SITE STATUS
Jumlah Member :
493.641 member
user online :
773 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: adem sari lasegar bisa meredakan batuk

New Topic :  
Jumlah Posts : 36
Jumlah di-Like : belum ada like
hallo bunda2. . salam kenal semua yaa. . Uk ku skrg jln 29w.. akhir2 nih lg terserang sakit tenggorokan, batuk2, kyk mw radang gitu bun.. gatel bgt rasa nya tenggorokan ku..
Bunda2 ada yg prnh ngalami gag? terus bole minum obat ato sejenis adem sari/Lasegar gag yaa? soal nya blm ke Dokter ni bun..
   


Jumlah Posts : 587
Jumlah di-Like : belum ada like
klo panas dlm minum larutan aja bun.lasegar/yg cap kaki 3.. klo adem sari kan gk di anjurin..
   
Jumlah Posts : 4
Jumlah di-Like : belum ada like
Salam kenal bunda adhe & bunda pertiwi : sama bun aq jg uk 29w lg ngerasain mual,pusing,lemes bgd..Apalagi skrng lg batuk2,perut terasa kenceng,sakit dan ngga bisa tidur. Minta solusi'y donk bunda2 gmn cara meredakan batuk bwt bumil.
   


12-07-2015 12:30:56 Batuk di 23 w
Jumlah Posts : 95
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda, share dong caranya meredakan batuk, soalnya aku takut minum obat sembarangan:(
udah gak nyaman banget gak pernah bisa tidur, gegara batuk. apa lagi kalo batuk sampe kaku perutnya, takut dedenya kenapa napa :(
   
12-07-2015 12:29:59 Batuk di 23 w
Jumlah Posts : 95
Jumlah di-Like : belum ada like
Bunda, share dong caranya meredakan batuk, soalnya aku takut minum obat sembarangan:(
udah gak nyaman banget gak pernah bisa tidur, gegara batuk.
   


09-04-2015 07:35:49 telat haid sebelas hari
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
stelah menikah , haid sya selalu maju 2hari dri tgl sblumnya. di bulan ke 6 ini sya telat 11hari disertai payudara kencang, stelah makan suka mual tp gak muntah. eh dihari ke 12 nya sya telat, sya malah haid banyak. sebelum itu yg dihari ke 10 nya sya terkena mau batuk pilek gtu, jadi sya mnum adem sari, pas stelah minum sya bru bca bungkusnya ternyata tdk boleh utk wanita hamil. jadinya pas hri ke 12nya sya haid byk bgt, apakah sya itu kguguran apa cma haidnya terganggu??
   
14-07-2014 23:06:18 Coba Spa Di Rumah Yuk Bunda
Jumlah Posts : 181
Jumlah di-Like : belum ada like

Banyak bunda yang terlalu sibuk mengurus anak, sampai lupa memberi waktu untuk diri sendiri bersantai dan melakukan perawatan tubuh. Untuk bisa melakukan perawatan tubuh ini bunda gak perlu repot-repot ke salon dan spa loh.

Cara paling mudah dengan melakukan perawatan tersebut di rumah. Bunda hanya perlu mempersiapkan handuk, alat gosok, minyak esensial untuk aromaterapi, dan bila diperlukan bunda bisa memanggil tukang pijat untuk datang ke rumah.

Ini dia yang diperlukan untuk bisa melakukan perawatan spa di rumah :

  • Body scrub

Pilih bahan yang mudah didapat seperti misalnya campuran gula pasir coklat dan extra virgin olive oil. Tujuan body scrub ini untuk menghilangkan sel kulit yang mati. Bunda bisa menentukan campuran scrub ini sesuai dengan selera bunda. Gosoklah kulit dengan gerakan memutar dari ujung kaki sampai leher. Yang perlu diingat adalah bunda gak boleh terlalu sama menggosokkan adonan scrub ini ke tubuh untuk menghindari iritasi. Setelah dirasa cukup, bilas tubuh dengan air hangat, dan jangan lupa oleskan body lotion dengan formula kelembaban ekstra.

  • Herbal bath

Perawatan dengan air. Berendam air di pagi hari dengan suhu 36 derajat celcius, dan sore ahri dengan air bersuhu 37 derajat celcius. Selesei berendam sebaiknya minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengganti cairan yang hilang.

  • Creambath dengan mayonaise

Bunda juga boleh coba perawatan creambath dengan mayonaise. Mayonaise ini kadar lemak dan minyaknya tinggi, jadi dapat melembabkan rambut secara alami dan maksimal. Setelah bunda mengusapkan mayonaise secara merata pada rambut, diamkan selama 60-90 menit, lalu bilas dengan air hangat, dan lanjutkan dengan air biasa. Boleh juga kok kalau bunda mau keramas setelahnya.

  • Pijat

Pilih musik yang pelan dan nyalakan lilin aromaterapi. Gunakan minyak esensial agar dapat mengurangi stres dan rasa khawatir, mengurangi rasa pegal serta memperlancar detosifikasi. Usahakan tubuh tetap hangat dan relaks 20 menit pasca pijat.

  • Hilangkan bintik hitam dengan air perasan lemon

Jika bunda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan deep facial untuk mengusir noda hitam bekas jerawat pada wajah, manfaatkan air perasan lemon di rumah. Perasa setengah buah lemon, oleskan ke titik-titik hitam pada wajah dengan menggunakan cotton bud. Lakuka n ini maksimal 5 kali olesan, dengan jeda waktu 3 detik dalam sehari.

  • Rawat telapak kaki dengan Epsom salt hot bath

Bunda pernah dengar garam Epsom? Garam organik ini biasanya digunakan sebagai garam mandi, untuk merontokkan sel-sel kulit mati pada kulit. Bunda bisa menaburkannya ke dalam air hangat di dalam baskom, lalu gunakan untuk merendam kedua telapak kaki bunda. Selain ini bisa meredakan kelelahan pada kaki, perawatan ini bisa membuat kaki bunda jadi jauh lembut hanya dalam sekejap. Jangan lupa untuk oleskan krim kaki sesudahnya yah bun.

  • Masker wajah alami yang lengkap

Bunda bisa membuat masker wajah dari campuran teh hijau, sari kacang hijau, daun mint, bluberi, dan alpukat. Cara membuatnya potong-potong buah dan daun mint, lalu campur dengan bahan lain sampai halus menggunakan blender. Teh hijau ini akan meringankan peradangan jerawat, sari kacang kedelai akan meratakan warna kulit wajah, daun mint memiliki efek menenangkan, bluberi mampu mendetoksifikasi, dan alpukat gunanya melembabkan kulit. Bunda buat saja secukupnya, agar lain waktu bisa membuatnya lagi dalam keadaan segar. Masker ini bisa membersihkan secara intensif, kemudian lakukan toning untuk mengencangkan pori-pori. Kemudian olesi wajah dengan pelembab untuk melembabkan kulit.

  • Perawatan spiritual

Bunda juga bisa loh melakukan meditasi selama 10 menit pada pagi atau malam hari.

Nah bunda silakan dicoba nih perawatan spa di rumah, mudah bukan? Semoga bermanfaat yah.

sumber : bunda konicare ; merdeka.com

   
26-06-2014 12:08:36 panas dalam
Jumlah Posts : 7
Jumlah di-Like : belum ada like
Assalamualaikum
bunda mau nanya nie bumil boleh minum adem sari gak ya??lagi panas dalam nie sariawan d gusi gak bisa mkan bdan jd lemes,,,
   
Jumlah Posts : 178
Jumlah di-Like : belum ada like

Bunda, saat si kecil batuk, jangan terlalu sering diberi obat. Menurut kajian Canadian Famili Physician, obat batu berbahaya untuk anak dibawah umur 4 tahun.  Tapi sepertinya kajian ini tak berlaku jika diterapkan di negara kita. Tapi bunda pun masih bisa mengikuti saran dari para dokter di Canada, dengan merawat dan memberikan yang terbaik untuk si kecil saat ia sedang demam dan batuk

  • Mandikan si kecil dengan air hangat

Ini berlaku untuk semua usia anak. Agar si kecil merasa nyaman, mandikan dia dengan air hanget agar tidak menggigil setelah mandi.

  • Istirahat cukup

Untuk sebagian anak walaupun mereka sedang sakit, mereka tetap saja ingin bermain. Agar tidak rewel jika anak ingin main sebaiknya tidak dilarang. Bunda hanya perlu membantu untuk pilihkan mainan yang membuat sang anak tidak terlalu lelah. Bisa juga dengan melukis atau main monopoli.

  • Tidur siang

Temani anak agar ia bisa tidur siang dengan tenang. Pastikan si anak merasa bunda selalu setia mendampinginya. Saat tidur malam, bunda bisa oleskan minyak telon hangat, seperti konicare atau minyak kayu putih di bagian dadanya, agar si kecil merasa hangat saat tidur.

  • Beri si kecil sup panas

Sup panas dengan kaldu ayam asli akan membuat si kecil merasa lebih baik. Kandungan sayuran dan kaldu ayam asli sangat baik untuk kesehatan.

  • Tinggikan kepalanya saat ia tidur

Beri si kecil bantal yang lebih tinggi agar ia dapat bernafas lebih lega. Hal ini bisa mengurangi batuk dan tidur anak jadi tidak terganggu.

  • Sari kurma

Sari kurma atau madu baik untuk kesehatan anak. Dalam masa pemulihannya, meminum satu sendok kurma atau madu dua kali sehari (pagi dan sore hari) membuat kesehatannya semakin baik.

  • Banyak minum air putih

Biasakan agar si kecil minum air putih ya bun agar dia lancar buang air kecil. Bila anak demam, banyak minum air putih bisa mengurangi panas tubuhnya.

sumber : agoodparenting

   
Jumlah Posts : 83
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda lake, adem sari ngga boleh loh bund, ada larangannya dikemasannya...
bunda ai., aku waktu 20w posisi sungsang bunda. trus dokter bilang gpp, seringdi ajak ngobrol babynya, trus diusap2 memutar perutnya, sambil di ajak ngobrol bund, trus lebih banyakkin jalan kaki.. alhamdulillah sekarang 27 w posisi keoala debay di bawah, tapi dia masih bisa muter2 loh bund..
   
15-01-2013 11:57:25 Batuk Pilek Untuk Anak Alergi
Jumlah Posts : 395
Jumlah di-Like : 4
 Dear Bunda Rofaul,


Ryvel drop mengandung cetrizine yang dapat membantu mengurangi alergi. Rhinos mengandung pseudoefedrin untuk meredakan batuk. Ambroxol untuk mengeluarkan lendir yang lengket dan kental dari saluran pernafasan baby.

ada beberapa saran untuk membantu :
- hindari debu (misalnya karpet, gorden atau boneka yang bisa menampung debu )
- hindari binatang peliharaan yang berbulu (misalnya kucing atau anjing)
- saat pagi hari, baby bisa dijemur, dalam posisi tengkurap sambil di usap-usap punggungnya untuk membantu keluar lendir.
- home treatment dikamar tidur, taruh air hangat dalam wadah dan diteteskan minyak telon.
- usapkan minyak telon ke badan baby, jangan lupa di telapak kaki baby.

Jika batuk pileknya tidak kunjung reda, Silahkan berkonsultasi dengan dokter anak lagi.
Terima Kasih, semoga membantu

   
Jumlah Posts : 268
Jumlah di-Like : 3
wass,,, bunda fie,,,

aku kemarin sempet tiga hari ngerasain yang namanya heartburn.,...
rasanya memang ga enak bun,,, dari bangun tidur sampe tidur tetep aj kerongkongan rasanya kayak kebakar,,,
itu sih pemicunya karena beberapa hari sebelum aku kena heartburn,,, aku konsumsi makanan yang rada pedes2 mulu bun,,,
sempet takut juga,,, ngaruh ga sama si dede',,,,
aku pikir panas dalem ya bun,,, mau minum kayak lasegar atau adem sari aku takut,,,
akhirnya aku searching internet tentang heartburn,,,
dapetlah bahwa cara meredakannya banyak minum air putih, jangan makan pedas2, banyak makan buah, dan jangan langsung tidur sehabis makan,,,

alhamdulillah,,, perlahan heartburn nya hilang bun,,,
happy pregnant bun,,,
   
Jumlah Posts : 108
Jumlah di-Like : belum ada like
@bunda tristin. owh gt ya bun... ok deh klo gt aq jd berani minum lasegar klo emg gpp hehehe,. klo adem sari aq emg ga kuat kepala kleyengan ga hamilpun aq ga berani minum adem sari bun... thanks yah infonya,. @bunda annie,.. iya bun aq jg tiap hari mkn buah bnyk dan minum air putih jg bnyk kayaknya masih panas dlm trs bun,.. coz mukaku yg tadinya mulus jg skrg bnyk jerawat kecil2.. pnh pagi2 bangun tidur mimisan bnyk bngt.. kt mertuaku aq bawaaanya panas jd suruh minum lasegar hehehe thanks yah udah share sangat membantu bngt..
   
Jumlah Posts : 23
Jumlah di-Like : belum ada like
allo bunda nesia....

share yah...kyknya gpp bund...aq dr hamil awal smp smp skrg sering bgt yg namanya minum larutan kaki tiga & lasegar..dari yg botol kecil,botol besar,botol kaleng dh aq coba heheeee skrg klo beli yg botol besar buat seharian...lumayan mengurangi panas dalamq....klo pke adem sari lambungq g kuat...malah mual trus muntah2 gt...

klo krg puas lgsg tanya k DSOG aj bund...

SEMANGAT

   
15-06-2010 10:42:39 hamil 8 minggu
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15
BATUK LEWAT TIGA HARI PERLU DIWASPADAI

Terutama bila frekuensi batuknya sering dan tekanannya kuat

 Duh, repot ya Bu, kalau sedang hamil lalu terserang batuk. Setiap uhuk-uhuk, perut serasa ditekan-tekan. Kalau ditahan, batuknya bukan malah berhenti tapi justru menyembur lebih keras lagi. Padahal kita sering berbuat begitu agar si janin tidak ikut terguncang-guncang saat kita terbatuk. Jadi apa yang mesti diperbuat, ya?

Yang jelas, kata dr. Reino Rambey, SpOG., dari RS Haji, Jakarta, batuk kerap menyerang ibu hamil karena kondisi daya tahan tubuhnya saat itu memang sedang lemah sehingga memudahkan kuman masuk. Namun, masalah batuk ini tidak perlu membuat ibu hamil khawatir berlebihan, karena tidak setiap batuk akan membahayakan janin. Frekuensi batuk yang jarang dan tekanan batuk yang tidak terlalu kuat umumnya tidak menimbulkan gangguan berarti bagi kehamilan dan perkembangan janin.

DAMPAK BATUK

Lalu bagaimana dampak dari infeksinya sendiri, apakah tidak akan mengganggu kesehatan janin? Seperti diketahui, batuk merupakan suatu gejala penyakit karena saluran napas yang bersangkutan tengah "bermasalah" seperti terinfeksi bakteri, virus atau hanya sekadar teriritasi. Lagi-lagi Reino menegaskan, penyakit infeksi saluran pernapasan, seperti batuk-pilek yang umum terjadi, tidak akan sampai berpengaruh atau menimbulkan kecacatan pada janin. "Janin tetap aman karena ia berada dalam selaput ketuban di dalam rahim yang dapat melindunginya dari infeksi luar."

Yang perlu diwaspadai, jika frekuensi batuk itu terbilang sering dan tekanannya kuat. Itu berarti infeksi yang terjadi juga berat. Dampaknya bisa seperti ini:

* Di Trimester Awal

Batuk yang kuat dan sering di trimester ini akan meyebabkan meningkatnya tekanan dalam perut. Bila batuk yang terjadi diakibatkan infeksi yang cukup berat, tentunya dapat menimbulkan kontraksi. Di samping itu infeksi pada saluran napas sering pula mengakibatkan infeksi pada organ reproduksi wanita. Jika kondisi ibu hamil sudah bermasalah dari awal, ditambah dengan adanya infeksi, tentunya batuk seperti ini dapat memperparah dan ancaman keguguran dapat saja terjadi. Seperti yang dikatakan Reino, "Keguguran bisa terjadi jika kehamilan ibu disertai kelainan pada janin, seperti blinded ovum atau janin yang tak berkembang."

* Di Trimester kedua dan ketiga

Sementara di trimester kedua dan ketiga, batuk yang terus-menerus dikhawatirkan bisa memicu kelahiran prematur. Batuk yang kuat menyebabkan tekanan ke rongga perut meningkat sehingga rahim jadi lebih sering terdorong dan terjadilah kontraksi. "Bahkan di trimester akhir bila disertai infeksi, kondisi seperti ini bisa menyebabkan ketuban pecah dini dan mengakibatkan kelahiran prematur."

TIGA PENYEBAB BATUK

Soal penyebab batuk, Reino membaginya menjadi tiga, yakni karena alergi, virus atau bakteri.

* Batuk alergi

Batuk alergi terjadi karena saluran napas yang bersangkutan sangat sensitif (hipersensitif) terhadap rangsangan faktor pencetus, semisal udara dingin, debu udara dan perabot rumah, asap, dan sebagainya. Pada umumnya batuk ini gampang dikenali, kemunculannya berbarengan dengan saat si penderita alergi terkena faktor pencetus. Lalu batuk-batuk akan menghilang bila ibu tidak terpapar lagi oleh faktor pencetus tersebut.

Pengobatan yang paling utama adalah menghindari faktor pencetus. Dokter biasanya juga akan memberikan obat batuk yang sifatnya meredakan reaksi alergi sehingga frekuensi batuknya jadi berkurang.

* Batuk karena virus

Cirinya adalah batuk yang terjadi tidak berlangsung terus-menerus dan akan menghilang sendiri dalam beberapa hari. Umumnya disebabkan kondisi tubuh ibu yang sedang menurun. Bisa karena ibu kurang menjaga asupan makanannya, kurang berolahraga, atau bisa juga karena kurang istirahat. Batuk karena virus termasuk self limiting desease atau penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa diobati.

Jadi batuk yang dikarenakan virus tidak perlu diatasi dengan obat-obatan karena, seperti yang dikatakan tadi, dia akan menghilang sendiri dalam waktu kurang dari seminggu. Tentu dengan syarat, ibu hamil harus meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan makan makanan bergizi dan cukup beristirahat.

* Batuk karena bakteri

Adakalanya batuk yang awalnya disebabkan infeksi virus dapat berlanjut dengan infeksi oleh bakteri. Kalau sudah begini, kondisi ibu hamil akan terlihat parah. Gejala yang timbul bukan hanya bersin-bersin dan batuk-batuk saja, tapi juga demam. Batuknya pun disertai lendir atau dahak yang berwarna kuning atau kehijauan. Upaya pengobatannya adalah dengan menggunakan obat batuk dan antibiotika.

PENANGANAN DI RUMAH

Nah, untuk batuk yang masih ringan (tanpa disertai demam dan belum lebih dari tiga hari), saran Reino, ibu hamil tak perlu langsung mengonsumsi obat. Langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan agar kondisi penyakit tidak semakin parah:

* Banyaklah beristirahat dan tidur yang cukup.

* Hindari makan makanan yang dapat merangsang batuk, seperti goreng-gorengan atau makanan dan minuman dingin.

* Banyaklah mengonsumsi buah-buahan, terlebih yang kaya vitamin C, seperti jeruk, jambu biji dan sejenisnya.

* Banyak minum air putih hangat agar tenggorokan tidak membengkak akibat adanya reaksi peradangan.

* Pengobatan seperti minum sesendok kecap atau madu yang sudah dicampur dengan perasan air jeruk nipis yang sebelumnya sudah dibakar, bisa saja dicoba.

Jika semua cara tersebut tidak juga meredakan batuk, untuk pertolongan pertama ibu bisa minum obat batuk hitam yang relatif aman dikonsumsi selama hamil. Obat batuk yang bisa digunakan untuk semua jenis batuk ini, selain dapat meredakan batuk, juga bisa mengeluarkan lendir.

HUBUNGI DOKTER

Kalau kondisi ibu hamil tidak membaik atau malah cenderung lebih parah, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi pada dokter kandungan karena kalau sudah begitu biasanya batuk yang terjadi disebabkan bakteri, yang membutuhkan penanganan lebih lanjut dari dokter.

Umumnya yang diberikan adalah obat pengurang batuk, juga antibiotik sebagai upaya untuk menekan jumlah bakteri. Juga, bila batuk yang terjadi menimbulkan kontraksi, selain obat-obatan tadi, dokter akan memberikan obat yang sifatnya dapat meredakan kontraksi pada rahim.

Tentunya jenis antibiotika dan dosis yang diberikan dokter harus aman bagi ibu hamil. "Dokter kandungan pasti sudah tahu antibiotik mana yang tidak akan menembus sawar plasenta sehingga aman bagi janin."

BATUK KARENA TBC

Bagaimana dengan batuk yang disebabkan penyakit berat seperti TBC? Ditegaskan oleh Reino, bahwa batuk akibat TBC amat jarang muncul selama kehamilan. Kalaupun ada bukan karena pada saat hamil ibu terserang TBC, tapi infeksi TBC terjadi jauh sebelum kehamilan. Jika TBC itu tidak diobati secara tuntas, maka kondisinya menjadi parah dan timbul serta berlanjut saat ibu tengah mengandung.

Dampak kasus seperti ini pada janin, diakui Reino, cukup berbahaya karena infeksi bakteri TBC bisa menyebabkan kondisi kesehatan ibu menurun dan akhirnya dapat dan menyebabkan pertumbuhan janin terhambat. "Infeksi pada saluran napas dapat pula menyebabkan infeksi pada kelenjar getah bening yang ada di leher. Kemudian kuman beredar mengikuti aliran darah sampai ke organ reproduksi wanita, yang dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim, ketuban pecah dini bahkan keguguran atau persalinan prematur."

Oleh karena itu, saran Reino, sebelum kehamilan terjadi ibu sebaiknya sudah mempersiapkan kesehatan diri dengan maksimal. Di antaranya melakukan tes kesehatan sebelum mengupayakan kehamilan. Itulah pentingnya pemeriksaan prenatal, sehingga selama kehamilan ibu dapat terbebas dari infeksi-infeksi yang berat.

semoga bisa membantu

salam

putri a.k.a zach mom's