SITE STATUS
Jumlah Member :
500.084 member
user online :
1044 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Cemaskan keadaan kandungan

   

Cemaskan keadaan kandungan
Oleh :


Malem dok .. saya hamil 24week kemarin saya sempet stres memikirkan kondisi kesehatan janin saya sampai2 saya kecapek An dan jatuh dikamar mandi . Setelah iu saya usg dan priksa ke bidan katanya janinnya tidak ada masalah .. tpi karena ini kehamilan saya yg pertama saya merasa lebih cemas lagi takut ada apa2 dg kondisi janin saya .. minta sarannya dokter agar pikiran stres ini bisa hilang karena takutnya berpengaruh buruk yerhadap bayi yg saya kandung ini
   
 
dr. Tanti menjawab


Dear Bunda,

   Lakukan ANC pada bidan ataupun dokter minimal sebanyak empat kali dalam kehamilan bunda. ANC dapat dilakukan satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 14 minggu, satu kali sebelum mencapai usia kehamilan 28 minggu, satu kali ketika sedang masa kehamilan antara 28-36 minggu dan satu kali setelah usia kehamilan 36 minggu. Pada pemeriksaan Ante Natal Care dapat dilakukan pemeriksaan seperti USG, pemeriksaan Laboratorium atau lainnya sesuai indikasi. Dengan rutinnya melakukan ANC ini, Bunda dapat memonitor keadaan kehamilan dan janin Bunda. Sebaiknya tidak cemas berlebihan terutama bila hasil dari pemeriksaan menunjukkan hasil yang baik dan dalam batasan normal.
   Bila Bunda mengalami kecemasan ataupun stress yang berlebihan, kemungkinan bisa juga berdampak pada kehamilan. Berbagai pendapat mengenai keadaan psikologis ibunda akan berpengaruh pada keadaan janinnya. Bayi-bayi yang murung dan rewel ternyata berhubungan dengan keadaan suasana hati ibunya ketika mengandung yang juga sering merasa sedih dan merasa tidak aman (misalnya dalam keadaan bahaya atau tertekan). Bunda dapat berbicara secara pribadi pada orang yang Bunda percaya untuk menceritakan keluhan atau kekhawatiran yang menjadi penyebab kesedihan Bunda untuk lebih meringankan beban psikologis. Beri tahu kepada dokter kandungan Bunda bahwa Bunda mengalami hal ini, bila perlu akan dikonsultasikan pada dokter psikiater maupun psikolog untuk hal ini.
   Untuk menjaga kesehatan kehamilan Bunda, maka seimbangkan antara olahraga dengan asupan makanan yang baik dan bernutrisi. Suplemen untuk ibu hamil pada umumnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam folat yang sangat penting pada kehamilan terutama awal kehamilan. Asam folat dapat mencegah kejadian keguguran serta kecacatan pada janin. Suplemen makanan merupakan bentuk konsentrat dari vitamin, mineral dan lainnya untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Anda. Namun, suplemen makanan tidak dapat menggantikan ataupun dijadikan sumber nutrisi utama untuk mencukupi kebutuhan gizi yang seimbang. Memakan buah dan sayur sangat penting terutama karena mengandung serat alami dan kandungan vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan oleh tubuh.  Kegunaan asam folat antara lain untuk mencegah resiko terjadinya keguguran, mencegah adanya kecacatan pada persyarafan janin dan membantu pembentukan sel darah merah. Pada ibu menyusui juga dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat karena kebaikan dan manfaat zat tersebut. Asam folat tergolong aman untuk di konsumsi sebelum maupun saat hamil, juga ketika menyusui. Apabila anda tidak memiliki keadaan kontraindikasi terhadap asam folat seperti alergi dan lainnya maka aman untuk menggunakan asam folat, namun lebih baik anda memberitahukan dokter anda untuk hal ini. Mengonsumsi asam folat 400mcg/hari pada trimester pertama dan meneruskan hingga 600mcg/hari pada kehamilan 4-9 bulan mengurangi resiko bayi mengalami gangguan lain, seperti cacat celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, bayi lahir dengan berat rendah hingga keguguran. Makanan alami yang tinggi akan asam folat yakni sayuran berdaun seperti bayam, brokoli, salada, okra, asparagus, dll. Selain sayuran, buah-buahan seperti pisang dan melon juga tinggi akan asam folat. Kacang-kacangan termasuk kacang tanah dan kacang merah juga bisa menjadi alternatif lain. Bunda juga  bisa mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung asam folat dan nutrisi lainnya sebagai suplemen. Ikutilah senam hamil ataupun yoga kehamilan agar Bunda dapat menjaga kebugaran serta latihan pernafasan dan meditasi yang dituntun oleh instruktur senam berpengalaman.

   
 
 


Bagaimana menurut Anda mengenai jawaban ini? Silahkan sampaikan komentar Anda.


Jika Anda tidak melihat kotak komentar silahkan refresh halaman