SITE STATUS
Jumlah Member :
482.246 member
user online :
2684 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kaki varises pada ibu hamil

   

Kaki varises pada ibu hamil
Oleh :


mlm Dok...saya mau tanya,saat ni saya sdg mengandung usia kehamilan 18 minggu,saya mengeluh krn di blakang lutut kaki kanan saya ada otot varises..gmn cara mengatasinya dan ada pengaruh ga?dg kehamilan saya.trima kasih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

 Keadaan hamil akan mengakibatkan bertambahnya volume darah yang harus dialirkan keseluruh tubuh anda, dan hal ini menyebabkan melebarnya pembuluh-pembuluh darah pada tubuh anda dan menyebabkan terjadinya varises. Selain itu beban dari beratnya kehamilan itu sendiri juga di topang oleh pembuluh-pembuluh vena besar pada bagian kanan tubuh Bunda. Pada saat Bunda dalam posisi tidur, sebaiknya bunda mengistirahatkan kaki anda dengan posisi diganjal oleh bantal agar peredaran darah lebih mudah menuju ke jantung, jangan menggantung kaki bunda karena akan memperburuk varises. Tidurlah dalam posisi miring ke kiri yang membantu mengurangi beban pada vena besar di sisi sebelah kanan tubuh Bunda. Jangan selalu duduk terlalu lama ataupun berdiri terlalu lama, seimbangkan aktivitas Bunda. Bila Bunda harus duduk sepanjang waktu, berjalan-jalan lah setiap 15 atau 30 menit sekali, demikian juga bila Bunda harus berada dalam posisi berdiri yang lama, beristirahatlah dan ganjal kaki Bunda untung membantu sirkulasi darah. Varises ini akan membaik setelah Bunda melahirkan.

Apabila varises terjadi pada daerah vagina, setelah anda melahirkan diharapkan varises akan menghilang, tetapi apabila menetap, maka bisa dipikirkan tentang metode operasi, konsultasikan dengan dokter bunda untuk hal ini.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman