SITE STATUS
Jumlah Member :
493.606 member
user online :
1367 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Membuat susu formula
Oleh :


"Ppagiii dok, apakah benar jika kita membuat susu formula airnya tidak boleh d campur antara air panas dengan air dingin karena bisa membuat sakit buang air kecil ketika bayi pipis?? Mohon penjelasannya dok. Trims"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : BANYAK MELUDAH KETIKA HAMIL
Oleh :


"Selamat Pagi Dok...! Saya Diah, umur 31 tahun, TB 155, BB, 55 kg. Ini kehamilan pertama saya, usia kandungan saya 5 bulan dan saya belum pernah mengalami keguguran. Waktu usia kandungan saya 9 minggu saya pernah dirawat selama 3 hari karena dehidrasi, waktu usia kandungan saya 13 minggu saya pernah menggigil kedinginan selama 1 - 2 jam dan setelah itu badan panas lalu berkeringat, dan perut jadi kaku, keras dan sakit, dan oleh dokter SPOG, saya harus betresk lagi saat itu 3 hari. Dari saya hamil 2 bulan sampai dgn 3,5 bulan setiap kali saya makan, minum susu, bahkan ngemil sekalipun langsung muntah. Jadi praktis saat itu gak ada makanan yang bertahan lama diperut. Yang ingin saya tanyakan Dok, sejak usia kandungan saya 2 bulan sampai dgn saat ini saya punya masalah dengan meludah yang berlebihan padahal sebelumnya tidak, udah gitu ludahnya berbusa dan lengket, terus ditenggorokan jadi berasa ada dahak tapi gak bisa keluar dan kalau habis makan bahkan minum air putih sekalipun berasa asem di tenggorokan, dan itu jadi membuat saya sering mual dan muntah apalagi kalau ludah itu saya tahan jadi semakin muntah... - Sebenarnya normal gak sich dok, kondisi semacam ini...? - Bagaimana cara mengatasi/mengurangi produksi ludah itu sendiri, krna ada saran konsumsi permen jahe, permen mint, bahkan ngemut asem tp gak ada pengaruhnya... - Atau mungkin saya kekurangan vitamin atau apalah yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu hamil.... - Selama ini saya hanya minum kalsium dan suplemen dari dokter aja... Terimakasih Dok, dan maaf kalau jadi kepanjangan.... DIAH "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : KB Suntik Bisa Bikin Gemuk?
Oleh :


"Dok saya mau ty, apakah Suntik KB 3 Bln itu bs membuat bdan gemuk krn tdk dpt haid, lalu apkah suntik 3 bln itu jg bs membuat nafsu berhubunganan menjdi hlang (krg bergairah). Tlg dibantu y dok..krn sehbis pasca lahiran dan ank sy skrg sdh 2 th 4 bln, untuk berhubungan intim sll suami yg meminta, dr saya sprti tdk py respon. Trim's"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ukuran Berat Janin Normal
Oleh :


"yth. dr. tanti usia kehamilan saya saat ini adalah 13 minggu, hasil check-up kandungan saya seminggu yang lalu alhamdulillah menunjukkan keadaan janin yang sehat dan semuanya normal. menurut hasil usg berat janin saya 57 gram, dan dari ukuran kepala, perut, paha-kaki, semua menunjukkan ukuran normal untuk usia kehamilan 13 minggu. yang membuat saya bingung, setelah saya check-up kenapa berat janin menurut infobunda dan seaching info lainnya, berat janin untuk usia kehamilan 13 minggu adalah 23-24 gram. sedangkan menurut pemeriksaan dokter kandungan saya untuk ukuran 13 minggu berat janin 57 gram adalah normal. yang ingin saya tanyakan adalah : (1) apakah ada perbedaan cara perhitungan antara infobunda dengan dokter kandungan saya ? (2) menurut dokter apakah ukuran janin 57 gram itu terlalu besar untuk usia kehamilan 13 minggu ? (3) apa yang harus saya lakukan jika ternyata menurut dr. tanti ukuran janin saya terlalu besar ? "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keamanan KB untuk yang Belum Memiliki Anak
Oleh :


"Dok,,saya baru menikah 1 bulan dan berniat untuk tidak langsung punya anak.. Saya ingin menundanya sekitar 1 tahun ke depan. Yang ingin saya tanyakan: 1. KB apa yang aman untuk saya, selain sistem kalender&kondom? 2. Benarkah KB seperti suntik/pil tidak dianjurkan bagi orang yang belum punya anak seperti saya, karena dikhawatirkan akan membuat "kering"(tidak subur)? Tolong sarannya ya Dok.. Trims.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Ketegangan otot dan sakit kepala saat hamil
Oleh :


"Dokter Tanti yg baik, saat ini sy sdg mengandung 14w, pd awal2 khamilan sy tdk pernah merasakan pusing atau sakit kepala tp akhir2 ini kalo dipake berdiri sy merasa jantung berdetak lebih cepat dan rasanya kepala ikut berdenyut-denyut. Saat bangun tidur kepala sy jg sering pening tepatnya di sekitar ubun2, kdg terasa seperti ada saluran yg tegang di kepala sy dan terasa sakit kalo kepala digoyang2kan, ini jg membuat pundak dan leher saya tegang dan pegal. Dokter gangguan apkh yg sy alami ini? apkh ada hubgnnya dg kehamilan sy? ataukah krn sy stress & tegang? krn sy jg mempnyai gangguan kecemasan. mohon jawabannya Dok, thanks."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Balita keracunan makanan
Oleh :


"Dear dr Tanti...saya punya seorang putri berumur 2.8tahun.kondisi badanya sangat fit dan tidak mudah terserang penyakit.tapi akhir bulan februari 2011 putri saya demam sudah seminggu sudah saya bawa kedokter kata dokter tidak apa-apa cuma faktor cuaca!!tetapi setelah turun demamnya 3hari kemudian putri saya tengah malam muntah-muntah sampai pagi selama 3kali.dan besoknya putri saya mencret-mencret satu harian.setelah saya bawa kedokter kata dokter salah makan ataw keracunan makanan. tapi dokter tersebut tidak menyebutkan makanan apa yang membuat anak saya bisa keracunan makanan???tapi setelah minum obat yang diberikan dokter tersebut muntah ataw mencret anak saya sembuh.dokter??? saya takut sekali apakah susu yang saya konsumsi berakibat buat anak saya.apalagi dengan adanya susu bakteri??? saya konsumsi susu SGM presinutri 3.saya mohon segera jawaban ya dokter???terimaksih sebelumnya...."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Gatal dan luka pada puting
Oleh :


"Dokter, saat ini usia kehamilah saya sudah memasuki minggu ke-15. Yang saya rasakan saat ini sekitar puting saya sangat gatal dan pada payudara sebelah kiri puting saya terdapat luka di daerah bawah, yang menyebabkannya berair seperti bernanah. Luka ini membuat payudara saya perih, karena sering menempel pada BH. Hal ini menyebabkan saya sering mengganti BH. Yang saya herankan saat saya lihat, sepertinya luka ini kering namun setelah saya mengganti BH tetap saya selalu menempel pada BH karena adanya luka ini. Yang ini saya tanyakan, hal ini disebabkan oleh apa? Adakah dampaknya pada kehamilan saya? Serta bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih untuk jawaban dokter."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perut kembung saat hamil
Oleh :


"Salam kenal dok, Dok,sejak awal kehamilan smp sekarang 20week. saya ada keluhan perut atas saya kembung. Semakin besar usia kehamilan rasa kembung tambah semakin, shg membuat saya sulit utk makan. smp2 diusia 20week ini saya belum naik BB. Saya sudah diresepan obat maag P*ly*s*ane dan O*m*p**zole malah rasa kembung makin menjadi. dan saya pun (maaf) sulit utk buang gas. menurut dokter saya harus bgmn, karena saya ingin asupan gizi utk saya dan janin agar terpenuhi dan rasa kembung ini bisa menghilang. terima kasih dok,atas jawabannya."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Memerah ASI dengan tangan
Oleh :


"dokter aku mau tanya saya punya baby usia 3 bulan, saya berusaha memberikan asi eklusif, walaupun saya kerja. sehari 2 kali saya memerah asi menggunakan tangan, pertanyaan saya apakah berpengaruh pada payudara saya?terus ada yang bilang katanya bisa membuat lapisan kapur di payudara pecah, hal itu apakah benar?mohon penjelasanya, TRIMAKASIH...."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Benjolan pada vagina
Oleh :


"Siang dok, saya ingin sekali hamil, sekarang usia pernikahan saya 9 tahun, tetapi riwayat penyakit saya kista seperti diatas tadi, dan sekarang ada benjolan kembali di vagina,dan nyeri di bawah perut juga panggul,apakah sy terkena kista lagi? saya trauma jika ke RS atau ke dokter karena selalu ketahuan penyakitnya yang selalu parah, yang akhirnya malah membuat saya stress dok, bagaimana caranya agar sy bisa hamil, apakah ada referensi, dokter mana yang sy harus datanggi dan sy harus melakukan apa agar bisa hamil, saya sudah pasrah dan lelah dokter, sy hampir putus asa,terima kasih ya dokter untuk jawabannya Thanks Sri zahra"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Sel telur kurang berkembang
Oleh :


"Siang dokter. Yg saya mau tanyakan kenapa sel telur di rahim saya kurang berkembang alias kecil2 padahal haid saya teratur 28 hari dan hasil USG & HSG Alhamdulillah bagus. Saya sudah dikasih obat penyubur sel telur tetapi tetap aja belum berkembang, terakhir kali saya dikasih obat suntik inj PUREGON. Yang saya mau tanyakan apa penyebab sel telur tidak berkembang dan makanan apa yg bisa membuat sel telur cepat berkembang dok? terimakasih "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Demam setelah melahirkan
Oleh :


"dear Dr. Tanti Dr. Saya sedang mengalami sakit Demam dan tulang serasa sakit semua, malah sakitnya melebihi pada saat melahirkan,.. anak kami baru berusia 20 hari, pertanyaannya obat apa yang tidak beresiko buruk terhadap bayi dan apakah boleh membuat obat dari daun medi atau daun singdepa. Terima kasih dabn salam hangat Ita Rosita (28 th)"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Sariawan dan obat cacing untuk anak
Oleh :


"dok,saya elis, saya mau tanya anak saya usia 3.5 tahun, BB 13 kg 1. setiap kena sariawan anak saya, saya suka kasih enkasari atau larutan kaki tiga. sampai sejauh ini sih ngak ada efek sampingan yg terlihat, yang penting sariawan nya cepat sembuh dan anak ngak terganggu makannya. 2. anakku kelihatan kurus karena pingin gemuk aku sering kasih dia vitamin atau suplemen biar nafsu makannya banyak, tapi tetap aja kurus. 3. apakah setelah minum obat cacing bisa membuat anak gemuk ? bagaimana nih dok solusinya ? trimakasih" "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : kesemutan dan kram
Oleh :


"dok, saya sedang hamil. terakhir mens tgl 12 juni. sekarang bayi saya sudah aktif bergerak. kaki saya mulai bengkak dok, tangan sering sekali kesemutan terutama ketika tidur, naik motor, mengetik dan cuci baju apalagi kalo pagi. kram juga beberapa kali terjadi ketika saya tidur dan sampai sekarang ototnya terasa masih sangat kencang. saya pijatkan ke dukun bayi 1 minggu yang lalu, katanya saya "tawaren", dan beliau bilang bayi saya besar sekali seperti sudah 6 bulan. apa yang membuat saya kram dan kesemutan y dok?apa karena bengkak kaki saya? dan apa yang membuat bayi saya besar, ini kehamilan pertama saya, saya jadi takut...apa saya terlalu banyak mengkonsumsi vitamin dan susu ibu hamil?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini