SITE STATUS
Jumlah Member :
253.403 member
user online :
3370 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Suntik KB 3 bulan dan berat badan yang tidak naik.

   

Suntik KB 3 bulan dan berat badan yang tidak naik.
Oleh :


dok,..saya sudah memakai kb suntik 3bln cukup lama tapi makin lama berat badan saya tidak naik dan kulit saya makin menghitam dok? bagaimana solusinya ya ,..sampai sekarang anak saya mau 2thn ,..
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

Pada penggunaan KB suntik 3 bulan (depo), efek yang sering ditemui adalah terganggunya siklus menstruasi, terjadi flek atau spotting, juga dikeluhkan kenaikan berat badan meskipun jarang terjadi. Setelah melahirkan, berangsur berat badan Bunda akan kembali berkurang ditambah lagi dengan kesibukan mengurus sang bayi yang bisa juga mempengaruhi berkurangnya berat badan para ibu yang baru melahirkan. Pada kasus tertentu dan amat sangat jarang terjadi, suntik KB 3 bulan mempengaruhi perubahan hormonal dan nafsu makan yang menurun berujung pada berkurangnya berat badan. Bila Bunda ragu dengan keadaan kesehatan Bunda, lebih baik memeriksakan diri pada dokter secara langsung.

Secara umum untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah, lakukan olahraga dengan teratur karena olahraga selain membangun stamina juga menambah massa otot sehingga tubuh tampak berisi. Aturlah pola makan dengan baik dengan memakan nutrisi yang baik serta istirahat yang cukup. Ketahuilah body mass index (BMI)  Bunda, karena badan yang sehat memiliki BMI yang normal bukan hanya berdasarkan penampakan atau perawakan yang kurus atau gemuk.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman