SITE STATUS
Jumlah Member :
493.691 member
user online :
1637 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Ukuran Berat Janin Normal
Oleh :


"yth. dr. tanti usia kehamilan saya saat ini adalah 13 minggu, hasil check-up kandungan saya seminggu yang lalu alhamdulillah menunjukkan keadaan janin yang sehat dan semuanya normal. menurut hasil usg berat janin saya 57 gram, dan dari ukuran kepala, perut, paha-kaki, semua menunjukkan ukuran normal untuk usia kehamilan 13 minggu. yang membuat saya bingung, setelah saya check-up kenapa berat janin menurut infobunda dan seaching info lainnya, berat janin untuk usia kehamilan 13 minggu adalah 23-24 gram. sedangkan menurut pemeriksaan dokter kandungan saya untuk ukuran 13 minggu berat janin 57 gram adalah normal. yang ingin saya tanyakan adalah : (1) apakah ada perbedaan cara perhitungan antara infobunda dengan dokter kandungan saya ? (2) menurut dokter apakah ukuran janin 57 gram itu terlalu besar untuk usia kehamilan 13 minggu ? (3) apa yang harus saya lakukan jika ternyata menurut dr. tanti ukuran janin saya terlalu besar ? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Berat badan tambah cuma sedikit
Oleh :


"Dear dokter Tanti Perkenalkan nama saya arlin, saat ini saya sedang hamil dengan usia kandungan di minggu ke-26. Menurut info dari web infobunda.com "Perkiraan janin telah mencapai berat 890 gr dan panjang 32,5 cm Dari pertumbuhan tersebut, maka berat badan Bunda umumnya meningkat sebanyak 6,8 kg" Namun pada saat saya periksa ke dokter berat janin saya 847gram sedangkan berat badan hanya naik 2,5kg.Kata dokter yang memeriksa justru janin saya kurang besar. Yang benar gimana ya dok? saya jadi bingung. Sedangkan saya gak pengen kalo bayi saya lahir terlalu besar (antara 2.5 - 3kg). Dan yang saya ingin tanyakan lagi normal gak sih dok pertambahan berat badan saya yang cuma tambah 2,5kg di usia kehamilan sekarang? Trus gimana biar berat badan saya cepet naik, karena saya sampe sekarang gak doyan minum susu ibu hamil, meski sudah gonta ganti merk dan rasa tetap saja muntah. Terima Kasih sebelunya dok atas jawabannya...."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Janin terlilit tali pusat, berat badan janin 3.8 kg.
Oleh :


"Dok, saya mau bertanya. saat ini saya sedang hamil 38 minggu posisi kepala janin belum masuk panggul dikarenakan terlilit tali pusat dan berat janin sudah 3,8kg, apakah saya masih bisa melahirkan secara normal dok? dan amankah jika dilakukan prosedur oral induksi kepada saya? terimakasih atas jawabannya dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Berat janin menurun
Oleh :


"Dear dokter tanti yg cantik,perkenalkan saya seorang ibu mudabyang saat ini tengah hamil 35w. 2 minggu yang lalu saya periksa ke bidan dan di usg 2D menyatakan kalau bbj 3 kg sehingga saya disuruh untuk diet karbo dll. 2 minggu kemudian yaitu kemarin malam saya periksa lagi dan di usg 2D lg tapi bbj menjadi 2,6 kg. Apakah ada kemungkinan kesalahan penghitungan pada alat usg dokter? Karena berat badan saya 2 minggu yang lalu 70 kg dan saat ini hanya naik 1 kg saja. Bila benar bbj turun,apakah berbahaya bagi janin karena gerakan janin saya tidak mengalami penurunan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Plasenta pendek
Oleh :


"Dok, saya saat ini tinggal di jepang dengan kondisi sedang hamil 33 minggu. Dokter dsni memvonis saya memiliki plasenta pendek sehingga harus caesar. Dan saya dijadwalkan untuk operasi tanggal 3 agustus, kurang lebih usia 36 minggu. saat ini berat janin masih 1755g. Saat usia 36 minggu, apakah aman melakukan operasi caesar? Kira-kira berapa berat badan janin seharusnya supaya aman operasi caesar? karena saya mengalami kendala bahasa disini, jadi saya mohon penjelasan dokter. trimakasih..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Diabetes gestational
Oleh :


"Salam kenal Dokter, usia kehamilan saya hampir 24w,saya sedikit "khawatir" dengan gula darah saya.. sekalipun hasilnya "normal" tp bidan yg mengontrol saya menyatakan bahwa hasilnya mendekati tinggi, maka dlm 3 minggu akan diadakan kembali tes darah. Kehamilan saya kali ini sangat berbeda dengan kehamilan anak pertama saya, kl dulu saya tidak suka yg manis2 tapi krn saya periksa gula darah setelah liburan panjang bersama keluarga besar suami yg "notabene" tdk bisa menghindar dr es krim dan segala dessert yg manis2, yg menyebabkan hasil tes positif (sekalipun hny bbrp persen) yg menyebabkan saya harus diet selama 2-3 bln terakhir kehamilan dengan menu salad dan 3 produk susu (susu, yoghurt dan keju) sebagai ganti makan buah jika lapar... hasilnya juga saya di cesar. tapi itu saya tdk permasalahkan .. skrg, saya hny ingin mengetahui pendapat dokter, krn di kehamilan saya yg skrg ini, saya suka sekali dgn yg manis2 ... kira2 apa yg hrs saya konsumsi utk mengontrol "gula darah" (apa kah makan makanan yg pahit, spt pare, minum daun sirih, bisa mengurangi kadar gula darah ?) selain saya mengurangi makan nasi dan gorengan serta sesuatu yg manis dan saya suka minum air putih.. karena saya juga sdh berusia 36thn dan berat saya di awal hamil yg skrg merupakan berat saya dulu wkt melahirkan. Skrg BB saya naik 5 kg (di usia 23w) dan USG terakhir berat janin 488 gr di usia 22w. Saya mohon informasinya ya .. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kenaikan berat badan
Oleh :


"Dokter saya mau tanya.ini saya hamil sudah usia 30 minggu.kenaikan berat badan saya sudah 11 kg. Sedangkan tafsiran berat janin saya saat usg 1170gram. Apakah normal dokter kenaikan berat badan saya sampai saat ini.soalnya sudah terlalu banyak.sedangkan tafsiran berat janin hanya segitu?? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kontraksi pada kehamilan
Oleh :


"Dok..... bahaya atau tidak jka umur 36minggu sya sering mengalami kontraksi??apakah sibaby sedang mencari jalan lahir?? BB saya sblumnya juga 44kg srkarang 60 kg...hampir 16 kg naiknya...kira2 normal g dok???tinggi fundus 32cm...kira2...dengan TB 153 apa saya bisa melahirkan secara normal??? terima kasih dok,"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Asupan nutrisi untuk ibu hamil agar menambah berat badan
Oleh :


"selamat pg dok, salam kenal, saya any mau tanya saat ini sy sedang hamil 15 minggu tp pjg janin sy bru 3.5 cm,info yg sy tau harusnya sdh sekitar 12.5 cm, tp kata dokter yg meriksa sy itu msh normal. Yang mau sy tanyakan asupan nutrisi apa yg hrs sy makan mengingat pd awal kehamilan sy jarang sekali makan nasi dan sampai hari ini pun sy belum begitu nafsu makan, kecuali susu & buah , obat dari dokter pun rutin sy makan dan berat badan sy pun belum naik semenjak hamil. terimakasih bnyak dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : berat badan janin besar
Oleh :


"siang dok.. sy mw nnya usia kandungan sy 39w tp berat badan janin sy 3.6 kg gede banget. gimana cara supaya bb janin tidak trlalu gede? apa sy boleh makan oatmeal ?? terimaksih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Usia kandungan 32 minggu berat badan janin kurang
Oleh :


"dok saya mau tanya, usia kandungan saya seharuanya skrng 32 minggu setelah cek usg berat badan janin hanya 1.469 g normalkah dok? gerakan nya pun kurang aktif hanya gerakan lembut, padhal beraat badan saya sudah naik 15 kg sejak hamil.. HPL yang sebelumnya 17 agustus 2016 pun mundur ke 8 september 2016"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kantung Rahim Tanpa Janin
Oleh :


"Dear Dr.Tanti Retnowati Langsung saja saya wanita 24th yang sedang hamil usia 9minggu..Pada bulan pertama saya periksa lengkap dengan USG dokter menyatakan, keadaan janin saya sehat..Akhirnya sampai pada Periksa yang ke 3 kali tepatnya usia 9minggu dokter menyatakan bahwa kandungan saya jelek karena pada usia 9minggu harusnya pada hasil scan USG pada kantung rahim terbentuk sebuah bulatan(janin) akan tetapi lainhalnya dengan keadaan kantung rahim saya, atau dengan kata lain hasil dari USG hanya kantung saja tanpa terlihat janin. Dokter menyarankan untuk menunggu 2minggu lagi untuk melihat perkembangan dan apabila tidak tumbuh harus segera di kuret. Pertanyaan saya: 1.Saya harus menunggu berapa lama lagi hingga dapat disimpulkan bahwa kandungan saya memang jelek? 2.Apakah apabila setelah 11minggu akhinya tumbuh janin, apakah janin tersebut sehat (normal)? Mohon saran dari Dr.Tanti Retnowati, karena saya benar2 hawatir dengan keadaan calon buah hati kami. Terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Detak Jantung Janin Melemah
Oleh :


"selamat siang dok.. ini kehamilan ku yg pertama, menurut perhitungan bidan usia kehamilan ku sudah 2 bulan dan beberapa hari yang lalu aku menjalani USG tetapi dokter menyatakan detak jantung janin ku tidak ada dan ia menyatakan janin saya tidak tumbuh dan harus segera di keluarkan, keesokan harinya aku periksa ke bidan yg lain dan di periksa detak jantung janin ku juga belum terdengar ,saran dari bidan yg terakhir kita coba bulan depan untuk mendengar detak jantung kembali. pertanyaan saya dok, sebenarnya di usia kehamilan berapa detak jantung janin bisa terdengar?? terimakasih dok saya sangat butuh jawaban dari dokter karena sangat gelisah dan takut "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Helicobacter pylori
Oleh :


"Bagaimana penyembuhannya helicobater pylori pada anak umur 3.8thn, dengan riwayat asma, begitu susah saya bertemu dengan dokter spesialis gastro, jika sy konsultasikan ke dokter spesialis dalam boleh tidak, atau ke dokter anak saja, semua hasil testnya sudah dilakukan, mulai dari tes fesses, darah, dan endoscopy... sampai saat ini anak saya belum di obati, saya sangat kecewa sama dokter2 yg orientasinya uang... jadwalnya ada di RS tapi dokternya gak ada (dokter siluman), diiming2i endoscopy biar tepat pengobatannya tapi, abis endoscopy dokternya hilang, saya nyesal sekali endocopy dari test darah saja sudah positif 1.29 artinya sudah tinggi gak perlu endoscopy juga rasanya sudah bisa dilakukan tindakan, uang habis tapi gak diobati sama dokter yg mengednoscopy... kecewa berat."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Panas tinggi dan keluar gumpalan darah dari rahim
Oleh :


"kandungan saya usia 29 minggu..dok ini saya mengalami panas tinggi dan keluar gumpalan darah dari rahim,sudah rujuk ke dokter kandungan katanya tidak ada masalah apa2 terhadap kandungan,tetapi tetap harus rujuk ke RSU untuk turunkan panas yg tinggi!!meskipun dokter bilang begitu saya masih sangat takut terjadi sesuatu pada anak saya nanti..mohon penjelasan dari dokter,terimakasih..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini