SITE STATUS
Jumlah Member :
492.594 member
user online :
1298 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

forum

Cari: 2 fsabun sebamed untuk cacar air

New Topic :  
24-07-2017 20:49:44 cacar air
Jumlah Posts : 2
Jumlah di-Like : belum ada like
bunda saya takut sekali tertular cacar air karna suami terkena cacar air saya mengandung 2 bulan...apa benar cacar air berbahaya saat hamil???
   


28-06-2013 15:14:41 cacar di usia 6 bulan
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
dok saya mau nanya,anak saya kan baru berumur 6 bln,tapi kok udah kena penyakit cacar air.amankah itu dok,terus apa yg saya harus lakukan.trimakasih

Dari : Juar Tya Cutee Aja

Jawaban:

Dear Bunda,

Cacar air merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Penyakit ini dapat terjadi oleh siapa saja dalam berbagai umur. Untuk menghidar dari terjangkitnya penyakit ini, maka diperlukan daya tahan tubuh yang baik terutama melalui vaksinasi. Pemberian vaksinasi untuk cacar air dilakukan 1 kali setelah anak berusia 18 bulan. Apabila seorang anak terkena cacar air sebelum ia diberikan vaksinasi, maka infeksi tersebut secara otomatis menyebabkan tubuh membentuk antibodi terhadap virus tersebut dan tidak memerlukan vaksinasi setelahnya. Periksakan anak Anda pada dokter untuk penanganan infeksi cacar air, penyakit ini akan sembuh dengan baik namun pada beberapa individu dapat meninggalkan bekas luka atau scars pada kulit, tetapi tidak berbahaya.
   
10-08-2015 09:43:26 Imunisasi otak
Jumlah Posts : 2513
Jumlah di-Like : 7

Departemen Kesehatan Republik Indonesia tak henti-hentinya mengampanyekan pentingnya imunisasi untuk mencegah beberapa penyakit di Indonesia. Ada lima imunisasi wajib yang direkomendasikan pemerintah, yaitu vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin) untuk mencegah Tuberkolosis, Polio, Hepatitis B, DPT (Difteri Pertusis Tetanus), dan Campak. Imunisasi wajib? Berarti ada imunisasi tidak wajib?

Ya, benar Bunda. Selain imunisasi wajib yang disebutkan di atas, ada beberapa imunisasi tambahan (tidak wajib). Imunisasi ini dikatakan tidak wajib karena tidak disubsidi pemerintah bukan karena imunisasi ini tidak penting. Pemerintah tetap menganjurkan Bunda memberikan imunisasi tambahan ini bila memungkinkan. Imunisasi tambahan tersebut, adalah:

1.     Hib (Haemophilus Influenza)

Hib adalah vaksin untuk melindungi tubuh dari penyakit Meningitis (radang selaput otak), Pneumonia, dan Epiglotitis (infeksi katup pita suara) yang disebabkan oleh virus Hemophilus influenza type B. Vaksin Hib ini bisa diberikan secara terpisah atau kombinasi (simultan) dan diberikan pada usia 2, 4, 6 serta15 bulan.

2.     PCV (Pneumococcal Vaccine)

Vaksin PCV diberikan untuk mencegah masuknya bakteri Pneumokokus yang dapat menyebabkan Meningitis, Pneumonia dan infeksi telinga. Diberikan pada usia 2, 4, 6 bulan dan antara 12 hingga 15 bulan. Bila Bunda belum memberikannya hingga di atas 1 tahun, vaksin PCV hanya diberikan dua kali dengan jarak interval 2 bulan.

3.     Influenza

Dari namanya Bunda pasti sudah tahu vaksin ini untuk mencegah virus Influenza. Diberikan setahun sekali pada usia 6 bulan.

4.     MMR (Measles, Mumps, Rubella)

Manfaatnya supaya terhindar dari virus Campak, Gondok dan Rubella (Campak Jerman). Diberikan pada usia 15 bulan dan diulang saat si kecil berusia 6 tahun. Bila belum mendapat vaksin Campak pada usia 9 bulan, vaksin ini bisa diberikan saat anak berusia 12 bulan.

5.     Tifoid

Manfaat vaksin ini untuk melindungi si kecil dari bakteri SalmonellaTyphi yang menyebabkan demam Tifoid atau dikenal dengan Tifus. Pemberiannya di atas usia 2 tahun dan diulang kembali setiap 3 tahun.

6.     Hepatitis A

Hepatitis A menyebabkan penyakit hati. Vaksin ini diberikan untuk melindungi tubuh dari penyakit hati. Pemberiannya bisa dilakukan di atas usia 2 tahun. Diberikan dua kali dengan interval 6-12 bulan.

7.     Varisela

Vaksin Varisela ini diberikan untuk melindungi tubuh dari penyakit Cacar Air. Vaksin ini dapat diberikan pada usia di atas 5 tahun.

8.     HPV (Human Papilloma Virus)

Diberikan untuk wanita untuk mencegah tumbuhnya Human Papilloma Virus yang menyebabkan Kanker Mulut Rahim. Waktu pemberiannya saat si kecil berumur di atas 10 tahun dan diberikan sebanyak 3 kali.

Karena vaksin-vaksin tambahan ini tidak disubsidi pemerintah, tidak heran harganya terbilang cukup mahal. Tetapi bila Bunda ada biaya tambahan, tidak ada salahnya melindungi si kecil dengan vaksin-vaksin tambahan ini.

   


Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

bunda Devi, semoga lekas sembuh yaa...
saya bantu share info aja ya Bund ^_^, saya kutip dari Tanya Dokter berkaitan dengan Herpes :

"Infeksi Virus Herpes saat hamil ( http://www.infobunda.com/dokter/8555-Infeksi-Virus-Herpes-saat-hamil.html )
Oleh :pratama cahya
Dok saya ingin bertanya, 3 hari yang lalu dileher sebelah kanan saya muncul bintik2 kaya cacar air dan pas saya kedokter, dokter bilang itu virus herpes. Apakah virus herpes berbahaya bagi janin dok? Terimakasih sebelumnya dokt dan mohon dijawab:)
      
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Periksakan masalah kesehatan kulit Bunda pada dokter untuk pengobatan yang tepat. Herpes genital yang terjadi di daerah genital  (pada umumnya di sebabkan oleh virus HSV-2) dapat memberikan resiko penularan pada bayi yang akan dilahirkan nantinya, juga adanya resiko kegugurann. Namun pada umumnya herpes facialis yang terjadi disebabkan oleh HSV-1 yang terjadi pada daerah wajah dan resiko penularan pada janin tidak sebesar pada herpes genital. Dengan pengobatan yang tepat, herpes akan dapat sembuh dan kembali dalam keadaan tidak aktif (walaupun dapat kumat kembali karena virus bersembunyi di dalam syaraf)."

semoga membantu ya Bunda ^_^

   
Jumlah Posts : 175
Jumlah di-Like : belum ada like

bunda Naena, semoga lekas sembuh yaa...
saya bantu share info aja ya Bund ^_^, saya kutip dari Tanya Dokter berkaitan dengan Herpes :

"Infeksi Virus Herpes saat hamil ( http://www.infobunda.com/dokter/8555-Infeksi-Virus-Herpes-saat-hamil.html )
Oleh :pratama cahya
Dok saya ingin bertanya, 3 hari yang lalu dileher sebelah kanan saya muncul bintik2 kaya cacar air dan pas saya kedokter, dokter bilang itu virus herpes. Apakah virus herpes berbahaya bagi janin dok? Terimakasih sebelumnya dokt dan mohon dijawab:)
      
dr. Tanti menjawab
Dear Bunda,
Periksakan masalah kesehatan kulit Bunda pada dokter untuk pengobatan yang tepat. Herpes genital yang terjadi di daerah genital  (pada umumnya di sebabkan oleh virus HSV-2) dapat memberikan resiko penularan pada bayi yang akan dilahirkan nantinya, juga adanya resiko kegugurann. Namun pada umumnya herpes facialis yang terjadi disebabkan oleh HSV-1 yang terjadi pada daerah wajah dan resiko penularan pada janin tidak sebesar pada herpes genital. Dengan pengobatan yang tepat, herpes akan dapat sembuh dan kembali dalam keadaan tidak aktif (walaupun dapat kumat kembali karena virus bersembunyi di dalam syaraf)."

semoga membantu ya Bunda ^_^
 

   


17-11-2014 20:42:29 awal kehamilan
Jumlah Posts : 38
Jumlah di-Like : belum ada like
saya terakhir bulanan 27 sep 2014., kemudian telat datang bulan 2 minggu kemudia saya test pack hasil nya dua garis alias positif.. kemudian sayan cek ke dokter untuk usg., tp blm kelihatan janin nya.. ada yg pernah mengalami hal serupa? sebagai info.. saat telat datang bulan posisi saya di thailand, dan saya terkena cacar air dsana.. apakah ada pengaruh pada janin? ada yg bisa bantu? terima kasih
   
21-02-2014 22:44:27 imunisasi varisela
Jumlah Posts : 527
Jumlah di-Like : belum ada like
Informasi Terbaru Mengenai Varicella



Created by : dr. Rouli Nababan , SpA




Penelitian terbaru membuktikan bahwa kematian akibat penyakit cacar air (virus varisela) telah turun 97% pada remaja dan anak-anak sejak penggunaan vaksin varisela yang dimulai pada tahun 1995.   Hasil penelitian ini baru saja diterbitkan dalam Jurnal Pediatric 25 Juli 2011
(link: http://pediatrics.aappublications.org/content/early/2011/07/21/peds.2010-3385.full.pdf )





Data yang dipakai berdasarkan data CDC tahun 1990-2007 di Amerika Serikat. Disebutkan dalam jurnal tersebut, pada era sebelum vaksin, sebanyak 3-4 juta kasus cacar air pertahunnya. Yang kurang disadari masyarakat adalah sebanyak 105 orang meninggal tiap tahunnya akibat cacar air ini. Setengah jumlah penderita adalah anak-anak dan sekitar 11.000-12.000 anak dirawat di RS akibat komplikasi yang berat.  Setelah era pemberian vaksin varicela tahun 1995, angka kematian pada anak-anak turun 97%, pada orang dewasa dibawah 50 tahun turun 96%, secara keseluruhan dewasa turun 88%. Perlu diketahui orang dewasa yang terinfeksi cacar air akan menunjukkan gejala yang lebih berat dibandingkan pada anak. Untuk itu orang dewasa yang belum pernah kena cacar air disarankan untuk diberikan vaksinasi varicela secepatnya sebanyak 2 dosis yang diberikan dengan jarak 1 bulan.




Bagaimana dengan Indonesia? Angka kejadian cacar air masih tinggi, banyak orangtua yang masih beranggapan bahwa setiap orang harus kena cacar air. Melihat hasil penelitian ini, sebaiknya sebagai orangtua kembali memeriksa apakah anak-anak kita sudah mendapatkan imunisasi varicela, bila ada orang dewasa yang belum pernah kena cacar air, melihat gejala yang lebih berat dari anak-anak, segeralah mendapatkan imunisasi varicela pada dokter anda.   Penelitian ini adalah salah satu contoh keberhasilan imunisasi dalam memusnahkan suatu penyakit, bila hal ini dilakukan terus menerus dan dilakukan di seluruh dunia, maka bukan hal yang tidak mungkin bumi kita bebas dari penyakit-penyakit infeksi yang berbahaya.   Anak-anak adalah titipan Tuhan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik, bagaimana dengan anda, masih mau menunda imunisasi? Pilihan ditangan anda......  Semoga bermanfaat....
   
17-09-2012 12:26:05 KESEHATAN TIDAK DAPAT DIBELI
Jumlah Posts : 254
Jumlah di-Like : belum ada like

Salam semua nya…dan terimakasi bagi yang sudah membaca

Saya mau berbagai cerita sedikit semoga bisa membantu dan bermafaat bagi semua.

Anakku Kevin usia  6 tahun, dari kecil kalo di gigit nyamuk bekas susah hilang dan karna gatal di garuk terus sama dia jadi luka, lama kelamaan jadi  bekasnya susah hilang,(dan dia suka nanggis kalo liat kaki nya banyak bekas hitam2 gitu) berbagai macam obat, salep sudah dipakai kan ke dia, hasilnya memang ada berkurang dikit, nanti digigit nyamuk atau luka begitu lagi,waktu dia usia 5 tahun, dia keluar cacar air itu saya stress karna bekas luka cacar itu lebih banyak dari gigitan nyamuk,dengan rutin kita pakai salep dan kasi minum obat dari dokter lama2 bekas sembuh.(padahal Kevin  tidak pernah absen imunisasi dr lahir sampai 3 thn)sembuh dr cacar Kevin sekarang sering mengalami  gatal2 diseluruh badan, dan sering muncul bentol 2 seperti di gigit nyamuk gitu,itu kalo 2hari dia tidak minum obat gatal pasti akan muncul bentol2 merah yg buat digatal.begitu di minum  sehari kemudian bentol2 merahnya  hilang.

Itu juga saya  jaga makanan nya dia, saya selalu berpikir mau sampai kapan anakku minum obat gatal ini, bagaimana kalo obat ini tidak di produksi lagi,gimana nasib anakku nanti padahal sekarang baru usia 6 thn,

Sampai teakhir , sekitar 5 bulan yang lalu ada saudara yang anjurkan supaya Kevin minum Bhitosan , akhirnya Kevin saya kasi minum teratur setiap hari 1 kapsul selama 1 bln, hasilnya selama 1bln gatalnya hilang dan bekas luka dibadan, kakinya lama2 menghilang, dan saya pernah coba hampir 2 minggu kita tidak minum Bhitosan, hasilnya penyakit gatalnya itu tidak muncul.

Sekarang  semua keluargaku minum Bhitosan, soalnya  Bhitosan ini bukan hanya mengatasi penyakit gatal Kevin, Bhitosan ini mempunyai banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita:

Soalnya semakin hari di lingkungan hidup kita semakin tidak sehat, apalagi kalo anak2 senang banget makan dan minuman modern sekarang, padahal kita semua tau itu tidak sehat, mau gimana lagi kita semua susah untuk menghindarinya,

Mengapa saya berani kasi anak2 dan semua keluarga saya minum, karna waktu saya liat demo produk bhitosan, saya langsung berkata dihati saya pokoknya semua orang yang saya dicintai harus minum Bhitosan ini, karna saya dan keluarga saya, dan kita semua tidak bisa mehindari jaman modern ini.

Apa itu BHITOSAN,?? BHITOSAN adalah Produk yang dipercayai masyarakat Jepang sebagai makanan kesehatan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh manusia,

BHITOSAN mengandung 50% chitosan yang telah diakui oleh seluruh Negara khasiat dan manfaatnya baiknya dan “molokheiya” sejenis sayuran yang mudah larut dalam air dan dengan struktur molekul  menyerupai selulosa(serat pada sayuran dan buah-buahan) sehingga mudah diserap oleh tubuh.

BHITOSAN bekerja mendetoksifikasi tubuh,membantu membuang  bahan-bahan toksin di dalam tubuh dan memperbaiki fungsi-fungsi tubuh ,untuk meningkatkan kesehatan dan memperlambat proses penuaan. Dan bersifat anti oksida yang dapat mengahambat perkembangan sel-sel kanker.

Penelitian ilmiah membuktikan salah satu kandungan terbaik dari produk Bhitosan ialah Chitosan dapat mengendalikan penyerapan kolesterol,dan dapat mingikat lemak dan menghambat penyerapan lemak oleh tubuh dan mengurangi LDL yang dikenal oleh masyarakat sebagai kolesterol jahat ,sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara efektif dan aman, tanpa efek samping.

Semua orang pasti mau hidup sehat, karna kesehatan tidak dapat dibeli dangan apapun di dunia ini,

Bhitosan  Mengatasi: Penyakit Kulit, Kanker,metabolism tubuh, hormonal,

ATURAN MINUM:

 Bulan Pertama minum 2 kapsul secara teratur, dan selanjutnya 1 kapsul 1 hari

1 BOtol isi 30 kapsul  Rp. 350.000(harga blom termasuk Onkir)

Untuk Info lebih lanjut bisa hub saya

Yanti

081519185518 pin BB 26DEAFF1

trims

Semua orang pasti mau hidup sehat, karna kesehatan tidak dapat dibeli dangan apapun di dunia ini,


   
09-12-2011 17:26:42 bisul pada kulit anak
Jumlah Posts : 1725
Jumlah di-Like : 25
Hi dok, anak saya umur 2 thn 4 bln, sebulan yang lalu anak saya menderita cacar air (menurut diagnosa dokter kulit). sebelumnya juga sempat ke dokter anak namun sy tdk dapat penjelasan tepat. setelah menjalani pengobatan dari dokter kulit, saya heran kenapa sampai sekarang anak sy masih menderita bentol besar2 seperti bisul. timbulnya terus menerus, hilang timbul di bagian kaki (kebanyakan) kadang di pinggangnya dan tangannya. kira-kira anak saya menderita penyakit apa ya dok? krn sudah 2 kali ke dokter, mereka tidak dapat menjelaskan apa-apa thd sy... terima kasih, dok.

Dari : putri diahastari

Jawaban:

Dear Bunda,

Cacar air disebabkan oleh infeksi virus Varicella zooster dan dapat sembuh dengan baik bila segera dilakukan pengobatan. Apabila saat ini anak bunda kembali mengalami infeksi pada kulit seperti bisul maka hal ini dapat terjadi berhubungan dengan infeksi sekunder dari sakit cacar sebelumnya maupun timbul suatu infeksi baru yang tidak berhubungan dengan cacar tersebut. Dari keterangan bunda mengidentifikasikan benjolan tersebut seperti bisul dan hilang timbul.Sebaiknya mendapatkan pengobatan yang tepat dari dokter setelah pemeriksaan.Saya tidak dapat berpendapat apakah keadaan sebenarnya yang anak anda alami karena saya tidak memeriksa anak anda. Saya menyarankan untuk menghindari konsumsi telur untuk sementara waktu dan memperhatikan apakah benjolan tersebut masih timbul setelah menghindari konsumsi telur, beberapa pasien yang sensitive terhadap telur biasanya mengalami reaksi berupa gatal sampai timbulnya bisul setelah mengkonsumsi telur. Jagalah kebersihan kulit anak anda, mandi dengan teratur, tidak perlu menggunakan sabun antiseptic secara berlebihan, jagalah kelembapan kulitnya agar tidak kering dan tidak mudah teriritasi.Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu.
   
29-07-2010 16:30:06 vaksin tambahan setelah IDL
Jumlah Posts : 405
Jumlah di-Like : 4
@ yulisti: emang DSA ga ngasih tau imunisasi anjuran?

imunisasi yang dianjurkan:

1. Vaksin HiB, melindungi bayi dan balita dari serangan meningitis, pneumonia, dan epiglotitis. Diberikan 4x pada usia 2 bln-18 bln.
2. Vaksin Pneumokokus (PVC), melindungi bayi dan balita dari penyakit invassive pneumococcal disease (IPD) yang disebabkan oleh bakteri streptococcus pneumoniae yang menyebar melalui darah dan bersifat merusak (invasive). jenis penyakit yang tergolong dalam IPD adalah pneumonia, meningitis. Diberikan 4x pada usia 2 bln-15 bln.
3. Influenza, melindungi bayi dan anak-anak dari kemungkinan terkena flu berat (yang disebabkan oleh virus influenza). Diberikan 1 thn sekali.
4. MMR (measle, mumps, rubella), melindungi balita dan anak-anak dari penyakit campak, beguk (gondongan), dan rubella (campak jerman). Diberikan 2x, usia 15 bln dan 6 thn.
5. Tifoid, melindungi balita dan anak-anak dari penyakit tifus. Ulangan per 3 thn.
6. Hepatitis A, melindungi balita dan anak2 dari penyakit hepatitis A. Diberikan 2x dengan jarak 6-12 bulan.
7. Varicella, melindungi anak-anak dari penyakit cacar air. Diberikan 1x saat usia 5 thn-12 thn.
8. HPV, melindungi anak-anak perempuan dari infeksi Human Papiloma Virus--penyebab kanker serviks. Untuk perempuan usia 10 thn keatas.

itu gambaran umumnya aja bun, lebih baik konsultasi ke dokter spesialis anak, apalagi klo umur 10 bln belum dapet imunisasi anjurannya.


   
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Keguguran (abortus) adalah “hantu” menakutkan bagi ibu yang memang mengharapkan kehamilannya. Berdoa pada Yang Maha Kuasa sudah seharusnya dilakukan untuk menjauhi kejadian yang tidak diinginkan ini. Tapi itu saja belum cukup. Ibu hamil pun mesti memiliki pengetahuan mengenai tanda-tanda dan penyebab keguguran sehingga dapat melakukan antisipasi dan tindakan penyelamatan sebelum keguguran terjadi.

GEJALA DINI

Ada beberapa tanda yang bisa dijadikan peringatan dini keguguran, setidaknya dengan begitu ibu bisa lebih waspada. Gejala-gejala tersebut adalah:

* Tidak enak badan; merasa lemas atau tidak fit seperti hari-hari sebelumnya

* Perut tidak nyaman, kepala pusing, atau terasa limbung

* Mimisan.

Jika ibu mengalami gejala tadi, beberapa tindakan ini bisa membantu mengatasinya:

- Minum air putih, setelah itu bisa diteruskan dengan minum minuman segar lain, seperti jus.

- Makan makanan bergizi. Jika tidak bisa (karena mual), makanlah buah-buahan segar, biskuit, atau minum susu.

- Hentikan semua aktivitas.

- Lakukan relaksasi (atur napas dan tenangkan pikiran). Kuatkan keyakinan bahwa ibu dapat melalui kondisi ini dengan baik. Berdoalah dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan yang akan dilakukan dengan si jabang bayi saat ia lahir nanti.

Jika semua ini tidak membuat kondisi ibu membaik, segera hubungi dokter. Jika Anda diminta datang kontrol, sempatkan diri untuk itu. Saat pemeriksaan, ceritakan apa yang terjadi. Sebaiknya ibu tidak melewatkan satu gejala pun karena anamnesis (mencari keterangan dari pasien) sangat memengaruhi diagnosis. Akan baik bila ibu memiliki buku catatan kejadian dan pengalaman selama kehamilan.

GEJALA UMUM

Ada juga gejala umum keguguran yang memerlukan penanganan medis segera, yaitu:

1. Ibu hamil kehilangan tanda-tanda kehamilan, seperti tegangnya payudara disertai pusing dan tubuh terasa loyo.

2. Nyeri di bagian tengah perut yang bertambah parah dan berlanjut lebih dari sehari.

3. Mengalami kontraksi berlebihan. Cirinya perut mulas dan tegang yang teramat sangat.

4. Perdarahan yang cukup banyak, seperti saat menstruasi atau dalam satu jam bisa menghabiskan lebih dari dua pembalut. Namun waspadai juga keluarnya bercak-bercak darah yang berlanjut terus-menerus (selama lebih dari tiga hari).

5. Ibu mengeluarkan gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan dari vagina. Ini bisa diartikan keguguran telah dimulai. Jika ini terjadi di rumah, simpan gumpalan tersebut untuk diperlihatkan kepada dokter. Bukti ini sangat membantu dalam penegakkan diagnosis; apakah ibu hamil hanya mengalami ancaman keguguran atau memang sudah mengalami keguguran. Bila memang sudah jadi, apakah janin sudah keluar sebagian atau sudah lengkap, dan apakah membutuhkan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

6. Punya riwayat keguguran dan saat hamil sekarang mengalami perdarahan atau kejang, atau kedua-duanya.

Bila ibu hamil merasakan satu atau lebih gejala di atas, segeralah datang ke rumah sakit untuk memperoleh perawatan yang semestinya.

TIGA JENIS ABORTUS

Apakah ibu hamil yang mengalami gejala-gejala tadi pasti akan kehilangan calon bayinya? Belum tentu. Perdarahan yang dialami ibu hamil, umpamanya, bisa bukan merupakan tanda keguguran tapi hal lain, seperti letak plasenta yang tidak benar atau karena ibu hamil mengalami trauma.

Abortus sendiri pun digolongkan menjadi tiga; abortus yang mengancam, abortus spontan, serta abortus lanjut.

* Abortus mengancam

Biasanya terjadi di antara kehamilan timester pertama dan kedua awal. Tanda-tandanya; ibu mengalami kontraksi, perdarahan, dan bisa disertai keluarnya cairan. Janin bisa diselamatkan jika masih dalam kondisi baik dan ostium (lubang rahim) belum terbuka. Sebaliknya jika lubang rahim sudah terbuka, dokter tidak bisa berbuat banyak. Kemungkinan yang terjadi adalah abortus spontan.

* Abortus spontan

Yakni keluarnya janin dari dalam rahim sebelum dapat hidup mandiri. Biasanya terjadi di kehamilan trimester pertama atau bahkan sebelum seorang wanita menyadari bahwa dirinya hamil. Dengan kata lain, abortus spontan bisa terjadi tanpa diketahui karena gejalanya mirip haid hanya lebih berat dan lebih terasa tegang. Maka itu waspadai bila ibu mengalami keluarnya bercak-bercak darah yang terus menerus, perdarahan disertai nyeri di bagian tengah perut dan kadang-kadang disertai sakit pinggang serta terdapat bekuan darah.

Penyebab abortus jenis ini adalah kelainan embrio, janin atau plasenta kekurangan hormon, penyakit infeksi yang diderita ibu seperti gondong, cacar air dan campak atau juga reaksi auto-immune dimana sel-sel kekebalan ibu menyerang janin.

* Abortus lanjut

Keluarnya hasil konsepsi yang disebabkan kelainan plasenta dan serviks atau ibu hamil terpapar bahan beracun seperti asap rokok, alkohol dan bahan kimia. Tanda-tandanya sama dengan abortus spontan.

JENIS KEGUGURAN

Istilah keguguran sendiri dibedakan berdasarkan waktu kejadiannya. Disebut keguguran dini jika terjadi sebelum minggu ke-12 kehamilan dan keguguran lambat jika terjadi setelah minggu ke-12. Pembagian lain adalah keguguran penuh dan tidak penuh. Disebut keguguran penuh apabila jaringan janin dan plasenta keluar seluruhnya dari rahim pada saat keguguran. Disebut keguguran tidak penuh jika sebagian jaringan fetus tertinggal dalam rahim.

SIAPA YANG PALING BERISIKO KEGUGURAN?

Risiko keguguran lebih banyak dialami ibu-ibu dengan kondisi:

1. Ketika mengandung berusia lebih dari 33 tahun atau suami berusia lebih dari 53 tahun.

2. Pernah mengalami keguguran lebih dari 3 kali.

3. Pernah melahirkan bayi meninggal atau bayi cacat.

4. Punya keluarga dengan riwayat keguguran.

semoga membantu
dan menambah pengetahuan semuanya

salam

putri a.k.a zach mom's

   
26-06-2010 20:10:07 kegugurankah?
Jumlah Posts : 850
Jumlah di-Like : 15

Ada juga gejala umum keguguran yang memerlukan penanganan medis segera, yaitu:

1. Ibu hamil kehilangan tanda-tanda kehamilan, seperti tegangnya payudara disertai pusing dan tubuh terasa loyo.

2. Nyeri di bagian tengah perut yang bertambah parah dan berlanjut lebih dari sehari.

3. Mengalami kontraksi berlebihan. Cirinya perut mulas dan tegang yang teramat sangat.

4. Perdarahan yang cukup banyak, seperti saat menstruasi atau dalam satu jam bisa menghabiskan lebih dari dua pembalut. Namun waspadai juga keluarnya bercak-bercak darah yang berlanjut terus-menerus (selama lebih dari tiga hari).

5. Ibu mengeluarkan gumpalan berwarna merah muda atau keabuan-abuan dari vagina. Ini bisa diartikan keguguran telah dimulai. Jika ini terjadi di rumah, simpan gumpalan tersebut untuk diperlihatkan kepada dokter. Bukti ini sangat membantu dalam penegakkan diagnosis; apakah ibu hamil hanya mengalami ancaman keguguran atau memang sudah mengalami keguguran. Bila memang sudah jadi, apakah janin sudah keluar sebagian atau sudah lengkap, dan apakah membutuhkan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

melihat dr gejala yang ibu sebutkan kemungkinan
yang dialami adalah abortus spontan
Penyebab abortus jenis ini adalah kelainan embrio, janin atau plasenta kekurangan hormon, penyakit infeksi yang diderita ibu seperti gondong, cacar air dan campak atau juga reaksi auto-immune dimana sel-sel kekebalan ibu menyerang janin.

segera periksakan diri kedokter
agar dapat dilakukan pemriksaan mintalah USG agar anda dapat melihat sendiri kondisinya,dan apakah rahim sudah benar2 bersih sehingga tdk
perlu dilakukan prosedur D&C (Dilation dan Curetage).

semoga membantu

salam

putri a.k.a zach mom's

   
Jumlah Posts : 126
Jumlah di-Like : 1
 abel pernah mengalami cacar sampai 2 kali.yg pertama adalah cacar api dan yang kedua adalah cacar air.waktu saya kedokter sih yang dikasih adalah antibiotik,salep dengan merk betametason dan peka untuk air mandinya.alhamdulillah sembuh dan tidak berbekas,karena rajin saya olesi salepnya.
   
29-09-2009 14:52:55 Imunisasi DPT
Jumlah Posts : 315
Jumlah di-Like : 1
 hai bunda alvin,

Imunisasi DPT yang panas atau yg enggak itu sama aja kualitasnya, cumaa beda dari harga aja. Belva juga dulu pake yang panas, dan ternyata gak panas ko, cuma anget-anget aja dikit badannya. 

untuk DPT ada ulangan nya bunda , ini ada daftar imunisasi berdasarakan recommend IDAI : 

  • Saat Lahir : Hep B-1, Polio-1
  • 1-2 bulan : BCG, Hepatitis B-2
  • 2 bulan : DPT-1, Polio-1, HiB-1
  • 4 bulan : DPT-2, Polio-2, HiB-2
  • 6 bulan : DPT-3, Polio-3, HiB-3, Hepatitis B-3
  • 9 bulan : Campak
  • 15 bulan : MMR
  • 18 bulan : DPT-4, Polio-4, HiB-4 (15-18 bulan)
  • 24 bulan : Tifus, Hepatitis A-1
  • 30 bulan : Hepatitis A-2
  • 5 tahun : DPT-5, Polio-5
  • 6 tahun : MMR-2
  • 10-12 tahun : dt/TT, Varisela/cacar air.
Semoga membantu.

Salam
ida mamabelva
http://forbeautyone.co.cc

   
16-10-2008 20:04:02 Obat Tradisional Untuk Bayi
Jumlah Posts : 74
Jumlah di-Like : belum ada like
Dapet info dari Mbak Julia di Tanjung Redeb Kaltim (multiply ID Rogiviab) Thanks yah Mbak   * Penurun panas, batuk, dan pilek Parut bawang merah, tambahkan minyak telon, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Juga pusar dan ubun-ubun. Untuk ramuan minum: air kelapa satu cangkir ditambah 1 sendok teh madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak sebanyak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali. Ramuan ini diberikan untuk bayi 8 bulan ke atas. Bila usia anak di bawah 8 bulan, cukup dengan pemberian ASI atau ibunya yang minum ramuan tersebut. Pada anak yang agak besar, gunakan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Setengah sampai satu ruas jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dikerik kulitnya, diparut, lalu diberi air matang 1/2 cangkir, peras, kemudian diendapkan. Campur bagian air kunyit yang tanpa endapan dengan kocokan 1 butir kuning telur dan 1 sendok makan madu, kemudian disuapkan pada anak. Ramuan ini bisa untuk penurun panas seperti pada sakit cacar air, flu, atau apa saja.   * Perut kembung Parut bawang merah dan tambahkan minyak telon. Kemudian tapelkan bawang yang sudah diparut tersebut di bagian pusar. Bisa juga, gunakan daun jarak pagar yang dihangatkan. Olesi dengan minyak kelapa, pilin-pilin, lalu tempelkan pada pusar si kecil.   * Diare Sediakan 1/2 jari kunyit yang sudah bersih dibakar, dipotong-potong, 7 pucuk daun jambu biji, air 2 gelas, dan garam 1/4 sendok teh, rebus dengan api kecil. Minum airnya, 1 sendok teh satu jam sekali. Untuk mengusir gas, maka pusarnya ditapeli dengan parutan bawang merah yang sudah diberi minyak telon. Untuk anak yang sudah agak besar, boleh juga dengan mengunyah halus pucuk daun jambu klutuk yang sudah bersih ditambah garam lalu ditelan.   * Muntah-muntah Muntah bisa disebabkan perut mual atau kembung. Sediakan 1/2 sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam, dan air setengah gelas. Kemudian direbus. Setelah dingin, berikan ke anak sedikit-sedikit, sesering mungkin atau 2 jam sekali. Boleh juga dibuatkan air beras kencur. Caranya, cuci 1 sendok makan beras dan direndam sebentar. Sangrai beras tersebut sampai berwarna kecokelatan, lalu ditumbuk halus bersama dengan 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari kunyit, dan 1/4 sendok teh adas manis. Setelah itu diseduh dengan air panas, tambahkan gula merah, sedikit garam, dan asam jawa. Saring, lalu diminumkan pada anak agar tubuhnya hangat.   * Batuk Sediakan air jeruk nipis 1 sendok makan ditambah madu 2 sendok makan dan air matang 2 sendok makan. Masukkan dalam cangkir dan kukus. Setelah agak dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan sehari 5 kali.   * Batuk seratus hari Sediakan umbi bidara upas sebesar 1/2 jempol yang sudah bersih, parut dan seduh dengan air panas, lalu aduk-aduk dan dinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum sampai habis. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga gunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya sebanyak dua jari, kemudian dicacah. Tambahkan air hangat dan madu, lalu diminumkan pada anak 1-2 kali sehari.   * Batuk karena angin atau dahak susah keluar Sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1/2 gelas air. Masukkan semua bahan di cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh.   * Batuk berlendir Campurkan air jahe 1 sendok makan, air kunyit 1 sendok makan, bawang putih 1 siung diparut, air jeruk nipis 1 sendok makan, madu 1 sendok makan, dan 3 sendok makan air matang, kemudian dikukus. Diminumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.   * Pilek Siapkan bawang merah yang diparut, lalu tapelkan pada tulang leher ketujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak setelah sebelumnya diolesi minyak kayu putih. Beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti minuman beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi sekitar jam 7 atau di bawah jam 9 pagi. Panaskan bagian dada seperempat jam dan kemudian punggung seperempat jam. Ini bisa dilakukan sambil jalan-jalan pagi.   * Mata bintitan Ambil getah dari batang tanaman patikan kebo atau getah dari batang pohon meniran. Tempelkan sedikit pada kapas, lalu oleskan pada bagian bintitnya, sedikit saja, jangan sampai terkena mata.   * Mata merah Taruh 3 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.   * Sariawan Ambil sebuah tomat matang, seduh dengan air panas dan kupas kulitnya. Haluskan tomat tersebut dengan menggunakan sendok, saring dan tambahkan sedikit gula. Beri anak minumam sari tomat tersebut.   * Tak nafsu makan Menurut Endah, hilangnya nafu makan dapat disebabkan cacingan atau hal lain seperti masuk angin. Cara mengatasinya, bersihkan 1 lembar daun jarak pagar, setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan dipilin, kemudian tempelkan daun tersebut di atas pusar anak, yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak telon. Bila usia anak sudah lebih dari setahun, coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun pepaya, 1 ruas jari temu hitam/temu ireng, seruas jari tempe bosok (tempe kemarin), dan sedikit garam. Semua bahan ditumbuk halus, lalu peras pakai kain dan masukkan ke mulut anak. "Khasiat temu hitam untuk mengeluarkan cacing, sedangkan daun pepaya untuk menambah nafsu makannya, dan tempe bosok untuk stamina atau kekuatan tubuhnya. Untuk menambah nafsu makan anak bisa juga dengan ramuan: 1 ruas jari temulawak, gula merah, air secukupnya, dan sedikit garam, kemudian rebus dan saring. Minumkan pada anak 1-2 sendok makan sehari   * Mimisan Selembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dipilin dan disumpalkan ke hidung anak. Untuk pengobatan dari dalam tubuh lakukan dengan ramuan: 1/2 jempol umbi bidara upas yang sudah bersih diparut dan diseduh dengan 1 cangkir air panas, kemudian disaring, dan setelah dingin diminumkan ke anak ditambah sedikit madu.   * Benjol karena benturan Rendam 1 sendok makan beras. Tumbuk bersama kencur dan beri sedikit garam. Setelah halus, tempelkan ke bagian yang benjol. Bisa juga diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi ramuan: bawang putih diparut dan diberi madu, setelah itu dioleskan ke bagian yang benjol.   * Keringat buntet Sesering mungkin dibedaki tepung kanji.   * Congekan Cuci bersih 3 lembar daun miana atau 7 lembar daun samiloto segar atau lengkuas merah muda, lalu tumbuk halus. Peras pakai kain bersih dan teteskan air perasannya ke telinga. Lakukan dua kali sehari, masing-masing 3 tetes.   * Panu Dua jari langkuas merah diparut dan diberi sedikit cuka, oles-oleskan pagi dan sore atau malam hari pada bagian tubuh yang berpanu tersebut.   * Koreng atau borok kepala Batang brotowali dipotong-potong sebanyak 5 jari. Rebus dengan sedikit air, oleskan pada bagian kepala. Bisa juga diberi ramuan: daun brotowali, parutan kunyit dan sedikit garam ditumbuk halus. Oleskan ke kepala. Boleh juga hanya dengan kunyit saja.   * Sakit gigi Bawang putih diparut, ditambah sedikit garam, kemudian sumpal ke gigi yang sakit karena berlubang.   * Digigit nyamuk Hilangkan bekas gigitannya dengan tanaman sambiloto yang diremas-remas dan dioleskan ke bagian bekas gigitan tersebut. Kalau tak ada sambiloto bisa digunakan minyak sereh.   * Asma Sepuluh siung bawang putih diparut, ditambah madu 1 gelas, kemudian dikukus. Berikan pada anak sebanyak 1 sendok teh, dua kali sehari. Bisa juga, 10 siung bawang putih diparut, 1 ons gula batu, direbus bersama 1 gelas air.   * Luka-luka berdarah Cuci bersih daun jambu biji atau daun bandotan, kemudian remas-remas. Tapelkan pada luka tersebut. Darah akan berhenti segera.   * Keracunan Minum air kelapa hijau muda 3 kali sehari 1/4 gelas.   * Biduran atau kaligata Balurkan tubuh dengan minyak telon, minyak kayu putih atau minyak tawon. Untuk ramuan minum: 1 jari temulawak dipotong-potong, beri sedikit gula merah, dan garam direbus dengan 1 gelas air. Saring dan bila sudah dingin diminumkan 3 kali sehari 1/4 gelas.   semoga bermanfaat ...