SITE STATUS
Jumlah Member :
484.386 member
user online :
2388 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Kenapa anak saya setiap habis nyusu muntah ??

   

Kenapa anak saya setiap habis nyusu muntah ??
Oleh :


Pagi dok, saya mau tanya saya sdah lahiran tgl 21 kmarin dan skrg bayi saya umur 12 hari, dr awal setiap dia selesai nyusu sampai skrg selalu muntah dok . Waktu asi saya blom kluar ank saya pakai susu formula morinaga tp dia alergi lalu saya ganti lactogen dan sama skrg dia asi tp jg formula (SGM) yg saya bngung knapa stiap nyusu dia muntah ya dok, ad yf bilang masuk angin . Sdah saya kasih obt masuk angin tp masih juga sperti itu.
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,
  Udara yang tertelan saat minum susu baik melalui payudara atau botol dapat menyebabkan kembung sehingga bayi akan mengeluarkan udara tersebut dengan bersendawa. Masuknya udara ke dalam lambung dapat terjadi bila menyusu tidak berjalan dengan baik, saat bayi menangis dan lain-lain.
   Jika Bunda menyusukan ASI melalui payudara, perhatikan perlekatan mulut bayi dengan payudara, pastikan seluruh puting susu masuk ke dalam mulut bayi dan tidak terjepit pada bibir bayi saat menghisap. Mulut bayi (bibir atas dan bawah) menempel pada daerah gelap payudara Bunda (areola mammae) maka itu bayi harus membuka lebar mulutnya untuk memasukkan puting susu ke dalam mulut, Bunda dapat membantu dengan menarik dagu bayi dengan lembut ketika hendak membuka mulutnya. 
   Sedangkan bila Bunda memberikan susu dengan menggunakan botol susu, pastikan ketika memberikan susu dengan botol tidak ada udara yang terhisap. Tegakkan botol ketika anak Bunda sedang menyusu sehingga cairan susu memenuhi isi dot dan bukan udara. Perlekatan antara bibir dan dot juga harus baik dan rapat sehingga bayi tidak hanya menghisap dari ujung dot saja namun dot masuk ke dalam mulut bayi dengan baik. Bila anak Bunda kesulitan meminum susu melalui dot dan botol susu, gunakan sendok atau pipet secara perlahan menyuapi bayi Anda. Tegakkan bayi setelah meminum susu dan tepuk lembut punggung bayi sampai bersendawa untuk mengeluarkan sisa udara dari lambung. Jangan letakkan bayi dalam keadaan terlentang seketika setelah menyusu, setidaknya tegakkan sampai 30 menit setelah meminum susu sebelum di tidurkan. Jangan diayun-ayun sedikitnya setengah jam setelah menyusu. Apabila ada tanda-tanda lain menyertai muntah tersebut seperti rewel, demam, tampak, kesakitan atau tidak nyaman pada perutnya, gangguan BAB, maka segera periksakan bayi anda kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jangan memberikan obat atau ramuan lainnya tanpa nasihat dokter terutama pada bayi di bawah usia 1 tahun.
   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman