SITE STATUS
Jumlah Member :
493.681 member
user online :
1689 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: bagaimana cara menghilangkan penyakit te

New Topic :  
14-02-2008 22:05:15 bayi meludah
Jumlah Posts : 130
Jumlah di-Like : 1
APA MELUDAH ITU

Meludah atau disebut juga regurgitasi adalah hal yang biasa terjadi pada bayi. Mereka kadang kala suka meludah, bahkan ada yang biasa meludah setiap selesai makan. Hal ini terjadi baik pada bayi yang mengkonsumsi ASI maupun pada bayi yang mengkonsumsi susu formula.



Bayi biasanya meludahkan susu yang telah tercampur dengan air ludah dan mukus pada saat mereka bersendawa, hal ini terjadi karena mereka mengkonsumsi terlalu banyak sampai perut mereka sudah tidak dapat menampungnya. Bila susu yang dikonsumsi bayi hanya sampai melewati esofagus, maka susu yang diludahkan akan berwarna persis sama seperti pada saat bayi mengkonsumsinya. Tetapi bila susu tersebut telah sampai diperut, maka susu yang diludahkan akan tampak dan berbau asam.

MENGAPA BAYI MELUDAH

eludah disebabkan karena sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna. Otot di esofagus (saluran antara kerongkongan dan perut) dan perut masih belum menutup dengan baik. Karena saluran ini terbuka, maka isi perut dapat dengan mudah keluar kembali keatas.

BERAPA KALI BAYI MELUDAH?

Meludah sangat umum terjadi pada bayi, karena itu hal ini merupakan hal yang dianggap normal. Beberapa bayi mempunyai frekuensi kebiasaan meludah yang lebih banyak dari bayi lain.



Hampir 50% bayi umur 0-3 bulan suka meludah, hal ini terjadi sampai bayi mencapai usia sekitar 4 bulan. Kebiasaan meludah ini akan hilang saat proses pencernaan bayi telah sempurna.

SEJAUH MANA KEBIASAAN MELUDAH INI DIANGGAP HAL YG NORMAL

Meskipun kelihatannya bayi meludahkan semua susu yang dia konsumsi, sebetulnya bayi hanya meludahkan satu atau dua sendok teh susu yang telah tercampur dengan air ludah dan mukus. Cobalah untuk menumpahkan satu sendok teh susu di meja, anda akan melihat bahwa susu tersebut akan kelihatan sangat banyak

APAKAH MELUDAH BISA MENYAKITI BAYI

Bayi yang meludah tetap sehat. Hanya sedikit bayi 1 diantara 1.000 sampai 1 diantara 300 yang mengalami komplikasi.



Meskipun hal ini bukan merupakan hal yang serius, meludah dapat merupakan hal yang menguatirkan bagi bayi dan orang tuanya. Sebuah studi telah membuktikan bahwa bayi yang suka meludah biasanya mempunyai permasalahan dalam pemberian makan termasuk diantaranya menolak untuk makan lebih lama dari satu jam setelah bayi berumur satu tahun. Para ahli menyimpulkan bahwa bayi yang menderita regurgitasi dapat mengasosiasikan makan sebagai hal yang tidak menyenangkan sehingga bayi cenderung untuk menghindari makan.

KAPAN BAYI BERHENTI UNTUK MELUDAH?

Bila bayi meludah dalam frekuensi yang tidak terlalu sering, anda tidak perlu kuatir. Hal ini akan berkurang secara signifikan saat bayi berumur 6-7 bulan.



Bayi yang sering meludah biasanya akan terus meludah sampai berumur 10-12 bulan. Meludah jarang terjadi pada bayi yang berusia diatas 12 bulan, dan biasanya akan berhenti pada saat bayi berumur 18 bulan.



Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan bila anda mempunyai beberapa keluhan.

KAPANKAH KITA HARUS MULAI WASPADAPD KEBIASAAN MELUDAH BAYI?

Meludah biasanya bukan sesuatu hal yang perlu diwaspadai, asalkan bayi anda gembira dan tetap mengkonsumsi susu dengan baik. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan anda saat bayi anda mulai muntah.



Bagaimana membedakan antara meludah dan muntah? Bayi tampak tidak bermasalah saat mereka meludah, lain halnya saat dia muntah, bayi akan tampak tersiksa. Bayi dapat meludah sambil tersenyum, sedangkan saat muntah dia akan menangis. Muntah biasanya terjadi setelah bayi selesai makan dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan meludah.



Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan anda saat bayi anda muntah, karena hal ini mungkin merupakan tanda adanya suatu penyakit.

SESUATU YG DAPAT DIBERIKAN KPD BAYI YG MENGKONSUMSI SUFOR UNTUK MENCEGAH KEBIASAAN MELUDAH

Bayi yang jarang meludah mempunyai kebutuhan nutrisi yang sama dengan bayi yang lain, pemberian susu formula dapat membantu pemenuhan nutrisi tersebut. Beberapa ahli menyarankan penggunaan susu anti regurgitasi untuk mengurangi kebiasaan meludah.



Susu anti regurgitasi ini mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Susu ini terbukti efektif mengurangi kebiasaan dan volume regurgitasi. Bayi menjadi jarang menangis dan tidur lebih lama.

ADAKAH CARA UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN MLUDAH PD BAYI?

Beberapa tips dibawah ini dapat membantu mengurangi kebiasaan meludah:

Berilah makan bayi anda sebelum dia kelaparan. Bayi yang lapar cenderung untuk makan terlalu banyak dan terlalu lahap.

Berilah makan bayi secara perlahan tanpa tergesa-gesa. Bayi yang menangis cenderung menelan udara yang dapat mengakibatkan mereka meludah.

Hindarilah gangguan selama proses pemberian makanan

Jagalah agar posisi kepala bayi tetap tegak pada saat makan

Buatlah bayi anda bersendawa setiap 3-5 menit selama proses pemberian makan

Tegakkan bayi segera setelah makan

Jangan mengajak bayi bercanda atau bermain langsung setelah selesai makan

Bila anda memberikan susu formula, pastikan bahwa lubang puting botol susu tidak terlalu besar (susu formula akan mengalir terlalu cepat) ataupun terlalu kecil (dapat membuat bayi frustasi dan dia akan banyak menelan udara). Lubang puting yang ideal adalah saat botol dibalik, beberapa tetes susu dapat keluar dengan mudah.

Janganlah meninggikan posisi tempat tidur bayi sehingga posisi kepala bayi lebih tinggi dari posisi perut, kecuali ahli kesehatan anda menyarankannya.

BILA SUFOR TIDAK DAPAT MEMBANTU MENGURANGI KEBIASAAN MELUDAH PD BAYI,APAKAH YG SEBAIKNYA DILAKUKAN/

Bila kebiasaan meludah tidak bisa diatasi dengan bantuan susu formula (meskipun hal ini sangat jarang terjadi), beberapa jenis obat dapat membantu. Berkonsultasilah dengan ahli kesehatan anda.

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN NODA LUDAH BAYI?

Campurlah air dengan sedikit baking soda. Cairan ini dapat digunakan sebagai penghilang noda ludah bayi dan menetralisir bau dengan cara menggosok noda ludah dengan lap yang telah dibasahi dengan campuran tersebut.
   


20-10-2016 19:19:09 perasaan khawatir saat hamil
Jumlah Posts : 47
Jumlah di-Like : belum ada like
dear bunda* .. apa kalian jg mersakan apa yang saya rasakan .. saya sedang hamil 35w tpi perasaan nya suka khawatir trs.. takut ini lah takut itu lah.. takut bayi nanti lahir gimana lah (amit* jabang bayi) .. bagaimana cara menghilangkan kekhawatiran itu ..
   
Jumlah Posts : 9
Jumlah di-Like : belum ada like
Anak saya umur 12 minggu. Mohon bantuannya yah bunda :
1. Apakah berbahaya bila bayi sering muntah (gumoh)? Bagaimana cara mengatasinya?
2. Di umur sekian minggu, apakah masih wajar kalau nafasnya masih ngos2an? Tapi kalau sudah pulas tidurny, dia tenang.
3. Bagaimana cara menghilangkan nafas yang grok2 (seperti ngorok)?
4. Apa keuntungan dan kelebihan melakukan imunisasi di dokter daripada di bidan posyandu?
Terima kasih. :)
   


25-05-2015 20:07:47 bau pesing
Jumlah Posts : 29
Jumlah di-Like : belum ada like
ada yg tau bagaimana cara menghilangkan bau pesing yg sngt menyengat g bun
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
dok,ank saya berumur 3 bln kalau minum asi suka buat mainan.sampai-sampai asi nya berceceran kemana-mana.yg mau saya tanyakan bagaimana cara menghilangkan asi/buras pada bayi.....terima kasih
   


17-05-2014 08:50:11 Bintik Putih Pada bayi
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda tolong Share dong bagaimana cara menghilangkan bintik putih sperti jerawat di pipi pada bayi.,
anak ku usia 2 bulan..
dan penyebab nya ap y bunda
 

   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Hai dok. usia kehamilan saya sekitar 6 bulan. kadang2 perut saya sakit dan suka keras. apakah berbahaya? dan tulang ekor blakang terkadang sakit skali. itu krn apa ya dok? dan bagaimana cara menghilangkan rasa sakitnya? makasih dok
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
bunsay anak ku umur 7 minggu 2 hari, kenapa yah muka nya banyak sekali flek putih seperti panu tapi bukan panu, hmm ada yang tahu tidak bagaimana cara menghilangkan nya,, trims
   
Jumlah Posts : 11
Jumlah di-Like : belum ada like
mau Tanya dong bagaimana cara menghilangkan bintik me rah di pipi bay I umur 1bulan...apa obat'y ya?...
   
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
Salah satu Cara Menghilangkan Penyakit Asma yang saat ini bannyak di gunakan masyarakat pada umunya adalah dengan menggunakan alat bantu pernapasan atau inheler, tapi disini kami memberikan cara yang berbeda dengan menggunakan cara yang sangat alami yaitu dengan herbal Ace Maxs yang mahir dalam Menghilangkan Penyakit Asma.

Pemicu Datangnya Asma

Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum di ketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Hipotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum di sepakati oleh para ahli di dunia kesehatan. Namun demikian yang dapat di simpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernafasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan hipereaktivitas saluran nafas seperti polusi udara (asap, debu,zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, aroma menyengat dan olahraga.

Cara Menghilangkan Penyakit Asma Secara Alami

Kini telah hadir terobosan tebaru cara mengobati penyakit asma dengan obat herbal dari prodak Ace Maxs yang terbuat dari 2 bahan alami yaitu Kulit Manggis dan Daun Sirsak di tambah dengan madu tanpa ada efek sampingnya sama sekali bila anda komsumsi untuk menghilangkan penyakit asma, Kehadiran Ace Maxs sendiri seperti membawa angin segar untuk anda yang sedang pusing mencari pengobatan yang alami untuk penyakit asma ini.

Info Selengkapnya Klik Disini>> Cara Menghilangkan Penyakit Asma Secara Alami

Adapun tata cara pemesanan Ace Maxs secara online langsung saja kirim sms ke 081214813445 (Tsel ) atau 085798010011 (M3)dengan format sebagai berikut :

KK : Jumlah Pesanan : Nama Lengkap : Alamat lengkap No. Hp / Tlpn

Contoh :

KK : 3 botol : Rizal :  Jl. siliwangi. Tasikmalaya Jawa Barat : 08132xx


BERIKUT DAFTAR HARGA DAN DISCOUNT ACE MAXS

    1 Botol Rp. 220.000    ( Belum ongkos kirim   1 Kg  )
    2 Botol Rp. 440.000    ( Belum ongkos kirim   2 Kg  )  Discount  Rp.  10.000
    3 Botol Rp. 660.000    ( Belum ongkos kirim   3 Kg  )  Discount  Rp.  30.000
    6 Botol Rp. 1.320.000 ( Belum ongkos kirim   5  Kg )  Discount  Rp.  160.000
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
selamat pagi, maaf saya mau mwnanyakan bagaimana cara menghilangkan trauma dari anak?karena anak saya berusia 1ebulan,selama ini selalu rutin dipijat7masagge.tapi 2minggu kemarin dia dibawa neneknya pijit ke pijat tradisional(dukun bayi).tapi kok 3hari lalu saya bawa pijat di temat baby spa seperti biasa kok malah ketakutan & teriak2 ya dok..tlg bantu solusinya,terimakasih

Dari : Febe Nathan

Jawaban:

 Dear Bunda, memberikan pijatan atau urut kepada bayi sebenarnya bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, menjalin komunikasi antara ibu dan bayi serta merangsang organ-organ dari bayi itu sendiri (contohnya kaki dan tangan ataupun perut untuk melancarkan pencernaannya). Gerakan pijatan untuk bayi harus dilakukan secara lembut dan perlahan tidak dengan gerakan menyentak ataupun mengurut persendian yang dapat berakibat dislokasi sendi ataupun memar dan nyeri pada tubuh bayi. Apabila bayi mengalami nyeri atau tidak nyaman akibat pengurutan yang salah, maka anak dapat mengalami demam serta rewel yang dikarenakan oleh rasa nyeri yang Ia alami. Bila bayi Anda mengalami rasa takut yang Bunda curigai berasal dari aktivitas pemijatan sebelumnya, maka Bunda sebaiknya melakukan pemijatan sendiri, ikuti kursus memijat bayi atau mempelajari melalui sumber-sumber yang terpercaya, dengan begitu komunikasi antara Bunda dan bayi akan lebih harmonis, memberikan rasa nyaman dan kepercayaan diri yang baik.
   
01-04-2011 15:05:53 penyakit asma pada bayi
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
bagaimana cara mengatasi penyakit batuk,pilek di sertai asma.ter hadap bayi ber umur 16 bln yg sudah terjadi selama 1 bln dan sudah di periksakan ke 2 dokter yg berbeda dan menerima 2x obat yg berbeda,saya mau bertanya bahayakah bila anak saya menkomsumsi obat yg berbeda2 dan bgmna cara mengatasi penyakitnya?bagaimna agar dia bisa cepat sembuh

Dari : yanty

Jawaban:

Dear Bunda,

Asma dapat di picu oleh berbagai hal, beberapanya adalah debu, serbuk sari bunga, cuaca dingin, bulu hewan dan kegiatan fisik. Untuk mencegah terjadinya asma, maka di sarankan untuk menghindari pemicu terjadinya asma seperti yang telah disebutkan. Apabila terjadi batuk ,pilek disertai asma, maka di berikan pengobatan untuk meredakan gejala-gejala tersebut bahkan pemberian antibiotic bila diperlukan, jauhkan anak anda dari orang lain yang sedang menderita flu dan batuk. Bila anda memeriksakan diri kepada dokter yang berbeda, tidak perlu khawatir dengan pemberian obat yang berbeda, dokter anda pasti telah memberikan obat-obatan yang memang perlu di berikan kepada bayi anda. Bila anda memeriksakan anak anda pada satu dokter dan memerlukan pemeriksaan selanjutnya, anda sebaiknya pergi ke dokter yang sama, bila anda ingin berganti dokter sebaiknya anda membawa berkas pengobatan anak anda sebagai riwayat pengobatan untuk di ketahui dokter berikutnya. Demikian jawaban saya.
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Selamat sore dok..., saya mau tanya bagaimana cara menghilangkan masuk angin pada kehamilan 8 bulan dan bagaimana cara mencegahnya. Sebab masuk angin ini terjadi hampir setiap hari, apabila dua hari sehat maka 4/5 hari tuh sakit lagi karena masuk angin dan selama ini saya menyembuhkannya dengan cara dikerok badan istri saya, apakah boleh dikerok ini..terimakasih atas jawabannya.

Dari : yusuf firmansyah

Jawaban:

Dear Yusuf,

Pada wanita hamil terjadi banyak perubahan hormonal dan fisik, dengan bertambah besarnya kandungan, maka lambung dan rongga perut akan semakin terdesak dan menimbulkan rasa tidak nyaman, juga pengaruh hormonal membuat perasaan mual pada lambung. Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter yang merawat kehamilan istri anda, apabila hal ini di rasa terasa mengganggu.
Mengenai kerokan, hal yang terjadi adalan pecahnya kapiler drah dan melebarnya pembuluh darah pada kulit dan jaringan lainnya sehingga memberikan warna merah dan perasaan nyaman ketika pembuluh darah melebar dan aliran darah lebih lancar, namun hal ini masih menjadi kontroversi apakah aman dilakukan pada wanita hamil atau tidak, sebaiknya tidak sering di lakukan. Demikian jawaban saya.
   
06-08-2010 13:41:52 varises pada vagina
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Dokter yang cantik.... bagaimana cara menghilangkan varises pada vagina yang terasa sangat pegal dan mengganggu. Saat ini usia kehamilan saya sudah 6 bulan, apa penyebab varises vagina? dan apa efeknya?

Dari : derry aria

Jawaban:

Dear bunda derry aria,

Keadaan hamil akan mengakibatkan bertambahnya volume darah yang harus dialirkan keseluruh tubuh anda, dan hal ini menyebabkan melebarnya pembuluh-pembuluh darah pada tubuh anda dan menyebabkan terjadinya varises. Sebaiknya bunda mengistirahatkan kaki anda dengan posisi diganjal oleh bantal agar peredaran darah lebih mudah menuju ke jantung, jangan menggantung kaki bunda karena akan memperburuk varises.

Apabila varises terjadi pada daerah vagina, setelah anda melahirkan diharapkan varises akan menghilang, tetapi apabila menetap, maka bisa dipikirkan tentang metode operasi, konsultasikan dengan dokter bunda untuk hal ini.
   
06-08-2010 13:40:16 batuk dan flek pada anak
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok aku mau tanya, anakku kalo batuk suka ada kyk suara kodoknya. aku dah berobat selama 6bln ke dokter spesialist anak ini sudah bulan ke 6, karna katanya anakku terkena flek. dok bagaimana cara menghilangkan suara kodok pada anakku ketika dia sedang batuk, terima kasih

Dari : diana rosa

Jawaban:

Dear bunda diana rosa,

Apabila anak bunda sudah diobati atau sedang dalam pengobatan, berarti bunda jangan khawatir lagi, yang terpenting adalah tidak menghentikan pengobatan flek nya sampai tuntas dan dinyatakan sembuh. Masalah suara batuk, mungkin itu memang sudah bawaan anak bunda bersuara batuk seperti itu.

Apakah banyak lendir pada saluran pernafasannya? Bila iya, konsultasikan dengan dokter spesialis anak anda untuk diberikan therapy yang tepat agar membantu mengeluarkan dahak itu jadi batuknya mereda.