SITE STATUS
Jumlah Member :
492.707 member
user online :
1536 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: amankah sabun bayi cussons cair untuk ga

New Topic :  
29-11-2014 09:03:03 wajah jadi jerawatan
Jumlah Posts : 6
Jumlah di-Like : belum ada like
air teh basi itu y bu yg buat cuci muka?blm pernh nyoba aku bund..ni aku malah cmn pke sabun bayi aja untuk muka. tp y sama bund ga ngefek..tp saran bunda aisyah bs aku cb nanti dch..mksh y bunda saran n infonya...
   


25-09-2014 14:05:07 obat diare ibu hamil
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Diare, adalah salah satu penyakit yang sering membuat Bunda panik. Berdasarkan sumber dari World Health Organization (WHO) Diare adalah penyebab kematian terbanyak kedua pada balita.

Diare sebenarnya dapat dicegah dan diobati. Lho, kok bukan dihentikan? Yuk, simak artikel minggu ini.

Sebelum kita membahas bagaimana upaya pencegahan dan cara mengobatinya, kenali dulu apa itu diare. Diare adalah mekanisme tubuh untuk mengeluarkan virus atau bakteri yang menjadi penyebab diare. Karena diare adalah proses pengeluaran virus atau bakteri maka dari itu menghentikan diare bukanlah tindakan yang tepat.

Seorang anak baru dikatakan diare bila:

Buang Air Besar (BAB) sebanyak tiga kali atau lebih dalam sehari dengan konsistensi lembek atau encer. Jadi, bila si kecil BAB sering namun feses padat, itu bukan diare. Juga bila feses lembek atau encer namun hanya sekali BAB dalam sehari, itu juga bukan diare.

Mitos Diare

Ada beberapa mitos yang membingungkan:

-       Hentikan diare dengan memberi obat anti diare.

-       Bila diare hentikan pemberian ASI dan makan.

-       Memberi rebusan daun pepaya atau jambu biji untuk membuat diare ‘mampet’.

-       Memberi Antibiotik.

-       Memberi minuman isotonik sebagai pengganti Oralit.

Nah, kalau si kecil diare jangan lakukan hal-hal di atas ya, Bun!

Mencegah dan Mengobati

Diare merupakan gejala infeksi pada saluran cerna atau biasa disebut Gastroenteritis. Diare ini ditularkan melalui makanan atau minuman yang tidak bersih dari ke orang. Tidak heran Bunda yang khususnya memiliki bayi seringkali diingatkan untuk mencuci tangan sebelum memberi makan si kecil. Ini adalah upaya terbesar untuk menghindari anak dari diare. Selalu bawa sabun cair kecil di tas atau minimal bawa cairan antiseptik yang bisa digunakan kapan saja.

Bila si kecil sudah terlanjur diare apa yang harus dilakukan untuk mengobatinya?

Di atas sudah dibahas, jangan hentikan diarenya dengan memberi obat anti diare. Yang perlu Bunda lakukan adalah mewaspadainya jangan sampai ia kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk anak di bawah 6 bulan yang masih ASI eksklusif, cukup susui bayi sesering mungkin supaya tidak kekurangan cairan. Untuk bayi di atas 6 bulan, segera larutkan Oralit dan berikan padanya. Berikan minum lebih sering supaya pasokan cairannya tercukupi. Bila ia menolak karena mual berikan selang beberapa menit.

Kapan ke dokter?

Diare akan sembuh dengan sendirinya setelah virus atau bakteri keluar. Bila tidak ada tanda-tanda seperti diare berdarah, atau muntah terus menerus, dan hilang kesadaran, diare akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi, bila anak menolak makan dan minum susu atau ASI dan masih diare lebih dari 14 hari segera bawa ke dokter. Konsultasikan untuk mencari penyebabnya.

Tips: Sediakan selalu Oralit di rumah. Jangan membuat Oralit sendiri dengan gula dan garam untuk menghindari takaran yang tidak sesuai.

   
25-10-2011 11:14:05 tips saat bayi baru lahir
Jumlah Posts : 5
Jumlah di-Like : belum ada like

1.    Saat bunda akan memandikan sikecil, pastikan anda telah menyiapkan semua kebutuhan mandi sikecil dengan lengkap.

2.    Setelah semua persiapan lengkap, pastikan anda meletakkan semua keperluan tersebut di dekat tempat anda memandikan bayi. Lebih baik anda mematikan AC saat memandikan sikecil, agar hangat dan nyaman bagi sikecil.

3.    Gunakan air hangat saat memandikan sikecil ya bun, agar bayi tetap hangat dan nyaman saat dimandikan.

4.    Cek suhu air, agar air tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk bayi anda. Buka semua pakaian sikecil kecuali perban yang membungkus tali pusar sikecil. Usapkan baby oil sambil member pijatan lembut.

5.    Pastikan anda memegang bayi anda dengan kuat namun lembut agar tidak terpeleset saat menyabuni dan mengeramasi sikecil.

6.    Jika anda belum berani memandikan bayi anda dengan 1tangan, anda bisa menggunakan waslap dan meletakan sikecil di alas mandi dr plastic yg empuk. Bersihkan dengan lembut karena kulit bayi masih sensitive dan mudah iritasi. Bersihkan bagian lipatan leher, tangan dan kaki bayi, karena mudah menimbun kotoran.

7.    Bilas hingga benar-benar bersih seluruh bagian kulit bayi anda. Keramas pada bayi hanya diperlukan 2x seminggu dengan shampoo bayi. Bilas hingga bersih dan hati-hati jangan sampai air masuk ke telinga.

8.    Setelah selesai, langsung letakkan bayi anda diatas handuk dan dilap dengan cara ditekan-tekan tidak perlu digosok. Ganti perban pembalut tali pusar sikecil, kemudian usapkan menyak telon agar tetap hangat, taburi bedak bayi. Pakaikan baju, popok, kaus tangan dan kaki.

9.    Simpan perlengkapan mandi sikecil dalam 1kotask, agar memudahkan anda.

10. Jika bayi anda tidak suka dibersihkan wajahnya, jadi anda boleh membersihkannya di waktu yg terpisah.

11. Jika bayi anda sudah bisa didudukan, anda bisa menambahkan mainan di bak mandi agar dapat menikmati saat mandinya.

12. Usahakan tidak memandikan bayi ketika baru selesai makan atau minum susu, karena dy bisa muntah.

13. Jangan melepaksan tangan anda selama memandikan sikecil, karena akan tergelincir dan tenggelan walau air hanya setinggi 5cm

14. Pastikan air tetap hangat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

15. Pastikan anda menggunakan produk khusus bayi bukan produk orang dewasa, karena kulit bayi sangat sensitive.

16. Usahakan perban tali pusar tetap kering, untuk menghindari infeksi. Jika anda kesulitan, sebaiknya anda tidak memandikan sikecil didalam bak mandi dahulu.

17. Bersihkan terlebih dahulu bagian mata dengan kamas yg terendam air matang.dari arah ujung mata hingga kea rah hidung. Bersihkan pula lubang hidung dengan cotton buds yg telah telah d celupkan ke air bersih. Jangan memasukkan cotton buds terlalu dalam, dan pakai kapas yg berbeda tiap lubangnya.

18. Bersihkan juga telingan sikecil dengan cotton buds yg sudah diberi baby oil. Jangan masukkan cotton buds terlalu dalam. Bersihkan bagian luar telinganya saja.

19. Setelah mandi, jika cuaca memungkinkan, ajaklah sikecil berjalan-jalan atau berjemur dibawah sinar matahari pagi.

20. Usaplah wajah dengan air matang agar terhindar dari infeksi kulit.

21. Perhatikan mulut sikecil. Jika pada lidah tampak seperti bekas susu yg tebal, mungkin sikecil terkena jamur mulut, segera konsultasikan dengan bidan anda.

22. Pastikan anda menjaga kebersihahan kulit sikecil setelah buang air. Bersihkan dengan air hangat, kemudian lap sampai kering dengan kain yg halu.

23. Ganti perban tali pusar 2x sehari. Pastikan tali pusar tidak basah dan infeksi. Tali pusar yg sehat akan lepas setelah umur 6-7 hari.

24. Ganti popok tiap kali basah karena sikecil buang air. Bersihkan bokong bayi dengan air hangat dan keringkan, agar kulit tidak infeksi dan lecet.

25. Mandikan bayi 2x sehari saja ya bun. Pada bulan pertama, bayi akan sering lapar hingga menangis. Jadi anda harus menyusui sesering mungkin.

26. Pada minggu pertama bayi, anda tidak perlu menjadwalkan jam makan sikecil. Berilah ia makanan sesering mungkin. Penjadwalan akan terbentuk kira-kira minggu ke 5. #Avent

27. Buang air sikecil pun terjadwal. Semakin sering ia buang air itu bertanda ia cukup makan. Jangan tunda mengganti popok sikecil agar kulit tidak iritasi.

28. Perhatikan juga air seni dan feses sikecil, karena itu juga bisa menjadi alat ukur kesehatan sikecil.

29. Pastikan sikecil menggunakan pakaian yg nyaman. Tidak membuatnya gerah, atau kedinginan.

30. Sepatu dan topi untuk bayi juga bermanfaat untuk mencegah masuk angin. #Avent

31. Bijaksanalah dalam memilih perlengkapan bayi seperti shampoo, sabun, lotion, oil. Pakailah produk yg telah teruji secara klinis.

32. Perhatikan penggunakan kosmetika pada sikecil. Jika kulit menimbulkan bercak merh, segera hentikan penggunakan kosmetika tersebut.

33. Juga perhatikan pelembut pakaian yang digunakan untuk pakaian sikecil. Bahan kimia yg terlalu kuat bisa menyebakan iritasi kulit pada bayi.

34. Bayi cenderung mengamuk saat pakaian dilepaskan, mandi, keramas, dan pemberian obat tetes mata dan hidung, maka lakukan kegiatan tersebut dengan cepat namun aman. Alihkan perhatian sikecil dengan mengajak bercakap-cakap.

35. Tetap jaga suhu ruangan tempat bayi bermain dan tidur. Pastikan tidak terlalu panas atau dingin, hal ini dapat mengurangi tangisan sikecil.

36. Tidak dianjurkan obat pembasmi serangga di kamar bayi anda, kiarena racunnya bisa menempel di barang-barang bayi.

37. Mainan untuk sikecil tidah hanya untuk menghibur sikecil, tapi juga mengenalkan bayi pada barbagai bentuk dan melatih otot mata agar lebih focus.

38. Pilihlah mainan bayi yg berwarna cerah. Mainan bergerak dan berbunyi yg digantung ditempat tidur dapat merangsang pendengaran danpenglihatamn sikecil.

39. Total waktu yg diperlukan untuk bayi tidur adalah 16jam. Jadi pastikan bayi anda memiliki tidur yg efektif dan nyaman ya bun. Kenali penyakit bayi baru lahir, seperti kuram popok, hidung mampet, infeksi mata, lidah berjamur, dan demam pasca imunisasi. Cepat cari tahu dan atasi.

40. Bunda, jaga mood dan kondisi suasana hati anda, karena perasaan bayi yang halus membuat bayi dapat merasakan perasaan anda. Dan dia bisa ikutan rewel.

41. Warna kuning yang keluar dari ASi pertama kali tidak boleh dibuang, karena mengandung protein dan antibody yang menmbuat bayi lebih kuat menghadapi penyakit.

42. Ibu yang karena suatu hak tidak bisa menyusui bayinya dalam beberapa waktu tdk perlu ragu untuk menyusui bayi lagi, karena ASi tidak dapat basi seperti susu formula.

43. ASI bersifat lebih mudah dicerna, sehingga bayi cepat lapar, 1-3jam sekali.

44. Simpan ASI dalam Freezer bisa bertahan selama 2minggu-4 bulan, dalam suhu kamar 4-8jam dan lemari pendingin 24-48jam. Jadi catat tanggal dan waktu pemerasan ya bunda.

45. Saat hendak diberikan, ASI jangan dipanaskan karena kandungan ASI bisa rusak. Cukup dengan merendam ASI ke air hangat hingga ASI tidak dingin lagi.

46. Menangis adalah salah1 cara komunikasi sikecil dgn kita bun, jadi tidak selalu krn lapar. Mungkin Karen popok basah atau tidak nyaman saat menyusui.

47. Mungkin sikecil nangis juga sebagai poeringatan bahwa sedang tidak sehat, coba cek kondisi sikecil ya bun.

48. Sikecil yang kangen sama bunda dan ayah yang sibuk kerja juga suka menggunakan tangisan untuk menarik perhatian anda loh. Mari bermain bersama sikecil.

49. Ajaklah sikecil untuk bermain atau berjalan-jalan untuk menenangkan sikecil yang sedang menangis.

50. Jangan ragu untuk segera menimang atau menggendong sikecil segera setalah ia menangis. Menurut penelitian, hal ini dapat membuat sikecil lebih mandiri nantinya.

51. Untuk menurunkan demam anak lebih baik menggunakan kompresan air hangat daripada air dingin. Jangan menggunakan alcohol ya bun.

52. Perhatikan feses sikecil ya bun, selama mengkonsumsi ASI, fesesnya akan cair dan seperti berbiji. Feses baru berbentuk ketika usia diatas 4bulan.

53. Perbanyak pengetahuan tentang pola tingakah laku sikecil ya bunda, agar bunda bisa mengetahui masalah sikecil sejak dini.

54. Gejala autism dapat diketahui sejak dini, pencegahan dari awal lebih baik bunda.

55. Tetap perhatikan berat dan tinggi badan sikecil ya bun, bagitu juga lingkar kepalanya.

56. Jangan terlalu sering memberikan antibiotik pada bayi ya bun, apalagi hanya penyakit ringan.

57. Pastikan anda sudah menjadwal imunisasi sesuai dengan anjuran dokter ya bun, jangan sampai terlambat.

58. Saat ini sudah ada vaksin 5 in 1 bun, jadi sikecil tidak terlalu banyak disuntik dan tidak demam yang terlalu tinggi dan jarang bengkak.

59. Pastikan teman anda yang ingin menengok sikecil sudah bersih saat berinteraksi dengan sikecil. Dan juga pastikan mereka tidak sedang sakit.

60. Kenakan baju bayi sesuai cuaca agar sikecil tidak kepanasan atau kedinginan.

61. Jangan biarkan anak anda bermain dengan kunci, karenan mereka akan cenderung memasukkannya ke dalam mulut. Sedangkan kadar timah terlalu tinggi dapat menyebabkan penurunan IQ.

62. Biasakan bayi tidur dalam posisi terlentak diatas selimut yg tidak terlalu lembut atau mudah bergeser. Hal ini untuk mengurangi resiko SIDS(Sudden Infant Death Syndrome)

63. Untuk member dosis pada anak sebaiknya sesua saran dokter karena untuk sikecil tidak bisa sembarangan.

64. Jangan biarkan ada barang berbahaya disekitar sikecil ya bun. Pastikan anda menyimpannya dengan baik.

65. Tidak semua yang alami itu aman bagi anak anda. Konsultasikan lebih dahulu ke dokter anda sebelum memberikannya kepada anak anda.

INFO

   


Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
"dokter"
saya mau tanya...
saya ini mempunyai bayi berusia 5 bulan & sebulan kemarin bayi saya mengalami ruam bintik-bintik merah bekas kencing. akibat kesalahan saya memakai pempers.
saya sudah mencoba obat "INERSON berkurang bintik-bintik merahnya" tapi kelang satu hari muncul lagi merahnya. sekarang masih sisa merah sedikit. apa dokter obat yang bagus. biar merah-merahnya tidak muncul lagi

Dari : erika

Jawaban:

dear bunda, pemakaian cream kortikosteroid (dalam hal ini INERSON) sebaiknya dibawah pengawasan dokter dan tidak dalam jangka waktu yang panjang. Bila diaper rash masih ada , pastikan bahwa keadaan kulit bayi senantiasa kering, hindari popok basah dalam waktu yang lama, segera bersihkan kulit bayi basuh dengan air dan sabun bayi yang menggunakan bahan hypoalergy , keringkan kulit bayi dengan cara menepuk bokong bayi dengan menggunakan handuk lembut, pastikan bahwa kulit bayi kering sebelum anda memakaikan popok yang baru, dapat juga menggunakan bedak cair yang mengandung zinc oxide atau vaseline petrolioum jelly. Apabila bercak kemerahan masih menetap , coba perhatikan apakah ada bahan-bahan lain yang menyebabkan bayi anda alergi, biasanya disebabkan sabun atau shampoo bahkan detergent yang anda gunakan pada alat-alat bayi anda. Temui dokter anda bila kemerahan berlanjut dan disertai bintik-bintik seperti jerawat, bayi anda memerlukan pengobatan untuk keadaan tersebut.
   
Jumlah Posts : 1
Jumlah di-Like : belum ada like
Bund, sabun antiseptik yang baik untuk bayi 2 bulanan apa ya bun?
   


Jumlah Posts : 35
Jumlah di-Like : belum ada like
mau tanya. kalo bayi umur blum sebulan sering olab dan kalo malem selalu ga tidur apa itu normal atau tidak. tapi kalo siang si bayi gampang sekali untuk tertidur. adakah yg mengalami hal yg sana seperti ini . sahringnya bunda2
   
24-06-2016 17:54:08 Bulan Ketujuh Kehamilan
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like

Belanja Produk Bayi (Mari persiapkan kebutuhan bayi)
1. Tempat tidur Bayi
Ada yang dari kayu atau plastic umumnya knock down dengan ketinggian berbeda-beda. Sebagian boks bayi dilengkapi dengan kelambu, papan untuk meja ganti popok, rak kolong yang digunakan untuk menyimpang selimut, juga alat getar dan kait untu menggantung mainan.
2. Car Seat atau Capsul
Untuk mengamankan bayi dalam perjalanan bermobil. Pilih yang multi fungsi yaitu bisa digunakan sejak bayi hingga balita. Pelajari cara menggunakan sabun pengaman, menyetel sandaran dan cara memasang di kursi mobil (letakkan di jok belakang menghadap ke arah belakang). Car seat ada juga yang bisa digunakan sebagai kerangjang bayi.
3. Baby sling 
Kain gendong bayi seperti para ibu dahulu namun ini versi modern. Pilih yang dilengkapi bantalan pelindung tulang belakang dan kepala bayi
4. Kereta Bayi (stroller)
Untuk mengajak bayi jalan-jalan di luar rumah. Tersedia untuk bayi hingga balita dan model ganda
5. Pernak-pernik ASI
Sahabat Anda di masa menyusui, antara lain breast pad agar ASI tidak merembes di baju, botol beling wadah ASI perah, sabun strelisasi botol, sikat botol, pompa ASI manual atau elektrik, penghangat ASI, cooler box dan ice pack.
6. Toiletris Bayi
Pemakaian dan jenisnya tergantung pada tingkat sensitivitas bayi. Umumnya terdiri dari sabun bayi, sampo bayi yang tidak pedih di mata, minyak telon, baby oil untuk membersihkan kerak kepala; telinga; dll, Krim popok untuk menjaga kesehatan daerah popok, baby cologne agar tubuhnya wangi, hair loting, lotion atau krim untuk melembabkan kulit, skin protector untuk menangkal nyamuk
7. Pakaian Bayi
Berbelanja pakaian bayi bisa membuat Anda lupa diri karena banyak modelnya yang lucu dan menggemaskan. Tidak perlu membeli langsung banyak, belilah per tiga bulanan dalam jumlah cukup untuk dipakai dalam satu minggu.Dalam 3 bulan perkembangan tubuh bayi sangat cepat. Yang diperlukan adalah kaus/blus sehari-hari lengan pendek atau tanpa lengan (2 lusin), celana pendek (2 lusin), celana tidur (1 lusin), jumper atau busana pergi (6 potong), kaus kaki; sarung tangan dan sarung kaki (3 pasang), kain bedong (1 lusin), selimut; handuk; waslap (2-3 buah), jaket ; topi (1-2 buah), perlak (2 buah)
8. Popok
Fungsinya celana dalam bayi. Harus nyaman agar tidak mengiritasi kulitnya. Ada popok kain yang ramah lingkungan karena dapat dipakai berulang-ulang, popok sekali pakai yang praktis langsung dibuang, popok dengan nappy liners (lapisan dalam) itu semua tergantung Anda dan bayinya
9. Tas Bayi
Penting untuk membawa peralatan bayi saat bepergian, hindari mencampur barang bayi dengan barang Anda di satu tas, karena menyulitkan proses pencarian dan mencemari kebersihannya.

Selain berisikan tips keperluan apa yang harus disiapkan, tapi juga tentang perkembangan janin di bulan ini, perihal ganti dokter kandungan, perihal jatuh ketika hamil, tentang berhubungan suami istri dikala hamil, manfaat senam hamil, stimulasi terbaik untuk si bayi kala masih di perut dan masih banyak lagi lho..

baca di sini http://www.rsi-cahayagiri.net/2016/06/bulan-ketujuh-waktunya-belanja-barang.html

   
Jumlah Posts : 103
Jumlah di-Like : belum ada like

Bun, mungkin kadang bingung metode apa yang sebenarnya pas untuk merawat kulit bayi yang cenderung sensitif. Makanya ini mau nge share aja bun gimana cara merawat kulit bayi yang benar. 

  1. Gunakan pelembap

Tak hanya kulit Ibu, kulit si Kecil juga membutuhkan pelembap tambahan agar tetap terjaga kesehatannya. Ibu dapat memanfaatkan produk baby oil yang bagus ataupun baby lotion untuk membantu menjaga kelembapan, kelembutan, dan kehalusan kulit si Kecil sejak dini hingga ia besar nanti. Ibu bisa menggunakan baby oil dengan cara menuangkannya sedikit ke dalam air mandi atau sekadar mengusapkannya pada tubuh si Kecil terutama pada lipatan kulit untuk menghindari kulit kering

Selain itu, perlindungan lain yang bisa Ibu gunakan untuk merawat kulit si Kecil adalah dengan menggunakan JOHNSON’S®milk + rice baby lotion setiap habis mandi. Kandungan protein susu murni dan nutrien beras yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi, dapat membantu memberikan nutrisi pada kulit, dan menjaganya tetap lembap.

  1. Minimalisir penggunaan air hangat saat mandi

Umumnya, orang tua lebih memilih menggunakan air hangat dibandingkan air dingin saat memandikan bayi. Sebab, ada anggapan bahwa si Kecil tidak akan kaget dan kedinginan jika dimandikan dengan air hangat. Ya, ini ada benarnya juga. Namun, seiring bertambahnya usia, Ibu sebenarnya dapat membiasakan si Kecil mandi dengan air dingin. Penggunaan air hangat berlebihan justru dapat membuat kulitnya menjadi kering dan kehilangan minyak alaminya. Selain air, Ibu sebaiknya juga memerhatikan sabun yang digunakan. Pastikan Ibu memilih sabun khusus bayi yang dapat merawat kesehatan kulitnya.

JOHNSON’S® baby milk + rice bath, bisa menjadi pilihan Ibu untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan kulit si Kecil. Diperkaya dengan kandungan nutrien beras, vitamin A, dan vitamin E, JOHNSON’S® baby milk + rice bath dapat menjaga kulit halus, lembut, dan kenyal serta membantu menjadikannya lebih berseri.

  1. Keringkan badan bayi

Mengeringkan badan bayi, merupakan kegiatan yang penting dilakukan setelah ia selesai mandi. Mengeringkan badan dengan benar, merupakan salah satu cara merawat kulit bayi agar tetap sehat. Lebih baik tekan-tekan lembut handuk pada setiap jengkal tubuh bayi dan hindari menggosok kulitnya terlalu kasar. Selanjutnya, aplikasikan baby oil atau baby lotion untuk menjaga kelembapan tubuhnya.

  1. Pilih pakaian

Setelah selesai memakaikan baby oil dan baby lotion, Ibu juga harus cermat dalam memilih pakaian untuk bayi. Pilihlah pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat, agar kulitnya dapat bernapas dengan baik, dan sirkulasi udara lancar. Hindari bahan nylonwool, dan bahan-bahan sintetis lainnya untuk pakaian bayi di tahun-tahun pertamanya ini. Pemilihan pakaian yang keliru, dapat berisiko memperparah kondisi kulit bayi dan memicu timbulnya biang keringat.

  1. Pastikan bayi terhidrasi

Kulit kering pada bayi bisa disebabkan oleh tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan. Selain menjaganya tetap lembap dengan penggunaan baby oil pada bayi, Ibu juga harus memastikan bahwa si Kecil terhidrasi dengan baik. Berikan si Kecil ASI tepat pada waktunya. Namun, jika tak lagi menyusu, pastikan si Kecil mengonsumsi cukup cairan dalam aktivitasnya sehari-hari.

  1. Hindarkan dari faktor penyebab

Sebaiknya, hindarkan si Kecil dari paparan udara dingin secara langsung dan terlalu lama, baik yang berasal dari udara alami maupun dari AC. Jika perlu, pakaikan sarung tangan dan kaus kaki pada si Kecil untuk menjaga kehangatan bayi, dan juga untuk menghindari kulit kering dan pecah-pecah. Bahkan, penggunaan sarung tangan dan kaus kaki ini disarankan untuk dilakukan terus-menerus saat bayi berumur kurang dari enam bulan.

Bagaimana Buu, cara merawat kulit kering pada bayi bukanlah hal yang rumit, kan? Ibu hanya perlu lebih cermat dan teliti memerhatikan hal-hal kecil yang dapat menjadi penyebab masalah pada kulit bayi agar bisa memberikan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa baby oil dan baby lotion dapat berpengaruh pada kesehatan, kelembutan, dan kelembapan kulit bayi.

   
11-04-2016 06:13:43 gatal2 di badan dan perut
Jumlah Posts : 96
Jumlah di-Like : belum ada like
iya tpi alhamdulillah sekarang udah ga gatal..soalnya lhat di internet katanya mandinya mesti pake sabun bayi dan sesudah mandi pakai hand bodi lotion yg melembabkan kulit,jdi kulit nya jngan smpe kering mesti lembab trs..
   
06-01-2016 14:33:41 gatal di perut dan PD
Jumlah Posts : 30
Jumlah di-Like : belum ada like
Kalau mandi pake sabun bayi bun. Abis mandi pake baby Oil. Kalo mandi pake sabun dewasa bikin kulit kita kering. Aku semenjak mandi pake sabun Bayi Alhamdulilah ga pernah gatel2 lg. hehee
   
Jumlah Posts : 10
Jumlah di-Like : belum ada like
caladine cair untuk bayi boleh ya bun... kirain aku belum boleh
   
Jumlah Posts : 612
Jumlah di-Like : belum ada like
bun lala : kalau aku sih lebih mikir kesehatan bayi bun. kalau emang ga memungkinkan untuk normal, kenapa hRis takut sesar? bagaimana pun prosesnya, sakitnya sama bun. yang penting ibu dan bayi bisa sehat.. kasian bayinya kalau ibunya ketakutan sesar, apalagi ketuban dah sedikit.
   
Jumlah Posts : 16
Jumlah di-Like : belum ada like

Banyak bunda chintya, coba ya aku sharing nih bun dikutip dari artikel infobunda mengenai "Persiapan Menyambut Bayi". http://www.infobunda.com/pages/articles/artikelshow.php?id=96&catid=11

" Pakaian:

  • 4-6 piyama bayi
  • 3-4 pasang sepatu dan kaus kaki
  • 2 selimut
  • 4-6 kaus dan celana dalam
  • Pakaian bepergian (misalnya untuk imunisasi), seperti baju bayi yang cukup hangat, selimut bertudung, dan celana dengan kancing di selangkangan
  • 3-4 popok untuk mengelap kotoran akibat bayi bersendawa
  • 4 gurita bayi

Mandi dan bersih-bersih

  • 4-6 popok tahan air
  • 1 paket diaper atau popok sekali pakai
  • Ember popok atau tempat sampah
  • Bola-bola kapas berair untuk membersihkan bayi setelah BAB
  • Sabun bayi
  • Penyeka/lap tubuh bayi
  • Krim ruam popok
  • Sampo bayi
  • Baby oil bila perlu
  • Minyak telon atau kayu putih untuk menghangatkan
  • Peniti
  • Sisir khusus
  • 1 lusin popok kain
  • Meja untuk membersihkan bayi
  • Bak mandi khusus bayi
  • Antiseptik untuk perawatan tali pusat
  • Obat salep antibakteri
  • Sikat lidah

Semakin bayi tumbuh, maka kebutuhan dan jumlah barang yang diperlukan akan berbeda. Ada yang bertambah, ada juga yang berkurang. Misalnya, bayi yang semakin besar boleh jadi sudah tidak membutuhkan gurita bayi. Sebaliknya, ia akan semakin banyak membutuhkan lusinan pakaian lengkap. Sebaiknya, pilih baju dan celana berkancing agar mudah dikenakan. Barang-barang lain yang biasanya dibutuhkan adalah:

  • Termometer
  • Gunting kuku bayi
  • Dot
  • Botol
  • Sikat pencuci botol
  • Steamer atau alat untuk mensterilkan perlengkapan makan dan minum (botol atau mangkuk) bayi
  • Alat untuk mengobati hidung yang tersumbat

          Untuk bepergian, bayi juga membutuhkan:

  • Tas keperluan bayi
  • Selimut bertudung
  • Keranjang bayi
  • Gendongan bayi
  • Kursi mobil untuk bayi"
   
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Kalo baca judulnya pasti pada bingung, kenapa? Kan makanan utama bayi adalah susu, masa jangan dikasih susu?hehe Terus dikasih apa supaya bayi kita bisa dapet asupan makanan?

Justru karena susu itu makanan utama dari bayi, jadi kita juga ga boleh asal ya bun untuk kasih ke bayi kita. Selain jadi makanan utama bayi, kita sampai besarpun pasti masih ada beberapa yang suka mengkonsumsi susu ini, karena emang baik proteinnya buat badan kita.

Nah, tapi ada satu susu nih yang dikenal baik untuk di konsumsi dan proteinnya lebih tinggi dari pada susu sapi yaitu susu kambing bun. Kalo kita dengr sesuatu yang berprotein tinggi, asumsi kita pasti itu bagus untuk badan kan. Tapi ternyata ngga dengan susu kambing ini.

Jadi kenapa berbahaya? Karena kadar protein yang terlalu tinggi di dalam susu kambing itu dan di berikan ke bayi bunda, maka bayi bunda malah akan dehidrasi. Makannya sangat ga dianjurkan ya bun untuk kasih susu kambing ini kepada bayi.

Sumber

   
10-04-2015 14:13:27 tidak pernah mual-mual
Jumlah Posts : 543
Jumlah di-Like : belum ada like
aku jg bund dr awal hamil smpe lahiran ga prnh mual ato ngidam.makan jg lahap bund..dan sebenarnya kl d medis itu ga ada istilah ngidam bund,hnya keinginan otak aja..klo bunda bs fokus niat untuk ga muntah,bunda psti kuat kq ga mntah2..usahakan kl muntah2 lgsung makan lgi,masuk-keluar-masuk-kluar..demi nutrisi bayi bund,ksian bayinya kl bunda ga memaksakan diri untuk makan :)