SITE STATUS
Jumlah Member :
481.969 member
user online :
2058 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Kista dan Kemungkinan untuk Hamil
Oleh :


"dok, sy maw tanya sy sdah menikah 3tahun tp blom juga dikaruniai seorang anak. sudah berobat dan sudah menjalani terapi tapi hasil nihil. dan baru tgl 18 des 2010, sy dan suami melakukan pemeriksaan bersama, dan ternyata dirahim sy ditemukan kista yg ukr sktr 1cm. apa itu bahaya dok?trus sy msh berkemungkinan untuk hamil kan?bagaimana mencegah kista itu sendiri?apakah ada cara spy sy bs cpt hamil? makasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Mencegah terkena cacar dan resikonya
Oleh :


"Dokter, Kehamilan saya yang pertama ini 16 minggu, satu rumah dengan adik perempuan saya sma sedang emngalami sakit cacar, saya dulu waktu smp pernah sakit cacar. bagaimana resikonya tinggal satu rumah bersama penderita accar pada janin saya? apakan ebrbahaya, mengingat kamar mandi yang digunakan hanya satu? cacar adik saya sudah memasuki hari ke-4, saya khawatir tertulah pada janin. Terima kasih dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : mioma
Oleh :


"sore dok.q pnya kakak,dlu sbelum menikah dy pernah mens smpe pendarahan 1bln.setelh dperiksakn k RS.katax ada myoma dgn panjang 3cm..setelh menikah 2bln.dy pendarhn lg.kmdian dbwa k RS ktax doktr myoma brkrg jd 2,7cm..n ktax doktr myoma x blm bsa dambil cz masi kecil. uda 2 taun kakak sya blm pyk anak. apakah myoma brpengaruh untk tdk pyk anak. mohon jwbnx dok . makash"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Program hamil dan Masalah haid
Oleh :


"Selamat pagi Dok, Saya sudah menikah sudah 3,5 tahun tetapi sampai sekarang saya belum pernah merasakan gimana yang namanya hamil. Awal Januari 2013 saya bersama suami pergi konsultasi kenapa sampai sekarang saya belum hamil ke dokter di salah satu RSIA Medan. Dokter menyarankan kepada saya dan suami untuk melakukan serangkaian test dan hasilnya saya dan suami normal tidak ada masalah. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya dan suami minum : 1. Provula 50 mg Tablet ( Diminum oleh saya dihari ke 2 haid, 1 x 1 tablet selama 5 hari ) 2. Fionat 0,4 mg / Asam Folat Tablet ( Diminum oleh saya 1 x 1 tablet setiap hari ) 3. Oxan ( Diminum oleh suami, 1 x 1 tablet selama 10 hari ) Saya mulai minum obat tersebut ( dengan dosis seperti yang dianjurkan ) mulai awal bulan Februari 2013. Bulan Maret 2013, saya konsultasi lagi ke dokter dikarenakan saya belum hamil juga dan dokter kembali memberikan obat ( seperti diatas )dimana Provula 50 mg diminum 2 x 1 tablet selama 5 hari sedangkan Fionat 0,4 mg dan Oxam tetap diminum seperti yang biasanya. Bulan Mei 2013, saya konsultasi lagi ingin menanyakan kenapa di perut bagian bawah sebelah kiri saya sering sakit seperti ditusuk – tusuk ( pada saat itu saya belum haid ) . Setelah di lakukan USG, terdapat folikel / kista ovarium yang isinya cairan dengan diameter 2,5 cm disebelah kiri perut bagian bawah. Dokter mengatakan itu ngak ada masalah dan akan keluar dengan sendirinya 2 – 3 x siklus haid. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya minum 1. Zycin 500 / Antibiotik ( 1 x 1 tablet selama 3 hari ) 2. Mefinal 500 mg / Pereda rasa sakit ( 2 x 1 tablet selama 2 hari ) Sewaktu saya minum obat tersebut, keluar flek coklat yang banyak selama 2 hari kemudian disusul dengan keluar haid. Dengan kondisi seperti ini, untuk sementara minum obat provula saya hentikan atas inisiatif sendiri walaupun dokter mengatakan ngak ada masalah jika minum provula . Yang ingin saya tanya dok, 1. Apakah dengan minum obat provula secara continue dengan dosis 2 x 1 tablet / hari bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium ? 2. Obat provula sebaiknya diminum pada saat hari haid ke berapa ? 3. Dihari haid terakhir saya, ada keluar seperti kulit transparan yang sudah susut / kempes dengan panjang +/- 2 cm. Apakah itu bisa dikatakan sebagai kista ovarium yang sudah keluar ?. 4. Tanggal 10 Juni 2013, saya haid selama +/- 6 hari. Pada tanggal 24 Juni 2013 ada keluar sedikit Flek kecoklatan. Apakah itu termasuk sisa haid Dok ato tanda hamil ? 5. Haid pertama sebenarnya dihitung mulai kapan ya ? apakah pada saat keluar flek ? soalnya kl saya mau haid ditandai dengan flek coklat baru disusul keluar darah. Sorry ya dok, penjelasan saya terlalu panjang dan mohon bantuannya. Periode haid saya : 21 dec 2012 , 1 Februari 2013, 3 Maret 2013, 8 April 2013, 12 Mei 2013, 10 Juni 2013, 11 Juli 2013 "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Menyusui Saat Hamil
Oleh :


"Bismillah. Dok, sekitar 3-5 bulan setelah melahirkan saya menggunakan kb pil akan tetapi ada keluhan nyeri di kepala, dokter menyarankan menghentikan kb pil karena berpengaruh terhadapa hipertensi dan untuk beralih ke spiral. namun karena kesibukan dan terlambat memasang kontrasepsi saya hamil lagi, sekarang usia'y sudah sktr 2 bulan. Pertanyaan saya; Masih bolehkah saya menyusui si kakak yang baru berusia 9 bulan, sampai kapan batas waktunya? Laksa timpa nuhun dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Berat Badan si Kembar berbeda
Oleh :


"Hallo dokter, salam kenal Saya punya anak kembar, usia sekarang sudah 2,5 tahun. Pada saat lahir bb kakak 2,3kg dan adik 2,1kg. Dari lahir sampe umur 1,5 tahun bb kakak selalu diatas bb adik. Ketika umur 1,5 th, si kembar sakit batuk, dari situ si kakak tidak mau minum susu lagi, sudah dicoba berbagai sufor tapi tetep gak mau, yang dia mau hanya susu UHT itu juga dengan rasa coklat itupun cuma sedikit. Hal ini membuat berat badan antara kakak dan adik berbeda 3 kg. Saat ini bb kakak 11kg sedangkan adik 14 kg. Untuk makanan sih sama banyaknya antara kakak dan adik, yang berbeda Cuma susu aja. Oh ya si kembar ini bukan kembar identik  Gimana caranya ya dok supaya bb si kembar gak beda terlalu jauh, kasian liatnya kayak dibeda2kan dalam pengurusannya hahahahahaha Terimakasih untuk saran dan masukannya "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Alergi dan Ingin Hamil
Oleh :


"Salam Dokter, Saya sudah menikah selama 1th, dan baru tinggal bersama suami mulai september 2014. Sebelumnya saya pernah menderita alergi yang berakibat gatal & bintik2 pada kulit. Waktu itu mulai awal puasa Ramadhan tepatnya awal bulan july 2014. Pada saat itu saya dpt obat dan saran dr Dr. jika saya tidak dianjurkan makan (telur, ayam, ikan, & coklat). Padahal makanan itu sangat penting untuk tubuh. Sedangkan sejak bulan juli pula suami saya datang dan tinggal bersama. Sampai saat ini saya belum mendapati hamil juga. Apakah alergi saya berpengaruh pada proses kehamilan? Dan bagaimana solusi untuk menghindari dan dpt makan makanan yg berprotein tinggi sperti yg dilarang oleh Dr.? Kemudian bisa bagaimana supaya saya cepat hamil? Terimakasih Dr. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Takut hamil
Oleh :


"Sy msh remaja dok, ya tiga smp lah. Sy tidur dg adik sy TAPI tdk berhubungan seks. Sy takut klau saya hamil. Dtg bulan sy terlambat, sy mrs mual dan mudah mengantuk (tdk tahu ini sugesti atau bukan), payudara sy mnjd besar dan putingnya agak gelap, sy sudah mens, namun sy was-was kalau itu adalah flek kehamilan, sy gelisah. Apakah tidur bersama dengan keadaan pakaian masih utuh dan berdekatan dpt menyebabkan kehamilan? Dan apa flek kehamilan itu seperti mens? Berapa lama dan darah fleknya itu berapa banyak? Terimakasih dok mohon pencerahannya. Sy terganggu dan tdk bisa fokus belajar:("
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kakak yang menghardik adik usia 10 bulan.
Oleh :


"Assalamualaikum, sya ibu eva mau bertanya sya punya anak umur 10bulan kemarin itu kakaknya bentak adeknya dan sampek bengong, sya takut apa ya efeknya dok ?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kakak yang tidak mau minum susu
Oleh :


"Hallo dok, saya ibu 26thn dgn 2 anak perempuan. Yg kk umur 3thn dan si kecil baru umur 40hr. Yg ingin saya tanyakan, belakangan si kk ini sering curi perhatian, tp itu kmi anggap wajar. Cuman yg mengganggu kami adalah kebiasa ngedot si kk yg terbilang sering, skrg malah ngambek ngedot. Pdhl krn sdh terbiasa sering mnt dot tp stlh di sajikan gak mau d minum. Minta lagi, d tanyain d minum atau gak? Jwbn nya gak mau. Berulang2 minta dot tp tetap gak mau ngedot, cuman minta aza. Saya jadi sedih, krn saya takut anaj saya akan kurang mengkonsumsi vitamin yg lengkap yg ada di sufor. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Diabetes gestational
Oleh :


"Salam kenal Dokter, usia kehamilan saya hampir 24w,saya sedikit "khawatir" dengan gula darah saya.. sekalipun hasilnya "normal" tp bidan yg mengontrol saya menyatakan bahwa hasilnya mendekati tinggi, maka dlm 3 minggu akan diadakan kembali tes darah. Kehamilan saya kali ini sangat berbeda dengan kehamilan anak pertama saya, kl dulu saya tidak suka yg manis2 tapi krn saya periksa gula darah setelah liburan panjang bersama keluarga besar suami yg "notabene" tdk bisa menghindar dr es krim dan segala dessert yg manis2, yg menyebabkan hasil tes positif (sekalipun hny bbrp persen) yg menyebabkan saya harus diet selama 2-3 bln terakhir kehamilan dengan menu salad dan 3 produk susu (susu, yoghurt dan keju) sebagai ganti makan buah jika lapar... hasilnya juga saya di cesar. tapi itu saya tdk permasalahkan .. skrg, saya hny ingin mengetahui pendapat dokter, krn di kehamilan saya yg skrg ini, saya suka sekali dgn yg manis2 ... kira2 apa yg hrs saya konsumsi utk mengontrol "gula darah" (apa kah makan makanan yg pahit, spt pare, minum daun sirih, bisa mengurangi kadar gula darah ?) selain saya mengurangi makan nasi dan gorengan serta sesuatu yg manis dan saya suka minum air putih.. karena saya juga sdh berusia 36thn dan berat saya di awal hamil yg skrg merupakan berat saya dulu wkt melahirkan. Skrg BB saya naik 5 kg (di usia 23w) dan USG terakhir berat janin 488 gr di usia 22w. Saya mohon informasinya ya .. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : dampak keguguran
Oleh :


"Salam hangat dari saya, semoga kita selalu diberi kesehatan. Dear Dokter, saya baru saja mengalami keguguran dg UK 6 minggu. dokter yang merawat mengatakan tidak perlu di kuret kemudian diberi obat agar rahim bersih. Pendarahan yang terjadi sekitar 10 hari kemudian saya kontrol kembali. beliau mengatakan tidak apa-apa jika ingin program kembali, dan tidak ada jeda untuk hamil. Maka setelah 3 hari pendarahan berhenti, saya memulai untuk program hamil bersama suami saya (sekarang sudah 2 minggu pasca pendarahan). tetapi beberapa hari ini dibawah perut saya sebelah kiri sering sakit.itu pertanda apa ya Dokter, apakah itu berbahaya? apakah mempunyai dampak untuk rahim saya? Terimakasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini