SITE STATUS
Jumlah Member :
493.696 member
user online :
1061 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: apa yang dirasakan ibu hamil saat plasen

New Topic :  
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Matawanita.com - Dalam pernikahan, setiap perempuan mendambakan kehamilan yang sehat. Hamil yang sehat itu yang bagaimana? Yang pasti hamil di dalam kandungan, janin dinyatakan hidup dan sehat oleh dokter dan bidan, sesuai dengan masa pertumbuhannya. Namun perlu dipahami pula bahwa keadaan hamil selain membahagiakan juga akan membawa dampak perubahan fisik dan mental bagi ibu hamil, terlebih hamil pertama kali. 

Hal penting yang perlu dipahami bahwa semua yang dialami seorang ibu hamil bukanlah sebuah keluhan penyakit, namun karena perubahan fungsi tubuh seorang ibu yang sedang hamil. Kehamilan adalah proses alamiah yang berlangsung sejak awal pembuahan hingga tiba saat persalinan.

Kunjungan pada dokter maupun bidan secara teratur merupakan suatu upaya pemantauan kesehatan dan bukan untuk pengobatan, kecuali bila seorang ibu hamil terdapat penyakit yang menyertai selama kehamilan, misalnya hipertensi, diabetes , penyakit kelainan jantung dan sebagainya. 

Keluhan umum yang sering dirasakan oleh ibu hamil pada saat tiga bulan pertama kehamilan antara lain pusing, payudara terasa membesar, kadang nyeri pada perut, badan merasa lemas, keringat dingin, tidak selera makan, mual, merasa mudah lelah, rasa mau pingsan, malas beraktifitas, mood tidak menentu dan kadangkala disertai demam ringan dan keringat dingin. Keluhan yang dirasakan ini tidak selalu sama pada tiap ibu hamil terutama bagi yang sedang hamil pertama kalinya. 

Meskipun perubahan tersebut sedikit banyak akan mengganggu aktivitas sehari-hari, namun tidak sebanding dengan kebahagiaan saat  kelahiran sang buah hati kelak. Keadaan fisik dan keluhan ringan tersebut erat kaitannya dengan  perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Tidak perlu cemas dan gelisah, jalani dengan penuh rasa syukur dan berusaha untuk menikmati setiap "bonus kehamilan". 

Semua perubahan tersebut adalah proses alamiah sebagai upaya tubuh ibu mempertahankan kehadiran janin dalam kandungan. Apa yang dapat ibu hamil lakukan pada awal kehamilan yang kurang nyaman tersebut? 

- Menjalin hubungan harmonis dan saling mendukung antara suami istri dan lingkungan keluarga. Dukungan dan perhatian suami,keluarga  dan sahabat akan memberi  pengaruh baik bagi janin dalam kandungan dan  memberi efek  positif bagi persiapan mental seorang ibu yang sedang hamil. 

- Teratur memeriksakan kehamilan untuk mengontrol kesehatan ibu hamil dan pemantauan keadaan bayi dalam kandungan. Diskusikan dengan dokter dan bidan tentang  permasalahan yang dirasakan saat kehamilan agar mendapat petunjuk yang tepat. 

- Hindari kelelahan, misalnya bekerja berdiri terlalu lama lebih dari enam jam tanpa istirahat, hindari berada dalam kerumunan  yang membuat ibu hamil kekurangan oksigen. Usahakan malam cukup istirahat tidur. 

- Cukupi kebutuhan makan dan minum. Bila masih mual dan muntah makan dalam porsi sedikit tapi sering, tidak harus makan nasi,bisa diganti roti biskuit, buah, sayur,puding, sereal, es krim, susu atau makanan yang bergisi lainnya. Setiap kali muntah segera berusaha untuk makan lagi agar bayi tetap tumbuh sehat.

 - Menjalin relasi sebanyak-banyaknya dengan sesama ibu hamil atau bergabung dalam kegiatan yang melibatkan para ibu agar bisa saling berbagi pengalaman, membaca buku atau majalah tentang persiapan perawatan bayi, mendengar musik, dan sibukkan diri dengan kegiatan positif  untuk memperbaiki suasana hati. 

- Bawa semua keluhan  yang dirasakan dengan keikhlasan dalam doa dan ucapan syukur  atas kesehatan janin dan anugerah kehamilan. http://tinyurl.com/dyoab29

   


03-02-2016 23:14:13 stress dan bnyk pikiran
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
Pengaruh Stres Ibu
Hamil Terhadap
Perkembangan Otak
Janin
Sumber:
KOMPASIANA

Stres bagi ibu hamil akan memberikan dampak
negatif terhadap pertumbuhan dan
perkembangan janin dalam kandungannya.
Lebih-lebih perkembangan otak janin. Oleh
karena itu, bagi setiap ibu yang sedang
mengandung sangat penting menjaga
kesehatan kehamilannya, baik kesehatan fisik
maupun kesehatan mental. Stress adalah
merupakan suatu kondisi ketegangan yang
mempengaruhi emosi, proses berpikir dan
kondisi diri seseorang.
Kondisi psikologis ibu hamil memang lebih
labil dibandingkan pada keadaan sebelum
hamil. Wanita yang sedang hamil cenderung
sekali emosi yang berkelanjutan karena kondisi
kehamilan mereka, hormon, dan kondisi
kehidupan mereka ketika menjalani masa
kehamilannya selama 9 bulan tersebut.
Banyak hal yang dirasakan ibu hamil, misalnya
kehamilan dapat membuat seorang ibu akan
merasa bersemangat, gembira, tertekan,
khawatir, cemas, marah, bangga, ceria. Berikut
beberapa hal yang bisa diakibatkan stres ibu
hamil terhadap janinnya yaitu :
1. Meningkatkan risiko bayi mengalami alergi
kelak.
2. Meningkatkan resiko keguguran.
3. Sistem kekebalan tubuh bayi akan berkurang.
Hal ini didukung dengan pendapat Dr. Rosalind
Wright dari Harvard Medical School di Boston,
beliau mengemukakan bahwa stres pada ibu,
baik karena masalah finansial atau hubungan
dapat berpengaruh pada pembangunan sistem
kekebalan anak. Anak yang ibunya mengalami
stres selama hamil, akan mudah terkena alergi
dan asma.
Banyak juga kasus persalinan prematur dan
bayi dengan berat badan kurang, disebabkan
oleh tingkat stres tinggi yang dialami ibunya.
Stres juga bisa memicu gangguan otak janin,
sebab saat stres tubuh ibu mengeluarkan
hormon kortisol yang bila terlalu banyak
diproduksi akan sulit dikendalikan tubuh, bisa
menembus plasenta dan mengganggu
perkembangan otak janin.
Oleh karena itu, bagi ibu hamil disarankan
dapat mengelola suasana hatinya agar tidak
berkembang menjadi stres. Beberapa gejala
fisik yang menunjukkan ibu hamil stres adalah
meningkatnya detak jantung, pernapasan,
tekanan darah, kelelahan, sakit kepala, otot
tegang di bagian leher, pundak dan punggung
atas, gangguan tidur, tidak selera makan, kaki
dingin dan tangan berkeringat. Sementara
gejala emosional yang tampak dari luar; ibu
marah, khawatir, ketakutan, merasa tidak aman,
mudah menangis dan tidak bisa mengatasi
masalah. Keluarga dan orang terdekatlah yang
dapat memberikan dukungan pada kondisi
seperti ini.
   
17-07-2015 14:01:22 banyak pikiran saat menyusui
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

-tidak stres
-selalu senang
-mempunyai pemikiran yg positif tuk bs trs ngASi
saat menyusui, terjadi refleks oksitoksin dalam diri ibu yang kemudian mempengaruhi pikiran, perasaan, dan sensai. Apa yang dirasakan ibu akan sangat berpengaruh. Pikiran yang negatif, seringkali dapat menghambat proses pelepasan ASI. Sebaliknya bila pikiran ibu positif, maka ia akan merasa senang saat meilhat bayinya, merasakan cinta yang besar untuk bayinya, sehingga dengan meminang atau mencium si buah hatinya saja sudah bisa mendorong reflekslet-down (proses pengeluaran ASI untuk diisap bayi) menjadi lebih lancar. Sekali lagim tentunya semua itu terjadi bila ibu dalam keadaan tenang dan nyaman.

 

   


05-07-2015 10:29:33 Asi saya kering
Jumlah Posts : 689
Jumlah di-Like : belum ada like

banyak sedikit ny asi d pengaruhi oleh bnyk hal bs faktor external/internal,untuk memperbanyak asi
*faktor external
-perbanyak makan buah,sayuran(terutama syuran hijau dan kacang2an)
-perbanyak air putih karna sebagian besar komposisi asi adalah air
-hindari minuman/makanan yg mengandung kafein,spt teh,kopi,dark chocolate dll,krn kafein bs mengahambat penyerapan nutrisi makanan,kn syg bgt bun udah makan sehat tp minum/mkan yg mengandung kafein ilang deh nutrisi ny.

-sering disusukan krn akan merangsang keluar ny asi,ingat prinsip asi supply and demand

-hindari penggunaan media dot untuk memberikan asip/sufor pd bayi,penggunaan dot membuat ank/bayi mudah binguung punting dan bs mempengaruh bentuk rahang,"kenapa kok dot bisa membuat ank bingput?" krn dot sistem kerja ny tdk sm dg punting susu ibu,dot hny menggunakan sedikit tenaga bs keluar bnyk,sedangkan punting susu ibu hrs menggunakan tenaga yg besar tuk menyusu tp keluar ny sedikit2(itu sebab ny knp anak yg ngASI sering berkeringat).jd wajar sekali klo ank bingput akan nangis kejer2 saat menyusu lgsg k punting ibu krn dia sudah terbiasa menggunakan sedikit tenaga tp hsl ny bnyk

-KB yg digunakan haruslah kb yg tidak mempengaruhi asi,spt iud,kondom ato pil laktasi.jgn salah mengartikan ya bun gk semua kb itu gk bgus tuk asi.justru bnyk kok ibu2 yg kb tp masih bisa tetep ngASI,ato bahkan sebalik ny ad yg gk kb tp gagal ngASI.klo pemilihan kb ny tepat sesuai dg kondisi bunda dan kb tsb tdk mempengaruhi asi ya tu baru (y)

sedangkan

*faktor internal
-tidak stres
-selalu senang
-mempunyai pemikiran yg positif tuk bs trs ngASi
saat menyusui, terjadi refleks oksitoksin dalam diri ibu yang kemudian mempengaruhi pikiran, perasaan, dan sensai. Apa yang dirasakan ibu akan sangat berpengaruh. Pikiran yang negatif, seringkali dapat menghambat proses pelepasan ASI. Sebaliknya bila pikiran ibu positif, maka ia akan merasa senang saat meilhat bayinya, merasakan cinta yang besar untuk bayinya, sehingga dengan meminang atau mencium si buah hatinya saja sudah bisa mendorong reflekslet-down (proses pengeluaran ASI untuk diisap bayi) menjadi lebih lancar. Sekali lagim tentunya semua itu terjadi bila ibu dalam keadaan tenang dan nyaman.

jd byk faktor yg mempengarhi byk/sedikit asi kita ya bun smile J yuk gabung d grup AIMI agar kita lbh mengedukASI diri kita J
salam nenen J

   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like

Ibu mana sih yang nggak panik ketika si buah hati yang sedang aktif-aktifnya tiba-tiba buang air besar lebih dari tiga kali sehari. Konsistensi BABnya pun tidak lunak seperti biasa tetapi cair dan terkadang disertai lendir.Bayi yang sebelumnya tertawa riang kini menjadi lemah dan lesu. Tak jarang, saking khawatirnya ibu langsung membawa sang bayi ke dokter.

Rasa khawatir yang dialami oleh ibu ketika anak mengalami mencret cukup beralasan.Di negara kita Indonesia dan negara berkembang lainnya, mencret atau diare masih merupakan penyebab utama angka kesakitan pada anak. Oleh karena itu, penanganan diare yang cepat dan tepat akan menurunkan angka kematian karena diare. Jadi, sebagai seorang ibu kiranya dapat mengetahui tentang diare, penanganan awalnya  dan keadaan seperti apakah yang membuat penyakit saluran cerna ini berpotensi untuk menjadi berat.

Sebenarnya kapan sih seorang anak dikatakan mengalami diare?

Dari definisinya, anak baru dikatakan mengalami diare jika buang air besar cair lebih dari 3 kali sehari dengan atau tanpa disertai lendir/darah.Pada dasarnya, diare adalah usaha pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman dan racunnya dari tubuh, tapi menjadi masalah karena sering dengan menyerap cairan di dinding usus yang mengakibatkan dehidrasi.Penyebab terjadinya diare sangat banyak, tetapi yang paling sering pada anak adalah infeksi usus yang disebabkan oleh virus. Penyebab lainnya dapat berupa adalah bahan kimia makanan, obat-obatan, psikis, alergi susu sapi/makanan, malabsorpsi makanan dan gizi buruk.

Lalu apa yang harus Ibu lakukan saat sang buah hati mengalami diare?

1. Don’t be panic! Jangan panik. Kalau Ibu panik, semuanya bisa jadi runyam.Anak yang sebelumnya tenang bisa ketakutan karena kepanikan ibu. Jadi, saat menghadapi anak yang mengalami diare atau penyakit apapun seorang ibu haruslah tenang dan berpikir jernih.

2. Tangani segera. Prinsip penanganan diare adalah mengganti cairan yang hilang secepat mungkin.Bila anak masih mau minum dan tidak muntah, maka anak tetap diberikan ASI (kalau masih minum ASI) dan segera berikan cairan rehidrasi oral (CRO).Cairan ini bisa berupa oralit atau larutan gula-garam. Cairan tersebut mempunyai komposisi yang sama dengan cairan yang dikeluarkan bersama tinja anak yang diare. Pemberian cairan ini bisa dilakukan di rumah. Bila anak kita tidak menyukai rasa cairan tersebut, bisa diganti dengan cairan lain seperti air putih. Perhitungan cairannya adalah: kalau anak mencret, maka kita harus memberikan cairan sebanyak 10cc/kgBB dan kalau munta 2-5 cc/kgBB.

Anak yang mengalami diare tidak selalu harus diinfus dan dirawat.Selama anak masih sanggup untuk minum dan tidak mengalami muntah terus-menerus, maka si anak masih bisa kita tangani di rumah.Namun, jika anak tidak mampu minum karena muntah terus-terusan, jangan tunggu lagi, segera bawa buah hati kita ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana pencegahannya agar anak tidak terkena diare ?

Beragam upaya dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya diare antara lain :

1. Penyediaan sarana air bersih dan pembuatan MCK yang layak

2. Meningkatkan personal higiene

3. Penyapihan yang benar. Jangan terburu-buru menyapih bayi kita dan memberinya susu tambahan atau makanan tambahan. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dapat menghindarkan bayi kita dari diare yang disebabkan oleh alergi susu sapi. Susu tambahan bisa saja diberikan asalkan memang produksi ASI terbukti kurang atau ada masalah dengan puting susu ibunya.

4. Bila bayi di rumah butuh susu tambahan, maka penyiapan dan pembuatan susunya harus bersih : bersihkan botol  dan dot yang habis pakai, merebus dan merendamnya di air hangat, tidak membiasakan dot terbuka tanpa penutup sehingga terhinggapi oleh lalat atau tercampur debu. Untuk lebih jelasnya kita bisa langsung bertanya pada ahli gizi di Careline bebeclub.

Ingat kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati.Jadi, sebelum anak kita mengalami diare, maka sebagai ibu kita wajib mencegahnya.

Nah, bagi Ibu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang penanganan dini saat sang buah hati mengalami gangguan saluran pencernaan seperti diare, dan lain-lain, yuk gabung di komunitas bebeclub.  Bebeclub merupakan social network platform bagi kaum ibu. Jadi di sana, kita bisa saling berbagi berbagai informasi seputar kehamilan, persalinan, perkembangan dan kesehatan bayi, serta bisa bertanya langsung pada ahlinya lewat careline. Di sana ada bidan, ahli gizi, dan ibu-ibu yang berpengalaman yang sangat responsive menjawab pertanyaan kita. Tak hanya itu, tampilan bebeclub juga interaktif sehingga dapat diakses dengan gadget apapun.

   


Jumlah Posts : 17
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda hati, yang sabar ya....masalah susah dapat momongan barusan aku alami, aku dah 4 tahun menikah baru dikasih momongan, sekarang baby ku umurnya baru 3 bulan 3 minggu.Bener sekali apa yang disaranin bunda2 di atas.banyak doa, ihtiar, santai aja jangan kemrungsung (org jawa bilang). Aku pernah merasakan apa yang dirasakan bunda hati saat ini betul-betul cobaan yang harus dilalui....pasti ada hikmah di balik semua itu. Cape memang, tapi karena suamiku orangnya nggak mau putus asa, jadi usaha terus sampai aku berhasil....... Kalau menurut aku usaha pertama harus cek ke dokter dulu ..... semoga cepet mendapat momongan ya amiin......   Salam hendang (bunda Auliya)
   
15-03-2011 14:14:52 5 bulan sudah nendang2
Jumlah Posts : 143
Jumlah di-Like : 3

Hii bunda semua semoga Artikel ini dapat membantu bunda semua ya

Arti Tendangan Bayi

Bagaimana rasanya?
Tidak seorang pun dapat mengatakan secara jelas kepada calon ibu yang baru pertama kali hamil, tentang apa yang akan dirasakannya pada saat kehamilannya itu terjadi. Bisa jadi seratus wanita akan memberikan seratus gambaran yang berbeda. Mungkin gambaran yang paling umum adalah “terasa getaran di perut”, “seperti ada kupu-kupu di lambung”, “seperti ada orang yang memukul perutku”, “seperti suara gelembung-gelembung yang pecah”, “sakit melilit”, “seperti diputar-putar pada alat bermain di taman hiburan”. Bahkan gerakan pertama ini sering disalahartikan sebagai adanya das atau bunyi perut lapar.

Kapan bisa dirasakan?
Perasaan adanya kehidupan yang sangat berkesan ini, biasanya terjadi pada minggu ke-18 sampai 22 kehamilan. Variasi waktu memang busa terjadi. Seorang ibu yang pernah memiliki anak sebelumnya akan lebih cepat mengenali getaran janin ini (karena ia tahu apa yang ia tunggu dan otot rahimnya sudah lebih lemas, sehingga lebih mudah merasakan gerakan) daripada mereka yang baru pertama kali hamil. Seorang wanita yang ramping akan dapat merasakan gerakan-gerakan yang lemah lebih awal, sedangkan wanita gemuk mungkin tidak menyadarinya sampai gerakan tersebut sudah lebih keras. Bisa juga gerakan tidak terasa karena kesalahan deteksi umur kehamilan. Meski normal-normal saja jika janin tidak “terasa” bergerak sampai usia kehamilan 20 minggu, anda bisa meminta tolong dokter melakukan USG (ultrasonografi) untuk memeriksa kondisi bayi. Yang penting, hasil USG menunjukkan bahwa denyut jantung janin tetap kuat dan aktivitas bayi terlihat normal. Jadi tidak perlu khawatir ya! Kenapa janin yang semula bergerak tiba-tiba diam?
Setelah janin mulai bergerak, timbullah kecemasan baru jika sewaktu-waktu gerakan janin tiba-tiba menghilang atau tidak cukup sering. Frekuensi gerakan memang sangat bervariasi dan bisa kacau. Meskipun janin sebenarnya bergerak setiap saat, namun hanya beberapa gerakan cukup kuat yang dapat anda rasakan. Gerakan-gerakan lainnya tidak bisa anda rasakan karena mungkin posisi janin menghadap dan menendang ke dalam. Bisa juga anda tertidur pada saat bayi anda aktif, karena banyak bayi yang waktu aktifnya adalah tengah malam.
Yang jelas, janin juga manusia. Dan layaknya kita, kadang-kadang janin punya hari giat ketika ia menggerak-gerakkan tumitnya, lengan dan tungkai. Juga hari yang pasif saat ia lebih ingin bersantai. Kegiatan janin sering berhubungan dengan apa yang anda lakukan. Seperti bayi yang baru lahir janin menyukai buaian.
Jadi ketika anda sibuk sepanjang hari janin pun tenang, seolah-olah terbuai oleh aktivitas gerak anda, dan anda cenderung tidak merasakan gerakannya. Begitu anda berhenti bekerja janin mulai aktif bergerak. Inilah sebabnya mengapa benyak wanita hamil lebih sering merasakan gerakan janin di tempat tidur pada malam atau pagi hari. Keaktifan janin juga dapat bertambah setelah ibunya makan. Hal ini diperkirakan sebagai reaksi atas naiknya gula darah. Sebagian wanita hamil juga merasakan peningkatan kegiatan janin saat mereka sedang gembira atau gugup, mungkin janin terangsang oleh respon adrenalin ibunya.

Perlu diperiksa
Gerakan janin biasanya menjadi lebih teratur dan menetap, batas masa aktif dan istirahatnya menjadi lebih jelas, pada usia kehamilan 28 sampai 32 minggu. Dan dari hasil penelitian dianjurkan agar sejak minggu ke-28 ibu hamil sebaiknya gerakan bayinya dua kali sehari.
Sekali pada pagi hari saat geraknnya cenderung lebih sedikit dan sekali pada malam hari saat gerakannya biasanya lebih banyak. Caranya, perhatikan jam ketika anda menghitung. Hitung setiap gerakan janin yang terjadi (tendangan, kedutan, desisi, bergulir). Berhentilah menghitung ketika anda mencapai angka 10, dan catat waktunya. 10 gerakan ini seringkali bisa didapatkan dalam waktu 10 menit. Kadang-kadang lebih lama dari itu. Bila anda belum mencapai angka 10 dalam waktu satu jam, minumlah susu atau makan makanan ringan, kemudian berbaring, bersantailah dan mulai menghitung kembali. Bila dalam satu jam belum terjadi 10 gerakan, segera hubungi dokter anda. Meskipun kepasifan janin belum tentu merupakan masalah kadang-kadang hal ini menunjukkan adanya stres pada janin. Dalam kondisi seperti ini perlu segera dilakukan tindakan perawatan.

Tendangannya makin bertenaga
Ketika janin anda sudah lebih matang di dalam rahim, ia juga semakin kuat sehingga gerakannya yang dulu seperti kupu-kupu, kini makin bertenaga. Jangan heran bila kadang-kadang tulang rusuk, perut atau leher rahim anda mendapat tendangan keras dan menyakinkan. Bila anda mendapat “serangan” seperti ini, cobalah berganti posisi. Hal ini bisa mengubah keseimbangan janin sehingga ia bisa berhenti “menyerang”. Selain itu meskipun terkadang anda terasa ditendang dari segala arah atau merasa dipukuli oleh selusin kepalan tangan, sebenarnya hampir pasti bahwa hanya sepasang tangan saja yang “menyerang” ke segala arah, ditambah siku, lutut, dan kaki-kaki mungil.

Jadi nikmatilah gerakan janin anda dan jangan membandingkannya dengan janin orang lain, karena setiap janin adalah unik, masing-masing memiliki kekhususan pola aktivitas dan perkembangannya sendiri.

*AYU ANDHIKA*
   
23-12-2008 13:40:34 bayi sungsang
Jumlah Posts : 198
Jumlah di-Like : 10

MEMUTAR JANIN SUNGSANG

Memutar posisi janin atau versi luar, tak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu penyebabnya dan dilakukan oleh ahlinya.

Harusnya, pada usia kehamilan di atas 8 bulan, kepala janin berada di bawah dan bokongnya di atas. Hingga, saat persalinan nanti, pengeluaran bayi jadi lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, pada kenyataannya tak selalu posisi demikian yang diperoleh ibu hamil. Banyak pula yang mengalami kelainan posisi janin berupa letak sungsang atau letak lintang.

Tentunya, kelainan-kelainan tersebut harus diatasi sejak mulai terdeteksi. Menurut dr. Dwiana Ocvianti SpOG. dari RS Siaga Raya, Jakarta, deteksi bisa saja datang dari si ibu. Misal, pada janin sungsang, yaitu bila posisi janin memanjang sejajar sumbu panjang rahim, dengan bokong janin berada di bagian terendah, "Ibu dapat merasakan dari tendangan si janin yang lebih banyak geraknya ke bawah."

Gerakan di bawah adalah gerakan yang didominasi oleh kaki. Dengan demikian berarti kepala dan tangannya berada di atas. Padahal normalnya, setelah usia kehamilan 7-8 bulan, ibu akan merasakan gerakan janin lebih banyak di atas pusar. Ciri lain: bagian yang keras (kepala janin) mendesak tulang iga ibu hingga menimbulkan rahim sesak atau tertekan.

Ada pula gerakan janin yang mendominasi di perut sebelah kiri atau kanan. Jika ini terjadi, kemungkinannya adalah letak janin melintang. Posisi-posisi ini jelas tak seharusnya dan ibu harus segera minta kepada dokter ahli untuk mengubahnya. "Tapi ingat, penanganan harus dilakukan oleh dokter atau bidan yang benar-benar ahli. Karena tidak sembarangan kita boleh memutar-mutar janin."

Memang, aku Dwiana, ada ibu yang tak dapat mendeteksi sendiri kelainan posisi janinnya. Dia pun tak dapat mengungkapkan secara spesifik mengenai pergerakan janin hingga perlu pemeriksaan ahlinya. "Dokter atau bidan yang terlatih biasanya hanya melakukan perabaan di perut ibu. Dari perabaan itu dapat dirasakan di mana posisi kepala dan di mana posisi bokong."

Namun, pemeriksaan seperti ini sulit dilakukan terhadap ibu yang bertubuh gemuk karena rahimnya terhalang oleh lemak. Bila dokter tak yakin dengan perabaannya, akan dilakukan pemeriksaan dengan ultrasonografi.

PENYEBAB

Letak sungsang ada beberapa variasi; dari letak bokong dengan kedua tungkai kakinya ke atas dan bokong di posisi yang terendah, letak sungsang sempurna di mana kedua kaki ada di samping bokong, dan letak sungsang tak sempurna di mana selain bokong ada bagian tubuh lain seperti kaki atau lutut berada paling bawah. Pada letak sungsang tak sempurna, biasanya satu kaki menjulur ke bawah hingga ke jalan rahim.

Adapun penyebab kelainan posisi pada janin, terang Dwiana, dari si janin sendiri. "Tak ada pengaruh antara ibu yang beraktivitas tinggi, ibu yang memiliki penyakit kronis, atau ibu yang mengkonsumsi narkoba dengan kelainan posisi janin."

Dalam hal letak sungsang bisa disebabkan bayinya yang terlalu besar. "Bila tubuh bayi terlalu besar, maka kepalanya tak bisa berputar ke bawah karena tak bisa masuk ke atas panggul." Namun, kenapa si bayi terlalu besar, bisa disebabkan ibunya yang kebanyakan makan. Akibatnya, si ibu kegemukan, begitupun bayinya. "Karena itulah, ibu hamil kalau datang periksa, berat badannya ditimbang. Kalau berat badannya terlalu gemuk akan dinasihati untuk tak menambah berat badannya karena bayinya nanti terlalu besar."

Letak sungsang juga bisa terjadi saat hamil muda, di mana ukuran bayi masih kecil sementara ruangan rahim relatif luas, kepala janin akan terputar ke atas. Juga, terjadi pada ibu yang sering mengalami persalinan. Pada ibu yang sering bersalin ini, otot rahim akan molor dan ruangan rahim pada kehamilan berikutnya jadi lebih luas. Bila risiko ini ditambah lilitan tali pusat, dapat dipastikan janin akan sungsang. Lilitan tali pusat pada tubuhnya membuat dia tetap di posisi semula, kepala di atas dan bokong di bawah. "Janin yang tak bisa memutar secara alamiah ini akan sungsang hingga melahirkan nanti."

Selain itu, sungsang juga disebabkan letak plasenta di bawah hingga kepala tak bisa turun. Sekalipun janin bisa berputar, kepala akan turun setengah hingga posisinya kadang jadi melintang. Ciri-ciri janin melintang. Tubuh akan membesar ke samping dan bagian tengah terasa kosong. Posisi ini bahkan lebih berbahaya daripada sungsang. Dalam persalinan lintang dikhawatirkan, "Selain bayinya meninggal, ibunya juga. Karena kalau bayi itu melintang, dia tak bisa lahir, padahal kontraksi rahim begitu kuat. Dengan demikian, rahim bisa pecah, yang disebut ruptura uteri," jelas Dwiana.

Hal lain yang dapat menyebabkan sungsang adalah terdapat kecacatan pada bayi. Misal, yang kepalanya besar (hidrosefalus) atau kepalanya tak ada tulang tengkorak. Kelainan-kelainan dengan bagian tubuh membesar dapat pula terjadi pada organ tubuh lain, seperti bahu, perut, dan bokong.

TAK BOLEH SEMBARANGAN

Tentunya, untuk melakukan tindakan terhadap bayi sungsang harus dilihat dulu penyebabnya. Sebab, untuk melakukan pemutaran tak boleh sembarangan. Jadi, tidak asal memutar. "Bahaya sekali melakukan tindakan pemutaran kalau kita tak tahu persis apa penyebab bayi itu menjadi sungsang," ungkap Dwiana.

Larangan pun berlaku bagi dokter atau bidan yang tak terampil melakukan pemutaran. "Yang melakukannya harus dokter atau bidan terlatih." Sebab, kalau penyebab janin sungsang adalah lilitan tali pusat, tindakan memperbaiki akan menyebabkan bayinya malah tambah terjerat. Dalam kondisi seperti ini, kepala bayi tak akan bisa turun. Seandainya dipaksakan pun, bayi akan makin terjerat. "Biasanya dokter atau bidan akan membiarkannya dalam posisi seperti ini. Kemungkinannya, persalinan dilakukan dengan jalan bedah sesar."

Dwiana lantas menggambarkan cara memutar bayi sungsang dengan tangan yang dikenal dengan versi luar. Pertama-tama, si ibu dalam posisi terlentang, kondisi relaks, dan belum ada kontraksi. "Bila sudah terjadi kontraksi, maka pemutaran tak dapat dilakukan karena rahim sudah tak relaks lagi dan ibu sudah siap melakukan persalinan."

Kemudian, "Perlahan-lahan bayi kita geser dengan tangan dari luar." Pemutaran bayi boleh diteruskan bila tak terasa sakit. Bila terasa sakit, pemutaran harus dihentikan untuk mencegah terjadi luka di rahim, misal, plasenta putus atau rahim robek. "Biasanya, pemutaran dilakukan antara 10 sampai 15 menit dalam satu kali pemutaran." Pemutaran tak dapat dilakukan setahap demi setahap. Misal, hari ini bayi diputar setengah kemudian besok setengahnya lagi.

Bagaimana dengan pengurutan? Dwiana dengan tegas melarang, "Sebaiknya jangan melakukan urut-mengurut. Ibu tak diperkenankan melakukan pemijatan di daerah perut apalagi rahim." Meskipun pengurutan dilakukan ahlinya, tetap dilarang. Apalagi bila ahli itu tak mengerti medis.

BAYI SUNGSANG HARUSKAH DILAHIRKAN SESAR?

Asalkan usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, posisi sungsang masih dapat diperbaiki.

Dokter menyatakan janin Anda sungsang? Itu berarti, si janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim (fundus uteri) dan bokongnya ada di bagian bawah. Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat dideteksi. Kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah. Ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya akan merasa kehamilan sekarang terasa berbeda. Namun untuk memastikan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Untuk langkah awal, lakukanlah pemeriksaan luar. Caranya dengan meraba bagian bawah rahim. Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di situ? Bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Cara membedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak-gerakkan bagian tersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.

Selanjutnya, cobalah raba bagian atas rahim. Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin pun akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi daripada pusar ibu. Bila masih ragu, lakukan pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG).

PENCETUS SUNGSANG

Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Jadi, tak perlu keburu khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Pada usia kehamilan ini, jumlah air ketuban relatif lebih banyak sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Dari yang posisinya sungsang lantas berputar menjadi melintang lalu berputar lagi sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan heran kalau pada kehamilan belum cukup bulan, frekuensi letak sungsang menjadi lebih tinggi.

Memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sudah sulit untuk berubah karena bagian terendah janin sudah masuk ke pintu atas panggul. Namun semestinya di trimester ketiga, bokong janin dengan tungkai terlipatyang ukurannya lebih besar daripada kepala akan menempati ruangan yang lebih besar yakni di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruangan yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Masalahnya, mengapa posisi sungsang masih dapat terjadi hingga usia kehamilan cukup bulan?

Multiparitas

Ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sudah sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk berputar hingga minggu ke-37 dan seterusnya.

Hamil kembar

Adanya lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan terjadinya perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (yakni bokong janin) berada di bagian bawah rahim.

Hidramnion (kembar air)

Jumlah air ketuban yang melebihi normal menyebabkan janin lebih leluasa bergerak walau sudah memasuki trimester ketiga.

Hidrosefalus

Besarnya ukuran kepala akibat kelebihan cairan (hidrosefalus) membuat janin mencari tempat yang lebih luas, yakni di bagian atas rahim.

Plasenta previa

Adanya plasenta yang menutupi jalan lahir dapat mengurangi luas ruangan dalam rahim. Akibatnya, janin berusaha mencari tempat yang lebih luas yakni di bagian atas rahim.

Panggul sempit

Sempitnya ruang panggul mendorong janin mengubah posisinya menjadi sungsang.

Kelainan bawaan

Jika bagian bawah rahim lebih besar daripada bagian atasnya, maka janin cenderung mengubah posisinya menjadi sungsang.

4 POSISI SUNGSANG

Presentasi bokong

Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

Presentasi bokong kaki sempurna

Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

Presentasi bokong kaki tidak sempurna

Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas.

Presentasi kaki

Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki karena posisi kaki berada di bagian paling rendah.

MENGUBAH POSISI SUNGSANG

Cara termudah dan teraman untuk mengubah posisi janin sungsang adalah dengan bersujud (knee chest position) secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari, misalnya pagi dan sore. Masing-masing selama 10 menit. Biasanya bayi akan berputar dan posisinya kembali normal, yaitu kepala berada di sebelah bawah rahim. Pada saat kontrol kandungan, mintalah bidan atau dokter memeriksa posisi janin. Jika belum berhasil, maka ulangi latihan setiap hari. Namun, latihan ini hanya efektif jika usia kehamilan maksimal 35­36 minggu.

Cara lain yakni dengan memutar posisi janin dari luar. Tentu tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli dan tidak semua dokter kandungan mahir melakukannya. Tindakan yang dikenal dengan nama versi luar ini berisiko. Bila tali pusat terlalu panjang dapat me-lilit. Sedangkan jika tali pusat pendek, plasenta bisa lepas akibat tarikan. Lantaran itu, tindakan versi luar saat ini jarang dipraktikkan.

SAAT PERSALINAN

Posisi janin sungsang tentunya dapat memengaruhi proses persalinan. Jika yang terjadi adalah presentasi bokong murni, maka persalinan normal masih relatif mudah dilakukan. Namun, ini pun hanya berlaku bagi ibu yang sudah memiliki pengalaman melahirkan per vaginam. Sedangkan jika yang terjadi adalah presentasi kaki, pada saat ketuban pecah spontan mungkin saja tali pusat ikut keluar (prolapsus tali pusat). Jika tidak segera dilakukan persalinan, janin mungkin tidak terselamatkan. Untuk mencegahnya, persalinan dapat dilakukan dengan cara sesar.

Proses persalinan yang salah jelas dapat menimbulkan risiko, seperti janin mengalami pundak patah atau saraf di bagian pundak tertarik (akibat salah posisi saat menarik bagian tangannya ke luar), perdarahan otak (akibat kepalanya terjepit dalam waktu yang lama), patah paha (akibat salah saat menarik paha ke luar), dan lain-lain. Untuk itu biasanya dokter menggunakan partograf, alat untuk memantau kemajuan persalinan. Jika persalinan dinilai berjalan lambat, maka harus segera dilakukan operasi (seksiosesaria).

Untuk ibu yang baru pertama kali hamil atau terdapat faktor penyulit pada kehamilan seperti ketuban pecah dini atau janin besar (di atas 3,5 kg) maka persalinan sesar merupakan jalan terbaik. Dalam hal ini, serahkan keputusan terbaik kepada dokter yang menangani.

   
Jumlah Posts : 326
Jumlah di-Like : belum ada like

ASI Lancar, Puasa Tak Lewat

(Sumber dari: AIMI *dengan perubahan seperlunya*)

Bulan Ramadhan hampir tiba. Bulan penuh ibadah bagi umat muslim di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan setiap muslim yang telah baligh (cukup umur) adalah berpuasa. Nah, bagaimana dengan ibu hamil dan menyusui?

Puasa Ramadhan hukumnya tetap wajib bagi ibu hamil dan menyusui. Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu atau membayar fidyah.

Yang pertama, dikembalikan kepada motivasi atau niat. Jika ibu hamil dan menyusui tidak melakukan ibadah puasa karena mengkhawatirkan kesehatan dirinya, maka dia menganggap dirinya seperti orang sakit. Sehingga cara mengganti puasa sama dengan mengganti puasa dikala orang sakit, yaitu dengan berpuasa di hari lain. Namun, jika mengkhawatirkan bayinya, dianggap seperti orang tua yang tak punya kemampuan sehingga cara menggantinya selain membayar puasa-seperti cara orang tua-yaitu dengan membayar fidyah.

Yang kedua, ibu hamil atau menyusui cukup membayar fidyah saja tanpa harus berpuasa. Karena keduanya tidak berpuasa bukan karena sakit, melainkan karena keadaan yang membuatnya tidak mampu puasa. Kasusnya lebih dekat dengan orang tua yang tidak mampu berpuasa.

Apa dan bagaimana cara membayar Fidyah? Fidyah adalah memberi makan orang fakir miskin. Satu hari puasa diganti dengan satu kali fidyah. Ukuran memberi makan adalah sebesar porsi kita makan 3 kali sehari, yakni sekitar 1 mud atau 600 gram. Jika dirupakan uang, sebesar biaya kita makan 3 kali sehari.

Ketika memberikan fidyah, ada tata caranya juga. Salah satu yang harus diingat adalah jangan lupa mengucapkan berita serah terima/ijab kabul. Misalnya “Saya membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Jika meminta orang lain yang menyerahkan maka, “Ibu A membayar fidyah kepada saudara, mohon diterima dengan baik”. Untuk detailnya, silakan konsultasi dengan pemuka agama di lingkungan Anda. 

Nah, bagi ibu menyusui yang ingin berpuasa bagaimana? Selama kondisi ibu dan bayi sehat, maka diperbolehkan berpuasa. Namun, jika dikuatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kekurangan gizi, produksi ASI berkurang, sakit, dan lain sebagainya, maka Islam menyarankan untuk tidak berpuasa.

Manajemen Laktasi Ibu Menyusui Yang Sedang Berpuasa

Dengan perubahan jadwal makan, bukan berarti asupan makanan yang dikonsumsipun ikut berubah. Yang penting, ibu menyusui tetap makan 3 kali sehari dan secara disiplin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang, yaitu dengan komposisi 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak.

Kemudian, hal-hal berikut dapat dilakukan untuk memastikan bahwa produksi ASI selama ibu berpuasa tetap lancar dan berkualitas:

Asupan menu dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak. Jangan terlambat berbuka dan jangan makan secara asal yang penting makan ya :)

Ada beberapa tips mengenai asupan ibu menyusui selama berpuasa:

Pertama,boleh mencoba konsumsi sumber karbohidrat kompleks agar bisa membantu membuat ibu menyusui tidak lemas di tengah hari. Karbo kompleks seperti beras merah lebih lama diproses tubuh sehingga pelepasan gula menjadi energi berlangsung bertahap. Kondisi ini dapat lebih menjamin kebutuhan energi ibu sampai berbuka. 

Kedua, konsumsi sayur dan buah lebih banyak saat berbuka atau malam hari dan konsumsi protein lebih banyak saat makan sahur. Protein menjadi sumber energi, yang diolah terakhir setelah karbohidrat dan lemak. Asupan protein ini sesuai bagi busui yang membutuhkan banyak cadangan energi. Sementara serat pada buah dan sayur membantu menjaga asupan vitamin dan menjaga kesehatan pencernaan ibu selama menyusui. Usahakan stop makanan instant selama puasa ini ya, karena makanan seperti mie instant biasanya hanya mengandung kalori yg membuat kenyang tetapi minim nilai gizinya. 

Ketiga, silakan konsumsi suplemen vitamin dan mineral jika diperlukan. Tanyakan kepada dokter suplemen apa yang baik untuk ibu menyusui saat berpuasa karena saat ibu menyusui berpuasa, yang terpengaruh biasanya adalah kadar micro nutrients (elemen-elemen nutrisi yang diperlukan dalam jumlah yang kecil seperti zinc, magnesium, dan potassium), namun itu bukanlah masalah.  

Perbanyak konsumsi cairan, mulaidari berbuka hingga sahur

Jika bisa minum air putih sebanyak dua liter (sekitar 10-12 gelas sehari), ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, teh manis hangat dan susu. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui. Jika bisa, hindari teh dan kopi saat sahur karena bersifat diuretik, yang menyebabkan ibu sering buang air kecil. Akibatnya ibu berisiko kekurangan cairan akibat seringnya cairan dibuang. 

Istirahat yang cukup

Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin

sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Ibu Bekerja

Ibu bekerja yang memerah ASI di tempat kerjanya disarankan untuk tetap melakukan kegiatan memerah ASI seperti biasa dengan tetap memperhatikan tips-tips seperti yang sudah disebutkan diatas ini. Kembali berpegang pada prinsip demand and supply, semakin banyak ASI dikeluarkan maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi. Apabila ibu menyusui yang biasa memerah menghentikan kegiatan memerahnya selama bulan puasa, maka ASI yang diproduksi dapat berkurang, yang bukan disebabkan oleh kegiatan berpuasa tetapi karena mengurangi kegiatan memerah tadi.

Bagaimanapun, mendapatkan ASI adalah hak bayi. Jadi, dahulukan kepentingan bayi. Untuk ibu yang memiliki bayi di bawah 6 bulan, memang dianjurkan untuk tidak berpuasa karena bayi sedang dalam tahap ASI Eksklusif dan belum memperoleh makanan tambahan apapun kecuali ASI. Ada dua alasan kenapa ibu dalam fase ASIX tidak dianjurkan berpuasa dulu: pertama, pada masa ASIX, terutama di dua bulan pertama adalah fase pemantapan menyusui. Jika proses menyusui ibu sudah mantap dan ingin mencoba puasa silakan. Tetapi jika ibu masih berjuang untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan produksi, sebaiknya tunda dulu puasanya. Kedua, bayi di bawah 6 bulan sering mengalami fase percapatan pertumbuhan (growth spurts) yang membuatnya tiiba-tiba jadi sangat sering menyusu. Jika Anda mulai kewalahan di saat fase GS ini, pertimbangkan untuk stop puasa dulu.

Kondisi yang Harus Diperhatikan

Jika si kecil masih dalam fase ASIX (atau bahkan setelahnya) dan ibu ingin berpuasa, ada hal penting yang tidak boleh diabaikan: perhatikan sinyal sinyal yang dikirimkan tubuh Anda dan tubuh bayi. 

Apa yang harus diperhatikan dari kondisi ibu?

-Merasa sangat haus (terutama pasca menyusui/memerah).

- Urine/ air seni berwarna pekat (kuning tua/cokelat) serta bau yangtajam.

- Merasa sangat pusing dan berkunang-kunang, apalagi jika pusing tidak hilang setelah ibu beristirahat

Adalah wajar jika ibu merasa lemas.  Oleh karena itu usahakanlah untuk beristirahat paling tidak satu kali di siang hari. Atau bila tidak memungkinkan untuk tidur siang, upayakan untuk sekadar duduk,

berbaring dengan rileks. Istirahat akan sangat membantu agar hormon Oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI bekerja secara optimal. Jika Anda mulai pusing atau air seni Anda mulai pekat, sebaiknya hentikan dulu puasanya. Apa yang harus diperhatikan dari kondisi bayi?- Frekuensi BAK bayi sudah kurang dari 6 kali per 24 jam, warna urine bayi juga mulai pekat- Ada gejala2 dehidrasi lain pada bayi, seperti mulut yag kering, bayi terlihat sangat lemas, kulit tidak lentur, dsb.- Bayi kelihatan gelisah seharian, rewel atau berperilaku di luar kebiasaan normalnya. - Bayi mengalami diare atau demam yang mana membutuhkan extra asupan ASI agar tidak dehidrasi, terutama di masa ASIX.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan salam ASI :) 

   
30-04-2014 12:11:11 susu untuk ibu hamil
Jumlah Posts : 214
Jumlah di-Like : belum ada like

hai bunda salam kenal semuanya ya...

kalo q br merasakan mual, eneg dan muntah dari usia kehamilan 8 minggu sampai 12 minggu. setelah itu alhamdulillah sekarang nafsu makannya lebih baik dari sebelumnya bahkan udh nambah BB.

setiap ibu hamil berbeda-beda apa yang dirasakan. ada yang malah dr awal kehamilan sampe mw lahiran tetep mual, muntah ada juga yang sama skali g merasakan mual muntah. semua itu tergantung hormon ato bawaan babynya...... yang jelas dinikmati dan disyukuri aj bunda...
 

   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Untuk bunda yang masih ragu minum susu ibu hamil, sepertinya harus baca artikel ini dulu, yuk disimak apa aja sih manfaatnya kalau kita minum susu saat hamil :

1. Nutrisi
Untuk nutrisi jelas ibu hamil berbeda dengan orang biasa karena saat hamil yang dibutuhkan bukan hanya buat bunda aja tapi buat si kecil dalam kandungan. Sistem sirkulasi darah ibu juga turut membantu menyalurkan nutrisi serta oksigen. Nah susu ibu hamil ini memiliki manfaat pemenuhan hingga 300 kalori yang dibutuhkan ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga kehamilan.

2. Kalsium
Pemenuhan kalsium yang dibutuhkan saat hamil yaitu 1000mg, dan ini disarankan terutama di 3 bulan pertama usia kehamilan. Nutrisi sebesar 1000 sampai 2000mg kalsium ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi 2 gelas per harinya.

3. Perlindungan tubuh
Secara alami tubuh saat hamil menyerap mineral dari makanan dan suplemen atau vitamin tambahan untuk mendapatkan asupan nutrisi kalsium yang cukup.

4. Massa berat tulang menurun
Saat hamil massa berat tulang menurun maka cenderung akan tergantikan dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Hal ini dikahwatirkan dapat memicu terjadinya osteoporosis. Untuk menghindari hal ini, ibu hamil dianjurkan memenuhi nutrisi susu ibu hamil yang cukup.

Semoga artikel ini bermanfaat yah bunda. Salam sehat selalu

sumber : ibuhandal.com

   
Jumlah Posts : 3025
Jumlah di-Like : 1
Kehamilan 2 bulan bisa dikatakan kehamilan yang masih sangat muda. Pada periode ini, janin masih mengembangkan organ dan tubuh mereka, tetapi bentuk janin sudah mulai terlihat. Ibu juga sudah mulai sadar akan kehamilannya. Pada periode ini, perkembangan janin bisa dikatakan cukup pesat. Berikut adalah penjelasan perkembangan janin dan tanda-tanda yang dirasakan ibu.

Janin pada Kehamilan 2 Bulan
Pada kehamilan 2 bulan, janin akan mulai membentuk organ dalam dan berbagai struktur penting tubuh, Organ dalam sudah berkembang sepenuhnya dan lengkap pada saat janin menginjak usia 8 minggu. Pada period ini, janin juga akan terus berkembang, terutama pada otaknya. Periode ini diisi dengan berbagai macam pertumbuhan orang yang penting seperti organ dalam dan otak, Bukan hanya itu, tangan dan kaki juga sudah berkembang pasa periode ini. Pada ujung tangan dan kaki bahkan sudah dapat dilihat jari kecil dan kaki yang mulai berkembang dan terbentuk. Uniknya, pada periode ini, janin bahkan sudah mempunyai sidik jari. Telinga dan mata juga sudah mulai terbentuk walaupun belum dapat mendengarkan sampai beberapa minggu berikutnya. Pada gusi bayi paeriode kehamial 2 bulan, bakal gigi juga sudah terbentuk. Pada periode ini, janin akan berukuran sekita 1 inci.



Perubahan Tubuh Ibu pada Kehamilan Bulan Kedua
Pada kehamilan 2 bulan, ibu sudah mengalami perubahan fisik yang cukup berarti. Homon kehamilan akan membuat payudara berkembang dan cukup siap untuk menyusui. Payudara akan lebih besar, termasuk bagian puting payudara. Payudara akan terasa nyari dan lembut. Hormon ini juga mengakibatkan apa yang kita sebut sebagai morning sickness. Ibu akan mengalami peningkata energi. Kelelahan biasa dialami pada awal kehamilan, tetapi kadar kelelahan tidak akan terlalu berlebihan. Pastikan ibu cukup makan dan istirahat. Aliran darah juga akan meningkat untuk memenuhi kebutuhan janin. Salah satu akibatnya adalah vagina yang menjadi cukup sensitif dan membengkak. Lendir pada vagina juga akan meningkat untuk menjaga vagina dari infeksi. Pada masa ini, ibu biasanya akan mengalami perubahan mood.

Tanda-Tanda Kehamilan 2 Bulan
Beberapa perubahan yang terjadi pada periode ini bermacam-macam. Berikut tanda-tanda yang umum terjadi pada kehamilan usia 2 bulan: sering buang air kecil, nyeri payudara, kelelahan yang meningkat, gejala morning sickness, lendir vagina yang meningkat, mood yang berubah-ubah di kehamilan 2 bulan dan lain sebagainya.
   
Jumlah Posts : 34
Jumlah di-Like : 1
Salam kenal bunda irra...
bunda irra .... bener tuh apa yg udah disaranin sama bunda2...  ga usah terlalu cemas apabila hamil mengendari motor.. Aku juga bund dr sebelum hamil dan selama hamil selalu naik motor.. dibonceng suami jarak dari rumah k kantor cukup jauh... perjalanan bisa 1 jam bahkan lebih.., tapi janinnya sehat sampai lahir.Alhamdulillah anakku sehat dan aktif sekarang anakku sudah 3 bulan bund. Mungkin memang ada faktor2 yg menyebabkanhal itu terjadi pada bunda irra.Aku ada sedikit info niy bund mungkin bisa sedikit membantu menenangkan suami dan berhati2 saat nanti mempersiapkan kehamilan bunda berikutnya.
Perempuan hamil yang menderita depresi klinis atau serangan stres yang ekstrim membutuhkan perawatan medis ekstra. Sebab, kondisi psikologis ibu hamil sangat mempengaruhi perkembangan janinnya. Demikian ungkap Dr. Miguel A. Diego, seorang peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami, Amerika Serikat.

"Hasil penelitian yang muat dalam Psychosomatic Medicine Journal ini mengungkapkan bahwa ukuran bayi yang dilahirkan seorang ibu yang sedang stres atau depresi cenderung lebih kecil, baik berat badan maupun panjang tubuhnya dibandingkan bayi yang dilahirkan dari ibu yang tidak mengalami stres," demikian tulis reuters.com.

Dr. Miguel A. Diego dan timnya menemukan bahwa hormon kortisol yang dihasilkan kelenjar adrenalin saat stres menjadi faktor penyebabnya. Dr. Miguel A. Diego menggunakan alat ukur ultrasonografi (USG) untuk melihat perkembangan janindalamkandungan 98 perempuan pada usia kehamilan 16 hingga 29 minggu. Mereka mengukur level hormon dan melakukan evaluasi keseluruhan untuk mengukur tingkat stres ibu. Semakin berat tekanan yang dialami ibu hamil, semakin kecil kemungkinan bayi untuk berkembang. Analisa statistik menunjukkan bahwa kadar hormon kortisol yang tinggi sebanding dengan stres yang dialami dan berat tubuh yang turun.

Untuk mengatasi stres pada ibu hamil, dibutuhkan terapi psikologi atau dukungan sosial yang baik. Sebab pengaruh penggunaan obat-obatan antistres untuk perempuan hamil juga masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan ahli kesehatan. "Selain Janintidakberkembang, stres pada perempuan hamil dapat memicu kelahiran prematur," ujar Dr. Miguel A. Diego
Ada dua jenis janintidakberkembang, yaitu :

1. Janin yang dari awal tidak tampak.
Hanya ada kantong kehamilan yang bahasa medisnya disebut blighted ovum (kantong kosong). Tidak tampak janin sama sekali, yang ada hanya semacam suatu rongga di dalam rahim. Pada USG akan tampak gambaran hitam, berisi cairan, dan tidak tampak bayangan calon janin sama sekali.

2. Sudah mulai tampak bayangan calon janin.
Gambarannya biasanya pipih dan kecil berada di dalam rahim. Disebut tidakberkembang kalau memang diameter dan panjang janintidak sesuai dengan usia kehamilan. Biasanya pemeriksaan kehamilan ini dilakukan secara serial, yaitu minimal dua kali dengan jarak dua minggu. Bilamana didapatkan ukuran janintidak bertambah atau bertambah tetapi sesuai dengan pertambahan usia kehamilan, itu yang disebut dengan janintidakberkembang.

PENYEBABNYA BERAGAM

Ada beberapa penyebabjanintidakberkembang, antara lain :

1. Genetik
Ini adalah faktor utama. Bukan faktor keturunan, melainkan dari sperma atau sel telur. Dalam hal ini kualitas dan kuantitas sperma serta sel telur tidak baik sehingga saat penyatuan keduanya hasilnya tidakberkembang secara prima.
Menurut Anita, hal ini biasanya mengarah ke blighted ovum. “Yang jelas, kalau bicara tentang blighted ovum, kita bicara juga tentang kualitas dan kuantitas. Faktor ini bisa berulang dan bisa tidak, tergantung ada masalah produksi sperma dan sel telur atau tidak,” ungkapnya. Penyebab kualitas sperma dan sel telur macam-macam, tergantung dari produksi “pabriknya” (sel telur dari indung telur dan sperma dari produksi spermanya).
Jadi, otomatis gangguan dari proses pembentukan itu bisa bermacam-macam dan tidak bisa dipastikan, dari faktor higienis atau infeksi. Bisakah dicegah? “Susah. Karena sel telur dan sperma sudah ada sejak kita di kandungan ibu. Gangguan-gangguan itu muncul begitu kita lahir.”

2. Infeksi TORCH
Infeksi disebabkan oleh toksoplasma, rubella, CMV atau cito megalo virus, herpes simplex I dan simplex II. Dalam hal ini yang dilihat adalah reflek di tubuh kita, yaitu terbentuknya antibodi terhadap kuman dan virus ini. Jika diasumsikan bermasalah harus segera diterapi. Sebaiknya pemeriksaan ini dilakukan sebelum hamil agar tidak menganggu kondisi si ibu.
Jika sudah hamil sebaiknya dilakukan terapi sepanjang kehamilan. Untuk faktor yang disebabkan infeksi semua terapinya dengan oral atau obat yang diminum.

3. ACA (anticardiolipin) atau pembekuan
Terbentuknya faktor pembekuan yang menyumbat pembuluh-pembuluh darah yang arahnya ke janin sehingga akhirnya pertumbuhan janin terhenti.
Penyebabnya karena faktor imun dimana tergantung pada sensitivitas masing-masing orang. “Semisal, kakak kandung kita memiliki ACA tinggi, walaupun bersaudara belum tentu kita memiliki ACA tinggi. Orang yang tadinya tidak memiliki ACA tinggi, di kemudian hari bisa memiliki ACA tinggi,” jelas Anita.
Jadi, begitu ada kehamilan dia mengangap kehamilan ini musuhnya dan langsung terbentuk pembekuan. Darah membeku dan menyumbat daerah-daerah yang arahnya ke janin. Janin otomatis tidak mendapat suplai baik makanan, minuman, maupun oksigen.
Jika terjadi seperti ini harus segera diterapi, yaitu dengan memberikan obat anti pembekuan darah (bisa berupa obat minum atau suntik, tergantung seberapa berat kasus).
Jika si ibu dikondisikan sudah normal kembali, pada saat hamil pun biasanya dalam pengawasan ketat dan tetap diterapi sampai bayi lahir. Pasalnya, sewaktu-waktu bisa terjadi pembekuan lagi yang menganggu suplai makanan sehingga mengakibatkan janintidakberkembang atau pertumbuhan bayi terhambat.


tidak semua janin dapat berkembang dengan sempurna, ada kalanya terjadi kelainan-kelainan pada janin,

Kelainan-kelainan pada janin


Malformasi atau cacat dapat terjadi melalui tiga cara yaitu:

1. Pengaruh bahan berbahaya dari lingkungan luar selama periode awal perkembangan

2. Penerusan abnormalitas genetik dari induknya.

3.Aberasi kromosom yang terdapat pada salah satu gamet atau yang timbul pada pembelahan pertama.

Kelainan-kelainan pada janin diantaranya adalah :


Teratoma

Teratoma adalah tumor yang mengandung jaringan derivat dua, tiga lapis benih. Terjadi saat janin masih embrio. Terjadinya teratoma adalah karena embrio awal (tingkat clivage, blastula, awal grastula) lepas dari kontrol organizer. Ia seperti tubuh yang kembar tidak seimbang yang satu dapat tumbuh normal yang lain hanya gumpalan jaringa yang tdak utuh atau tidak wajar. Teratoma disebut juga fetus in fetu atau bayi dalam bayi.

Sindrom Down

Sindrom down merupakan kelainan fisik janin dengan ciri ciori yang khas seperti retardsi mental, kelainan jantung bawaan, otot-otot melemah (hypotonia), leukimia, hingga gangguan penglihatan dan pendengaran,. Kelainan ini terjadi karena kelainan pada kromosom yaitu pada kromosom 21. Pada penderita ini memiliki tiga unting kromosom 21 (Corebima, 1997).

Sindrom edward

Adalah kelainan pada janin karena kromosom janin mengalami kelainan. Kelainan ini terjadi karena kromosom 18nya mengalami kelebihan yaitu terdapat tiga untai kromosom 18. ciri kelaian janin ini adalah retardasi mental berat, gangguan pertumbuhan, ukuran kepala dan pinggul kecil, kelaianan pada tangan dan kaki.

Sindrom patau

Nama lain dari kelaianan janin ini adalah trisomi 13. hal ini karena terjadi kelainan pada kromosom ke13 dari pendeita tersebut, yaitu memiliki tiga untai kromosom 13. Ciri dari kelainan ini adalah bibir sumbing, ganggaun berat pada perkembangan otak, jantung, ginjal, tangan dan kaki.biasanya jika gejalanya sangat berat janin akan mati setelah beberapa saat dari kelahiran.

Talasemia

Talasemia adalah salah satu kelainan pada janin. Talasemia ini memiliki ciri dimana tubuh kekurangan salah satu zat pembentuk hemoglobin (Hb) sehingga penderita mengalami anemia berat akibatnya harus transfusi darah seumur hidup

Fenilketinoria

Adalah gangguan metabolisme salah satu jenis asam amino pembentuk protein yaitu fenilalanin yang menyebabkan hambatan atau radiasi mental. Kelainan ini jika dideteksi sejak dini dapat diminimalkan dengan cara memberi asupan fenilalanin yang banyak terdapat pada keju, susu, telur, ikan, daging, pemberian obat atau vitamin tertentu.

Semoga bermanfaat ya bund... Jangan terlalu cemas ya... Semangat  ya bund  untuk persiapan kehamilan berikutnya hehehe ^_^
   
29-04-2011 10:40:44 Kehamilan Palsu / pseudocysis
Jumlah Posts : 127
Jumlah di-Like : belum ada like
 

Seputar Kehamilan Palsu / Pseudocysis

Dokter Sehat - Sering kali saat seorang ibu sedang sangat berharap memperoleh buah hati akan merasa dirinya sedang mengandung. Pusing, mual, dan rasa lelah yang cepat hinggap, membuatnya teryakinkan bahwa sudah ada jabang bayi dalam rahimnya, apalagi haidnya pun sudah tak datang.

Tapi, apa yang terjadi jika hal itu ternyata palsu? Kehamilan palsu atau Pseudocysis ( berasal dari bahasa Yunani dimana pseudes = false dan kyesis = pregnancy) adalah suatu kondisi dimana seorang perempuan merasa hamil, namun sebenarnya dia tidak hamil. Dalam keadaan ini, seorang perempuan akan merasakan gejala-gejala umum sama seperti yang dialami ibu hamil. Misalnya saja, tidak haid, perut semakin besar, mual, pusing dan payudara membesar. Tapi jika diperiksa secara medis, misalnya tes urin, akan diketahui bahwa anda tidak hamil. Adanya tiga hal yang tidak ditemukan dalam kehamilan palus: denyut jantung janin tidak terdengar, USG tidak memperlihatkan adanya bayi dan yang terakhir jelas saja nggak bakalan melahirkan bayi. biggrinbiggrinbiggrin Frekuensinya sangat jarang yaitu 1-6 per 22.000 persalinan.

Kejadian yang paling terkenal untuk contoh kehamilan palsu adalah Marie Tudor, anak perempuan Henry ke VII dan Isteri dari Louis ke XII . Merupakan kasus hamil palsu yang terkenal dalam sejarah. Hal ini terjadi karena Marie Tudor sangat ingin punya anak untuk menyelamatkan muka ayahnya yang memancung semua selirnya yang tidak dapat mempunyai anak.

Penyebabnya diduga gangguan psikologis, dimana seorang wanita mempunyai keinginan yang kuat untuk hamil, menterjemahkan perubahan2 kecil pada dirinya sebagai suatu kehamilan. Hebatnya lagi test kehamilan bisa positf (false positif=positif palsu). Air susu juga bisa keluar. Keduanya terjadi lewat jalur hypothalamus-hypofise. Perut membesar akibat penumpukan lemak didinding perut. Gerakan gas dalam perut disangka gerakan bayi. Karena secara fisik kondisinya normal maka tidak dibutukan obat2an kecuali jika ingin memancing haidnya muncul kembali. Pengobatan hanya dilakukan konseling dengan psikoterapist.

Hal ini disebabkan karena pseudocyesis bisa memicu kelenjar di dalam otak untuk menghasilkan hormon kehamilan, oxytocin. Meski penelitian mengenai masalah ini masih sangat sedikit, sejumlah pakar medis berkeyakinan, pseudocyesis akut bisa meningkatkan hormon estrogen dan prolactin yang dapat mempengaruhi perubahan fisik menjadi seolah wanita hamil seperti perut membuncit, dan payudara mengeras karena peningkatan hormon tersebut.

Wanita yang  memiliki risiko untuk mengalami kelainan ini :

  1. wanita yang belum dapat anak pada usia akhir 30 atau awal 40 tahun.
  2. Wanita dengan kondisi emosi yang tidak stabil, terutama yang berhubungan dengan kehamilan.
  3. Wanita dengan riwayat abortus ataupun kematian janin sebelumnya.

Yang menarik mengenai kehamilan palsu ini dapat juga dialami oleh pria (penderita Couvade syndrome / sympathetic pregnancy), biasanya terjadi pada para suami yang sangat dekat dengan istrinya dan mempunyai simpati yang berlebihan sehingga mengalami tanda-tanda buy medicine online yang sama dengan kehamilan: morning sickness, emosi yang tidak menentu, NGIDAM, gangguan pencernaan, perubahan nafsu makan, berat badan, diare, sembelit, sakit kepala, sakit gigi, ketagihan, mual, pembesaran payudara, pengerasan puting dan insomnia . Dalam beberapa kasus ekstrim, ayah dapat tumbuh perut mirip dengan wanita hamil bulan-7.

[dari berbagai referensi medis]



Read more: http://doktersehat.com/2010/04/08/kehamilan-palsu-pseudocysis/#ixzz1KsaokrLV
   
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok, terimakasih atas kesempatanya. begini saya mau bertanya, saat ini saya sedng hamil muda dan kehamilan yang pertama kali. sering saya membaca buku-buku tentang kehamilan, dan ada beberapa artikel yang menjelaskan , ibu hamil yang mengalami mual muntah ketika kehamilannya kelak bayi yang di kandungnya akan memiliki kecerdasan dibandingkan ibu hamil yang tidak mengalami mual muntah. dan yang saat ini saya rasakan saya pernah mual munth tapi itu tidak sering dok dan tidak setiap hari, kadang saya juga mengalami pusing tapi juga tidak terlalu. saat ini usia kehamilan saya 10 minggu dan katanya nafsu makan akan naik, tapi yang saya rasa nafsu makan saya malah menurun, enggan mengkonsumsi makanan apapun, baik itu nasi, roti , buah dll. apa yang harus saya lakukan dok dengan kondisi kehamiln saya yng seperti itu dan apakh saya tergolong ibu hamil yang mengalami mual dan muntah tau yang lainya? mohon penjelasanya dan terimakasih dok...

Dari : farida aprilia

Jawaban:

Dear Bunda,

Mual pada awal kehamilan dianggap wajar karena adanya perubahan hormonal. Sejauh ini, tidak ada hubungannya dengan kecerdasan bayi anda kelak. Namun apabila anda tidak mau makan dan minum karena rasa mual ini, maka kemungkinan akan mempengaruhi perkembangan bayi anda di dalam kandungan, karena pada kehamilan dibutuhkan nutrisi yang tinggi untuk bayi perkembangan bayi anda. Maka itu, apabila anda tidak mau makan dan menurunnya nafsu makan akibat rasa mual tersebut, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter kandungan untuk diberi pengobatan dan tambahan nutrisi untuk kehamilan anda. Pemberian berbagai macam vitamin B seperti Pyridoxine (Vitamin B6, Hexa-Betalin) dan Thiamine (Vitamin B1, Thiamilate) di percaya dapat mengurangi rasa mual pada kehamilan.