengan atau makanan dan minuman dingin.

* Banyaklah mengonsumsi buah-buahan, terlebih yang kaya vitamin C, seperti jeruk, jambu biji dan sejenisnya.

* Banyak minum air putih hangat agar tenggorokan tidak membengkak akibat adanya reaksi peradangan.

* Pengobatan seperti minum sesendok kecap atau madu yang sudah dicampur dengan perasan air jeruk nipis yang sebelumnya sudah dibakar, bisa saja dicoba.

Jika semua cara tersebut tidak juga meredakan batuk, untuk pertolongan pertama ibu bisa minum obat batuk hitam yang relatif aman dikonsumsi selama hamil. Obat batuk yang bisa digunakan untuk semua jenis batuk ini, selain dapat meredakan batuk, juga bisa mengeluarkan lendir.

HUBUNGI DOKTER

Kalau kondisi ibu hamil tidak membaik atau malah cenderung lebih parah, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi pada dokter kandungan karena kalau sudah begitu biasanya batuk yang terjadi disebabkan bakteri, yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Umumnya yang diberikan adalah obat pengurang batuk, juga antibiotik sebagai upaya untuk menekan jumlah bakteri. Juga, bila batuk yang terjadi menimbulkan kontraksi, selain obat-obatan tadi, dokter akan memberikan obat yang sifatnya dapat meredakan kontraksi pada rahim.

Tentunya jenis antibiotika dan dosis yang diberikan dokter harus aman bagi ibu hamil. "Dokter kandungan pasti sudah tahu antibiotik mana yang tidak akan menembus sawar plasenta sehingga aman bagi janin."

BATUK KARENA TBC

Bagaimana dengan batuk yang disebabkan penyakit berat seperti TBC? Ditegaskan oleh Reino, bahwa batuk akibat TBC amat jarang muncul selama kehamilan. Kalaupun ada bukan karena pada saat hamil ibu terserang TBC, tapi infeksi TBC terjadi jauh sebelum kehamilan. Jika TBC itu tidak diobati secara tuntas, maka kondisinya menjadi parah dan timbul serta berlanjut saat ibu tengah mengandung.

Dampak kasus seperti ini pada janin, diakui Reino, cukup berbahaya karena infeksi bakteri TBC bisa menyebabkan kondisi kesehatan ibu menurun dan akhirnya dapat dan menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. "Infeksi pada saluran napas dapat pula menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening yang ada di leher. Kemudian kuman beredar mengikuti aliran darah sampai ke organ reproduksi wanita, yang dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim, ketuban pecah dini bahkan keguguran atau persalinan prematur."

Oleh karena itu, saran Reino, sebelum kehamilan terjadi ibu sebaiknya sudah mempersiapkan kesehatan diri dengan maksimal. Di antaranya melakukan tes kesehatan sebelum mengupayakan kehamilan. Itulah pentingnya pemeriksaan prenatal, sehingga selama kehamilan ibu dapat terbebas dari infeksi-infeksi yang berat.

semoga bisa membantu

salam

putri a.k.a zach mom's
   


Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

BATUK LEWAT TIGA HARI PERLU DIWASPADAI

Terutama bila frekuensi batuknya sering dan tekanannya kuat

Duh, repot ya Bu, kalau sedang hamil lalu terserang batuk. Setiap uhuk-uhuk, perut serasa ditekan-tekan. Kalau ditahan, batuknya bukan malah berhenti tapi justru menyembur lebih keras lagi. Padahal kita sering berbuat begitu agar si janin tidak ikut terguncang-guncang saat kita terbatuk. Jadi apa yang mesti diperbuat, ya?

Yang jelas, kata dr. Reino Rambey, SpOG., dari RS Haji, Jakarta, batuk kerap menyerang ibu hamil karena kondisi daya tahan tubuhnya saat itu memang sedang lemah sehingga memudahkan kuman masuk. Namun, masalah batuk ini tidak perlu membuat ibu hamil khawatir berlebihan, karena tidak setiap batuk akan membahayakan janin. Frekuensi batuk yang jarang dan tekanan batuk yang tidak terlalu kuat umumnya tidak menimbulkan gangguan berarti bagi kehamilan dan perkembangan janin.

DAMPAK BATUK

Lalu bagaimana dampak dari infeksinya sendiri, apakah tidak akan mengganggu kesehatan janin? Seperti diketahui, batuk merupakan suatu gejala penyakit karena saluran napas yang bersangkutan tengah "bermasalah" seperti terinfeksi bakteri, virus atau hanya sekadar teriritasi. Lagi-lagi Reino menegaskan, penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti batuk-pilek yang umum terjadi, tidak akan sampai berpengaruh atau menimbulkan kecacatan pada janin. "Janin tetap aman karena ia berada dalam selaput ketuban di dalam rahim yang dapat melindunginya dari infeksi luar."

Yang perlu diwaspadai, jika frekuensi batuk itu terbilang sering dan tekanannya kuat. Itu berarti infeksi yang terjadi juga berat. Dampaknya bisa seperti ini: 

* Di Trimester Awal

Batuk yang kuat dan sering di trimester ini akan meyebabkan meningkatnya tekanan dalam perut. Bila batuk yang terjadi diakibatkan infeksi yang cukup berat, tentunya dapat menimbulkan kontraksi. Di samping itu infeksi pada saluran napas sering pula mengakibatkan infeksi pada organ reproduksi wanita. Jika kondisi ibu hamil sudah bermasalah dari awal, ditambah dengan adanya infeksi, tentunya batuk seperti ini dapat memperparah dan ancaman keguguran dapat saja terjadi. Seperti yang dikatakan Reino, "Keguguran bisa terjadi jika kehamilan ibu disertai kelainan pada janin, seperti blindedovum atau janin yang tak berkembang."

* Di Trimester kedua dan ketiga

Sementara di trimester kedua dan ketiga, batuk yang terus-menerus dikhawatirkan bisa memicu kelahiran prematur. Batuk yang kuat menyebabkan tekanan ke rongga perut meningkat sehingga rahim jadi lebih sering terdorong dan terjadilah kontraksi. "Bahkan di trimester akhir bila disertai infeksi, kondisi seperti ini bisa menyebabkan ketuban pecah dini dan mengakibatkan kelahiran prematur."

TIGA PENYEBAB BATUK

Soal penyebab batuk, Reino membaginya menjadi tiga, yakni karena alergi, virus atau bakteri.

* Batuk alergi

Batuk alergi terjadi karena saluran napas yang bersangkutan sangat sensitif (hipersensitif) terhadap rangsangan faktor pencetus, semisal udara dingin, debu udara dan perabot rumah, asap, dan sebagainya. Pada umumnya batuk ini gampang dikenali, kemunculannya berbarengan dengan saat si penderita alergi terkena faktor pencetus. Lalu batuk-batuk akan menghilang bila ibu tidak terpapar lagi oleh faktor pencetus tersebut.

Pengobatan yang paling utama adalah menghindari faktor pencetus. Dokter biasanya juga akan memberikan obat batuk yang sifatnya meredakan reaksi alergi sehingga frekuensi batuknya jadi berkurang.

* Batuk karena virus

Cirinya adalah batuk yang terjadi tidak berlangsung terus-menerus dan akan menghilang sendiri dalam beberapa hari. Umumnya disebabkan kondisi tubuh ibu yang sedang menurun. Bisa karena ibu kurang menjaga asupan makanannya, kurang berolahraga, atau bisa juga karena kurang istirahat. Batuk karena virus termasuk self limiting desease atau penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa diobati.

Jadi batuk yang dikarenakan virus tidak perlu diatasi dengan obat-obatan karena, seperti yang dikatakan tadi, dia akan menghilang sendiri dalam waktu kurang dari seminggu. Tentu dengan syarat, ibu hamil harus meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan makan makanan bergizi dan cukup beristirahat.

* Batuk karena bakteri

Adakalanya batuk yang awalnya disebabkan infeksi virus dapat berlanjut dengan infeksi oleh bakteri. Kalau sudah begini, kondisi ibu hamil akan terlihat parah. Gejala yang timbul bukan hanya bersin-bersin dan batuk-batuk saja, tapi juga demam. Batuknya pun disertai lendir atau dahak yang berwarna kuning atau kehijauan. Upaya pengobatannya adalah dengan menggunakan obat batuk dan antibiotika.

PENANGANAN DI RUMAH

Nah, untuk batuk yang masih ringan (tanpa disertai demam dan belum lebih dari tiga hari), saran Reino, ibu hamil tak perlu langsung mengonsumsi obat. Langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan agar kondisi penyakit tidak semakin parah:

* Banyaklah beristirahat dan tidur yang cukup.

* Hindari makan makanan yang dapat merangsang batuk, seperti goreng-gorengan atau makanan dan minuman dingin.

* Banyaklah mengonsumsi buah-buahan, terlebih yang kaya vitamin C, seperti jeruk, jambu biji dan sejenisnya.

* Banyak minum air putih hangat agar tenggorokan tidak membengkak akibat adanya reaksi peradangan.

* Pengobatan seperti minum sesendok kecap atau madu yang sudah dicampur dengan perasan air jeruk nipis yang sebelumnya sudah dibakar, bisa saja dicoba.

Jika semua cara tersebut tidak juga meredakan batuk, untuk pertolongan pertama ibu bisa minum obat batuk hitam yang relatif aman dikonsumsi selama hamil. Obat batuk yang bisa digunakan untuk semua jenis batuk ini, selain dapat meredakan batuk, juga bisa mengeluarkan lendir.

HUBUNGI DOKTER

Kalau kondisi ibu hamil tidak membaik atau malah cenderung lebih parah, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi pada dokter kandungan karena kalau sudah begitu biasanya batuk yang terjadi disebabkan bakteri, yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Umumnya yang diberikan adalah obat pengurang batuk, juga antibiotik sebagai upaya untuk menekan jumlah bakteri. Juga, bila batuk yang terjadi menimbulkan kontraksi, selain obat-obatan tadi, dokter akan memberikan obat yang sifatnya dapat meredakan kontraksi pada rahim.

Tentunya jenis antibiotika dan dosis yang diberikan dokter harus aman bagi ibu hamil. "Dokter kandungan pasti sudah tahu antibiotik mana yang tidak akan menembus sawar plasenta sehingga aman bagi janin."

BATUK KARENA TBC

Bagaimana dengan batuk yang disebabkan penyakit berat seperti TBC? Ditegaskan oleh Reino, bahwa batuk akibat TBC amat jarang muncul selama kehamilan. Kalaupun ada bukan karena pada saat hamil ibu terserang TBC, tapi infeksi TBC terjadi jauh sebelum kehamilan. Jika TBC itu tidak diobati secara tuntas, maka kondisinya menjadi parah dan timbul serta berlanjut saat ibu tengah mengandung.

Dampak kasus seperti ini pada janin, diakui Reino, cukup berbahaya karena infeksi bakteri TBC bisa menyebabkan kondisi kesehatan ibu menurun dan akhirnya dapat dan menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. "Infeksi pada saluran napas dapat pula menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening yang ada di leher. Kemudian kuman beredar mengikuti aliran darah sampai ke organ reproduksi wanita, yang dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim, ketuban pecah dini bahkan keguguran atau persalinan prematur."

Oleh karena itu, saran Reino, sebelum kehamilan terjadi ibu sebaiknya sudah mempersiapkan kesehatan diri dengan maksimal. Di antaranya melakukan tes kesehatan sebelum mengupayakan kehamilan. Itulah pentingnya pemeriksaan prenatal, sehingga selama kehamilan ibu dapat terbebas dari infeksi-infeksi yang berat.

   
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
halo dokter.mau tnya.anak saya baru berusia 2bln.asi saya tdk keluar makanya saya pake susu formula.dr usia 0-3Mggu dberi susu utk alergi.krn dr saya ad bakat alergi.tapi dgn minum susu itu bayi saya setiap habis minum lgsg pup encer..trus inisiatip saya sndiri saya ganti susu yg biasa dgn merk yg sama.BAB lncar padat lunak 2x/hr. tapi knpa setiap kali minum napasx grok2. apa alergi/ g cocok jg ya dok?? tapi BB trus naik meskipun ad grok2. saya bingung dok,yg dkatakan dgn alergi susu itu sprti gimana y dok?? makasih infonya..
   
23-11-2016 19:21:22 hpl Desember 2016
Jumlah Posts : 220
Jumlah di-Like : belum ada like
sya prnh bunda arhyka,tp sma dokternya gk dikasih obat..krna wktu itu vitamin bumil msih ada,mlh disuruh bnyk makan buah2n+sayuran jg bnyk minum air putih..itu aja bun.
*tp dikarenakan batuknya mengganggu jd pngen cepet smbuh,brdasarkan pngalaman kumur2 pakai larutan air garam hangat alhmdllh berkurang rasa gatal ditenggorokan yg mnyebabkan batuk,jgn lupa jg minum madu bun.
   
25-07-2016 14:18:14 obat batuk bumil
Jumlah Posts : 169
Jumlah di-Like : belum ada like
sy minun perasan jeruk nipis +kecap aja... kmrn smpt batuk diksh obat udh baikan tp kena batuk lg... takut klo minum obat berkepanjangan makax pake jeruk nipis +kecap aja ma rajin minum buavita
   
25-07-2016 05:56:05 obat batuk bumil
Jumlah Posts : 477
Jumlah di-Like : belum ada like
gk apa2 bund kan herbal,syavselama hamil 2kli batuk bund dan cuma minum silex
   
06-06-2016 08:55:27 ibu menyusui sedang flu
Jumlah Posts : 48
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bun aq nuruti ibu yg org jawa kuno tp skrg uda gk aq kasi asi kta tmn ku se di suruh ngasi obat tetes idung lbh mndingan drpd obat sirup dr bidan yg bikin dia gk isa tdr. . bsok wkt e si kecil imunisasi yg prtma kali. tp masi grog" aq e mce flu dn tenggorokn gatal jd e aq minum obt dr bidan kbetuln jg skluarga lg flu dn batuk smua. tp si kecil mendingan stlh aq di beri jamu tolak sawan flu dn batuk aq e yg minum tp efeknya ke si kecil yg rada enakan
   
31-05-2016 14:44:43 batuk saat hamil
Jumlah Posts : 140
Jumlah di-Like : belum ada like
aq jga lgi batuk ni bun mau minum obat takut flu jga uk 33 wek
   
07-05-2016 08:46:31 ASI
Jumlah Posts : 68
Jumlah di-Like : belum ada like

teteap kasihin aja bu lusi, asi kan antybody jangan kuatir nular sama bayinya :D , yang penting bunda penuhi asupan nutrisi aja, aku aja pas nyusuin anak pertama pernah demam dan batuk pilek aku tetap minum susu Lovamil dan minum air putih banyak deh :D

   
Jumlah Posts : 77
Jumlah di-Like : belum ada like

Hi bunda, saya juga sekarang batuk bund... saya juga minum silex seperti bunda nila dan minum jeruk nipis dengan kecap.. cuaca lg panas banget area jabodetabek plus makan goreng-goreng jadi batuk deh... jaga kesehatan bund.. salam...

   
22-01-2016 09:12:19 hpl juli 2016
Jumlah Posts : 105
Jumlah di-Like : belum ada like
iya bun aku minum itu aku masih ada juga d rumh soalnya klo udah tanda tanda mau batuk apa pilek aku minum biar gg kebablasn batuk pilek nya .. aku Drpt dari dr. rs bhayangkara bun trus aku tnya kakak ipar apoteker .. obt sylex t di jual d apotik gg .. eh trnyta di jual ya alhmdulillah .. gg kepikirn lgi klo batuk pilek ..aku gg bsa minum kecap ama jeruk nipis bun bikin asam lmbung meningkat .. hihihi