SITE STATUS
Jumlah Member :
498.804 member
user online :
836 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Haid tidak teratur

   

Haid tidak teratur
Oleh :


Dok, sy mau tanya tgl 01 Juli 2016 sy haid tgl 08 sy selesai tp setelah 6 hr kemudian keluar bercak awalnya seperti darah agak hitam tp dikit2, dan sampai sekarang msh terus ada bercaknya sisa dikit aja agak kecoklatan,apakah itu tanda penyakit?sekitar bulan Feb- Mar sy periksa Papsmear hasilnya cuman infeksi ringan & HSG smuanya tdk ada mslh.Mohon di bantu jawabannya dok.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Untuk kasus Bunda memerlukan wawancara dan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Secara umum saya akan membantu menjawab. Adanya perdarahan di luar siklus menstruasi harus disingkirkan dahulu kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya. Apakah Bunda sedang hamil? cek dengan test pack kehamilan terutama jika Bunda tidak memakai alat kontrasepsi. Apakah Bunda memakai kontrasepsi hormonal? perdarahan di luar siklus menstruasi dapat juga dikarenakan penggunaan kontrasepsi hormonal misalnya suntik KB per 3 bulan dan lainnya. Untukmengetahui apakah berhubungan dengan adanya penyakit lain maka memerlukan pemeriksaan yang seksama.
Gangguan siklus menstruasi dapat dipengaruhi oleh banyak hal, beberapa diantaranya adalah adanya stress, penurunan berat badan yang drastis, "over exercise"  maupun disebabkan keadaan lain seperti adanya penyakit. Bila tidak ada penyebab organik lainnya, maka stress dapat dicurigai sebagai pemicu terjadinya gangguan siklus menstruasi.
  Pada umumnya gangguan siklus menstruasi ini adalah tidak adanya menstruasi (Amenorrhoea). Hal ini dapat berhubungan dengan adanya hormon yang dilepaskan saat keadaan stress dan menekan fungsi-fungsi tubuh lainnya sehingga tidak bekerja seperti biasanya. Baik keadaan amenorrhoea maupun adanya perdarahan di luar siklus menstruasi memerlukan pemeriksaan sebelum dilakukan terapi untuk mengatasinya. Bila tidak ada gangguan pada organ maupun penyakit lain, maka kemungkinan dokter Bunda dapat memberikan terapi hormonal yang harus ditekuni untuk beberapa waktu agar menstruasi dapat terjadi secara teratur kembali.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman