SITE STATUS
Jumlah Member :
497.529 member
user online :
1308 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Pil KB exluton 28

   

Pil KB exluton 28
Oleh :


Dok, saya baru menggunakan pil kb. jd saya pasang waktu tiap jam 12 siang.lah kdg saking sibuknya saya pernah kelewat minum 30menit sampe 1 jam gitu. apa saya setiap terlambat minum pilkb berhubungan sm suami pake kondom juga??? atau klo kelewat2 gitu minum pil nya masih bisa ditoleransi sama tubuh? makasih dok
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Keterlambatan meminum pil KB sebaiknya tidak melebihi waktu 12 jam, agar khasiat kontrasepsi dari pil KB tidak berkurang dan resiko terjadinya kehamilan tidak bertambah besar. Terlupa atau terlambat meminum pil KB sampai 24 jam dari waktu yang seharusnya , sudah dapat menurunkan perlindungan kontrasepsi tersebut, namun tidak perlu khawatir karena efek kontrasepsi masih baik. Bila terlewat selama 24 jam maka minumlah pil KB dari jadwal yang terlewat tersebut secepatnya dan tetap minum pil KB pada hari tersebut sesuai jadwal ( artinya dalam 1 hari meminum 2 pil KB karena terlambat meminum jadwal sebelumnya). Efek kontrasepsi akan sangat menurun bahkan hilang jika keterlambatan meminum pil KB terjadi selama 2 jadwal atau 48 jam (artinya tidak meminum pil KB selama 2 x 24 jam) maka diperlukan memakai kondom dalam hal ini, bahkan pil KB emergensi bila sudah melakukan hubungan intim tanpa proteksi untuk mencegah kehamilan.
Bila Anda baru pertama kali memulai menggunakan kontrasepsi KB, maka sebaiknya menggunakan kondom ketika berhubungan intim selama 7 hari pertama untuk memastikan efek kontrasepsi bekerja dengan baik.
Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman