SITE STATUS
Jumlah Member :
493.621 member
user online :
1333 member
pageview's per day :
Over 100.000(!) page views
Kalkulator kesuburan
Masukan tanggal hari pertama bunda mengalami menstruasi

Tanya Dokter

Untuk memasukan pertanyaan Bunda, silahkan ke halaman menu Helpdesk.
Cari pertanyaan:
Pilih pertanyaan seputar:
Pertanyaan Terpilih
Subject : Mohon penjelasan tentang hasil HSG Non Patent Bilateral
Oleh :


"Dear, Dr. Tanti sedikit cerita hampir 2 thn ini saya&suami sudah melakukan usaha promil ke obygen, namun usaha kami belum ada hasilnya.. lalu ternyata dokter menyatakan bahwa saya harus melakukan pap smear karena keputihan akibat bakteri.. setelah itu dokter juga menyarankan utk melakukan test hsg stlh saya berada di hr ke-11 stlh haid.. namun saya sedih melihat hasil hsg yg menyatakan bahwa saya tuba saya non patent bilateral.. yang ingin saya tanyakan : 1. apakah yang dimaksud dengan kesan tuba non patent bilateral itu sendiri??? 2. maksud dari ket dokter radiologi menyatakan : "Kontras sebanyak +/- 10 ml mengisi cavum uteri, kedua tuba tidak terisi kontras . Bentuk besar cavum uteri normal. Kedua tuba tidak berhasil terisi kontras meskipun tekanan&volume kontras ditingkatkan, hanya sebagian kecil pars isthmus??itu apa artinya ya dok???.. saya mohon dengan sangat penjelasan dokter.. Terima Kasih banyak bantuannnya.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bayi Sering Buang Gas
Oleh :


"dok, bayi saya usia 2 bln belakangan sering bnged kentut, yg bunyi nya gede gitu.pdhal cuaca di tmp saya ga berangin, saya jg tdk memakai kipas angin, AC pun saya set pd temperatur menengah ke atas. Setiap habis menyusui pd umum nya jg saya berdirikan posisinya agar bersendawa. Apakah kondisi ini wajar? karena anak tetangga saya bayi nya jg seperti itu, tp saya ingin jawaban yg lbh ilmiah dr dokter..thank's before"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
 
Subject : Anak Sering Buang Air Kecil
Oleh :


"Dok, putri saya umur 22 bulan, bb 10 kg, sering sekali buang air kecil ( pipis ). Dalam sehari bisa mencapai 20 kali pipis ( belum termasuk tidur siang dan malam, krn dipakaikan pampers, jd tdk bisa di hitung ). Pertambahan berat badan semasa bayi masih bagus hingga usia 6 bulan. setelah itu bb susah naik..malahan belakangan ini bb menurun. Padahal susu 3x150 ml sehari dan makan bubur 3x juga dan buh 1 x..akan tetapi sering sekali batuk pilek. kira2 apa penyebab bbnya menurun dan apa penyebab sering pipis? apakah merupakan gejala suatu penyakit? Terima kasih."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bolehkah Bayi Diberikan Obat Cacing?
Oleh :


"Sore dok..tetangga sy minta tolong melalui sy untuk menanyakan kedokter tanti,anaknya usia 1thn 2bulan..dia takut anaknya terkena cacingan,karena perutnya terlihat membuncit..anaknya pun susah diberi makan,setiap diberi makan pasti muntah..dan anaknya suka memasukkan apapun kedalam mulutnya..apakah benar indikasinya cacingan dok?dan bolehkah pemberian obat cacing pada anak usia dibwh 2thn..?tks dok"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : ASI selama kehamilan
Oleh :


"Dear dokter tanti anak saya yang pertama umur 1 tahun 3 bulan, dan sekarang masih ASI, dengan campur sufor hanya 60 - 90 ml sehari. sekarang saya hamil 6 minggu.. bagaimana proses menyusui saya. bisakah saya terus menyusui? adakah dampak kehamilan terhadap keringnya ASI? biasanya hingga umur kehamilan berapa ASI bisa terus diberikan? adakah saran agar saya bisa etap menyusui dalam waktu yang maskimal? terima kasih untuk jawabannya karena akan sangat bermanfaat buat saya.."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Kapan pemberian MPASI?
Oleh :


"malam dok...tiap2 bayi memang berbeda perkembangannya,tapi jadi satu dilema untuk saya..anak saya dengan anak tetangga kelahirannya hanya berbeda hari,tetapi anak tetangga tersebut saat berusia 3 bulan sudah diberi makan pisang,bubur saring..sedang anak saya hanya ASI saja..sekarang usia anak sdh 5 bulan..anak tetangga saya memang terlihat lebih kuat.anak saya tengkurapnya tidak sesering anak tetangga,seperti lebih lemas.nah..tetangga saya menyarankan agar mengikuti cara dia dengan memberi makan pisang/bubur saring supaya punya tenaga lebih ktnya..anjuran pemerintah ASI Ekslusif 6 bulan ataukah anjuran tetangga yang terlihat lebih nyata.baiknya mana yang saya harus ikuti??terima kasih atas jawabannya Dok.. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Imunisasi
Oleh :


"DOk, aku mau tanya..Anakku 2 orang (Arsa : 15/9/04) dan Raissa (22/5/09). Dua2nya aku hanya kasih imunisasi yang standar spt polio, bcg, dpt, hepatitis b, campak. nah temen2 kantorku suka pada cerita kalo mereka abis imunisasi spt MMR, tifoid dll.. aku mau tanya, sebenarnya seberapa perlu imunisasi tambahan itu ? kalau skerang aku beri ke anakku yg pertama apa belum telat ? please advice. karena ada jg banyak yg cerita kalo abis imunisasi tambahan itu suka banyak case dan itu jadi buat saya takut. thanks."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Penggunaan obat tidur pada bayi
Oleh :


"Dokter Tanti, Saya ibu bekerja dengan anak umur 5,5 bulan. Saat ini anak saya diasuh oleh pembantu pada saat saya ke kantor, sedangkan dirumah tidak ada yang mengawasi. Dengan banyak cerita tentang pemberian obat tidur oleh pembantu, saya jadi khawatir. Bagaimana cara mendeteksi penggunaan obat tidur dokter? apakah bisa lewat pemeriksaan urin, atau tes laboratorium lainnya? terima kasih"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Makanan Pendamping ASI untuk Bayi usia 3 bulan / Perbanyak ASI
Oleh :


"Dok,usia anak saya baru 3 bulan 2 minggu. namun sangat disayangkan asi saya saat ini sudah mulai berkurang, sedangkan anak saya membutuhkan banyak asi skitar 9 botol@100 ml setiap harinya. apakah dgn kondisi seperti ini saya sudah boleh memberikan makanan pendamping asi..? jika sudah boleh makanan seperti apa yg dapat saya berikan..? dan jika belum, apa solusi untuk masalah saya ini.. terimakasih dokter. "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Anak MPASI tidak mau minum susu
Oleh :


"Dok aanak saya masih asi tapi saya memberikan anak saya tambahan susu formula karna anak saya berat badannya kurang,usianya 7,5 bulan berat badannya 5,6 kg sudah ganti sgm, frisian flag dan sekarang lactogen tetapi klo minum didot ga mau minum, saya kasih disendok minum kadang 30 ml ga abis klo pake pipet 60 ml ga abis,, itu tandanya anak saya ga suka susunya apa gimana ya dok padahal dotnya udah diganti2 tapi tetep ga mau juga klo air putih atau jus mau minum dot,, 1 lagi dok anak saya sudah mpasi tiap hari makan tim saring 3x 1x buah kenapa eenya bebelan ya dok dan skrg saya tidak kasih sufor udah 2 hari ga BAB, tolong dijawab ya dok "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Perut kelihatan turun
Oleh :


"sore dok..saya hamil baru masuk 8 bulan tp kata tetangga perut saya sudah terlihat turun seperti 9 bulan...apa itu normal dok??"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Bayi jarang menangis kencang
Oleh :


"Selamat siang dr. Tanti Saat ini bayi saya berusia 23 hari. Anak saya jarang sekali menangis sampai kencang,paling nangis biasa ketika dia lapar/haus atau BAK/BAB. Apakah itu wajar dok?karena mertua saya dan tetangga saya sampai bilanh kok gak pernah denger bayi saya nangis sampai kencang"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Keputihan setelah datang bulan
Oleh :


"Selamat siang dokter, dok saya ayu umur saya 21 tahun. saya mau tanya dok bulan lalu saya datang bulan banyak sekali dan selama 2 minggu lebih, setelah saya datang bulan saya mengalami keputihan juga. keputihannya lumayan banyak, tidak berbau dan warnanya putih. apakah itu berbahaya dok, karena saya baru pertama kali mengalami seperti ini, saya takut kalau saya terkena kista karena tetangga saya bilang begitu. saya juga jadi takut untuk periksa ke dokter terima kasih dok, mohon di balas :) "
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Lubang ASI hanya 2, ASI jadi sedikit keluar
Oleh :


"Umur bayi saya 10 hari dan akhirnya harus di sinar blue light karna bilirubin yg tinggi mencapai 20. Padahal saya sudah sangat rajin memberikan ASI, bisa setiap 30-60 menit sekali. Setelah saya perhatikan sepertinya yg bermasalah adalah Payudara (PD) saya. Puting PD saya memiliki lubang yg sedikit hanya 2-3 lubang. Selain itu jika di hisap atau di pompa dengan alat, aliran nya tidak deras. Tapi jika di perah dengan tangan denvan kuat, hasilnya bisa 30-70 ml kanan dan kiri. Apa Jumlah lubang puting mempengaruhi asupan ASI ke bayi saya? Bisakah ASI hanya deras di 1 menit pertama stelah itu tidak keluar lagi padahal PD masih sangat berasa penuh?"
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini
 
Subject : Menstruasi pasca melahirkan
Oleh :


"Hallo dok, saya melahirkan dadakan tgl 6 januari lalu (otomatis di cesar). saya stop peras ASI tgl 20 mei (krn ASI nya sdh gak sampe 10 ml dan si anak tidak bisa nyedot ASI) nah sebulan kemudian baru (5 bln pasca melahirkan) keluar menstruasi sedikit demi sedikit ... tapi kog lama sekali ya dari tgl 20 juni hingga hari ini 07 juli (hitungannya 2 minggu lebih nih) masih mens juga, bahkan sejak 3 hari terakhir semakin bertambah banyak (full) (krn saya minum coca cola). 2 minggu lalu sakit perut selama bbrp hari, dan skrg mules lagi spt org haid di hari pertama kedua. pertanyaan saya, normal gak dok ? tolong dijelaskan ya .. makasih. NB : wkt haid pertama pasca melahirkan anak pertama hampir 5 thn yg lalu (cesar juga tp beda kasus) .. haid pertama setelah anak saya lepas ASI di usia 15 bln, dan hny 5 hari haid (pokoknya kurang dari seminggu) Makasih sudah membaca dan membalas pertanyaan saya yah.. salam."
  Ingin tahu lebih lanjut jawabannya? klik disini