SITE STATUS
Jumlah Member :
493.830 member
user online :
1113 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Air ketuban berwarna hijau
Oleh :


"saya alma, dokter saya mau tny saat ini sya sedang hamil anak ke-2 kira2 16 minggu, waktu anak pertama, air ketuban saya berwarna hijau dan gak bening seperti air kelapa itu knp ya dok? dan penyebabnya apa? apakah dari makanan krn kalo krn makanan saya ingin menghindarinya supaya, calon bayi saya yg ke 2 tdk seperti yg pertama, dan bagaimana caranya supaya asupan gizi bayi terpenuhi? apa saja yg hrs dikonsumsi setiap hari? tksh"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Produksi asi menurun
Oleh :


"hallo dokter, saya mau nanya seputar laktasi.kenapa ya asi saya sudah banyak menurun keluarnya.dulu waktu anak pertama saya bisa menyusui sampai usia anak saya 10 bulan.tapi sekarang anak saya baru berusia 7 bulan.bahkan anak saya sering tidak mau menyusui lagi klo tidak saya dipancing dengan mengeluarkan asi dulu. saya bekerja tiap hari senin sampai jum'at mulai jam 8.00 sampai jam 18.00 WIB.Mungkin karena itu ya sehingga produksi asin saya menurun.trus pertanyaan saya, bagaimana caranya agar produksi asi saya bisa banyak kembali?saya masih ingin anak saya bisa minum asi sampai usia 2 tahun.terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Hormon Prolaktin Tinggi
Oleh :


"SAya sudah menikah 11 bulan dan belum hamil. Kemarin saya sudah cek lab, dimana hormon prolaktin sata 43.99. apa itu termasuk kategori tinggi? apa benar hormon prolaktin yg tinggi menyebabkan sulit punya anak? lantas obat atau makanan apa yang harus di makan untuk menurunkannya? dan berapa lama waktu yang di butuhkan untuk menurunkan kadar prolaktin agar segera hamil? makasih banyak.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ingin hamil setelah lepas KB 1 bulan
Oleh :


"Dok,saya mau tanya,waktu bln pertama mnikah saya mnggunakan kb suntik yg 1 bln tapi sekarang sudah dilepas sya cuma kb sebulan saja,tpi kenapa sampai sekarang usia pernikahan saya udah msuk 7 bln saya blm hamil juga?padahal khan saya hanya kb 1 bln saja,mohon jawaban.a ya dok,,trimakasih..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : TIDAK ADANYA REAKSI
Oleh :


"Dok saya mau tanya, kan usia kandungan saya 38 minggu, 2 hari yang lalu pagi2 keluar flek campur darah sedikit, siangnya saya langsung cek ke bidan. Katanya dinding rahimnya masih tebal. Saya dikasih obat pelunak rahim. Saya juga udh minum obat itu dengan hari ini udah 3 hari. Tapi belum ada reaksi apa2. Itu kenapa yah dok? Atau obatnya memang gak cocok atau memang masih lama waktu melahirkansaya? Makasih dok. Mohon jawabn nyaaa.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : BANYAK MELUDAH KETIKA HAMIL
Oleh :


"Selamat Pagi Dok...! Saya Diah, umur 31 tahun, TB 155, BB, 55 kg. Ini kehamilan pertama saya, usia kandungan saya 5 bulan dan saya belum pernah mengalami keguguran. Waktu usia kandungan saya 9 minggu saya pernah dirawat selama 3 hari karena dehidrasi, waktu usia kandungan saya 13 minggu saya pernah menggigil kedinginan selama 1 - 2 jam dan setelah itu badan panas lalu berkeringat, dan perut jadi kaku, keras dan sakit, dan oleh dokter SPOG, saya harus betresk lagi saat itu 3 hari. Dari saya hamil 2 bulan sampai dgn 3,5 bulan setiap kali saya makan, minum susu, bahkan ngemil sekalipun langsung muntah. Jadi praktis saat itu gak ada makanan yang bertahan lama diperut. Yang ingin saya tanyakan Dok, sejak usia kandungan saya 2 bulan sampai dgn saat ini saya punya masalah dengan meludah yang berlebihan padahal sebelumnya tidak, udah gitu ludahnya berbusa dan lengket, terus ditenggorokan jadi berasa ada dahak tapi gak bisa keluar dan kalau habis makan bahkan minum air putih sekalipun berasa asem di tenggorokan, dan itu jadi membuat saya sering mual dan muntah apalagi kalau ludah itu saya tahan jadi semakin muntah... - Sebenarnya normal gak sich dok, kondisi semacam ini...? - Bagaimana cara mengatasi/mengurangi produksi ludah itu sendiri, krna ada saran konsumsi permen jahe, permen mint, bahkan ngemut asem tp gak ada pengaruhnya... - Atau mungkin saya kekurangan vitamin atau apalah yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.... - Selama ini saya hanya minum kalsium dan suplemen dari dokter aja... Terimakasih Dok, dan maaf kalau jadi kepanjangan.... DIAH "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ambeian dan Kehamilan
Oleh :


"dok, saya mom to be 30w minggu kemaren, saya sempet makan kepedesan sampai perut terasa panas dan ada batuk juga serta (maaf) mencret hari pertama saya hanya minum teh pahit, trus mendingan, pas hari kedua, mencret masih terus dan tiba2 keluar ambeian. akhirnya saya ke dokter dan diberi obat batuk, diare dan ambeian berupa salep dan peluru (kl gak salah intendis. saat pake peluru yg dimasukkan lewat dubur, bayi gerak2 meski gk kenceng dan saya gk nerusin lagi pake obat itu, hanya pake salep aja. sampe sekarang, hari ke-4 belum ada perubahan significant oya sebelumnya tidak berdarah, tapi setelah ikut senam hamil, malah berdarah kalo dibuat jalan (catatan saat BAB gk ada masalah karena serat saya cukup) sampai sekarang ambeian blm bisa dimasukkin, kalo coba dimasukkin sakit dan agak lama keluar lagi. pertanyaan saya: 1. ambeian saya bisa disembuhkan tidak sampai sebelum melahirkan ato paling tidak "dimasukkan"? 2. apabila sampai saat melahirkan, ambeian belum bisa masuk, apa berpengaruh saat proses persalinan? 3. apa saya masih bisa melahirkan normal? (pengen banget ne...) terimakasih dokter, dan saya mengharap jawabannya.... regards, -me-"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Haid terlalu lama setelah pakai Kb suntik
Oleh :


"dok, saya seorang ibu dari anak yg berumur 8 bulan. 2 bulan yang lalu saya memutuskan memakai kontrasepsi suntik per 3 bulan. yang saya tanyakan pada bulan pertama haid saya masih normal, yaitu berlangsung 7 hari, tp di bulan kedua ini haid saya sudah 1 bulan belum ada tanda-tanda berhenti. apakah normal dok, dengan keadaan ini sepertinya badan saya menjadi gampang letih. sebaiknya apa yang saya lakukan dok, mengingat sudah 1 bulan ini haid saya tidak berhenti. sebagai tambahan dok, napsu sex saya tidak berkurang, bahkan karena kemarin saya gak tahan, saya memaksakan berhubungan badan dengan suami saya, apakah gara2 berhub badan di waktu haid juga mempengaruhi siklus haid saya dok. terima kasih. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Istilah Pembukaan pada Kelahiran
Oleh :


"siang dok..saya mau tanya tentang istilah pembukaan 1,2 dan seterusnya sebelum proses kelahiran itu arti dan tanda2nya dok..tks "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : ASI selama kehamilan
Oleh :


"Dear dokter tanti anak saya yang pertama umur 1 tahun 3 bulan, dan sekarang masih ASI, dengan campur sufor hanya 60 - 90 ml sehari. sekarang saya hamil 6 minggu.. bagaimana proses menyusui saya. bisakah saya terus menyusui? adakah dampak kehamilan terhadap keringnya ASI? biasanya hingga umur kehamilan berapa ASI bisa terus diberikan? adakah saran agar saya bisa etap menyusui dalam waktu yang maskimal? terima kasih untuk jawabannya karena akan sangat bermanfaat buat saya.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Asma dan proses persalinan
Oleh :


"Dok, saya mau tanya dari saya umur 15 tahun saya sering sekali sesak nafas sampe pingsan. Saya chek Up ke dokter menurut dokter itu hanya karena kecapean dan asam lambung naik sehubungan saya juga punya magh. Saat ini saya sedang hamil 7bln,waktu kehamilan 6bln saya sesak nafas dan menurut dokter saya asma. yang mau saya tanyakan apa saya bisa melahirkan normal??selama ini saya periksa di bidan dan menurut bidan lebih baik saya ke RS untuk proses persalinan?? bagaimana menurut dokter? Thx"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Masalah ASI, alergi susu sapi dan Baby Blues
Oleh :


"assalamu'alaikum wr wb dokter, saya membaca artikel anda di internet... saya tertarik dgn pembahasan anda mengenai apakah asi ibu kurang?? hal tersebut pernah saya alami ketika saya melahirkan bayi saya pd 30 april 2011 kemarin. ceritanya begini dokter, sebelum saya hamil, saya melakukan operasi fibroadenoma mamae di kedua payudara saya, jmlhnya sangat byk. di payudara sebelah kiri ada 15 tumor (paling besar diameter 4cm, yg lain kecil), di payudara kanan ada 7 tumor. 3 bulan setelah operasi, saya konsultasi ke dokter bedah yg telah mengoperasi saya dan dokter kandungan untuk menanyakan apakah saya boleh hamil dlm wkt dekat atau tidak? beliau membolehkan untuk segera hamil. akhirnya 1 bulan kemudian saya hamil...alhamdulillah... namun saya agak bimbang apakah nnt saya bisa menyusui? karena setelah operasi payudara lebih kecil dr sebelumnya bahkan efeknya payudara kecil dan cekung (karena banyak daging yg diambil)... tp lambat laun payudara saya kembali cembung namun tidak sebesar dulu pada saat belum operasi tumor. 9 bulan kemudian saya melahirkan, pada saat saya melahirkan dengan cesar karena ketuban pecah dan ditunggu 36 jam pembukaan baru pembukaan 4 akhirnya dilakukan operasi. pada waktu itu, rmh sakit tidak menerapkan IMD pdhal saya sdh bilang, namun bayi diberikan sufor selama 2 hari, pada hari kedua saya baru dipertemukan dengan bayi saya. tentunya asi saya belum keluar.... asi saya keluar pada hari keempat, namun sufor msh diberikan. setelah pulang dr RS, begitu sampai rumah saya mengalami babyblues..... saya merasa khawatir yg berlebihan pd diri saya, apakah nnt saya bisa merawat bayi saya, apakah bayi saya sehat, apakah bayi saya bisa bertahan hidup (krn saya trauma dulu saya pernah melahirkan dua putri kembar namun meninggal semua).ditambah saya sangat tidak suka sama pembantu saya, saya takut pembantu saya akan melukai bayi saya. akhirnya saya minta ditemani kedua orang tua saya dan bergatian dengan kedua mertua saya (kebetulan saya tinggal beda kota dengan kedua ortu dan mertua saya). namun justru inilah yang menjadi masalah bagi saya dan anak saya. ketika bayi saya susui, sdh lama saya susui tp msh menangis mnt asi lg, terus selama sehari semalam saya tdk tidur krn bayi terus mnt minum, kemudian orangtua saya bilang kalo asi saya kurang harus diberikan sufor. saya ngotot tdk mau memberikan sufor krn saya ingin sekali asi eksklusif. mulai saat itu diotak saya terngiang2 kalo asi saya kurang, asi saya kurang terus terngiang2.... akhirnya sufor saya berikan. tp begitu dikasih sufor bayi saya bisa tidur nyenyak.alhasil saya patah semangat dan rencana asi eksklusif gagal saya berikan. setelah sufor dimimunkan produksi asi jd menurun. 2 minggu berlalu bayi saya masih jg rewel padahal mnm sufro sdh banyak bahkan melebihi ukuran untuk bayi baru lahir, tidurnya cuma sebentar sebentar, sering kagetan, nafasnya grok2, keluar air mata+kotoran dr mata, telinga bagian belakang nyenyehen (istilah orang jawa), pusarnya basah warnanya kuning kyk infeksi, tiap malam selalu nangis mnt gendong. saya tambah depresi berat, saya sering nangis.... kemudian saya konsultasikan bayi saya ke dokter anak, dokternya bilang kalo anak saya alergi, jd susunya hrs diganti yg HA (awalnya saya pake enfamil A+), kmdian saya pulang tp susu tdk saya ganti, saya msh blm percaya. ternyata anaka saya jg msh blm sembuh. usia bayi 1 bulan saya konsultasikan lagi ke dokter anak, beliau meminta untuk segera ganti yg HA, akhirnya saya ganti susu yg Nan HA.alhamdulillah langsung ada perbaikan. sekarang usia anak saya 17 bulan dan msh mnm NAn HA2.... yang ingin saya tanyakan : 1. apakah memang benar asi saya kurang dokter? (krn kl ga dimimun 4 jam sdh bengkak) 2. apakah operasi tumor payudara mempengaruhi produksi asi? 3. bolehkah minum obat agar asi banyak (spt moloco)? 4. bagaimana mengatasi alergi pada bayi? 5. apa yang harus saya lakukan bila nnt saya punya anak lagi, bagaimana caranya agar saya bisa berhasil memberikan asi ekslusif pada bayi saya? 6. bagaimana caranya mengatasi sindrome babyblues? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Warna tinja berubah hitam menjelang proses lahiran
Oleh :


"Pagi bu dokter... saya femy hamil pertama dan bulan ini lahiran usg tggl 25besok, bu dokter saya jarang makan sayuran dan buah juga susu pun jarang... apa yg akan terjadi dgn proses kelahiran saya nanti dan akhir" ini saya fases ny kehitaman juga kxa bubur... mohon saran dan tips nya buat saya bu dokter aph yg harus saya perbuat agar proses lahir normal dan fases pun normal ... terima kasih..."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kista pada kehamilan pertama
Oleh :


"Hallo Dokter Tanti, Perkenalkan saya Nova member baru di Info Bunda... Saya mau tanya Dok seputar kehamilan pertama saya ini. Saya terakhir menstruasi tgl 10 Oktober bulan lalu dan pada hari k5(tgl 15 Nov)saya telat mens saya coba test pack dan hasilnya positif samar. Untuk memastikan saya cek (trans vagina)ke RSIA Tambak dan alhamdulilah saya positif hamil dgn ukuran kantung rahim 0.95cm usia kandungan di 5 weeks. Selain rahim saya juga di cek k2 indung telur dan salah satu indung telur saya ternyata ada kista dengan ukuran +- 1cm. Jujur Dok saya kaget begitu melihat ada kista di indung telur saya karna sebelumnya tgl 9 Nov lalu saya trans vagina juga untuk cek kesehatan rahim saya di RS Carolus dan hasilnya rahim & ke2 indung telur saya sehat & bersih tanpa ada penyakit apapun. Dan Dokter(RSIA Tambak)pun info kalau kista ini memang sering terjadi pada ibu yang hamil muda seperti saya karna akibat proses pembuahan. Dokter pun info nanti kista tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. Untuk mengecek kista itu hilang atau tumbuh saya di minta untuk datang lagi untuk cek kandungan sebulan ke depan. Pertanyaan saya : 1.Apakah kista yang ada di indung telur saya itu berbahaya Dok untuk perkembangan janin saya? 2. Apakah saya harus cek ke beberapa RSIA untuk memastikan apakah hasilnya sama ada kista nya atau justru tidak ada kista di rahim saya? 3. Apa solusi dari masalah kista saya ini Dok karna jujur saya khawatir sekali takut membahayakan janin saya? Demikian yang saya ingin tanyakan, mohon di bantu untuk informasinya dan solusinya ya Dok... Terima kasih. Nova "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : sering duduk lama
Oleh :


"siand dok,,,usia kehamilan saya sekitar 12w dan ini kehamilan pertama,duduk lama-lama apakah berbahaya untuk janin?? karna saya seorang pekerja kantor yang sering duduk lama dan menghadap monitor komputer hampir 8Jam/setiap hari...mohon infonya dok...terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini