SITE STATUS
Jumlah Member :
492.716 member
user online :
1778 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Dosis Inlacin 100 dan PCOS
Oleh :


"Selamat siang dok... Saya 3 hari yang lalu melakukan USG Transvaginal dan dokter mengindikasi PCO di ovarium sebelah kiri saya. Saya sebenarnya kurang jelas tentang PCO, apakah PCO bisa sembuh dok? Saya diberikan resep inlacin dan vit e. Pada resep tidak tertulis mengenai dosis inlacin apakah 100 mg atau 50 mg, dokter hanya menuliskan 2 x sehari kemudian apoteker memutuskan untuk memberi 100mg. Saya kemudian googling tentang Inlacin dosisnya 50 atau 100 mg per hari. Saya sudah terlanjur minum dengan dosis 2 kali sehari bagaimana dok? Apa saya meneruskan 100 mg 2 kali sehari atau cukup 1 kali sehari karena dosisnya 100 mg. Mohon penjelasanya dok."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Dosis asam folat
Oleh :


"selamat sore dok, saya novia usia 26 tahun. saat ini sedang hamil 5 minggu. saat ini saya berada diluar negeri sehingga pemeriksaan kandungan saya lakukan dengan dokter disini. pada saat pemeriksaan awal dokter memberikan saya vitamin folat dengan dosis 5 mg, lalu obimin plus yang juga mengandung folat 1 mg, dan susu anmum yang juga mengandung folat. yang ingin saya tanyakan, apakah dosis folat yang saya konsumsi terlalu berlebihan dok? dari beberapa artikel yang saya baca konsumsi folat untuk ibu hamil hanya 0.6 mg (600 mcg). adakah efek samping dari kelebihan asam folat bagi ibu dan janin? terima kasih dok.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Vitamin C bagi ibu hamil
Oleh :


"dok,apakah mengkonsumsi vitamin c sintetis yang dijual bebas dalam bentuk tablet, everfecent,dll setiap hari berdampak buruk terhadap janin? berapa dosis aman jika ingin mengonsumsi vit. c di kehamilan trisemester pertama? mengingat sekarang sedang musim flu. thank b 4 dokter "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Infeksi Saluran Kemih Dimasa Kehamilan
Oleh :


"Dok 2 tahun lalu saya terkena ISK, penyakit ini terus kambuh berulang semenjak itu dan saya hampir selalu mengkonsumsi obat dari ginekolog saya yg biasanya berupa antibiotik. biasanya hanya berselang sembuh sebulan sampai kambuh lagi, saya juga sudah banyak meminum air putih seperti yang dianjurkan, saya juga pernah mencoba meminum air parutan kunyit selama berturut2 sebulan tanpa meminum obat dari dokter selama kambuh dan hasilnya hampir sama seperti obat dokter. sehingga sampai sekarang ini saya hampir tidak pernah berhenti meminum obat semenjak 2 tahun lalu. sekarang saya sedang hamil masuk minggu ke 10 , dan penyakit ISK ini kambuh lagi semenjak hamil saya menginjak minggu ke 4, sudah 3 kali kontrol ke ginekolog saya dan diberi antibiotik yg biasanya habis selama 3-4 hari, ( sudah 3 kali dosis tersebut diberikan semenjak minggu ke 4 tersebut) sejak minggu ke 4 ISK saya kambuh, saya diberi antibiotik, setelah habis, masih sakit, kemudian diberi lagi antibiotik sampai 3 kali pemberian. sampai skrg ISK saya masih sakit terutama di daerah perut hingga merasa demam dan susah berdiri, yang saya takutkan adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik apakah tubuh saya sudah kebal, apakah efeknya mengkonsumsi antibiotik terus menerus, juga pengaruhnya terhadap janin yg saya kandung. berbahayakah mengidapa ISK disaat hamil? ginekolog saya mengatakan bisa menyebabkan bayi lahir prematur dan mengapa ISK saya tidak kunjung sembuh? tolonglah saya dok, saya bingung dengan keadaan saya ini, dan juga memakan banyak biaya sekali untuk berobat serta melakukan test di laboratorium yg sudah saya lakukan berulang ulang kali. terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Program hamil dan Masalah haid
Oleh :


"Selamat pagi Dok, Saya sudah menikah sudah 3,5 tahun tetapi sampai sekarang saya belum pernah merasakan gimana yang namanya hamil. Awal Januari 2013 saya bersama suami pergi konsultasi kenapa sampai sekarang saya belum hamil ke dokter di salah satu RSIA Medan. Dokter menyarankan kepada saya dan suami untuk melakukan serangkaian test dan hasilnya saya dan suami normal tidak ada masalah. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya dan suami minum : 1. Provula 50 mg Tablet ( Diminum oleh saya dihari ke 2 haid, 1 x 1 tablet selama 5 hari ) 2. Fionat 0,4 mg / Asam Folat Tablet ( Diminum oleh saya 1 x 1 tablet setiap hari ) 3. Oxan ( Diminum oleh suami, 1 x 1 tablet selama 10 hari ) Saya mulai minum obat tersebut ( dengan dosis seperti yang dianjurkan ) mulai awal bulan Februari 2013. Bulan Maret 2013, saya konsultasi lagi ke dokter dikarenakan saya belum hamil juga dan dokter kembali memberikan obat ( seperti diatas )dimana Provula 50 mg diminum 2 x 1 tablet selama 5 hari sedangkan Fionat 0,4 mg dan Oxam tetap diminum seperti yang biasanya. Bulan Mei 2013, saya konsultasi lagi ingin menanyakan kenapa di perut bagian bawah sebelah kiri saya sering sakit seperti ditusuk – tusuk ( pada saat itu saya belum haid ) . Setelah di lakukan USG, terdapat folikel / kista ovarium yang isinya cairan dengan diameter 2,5 cm disebelah kiri perut bagian bawah. Dokter mengatakan itu ngak ada masalah dan akan keluar dengan sendirinya 2 – 3 x siklus haid. Kemudian dokter memberikan obat untuk saya minum 1. Zycin 500 / Antibiotik ( 1 x 1 tablet selama 3 hari ) 2. Mefinal 500 mg / Pereda rasa sakit ( 2 x 1 tablet selama 2 hari ) Sewaktu saya minum obat tersebut, keluar flek coklat yang banyak selama 2 hari kemudian disusul dengan keluar haid. Dengan kondisi seperti ini, untuk sementara minum obat provula saya hentikan atas inisiatif sendiri walaupun dokter mengatakan ngak ada masalah jika minum provula . Yang ingin saya tanya dok, 1. Apakah dengan minum obat provula secara continue dengan dosis 2 x 1 tablet / hari bisa menyebabkan timbulnya kista ovarium ? 2. Obat provula sebaiknya diminum pada saat hari haid ke berapa ? 3. Dihari haid terakhir saya, ada keluar seperti kulit transparan yang sudah susut / kempes dengan panjang +/- 2 cm. Apakah itu bisa dikatakan sebagai kista ovarium yang sudah keluar ?. 4. Tanggal 10 Juni 2013, saya haid selama +/- 6 hari. Pada tanggal 24 Juni 2013 ada keluar sedikit Flek kecoklatan. Apakah itu termasuk sisa haid Dok ato tanda hamil ? 5. Haid pertama sebenarnya dihitung mulai kapan ya ? apakah pada saat keluar flek ? soalnya kl saya mau haid ditandai dengan flek coklat baru disusul keluar darah. Sorry ya dok, penjelasan saya terlalu panjang dan mohon bantuannya. Periode haid saya : 21 dec 2012 , 1 Februari 2013, 3 Maret 2013, 8 April 2013, 12 Mei 2013, 10 Juni 2013, 11 Juli 2013 "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : SEL TELUR KECIL DAN TIDAK MATANG
Oleh :


"Saya sudah menikah 2 tahun tetapi blm memiliki momongan, hasil cek dokter katanya sel telur saya kecil dan tidak matang sehingga tidak bisa dibuahi, padahal sudah diberikan profertil..bulan depan akan dicoba diberikan obat lagi dengan dosis 2x lipat,klo masih blm berhasil mau disuntik hormon.. Yang mau saya tanyakan, apa penyebab sel telur itu ukurannya tidak cukup besar untuk dibuahi dan tidak matang?? apakah krn faktor bawaan,stress,kelelahan,atau pola makan? dan apakah ada obat yg bisa membuat ukuran sel telur lebih besar? Dan apakah madu penyubur kandungan dan juga glukogen aman utk dikonsumsi dan bisa memperbesar ukuran sel telur?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Asam folat 1000mg
Oleh :


"Dokter tanti, Saya mengalami janin meninggal di dalam kandungan, dengan tidak ada tanda-tanda pendarahan, maupun flek, hanya saja sebelum saya mengetahui janin sudah meninggal, saya merasakan badan menjadi ringan sehingga saya mengira sudah lewat masa2 trisemester 1, kebetulan janin yang saya kandung berumur 20 minggu,yang saya ingin tanyakan adalah setelah proses pengeluaran janin ( saya tidak dikiret dikarenakan janin beserta plasenta dapat keluar sendiri tanpa tertinggal jaringan di rahim ), saya diresepkan asam folat folavit 1000mg dengan dosis 1hari 4x, dan dianjurkan untuk tidak hamil selama 3 bln, apakah kegunaan folavit dengan dosis tsb di tubuh/ rahim saya? Karena sempat saya baca2 jika rata2 diresepkan folavit hanya yang dosis 400mg itupun juga 1x. Terima kasih sebelumnya dok jika berkenan menjawab"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kehamilan
Oleh :


"Malam dok.. Maaf sy mau tanya, sy baru periksa selasa kmrin trnyata sy postif, tp dr siang td saya ngerasain sakit di perut. Untuk bangun berdiri dan duduk susah banget jd kalo rebahan baru enakan. Knp ya dok ? Krna sy periksa di tmpat sy tnggal kbtulan baru merantau jg di daerah baru, cuma d suru dosis penguatnya di naikin. Sy tkut ada gimana2 di kandungan dok, krna sblumnya sdh pernah jg abortus. Mohon sarannya sbaiknya sy harus gimana ya dok? Trimakasih dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Folavit
Oleh :


"Dok saya mau tanyas.. saya kalo minum folavit dosis 400 tidak begitu mual tapi kalo yang dosis 1.000 mualnya terasa sekali,saya sedang hamil 9 minggu apa boleh saya mengkonsumsi folavit dosis 400saja.. lalu sebaiknya folavit diminum saat siang hari atau malam hari dok.. terimakasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Placenta letak rendah
Oleh :


"Halo dr.tanty saya mau nanya, saat ini usia kehamilan saya 24w3dys wktu usia kandungan masuk 4bln sy sempat mengalamai flek yg wrnanya coklat gelap kmduan sy konsultasikan ke dok spog ktx letak placenta agak rendah dan disarankan untuk banyak2 istrht. Dua minggu kmdian kembali muncul flek coklat jd sy konsultasikan kmbli ke dik spog yg lainx dan diberikan obat ultrogestan 200mg diminum sehari sekali namun krna flek ttp berlanjut di minggu berikutnya maka dosis dinaikkan menjadi 2x1. Yang ingin sy tanyakan apakah ultrogestan cck untuk flek pada plasenta previa? Mengingat kata dokter yg sblmnya kalo placenta previa adalah keadaan dmna terjadinya flek krna letak placenta berada dibawah bukan karena hormon, dan setau saya obat penguat fungsinya untuk kelainan pada hormon. Sy bingung dok apakah obatnya ttp sy lanjutkan atau sy hentikan sja? Dan apakah ada obat khusus untuk placenta previa? Mhn bantuannya. Tks :) "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini