SITE STATUS
Jumlah Member :
493.732 member
user online :
989 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Bolehkah Ibu Hamil Memakai Nebulizer Setiap Hari?
Oleh :


"saya sedang hamil 13 minggu dok masalahnya saya belakangan ini jadi sering sesak nafas, dan saya dianjurkan kalau lg hamil yg paling aman adalah di nebulizer yg saya tanyakan amankah apabila saya menggunakan nebulizer stiap hari? yg saya tau kalo di nebulizer diberikan ampul combiven dan karena hampir tiap hari saya jd sesak nafas dok, kira2 amankah untuk bayi di dlm perut? trims dok :)"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : KANDUNGAN KOSONG
Oleh :


"Terimakasih atas perkenalannya.Saya tertarik web ini karena membaca salah satu diskusi ttg janin tidak terlihat padahal sudah usia kandungan 2 bulan. seminggu yg lalu, tepatnya 17 Juni hasil USG kata dokter yang menangani, tidak ada perkembangan pada janin. Alias, kantung kosong, tidak ada janin. Saya agak shock mendengarnya. Karena dokter menyarankan untuk dikuret,atau USG lagi seminggu kemudian tanpa memberikan vitamin atau apapun untuk kandungan supaya janin berkembang. Menurut dokter tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu hasil USG selanjutnya. kalau dibiarkan akan menjadi kanker atau sejenis tumor. Ini kehamilan pertama di usia yang rawan, 38 tahun. Jadi saya takut membayangkan semua itu. Tapi membaca diskusi info bunda di atas, ttg janin tidak terlihat, jadi saya agak terhibur. Saya memastikan pada saat USG kemarin, kandungan saya baru menginjak 9 minggu, sedang batas kehamilan kosong adalah 10 minggu. Tapi lagi-lagi saya bingung, masuk info bunda ternyata kehamilan saya sudah 14 minggu. Dan fase2 yang disebutkan info bunda tentang nafsu makan mulai muncul, mual mulai berkurang pada usia 14 minggu, sepertinya saya alami saat ini. Apa yang seharusnya saya lakukan bila hasil USG menunjukkan kehamilan kosong? Sementara, saya tidak mengalami perdarahan luar atau pun dalam. Apakah memang harus dikuret? Apa boleh mengganti dokter lain? Selama hamil, saya menggunakan dokter perusahaan. Dan kesannya efisien sekali dan profesional, dua kali pemeriksaan, langsung USG. Pada pemeriksaan pertama saya hanya diberikan resep berupa asam folat."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Typhus pada Bayi
Oleh :


"Ass... Dok, bayi saya 13 bulan baru saja keluar dari RS akibat penyakit tifus dan dirawat selama seminggu. Sekarang anak saya dirawat dirumah dan tetap diberikan obat2an sesuai resep dari dokter. yang ingin saya tanyakan, berapa lama penyembuhan tifus pada bayi ya dok?apakah penyakit tifus bisa disembuhkan total. saya takut jika suatu saat tifus yg diderita anak saya kembali kambuh. trims atas jawabannya..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Obat mual dan muntah untuk ibu hamil
Oleh :


"Salam Dokter,, Kehamilan saya sudah masuk bulan ke-5, tetapi saya masih mual & muntah..dan oleh Dokter saya diberi resep obat "NARVOZ". Dan obat tsb benar2 mencegah muntah, tetapi sy bingung Dok, setelah membaca keterangan obat tsb tidak dianjurkan u wanita hamil. Apakah obat yg sudah saya konsumsi itu berbahaya Dok bagi janin saya?,,saya takut ada kelainan dgn bayi sy?...mohon penjelasannya Dokter.. Terima Kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Baby walker dan KB suntik
Oleh :


"Dear dr Tanty, putra saya usianya hampir 8,5 bl, dan senang sekali klo diberdirikan, bolehkah klo dia pakai baby walker? dan satu lagi,apakah benar KB suntik bikin gemuk? klo y apakah ada cara2 khusus / resep agar tdk gemuk, maksih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Anemia pada anak
Oleh :


"dokter saya mau tanya apa mungkin kl balita umur 2 tahun bisa kena anemia, kmrn sy cek darah krn anak saya sering panas lalu hasil nya kata dokter tidak apa" cuma anak saya anemia, tapi yang saya binggung kenapa dokter nya tidak kasih saya resep obat untuk anemia dan kaya nya saya masih ragu karena sikap tuh dokter nya ga jelas ksh tau nya.. saya binggung dokter soal nya anak saya kadang suka panas trus apa seh ciri2 anemia dan apa obat nya? terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Efek meminum lysagor
Oleh :


"Siang Dokter, Anak saya berumur 3 tahun 10 bulan, saya kedokter pencernaan untuk konsultasi supaya anak saya doyan makan, diberi resep oleh dokter tersebut prolicy dan lysagor, dan sudah mengkomsumsi obat tersebut selama 2 tahunan dan diminum 1 kali sehari, kemarin saya membaca di internet bahwa lysagor itu adalah obat sakit kepala atau migran, yang saya ingin tanyakan adalah: apakah benar lysagor adalah untuk obat pencernaan apakah efek samping dari lysagor kalau sudah mengkomsumsi obat itu dari lama, sedangkan obat itu untuk obat migran atau sakit kepala, Besar harapan saya, untuk pertanyaan ini dijawab, sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih, Thanks Haris"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Posisi kandungan rawan keguguran
Oleh :


"Siang Dok, usia kehamilan saya 6 minggu dan setelah USG hasilnya kantung janin sudah terlihat dan bakal janin sudah terlihat walau masih kecil. Yang menjadi permasalahan dokter mengatakan kandungan saya lemah karna posisi terlalu bawah dan rawan keguguran. Tapi dokter tidak memberi resep obat penguat...apakah benar posisi kandungan atau kantung janin saya ini membahayakan Dok....apa yang harus saya lakukan atau konsumsi agar kehamilan ini bisa terus dipertahankan sampai waktu melahirkan nanti..terimakasih sebelumnya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Cedera pada kepala
Oleh :


"Siang Dok.... Mau konsultasi : 1. anak qu usia 9 bln minggu kmrin sblm lebaran jatuh dr tempat tidur kelantai awalnya ga ada benjolan cm merah dijidat tengah sm idung,dah 3 hari baru ada benjolan diatas jidat sebelah kanan tp dipegang lembek aq olesin minyak tawon malah tambah nyedol benjolanya,aq langsung k dokter anak kt dokter gpp dikasih resep trompobhop gel dah mau 2 minggu ni dah mulai kempes tp msh lembek jiga dipegang,ga ada keluhan mkn,mimi asi,main dan sbagainya normal, aq takut dok kepalanya kok lembek trus trus aq pegang ky ada dekok gt tulang nya apa ada fraktur dikepala anak qu, minta saranya???? 2. Trus klo flu suka lama sembuhnya padahal dah dikasih obat dr dokter anak, kt dokter anak qu punya alergi,klo ada yg sakit drmh pasti kena,jd berat badanya lambat naiknya tp mkn tetep normal seperti biasanya? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Batuk pada anak tak kunjung sembuh
Oleh :


"Anak saya selalu batuk hampir setiap hari selama 1 tahun terakhir sekarang sedang berobat 6 bln dan berjalan 5 bln tetapi yang saya herankan mengapa selama berobat tersebut batuk anak saya tidak mau hilang dan sekarang bertambah dengan asma(sesak jika batuk) saya bingun mengatasi ini sudah berobat kebeberapa dokter tetapi tidak juga sembuh batuknya sekarang saya menggunakan Nebulizer guna membantuk meredakan sesaknya. Tetapi batuknya selalu ada terutama menjelang subuh setelah minum susu. Apa yang harus lakukan untuk menyelesaikan masalah saya Dok? Tolong kasih saya saran atau obat untuk mengatasi batuk anak saya, terkadang saya hampir putus asa...!"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bisul ketika hamil
Oleh :


"Yth. Dr. Tanti, Saya Ovi, dan sekarang saya hamil anak pertama. Banyak sekali sebenarnya yang ingin saya tanyakan. Kehamilan pertama cukup membuat khawatir apabila saya terkena sakit meski ringan sekalipun, dan saya jarang sekali mengeluh. Karena hamil anak pertama membuat saya dan suami excited, namun apabila ada masalah sedikit dengan tubuh saya rasanya khawatir sekali. Sekarang usia kandungan saya menginjak 20 minggu. Alhamdulillah sekali. Namun demikian, saya saat ini mengalami masalah kulit. Yaitu bisul (kata dokter THT) di bagian tulang hidung diluar, yang saya kira sebelumnya sakit di dalam hidung. Sakit sekali rasanya sampai meriang di malam hari. Apakah demam tersebut bisa mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin saya? Oleh dokter saya diberi resep antibiotik. Namun belum saya tebus sampai sekarang. Apakah ada obat lain yang bisa mengurangi radang tersebut tanpa harus ditelan? Meskipun saya tahu obat salep pun pasti juga ada efek sampingnya. Mohon penjelasan dari Dr. Tanti. Demikian, terima kasih atas penjelasannya. Salam, Ovi"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : BAB darah
Oleh :


"siang dok...sy laki2 umur 34Thn.dok sdh 6 bln trkhir ini (maaf) BAB sy darah(darah smw gak ada cmpr maaf tinja).sdh prnh priksa k slh satu RS swsta wqtu itu dokter'y cm memeriksa ambeyen dan trnyata katanya bukan ambeyen.ttpi dokter tidak menjlskn psti penyakit'y,cm bilang kt'y ini mslh pencernaan jaga pola makan,bnyak makan sayur2'n,dan gak boleh makan pedes2.trs langsung dikasih resep kata dokter'y suruh di coba dulu resep'y kalo gak ada prbhn prksa lg.waqtu itu maaf BAB'y sdh normal tp seteah itu sering kambuh2n kadang2 normal brp hari nanti kambuh kluar darah lg smp skrg.yg mau sy tanyakan itu kira2 itu skit apa dok?jika sy akan mmriksakan lg sbaik'y kemana?biar tahu dgn jelas penyakit saya apa,atau perlu ada tindakan apa misal'y ronsen,USG,dsb. soal'y banyak informasi yg pernah ada pengalamn sm kata'y itu usus luka.trmksh atas perhatian'y...."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Penggunaan pil KB untuk pertama kali
Oleh :


"Dokter Tanti, saya baru pertama kali menggunakan kontrasepsi dan yg pertama saya gunakan adalah pil KB. Pertanyaannya, bolehkah menggunakan pil KB pertama sebelum masa menstruasi? Saya masih ingin menunda kehamilan dan terakhir berhubungan tidak menggunakan kondom, karena untuk mendapatkan postinor-2 harus menggunakan resep dokter, saya menggunakan pil KB Microgynon sebagai morning after pill. Caranya, sehari setelah berhubungan saya minum empat pil, lalu sehari setelahnya saya minum empat pil lagi. Setelah itu, saya minum satu pil setiap hari. Apakah perindungan yang saya dapatkan dari pil KB sudah optimal? Selepas berhubungan, saya pergi ke dokter kandungan dan cek lab dan hasilnya negatif. Saya masih belum begitu memahami mekanisme kerja pil KB. Terima kasih dokter Tanti."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kehamilan dan cairan Keputihan
Oleh :


"Dok usia khamilan sy skrg 5 mgu sy d usg / lalu usg t vaginal juga trus trdeteksi ada cairan2 putih tp d luar rahim aja trus aku d kasi resep betacyn anti biotik gtu krn kta dokter d takutkan klo bakteri tp sy curiga klo pnyebab cairan itu adalah cristal x yg biasax z gunakan krn efekx emank gtu biasax ada gumpalan gtu yg kluar klo lg pakai cristal x nya tp sbnarx aku pkai cristal x aku g kputihan cuman efekx emank gtu lalu aku bialng am dokter aku sllu pakai cristal tp dsruh hentikan yg sy ingin tanyakan ama dokter apakah memang penyebab salah satu cristal x yg biasax sy gunakan itu shingga cairan itu adlah gumpalan yg ingin kluar???? Ataukah ad pnyebab lain slain itu??? Makasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : vitamin D Untuk ibu hamil.
Oleh :


"Siang dok, kehamilan saya memasuki umur 10w saya baru dikasih tau sama saudara alangkah baiknya kalau saya minum vitamin. Dia menyarankan saya minum vitamin nufolic. Yang buat saya bingung apa belum terlambat saya minum nufolic saat janin masuki umur 10w dan tanpa resep dokter? Terima kasih dok, saya tunggu jawabanya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini