SITE STATUS
Jumlah Member :
496.068 member
user online :
3137 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Bayi mengidap encephalocele

   

Bayi mengidap encephalocele
Oleh :


salam kenal dokter, saya ibu muda,6 bulan yg lalu saya melahirkan putra pertama kami melalui operasi caesar. bayi laki laki saya mengidap encephalocele, sungguh hancur hati kami sekeluarga dok karena cobaan pada putra pertama kami. menurut diagnosa dokter hal ini karena kurang asam folat saat ibu hamil. ketika USG bulan 1 - 4 tanda encephalocele belum tampak dok, baru usg bulan ke 6 tanda itu sudah tampak jelas yang saat itu bersamaan dengan diketahui nya jenis kelamin bayi kami, mengapa baru diketahui pada bulan ke 6 dok?? tepat 2 bulan yang lalu putra kami, Varleno nama nya meninggalkan kami sekeluarga karena penyakitnya, keluarga kami belum sempat melakukan operasi penyembuhan karna terhalang biaya dok.Dan sekali lagi hancur hati kami sekeluarga dok,terutama saya dan suami saya. yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana dengan kehamilan kedua saya kelak, apakah ada kemungkinan yang sama dengan keadaan kehamilan saya pertama? bila ada seberapa besar kemungkinan itu dok? dan apa yang harus saya persiapkan dan lakukan agar kondisi kehamilan saya yang kedua kelak tidak terjadi hal yang sama seperti kehamilan pertama saya? mohon solusi nya dok, saya tidak ingin melihat anak saya kelak mengalami rasa sakit itu dok. trimakasih sebelumnya......
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Saya turut berduka dengan apa yang Bunda dan keluarga alami. Menurut penelitian, kejadian kelainan Defek Tuba Neuralis dapat disebabkan oleh banyak hal seperti adanya kelainan genetik, masalah sosio-ekonomi, kekurangan nutrisi terutama zinc dan asam folat, adanya penggunaan obat-obatan saat hamil (contoh: valproate), penggunaan minuman alkohol saat hamil, dan lain-lain yang dapat menyebabkan gangguan pada masa embrio. Adanya Encephalocele ini dapat di deteksi dengan pemeriksaan USG meskipun tergolong sulit untuk dideteksi dalam waktu awal, karena celah yang terjadi pada tengkorak kepala tergolong kecil. Pemeriksaan USG transvaginal kemungkinan dapat membantu mendeteksi dengan baik dalam hal ini. 
Untuk perencanaan kehamilan berikutnya, periksakan kesehatan Pre Natal Bunda dengan baik, ikuti imunisasi maupun cek kesehatan lainnya untuk memastikan bahwa Bunda terbebas dari infeksi penyakit. Cukupi asupan nutrisi Bunda dengan bahan makanan segar dan bergizi baik serta seimbang, terutama yang mengandung zinc dan asam folat, dapat juga meminum suplemen nutrisi tambahan yang mengandung asam folat.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman