SITE STATUS
Jumlah Member :
481.903 member
user online :
1711 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : UKURAN KEHAMILAN KECIL
Oleh :


"Siang Dok,,, Saya saat ini sedang mengandung 22 minggu dan menurut orang2 kehamilan saya ini kecil u/ ukuran orang hamil 5 bulan,,,apakah orang hamil 5 bulan harus besar dok,,,( Ini kehamilan saya yang pertama ) tetapi terakhir saya periksa dokter tgl. 30 Juni 2010 berat bayi 400 gram,,,dan mengenai berat badan saya sampai saat ini baru naik 3 kilo.. saya stress dan takut ada apa2 dengan kehamilan saya,,,tolong jawab ya dok,,, Thanks Ika "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ukuran Berat Janin Normal
Oleh :


"yth. dr. tanti usia kehamilan saya saat ini adalah 13 minggu, hasil check-up kandungan saya seminggu yang lalu alhamdulillah menunjukkan keadaan janin yang sehat dan semuanya normal. menurut hasil usg berat janin saya 57 gram, dan dari ukuran kepala, perut, paha-kaki, semua menunjukkan ukuran normal untuk usia kehamilan 13 minggu. yang membuat saya bingung, setelah saya check-up kenapa berat janin menurut infobunda dan seaching info lainnya, berat janin untuk usia kehamilan 13 minggu adalah 23-24 gram. sedangkan menurut pemeriksaan dokter kandungan saya untuk ukuran 13 minggu berat janin 57 gram adalah normal. yang ingin saya tanyakan adalah : (1) apakah ada perbedaan cara perhitungan antara infobunda dengan dokter kandungan saya ? (2) menurut dokter apakah ukuran janin 57 gram itu terlalu besar untuk usia kehamilan 13 minggu ? (3) apa yang harus saya lakukan jika ternyata menurut dr. tanti ukuran janin saya terlalu besar ? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Pemeriksaan usia kehamilan melalui USG menurut ukuran BPD
Oleh :


"Selamat siang dok.. Saya mau bertanya.. Sekarang saya sedang hamil uk 22w4d kalau menurut Hpht.. Tanggal 5 des kemaren saya baru aja usg .. Tepatnya di uk 21w4d sesuai hpht.. Yg saya bingungkan adalah ukuran AC ( lingkar perut janin ) saya menunjukkan usia 20w4d saja, artinya lebih kecil seminggu dr hpht. Sedangkan uk BPD ( ukuran pelipis kiri n kanan kepala) menunjukkan usia 22w4d yang artinya lebih besar seminggu dari hpht. Apakah itu masih bs dkatakan normal atau tidak ya dok? Saya sdh coba browsing dan yg saya takutkan itu tanda hydrocephalus.. Saya tdk sempat menanyakan ke dokter tmpt sya periksa krna sya baru meneliti hasil usg saat sudah di rumah. Dokter yg memeriksa saya tidak berkata apa2 , beliau bilang semua normal saja hanya bbj nya kurang sedikit katanya. Mohon penjelasannya ya dok.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Puting payudara kecil
Oleh :


"Selamat sore ibu dokter, dok aku mau tanya. Umur ku 17 tahun, ada keluhan dok. Puting payudara saya kecil dok. Ukuran payudara sih bisa dibilang cukup besar, saya pake bra ukuran 42B karna saya gemuk juga sih dok,berat badan 68-70an. Tapi putingnya kecil, mungkin sebesar 2x-3x biji jeruk. Dari dulu memang seperi ini.. sebesar ini. Ngga ada pertumbuhan membesar. Ini gimana ya dok? Normal kah? Karna kalau saya searching di google, katanya puting payudara akan bulat sempurna usia 16 tahun. Ditunggu jawaban nya ya dokter. Terimakasih:)"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Polip di vagina
Oleh :


"saya sedang hamil 14 minggu, kondisi kandungan sehat. seminggu yg lalu keluar flek coklat, saya sempat takut ada apa2 dgn janin. saya langsung ke ugd krn saat itu subuh yg tangani dokter umum, beliau tlp dokter kandungan saya lalu saya diberi obat premaston diminum 2x sehari untk 5 hari, dua hari setelah itu flek sdh tdk keluar lg tapi keluar keputihan agak kekuningan. setelah obat habis, saya cek ke dokter kandungan, kandungan saya sehat tidak ada masalah dan plasenta tidak turun. kemudian dicek vagina ada polip di mulut vagina ukuran kecil. dokter bilang flek kmrn krn ada polip, dokter lalu mengambilnya. pertanyaan saya: pertama; amankah saya konsumsi premaston tapi ternyata janin saya tidak ada masalah? kedua; apakah polip di vagina mengganggu kehamilan saya hingga menjelang kelahiran nanti? dan apakah saya tidak boleh terlalu capek? terima kasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Endometriosis (kista coklat)
Oleh :


"dear dokter..,pada tgl 20 april 2011 kemarin saya operasi cesar karena kehamilan dengan placenta previa. saat itu dokter mengatakan saya ada kista coklat, tetapi tidak dikatakan ukuran dan letaknya. yang ingin saya tanyakan, apa itu kista coklat?? berbahayakah bagi (nyawa) saya?? dokter kandungan jg menyarankan saya unt memilih KB suntik 3bln serta segera hamil kembali setelah kira2 2xsuntik KB..,Kenapa itu, dok?? mohon sarannya, terimakasih sebelumnya."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Masalah ASI, alergi susu sapi dan Baby Blues
Oleh :


"assalamu'alaikum wr wb dokter, saya membaca artikel anda di internet... saya tertarik dgn pembahasan anda mengenai apakah asi ibu kurang?? hal tersebut pernah saya alami ketika saya melahirkan bayi saya pd 30 april 2011 kemarin. ceritanya begini dokter, sebelum saya hamil, saya melakukan operasi fibroadenoma mamae di kedua payudara saya, jmlhnya sangat byk. di payudara sebelah kiri ada 15 tumor (paling besar diameter 4cm, yg lain kecil), di payudara kanan ada 7 tumor. 3 bulan setelah operasi, saya konsultasi ke dokter bedah yg telah mengoperasi saya dan dokter kandungan untuk menanyakan apakah saya boleh hamil dlm wkt dekat atau tidak? beliau membolehkan untuk segera hamil. akhirnya 1 bulan kemudian saya hamil...alhamdulillah... namun saya agak bimbang apakah nnt saya bisa menyusui? karena setelah operasi payudara lebih kecil dr sebelumnya bahkan efeknya payudara kecil dan cekung (karena banyak daging yg diambil)... tp lambat laun payudara saya kembali cembung namun tidak sebesar dulu pada saat belum operasi tumor. 9 bulan kemudian saya melahirkan, pada saat saya melahirkan dengan cesar karena ketuban pecah dan ditunggu 36 jam pembukaan baru pembukaan 4 akhirnya dilakukan operasi. pada waktu itu, rmh sakit tidak menerapkan IMD pdhal saya sdh bilang, namun bayi diberikan sufor selama 2 hari, pada hari kedua saya baru dipertemukan dengan bayi saya. tentunya asi saya belum keluar.... asi saya keluar pada hari keempat, namun sufor msh diberikan. setelah pulang dr RS, begitu sampai rumah saya mengalami babyblues..... saya merasa khawatir yg berlebihan pd diri saya, apakah nnt saya bisa merawat bayi saya, apakah bayi saya sehat, apakah bayi saya bisa bertahan hidup (krn saya trauma dulu saya pernah melahirkan dua putri kembar namun meninggal semua).ditambah saya sangat tidak suka sama pembantu saya, saya takut pembantu saya akan melukai bayi saya. akhirnya saya minta ditemani kedua orang tua saya dan bergatian dengan kedua mertua saya (kebetulan saya tinggal beda kota dengan kedua ortu dan mertua saya). namun justru inilah yang menjadi masalah bagi saya dan anak saya. ketika bayi saya susui, sdh lama saya susui tp msh menangis mnt asi lg, terus selama sehari semalam saya tdk tidur krn bayi terus mnt minum, kemudian orangtua saya bilang kalo asi saya kurang harus diberikan sufor. saya ngotot tdk mau memberikan sufor krn saya ingin sekali asi eksklusif. mulai saat itu diotak saya terngiang2 kalo asi saya kurang, asi saya kurang terus terngiang2.... akhirnya sufor saya berikan. tp begitu dikasih sufor bayi saya bisa tidur nyenyak.alhasil saya patah semangat dan rencana asi eksklusif gagal saya berikan. setelah sufor dimimunkan produksi asi jd menurun. 2 minggu berlalu bayi saya masih jg rewel padahal mnm sufro sdh banyak bahkan melebihi ukuran untuk bayi baru lahir, tidurnya cuma sebentar sebentar, sering kagetan, nafasnya grok2, keluar air mata+kotoran dr mata, telinga bagian belakang nyenyehen (istilah orang jawa), pusarnya basah warnanya kuning kyk infeksi, tiap malam selalu nangis mnt gendong. saya tambah depresi berat, saya sering nangis.... kemudian saya konsultasikan bayi saya ke dokter anak, dokternya bilang kalo anak saya alergi, jd susunya hrs diganti yg HA (awalnya saya pake enfamil A+), kmdian saya pulang tp susu tdk saya ganti, saya msh blm percaya. ternyata anaka saya jg msh blm sembuh. usia bayi 1 bulan saya konsultasikan lagi ke dokter anak, beliau meminta untuk segera ganti yg HA, akhirnya saya ganti susu yg Nan HA.alhamdulillah langsung ada perbaikan. sekarang usia anak saya 17 bulan dan msh mnm NAn HA2.... yang ingin saya tanyakan : 1. apakah memang benar asi saya kurang dokter? (krn kl ga dimimun 4 jam sdh bengkak) 2. apakah operasi tumor payudara mempengaruhi produksi asi? 3. bolehkah minum obat agar asi banyak (spt moloco)? 4. bagaimana mengatasi alergi pada bayi? 5. apa yang harus saya lakukan bila nnt saya punya anak lagi, bagaimana caranya agar saya bisa berhasil memberikan asi ekslusif pada bayi saya? 6. bagaimana caranya mengatasi sindrome babyblues? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : apakah sudah bisa mendengarkan musik di usia kandungan 16minggu
Oleh :


"selamat malam dokt. sya hamil 16w6d.nmnurut info "Pregnancy Update" janin sudah bs mendengar alunan musik klasik.di ukuran 16w6d.apkh bnar dok.sya lgsg sja psang hendset ditempelin ke perut.dg lagu sholawatan. tp dia blm respon.mlh sblm ditempelin hendsetnya udh gerak dluan.gmn dok.apkh udh bsa mendengar suara2 musik.?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : SuFor yang berlebihan
Oleh :


"Ass Mau tanya lg ni Dok,begini critanya Anak saya dari lahir sampek 2 taun ini minum Sufor trus soalnya dulu waktu bayi ASI saya tidak lancar dan sdikit skali jd jarang minum ASI mlh sering minum Sufor,tepat 6 bln saya bnr2 hentikan ASI saya ,dan full Sufor sampai sekarang Sufor trus. Skrang sdh 2taun lbih mlah kuat skali Sufornya bahkan sperti minum air putih saja setiap kali haus mintanya Sufor trus sehari bisa 6-7 botol susu ukuran besar itu blm termasuk mlm,tp walaupun Sifornya kuat anak saya juga suka mkan buah sayur dan nasi walaupun mkan nasi cuma sehari sekali sih tp skali mkn habisnya bnyak. Ini yg mau saya tanyakan,anak saya ini pertumbuhannya cpt skali dok,kelincahan,tinggi badan dan daya tangkapnya itu melebihi teman2 seumurannya dan bahkan lbh bsar dr ank saya. Jd sering skali beli baju dan sepatu karna cpt skali sempit tdk bisa dipakai lg. Knp ya dok,apa itu pengaruh dr terlalu bnyak minum Sufor itu?? Dan apakah ada efek sampinya nanti,saya sbnarnya snang dg pertumbuhan putri saya yg cpt tp saya jg sering khawatir... Saya tunggu jwbanya. Terimakasih sblumnya Wassalamm"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bagaimana caranya hamil saat ada mioma
Oleh :


"siang dokter, saya ocet mau tanya tindakan apa yang harus saya lakukan untuk sekarang ini agar saya dapat hamil, karna saya sekarang ada miom ukuran 2.24cm?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : SEL TELUR KECIL DAN TIDAK MATANG
Oleh :


"Saya sudah menikah 2 tahun tetapi blm memiliki momongan, hasil cek dokter katanya sel telur saya kecil dan tidak matang sehingga tidak bisa dibuahi, padahal sudah diberikan profertil..bulan depan akan dicoba diberikan obat lagi dengan dosis 2x lipat,klo masih blm berhasil mau disuntik hormon.. Yang mau saya tanyakan, apa penyebab sel telur itu ukurannya tidak cukup besar untuk dibuahi dan tidak matang?? apakah krn faktor bawaan,stress,kelelahan,atau pola makan? dan apakah ada obat yg bisa membuat ukuran sel telur lebih besar? Dan apakah madu penyubur kandungan dan juga glukogen aman utk dikonsumsi dan bisa memperbesar ukuran sel telur?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kista pada kehamilan pertama
Oleh :


"Hallo Dokter Tanti, Perkenalkan saya Nova member baru di Info Bunda... Saya mau tanya Dok seputar kehamilan pertama saya ini. Saya terakhir menstruasi tgl 10 Oktober bulan lalu dan pada hari k5(tgl 15 Nov)saya telat mens saya coba test pack dan hasilnya positif samar. Untuk memastikan saya cek (trans vagina)ke RSIA Tambak dan alhamdulilah saya positif hamil dgn ukuran kantung rahim 0.95cm usia kandungan di 5 weeks. Selain rahim saya juga di cek k2 indung telur dan salah satu indung telur saya ternyata ada kista dengan ukuran +- 1cm. Jujur Dok saya kaget begitu melihat ada kista di indung telur saya karna sebelumnya tgl 9 Nov lalu saya trans vagina juga untuk cek kesehatan rahim saya di RS Carolus dan hasilnya rahim & ke2 indung telur saya sehat & bersih tanpa ada penyakit apapun. Dan Dokter(RSIA Tambak)pun info kalau kista ini memang sering terjadi pada ibu yang hamil muda seperti saya karna akibat proses pembuahan. Dokter pun info nanti kista tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Untuk mengecek kista itu hilang atau tumbuh saya di minta untuk datang lagi untuk cek kandungan sebulan ke depan. Pertanyaan saya : 1.Apakah kista yang ada di indung telur saya itu berbahaya Dok untuk perkembangan janin saya? 2. Apakah saya harus cek ke beberapa RSIA untuk memastikan apakah hasilnya sama ada kista nya atau justru tidak ada kista di rahim saya? 3. Apa solusi dari masalah kista saya ini Dok karna jujur saya khawatir sekali takut membahayakan janin saya? Demikian yang saya ingin tanyakan, mohon di bantu untuk informasinya dan solusinya ya Dok... Terima kasih. Nova "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perut bawah sebelah kiri sakit saat hamil 25 minggu
Oleh :


"Selamat siang dok, Saya merasakan perut bagian bawah kiri kadang juga tengah sakit sekali. 3 hari 2 malam saya tidak bisa tidur. Hari ke2 saya ke RSIA dan periksa USG, memang saya ada miom saat usia kehamilan 9 minggu. Posisi miom berada di perut bawah sebelah kiri, saat alat USG ditekan oleh dokter tersebut, saya merasakan sakit. hasilnya diagnosa dari dokter adalah karna miom tersebut. Saya dikasih obat minum (Duvadilan), setau saya itu adalah obat buat kontraksi. Saya coba minum 2x tp tetap saya masih merasakan sakit teramat sangat dan tidak bisa tidur. Hari ke3 saya coba ke RS lain dan tentunya dengan dokter yang berbeda. Dilihat dengan alat USG dan dokter tersebut bilang miom saya tergolong dengan ukuran kecil (5cm x 2cm), dan hasil diagnosa dokter ke2 menyatakan bahwa saya sakit karna otot tegang atau kram pd otot. Saya pun dianjurkan untuk memakai koyo atau minyak gosok dan dikasih obat minum (saya tidak hafal namanya). Sepulang dari RS saya coba memakai koyo dan saya bisa tidur sore harinya. Pada malam hari saya minum obat dan memakai koyo. Sakit itu berkurang tapi bila tidak pakai koyo, tetap saya merasakan sakit. Dan ini hari ke 5 saya masih merasakan sakit diperut bawah kiri saya, tiap tidur tidak bisa miring kiri/kanan. hanya bisa telentang dan itupun masih merasakan sakit walaupun tidak sehebat hari pertama, kedua dan ketiga. Saya ingin menanyakan ke dokter, ada apa dengan perut bawah sebelah kiri atau kadang sampai perut bawah tengah saya? Kalaupun karna otot tegang, apakah selama ini? Kalaupun karna miom, apakah akan merasakan sesakit ini dengan ukuran miom yg tergolong kecil? Terima kasih atas perhatian dan jawaban dokter."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Tanya tentang masalah kewanitaan
Oleh :


"Dear dokter Yth Dokter mohon bantuan informasi n solusi atas gejala yang saya alami. Saya wanita umur 24thn belum menikah. Pada bagian luar klito**s saya,pd bagian sebelah saja seperti ada bintik yang menyerupai bintitan pada mata dan pd ujung atau puncak pd bintik tersebut seperti ada cairan (mirip bintit pd mata) dan ukuran pd klitoris saya besar sebelah. Saya menyadarinya baru beberapa hari terakhir ketika sedang membersihkan miss v. Apakah ini penyakit kelamin? Apa nama penyakit ini dokter? Apakah ini ada hubungannya dengan perilaku sex saya, saya sering melakukan masturbas* Apakah saya harus periksa ke dokter? Tapi saya malu dokter. Mohon bantuan n penjelasannya dokter Terima kasih Dokter yth "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Death Conceptus / kematian mudigah
Oleh :


"Pagi Dokter Tanti, Ini kehamilan ketiga, kehamilan pertama keguguran pd uk 15w (tindakan kuratase), kehamilan kedua dinyatakan death conceptus uk 12w (tindakan kuratase) dan yang baru terjadi bulan lalu death conceptus di uk 17w (melahirkan secara normal). Saya ingin bertanya apa yang menyebabkan berulangnya kasus death conceptus? Apakah demam tinggi 39ÂșC bs menjadi penyebabnya krn saya sempat demam tinggi selama 2 hari. Lalu, bagaimana cara mencegah death conceptus agar tidak terjadi lagi di kehamilan mendatang ya dokter? Satu tambahan pertanyaan, setelah 1bln melahirkan rahim saya masih belum jg mengecil (kembali ke ukuran sebelumnya) padahal pemeriksaan usg tidak menampakan adanya sisa jaringan alias sdh bersih. saya telah meminum obat2 yang disarankan dokter obgyn. Mohon petunjuknya dan jawaban dokter, saya dn suami khawatir dgn kondisi ini. Terima kasih dokter."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini