SITE STATUS
Jumlah Member :
485.590 member
user online :
1026 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kaku dan nyeri jari tangan saat hamil

   

Kaku dan nyeri jari tangan saat hamil
Oleh :


"Siang Dokter Usia kehamilan saya saat ini 36 minggu. yang mau saya tanyakan "kenapa kedua tangan saya setiap pagi teras sakit/kaku untuk di gerakan? Bahaya tidak untuk si janin? terima kasih....
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Pada Bunda yang sedang hamil, dapat terjadi pembengkakan pada ujung-ujung alat gerak tubuh dan masih dalam batas normal selagi tensi darah Anda juga normal. Kesemutan atau paresthesia sesekali wajar dialami dan dapat menghilang dengan sendirinya. Bila keadaan ini berulang dan berlangsung lama atau terus menerus, maka perlu di curigai ada sesuatu yang tidak wajar dan mengganggu kesehatan. Pada Ibu hamil, pembengkakan pada anggota tubuh dapat menekan syaraf (yang umumnya terjadi pada tangan dan kaki) sehingga terjadi sensasi "kesemutan" yaitu hilangnya rasa dan seperti ditusuk-tusuk jarum kecil. 
Bila hal ini terjadi pada Bunda, pastikan asupan nutrisi Bunda terpenuhi dengan baik ( vitamin, mineral , zat besi dan asam folat), tinggikan posisi anggota tubuh yang terasa "kesemutan", hindari menekan daerah yang kesemutan dan beristirahatlah. Lakukan gerakan memompa ( mengepal dan melemaskan telapak tangan) untuk meringankan kekakuan dan memperlancar aliran darah. Untuk Kunjungi dokter Anda bila sensasi ini terasa terus menerus dan tidak membaik.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman