SITE STATUS
Jumlah Member :
484.067 member
user online :
1831 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Rambut rontok

   

Rambut rontok
Oleh :


Dok.rnSy mau smothing rmbut nirnTpi msh ragu" krna rambut sy mengalami rontok yg sngt parah.rnGimana y dok? Bisa di smothing gk y kalau rambutnya mengalami rontok yg parah?
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Yuliani,

Pada pertumbuhan rambut, terdapat siklus yang mencakup tiga fase pertumbuhan yaitu fase anagen, katagen, dan telogen.

1)Fase Anagen
Fase anagen merupakan fase pertumbuhan rambut aktif dimana sel-sel matriks melalui mitosis membentuk sel-sel baru mendorong sel-sel yang lebih tua ke atas. Lama fase anagen kurang lebih 2-6 tahun.

2)Fase Katagen
Katagen merupakan masa peralihan yang terjadi setelah akhir fase anagen. Lama masa transisi ini adalah 1-2 minggu dan akan terbentuk rambut gada (hair club).

3)Fase Telogen
Fase telogen atau masa istirahat dimulai dengan memendeknya sel epitel dan tumbuh tunas kecil yang membentuk rambut baru yang tumbuh di bawah rambut gada. Rambut baru ini kemudian didorong keluar. Dengan kembalinya fase anagen, rambut lama atau rambut gada (clubbed hair) terdorong lepas oleh tumbuhnya rambut baru. Fase telogen berlangsung selama kurang lebih 100 hari atau sekitar 5 sampai 12 minggu.

Pada akhir fase telogen rambut akan lepas dan akan memulai siklus pertumbuhan rambut yang baru. Dalam keadaan normal, sekitar 90% rambut di kulit kepala berada dalam fase anagen, sekitar 1% berada dalam fase katagen, dan sekitar 9% berada dalam fase telogen.

 Keluhan rambut rontok dapat dikaitkan dengan keseimbangan hormon, selain faktor genetik dan adanya masalah lain seperti alergi atau masalah kulit lainnya (contohnya dermatitis seboroik, dermatitis kontak, psoriasis, infeksi jamur ataupun bakteri dan lain-lain). Bila kerontokan rambut terjadi terus menerus maka memerlukan pemeriksaan oleh dokter. Bila tidak ada masalah yang mendalam, Anda dapat menggunakan shampoo atau hair tonic yang mengandung minoxidil 5% untuk memperbaiki keadaan akar rambut. Namun sebaiknya minoxidil 5 % tidak digunakan pada keadaan hamil dan menyusui, meskipun ada ahli yang berpendapat bahwa paparan minoxidil pada kulit tidak terlalu berpengaruh pada keadaan hamil dan menyusui sebaiknya Anda tidak menggunakannya pada kehamilan dan menyusui.
Apabila keluhan rambut rontok dibarengi dengan keluhan siklus menstruasi yang tidak teratur, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter  Anda untuk menangani permasalahan hormonal. Tundalah kegiatan yang menggunakan bahan kimia untuk rambut seperti pewarnaan, pelurusan maupun keriting rambut sampai keadaan rambut membaik. Demikian saran saya.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman