SITE STATUS
Jumlah Member :
496.011 member
user online :
4292 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Alergi susu

   

Alergi susu
Oleh :


siang dokter , anak saya umur 5,5 bulan saat ini memakai susu bmt php morinaga karena terkena alergi susu, napas grok2 sering pilek , sudah test alergi katanya alergi susu sapi dan,debu,seefood kedelai terus akhirnya saya membeli susu bmt php morinaga yg kusus alergi. tapi sudah saya ganti kok napasnya masih grok2 dan keluar ingusnya lagi. sampai bingung sendiri mau dikasih susu apa. untuk kulit tidak bentol. untuk pup juga tidak mencret lancar tidak berwarna hijau. lha padahal ini mau saya bawa untuk imunisasi dpt yang ke 3 dok.. katanya kalau masih sakit tidak boleh imunisasi. mohon nasehatnya dok trimaksih
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
Reaksi alergi adalah suatu reaksi imunitas tubuh, tubuh memproduksi suatu antibody terhadap zat penyebab alergi atau alergen. Pada usia awal tidak terjadi reaksi alergi karena tubuh sedang memproses pembentukan antibody tersebut. Reaksi alergi akan terjadi setelah pajanan berulang dari suatu alergen. Alergi diturunkan secara genetik. Bahan penyebab alergi dapat berupa benda apa saja namun yang paling sering menimbulkan reaksi alergi adalah makanan laut (Seafood), bulu hewan, rumput, sari bunga, debu, kutu rumah (tungau), susu sapi dan sebagainya bahkan air ataupun sinar matahari pada beberapa penderita. Cara untuk mengatasinya adalah menghindari penyebab alergi itu sendiri. Selama tubuh tidak terpajan oleh alergen, reaksi alergi tidak akan muncul, selalu jaga kesehatan dan imunitas tubuh dengan baik yaitu dengan asupan gizi yang baik dan lingkungan yang bersih.  Dengan bertambahnya usia diharapkan anak Bunda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, maka bisa mencoba memberikan bahan yang diduga menjadi penyebab alergi (kecuali benda tersebut dicurigai dapat menyebabkan reaksi cepat/ anafilaktik maka tidak boleh diberikan sama sekali). Sistem kekebalan tubuh manusia bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk setiap harinya, hal ini juga mempengaruhi terjadinya reaksi alergi. Bila kekebalan tubuh baik, bisa jadi tubuh tidak menjadi sensitif yang berlebihan dan tidak memberikan reaksi alergi atau reaksi hanya terjadi secara ringan terhadap alergen. Itulah mengapa suatu alergen terkadang sebaiknya diberikan kembali untuk memastikan apakah terjadi reaksi atau tidak. Alergi yang memberikan reaksi cepat dan berbahaya disebut reaksi anafilaktik. Hanya dalam hitungan detik ke menit dapat memberikan reaksi sesak nafas yang dahsyat. Reaksi ini biasanya ditimbulkan oleh beberapa jenis obat misalnya obat antibiotik. Bila ada kecurigaan suatu bahan dapat memberikan reaksi anafilaktik maka hindari kontak dengan bahan tersebut untuk seterusnya. Alergi dapat juga dipicu oleh perubahan udara dingin ataupun panas. Pada penderita Rhinitis, sumbatan pada saluran pernafasan dirasakan saat udara cenderung dingin misalnya pada pagi hari atau sore menjelang malam hari. Ada juga penderita alergi yang mengalami reaksi urtikaria /biduran saat bersentuhan dengan benda yang bersuhu tinggi/panas. Maka itu hindari mandi dengan air yang terlalu panas terutama saat sedang mengalami alergi.
Imunisasi dapat dilakukan bila anak sakit ringan seperti batuk-pilek ringan tanpa demam, bila kekebalan tubuh anak sedang buruk maka sebaiknya pemberian imunisasi ditunda.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman