SITE STATUS
Jumlah Member :
493.768 member
user online :
1252 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Kista ovarium dan metode KB
Oleh :


"Saat ini saya baru memiliki seorang anak stlh 5 tahun menikah. Saya pernah punya Kista Ovarium (kista coklat) dan setelah dioperasi akhirnya saya bisa hamil. Saya berencana KB tp masih bingung memilih alat kontrasepsi yg tepat,krn menurut temen saya klo sulit punya anak sebaiknya jangan KB suntik. trus apakah KB tidak berpengaruh pada saya krn pernah punya kista?.. terima kasih untuk jawabannya. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Rahim Terbalik dan Kontraksi
Oleh :


"halo dok... saya yanti (23) suami (32),sudah menikah 2,5 tahun dan sekarang belum dikarunia'i anak,sudah periksa k'dokter tapi tidak ada masalah tp katanya rehim saya retro (tebalik)jadi agak susah. Akhir2 ini perut saya sering kontraksi dan bahkan selesai berhubungan perut saya kontraksi dan mules (pingin BAB),kontraksinya seperti mau haid gitu dok... itu kenapa y??? dan saat tidak behubungan pun kadang2 perut saya kontraksi.mohon untuk dijawab seceptnya... terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Sulit hamil kembali
Oleh :


"dear Dr Tanti, dokter tahun 2005 saya pernah pakai kb spiral dan tahun 2007 saya lepas karna ingin mempunyai anak yang ke dua, tapi kenapa sampai saat ini saya belum juga hamil ya dok?? saya pernah mengalami rahim terbalik (kata dokter kandungan saya setelah di usg)tapi sekarang sudah tidak, apakah itu berpengaruh dok?? apa yang harus saya lakukan agar bisa hamil?? terima kasih atas jawabannya."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Baby program dan kista cokelat
Oleh :


"Salam kenal dok..sya Novia (23 thn) dan suami (23thn) sudah menikah selama 5 bulan,,saat 2 bulan menikah saya iseng cek kdokter krn ud kepngen punya baby. Tpi hsil USG menunjukkan sya kena kista coklat uk.4,43cm kmudian sya langsung ikut baby program. Tiap bulan saat haid dan masbur sya cek ke dokter ternyta kista saya mulai mengecil sedikit demi sedikit. Lalu saya diresepkan minum profertil, max E, dan folavit, saat masbur dcek telurnya bagus jadi siap dibuahi. Tapi program itu tidak berhasil dan dibulan selanjutnya kemudian diberi terapi serupa dan saat masa subur tiap saya minum obat itu perut sya rasanya kencang dan mengalami gejala2 seperti pusing, mual, dan payudara saya sakit seperti mau mens. HPHT terakhir sya tanggal 20 Mei dan di bulan Juni ini tepat tanggal 19 sya mens lgi dan otomatis gagal lagi terapi itu. Padahal saya tidak pernah mengalami siklus mens sampai 30-31 hari banter palingan 28 hari. Tapi kista saya sudah mengecil jadi 3,06cm dok cm klo mens masih sakit bgt dok. Yang ingin saya tanyakan apa sebenarnya yang terjadi kenapa meskipun sudah terapi begitu bisa gagal ya dok?kemudian 2 siklus mens saya selalu keluar seperti gumpalan daging dan darah dengan selaput putih, itu kira2 kenapa ya dok?dan terapi apa lagi yang harus dijalani supaya baby programnya berhasil??please help me dok Terima kasih dok sebelumnya "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Apakah kista mempengaruhi kesuburan?
Oleh :


"Sy menikah 15 bln yg lalu tp smp saat ini blm hamil jg, 1 bln yg lalu periksa k dokter kandungan kmdn d USG trnyt terdapat bnyk kista yg paling besar berdiameter 5 n 6 cm yg lainnya (sekitar 5 buah) kurang dr 3 cm. Saat ini sy sedang menjalani pengobatan dg minum perasan kunir putih (saran dokter trsbt) bulan depan sy diminta uk periksa lg. apakah kista dapat mempengaruhi kesuburan?. Krn kt dokter trsbt kista ny makan sel telur, pdhl stp bulan sy tetap mens, ttp memang stlh menikah siklusny mjd kacau...apakah memang krn pengaruh kista? terima kasih.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Masalah ASI, alergi susu sapi dan Baby Blues
Oleh :


"assalamu'alaikum wr wb dokter, saya membaca artikel anda di internet... saya tertarik dgn pembahasan anda mengenai apakah asi ibu kurang?? hal tersebut pernah saya alami ketika saya melahirkan bayi saya pd 30 april 2011 kemarin. ceritanya begini dokter, sebelum saya hamil, saya melakukan operasi fibroadenoma mamae di kedua payudara saya, jmlhnya sangat byk. di payudara sebelah kiri ada 15 tumor (paling besar diameter 4cm, yg lain kecil), di payudara kanan ada 7 tumor. 3 bulan setelah operasi, saya konsultasi ke dokter bedah yg telah mengoperasi saya dan dokter kandungan untuk menanyakan apakah saya boleh hamil dlm wkt dekat atau tidak? beliau membolehkan untuk segera hamil. akhirnya 1 bulan kemudian saya hamil...alhamdulillah... namun saya agak bimbang apakah nnt saya bisa menyusui? karena setelah operasi payudara lebih kecil dr sebelumnya bahkan efeknya payudara kecil dan cekung (karena banyak daging yg diambil)... tp lambat laun payudara saya kembali cembung namun tidak sebesar dulu pada saat belum operasi tumor. 9 bulan kemudian saya melahirkan, pada saat saya melahirkan dengan cesar karena ketuban pecah dan ditunggu 36 jam pembukaan baru pembukaan 4 akhirnya dilakukan operasi. pada waktu itu, rmh sakit tidak menerapkan IMD pdhal saya sdh bilang, namun bayi diberikan sufor selama 2 hari, pada hari kedua saya baru dipertemukan dengan bayi saya. tentunya asi saya belum keluar.... asi saya keluar pada hari keempat, namun sufor msh diberikan. setelah pulang dr RS, begitu sampai rumah saya mengalami babyblues..... saya merasa khawatir yg berlebihan pd diri saya, apakah nnt saya bisa merawat bayi saya, apakah bayi saya sehat, apakah bayi saya bisa bertahan hidup (krn saya trauma dulu saya pernah melahirkan dua putri kembar namun meninggal semua).ditambah saya sangat tidak suka sama pembantu saya, saya takut pembantu saya akan melukai bayi saya. akhirnya saya minta ditemani kedua orang tua saya dan bergatian dengan kedua mertua saya (kebetulan saya tinggal beda kota dengan kedua ortu dan mertua saya). namun justru inilah yang menjadi masalah bagi saya dan anak saya. ketika bayi saya susui, sdh lama saya susui tp msh menangis mnt asi lg, terus selama sehari semalam saya tdk tidur krn bayi terus mnt minum, kemudian orangtua saya bilang kalo asi saya kurang harus diberikan sufor. saya ngotot tdk mau memberikan sufor krn saya ingin sekali asi eksklusif. mulai saat itu diotak saya terngiang2 kalo asi saya kurang, asi saya kurang terus terngiang2.... akhirnya sufor saya berikan. tp begitu dikasih sufor bayi saya bisa tidur nyenyak.alhasil saya patah semangat dan rencana asi eksklusif gagal saya berikan. setelah sufor dimimunkan produksi asi jd menurun. 2 minggu berlalu bayi saya masih jg rewel padahal mnm sufro sdh banyak bahkan melebihi ukuran untuk bayi baru lahir, tidurnya cuma sebentar sebentar, sering kagetan, nafasnya grok2, keluar air mata+kotoran dr mata, telinga bagian belakang nyenyehen (istilah orang jawa), pusarnya basah warnanya kuning kyk infeksi, tiap malam selalu nangis mnt gendong. saya tambah depresi berat, saya sering nangis.... kemudian saya konsultasikan bayi saya ke dokter anak, dokternya bilang kalo anak saya alergi, jd susunya hrs diganti yg HA (awalnya saya pake enfamil A+), kmdian saya pulang tp susu tdk saya ganti, saya msh blm percaya. ternyata anaka saya jg msh blm sembuh. usia bayi 1 bulan saya konsultasikan lagi ke dokter anak, beliau meminta untuk segera ganti yg HA, akhirnya saya ganti susu yg Nan HA.alhamdulillah langsung ada perbaikan. sekarang usia anak saya 17 bulan dan msh mnm NAn HA2.... yang ingin saya tanyakan : 1. apakah memang benar asi saya kurang dokter? (krn kl ga dimimun 4 jam sdh bengkak) 2. apakah operasi tumor payudara mempengaruhi produksi asi? 3. bolehkah minum obat agar asi banyak (spt moloco)? 4. bagaimana mengatasi alergi pada bayi? 5. apa yang harus saya lakukan bila nnt saya punya anak lagi, bagaimana caranya agar saya bisa berhasil memberikan asi ekslusif pada bayi saya? 6. bagaimana caranya mengatasi sindrome babyblues? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Pelengketan dinding Rahim saat program anak
Oleh :


"dok sya sudah hampir 4 thn blm punya momongan waktu itu pernah ke dokter dan di diagnosa dokter klo di rahim saya ada semacam PELENGKETAN nah yang mau saya tanya kan apa itu pelengketan dok???bisa sembuh kah saya dok adakah obatnya dok untuk menyembuhkan penyakit saya ini dok.. saya tidak di kasih obat hanya usg dan konsultasi saja "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Apakah boleh orang belum punya anak melakukan KB suntik 3bln untuk sebagai gantinya suntik tapros
Oleh :


"Dok saya mau tanya saya belum punya anak tapi saya habis operasi kista saya disarankan untuk suntik tapros biar bisa hamil tapi kalau seumpama saya ganti dengan suntik KB 3 bulan 2x suntikan gimana dok? Boleh atw tidak dok...mohon jawabannya ya dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kista pada kehamilan pertama
Oleh :


"Hallo Dokter Tanti, Perkenalkan saya Nova member baru di Info Bunda... Saya mau tanya Dok seputar kehamilan pertama saya ini. Saya terakhir menstruasi tgl 10 Oktober bulan lalu dan pada hari k5(tgl 15 Nov)saya telat mens saya coba test pack dan hasilnya positif samar. Untuk memastikan saya cek (trans vagina)ke RSIA Tambak dan alhamdulilah saya positif hamil dgn ukuran kantung rahim 0.95cm usia kandungan di 5 weeks. Selain rahim saya juga di cek k2 indung telur dan salah satu indung telur saya ternyata ada kista dengan ukuran +- 1cm. Jujur Dok saya kaget begitu melihat ada kista di indung telur saya karna sebelumnya tgl 9 Nov lalu saya trans vagina juga untuk cek kesehatan rahim saya di RS Carolus dan hasilnya rahim & ke2 indung telur saya sehat & bersih tanpa ada penyakit apapun. Dan Dokter(RSIA Tambak)pun info kalau kista ini memang sering terjadi pada ibu yang hamil muda seperti saya karna akibat proses pembuahan. Dokter pun info nanti kista tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Untuk mengecek kista itu hilang atau tumbuh saya di minta untuk datang lagi untuk cek kandungan sebulan ke depan. Pertanyaan saya : 1.Apakah kista yang ada di indung telur saya itu berbahaya Dok untuk perkembangan janin saya? 2. Apakah saya harus cek ke beberapa RSIA untuk memastikan apakah hasilnya sama ada kista nya atau justru tidak ada kista di rahim saya? 3. Apa solusi dari masalah kista saya ini Dok karna jujur saya khawatir sekali takut membahayakan janin saya? Demikian yang saya ingin tanyakan, mohon di bantu untuk informasinya dan solusinya ya Dok... Terima kasih. Nova "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Penyakit Kista ketika hamil
Oleh :


"Assalamualikum dok, saya hamil 14 minggu, dan saya punya penyakit kista kurang lebih panjangnya hampir 10cm, saya diberi 2 opsi untuk masalah kista pada saat bunda sedang hamil. 1. Kista diangkat pada saat usia kandungan 16-18 minggu karna itu kondisi baby sudah memasuki fase aman untuk di operasi. 2. Kista diangkat pada proses lahiran (sesar) tetapi saya bingung memilih opsi yang mana, karena jika mengangkat kista pada saat hamil kasian babynya. dan jika pada saat proses lahiran berbahaya juga pada masa kemhamilan karena takut kista tersebut pecah dan menyebabkan keguguran. Mohon bantuannya dok. terimakasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Obat kista
Oleh :


"Dok mau tanya.. saya sudah menikah.. saya haid trakhir tgl 27 des 14.. selesai tanggal 2 dan tb2 saya keluar darah coklat di tanggal 9 sampai skrg.. dan sy ke dokter ternyata ada kista 2 cm.. dokternya blg harusnya gpp.. tp tdk ada penjelasan yg detail saat itu.. dan saya jg shock sehingga tdk banyak bertanya untuk kandungan dan kehamilan.. obat yg diberikan itu duphaston 10 mg tab 20s (1x1 hari) dan kalnex 500 mg tab 100 s (3x 1 hari).. dan tdk dijelaskan apa guna obat ini.. saya udah minum 1 hari obatnya n pendarahannya berhenti. Tp nyeri diperut yg ada kista msh terasa.. jika pendarahannya berhenti apa kista ttp ada dok? Mengganggu siklus haid bln dpn gak dok? Dan obat itu apa gunanya dok? Mohon informasinya dok.. terimakasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Hamil setelah operasi kista
Oleh :


"Dok, saya mau tanya saya 2012 pernah operasi kista. Dan maret kemaren saya di nyatakan hamil setelah USG masih belom keliatan jelas. Saya agak ragu dok, apa bisa ya setelah operasi dan di angkat satu rahim bisa hamil? Dan sampai skrg juga belom haid, dan sering mual juga pada umumnya orang hamil. Dan saya khawatirkan dirumah saya ternak kucing uda 4thn, bahaya tidak dok?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Pengikatan Mulut Rahim
Oleh :


"hallo dok,aku mau tanya ttg pengikatan mulut rahim/shirocard..kmrn saya control ke dsog, saya lg hamil 14mgg, dan dokter bilang hrs di iket mulut rahimnya di minggu ke 16. yg pgn aku tanya, apa aja resiko dan keuntungan setelah melakukan shirocard?dan apakah setelah shirocard, saya hrs bed rest total dlm arti tdk bole turun dr ranjang? thank u yah dokter"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Efek adanya kista dermoid pada bayi
Oleh :


"siang dokter,kemarin saya periksakan anak saya keRSIA, keahli bedah anak,hasilny anak saya ada kista dermoid,apa itu bahaya dok?apa efeknya?dan apa yg harus saya lakukan?klo memang harus operasi, apa tidak membahayakan anak saya? saya takut, anak saya kan masih kecil banget dokter?thanks"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : kista dan kehamilan
Oleh :


"gini bu... kemarin saya baru ajah cek ke dokter kandungan. dan dinyatakan bahawa saya positiv hamil. Cuman masalahnya disini, trnyata pas di USG ada kits di sebelah kanan.. cman saya gak tau sebesar apa kista saya tsb. Emang sih dl pas haid saya srg merasa nyeri pas dihari pertama dan kedua. cuman gak begitu sakit sampek pingsan.. pertanyaan saya... apakah kista saya tsb bahaya bagi kandungan dan janin saya..?? trus sebenarnya kista itu disebabkan oleh apa dok...?? bisa sembuh gak...?? makasiih yah.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini