SITE STATUS
Jumlah Member :
492.574 member
user online :
1783 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : BANYAK MELUDAH KETIKA HAMIL
Oleh :


"Selamat Pagi Dok...! Saya Diah, umur 31 tahun, TB 155, BB, 55 kg. Ini kehamilan pertama saya, usia kandungan saya 5 bulan dan saya belum pernah mengalami keguguran. Waktu usia kandungan saya 9 minggu saya pernah dirawat selama 3 hari karena dehidrasi, waktu usia kandungan saya 13 minggu saya pernah menggigil kedinginan selama 1 - 2 jam dan setelah itu badan panas lalu berkeringat, dan perut jadi kaku, keras dan sakit, dan oleh dokter SPOG, saya harus betresk lagi saat itu 3 hari. Dari saya hamil 2 bulan sampai dgn 3,5 bulan setiap kali saya makan, minum susu, bahkan ngemil sekalipun langsung muntah. Jadi praktis saat itu gak ada makanan yang bertahan lama diperut. Yang ingin saya tanyakan Dok, sejak usia kandungan saya 2 bulan sampai dgn saat ini saya punya masalah dengan meludah yang berlebihan padahal sebelumnya tidak, udah gitu ludahnya berbusa dan lengket, terus ditenggorokan jadi berasa ada dahak tapi gak bisa keluar dan kalau habis makan bahkan minum air putih sekalipun berasa asem di tenggorokan, dan itu jadi membuat saya sering mual dan muntah apalagi kalau ludah itu saya tahan jadi semakin muntah... - Sebenarnya normal gak sich dok, kondisi semacam ini...? - Bagaimana cara mengatasi/mengurangi produksi ludah itu sendiri, krna ada saran konsumsi permen jahe, permen mint, bahkan ngemut asem tp gak ada pengaruhnya... - Atau mungkin saya kekurangan vitamin atau apalah yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.... - Selama ini saya hanya minum kalsium dan suplemen dari dokter aja... Terimakasih Dok, dan maaf kalau jadi kepanjangan.... DIAH "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Antibiotik?
Oleh :


"Dok, saya sempat konsultasi dengan dokter SPOg mengenai keluhan pilek yang sedang saya alami saat ini,saya diminta untuk mengkonsumsi amoxcillin 500mg (tablet), tapi setelah saya mengkonsumsi obat ini untuk beberapa hari saya malah batuk berdahak! yang ingin saya tanyakan, amankan amoxcillin 500mg untuk ibu hamil (kandungan saya berusia 21 minggu???apabila tidak, obat apa ya dok yang bagus buat bumil? trimakasih atas bantuannya :)"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Keguguran karena terkena virus rubella
Oleh :


"dokter, beberapa bulan lalu saya keguguran di usia kandungan 10 minggu, setelah diambil darah dan dilihat hasil labnya, saya dinyatakan terkena rubella tetapi dr. spog saya memperkirakan terkena 3 blan sebelum hamil dikarenakan titer nya masih tinggi terjadi kegugran. pertanyaan saya : 1. Apakah dikehamilan berikutnya tidak akan terjadi lagi hal seperti di atas? karena saya sudah menjalani pengobatan anti virus dari dr. spog saya 2. sebelum saya menikah saya blum pernah di suntik TT apakah harus di suntik TT dan MMR sebelum saya hamil kembali? terimaksih dok. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Vitamin untuk ibu hamil
Oleh :


"Pagi dok, Dok, saat ini saya sedang hamil 13w. Tapi karena pekerjaan serta kesibukan yang lain, saya smp lupa tidak pernah minum vitamin utk ibu hamil. Saya dapat vitamin dari SPOG saya folamil. Apakah itu berimpact buruk pada janin saya dok? terima kasih utk response nya.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : kenapa mengkonsumsi pil kb tapi tetap haid?
Oleh :


"Salam kenal dok, saya mau bertanya nie dok. Saya prnh mengalami haid yg cukup lama (lebih dr 2minggu). Lalu saya konsultasi kedokter spog. Lalu dokter memberi saya pil kb. Yg hrs diminum selama 1bln. Awalnya diminum 4x sehari slm 4hari, 3x sehari slm 3hari, 2x sehari slma 2 hari, dan 1x sehari slma 21 hari. Tp disela waktu itu saya mengalami haid, tp haid itu hanya muncul dipagi hr saja. Knp ya dok "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Sulit hamil
Oleh :


"Dok,sy wnita usia 20thn.wkt sekolah dlu sy pernah aborsi(kuret).lalu sekitar 7 bulan sy keputihan warna putih susu,kental,dan agak bau.saya berobat ke spog katanya berjamur,dan memang waktu itu selangkangan suami sy gatal2.sy diberi obat flucoral.cravox,sm trogyl.emang sudah sembuh,tp dalam 2 bln stlh itu kambuh lagi.dan stlh mnikah sy sulit hamil,dan mens sy tdk teratur.apakah sulit hamil ini disebabkan krna keputihan ya?mohon jwbnnya.trimakasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Program hamil dan Masalah haid
Oleh :


"Selamat pagi Dok, Saya sudah menikah sudah 3,5 tahun tetapi sampai sekarang saya belum pernah merasakan gimana yang namanya hamil. Awal Januari 2013 saya bersama suami pergi konsultasi kenapa sampai sekarang saya belum hamil ke dokter di salah satu RSIA Medan. Dokter menyarankan kepada saya dan suami untuk melakukan serangkaian test dan hasilnya saya dan suami normal tidak ada masalah. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya dan suami minum : 1. Provula 50 mg Tablet ( Diminum oleh saya dihari ke 2 haid, 1 x 1 tablet selama 5 hari ) 2. Fionat 0,4 mg / Asam Folat Tablet ( Diminum oleh saya 1 x 1 tablet setiap hari ) 3. Oxan ( Diminum oleh suami, 1 x 1 tablet selama 10 hari ) Saya mulai minum obat tersebut ( dengan dosis seperti yang dianjurkan ) mulai awal bulan Februari 2013. Bulan Maret 2013, saya konsultasi lagi ke dokter dikarenakan saya belum hamil juga dan dokter kembali memberikan obat ( seperti diatas )dimana Provula 50 mg diminum 2 x 1 tablet selama 5 hari sedangkan Fionat 0,4 mg dan Oxam tetap diminum seperti yang biasanya. Bulan Mei 2013, saya konsultasi lagi ingin menanyakan kenapa di perut bagian bawah sebelah kiri saya sering sakit seperti ditusuk – tusuk ( pada saat itu saya belum haid ) . Setelah di lakukan USG, terdapat folikel / kista ovarium yang isinya cairan dengan diameter 2,5 cm disebelah kiri perut bagian bawah. Dokter mengatakan itu ngak ada masalah dan akan keluar dengan sendirinya 2 – 3 x siklus haid. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya minum 1. Zycin 500 / Antibiotik ( 1 x 1 tablet selama 3 hari ) 2. Mefinal 500 mg / Pereda rasa sakit ( 2 x 1 tablet selama 2 hari ) Sewaktu saya minum obat tersebut, keluar flek coklat yang banyak selama 2 hari kemudian disusul dengan keluar haid. Dengan kondisi seperti ini, untuk sementara minum obat provula saya hentikan atas inisiatif sendiri walaupun dokter mengatakan ngak ada masalah jika minum provula . Yang ingin saya tanya dok, 1. Apakah dengan minum obat provula secara continue dengan dosis 2 x 1 tablet / hari bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium ? 2. Obat provula sebaiknya diminum pada saat hari haid ke berapa ? 3. Dihari haid terakhir saya, ada keluar seperti kulit transparan yang sudah susut / kempes dengan panjang +/- 2 cm. Apakah itu bisa dikatakan sebagai kista ovarium yang sudah keluar ?. 4. Tanggal 10 Juni 2013, saya haid selama +/- 6 hari. Pada tanggal 24 Juni 2013 ada keluar sedikit Flek kecoklatan. Apakah itu termasuk sisa haid Dok ato tanda hamil ? 5. Haid pertama sebenarnya dihitung mulai kapan ya ? apakah pada saat keluar flek ? soalnya kl saya mau haid ditandai dengan flek coklat baru disusul keluar darah. Sorry ya dok, penjelasan saya terlalu panjang dan mohon bantuannya. Periode haid saya : 21 dec 2012 , 1 Februari 2013, 3 Maret 2013, 8 April 2013, 12 Mei 2013, 10 Juni 2013, 11 Juli 2013 "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bartholinitis
Oleh :


"Dokter, saya pernah menjalani operasi pengangkatan kista bartholinitis kira2 3 bulan yang lalu. Yang saya tanyakan, apa saya tetap bisa hamil secara normal atau saya harus konsultasi ke bidan atau SpOG terlebih dahulu untuk merencanakan kehamilan? Karena sampai saat ini belum ada tanda2 saya hamil, padahal saya berhubungan pada saat masa subur. Trims"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Tidak menstruasi dan tak kunjung hamil
Oleh :


"mlm dok,sy wiwin umr 24 th,menikah sdh 1th setengah.tetapi smp sknrg blm juga hamil.dok dua minngu lalu sy ke spog karna tdk haid slama 3 bulan,setelah diusg ternyata kosong.kemudian sy diberi obt interxanthin dan regumen,kata dokter tsb jika dlm minumobat itu sy haid maka sy harus cpt control ke dokter lg,tp klo ga haid sy disuruh tgu selama 1 bln baru control.yg ingin sy tanyakan apa kegunaan obat interxanthin dan regumen,jika obt tsb adlh peluruh haid tetapi kenapa sy blm juga haid...kemudian jika haid tak kunjung datang stlh minum obt itu apa itu artinya saya hamil?kata org2 klo hamil itu ada denyut cepat di bawah leher,dan itu ada pada sy dok,wanita lain yg tdk hamil sy lihat tdk ada denyutan tersebut,sebelumnya terimakasih dok "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : haid pada masa nifas
Oleh :


"Selamat siang dokter tanti,saya baru melahirkan secara caesar pada tgl 12 agt 2014,setelah melahirkan haid saya berlanjut s.d 40 hari lebih,kemudian pada saat periksa ke dokter spog,tidak ada masalah dengan rahim dan rahim sudah bersih,saya diberikan obat norestil untuk menghentikan haid,setelah saya minum,haid memang berhenti,& saya pun berhenti mengkonsumsi norestil,setelah beberapa hari kemudian ternyata saya haid lagi,maka saya lanjut lagi minum norestil dan haid pun berhenti,kini setelah hampir 1 minggu saya haid lagi.yang ingin saya tanyakan apakah obat norestil tersebut harus dikonsumsi terus terusan s.d obat dari dokter tersebut habis,karena begitu haid berhenti 2 hari kemudian saya tidak lanjut mengkonsumsi norestil tersebut?apakah hal ini normal?berapa lama biasa nya haid datang lagi setelah masa nifas,terimakasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Placenta previa
Oleh :


"usia kehamilan saya memasuki 18minggu dok , tap sudah 3 hari ini saya mengalami flek cokelat dgn jumlah yg sedikit , secara saya pernah mengalami keguguran dikehamilan pertama di usia 14 minggu , saya takut hal ini akan terjadi dikehamilan ynag sekarang ,, saya sdh ke 2 dokter SPOG , dari hasil usg menyatakan bayi saya normal detak jantungnya dan gerakannya jg masih sangat aktif, namun ditemukan bahwa placenta berada dibawah menutupi jalan lahir , namun kata dokter hal ini masih berubah krn kehamilan masih tergolong muda , dokter sudah memberikan saya obat penguat kandungan Utrogestan 200mg dan kalnex untuk menghentikan oendarahan , namun sampai saat ini flek masih keluar dokter .. apakah memang hal itu masih eajar dokter ? dan apakah ada kiat lain agar posisi placemta bisa beribah keposisi normal ? terimakasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Daun pepaya apakah bahaya?
Oleh :


"siang Dok... saya mau nanya, minggu lalu pas saya kontrol ke dokter kandungan saya, beliau bilang kandungan saya normal dan bgus...saat itu UK 19w dan berat bayi 270gr..apakah normal? trus ada gangguan pencernaan dok...BAB saya gag lncar..paling 3 ato 4 hr sekali bru BAB dok..trus dokter Spog saya nyaranin mkan buah pepaya...tp buahnya aja, daunnya jangan, mentah ataupun udah di rebus... tp td pagi saya lupa dok makan pecel yg didalamnya bnyak daun papaya...udah terlanjur 2 suap bru teringat.. apakah bahya dok? makasih ya dok sebelumnya..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keluar flek disaat tidak haid dan hasil USG negatif.
Oleh :


"Selamat malam dok, saya sudah berumah tangga selama 1 thn setengah, 9 bulan menikah baru hamil, tapi keguguran (blighted ovum), bulan 11 saya kuret, setelah kuret, haid lancar, tapi kali ini sudah kewat 2 buoan, setiap TP hasilnya swlalu negative, sekutar seminggu yg lalu, keluar bercak warna pink gt.. Tp cuma satu hari dan jumlah nya sangat sedikit. Sy pikir saya hamil, tp TP lg hasilnya masih negarif, saya putuskan utk ke sPog, usg transvaginal, rahim saya kosong, dokternya cuma kasi obat floragyn dan regumen. Mohon penjelasan dan sarannya dok, sebaiknya obatnya saya minum atw gk, dan kenapa bs keluar flek tp sedang tidak hamil dan juga tidak haid. Terima kasih dokter.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : TP Positif tapi tidak hamil (haid)
Oleh :


"Dokter saya ingin bertanya sebelumnya saya ceritakan dulu kronologisnya. HPHT saya bulan lalu tanggal 14 Juli 2015 biasanya kalau haid maju 2 hari, sebulan berjalan tanpa ada gejala apapun sampai tgl 14 Agustus 2015 saya masih belum haid. Tgl 15 Agustus 2015 pagi saya coba testpack dan hasilnya 2 garis, yang satu samar. Saya sengaja tidak ke dokter karna saya nunggu telat 2 minggu dulu, sementara menunggu saya minum folavit, susu ibu hamil, dan saya menjaga asupan makanan serta berusaha tidak terlalu capek. Setelah telat 1 minggu, saya coba Testpack lagi dan hasilnya 2 garis sama terang. Setelah telat 2minggu, tgl 27 Agustus 2015 siang hari pukul 14.00 perut saya rasanya kaku nyeri dan tegang dan disertai flek coklat muda. Sampai malam hari saya merasa tidak kuat menahan rasa nyeri sampai berjalanpun sulit karena terlalu sakit namun flek sudah tidak ada. Pagi hari tgl 28 Agustus 2015 bangun tidur saya merasa nyerinya berkurang namun jadi mules, jam 7 pagi flek lagi. dan akhirnya saya ke RS. Disana saya test urine lagi hasilnya positif 2 garis. Ketika USG hasilnya masih penebalan dinding rahim. disuruh kembali lagi tgl 8 September 2015 sementara saya diberi obat penguat dan asam folat. Dan ternyata siang hari saya makin mules, nyeri dan keluar darah banyak sekali seperti haid beserta gumpalan-gumpalan darah serta ada seperti hati ayam, mules dan nyeri saya langsung hilang. Sampai hari ini darah bersih saya tidak periksa lagi. 1. Menurut dokter apa perlu saya periksa lagi ke SPOG. 2. Mengapa testpack saya positif sedangkan ternyata saya haidnya terlambat 2 minggu padahal selama ini saya tidak pernah telat haid 3. Apakah darah kemarin itu keguguran atau hanya haid biasa, mungkin krn telat makanya perut saya sakit sebelum haid? Mohon jawabannya dokter. Terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Apakah eturol dan interxanthin baik digunakan selama promil
Oleh :


"Malam dok , pengen tanya saia menikah satu udah 1 thn belum punya anak . pengen banget punya momongan . waktu itu saia udah datang ke doker spog . berhubung mensturasi saia tidak teratur terus di usg kata'y belum terlihat apa2 terus di transvaginal katanya normal . pas saia tanya apa ngga suami juga th dok yg di cek kesuburan dokter bilang ntar aja kalau hari pertama mensturasi datang kesini lagi . pengen'y si hamil . terus dokter ngasih resep eturol dan interxanthin tapi belum sebulan obat itu habis sekitar 2 mingguan tapi saia beli lagi ke apotik tanpa datang ke dokter tadi , tapi ahir2 ini badan terasa lelah pegel2 perut juga kadang keram sperti tanda2 mau mensturasi , pdahal terahir mensturasi tgl 9 november kemaren . saia coba TP hasil'y masih negatif . kenapa ea dok , apakah hal tersebut efek dari obat?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini