SITE STATUS
Jumlah Member :
253.400 member
user online :
3563 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Menangis keras pada jam2 tertentu

   

Menangis keras pada jam2 tertentu
Oleh :


Anora beberapa hari belakangan ini suka nangis pada malam hari. mulai jam 20.00 s.d. 23.00 nangisnya histeris. dia mau berhenti nangis kalau diberi ASI - tapi kalau kebanyakan ASI dia akan muntah - sesuai nasehat dokter terakhir kali diperiksa, kami mencoba mengatur jam2 menyusuinya,setiap 1 jam selama 7 menit. sebenarnya kalau nasehat dokter setiap 3 jam. Tapi kalau melihat keadannya yg nangis sampai histeris kalau tdk segera diberi susu, kami mengaturnya menjadi 1 jam sekali. Yang menjadi keheranan kami mengapa dia hanya nangis pada malam hari, kalau siang nangisnya normal2 aja dalam arti ia nangis kalau pipis, buang air besar, atau lapar dan cepat berhenti, tapi kalau malam susahnya minta ampun - dia hanya mau berhenti kalau di kasi ASI. Demikian kluhan kami mohon sarannya/terapinya, Terima kasih Dok. Anora
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Secara alamiah, bayi dengan usia 0-3 bulan akan memiliki jam tidur yang cukup panjang sekitar 10,5 jam sampai 18 jam dalam satu hari. Pada bayi usia ini, akan lebih sering  terbangun pada malam hari karena lapar, jadi wajar saja kalau bayi Anda menangis pada malam hari dan hanya diam setelah di beri ASI. Pastikan tidak ada keadaan lain seperti demam atau nyeri lainnya ketika Ia menangis dan terbangun dari tidurnya.

Setelah menginjak usia di atas 3 bulan, bayi akan mulai sering terbangun di siang hari dan jarang terbangun di malam hari. Semakin bertambah usia, akan semakin teratur pula pola tidur sang bayi.

Bagi orangtua yang memiliki bayi baru lahir, sebaiknya mengatur jadwal bergantian mengasuh bayi mereka. Ibu sebaiknya beristirahat  atau tidur saat bayinya sedang tidur, karena ketika bayi lapar dan terbangun, sang Ibu harus menyusui dan memastikan bahwa bayi menyusu dengan benar sehingga tidak cepat terbangun karena lapar.  Jangan biarkan bayi anda tertidur sebelum Ia puas menyusu, segera bangunkan bila bayi anda mulai tertidur ketika sedang menyusu ASI.

Pembagian tugas antara Ibu dengan Ayah atau pengasuh lainnya misalnya termasuk mengganti popok, memandikan atau mengawasi sang bayi. Jagalah kesehatan dan asupan nutrisi Ibu agar tidak jatuh sakit karena kelelahan atau terserang penyakit.

Demikian jawaban saya,s emoga dapat membantu Anda.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman