SITE STATUS
Jumlah Member :
485.764 member
user online :
1228 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

suntik TT

   

suntik TT
Oleh :


dok mau tanya, bulan kemarin saya suntik TT untuk pertama kalinya, dan disuruh bidan lagi klw bulan depan suntik TT yg kedua, nah apa ada pengaruhnya dok kalau saya tidak melakukan suntik TT yg kedua? dan perut saya sering sekali mengalami kram atau keras dibagian bawah, itu kenapa ya dok??
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Penyuntikan vaksin Tetanus (TT) dilakukan berkala, suntikan berikutnya bertujuan untuk memperkuat suntikan pertama (booster) untuk mencapai imunitas (kekebalan) yang baik. Bila Bunda tidak melakukan suntikan berikutnya, maka imunitas tidak tercapai dengan baik dibandingkan bila dilakukan sesuai rangkaian yang lengkap. 
Perut bagian bawah kerap kali mengalami tegang atau kram pada awal kehamilan karena pertumbuhan rahim yang kian membesar juga dipengaruhi oleh hormon yang menyebabkan perubahan kontraksi pada otot-otot perut dan punggung, hal tersebut masih tergolong normal. Jika kram tersebut terjadi secara terus menerus dan semakin lama semakin sering terutama disertai adanya cairan seperti darah ataupun lendir keluar dari vagina, maka Bunda harus waspada dan segera menghubungi dokter Bunda. Beristirahatlah sebentar ketika terjadi kram, bernafas secara normal dan duduk atau rebahan dalam posisi yang nyaman sampai rasa kram tersebut menghilang. Jangan lupa untuk kontrol kehamilan Bunda secara teratur dan meminum suplemen asam folat serta zat besi untuk mencegah terjadinya komplikasi dalam kehamilan.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman