SITE STATUS
Jumlah Member :
484.261 member
user online :
1654 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tokso, Rubella, CMV

   

Tokso, Rubella, CMV
Oleh :


Salam dok, saya ingin bertanya. Saya memiliki riwayat 2 kali hamil dan dua-duanya BO yg akhirnya d kuret. Saat BO pertama dan selesai d kuret saya periksa k dokter menanyakan apakah aman untuk hamil lg, dokter mnjawab boleh karena BO awal kmngkinannya bukan dr virus. Setelah itu saya hamil lg namun lagi2 saya BO. Karena sdah 2x BO, akhirnya atas rekomendasi dokter saya Minggu ini saya periksa lab dengan hasil IgG tokso (+), IgG Rubella (+), IgG CMV (+). Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara aman agar saya bisa hamil lagi dengan aman. Apakah harus periksa k fetomaternal atau cukup dokter kandungan biasa? Terima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Pemeriksaan Immunoglobulin baik G ataupun M pada pemeriksaan Toxoplasmosis dan Rubella dapat membantu untuk mengetahui waktu terjadinya infeksi. Pada infeksi Rubella, IgM yang dapat terdeteksi sampai pada masa puncaknya 7-10 hari setelah terjadinya infeksi dan akan mulai menurun kemudian tidak terdeteksi. Sedangkan IgG pada rubella mengindikasikan bahwa infeksi tersebut terajdi di masa lampau, dan nilainya mungkin akan menetap dalam jumlah yang tidak tinggi sepanjang hidup. Pada infeksi toxoplasmosis, IgM juga mengindikasikan adanya infeksi yang baru terjadi, IgM terdeteksi 1-2 minggu setelah infeksi kemudian bertahan sampai beberapa bulan lalu menurun dan menghilang. Sedangkan IgG akan mengindikasikan infeksi di masa lampau, kadar IgG akan meningkat 6-8 minggu setelah terjadinya infeksi, akan menetap tinggi bahkan sampai bertahun-tahun kemudian turun sampai nilai yang rendah namun tidak menghilang sepanjang hidup. 
Fetomaternal merupakan cabang atau subspesialis dari ilmu Kebidanan dan Kandungan yang dapat membantu memeriksa ataupun menangani kasus yang berhubungan dengan janin dan ibu hamil ketika dalam kehamilan, persalinan dan nifas. Dokter umum maupun Dokter spesialis kandungan dapat merujuk Bunda bila memang diperlukan. Merujuk pada bagian fetomaternal adalah bila adanya riwayat kesehatan Bunda yang memiliki masalah dalam kehamilan dan janin Bunda untuk permasalahan yang mendalam dan lanjut. Bagian fetomaternal akan memeriksa dan membahas lebih dalam mengenai kelainan-kelainan yang dialami oleh janin dan ibu hamil. 
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman