SITE STATUS
Jumlah Member :
481.874 member
user online :
2244 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Program hamil dan Masalah haid
Oleh :


"Selamat pagi Dok, Saya sudah menikah sudah 3,5 tahun tetapi sampai sekarang saya belum pernah merasakan gimana yang namanya hamil. Awal Januari 2013 saya bersama suami pergi konsultasi kenapa sampai sekarang saya belum hamil ke dokter di salah satu RSIA Medan. Dokter menyarankan kepada saya dan suami untuk melakukan serangkaian test dan hasilnya saya dan suami normal tidak ada masalah. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya dan suami minum : 1. Provula 50 mg Tablet ( Diminum oleh saya dihari ke 2 haid, 1 x 1 tablet selama 5 hari ) 2. Fionat 0,4 mg / Asam Folat Tablet ( Diminum oleh saya 1 x 1 tablet setiap hari ) 3. Oxan ( Diminum oleh suami, 1 x 1 tablet selama 10 hari ) Saya mulai minum obat tersebut ( dengan dosis seperti yang dianjurkan ) mulai awal bulan Februari 2013. Bulan Maret 2013, saya konsultasi lagi ke dokter dikarenakan saya belum hamil juga dan dokter kembali memberikan obat ( seperti diatas )dimana Provula 50 mg diminum 2 x 1 tablet selama 5 hari sedangkan Fionat 0,4 mg dan Oxam tetap diminum seperti yang biasanya. Bulan Mei 2013, saya konsultasi lagi ingin menanyakan kenapa di perut bagian bawah sebelah kiri saya sering sakit seperti ditusuk – tusuk ( pada saat itu saya belum haid ) . Setelah di lakukan USG, terdapat folikel / kista ovarium yang isinya cairan dengan diameter 2,5 cm disebelah kiri perut bagian bawah. Dokter mengatakan itu ngak ada masalah dan akan keluar dengan sendirinya 2 – 3 x siklus haid. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya minum 1. Zycin 500 / Antibiotik ( 1 x 1 tablet selama 3 hari ) 2. Mefinal 500 mg / Pereda rasa sakit ( 2 x 1 tablet selama 2 hari ) Sewaktu saya minum obat tersebut, keluar flek coklat yang banyak selama 2 hari kemudian disusul dengan keluar haid. Dengan kondisi seperti ini, untuk sementara minum obat provula saya hentikan atas inisiatif sendiri walaupun dokter mengatakan ngak ada masalah jika minum provula . Yang ingin saya tanya dok, 1. Apakah dengan minum obat provula secara continue dengan dosis 2 x 1 tablet / hari bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium ? 2. Obat provula sebaiknya diminum pada saat hari haid ke berapa ? 3. Dihari haid terakhir saya, ada keluar seperti kulit transparan yang sudah susut / kempes dengan panjang +/- 2 cm. Apakah itu bisa dikatakan sebagai kista ovarium yang sudah keluar ?. 4. Tanggal 10 Juni 2013, saya haid selama +/- 6 hari. Pada tanggal 24 Juni 2013 ada keluar sedikit Flek kecoklatan. Apakah itu termasuk sisa haid Dok ato tanda hamil ? 5. Haid pertama sebenarnya dihitung mulai kapan ya ? apakah pada saat keluar flek ? soalnya kl saya mau haid ditandai dengan flek coklat baru disusul keluar darah. Sorry ya dok, penjelasan saya terlalu panjang dan mohon bantuannya. Periode haid saya : 21 dec 2012 , 1 Februari 2013, 3 Maret 2013, 8 April 2013, 12 Mei 2013, 10 Juni 2013, 11 Juli 2013 "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Dosis Inlacin 100 dan PCOS
Oleh :


"Selamat siang dok... Saya 3 hari yang lalu melakukan USG Transvaginal dan dokter mengindikasi PCO di ovarium sebelah kiri saya. Saya sebenarnya kurang jelas tentang PCO, apakah PCO bisa sembuh dok? Saya diberikan resep inlacin dan vit e. Pada resep tidak tertulis mengenai dosis inlacin apakah 100 mg atau 50 mg, dokter hanya menuliskan 2 x sehari kemudian apoteker memutuskan untuk memberi 100mg. Saya kemudian googling tentang Inlacin dosisnya 50 atau 100 mg per hari. Saya sudah terlanjur minum dengan dosis 2 kali sehari bagaimana dok? Apa saya meneruskan 100 mg 2 kali sehari atau cukup 1 kali sehari karena dosisnya 100 mg. Mohon penjelasanya dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Keguguran
Oleh :


"Dok.Sy mau tanya.istri sy baru mengalami keguguran usia kandungn 1 bulan.Trus dikasih resep oleh bidan untuk pembersih rahim.obatnya di minum 2 x 1 hari.slama di minumm 2 hari pendrahannya masih (setetes) di pelembabnya..Trus kakinya tetasa lemes mau bangun pun trasa sakit.Kram.Gitu dok..Kiranya gejala apa y dok.Trmksh"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kehamilan kosong
Oleh :


"dokter Tanti yang baik hati mohon solusinya ya. dok saya sudah nikah 1 tahun 3 bulan, dan saya sudah hamil 2 x dan selalu keguguran, hamil pertama 3 bulan dan yg ke 2, 1 bulan dua"nya hamil kosong, terakhir sya perikasa ke dokter saya dikasih vitamin u/ memulihkan rahim saya. kata dokter saya disuruh sabar insyaallah 2-3 bulan lg sya hamil tp smpe skrang itu nihil, kandungan sya tidak ada masalah, yang sya pertanyakan apa penyebab hamil kosong, dan apa yg harus saya lakukan agar sya hamil lg, krna suami dan saya sudah merindukan kehadiran buah hati dok, saya capek dihina orang trus.apa solusi yg baik buat saya dok, tolong bantu saya y dok!terimakasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ingin cepat hamil
Oleh :


"dok saya setelah melahirkan anak pertama mens saya selalu lebih dari 10 hari atau sebulan 2 x, contohnya tgl 5 september mens tpi hanya bercak pink selanjutnya hanya kecoklatan selama 5 - 7 hari. lalu tgl 25 keatas mens lagi tpi merah banyak kadang sampe keluar gumpalan seperti ati. bagaimana cara pengobatannya dan apakah saya masih bisa hamil lagi dan bagaimana caranya bisa cepat hamil lagi? oh iya terkadang saya takut akan perkiraan orang yg bilang kemungkinan saya ada kanker servik, tpi saya pernah tanya dokter katanya bukan, tpi saya tetap mau melakukan papsmear. Terima kasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Pengobatan gangguan menstruasi
Oleh :


"Dok saya mau tanya, tahun 2013 lalu tepat nya bulan agustus sy ga mens slama 3bulan tapi tespek hasil nya negativ dan saya priksa bulan november 2013 k dokter kandungan di USG dokter bilang ada janin tapi ga berkembang akhir nya sy diberi obat untuk mens dan akhir desember sy baru kluar mens.stelah kluar mens sy ga promil dan mens stiap bulan kluar lancar. Tapi sy trakhir mens lg bulan agustus tgl 14 sy mens sampai skarang 1 november sy belum mens lg di tespek pun negativ dan priksa k doktr kandungan sy usg trasvagina hasil nya kosong gada janin dan akhir nya sy dibri obat utrogestan 200mg 30butir dan diminum 1butir shari. Tp sy minum 2 x shari bahkan prnah 3butir karna ingin cepat mens dan promil lg. Tp sampai obat abis 30butir ga mens jg. Badan bawaan nya lemes pusing mual. Sbener nya obat utrogestan itu untuk perangsang mens atau penguat kandungan? Krna sy browsing di google obat itu untuk penguat kandungan, tp kn sy ga hamil dok? Menurut dokter kasus sy ini bagaimana? Trimakasih dok mohon jawaban nya "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : bagaimana cara menghitung lamanya siklus haid
Oleh :


"Selamat malam dokter. saya sudah menikah. Ini tentang tamu bulanan saya, bulan november saya haid tanggal 12 sampai tanggal 17. Kemudian tanggal 2-3 desember saya mengalami nyeri seperti nyeri haid disertai keluarnya flek coklat, tanggal 4 desember fleknya sudah tidak ada lagi, nyerinya pun hilang. Sebelumnya haid saya teratur dan ini pertama kalinya saya haid 2 x dalam satu siklus (Menurut perhitungan saya). Karena saya tidak begitu mengerti cara menghitung siklus haid. Apakah wajar dok, saya haid 2x dalam waktu yang sangat berdekatan? Terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Anak sering batuk pilek
Oleh :


"Selamat pagi Dokter Tanti.. Anak saya umur 1 Tahun tgl 22 maret 2016 besok. satu bulan ini dia panas 2 x dokter.tp cm 2-3 hr sudah sembuh.baru satu minggu sembuh sekarang batuk..apa yg hrs saya lakukan dokter???apa tidak ada efek samping kalau konsumsi obat terlalu sering??"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keloid Pasca Cesar
Oleh :


"Hallo Dok, Saya saat ini sedang hamil 14 minggu dan anak pertama saya baru berumur 2 tahun 2 bulan. Proses kelahiran anak pertama secara cesar dan terjadi keloid si sepanjang bekas cesar. Menurut bidan saya, saya nantinya akan melahirkan secara cesar juga karena timbul eloid di bekas cesar saya. Apakah syaa tidak bisa melahirkan secara normal,.?? Jika memang harus cesar, apakah pembedahan dilakukan di bekas cesar yang timbul keloid atau di tempat baru,.?? Terima kasih atas informasi dan jawabannya,. Salam "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : KANDUNGAN KOSONG
Oleh :


"Terimakasih atas perkenalannya.Saya tertarik web ini karena membaca salah satu diskusi ttg janin tidak terlihat padahal sudah usia kandungan 2 bulan. seminggu yg lalu, tepatnya 17 Juni hasil USG kata dokter yang menangani, tidak ada perkembangan pada janin. Alias, kantung kosong, tidak ada janin. Saya agak shock mendengarnya. Karena dokter menyarankan untuk dikuret,atau USG lagi seminggu kemudian tanpa memberikan vitamin atau apapun untuk kandungan supaya janin berkembang. Menurut dokter tersebut, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu hasil USG selanjutnya. kalau dibiarkan akan menjadi kanker atau sejenis tumor. Ini kehamilan pertama di usia yang rawan, 38 tahun. Jadi saya takut membayangkan semua itu. Tapi membaca diskusi info bunda di atas, ttg janin tidak terlihat, jadi saya agak terhibur. Saya memastikan pada saat USG kemarin, kandungan saya baru menginjak 9 minggu, sedang batas kehamilan kosong adalah 10 minggu. Tapi lagi-lagi saya bingung, masuk info bunda ternyata kehamilan saya sudah 14 minggu. Dan fase2 yang disebutkan info bunda tentang nafsu makan mulai muncul, mual mulai berkurang pada usia 14 minggu, sepertinya saya alami saat ini. Apa yang seharusnya saya lakukan bila hasil USG menunjukkan kehamilan kosong? Sementara, saya tidak mengalami perdarahan luar atau pun dalam. Apakah memang harus dikuret? Apa boleh mengganti dokter lain? Selama hamil, saya menggunakan dokter perusahaan. Dan kesannya efisien sekali dan profesional, dua kali pemeriksaan, langsung USG. Pada pemeriksaan pertama saya hanya diberikan resep berupa asam folat."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Memberikan ASI, setelah 2 bulan mengkonsumsi sufor
Oleh :


"met pagi dok,aku mo tanya neh... baby ku sekarang usianya 6 bulan tapi aku dah ga kasih asi lagi karena pada usia 2 bulan aku KB pil nah bidannya salah kasih pil jadilah air susuku kering...terus aku ganti suntik KB...yang aku mau tanya dari usia baby ku 2 bln sampai sekarang usia 6 bulan aku tidak lagi menyusui tetapi mengingat pentingnya asi aku berniat untuk kembali memberikan asi untuk anakku boleh tidak ya,sampai hari ini kalau aku peras asi ku masih menetes..jadi setelah ganti kb asi ku ada lagi walaupun tidak bayak...resiko tidak ya...mohon jawaban nya ya dr.Tanti yang cantik dan baik...thanks ya"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Amankah USG 2 dimensi untuk janin?
Oleh :


"ass,dok saya mo tanya,USG 2 dimensi aman ga sich buat janin ? saya denger2 byk org bilang tidak aman krn dpt mematikan sel dlm janin,sedangkan saya klo periksa kehamilan selalu di USG sm dokter krn untuk melihat perkembangan janin & ukurannya.Saya dr positif hamil periksa dokter sudah di USG sampe sekarang usia kehamilan saya ke 4 bulan.ini kehamilan saya yg pertama Mohon dijawab untuk pertanyaan saya.thx"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bayi usia 2 bulan jarang BAB
Oleh :


"Selamat malam Dokter, Dok, Daffa(2 bln) sudah 9 hari ini tidak pup, kondisi badan Daffa tidak panas, tidak rewel, hanya saja setiap tidur daffa selalu mulet dan mengejan, apakah normal Dok? Daffa hanya mengkonsumsi ASI. Mohon jawabannya Dok. Terimakasih Sri Marlia Jakarta"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Berapa takaran kebutuhan ASI untuk bayi usia 2 bln?
Oleh :


"slmt siang dokter tanti, dok saya ibu dr putri berusia 2bln, saya mberikan asi exclusive.sekarang saya sudah mulai bekerja kembali dan saya tetap memberikan asi exclusive u anak saya,saya bingung memberikan takaran asi untuk anak saya, berapa cc kah kbutuhan asi untuk bayi saya dalam 1x minum..?saat ini bb nya 4,4kg.berat lahir 2,7kg.apakah normal dok, mengingat ada teman saya blg bayi 2bln seharusnya sudah mencapai bobot 5kg.mohon informasinya dokter.terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Imunisasi Campak tuk Anak usia 2 tahun
Oleh :


"Dear dr.Tanti,, anak pertama ku laki2 saat ini berusia 2 tahun 6 bulan.berat badan 18Kg,sampai saat ini belum juga imunisasi Campak. Karna dulu setiap ingin imunisasi anakku sllu saja sakit.dulu pernah di bawa ke posyandu dan puskesmas katanya nanti imunisasinya jika sudah besar atau sekolah.saat ini anakku keadaannya sehat,dan saya berencana tuk memberikan imunisasi campak.Apakah bisa anak berusia 2 tahun 6 bulan di berikan imunisasi Campak?? dan Apakah ada dampak dan juga efeknya untuk kesehatan si anak jika imunisasi di umur 2 tahun?? Terima kasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini