SITE STATUS
Jumlah Member :
493.603 member
user online :
1345 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

ovarium polikistik

   

ovarium polikistik
Oleh :


malam dok? saya mau tanya masa subur penderita ovarium polikistik,,mens kadang ga tentu samapai 3blan yasa belum mens,,, bahkan lebih parah lagii hampir 6blan saya tidak dapat haid,,, dengan ga mentunya mens saya ,, saya tidak tahu kapan masa subur saya,,,, hampir 2thn pernikahan saya,,, saya dan suami belum di karuniaibuah hati.. gmn yaaa dok agar saya bisa tau masa subur saya ,,,, trims dok...
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

PCOS atau Policyctic Ovary Syndrome merupakan suatu keadaan yang cukup sulit untuk menentukan masa subur dikarenakan ketiadaan menstruasi atau siklus menstruasi yang tidak teratur. Maka itu terapi obat-obatan dan modifikasi gaya hidup diperlukan untuk menangani keadaan ini. BUnda sebaiknya mengikuti terapi pengobatan dengan baiks esuai dengan anjuran dokter yang menangani Anda, juga berolahraga serta mengatur pola makan yang sehat dan bergizi. Beberapa saran yang bisa saya berikan untuk mengetahui masa subur adalah dengan menghitung masa subur dari silus menstruasi yang tidak teratur. 

Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
Rumusnya:
Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18
Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11
Contoh suatu kasus:
Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)
Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

Cara yang kedua adalah, menganggap bahwa setiap cairan vagina yang agak encer ataupun seperti putih telur yang lebih banyak dari hari-hari biasanya adalah karena terjadinya masa subur. Bunda juga dapat menggunakan ovulasi test pack dan air liur untuk mennetukan masa subur Anda.

Berkonsutasilah dengan dokter yang menangani Bunda mengenai terapi dan saran kapan tepatnya waktu untuk berhubungan dengan Suami Bunda berkaitan dengan keadaan Bunda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman