SITE STATUS
Jumlah Member :
253.406 member
user online :
4079 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Vaksinasi pentavalen

   

Vaksinasi pentavalen
Oleh :


dokter shanna punya banyak pertanyaan nih , apa bedanya imunisasi pentabio dengan pentavalen ? terus kenapa dok, kalau anak yg punya penyakit kronis itu bole di imunisasi gak ? terus kalo yg bayi BBLR imunisasinya kenapa di tunda ? harus sesuai dulu dengan berat lahir normalnya.. makasih dokter ,, :)
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Vaksin Pentavalen adalah gabungan 5 vaksin dalam 1 kemasan (kombinasi) yaitu vaksin DPT (Dipteri-Pertusis- Tetanus), vaksin HB (Hepatitis B) dan vaksin Hib ( Haemophillus influenza B). Vaksin pentavalen ini di Indonesia didapati dalam merk vaksin Pentabio.
Bila anak memiliki berat badan lahir rendah ataupun penyakit kronis maka konsultasikan dulu dengan dokter spesialis Anak untuk menilai kondisi anak Bunda sebelum diberikan vaksinasi. Pemberian vaksinasi adalah dengan memasukkan virus yang sudah dilemahkan ataupun komponen dari bakteri dan virus tersebut ke dalam tubuh manusia dengan tujuan agar tubuh tersebut membentuk kekebalan terhadap virus/bakteri itu sendiri. Hal ini membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang baik agar dapat membangun antibodi dan memperoleh kekebalan terhadap penyakit tersebut. Bila tubuh anak tidak dalam kondisi yang baik misalnya dalam status gizi yang buruk ataupun kondisi sakit yang berat, maka hal yang dikhawatirkan adalah vaksin yang berisi virus yang dilemahkan tersebut akan menyerang tubuh anak karena kekebalan tubuhnya yang lemah. Pada anak yang sedang sakit ringan ataupun batuk pilek ringan dapat diberikan vaksinasi. Periksakan dahulu kondisi anak agar dokter dapat menilai kapan pemberian vaksinasi yang tepat bagi anak Bunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman